Jumat, 13 November 2020

Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan | Part 3


Hai hallo, udah berasa lama banget nggak nulis apa pun di sini, huhuhu. Mungkin banyak banget di antara kalian yang merasa tahun ini benar-benar tahun penuh cobaan, yap, setuju banget. Bisa dibilang tahun ini memang bukan yang terbaik. Namun, yang namanya manusia biasa hanya bisa menjalani dan berdoa agar cobaan ini cepat usai. Saya berharap esok hari dan seterusnya menjadi lebih baik, tinggal menghitung hari tahun ini segera berlalu.

Salah satu contoh yang kurang membahagiakan dari saya pribadi adalah tahun ini sedikit sekali buku yang dibaca, mungkin bisa dihitung dengan jari, sudah jarang buka goodreads pula. Dampaknya tentu ke blog ini juga, tidak banyak bahan untuk menulis karena mayoritas berisi review buku. Ada beberapa K-Drama atau C-Drama based on book yang bisa dijadikan materi, tapi kembali ke masalah utama, malas melakukan apa pun. Walaupun minat baca buku sangat sangat menurun, tapi ada yang patut disyukuri, saya masih rajin baca cerita di wattpad. Makanya, kali ini saya akan memberikan rekomendasi Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan Part 3.

Baca Juga:

Terakhir menulis rekomendasi cerita wattpad sudah dua tahun yang lalu, sejak itu sebenarnya masih mengikuti, hanya saja nggak segencar saat ini. Nah, tahun ini bisa dibilang tahun yang paling rajin, karena kehilangan mood membaca buku tadi, entah sebenarnya dalam jiwa ini haus akan membaca, hahaha, jadilah cari alternatif lain. Selain wattpad, saya juga membaca di storial dan dreame, hanya karena dua platform tersebut kadang harus beli koin, jadi cuma beberapa yang beneran saya ikuti, hehehe.

Kali ini rekomendasi saya akan lebih banyak dari dua postingan sebelumnya, ada 10 teratas yang akan sedikit saya ulas. Beberapa sudah tamat dan mungkin dihapus sebagian, sebagian masih on going kapan akan dilanjutkan, itu lah sebalnya baca wattpad, hahaha. Kebanyakan mungkin sedikit berbau dewasa, karena saya memang mencari cerita yang nggak hanya sekadar remaja. Dewasa dalam hal konflik, penokohan, serta adegan. Beberapa mungkin sudah familier dan nggak perlu diragukan lagi kualitas menulisnya, beberapa saya lihat karyanya belum ada yang dibukukan.

10. When You are Weird Person and Have a Popular Friend - raadheya


Salah satu cerita yang saya ikuti yang jarang sekali diupdate, hahaha. Ceritanya agak dewasa, pertama tertarik karena judul dan covernya, hahaha. Berhubung baru beberapa bab saya nggak bisa menjamin ke depannya bagaimana, tapi dari beberapa bab tersebut saya cukup menikmati dan menyukai jalan ceritanya. Tentang sahabat yang satu populer dan satunya nggak terlihat, tapi mereka nggak terpisahkan. Konfliknya belum kelihatan, semoga saja ekpektasi saya nggak salah mneilai cerita ini.

9. In Danger - AlyaSukmaDewi


Karya pertama yang saya baca dari penulis ini adalah kumpulan cerita pendek berjudul Hyper, yap cerita dewasa, sekarang udah hijrah ke dreame. Awalnya tidak ada ekpektasi apa pun, mungkin banyak yang menyadari juga semakin ke sini wattpad terkenal dengan cerita mesum, hahaha, harus saya akui memang banyak yang mengambil tema tersebut, tapi nggak sepenuhnya jelek, salah satunya short story ini. Lalu ada dua cerita yang dikembangkan menjadi 'cerita utuh', judulnya Unconditionally, sudah tamat dan sudah melakukan pre-order, kemungkinan cerita akan dihapus. Dan satu lagi yang mau mulai berjudul In Danger.

