Selasa, 01 Mei 2018

Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan | Part 1


Hai hallo, rekomendasi datang kembali, setelah kemarin saya membahas penulis Wattpad yang saya suka, sekarang giliran cerita dari Wattpad yang perlu kamu baca sebelum dibukukan. Tahun ini bisa dibilang saya cukup kenceng baca cerita Wattpad, bermula dari membaca versi cetak, begitu saya menyukainya saya mencari tulisan dari penulis yang bersangkutan untuk saya pantau, saya tandai mereka! Berkembanglah ke cerita penulis lain, entah pernah dibukukan maupun yang belum pernah.

Makanya sekarang saya lelet banget kalau nulis review, harus benar-benar meluangkan waktu. Bayangkan aja setengah hari harus bekerja dan menjalankan rutinitas kehidupan nyata, belum baca buku cetak atau timbunan, baca ebook, nonton film atau drama Korea, ditambah sekarang Wattpad. Jadi plis, jangan maksa-maksa untuk segera menulis review, khususnya buntelan *nangis di tengah-tengah Song Joong Ki dan Yoo Ah In. Sekarang saya hanya ingin mengikuti mood, benar-benar nggak mau kepaksa seperti tahun lalu, saya mau woles dan menikmati saja, nggak ingin membaca menjadi beban.

Baca juga: Penulis Wattpad yang Tidak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Satu hal yang membuat saya males banget sama Wattpad, begitu udah nyaman dapat cerita yang lumayan saya suka dan tamat, tapi begitu dibaca banyak bagian yang dihapus dan harus dibaca versi cetak, kan ngeselin, wakakakaka. Saya sempat curhat hal ini di twitter, kemudian mendapatkan jawaban dari beberapa penulis, alasan utama karena permintaan penerbit. Saya tahu banget tentu tujuan bahkan impian penulis Wattpad adalah karyanya dibukukan, mendapatkan royalti. Namun, apes bagi pembaca baru seperti saya, karena biasanya cerita yang dihapus sebelumnya pernah di posting secara utuh, kalau mengikuti sedari awal.

Sebenarnya bukan masalah besar bagi saya, ya kesel sebentar aja sih, soalnya habis itu langsung dihapus dari perpustakaan dan cari bacaan lain yang menyuguhkan keutuhan cerita, hahahaha. Bukannya pelit ya, kalau bukunya ada di Gramedia Digital saya nggak akan kesusahan untuk membaca versi lengkap, kalau selain itu, ya nunggu saya menang resensi, beli seken, beli dari hasil jualan koleksi atau syukur-syukur dapat buntelan *ditabok XD. Sampai sekarang saya masih puasa beli buku, yah beberapa kali khilaf, hihihi, fokus melengkapi Harry Potter (ini kalau ditotal bisa berjuta-juta *nangis darah), beli yang benar-benar saya tahu bakalan suka dan saya koleksi, jadi selain itu saya bisa menunggu.

Alasan utama adalah harga buku Wattpad biasanya mahal banget (dan banyakkkkkkk banget), bahkan saingan sama terjemahan, jadi perlu mikir dua kali kalau mau beli, ya kalau endingnya saya suka, kalau minta ditendang? Rugi dong. Nah, dari baca di Wattpad inilah saya bisa melakukan seleksi alam, mana yang asik dan masuk ke selera saya, kalau suka bakalan saya ikuti. Saya lebih suka kalau versi mentah masih ditayangkan secara utuh, sehingga pembaca baru seperti saya bisa mengikuti, bisa menilai, sehingga nantinya bisa menjaring pembaca baru. Kalau diterbitkan seharusnya ada perbaikan dan kalau bisa ada tambahan cerita sehingga pembaca lama pun tetap bisa mengikuti. Paling males juga kalau sama plek sama yang di Wattpad, jadi kayak nggak ada yang spesial.
Nah, cerita di bawah ini adalah cerita Wattpad yang saya suka dan ikuti, ada yang sudah selesai bahkan mungkin ada rencana diterbitkan dan masih on-going atau bersambung. Makanya, sebelum dibukukan dan dihapus saya kasih tau nih, biar nggak kesel kayak saya. Namun sekali lagi saya peringatkan ya, ini subjektif banget, kalau pernah baca dan nggak suka, nggak pa-pa banget, saya suka perbedaan, LOL. Nggak ada urutan khusus entah dari yang paling bagus atau sebaliknya, random saja.

After We Meet Again by @pramiths
Kalau nggak salah saya punya buku debut penulis yang diterbitkan PlotPoint tapi masih di timbun *saplak, hahaha, pernah baca juga yang sudah diterbitkan mayor tapi belum sampai selesai. Kalau saya lihat penulis cukup produktif, banyak cerita yang bisa diikuti. Namun, After We Meet Again menarik perhatian saya dari pertama lihat, mencoba baca dan keterusan! Saya suka tema ceritanya, mirip Romeo & Juliet, dua kelurga yang bermusuhan tapi anak-anak mereka malah jatuh cinta. Sudah saya bilang kan kalau selera saya receh, hahahaha.

