Senin, 23 Juli 2018

Never Let You Go by Titi Sanaria - Giveaway, Book Review

Judul buku: Never Let You Go
Penulis: Titi Sanaria
Editor: Anggia Eka & Eviliana Elsiva
Penerbit: Namina Books
ISBN: 978-602-60229-4-3
Cetakan pertama, 15 November 2017
236 halaman
Buntelan dari @TSanaria
Bagi Bayu, Renata adalah lambang sebuah tembok kokoh yang tak tergoyahkan. Gadis itu berbeda dari semua gadis yang pernah dikenalnya, baik penampilan maupun sikapnya. Mungkin itulah yang kemudian membuatnya jatuh cinta. Hanya saja, mencintai gadis yang lebih suka mengepakkan sayap dan terbang seperti burung daripada tinggal diam, itu tidak mudah. Namun, jauh lebih sulit membayangkan hidup tanpa gadis itu.

Ketika Bayu mengira Renata akan tetap berada di sisinya, gadis itu memilih melepas Bayu untuk mengejar impiannya. Bayu harus memutuskan, apakah dia menyerah dan menyelamatkan harga diri, atau tetap mencari jalan untuk menggapai cinta Renata?
Kecelakaan yang tak sengaja dilakukan Bayu membuatnya harus berurusan dengan Renata, perempuan keras kepala dan misterius. Awalnya Bayu hanya ingin bertanggung jawab akan apa yang dilakukan, membayar penuh biaya rumah sakit, mengganti kamera mahal yang dimiliki perempuan tersebut, sampai Renata sembuh benar dari cideranya, sampai bias berjalan sendiri. Namun, lama kelamaan Bayu ingin selalu mengetahui kondisi Renata, ingin melihatnya setiap hari, tidak suka bila ada lelaki lain yang dekat dengannya. Menjaga Renata kini bukan suatu hutang, tapi kebiasaan dan keharusan bagi Bayu.

Sampai Bayu tahu siapa sebenarnya Renata. Mudah saja bila bersaing dengan lelaki lain untuk mendapatkan hati Renata, Bayu yakin dengan apa yang dia punya tidak akan kalah, selama ini para perempuan mendatangi dirinya tanpa dia minta. Ini Renata, perempuan bebas dan mandiri, perempuan yang sebenarnya tidak butuh bantuan ketika mengalami kecelakaan, perempuan yang suka berpetualang, perempuan yang bila diadu tersesat di hutan, maka dia akan menjadi pemenangnya. Bayu tidak yakin apakah bisa bersaing dengan passion Renata.
“Dalam hidup, kita butuh orang lain. Itu benar. Tetapi yang menentukan kita hidup dengan baik itu adalah diri kita sendiri, bukan orang lain.”
Ini adalah kali kedua saya membaca buku Titi Sanaria dengan sudut pandang orang pertama laki-laki, sebelumnya dia pernah menggunakan teknik yang sama lewat buku Masih Tentang Dia, walau tidak secara penuh karena bergantian dengan pemeran utama perempuan. Dalam dua kesempatan mencicipi tersebut, penulis cukup sukses mengeksekusi.

Jadi, saya kurang setuju kalau penjualan buku ini tidak serame buku penulis lainnya karena sudut pandang yang dipilih adalah orang pertama laki-laki, menurut saya itu tidak ada hubungannya. Berbeda kalau saja dengan ‘suara lekaki’ tapi tidak seperti lelaki, jatuhnya cerita menjadi aneh, maka saya akan setuju. Dari segi ‘feel’ sangat dapat. Bahkan untuk ukuran penulis yang mengambil gender berbeda dari dirinya, Titi berhasil memberikan nyawa pada tokoh Bayu. Karena untuk dapat menyuarakan ‘suara lelaki’ maka penulis harus tahu betul apa saja isi kepala para lelaki dan perilakunya.

Saya pernah berkomentar di review buku Titi Sanaria yang lain, saking hampir semua bukunya sudah pernah saya baca, bahwa dia memiliki pola cerita yang mudah sekali tertebak, plotnya bisa diprediksi. Nah, di buku ini dia memberikan sentuhan yang sedikit berbeda. Kalau biasanya selalu menghadirkan orang ketiga sebagai konflik, kali ini, walau sama-sama ‘orang ketiga’ sebenarnya, hanya saja dalam bentu lain, passion yang dimiliki Renata, jadi lebih bervariasi.

Berkali-kali membaca buku titi Sanaria, tetap ‘signature’ yang dia miliki semakin terasa kuat. Misalkan saja dari karakter para tokohnya, sampai pemilihan nama yang old school, untung saja bukan untuk tokoh utama, tapi kakak Bayu XD. Karakter Bayu hampir mirip dengan semua karakter laki-laki ciptaan Titi, hanya saja dia lebih penyabar, terlihat sekali ketika dia ingin mengenal lebih jauh dan dekat dengan Renata secara perlahan, dia tidak terlalu memaksa. Sedangkan Renata jauh lebih dewasa, dia tidak cemburuan, dia tetap feminis, hanya saja tidak seegois karakter lain.

Never Let You Go masih khasnya Titi Sanaria, kalian akan mendapatkan kisah cinta yang manis. Ada juga bagian yang memilukan dan saya sesalkan, tapi kita tidak bisa melulu mendapatkan cerita yang kita inginkan, ada kehilangan yang harus kita rasakan juga. Buku ini tidak hanya bercerita akan tulusnya perasaan Bayu pada Renata, tapi juga tentang passion, impian yang ingin diraih.

GIVEAWAY!!!
Dengan baik hati, mbak Titi Sanaria menawarkan satu buku Never Let You Go secara gratis untuk satu pembaca Kubikel Romance.
Syarat;
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (klik follow/ikuti pada sidebar yang judulnya The Readers)
2. Akun media sosial @peri_hutan dan @titi_sanaria (boleh twitter/ instagram)
3. Share link postingan ini di media sosial yang kalian punya, jangan lupa pake hastag #PeriHutanxTSanaria dan tag atau mention kamu, salah satu aja, di twitter atau instagram
4. Di kolom komentar di bawah tulis akun kalian sewaktu membagikan link postingan ini.
Misal: @peri_hutan - IG atau @peri_hutan - twitter, dsb.

Sudah itu saja, nggak usah ribet-ribet, hehehe. Giveaway berlangsung selama satu minggu, berakhir tanggal 29 Juli 2018, pengumuman aku usahakan segera ya. Semoga beruntung :D


*UPDATED*
Hai hallo, selamat hari senin, waktunya pengumuman pemenang. Yang berungtung kali ini adalah @gabygabyy_, selamat! nanti akan aku hubungi untuk pengiriman hadiah. buat yang belum beruntung follow terus, biar kalau ada giveaway lagi nggak kerasa susah syaratnya, soalnya bakalan kayak gitu terus, enak kan? Hehehehe. Pokoknya tetap semangat terus ya, siapa tahu berikutnya kalian yang menang *kedip

21 komentar:

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...