Senin, 19 April 2021

ikarus. by genitest | Web Novel Review

Judul: ikarus.
Penulis: genitest (Wiwi Suyanti)
47 Bab (prolog+epilog)
Baca di wattpad.com

Ikarus lupa, jika ia terbang terlalu dekat dengan mataharinya, maka sayapnya akan terbakar habis dan musnah.










Akhirnya kesampaian nulis review dari cerita di wattpad, setelah dua tahun terakhir ini lebih banyak membaca di platform ini daripada buku cetak, jadi ada bahan baru untuk update :). Sempat membahas singkat cerita ikarus. di postingan Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan, karena sudah tamat dan saya sangat menyukainya, jadi kenapa nggak sekalian bikin reviewnya saja?

Elisa terpaksa menggantikan pekerjaan kakaknya, Helena, mengajar sebagai guru Sejarah karena kecelakaan, sebagai guru cadangan di SMA Bakti Kudus 1. Elisa yang tidak pernah bisa menolak titah kakaknya terpaksa menyetujui. Sebelumnya dia bekerja sebagai editor dan penulis buku anak, bertahan beberapa minggu sepertinya tidak masalah. Dia hanya perlu mengikuti saran guru lainnya, menguasai materi dan murid, atau saran dari Helena agar bisa survive di sekolah, menjadi guru paling baik dan cuek.

Elisa hanya ingin segera melaluinya, melihat sifatnya yang introvert, tidak mudah bagi dia untuk bisa dekat dengan orang lain, meskipun ada guru yang selalu mengajaknya bicara atau bercanda seperti Bu Dira dan Pak Budi. Cuek adalah pilihan yang dia ambil. Namun, ketika ada murid yang tanpa lelah mengusiknya, kehidupannya tidak lagi sama. Apalagi kalau murid tersebut bernama Ikarus.

Ikarus adalah momok bagi para guru, idola para cewek dan disegani para cowok. Dia terkenal karena kebadungannya, dan tentu saja ketampanannya. Pernah tidak naik kelas satu tahun karena membawa narkoba, ayahnya pengedar, sering bolos, biang masalah. Kehidupan Elisa tidak bisa setenang dulu sejak diminta 'mengurus' Ikarus karena kepala bocor oleh Pak Dharmawan, sang kepala sekolah.
Nggak semua orang di dunia ini berniat menyakiti elo. Dan belum tentu elo bakal sakit untuk kedua kalinya. Ada orang-orang yang betulan tulus di hidup lo.
Dulu saya sempat membaca versi pertama yang masih berjudul 32 Days, sempat diunpublish sama penulis karena stuck dan ada yang kurang sreg di beberapa bagian. Baru akhir tahun lalu dilanjutkan sampai tamat. Saya sangat sangat sangatttttt menyukai versi terbaru ini, saya sampai membaca dua kali! Bahkan dulu salah satu cerita yang paling saya tunggu-tunggu waktu masih menjadi cerita bersambung di wattpad.

Di rekomendasi cerita wattpad yang saya tulis di awal tadi, saya sempat menyebutkan karya Wiwi Suyanti apa saja yang pernah saya baca, dan sejauh ini ikarus. menjadi yang paling favorit. Selain kisah cinta yang saya sukai, ada beberapa hal yang membuat cerita ini bernilai lebih dari yang lain, selain tentu saja skill menulis yang jauh lebih baik dari buku sebelumnya.

ikarus. memiliki tema agegap, kisah cinta beda usia antara guru dan murid, dari segi tema menarik sekali, bukan? Kita tidak hanya mendapatkan itu saja, ada toxic family dan relationship yang disisipkan penulis. Untuk rentang usia sebenarnya nggak terlalu jauh, Ikarus berusia 19 tahun dan Elisa 23 tahun, lebih ke statusnya saja yang membuat hubungan mereka terkesan 'berat'.

Untuk bagian toxic, kita mulai dari kakaknya Elisa dulu. Saya paham alasan Helena sangat keras kepala dan egois menyangkut hal yang nantinya jadi konflik di cerita ini. Elisa sendiri sudah menjelaskan di bagian akhir kenapa dia membiarkan kakaknya. Semua dimulai dari ibunya yang pilih kasih, sehingga untuk menebus rasa bersalah, Elisa lebih mengalah. Hal ini juga kenapa Elisa sangat speak up tentang Iris, karena dia juga merasakan hal toxic di dalam keluarganya. Salah satu adegan paling favorit di cerita ini, seorang Elisa yang pendiam dan penurut tiba-tiba saja marah dan bicara panjang lebar dengan orang asing.
"Anak ini ketakutan dan sendirian, tapi yang Ibu pikirkan cuma rasa malu dan harga diri Ibu. 'Mami sekolahin kamu, Mami bayarin kamu, Mami keluarin duit buat kamu,' saat-saat di mana Iris paling membutuhkan sosok ibunya, tapi yang Ibu lakukan justru mengungkit-ungkit jasa. Atau jangan-jangan cuma itu yang Ibu lakukan selama ini? Cuma itu peran Ibu sebagai orang tua? mengeluarkan uang?"
Untuk Bima, pacar Elisa yang penuntut, walau nyebelin, kita nantinya juga paham kenapa dia seperti itu, karena dia sendiri banyak tuntutan dari ayahnya, ingin selalu terlihat baik di mata ayahnya, tidak ingin membuat marah dan kecewa sehingga apa pun dihalalkan asal bisa membuat ayahnya puas.

Untuk hubungan Elisa dan Ikarus, tidak perlu ditanyakan lagi, chemistry mereka begitu kuat, membaca perkembangan hubungan mereka benar-benar penuh emosi. Saat mereka bersama adalah saat yang paling sempurna. Kita akan dibuat tersenyum ketika Ikarus selalu gagal di dapur, sangat romantis ketika mereka berdua berjalan di tengah hujan, Elisa di trotoar dan Ikarus di aspal, makan bersama di McD, mencuri ciuman di perpustakan. Puncaknya bagian-bagian akhir, adegan paling nyesek akan kalian dapatkan. Salah satu bagian yang penuh emosi waktu Ikarus bertemu Tante Mirka dan akhirnya tahu segalanya.
"Tante ... tahu dari mana, saya bahagia?"
Untuk karakter favorit tentu saja Elisa dan Ikarus, mereka adalah OTP paling favorit tahun ini. Karakter Elisa begitu kuat, hidupnya benar-benar tidak pernah mudah, dia sangat tegar, pun dengan Ikarus yang awalnya kesepian lalu bertemu seseorang yang tidak melihat dia sebagai manusia yang gagal. Ada adegan dewasa di buku ini menyangkut mereka berdua, dan tentu saja saya sangat menyukainya! Nggak eksplisit banget, penulis cukup mumpuni dalam membuat adegan dewasa, sama sekali tidak membuat risi, malah kita akan merasakan betapa besar perasaan yang dimiliki Elisa dan Ikarus. Walau tokohnya remaja, buku ini khusus bagi yang udah dewasa.

Saat review ini saya buat, ikarus. masih bisa kalian baca lengkap di wattpad penulis, ayo baca, sangat sangat recommended. Kalian juga akan mengetahui alasan penulisan judul ini kenapa tidak sesuai eyd. Kalau sudah jadi buku, saya tidak akan ragu memberikan 5 sayap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Rekomendasi Bulan Ini

Buku Remaja yang Boleh Dibaca Siapa Saja | Rekomendasi Teenlit & Young Adult

K urang lebih dua tahun yang lalu saya pernah membahas tentang genre Young Adult dan berjanji akan memberikan rekomendasi buku yang as...