Senin, 07 Januari 2019

Top 8 Best Book Covers 2018


source: pinterest, edited by me

Book kaleidoscope hari kedua, setelah kemarin membahas Top 8 Book Boy Friends, kali ini saya akan menampilkan Top 8 Best Book Covers 2018. Sampul buku favorit saya hasil tangan para desainer dalam negeri! Sekarang ini, desainer sampul dalam negeri nggak kalah kok dari desainer sampul luar, bahkan ada yang lebih bagus daripada sampul asli, untuk buku terjemahan. Sampul buku sangat penting, salah satu aspek pertama kali buku dilirik, jadi harus memikat mata, walau bukan sebagai acuan yang pertama kalau buku tersebut bagus. Tetap isi yang pertama, sampul menjadi pelengkap dan pendukung, apalagi sekarang eranya Instagram, jadi harus bisa bikin eyegasm, dong :p

Di kategori Best Book Covers ini, selain menampilkan sampul favorit saya juga menyertakan nama pembuatnya, salah satu apresiasi yang bisa saya berikan, agar nama mereka dikenal. Saya fokuskan hanya untuk ilustrator dalam negeri, bukunya pun juga buku Indonesia, tak terkecuali buku terjemahan. Harus bangga dong dengan karya anak bangsa.

Berikut sampul buku beserta nama ilustratornya yang menjadi favorit saya di tahun 2018:

Baca juga: Top 7 Best Book Covers 2018

8. Regretful - @riannon_unicorn

Hampir sebagian besar Haru Grup memiliki sampul yang indah, salah satunya untuk buku Regretful dari penerbit Inari. Saya suka karya dari @riannon_unicorn, nama yang cukup asing ditelinga saya karena sangat mencerminkan isi buku. Saya selalu bilang, salah satu penilaian sampul buku bagus harus selalu bersandingan dengan isi, setidaknya ada hubungan dengan cerita. Regretful memunihi kriteria tersebut, maknanya dalam sekali, apalagi di bagian ilustrasi cowok, kalau kalian membaca bukunya sampai akhir pasti akan mengerti apa yang saya maksud.

7. Gugug! - eMTe

Pasti sudah tidak asing dengan nama eMTe kalau kalian suka baca buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, selama puluhan tahun dia menjadi desainer sampul buku, sempat bekerjasama dengan Aan Mansyur dalam buku Melihat Api Bekerja. Ilustrator yang memiliki nama lengkap Mohammad Taufiq ini, di tahun kemarin, saat Ubud Writers and Readers Festival merilis komik pertamanya, Gugug!

Gugug! cukup unik, bertema wordless-novel atau komik bisu. Dulu, saat saya membaca karya Shaun Tan, saya berharap ada ilustrator dalam negeri yang mengambil jalan seperti dirinya, meluncurkan sebuah buku tanpa dialog dan narasi, hanya gambar, dan eMTe mewujudkan harapan saya. Ilustrasinya sangat khas, sering bermain dengan cat air, jadi tidak heran kalau karyanya sangat menarik. Desain sampul-nya pun sering menjadi favorit.

6. Savana & Samudra - Orkha Creative

Sejak tahun lalu, Orkha Creative menjadi langganan penerbit Gramedia Pustaka Utama, khususnya untuk buku-buku di lini Teenlit dan Young Adult. Sampulnya memang eyecatchy, sangat memanjakan mata, salah satu contoh di buku Savanna & Samudra karya Ken Terate. Saya menyukai ilustrasi di buku ini, bagus aja, hahaha, enak dilihat banget dan bisa menggambarkan kedua tokoh utama di buku ini dengan baik.

5. Kana di Negeri Kiwi - Orkha Creative

Karya Orkha Creative lainnya yang saya suka, dari buku Kana di Negeri Kiwi, lebih minimalis karena hanya berupa ilustrasi tokoh utama, Kana yang memakai ransel dan tulisan judul serta penulis. Sederhana tapi bermakna, ceritanya memang tentang Kana dan kehidupan di sekitarnya, yang sekilas biasa, tapi makin lama makin berat, petualangan hidup yang harus dilalui Kana.


4. Rich People Problems - Martin Dima

Tidak perlu banyak kata kalau nama Martin Dima muncul sebagai ilustrator favorit, selalu menjadi langganan! Saya suka banget dengan sampul series Crazy Rich Asians versi terjemahan, bahkan lebih bagus dari sampul aslinya! Di buku terakhir ini contohnya, tampak glamor, sesuai dengan ceritanya yang memang penuh dengan kaum hedon.

3. Ready Player One - @sukutangan

Sejak tahun 2017, @sukutangan jelas jadi pewajah sampul yang kerap dibicarakan, bahkan sampai saat ini. Karyanya sangat artistik, tidak heran sekarang mereka menjadi langganan salah satu penerbit yang fokus menerbitkan karya sastra. Contoh yang menjadi favorit dari buah tangan mereka ialah buku Ready Player One karya Ernest Cline. Mulai dari font sampai detail yang ada pada sosok karakter yang disematkan, sangat bernuansa game, sesuai banget kan sama cerita Ready Player One.

2. Song for Alice - Ade Ismiati Hakimah

Pertama kali melihat sampul buku karya dari Windry Ramadhina ini saya langsung jatuh cinta! Bukunya memang bercerita tentang musik, dengan sosok Alice sebagai tokoh utama. Ilustrasi dan font pada judulnya suka banget nget nget!

1. Harry Potter series - Nicholas Filbert

Nicholas Filbert mengambil tema Fantastic Beast untuk cover Harry Potter versi Indonesia. Di Batu Bertuah ada Hedwig, burung hantu kepunyaan Harry Potter. Kamar Rahasia ada Phoenix-nya Dumbledore, Fawkes, dengan air matanya bisa menyembuhkan segala luka. Tahanan Azkaban ada Hippogrif-nya Hagrid, Buckbeak, hewan yang nantinya menolong Sirius Black kabur. Di Piala Api ada The Hungarian Horntail, naga paling berbahaya yang menjadi salah satu rintangan, yang harus ditaklukan Harry Potter di Turnamen Triwizard. 

Di Order Phoenix atau Laskar Dumbledore, kita akan berjumpa dengan Thestral, kuda bersayap yang tidak memiliki daging, hanya bisa dilihat oleh orang yang pernah melihat kematian. Di Pangeran Berdarah Campuran ada Fenrir Greyback, manusia serigala yang membuat Remus Lupin menjadi seperti dirinya. Di buku terakhir, Relikui Kematian, ada Nagini, ular betina peliharaan Voldemort sekaligus salah satu Hocrux-nya.

Ilustrasinya yang khas dan terasa orisinil, pantas kalau karyanya dijadikan sampul buku paling bagus di tahun lalu. Tema yang dipilih juga sangat Harry Potter, sangat berhubungan dengan isi di dalamnya,  semua hewan di sampul buku memang bisa dibilang menjadi salah satu fokus di cerita, terlebih film Fantastic Beast sendiri juga sedang hangat-hangatnya, momen yang pas.

Demikian Top 8 Best Book Covers 2018, semuanya berupa ilustrasi, salah satu model jenis sampul favorit saya, daripada model foto atau gambar, ilustrasi terasa lebih orisinil, menunjukkan ciri khas yang dimiliki para ilustrator, menunjukkan bakat mereka. 

Kalau kalian, Siapa desainer sampul dalam negeri yang kalian suka? Sampul buku apa yang menjadi favorit kalian tahun lalu? Komen di bawah ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...