Sabtu, 01 Mei 2021

Locke & Key | TV Adaptation Review


Locke & Key | 2020
Sutradara: Michael Morris, Vincenzo Natali, Tim Southam, Mark Tonderai, dan Dawn Wilkinson
Penulis naskah: Joe Hill, Meredith Averill
Pemain: Jackson Robert Scott, Connor Jessup, Emilia Jones, Laysla De Oliveira, Darby Stanchfield, Bill Heck
Rilis: 7 Februari 2020
Episode: 10
Produksi: Netflix

Based on Joe Hill's graphic novel, Locke & Key (2013).

Perdana saya mereview serial barat, nih, setelah sekian lama ini selalu drama Asia. Sebenarnya saya jarang nonton serial tv barat, ada beberapa yang disuka sejak kecil tapi nggak sebanyak drama Asia, lebih ke film. Entahlah, mungkin drama Asia lebih identik dengan cerita yang ringan, dan kebudayaannya nggak jauh berbeda sehingga mudah untuuk diikuti. Nah, tahun ini karena semakin banyak serial barat yang mengadaptasi dari buku, saya semakin tertarik.

Ada beberapa serial tv yang hendak saya tonton berdasarkan adaptasi buku, sudah saya cicil beberapa, tapi untuk reviewnya saya ingin menuliskan tentang Locke & Key terlebih dahulu. Locke & Key adalah salah satu graphic novel yang ingin sekali ada terjemahannya sejak dulu, selain Saga karangan Brian K. Vaughan (penulis) dan Fiona Staples (ilustrator). Namun, apa dikata tidak ada penerbit yang tertarik. Saya tahu tidak mudah menerbitkan versi terjemahan melihat pangsa pasar komik barat atau graphic novel tidak seantusias manga, dan tentu saja harganya nanti pasti mahal karena biasanya full color. Jadi begitu tahu ada adaptasi serial tv-nya, nggak pa-pa lah, setidaknya bisa menikmati karya Joe Hill dengan media yang berbeda.

Locke and Key adalah graphic novel karya penulis Joe Hill dan ilustrator Gabriel Rodriguez, bergenre mystery-fantasy, sedikit sentuhan horor, dengan ide cerita yang sangat menarik. Keluarga Locke harus pindah dari Settle setelah Rendell Locke (Bill Heck) ditembak mati oleh muridnya sendiri. Untuk menghilangkan trauma, Nina Locke (Darby Stanchfield) membawa ketiga anaknya; Tyler (Connor Jessup), Kinsey (Emilia Jones), Bode (Jackson Robert Scott), untuk pindah ke kota kecil, rumah leluhur sang suami yang terkenal dengan sebutan Keyhouse.


Kematian sang ayah tentu berdampak besar pada keluarga yang ditinggalkan. Nina mencoba memulai kehidupan baru di tempat yang baru, berharap semua akan baik-baik saja. Tidak mudah memang, selain mencoba melepas ketergantungan dengan alkohol, Nina sering lupa akan kejadian yang tidak lama dialami, dia tidak terlalu dekat dengan anak-anak, Rendell lah yang selama ini mengurus segala sesuatunya. Tyler yang tidak siap sebagai pengganti ayah untuk adik-adiknya, Kinsey dengan ketakutannya dan Bode yang polos dan memiliki rasa penasaran tinggi, hanya dia yang waras dalam keluarga Locke ini.

Tragedi yang dialami keluarga Locke tentu tersiar mudah di kota kecil Matheson, tidak sedikit yang merasa kasihan dan tidak sedikit pula yang ketakutan, ada sejarah kelam di keluarga Locke. Nina dan anak-anaknya sendiri tidak banyak tahu tentang masa lalu keluarga Rendell, mereka hanya tahu kalau sang ayah tidak ingin kembali lagi ke Keyhouse. Kalau Nina mencoba mengisi waktu dengan memperbaiki Keyhouse, Tyler dan Kinsey sibuk dengan masalah remaja mereka, lain halnya dengan Bode yang suka menjelajah dan mulai menemukan keanehan di Keyhouse.

Bode dan kedua saudaranya menemukan berbagai macam kunci yang tersebar di rumah dengan kekuatan yang ajaib, kunci yang mendatangkan manfaat dan malapetaka baru untuk keluarga Locke, kunci-kunci yang berhubungan dengan kematian ayah mereka.


Keyhouse penuh berisi kunci yang membuatmu bisa melakukan hal-hal ajaib.
Kunci-kunci yang memiliki kekuatan ajaib ini memang ide yang sangat menarik, salah satu alasan kenapa serial ini patut diikuti. Bentuk kunci dan gagang pintu biasanya identik. Beberapa jenis kunci dan fungsinya dalam Locke & Key season pertama ini antara lain:

