Selasa, 01 Mei 2018

Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan | Part 2


Baca dulu: Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan | Part 1

Untuk digarisbawahi, rekomendasi ini berdasarkan selera saya, jadi subjektif banget. Saya bukan pembaca yang picky banget, apalagi untuk romance yang konflik ceritanya itu-itu saja, saya bukan polisi typo. Kalau bisa logis tapi kalau nggak masuk di akal, yah, bisa diterima sedikit deh, tapi jangan kebangeten, hahaha. Saya nggak peduli apakah buku yang saya baca dari penulis yang bukunya bestseller banget sampai dibaca berjuta-juta kali atau penulis amatir, asal saya suka bakalan saya ikuti karyanya, itu hanya label saja.

Poin utama ketika saya membaca cerita adalah feel atau emosi, ini sakral banget bagi saya, hahaha. Baru karakterisasi dan plot. Karakter penting karena bisa menghidupkan emosi, menghidupkan cerita, sedangkan plot bagi saya bisa dibilang ya cerita yang diusung penulis. Kalau kata Winna Efendi di buku Draf 1, plot itu inti cerita, sedangkan alur adalah bagaimana cerita itu mengalir, masih banyak yang menganggap kalau plot dan alur itu sama, padahal beda tipis. Sedangkan untuk elemen lain saya tidak terlalu rewel, saya kan pembaca receh.

Berikut adalah lanjutan cerita Wattpad yang masih on-going maupun sudah tamat yang bisa kalian baca secara totalitas alias belum dihapus part-nya yang saya sukai. Kalau waktu baca postingan ini dan sebelumnya sudah dihapus, jangan salahkan saya karena pas bikin masih dalam keadaan utuh.

Come On Get It by @emmifattah
Come On Get It sebenarnya buku kedua, kalian bisa membaca terlebih dahulu One Last Cry karena sangat berhubungan. Namun, saya jauh lebih suka Come On Get It, ceritanya nggak menye-menye banget, saya suka karakter ceweknya yang mata duitan dan kocak XD. Saya beberapa kali dibuat ketawa, satu poin yang positif. Sayangnya, endingnya minta ditendang, hahahaha.

Nggak sad ending lebih ke open ending sebenarnya, hanya saja nggak suka eksekusinya dan terlalu tergesa-gesa, jadi kalau suatu saat diterbitkan, plis diperbaiki, dari segi tema cerita dan konflik sudah dapat banget, apalagi karakternya. Di bagian terakhir saya seperti kehilangan Gie yang sudah tidak ada cinta lagi dengan Ayu, Gie jadi berubah banget, dan alasannya nggak dijelaskan detail oleh penulis, dia seperti berbalik menjadi orang jahat, kenapa Gie jadi kayak gitu sih? Saya nggak terima, hiks.

Cerita ini memiliki muatan cinta beda usia, benci jadi cinta, playboy insaf, anak band, LOL. Yang jelas saya suka dengan plot yang dibuat penulis, nulisnya juga asik, hanya sebal sama eksekusinya saja XD. Sebagai pembaca saya mencoba dewasa (walau sebenernya memang sudah tua bangka, hahaha), bahwa ada batasan di mana seorang pembaca tidak boleh mengatur jalannya cerita maupun karakter tokohnya, itu kekuasaan penulis, penulis adalah tuhan bagi karya-nya. Yah, saya harus belajar menerima, walau berat rasanya.

Dan saya juga mantengin cerita terbaru penulis yang berjudul The Last Child, plotnya sih agak mirip Cinta Itu..., semoga segera update.

From Kitchen with Love by @abigailsyf
Ada tiga cerita yang dibuat penulis dan bisa dibilang series, walau bisa dibaca terpisah. Cerita pertama berjudul I'm Into You, tentang sahabat jadi cinta. Kemudian cerita ini, From Kitchen with Love, tokoh utama cowoknya kakak dari tokoh utama cewek di buku I'm Into You. Sedangkan Marriage In War, sebut saja buku ketiga, tokoh utama ceweknya anak dari pasangan buku pertama. Iya mbulet, iyain aja deh, hahaha.

