Rabu, 10 Februari 2021

Cabaca: Baca Aja Dulu | Bookish Review


Cabaca adalah platform membaca dan menulis secara daring buatan anak negeri yang memiliki visi untuk menciptakan sebuah aplikasi membaca daring yang simple, menyenangkan, dan punya kesempatan untuk memonetisasi karya dengan standar seleksi layaknya penerbit mayor. Jadi tulisan kamu nantinya akan diseleksi oleh tim editor terlebih dahulu, sehingga ketika udah publish tulisan kamu akan lebih rapi, mendapat masukan dari editor, cover-nya pun juga akan disediakan oleh tim desain Cabaca.
Tiga bab pertama kita bisa membaca gratis, selebihnya kita harus memiliki kerang atau koin untuk membuka cerita yang 'digembok'. Untuk mendapatkan kerang, kita bisa membeli atau mendapatkan secara gratis dengan menyelesaikan misi kerang. Misalkan saja membuat akun, berkomentar, memberi rating buku, share cerita, sampai menyelesaikan level baca. Pembaca bisa aktif dan memberikan feedback ke cerita yang diikuti. Nggak semua cerita berbayar, ada yang gratis sampai tamat, ada yang gratis waktu on going.

Berbeda dengan platform sejenisnya, di Cabaca ada jadwal tayang/ update buku yang sedang on going, jadi tidak perlu galau untuk membaca kelanjutan cerita yang sedang diikuti. Ada juga Jam Baca Nasional/ Happy Hournya Cabaca, kita bisa baca buku gratis pada waktu 12.00-13.00 WIB dan 21.00-22.00 WIB, khusus untuk karya penulis resmi Cabaca. Cabaca juga bisa dibaca offline, kita bisa membeli dulu sewaktu online. Hal ini hanya bisa dilakukan lewat aplikasi Cabaca di Google Play.

Secara tampilan cukup simple, disarankan untuk mendonwload aplikasinya untuk memudahkan membaca. Ada berbagai genre yang bisa kita pilih di halaman utama, rekomendasi buku yang baru terbit, tamat sampai jadwal buku yang sedang on going. Ada juga daftar buku populer dan penulis di Cabaca. Ada juga berbagai quote buku yang publish di Cabaca secara slide. Ada juga kontes menulis dengan tema tertentu, misalkan saja Kontes Cerita Horor, Kontes Novel Islami, dsb.

Pengalaman membaca di Cabaca tergolong nyaman. Kita bisa membuat Daftar Bacaan, memilih mode baca scroll atau swipe, bisa memilih background, font sampai ukuran tulisan untuk mengatur kenyamanan kita dalam membaca. Sedikit kekuranga pada bagian quote. Untuk menandai bagian yang kita suka sebenarnya cukup mudah, tinggal mengetuk sekali saja pada layar. Sayangnya, dalam satu bab hanya bisa membuat satu quote dan tidak ada bagian atau tanda untuk memudahkan kita langsung melihat kumpulan quote yang kita buat. Jadi harus ngecek satu per satu bab untuk melihat quote yang kita buat, karena kalau di bab tersebut ada bagian yang kita tandai, maka akan langsung ditampilkan ke bagian tersebut. Kurang efisien karena cukup menghabiskan waktu.

Cara mendapatkan kerang atau koin juga tidak susah, sebagai masukan mungkin bisa ditambah poin absen atau check in setiap hari. Genrenya diperbanyak, kualitas cover ditingkatkan karena ini berpengaruh banget. Banyak penulis Cabaca yang kurang familier, jadi selain sinopsis, jasa cover sangat besar untuk menilik cerita apakah menarik dibaca atau tidak. 

Kalian bisa mengunjungi Cabaca.id atau blog.cabaca.id untuk informasi lebih lengkapnya, bisa tanya tentang berapa royalti kalau mau menerbitkan buku di Cabaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...