Profesi cowoknya chef, punya usaha toko roti, dia ingin berdiri sendiri, tidak ingin menggunakan kekuasaan ayahnya bahkan melanjutkan bisnisnya -yang juga berhubungan dengan bisnis keluarga si cewek. Sedangkan si cewek tipe yang nggak ingin terlihat, menyembunyikan identitas diri kalau berasal dari keluarga kaya raya. Nah, apa yang membuat keluarga mereka bermusuhan? Baca sendiri yak.

At Least Once by @kinky_geek 
Tulisan Alma Aridatha sudah pasti saya masukkan, ceritanya sih mengobati luka hati yang sampai sekarang belum mendapatkan buku Tied Up, hahaha, saya cari-cari lah tulisan Alma yang lain dan untungnya ada yang on going. Masih tentang kehidupan rumah tangga, tapi konflik di cerita ini sedikit kompleks dari buku Alma sebelumnya. Dan bagi yang nggak ingin adegan kipas-kipas, buku ini sangat cocok kalau pengin nyoba tulisan Alma.

Singkat cerita, Nada sebelumnya pernah menikah dengan Remi, karena mengetahui dia selingkuh terlebih Nada tidak pernah disentuh sejak mereka menikah, dia memutuskan bercerai. Kehidupan baru dimulai, datang Okan yang tertarik pada Nada, setelah pertemuan awal yang tanpa harapan karena Nada begitu apatis, Okan hampir saja menyerah. Namun, Okan enggan melupakan Nada, dia merasa Nada adalah orang yang tepat, akhirnya setelah dia sedikit memahami, hubungan mereka secara perlahan terjalin.

Nah, ketika Nada ingin membuka lembaran baru dan menyembuhkan luka hatinya, Remi datang kembali, dengan rahasia yang dia simpan rapat selama ini. Dengan status Nada yang kerap dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang, tentang pandangan keluarga Okan akan dirinya yang pernah bercerai. Baca deh, bakalan jatuh cinta sama Okan, selain itu kerasa banget emosinya Nada.

Btw, saya berharap akan ada cerita khusus tentang Berta, sahabat Nada. Dia punya modal yang besar untuk dikembangkan menjadi cerita yang utuh, plisssssssssss.

Back to You by @fairywoodpaperink
Back to You adalah lanjutan dari Runaway from You, saya sarankan baca cerita yang pertama untuk tahu latar belakang hubungan Emir dan Adrie. Di Runaway from You diceritakan kalau Emir tergila-gila sama Adrie, segala perbuatan entah itu dari cara halus sampai memalukan pernah dia lakukan untuk merebut hati Adrie, tapi Adrie sama sekali tidak tertarik padanya.

Nah, di Back to You gantian Adrie yang mengejar-ngejar Emir. Yang saya suka dari cerita ini adalah masalah mereka datang bukan karena hadirnya orang ketiga, karena sesuatu yang awalnya dipaksakan. Sejak membaca buku pertama Aqessa, saya menyukai bagaimana dia menciptakan interasi para tokohnya, jadi walau alurnya terkesan lambat, tidak terasa membosankan karena ada saja yang dibahas dan diobrolkan para tokohnya. Dalam cerita ini kerasa banget bagaimana seseorang yang awalnya benci mati-matian tapi begitu kehilangan merasakan ada yang kurang dalam hidupnya.

Cinta Itu... by @sanarialasau
Dulu saya pernah bilang kalau Asri Tahir memiliki cerita yang bernuansa Mira W dengan rasa kekinian, sekarang dia punya saingannya, hahahaha. Sejak membaca Dirt on My Boots saya ketagihan dengan tulisan Titi Sanaria, hampir semua cerita dia di Wattpad sudah saya baca, dan bisa dibilang Cinta Itu... yang paling favorit. Emang kerasa banget perbedaan gaya bercerita dia di DoMB dengan cerita lainnya, tulisan dia yang asli sedikit kalem, tidak semeledak-ledak dalam DoMB, tapi tetap ada signature dia yang langsung terasa begitu membaca beberapa tulisannya. Dalam artian baca sambil merem pun bakalan tahu kalau Titi yang nulis XD.

Kenapa saya menyukai tulisan Titi selain gaya berceritanya yang enak? Karena dia menjawab impian saya akan jenis cerita yang dari dulu ingin banget saya baca tapi nggak ada penulis yang mewujudkannya, hahaha. Mungkin sudah ada yang pernah menulis, tapi tidak seperti Titi yang bagi saya benar-benar pas sesuai keinginan. Misalkan saja You Belong to Me, tentang kakak tiri yang jatuh cinta sama adiknya, hahaha. Sekali lagi, saya pembaca yang receh, memiliki motto mengumpulkan berbagai macam kisah cinta XD.