Dari cerpen ke novel ini, tentu perkembangan dalam menulis terlihat jelas, nampaknya penulis ingin ceritanya bisa diterima segala usia, cerita yang awalnya mesum tadi diubah menjadi cerita remaja seutuhnya, paling hanya ciuman, yang udah biasa, tema utama tetap dipertahankan. Dari segi konflik maupun penokohan sangat menarik untuk kedua judul yang dikembangkan ke versi panjang tadi. Ceritanya tentang apa, baca sendiri ya :p

8. It Was All A Lie - AmyAmyAmy48


Ceritanya menarik banget dan cukup seru, ala-ala CityLite dengan sentuhan dewasa. Jadi ceritanya si cewek ini punya hubungan status dengan seorang cowok, udah ke tahap teman tidur dan jadi selingkuhan. Si cewek ingin berubah, dia nggak ingin hidupnya begitu terus, kemudian dia memutuskan hubungan dengan si cowok dan move on. Dia menerima ajakan pacaran teman sekantornya, udah berjalan lancar kan ya, si cowok sebelumnya datang lagi dan mulai mengganggu si cewek, bahkan dia memutuskan pacarnya.

Inti ceritanya begitu, baru on going tuh jadi masih bisa dipantau :)

7. Freaky Romance - despersa


Cerita dewasa lagi, hahaha, tapi kali ini ada sentuhan komedinya. Pertama tertarik dengan tulisan despersa lewat Abimana Series; Emergency Couple dan Beauty and the Bad Boy. Nah, Freaky Romance ini masih ada hubungan dengan Beauty and the Bad Boy dari segi tokoh. Dari segi cerita sebenarnya nggak wah banget, cukup lah buat hiburan karena konfliknya nggak berat. Yang cari cerita romcom, tulisan despersa bisa dilirik kok.

Singkat cerita, kedua tokoh utama sebelumnya sudah bertunangan di Beauty and the Bad Boy, tapi si cewek tiba-tiba membatalkan. Nah, di buku ini si cewek ingin rujuk, ingin mengambil hati kembali si cowok dan keluarganya. Masih on going jadi bisa kalian baca.

6. The Strange Playlist - fairywoodpaperink


Sebenarnya cerita ini mau direvisi lagi sama penulis, tapi masih bisa kalian intip kok ceritanya tentang apa. Salah satu cerita dari Aqessa yang cukup bikin saya penasaran karena pernah baca tokoh utama prianya, Raeshangga pernah memuncaki poling tertinggi diantara semua tokoh pria yang dibuat penulis, kan penasaran apa yang membuat dia begitu populer, hahaha.

Sedikit berbau fantasy, salah satu hal yang sebenarnya kurang sreg bagi saya secara pribadi. Mungkin karena terbiasa membaca tulisan Aqessa yang kontemporer kali ya. Namun, saya suka banget dengan ide perjalanan cinta Lasha dan Raeshangga melalui playlist lagunya. Semoga saja versi revisi nanti lebih baik lagi, meskipun konsep fantasy-nya masih akan digunakan, semoga saja bisa menyatu dengan ceritanya. Misalkan saja bisa mengikuti jejak Hocus Pocus-nya Karla M. Nashar yang sangat menghibur walau ada sentuhan magisnya.

5. Helianthus - Lustly_Love


Cerita on goin yang lanjutannya lama banget, hahaha, harus sabar pokoknya kalau mengikuti cerita ini. Helianthus adalah karya ketiga yang saya baca dari Lustly_Love, cerita paling remaja dari dua cerita sebelumnya yang berunsur dewasa semua, dari keterangannya sih akan ada materi dewasa juga tapi sejauh ini masih aman. Dari segi cerita sebenarnya agak komplek dan masih nggak tau mau dibawa kemana, tapi saya suka banget dengan karakter kedua tokoh utamanya, latar belakang mereka cukup menarik.

