Sabtu, 04 Agustus 2018

Remuk Redam by Christian Simamora | Ask Author, Blog Tour


Hai hallo, kembali dalam event #PeriHutanXTwigora, kali ini saya berkesempatan untuk membahas buku terbaru dari Babang Christian Simamora tercinta, Remuk Redam, seperti hatinya siapa ya? Hahahaha. Dulu pernah baca cuplikan beberapa bab-nya di wattpad, dan mupeng pengen baca versi lengkapnya, akhirnya baru kesampaian kemarin dan langsung selesai sekali baca. Setelah beberapa kali hanya menyicipi rasa yang biasa aja dari buku Babang, di Remuk Redam ini saya kembali bergairah.

Untuk review lengkapnya pantengin aja setelah postingan ini, dan jangan lupa besok akan ada giveaway buku Remuk Redam, pasti mau dong ya :D. Sebagai pemanasan, baca deh wawancara singkat dengan babang, dijamin seru :p

1. Remuk Redam bagian dari proyek menulis novel bertema musik rock Roro Raya Sejahtera, apa yang perlu ditonjolkan ketika mengambil latar dunia musik? Rencananya akan ada berapa buku untuk tema ini?
Yang jelas sih musik harus memiliki ikatan yang kuat dengan plot.
Proyek menulis bertema rock ini direncanakan tiga buku: STRINGS ATTACHED karya Yoana Dianika mewakili genre YA, REMUK REDAM-nya Babang mewakili rom-com, dan yang baru-baru ini rilis SONG FOR ALICE-nya Windry Ramadhina mewakili drama.

2. Dari pengalaman membaca novel abang sebelumnya, Remuk Redam bisa dibilang cukup berbeda, misal dari segi editor dan desain sampul, tidak memakai 'langganan' abang, dan tidak ada bonus paperdoll juga. Apakah ada konsep baru dari karya abang?
Hmmm, karena memang dari awal direncanakan keluar dari #jboyfriend, jadi ya semuanya dibuat serba baru. Baik editor maupun desainernya memiliki visi yang membantu mematangkan konsep rock and roll. Sesuatu yang syukurnya terlihat jelas di REMUK REDAM.

3. Apa arti editor bagi abang? Baik sebagai penulis maupun editor sendiri.
Partnership penulis dan editor adalah bagian paling vital dalam proses penerbitan. Selama proses editing, keduanya bahu-membahu menghasilkan buku sebaik yang mereka mampu, baik dari segi isi maupun kualitas.

Jadi jauhkan bayangan kalo editor adalah musuh penulis, juga bayangan kalo editor adalah semacam penyelamat naskah. Bagi Abang yang pernah mengalami keduanya, editor adalah kombinasi keduanya. Editor nggak membenci penulis, tapi dia akan mempertanyakan logika dan kronologis tulisanmu. Dia nggak akan jadi penyelamat naskahmu, tapi dia akan memastikan draf finalmu sesempurna mungkin sebelum masuk proses layouting.

4. Selain musik, abang juga banyak membahas tentang menswear, dan bagi aku cukup detail serta informatif sekali, karena jarang yang fokus akan fashion cowok. Kenapa memilih ini dan bagaimana risetnya?
Menswear nggak seheboh fashion cewek. Makanya untuk buku ini, aku sengaja memfokuskan riset pada dandyism. Clean-cut, cenderung timeless. Di satu sisi, mempromosikan sustainability. Jadi nggak sering-sering ngeluarin kocek untuk belanja baju. Di sisi lain, adalah tantangan bagi label menswear seperti milik Olivia. Konsumen jarang, uang juga nggak mutar. Hipotesis yang kemudian jadi bagian dari konflik utama novel ini.

5. Remuk Redam juga banyak membahas tentang pentingnya media sosial di era sekarang, bahkan mencontohkan beberapa selebgram dan youtuber yang bisa 'kaya' dari media sosial. Nah, peran media sosial bagi buku menurut abang bagaimana? Apakah bisa secerah fashion, travel, make up?
Sosmed adalah perantara dunia Abang yang biasanya tertutup dan jauh ke pembaca di berbagai tempat di Indonesia. Abang bisa terhubung dengan mereka, mengobrol, kadang bercanda, dan melakukan banyak hal yang dulu nggak bisa dilakukan karena faktor lokasi.