Sebenarnya nggak ada yang spesial, penulis memenuhi tiga kriteria terbesar saya dalam membaca, jadi suka bacanya, tulisannya enak, bikin betah, udah itu intinya. Oh ya, saya suka pemiliham cover semua ceritanya, eye catching! Percayalah, dari ribuan cerita di Wattpad, saya mengandalkan cover terlebih dahulu, baru lihat sinopsismya, ini khusus bagi penulis yang sebelumnya belum pernah saya baca tulisannya. Baru saya baca bab awal, kalau sesuai selera bisa langsung tamat.

Waktu baca cerita ini kebayangnya kayak salah satu drama Korea yang main Park Bo-young, hampir mirip tema ceritanya.

Present from Heaven by @womaninparadise
Waktu baca Sexy Andrea's Love Story, prekuel dari cerita ini, ternyata penulis sudah pernah menerbitkan tulisannya secara mayor lewat buku Marrying My Best Friend. Saya belum baca sih, tapi dari series ini dan dua buku dari series Relationship, penulis bermain di area dewasa, dan biasanya diterbitkan secara indie. Jadi cukup kaget, terlebih deskripsi penulis cukup eksplisit untuk adegan ranjang.

Tema cerita Present from Heaven hampir sama dengan Sexy Andrea's Love Story, yaitu tentang cewek yang biasa dianggap bitch jatuh cinta sama cowok yang lebih kalem dan cenderung nerd, si nakal vs si baik-baik. Konfliknya sendiri si cewek hamil di luar nikah tapi dia nggak mau si cowok bertanggung jawab karena terpaksa, karena nggak ada cinta. Dia bisa besarin sendiri anaknya, terus merembet ke stereotipe orang sekitar akan hubungan mereka. Saya suka ceritanya, suka konfliknya, suka adegan ranjangnya, wakakakaka.

Rotasi dan Revolusi by @Crowdstroia
Saya mengincar tulisannya Crowdstroia sudah lama, entah kenapa punya feeling bagus saja, tapi belum kesampaian baca buku debutnya yang diterbitkan secara mayor. Baca cerita dia di Wattpad pun kayak harus nunggu timing yang tepat, baru waktu nulis postingan ini saya benar-benar memulai membaca tulisannya, kayak nama dia harus ikutan masuk di postingan ini.

Kalau saya amati *ceileh, Crowdstroia satu-satunya penulis Wattpad yang mementingkan kemasan sebuah cerita, packaging dia keren parah! Mulai dari cover, judul buku, nama para tokoh, beberapa gambar untuk menggambarkan tokohnya atau biasa penulis sebut Moodboard, belum tulisannya yang 'sudah rapi', ibaratnya kalau saya editor, saya tinggal cetak aja, hahaha. Bahkan kalau dibandingkan dengan cover buku dia yang sudah diterbitkan secara mayor, lebih bagus cover-cover yang dia buat di Wattpad. Saya nggak tahu apakah benar dia yang bikin sendiri, tapi saya kadang menemukan cover dari penulis lain yang ada credit title nama Crowdstroia. Kalau kata anak instagram sih, packaging yang dibuat penulis itu aesthetic.

Saya baru baca tulisan dia yang Seri Ego, Logam dan Berlian serta Rotasi dan Revolusi. Kalau pengin tahu jenis bab awal yang paling saya suka atau yang bikin saya langsung melanjutkan ke halaman berikutnya, baca deh bab awal Logam dan Berlian, favorite banget! Walau buku pertama, penulis malah lebih lancar menulis buku ketiga, Rotasi dan Revolusi. Emang bisa dibaca terpisah, hanya beberapa tokoh yang saling berkaitan. Kalau dari yang saya baca, troia ingin menjawab tantangan pembaca yang sering meremehkan, 'jangan suka mengkritik, coba bikin cerita yang sama, bisa nggak?'. Dan mungkin di seri Ego ini dia mengambil tema yang cukup mainstream dengan gaya tulisannya sebagai pembuktian. 

Tema Rotasi dan Revolusi memang pasaran, bagaimana seseorang cowok yang sempurna, idola banyak orang jatuh cinta sama cewek yang b saja. Saya akui kalau troia membuat tema tersebut menjadi berkelas, bisa membuat kita mikir karena tokoh utamanya sama-sama pandai, hahaha. Bedanya, yang satu sangat serius dan mengikuti pandangan orang pada umumnya, sedangkan si cewek lebih santai dan memiliki pandangan sendiri, di mana nantinya membuat si cowok sadar kalau nggak semua pemikiran dia baik untuk diterapkan.