Awal mula saya cukup terpukau dengan tulisan Lustly_Love melalui cerita The Vice's Touch, bergenre crime, di mana sangat jarang sekali ditulis oleh penulis dalam negeri. Walau belum sempurna dan mungkin ada adegan yang kurang berkenan, saya sangat menyukai konsep premannya, nama geng premannya sangat mantul. Saya merasa penulis punya modal besar untuk mengembangkan universe-nya ini, serius, menurut saya harus benar-benar dipertimbangkan untuk dibuat berseri-seri, hahaha. Yah, walau sudah sedikit dikembangkan lewat Test Drive(r), semoga saja tetap akan ada lanjutannya.

4. Chasing Upik Abu - titisanaria


Yah, siapa yang nggak tahu dengan nama Titi Sanaria di wattpad? Salah satu penulis yang sangat produktif sehingga tidak akan ditinggalkan pembaca :). Sebenarnya ada karya terbaru lagi yang penulis posting di storial, Menanti Hari Berganti, masih ada benang merah dengan Chasing Upik Abu ini. Kalau tidak salah ingat tiga cerita terakhir dari mbak Titi bisa dikatakan series karena hubungan antar tokohnya, tapi dari ketiga tersebut saya paling suka dengan Chasing Upik Abu ini, apalagi kalau bukan karena tema cerita si kaya dan si miskin, hahaha.

Kalau Mantan Rasa Gebetan ada sentuhan komedi dan dewasa, Menanti Hari Berganti sedikit lebih 'dark', Chasing Upik Abu ini berasa sendu. Mungkin akan atau sudah dihapus berhubungan dengan proses terbit. Kalau nggak ada nanti beli aja, beneran seru, kok. Apa sih yang nggak seru dari ceritanya mbak Titi? :p

3. Out of Your Bubble - kinky_geek


Akhirnya setelah menunggu bertahun-tahun At Least One tamat -bulan lalu kalau nggak salah, langsung ada cerita terbaru dari kinky_geek. Out of Your Bubble bergenre Young Adult, tema besarnya adalah perbedaan agama. Yap, saya suka banget dengan cinta beda beda, hahaha, entah itu beda umur, beda kasta, beda status, pasti akan saya lirik. Out of Your Bubble ini masih ada hubungan dengan Tied Series, apa itu? Baca saja sendiri, masih on going dan penulis cukup rajin update kok, jadi aman :). Yang jelas kinky_geek sudah menjadi penulis wattpad kesayangan dan ceritanya wajib dipantau.

2. The Dating Game - ninanisme


Setelah lama nggak menerbitkan buku, seneng banget ketika tahu mbak Nina merambah wattpad, apalagi kalau bukan dapat cerita gratis, hahaha, selain ajang penebusan kangen karena lama nggak membaca tuilisannya, tentunya. Sebenarnya nggak baru banget dengan beberapa cerita yang dia posting di wattpad, misalnya seperti Meet Cute yang dulu saya ikuti di web-nya, dan sedikit cuplikan The Dating Game. Yang benar-benar fresh adalah Destination Love, kemudian cerita yang dulu bisa disebut teaser di web-nya, The Dating Game dikembangkan di wattpad, dan menjadi cerita paling favorit dari semuanya.

The Dating Game, Destination Love dan Restart bisa dibilang satu series karena tokoh utamanya bersaudara. Kalau Restart bergenre contemporary atau metropop lah ya gampangannya, Destination Love bergenre roadtrip, maka The Dating Game bergenre gabungan dari dua cerita sebelumnya, roadtrip dan metropop. Dan ketika membuat tulisan ini, saya baru tahu kalau ada cerita baru berjudul happenstance, kalau dari cuplikannya mungkin bergenre roadtrip lagi. Yang jelas masih bisa kalain ikuti dan sebentar lagi bakalan tamat.

