Rabu, 16 Mei 2018

Book Review: Strings Attached by Yoana Dianika | Blog Tour

PENERBIT RORO RAYA SEJAHTERA
Jumlah Halaman: 312 hlm
Bookpaper 55 gr;  
ISBN : 978-602-61138-5-6
Harga: Rp73.000,-


STRINGS ATTACHED
Yoana Dianika
Remaja

Tagline:
KETIKA BENCI JADI CINTA, 
CINTA BISA BERUBAH JADI....

Blurb:
‘Let me tell you,
I’ll make you mine, I’ll hug you tight,
Stay beside me
Stay beside me….’
[“I Want You So Bad” by I ROCK YOU]

Arletta sangat bangga dengan talenta musiknya. Cewek itu mengawali dari nol: meng-cover lagu-lagu populer di Youtube hingga akhirnya bisa mengawali debutnya di dunia hiburan. Sayang, reaksi pasar nggak seperti harapannya. Album perdananya jeblok di pasaran. Kalau Arletta ingin kariernya mendapat kesempatan kedua, dia harus membuat gebrakan besar. Arletta tentu saja setuju dengan usulan kakaknya itu... sampai dia mengetahui kalau gebrakan yang dimaksud adalah berduet dengan band rock yang musiknya cadas banget.

Kazuki, lead vocalist I Rock You, terlihat intimidatif di kali pertama bertemu dengan Arletta. Penampilan seenaknya, lengan bertato, bersikap dingin—bahkan kasar, adalah peringatan yang lebih dari cukup bagi Arletta supaya menjaga jarak. Tapi kakaknya bilang, proyek duet untuk soundtrack film itu adalah kesempatan yang belum tentu akan datang dua kali. Arletta pun belajar menoleransi Kazuki. Berusaha meminimalisir konflik dengan cowok itu. 

Masalahnya, begitu dia menerima Kazuki masuk ke hidupnya, cowok itu seperti ada di mana-mana. Arletta stuck dengan Kazuki dan tak ada yang bisa dia lakukan untuk mengubahnya. Dan perlahan-lahan, meskipun ini tak sudi diakuinya ke siapa pun, Arletta sedikit berharap situasi ini terjadi sedikit lebih lama daripada seharusnya. 

Karena Arletta sudah terbiasa dengan kehadiran Kazuki. Yah, mungkin lebih dari sekadar ‘terbiasa’....

I Rock You adalah band beraliran alternatif-rock yang sedang naik daun, kiprahnya di dunia musik sedang di atas angin, bahkan demamnya sampai ke negara tetangga. Namun, ada satu kekurangan yang dimiliki oleh band yang terdiri dari empat personil ini, sang vokalis, Kazuki, terkenal sangat arogan dan temperamental. Oleh karena itu, pihak managing director dari Hear Me Label, tempat I Rock You bernaung menawarkan sebuah kerjasama yang saling menguntungkan dengan Arletta dan Jo, mengisi soundtrack film.

Jo dan Arletta adalah kakak adik yang sangat menyukai musik, mereka memiliki sekolah musik yang cukup terkenal, Rising Star Musica. Kalau Jo sanggup memainkan berbagai alat musik, maka Arletta memiliki suara yang sangat indah, dia adalah artis Youtube yang cukup terkenal dan sering mengcover lagu dari penyanyi tenar, imej-nya pun bak bidadari tanpa cela, angelic. Sedangkan Jonathan, abangnya, bertugas mengurus pembuatan video, editing, mengaransemen, merangkap sebagai produser. Namun, ketika Arletta mencoba merilis lagunya sendiri, penjualannya flop, tidak laku.

Peluang besar ini tentu tidak disia-siakan Jo, kesempatan berduet dengan band papan atas Indonesia bisa menjadi batu loncatan bagi karier Arletta di dunia musik, dia tidak ingin adiknya hanya sebatas berkarya di Youtube. Sedangkan dari pihak I Rock You, proyek besar ini sangat penting karena bisa mengurangi penilaian publik bagi sang vokalis yang terkenal bermulut silet, bahwa Kazuki bisa berkerja sama dengan orang luar dan tidak egois.