Abang kurang mengerti maksud 'cerah' ini gimana. Tapi teknologi yang berkembang pesat sekarang ini menjanjikan banyak kemungkinan. Abang nggak akan sesumbar memprediksi sesuatu yang bisa berubah sewaktu-waktu. Wait and see. Sementara menunggu bakal se-awesome apa dunia perbukuan berkat social media ini, kita terus produktif. Abang dan penulis lain produktif menulis, supaya teman-teman pembaca kayak kamu makin produktif membaca.

CHRISTIAN SIMAMORA
Penulis 21 novel romance sejak 2005. Belajar mencintai musik rock karena REMUK REDAM. I Believe In A Thing Called Love-nya The Darkness adalah lagu rock favorit buat naikin semangat menulis. 

CHECK HIM OUT
Fanpage: @ChristianSimamoraAuthor
Twitter: @09061983
Instagram: @XSIMAMORA

Seru kan wawancaranya? Masih kurang? Tenang aja, kalian bisa mantengin wawancara blog host tour yang lain dengan Bang Ino, berikut jadwalnya, bakalan ada review dan giveaway juga, jadi jangan lupa kunjungi semuanya :D

4 – 5 AGUSTUS 2018: Me
Url Blog: https://www.kubikelromance.com/


6 – 7 AGUSTUS 2018: INTAN NOVRIZA KAMALA SARI
Url Blog: http://www.ketimpukbuku.com/

8 – 9 AGUSTUS 2018: ILMI FADILLAH
Url blog: http://ilmifadillah.blogspot.com

10 – 11 AGUSTUS 2018:HILEL HODAWYA
Url blog : http://hilelhodawya.wordpress.com

12 – 13 AGUSTUS 2018: ERHI DIVINA
Url blog : http://runeofstories.wordpress.com

14 – 15 AGUSTUS 2018: SANDRA BIANCA
Url Blog: https://biancatwinbee.blogspot.com/

16 – 17 AGUSTUS 2018: PUTU RINI CIPTA RAHAYU
URL Blog :http://rinspiration95.blogspot.com

18 – 19 AGUSTUS 2018: SEFFI SOFFI
URL blog: http://seffisoffi.blogspot.com

20 – 21 AGUSTUS 2018: ADE DELINA PUTRI
URL blog: http://delinabook.wordpress.com

22 – 23 AGUSTUS 2018: CAROLINA TEDJAPRANATA
Url Blog: http://wolfcxreads.wordpress.com







8 komentar:

  1. Banyak review bagus dari novel Babang yang satu ini, membuktikan kalau Babang sukses memasukkan rock n roll-nya dalam novel ini.

    BalasHapus
  2. Setelah kemarin baca Strings Attached, jadi pingin lagi nyicip cerita berbau rock 😁. Btw, aku juga setuju kalo penulis sama editor itu emang harusnya bahu membahu. Doakan ya semoga nantinya cita-citaku buat jadi editor terwujud.

    BalasHapus
  3. Fotonya abang tetap kecehhhh badaihhh πŸ˜šπŸ˜˜πŸ’–

    BalasHapus
  4. Setelah membaca wawancara ini, satu hal yang paling kupingini saat suatu saat nanti baca buku ini adalah pengin tahu banyak tentang fashion cowok.

    BalasHapus
  5. Selalu saja ada yang baru dan unik setiap Bang Ino meluncurkan karya baru, salut banget sama penulis satu ini.

    BalasHapus
  6. Aku pernah ketemu ama bang Ino, asli orangnya asyik banget πŸ‘. Selalu penasaran sama karyanya, apalagi #jboyfriend series.

    BalasHapus
  7. Saya juga suka karya bang ino apalagi yang dulu dulu. Ingat zaman SMA baca kissing me softly. Memukau

    BalasHapus
  8. terima kasih Bang Chrismor telah "membela" profesi editor. Betul banget, editor itu teman terdekat penulis loh jadi jangan dimusuhin. Kalau sekadar dighibahin boleh karena editor juga sering ghibahin penulis yang rewel eh wkwkwk

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...