1. ikarus. - genitest


Buku pertama dari Wiwi Suyanti yang saya baca adalah Forgetting Not Forgotten, menjadi pengenalan yang cukup baik. Walau dibilang belum sempurna banget, ada beberapa yang masih mengganjal, tapi saya sangat menikmati tulisannya. Tiba-tiba saja suatu hari saya kepikiran lagi akan tulisan dia yang lain, saya cek wattpadnya, saya cari yang masih bisa dibaca secara gratis, hahaha, benar-benar nggak modal. Waktu itu kalau tidak salah saya masih bisa membaca Foxy Lady, cukup seru dan jelas ada perkembangan dalam tulisannya, semakin enak untuk diikuti. Dan ikarus. ini tapi dengan judul yang berbeda, saya lupa judulnya, kalau nggak salah 28 apa gitu, sempat ditarik penulis, entah alasannya mau direvisi atau ada yang memplagiat, saya lupa.

Kemudian mengikuti Everything yang bergenre remaja, yang ini benar-benar remaja banget, mulai menyukai tulisannya. Penulis bisa membuktikan kalau dia bisa merambah cerita dewasa maupun remaja, poin positif lagi, karena keduanya memang tidak mudah dibuat, khususnya adegan dewasa tanpa membuat pembacanya risih, nggak semua penulis bisa melakukan. Di Every Little Thing, lanjutan Everything, semakin nagih, tulisannya benar-benar semakin bagus, penuh kejutan, salah satu penulis wattpad yang benar-benar harus saya pantau.

Puncaknya dengan mengikuti ikarus. versi terbaru, saya benar-benar jatuh cinta dengan tulisan Wiwi Suyanti, fix jadi penulis wattpad favorit saya saat ini. Serius, kalian harus membaca cerita ikarus. ini. Saat menulis postingan ini, saya membaca bab terbaru, 25, di mana bikin adem panas, hahaha. ikarus. ini, yap, judulnya emang sengaja seperti itu, bisa dikatakan gabungan cerita dewasa dan remaja, apa sih? Ribet deh, hahaha. Teknisnya cinta beda usia, si guru dan si murid, kurang seru apa tuh, menginggatkan saya dengan dorama Forbidden Love-nya Hideaki Takizawa yang saya sukaaaaaaaaaaaaaa banget.


Yak, itulah 10 Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan Part 3, mungkin sudah ada yang bakalan diterbitin tapi kebanyakan masih on going kok, jadi cuss sebelum menyesal :p. Sebenarnya masih banyak lagi, khususnya yang bergenre dewasa, tapi buat konsumsi pribadi saja, wakakakaka. Penulis yang di Part 1 maupun 2 kadang saya cek juga, cuma memang ada yang benar-benar langganan kalau penulisnya produktif banget, kayak Titi Sanaria misalnya.

Sepertinya bukan Nina Ardianti saja yang awalnya penulis komersil (wakakaka bahasanya) merambah ke platform online semacam wattpad, misalnya saja penulis kesayangan saya, Sitta Karina yang menerbitkan kembali cerpen atau novela yang dulu pernah mejeng di majalah. Atau Morra Quatro lewat Resonance yang terbit di storial.

Kalau kalian apakah ada cerita wattpad yang sedang diikuti dan disuka banget? Boleh komen di bawah  judul dan penulisnya siapa tahu saya juga menyukainya. Atau kalian juga membaca versi saya di atas? Mana yang menjadi cerita favorit kalian? Yuk komen, sudah lama nggak berinteraksi dengan pembaca blog kubikelromance, nih :)

Semoga kalian suka dengan rekomendasi saya, dan pastinya belum dihapus jadi bisa dibaca gratis :p

3 komentar:

  1. Keren-keren ya rekomendasinya...kalau boleh tahu nama akun WP kakak apa? maaf kalau kepo, kalau berkenan kakak mampirlah ke akun saya yang bernama AyashSyahbana, dengan cerita yang berjudul MIOPIA, soalnya pengen banget dapat kritik dan saran dari blogger buku terkenal kayak kakak

    BalasHapus
  2. Keren-keren ya rekomendasinya...kalau boleh tahu nama akun WP kakak apa? maaf kalau kepo, kalau berkenan kakak mampirlah ke akun saya yang bernama AyashSyahbana, dengan cerita yang berjudul MIOPIA, soalnya pengen banget dapat kritik dan saran dari blogger buku terkenal kayak kakak

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...