Memang terkesan berat, hahaha, sejauh ini saya cukup menikmati dan kadang sepaham dengan pemikiran si cewek. Mungkin saya akan melanjutkan membaca cerita dari troia yang lain untuk memahami gaya tulisannya, misalkan dari seri Disiden karena banyak yang sudah tamat.

Say Hi!!! by @inggridsonyaaa
Saya cukup kaget ketika membaca bab-bab awal Say Hi!!!, karena berbeda sekali dengan tone tulisan  Inggrid Sonya selama ini, yang biasanya dark, kelam, penuh keputusasaan. Di cerita barunya lebih berwarna, dan yang jelas saya suka banget ide ceritanya! Berbau kekinian, tentang fake account dan aplikasi jodoh semacam Tinder. Berasa segar saja, dan baca cerita ini saya jadi galau mau milih siapa, dan tebak-tebakannya bikin geregetan, hahaha. Kalau kamu remaja, saya sarankan banget baca tulisannya Inggrid Sonya.

Say Hi!!! bercerita tentang Ribby, cewek biasa-biasa saja yang selalu cuek dengan penampilannya, dia punya dua sahabat sejak kecil yang tinggal tidak jauh dari rumahnya, Pandu dan Ervan. Dua cowok ini idola di sekolah, yang satu jago bikin film dokumenter satunya jago olahraga, sama-sama tampan dan kaya, kece banget pokoknya. Nah, Ribby sering diledekin karena bikin pemandangan nggak indah kalau dia bersama kedua cowok tersebut, dia sering banget dicemburuin sama penggemarnya Vans-Pans.

Suatu hari, Qia, sahabat Ribby mengenalkannya pada aplikasi berbasis anonim bernama Say Hi! Kita bisa menjadi apa saja, siapa saja, membuat avatar sesuai keinginan kita. Karena merasa muak selalu diremehkan, Ribby dengan iseng membuat akun dengan nama Viona dengan diskripsi seorang cewek yang sempurna, Tidak lama dia membuat akun, dia berkenalan dengan akun yang bernama Robbi. Enehnya, Robbi ini seperti tahu banget tentang Ribby. Nah, siapakah Robbi sebenarnya?

Baca deh, seru banget, untung saja tebakan saya tentang siapa Robbi yang sebenarnya benar.

Yak, itulah 9 cerita Wattpad yang perlu kamu baca sebelum dibukukan, sebelum kalian harus beli. Sebenarnya lebih dari sembilan karena banyak yang merupakan series, dan rata-rata belum dihapus juga, jadi lumayan banget kalau kalian ingin baca cerita yang gratis :D. Sebenarnya lagi, masih ada beberapa cerita yang saya ikuti, ada yang berbau mature banget tapi tulisannya enak, tapi nggak usah saya sebutkan, nanti yang belum cukup umur ikutan baca lagi, yang di atas saja ada beberapa yang berbau dewasa, hahaha.

Ini saja dulu, kalau nanti saya dapat cerita yang on going kece atau yang sudah tamat tapi belum dihapus kemungkinan bakal saya bikin postingan lagi. Bikin postingan ini nggak gampang karena saya harus menyortir puluhan cerita Wattpad, dan sebelum memasukkan ke rekomendasi saya baca sampai part terakhir bahkan sampai tamat. Jadi, mohon pengertiannya kalau saya masih punya hutang review dan lama banget nulisnya, karena kerjaan saya nggak hanya baca dan ngeblog aja, hiks. Namun, saya seneng sih kalau dapat cerita bagus dan bisa merekomendasikan ke kalian. Cerita bagus harus disebarkan!

Kalau kalian punya rekomendasi cerita Wattpad lainnya boleh banget kalau mau komentar di bawah, malah bisa menghemat waktu saya, apalagi kalian yang sudah punya jam terbang tinggi di dunia Wattpad :D

4 komentar:

  1. Yang ceritanya kak Troia sama kak Inggrid sering banget muncul di newsfeed.
    Pengen baca tapi timbunan di daftar bacaan belum berkurang. :')

    BalasHapus
  2. Nunggu sampe tamat dulu gpp, lanjutannya g tentu jadi kadang geregetan karena g sabar, hahaha

    BalasHapus
  3. Setuju banget mbak! Tulisan Troia sama Inggrid emang jangan dilewatkan (sebelum terbit bukunya)

    Mbak baca seri Disiden nya Troia deh, bikin mikir, kocak juga, packagingnya selalu keren

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...