Mencampurkan dua genre yang berbeda, memadukan dua sifat yang bertolak belakang, mempertemukan dua orang yang saling membenci, apakah proyek ini akan berjalan sukses?
"Nengok masa lalu orang tuh sama kayak gagak, makan sesuatu yang sudah kadaluwarsa dan jadi bangkai. Hobi nyari-nyari kesalahan orang. Kasihan kalau orangnya sudah niat berubah, sementara bangkai yang dia coba buang malah dikais-kais sama orang lain."
"Ah, kadang manusia butuh pembenaran buat nyangkal sesuatu yang salah."
"Emang lebih enak bikin orang susah atas keberhasilan kita daripada bikin orang bersimpati atas musibah kita."
Coba kalau I Rock You beneran ada, mungkin saya akan jadi bagian dari fans mereka, hahaha. Dari segi karakter, Yoana Dianika sangat sukses memberikan nyawa pada tokohnya, salah satu kelebihan buku ini, saya bisa membayangkan bagaimana mereka dan langsung mengidolakannya! Menyusul unsur musik yang melatari cerita, menjadi kesatuan yang utuh untuk kisah cinta Kazuki dan Arletta. Dan saya sangat menyukai dua bab pertama, bagian yang sangat penting di belakang nanti, sangat berpengaruh akan jalannya cerita.

Strings Attached tidak hanya membahas dua orang yang saling cek-cok akan berbagai perbedaan, orang-orang yang menganggap musik adalah hidupnya. Penulis juga menyisipkan beberapa masalah yang kerap muncul di industri musik. Misalkan saja, adanya haters yang akan selalu memantau gerak gerik artis yang mereka benci, persaingan di industri musik dan betapa pentingnya sebuah imej untuk  public figure.

Musik rock menjadi fokus utama penulis, walau tidak membahas secara detail, ada beberapa informasi bermanfaat yang bisa kita dapatkan. Misalkan saja kapan musik rock mulai booming, beberapa band rock yang terkenal berserta lagunya yang di sisipkan penulis, sampai musik yang menghentak bisa menjadi terapi mental baik bagi pencipta lagu maupun pendengarnya.

Sedangkan bagi Arletta yang merupakan artis youtuber, dia boleh berbakat, tapi di kasus nyata pun banyak yang seperti Arletta, ketika mengeluarkan single bahkan mini album, tidak akan selaris lagu yang dicovernya. Butuh konsistensi dan seperti langkah yang diambil Jo, bekerja sama dengan sosok yang terkenal untuk mendomplang karier, karena begitulah dunia entertainment, bakat saja tidak cukup, kadang dibutuhkan keberuntungan dan uang.

Untuk kisah cintanya, saya suka perkembangan hubungan Kazuki dan Arletta, tidak tergesa-gesa, melihat awalnya mereka saling membenci, harus ada proses sehingga tidak terkesan instan. Dan dari mereka kita juga bisa belajar bahwa kita tidak bisa menilai orang dari tampilan luar, kita harus mengenalnya terlebih dahulu. Karena selalu ada sebab seseorang bertingkah laku tidak sesuai keinginan kita, yang kita anggap buruk, selalu ada pemicu dan kita harus belajar memahami, seperti yang dilakukan Arletta kepada Kazuki.

Dari segi kekurangan, lebih ke konflik yang agak sinetronis, tapi masih bisa diterima, dan saya tidak menyangka akan plot twist-nya, nggak ketebak! Dan saya berharap latar belakang para personil I Rock You dibahas lebih detail, bagaimana awal mula persahabatan merekab terjalin, bagaimana mereka menjaga kekompakan, melihat Kazuki tipe orang yang susah untuk diajak kompromi. Secara keseluruhan, saya menyukai Strings Attached, bisa dibilang buku dari Yoana Dianika yang paling saya suka, dari beberapa yang sudah saya baca.

Bagi kalian yang mencari kisah benci jadi cinta, berlatar dunia musik, khususnya musik rock, maka kalian tidak boleh melewatkan Strings Attached.


Challenge kali ini berupa:


4 komentar:

  1. "Untuk kisah cintanya, saya suka perkembangan hubungan Kazuki dan Arletta, tidak tergesa-gesa, melihat awalnya mereka saling membenci, harus ada proses sehingga tidak terkesan instan"

    Kayaknya bakal suka. Beberapa waktu ini sering banget baca novel (meski gak semua novel yang kubaca) yang rasa cintanya muncul dengan tergesa, logikaku sulit menerima si tokoh utama tiba-tiba udah jatuh cinta :(
    *Punya ekspektasi lebih sama novel ini,,,

    BalasHapus
  2. Tema benci jadi cinta mungkin udah banyak banget novel yang bertema serupa. Tapi yang bikin beda, ya, itu, nuansa genre musik rocknya yang paling ngebedain. Jadi kepo perbedaan apa lagi yang membuat novel ini beda dengan yang lain. hehehe

    BalasHapus
  3. Ternyata Jo punya peran besar dalam karir Arletta, baru tau. Kan, jadi pengen punya kakak cowok kalau ada cerita gini.

    Bte, aku selalu suka tema benci jadi cinta, jadi novel ini jelas menarik perhatianku sejak awal.

    BalasHapus
  4. Ternyata Arletta awalnya dari cover lagu di youtube gitu yaaa.
    Dan apakah plot twist yang ga ketebak?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...