1. Kunci ke Mana Saja (The Anywhere Key): masukkan kunci ke lubang pintu mana saja, maka akan membawa pengguna ke tujuan yang diinginkan dengan syarat dia harus pernah melihat pintu yang dituju. Hanya bisa berteleportasi dari pintu ke pintu. Misal, tidak bisa digunakan ke menara Eiffel karena di sana tidak ada pintu.
2. Kunci Cermin (The Mirror Key): kunci ini cukup berbahaya karena kalau pengguna masuk ke cermin maka dia akan susah untuk keluar. Ketika melihat cermin, pengguna juga akan melihat alter ego dia yang lain, yang lebih jahat. Bisa digunakan di cermin apa saja.
3. Kunci Kepala (The Head Key): kunci yang sangat diminati Dogde (Laysla De Oliveira) karena bisa membuka pikiran penggunanya. Masukkan kunci di leher belakang/ tengkuk pengguna, maka jiwa pengguna akan terlepas dan ada pintu yang akan masuk ke pikiran, melihat memori-memori. Bentuk kuncinya berupa kepala.
4. Kunci Hantu (The Ghost Key): ada salah satu pintu di Keyhouse yang apabila di buka dan pengguna ke luar, maka rohnya juga ikut keluar, seperti hantu. Jangan sampai pintu ditutup kalau tidak ingin menjadi hantu sungguhan. Bentuk kuncinya seperti tengkorak.
5. Kunci Kotak Musik (The Music Box Key): kunci yang memiliki kekuatan menuruti apa saja yang diinginkan oleh pengguna yang membuka kotak musik.
6. Kunci Bunga (The Flower Key): kunci yang bisa membuka rahasia/ memori yang hilang, berbentuk tabung yang berasal dari dalam tanah dekat makan keluarga Locke apabila pengguna memasukkannya ke dalam lubang batang pohon. Memori yang disimpan di sana milik Ducan Locke, adik Rendell yang tidak ingat masa kecilnya.
7. Kunci Lemari (The Cabinet Key): masukkan barang rusak apa saja ke dalam lemari, maka ketika membukanya akan kembali seperti semula. Awalnya Locke bersaudara tidak tahu kegunaan kunci ini, Ibu mereka yang menunjukkannya.
8. Kunci Api (The Matchstick Key): kunci yang bila digunakan bisa menghasilkan api sangat besar. Bentuknya seperti kobaran api dan cara penggunaanya cukup sentuhkan di mana yang ingin di bakar. Kunci ini bisa melawan bayangan yang dihasilkan kunci mahkota (The Crown of Shadow Key).
9. Kunci Gema (The Echo Key): kunci untuk membuka sumur di Keyhouse, memiliki kegunaan bisa memanggil orang yang sudah meninggal. Ketika pengguna berbicara dengan orang yang diinginkan di sumur, dia akan mendapatkan balasan. Si 'hantu' ini bisa keluar dari sumur kalau memakai kunci ke mana saja.
10. Kunci Identitas (The Identity Key): kunci yang bisa membuat si pengguna berubah menjadi siapa saja yang diinginkannya. Cara kerjanya masukkan kunci di antara dagu dan leher.
11. Kunci Mahkota (The Crown of Shadow Key): kunci yang diletakkan di mahkota, ketika keduanya menyatu, lalu dipakai di kepala maka si pengguna bisa mengontrol bayangan jahat
12. Kunci Omega (The Omega Key): kunci paling berbehaya yang letak pintunya dekat gua laut. Konon di baliknya ada hal jahat, salah satu pintu yang terlarang untuk di buka.

Demikian kunci apa saja yang ada di Locke & Key season 1 beserta kegunaan ajaibnya, sangat menarik bukan? Saya sangat penasaran nantinya akan ada kunci apalagi. Sudah ada omongan bakalan sampai season 3, kalau mengikuti versi bukunya yang ada 6, bisalah dibuat berseason-season, masih banyak yang bisa digali lagi dari Keyhouse.

Tokoh favorit saya di serial ini adalah Bode, walau masih kecil cabe rawit, dia tak kenal takut, dia yang paling waras dan paling semangat untuk menemukan kunci-kunci, dia jauh lebih dewasa dari para kakaknya yang kebanyakan drama. Jujur saja, bagian tengah serial ini cukup membosankan ketika membahas masalah remaja Tyler dan Kinsey, saya lebih excited kalau bagian Bode muncul karena menandakan petualangan baru dengan kunci baru. Terlalu banyak narasi untuk kategori serial yang penuh misteri, sehingga tidak banyak adegan menegangkan, baru mendekati paruh akhir cerita kembali seru.

Yang saya suka lagi, serial ini cukup kental sentuhan keluarganya, cara mereka menghadapi trauma secara bersama lewat kunci-kunci tersebut sangat menarik. Sisi positif dari kebanyakan narasi tadi bonding antara mereka terasa kuat, mereka bahu membahu melawan musuh, saling melindungi satu sama lain, menjadi kuat bersama. Kisah persahabatan dan cinta tentu ada. Serial ini ratingnya 18+ jadi sudah otomatis ada adegan dewasanya. Ada plot twist di akhir, yang tentu bisa saya tebak dengan mudah.

Kalau kalian mencari serial yang penuh misteri, Locke & Key bisa menjadi pilihan, sabar saja waktu memasukki pertengahan cerita. Sebagai season pembuka, setidaknya latar belakang konflik cukup jelas dan perkembangan karakter tokohnya juga ada, yang membuat penonton nantinya lebih mudah mencerna dunia Locke & Key.



2 komentar:

  1. Waaaah ini juga serial yang aku ikutin dan bagus banget! Awalnya malah ga tau kalo ini adalah adaptasi dari novel, cuma baca sinopsis dan nonton trailernya ternyata seru banget! Makanya gak sabar banget buat nungguin season 2 dan 3 nya yang udah di kasih tau dari lama tapi sampe sekarang belum ada kabar.... Btw, sama banget nih Mba aku juga sebel pas bagian Kinsey, agak bosen tapi si Bode meskipun paling kecil tapi paling seru buat diikutin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, setuju banget, Bode ngemesinnnnnnn :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...