Sedangkan Cinta Itu... bercerita tentang Kara, dia anak hasil adopsi dan beruntung keluarganya sangat menyayangi bahkan cenderung posesif pada dirinya. Kara waktu kecil berhubungan baik dengan sepupunya, Jingga. Namun, entah kenapa Jingga seperti menusuk dia dari belakang, dia menjadi orang yang kerap membully di sekolah, belum lagi cinta monyet yang dia percaya sebagai satu-satunya orang yang mau dekat dengan dirinya tanpa pamrih juga mengatakan hal buruk tentang dirinya di belakang.

Ketika Kara memasuki dunia kerja, dia dipertemukan dengan dua orang yang menjadi mimpi buruk dan berperan menjadikan dia seseorang yang rendah diri. Belum lagi salah satu mimpi buruknya tersebut menjadi atasan dan selalu ingin dekat dengan Kara. Di cerita ini saya suka banget hubungan Kara dengan kakaknya, Genta, ada bagian yang benar-benar bikin emosional, yaitu pas bagian kalau Genta lah yang memilih Kara sebagai adik.

Sebelum kepanjangan (padahal saya masih punya hutang dua review buku dari penulis :p), saya ingin mengemukakan kekurangan. Cover di Wattpad sungguh-sungguh tidak menggoda untuk dibaca, hahaha. Coba kalau saya tidak mengenal tulisannya terlebih dahulu, saya nggak bakalan tahu kalau di balik cover yang tidak menjual tersebut tersimpan berbagai jenis cerita yang saya suka. Kadang penyelesaian ceritanya terlalu cepat, jadi kurang puas, pengin baca lagi, apalagi tiap part di Cinta Itu... tergolong sangat pendek, pokoknya pengin nagih terus, hahaha. Kadang ada kesamaan dari buku dia yang lain dalam penyelesaian masalah. Menurut saya, salah satu kekurangan signature yang mudah terasa tadi adalah alurnya gampang ditebak karena biasanya punya siklus yang mirip. Hal ini pernah saya rasakan juga pada tulisannya Christian Simamora.

Saya sih berharapnya semua cerita yang Titi tulis bisa setebal DoMB :p

Baca juga: 10 Alasan Kenapa Menulis Resensi Buku Itu Susahnya Amit-Amit

Berhubung postingan ini jadi sangat panjang sekali, saya terpaksa menjadikannya dua bagian *dikate Infinity War, LOL. Karena kalau saya paksakan bakalan nggak enak dibaca, ini saja baru empat cerita, masih ada lima cerita dari Wattpad yang ingin saya bahas dan ada beberapa cerita yang saya selipkan karena berhubungan. Nulis ini juga berjam-jam, huhuhuhu, jadi sekalian istirahat dulu, ini sudah mau jam setengah tiga pagi dan saya harus tidur, untung saja besok libur. Nanti kalau sudah selesai segera saya posting deh.

Kalau kalian pernah baca cerita di atas boleh banget urun pendapat, apa yang membuat kalian menyukainya atau bahkan sebaliknya. Kalau mau merekomendasikan cerita Wattpad, baik yang masih on going maupun sudah tamat tapi cerita tetap utuh, boleh banget komen di bawah, siapa tahu saya juga menyukainya dan bisa menjadikan rekomendasi berikutnya :D

Tolong dicatat: yang masih on going atau cerita sudah tamat tapi cerita tetap utuh, jangan yang ada tulisannya dihapus karena proses penerbitan atau dihapus dan bisa dibaca versi cetak, hahahaha.

Berikutnya: Cerita Wattpad yang Perlu Kamu Baca Sebelum Dibukukan | Part 2.

10 komentar:

  1. Setujuu pake banget kak..
    Karya2 nya kak Titi emank punya rasa yg berbeda dengan romance yg gak biasa...

    BalasHapus
  2. Bacaann kitaa sama kak *toss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tossss, hahaha, selera kita kayaknya beda tipis :D

      Hapus
  3. 90% selera kita sama kak, aku juga baca karya2nya pramyths, fairywoodpaperink, sama kinky geek. Cuma Titi Sanaria yang belum aku baca, dan aku jadi pengen coba.
    Oh ya, kalo yg pramyths, coba deh baca karya dia yg Save our story, bagus juga itu ceritanya. Aku suka banget sama karakter cowoknya: macho, suka fotografi, dan petualang. Tapi rupanya si cowok ini punya masa lalu yang kelam loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, makasih banyak rekomendasinya, nanti dicek ya 😀

      Hapus
  4. Semuanya pernah kubaca ceritanyaa, tp yg at least once blm kubaca. Seneng deh ada yg satu seler sm aku ahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo bacaaa, siapa tahu sama juga sukanya :)

      Hapus
  5. Boleh juga nih rekomendasinya. .

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...