Sabtu, 07 April 2018

Ask Author with Christian Simamora about Burn Baby Burn | Blog Tour


Hai halloooo, jumpa lagi di blog tour yang diadakan oleh penerbit Twigora dan Roro Raya Sejahtera, kali ini saya akan mengawali tour untuk buku Burn Baby Burn, buku yang terbilang baru dari Christian Simamora. Kenapa terbilang baru? Karena ada lagi buku terbarunya, Remuk Redam, sudah pernah menggintip di wattpad dan nggak sabar untuk segera baca juga. Seneng deh kalau Bang Ino bisa produktif, maklum, saya penggemar tulisannya :p.

Seperti biasa, dalam rangkaian blog tour nantinya akan ada ask author, book review dan giveaway. Nah, di hari pertama ini saya akan fokus ke ask author? Penasaran pertanyaan apa saja yang saya lontarkan kepada Bang Ino? Berikut wawancara singkat yang cukup seru :D  


1. Setiap membaca novel dari Bang Ino, pasti profesinya beda-beda. Apakah memang ingin membahas profesi tertentu atau tanpa sengaja di setiap bukunya baik yang sebelumnya dan ke depannya nanti? Profesi apa lagi yang belum pernah dan ingin banget ditulis nanti?

I love independent heroine. Variasi pekerjaan adalah kombinasi kesengajaan dan tidak. Sengaja karena Abang kepengen ngasih pengalaman baru untuk pembaca, nggak sengaja karena kesannya memang direncanakan begitu (the answer is: no).
Yang belum kesampaian adalah karakter dari latar belakang medis. Belum ketemu narasumber dan ide cerita yang cocok sampai sekarang.

2. Di buku ini tokoh Gia pernah bekerja sebagai editor akuisisi, penerjemah bahkan penulis, erat banget dengan profesi Bang Ino. Apakah sekalian curhat, dari dulu memang ingin menulis tentang yang berhubungan dengan dunia perbukuan dan penerbitan atau malah karena udah ranah makanan sehari-hari jadi gampang banget untuk ditulis?

I was the head of fiction department. Pekerjaan Abang itu memungkinkan untuk mengenal profesi editor akuisisi dan penerjemah. Sedangkan profesi penulis, obviously, because I still am. Nggak ada rencana untuk curhat, malah sempat berencana untuk menghindari topik itu malah (no particular reason). Tapi setelah Typo, perasaan alergi nggak beralasan itu seperti sembuh sendiri. Backstory Gia yang dekat dengan dunia Abang pun muncul dengan sendirinya, apalagi mengingat karakter itu juga sama-sama introvert. Kami, kaum introvert, memang nyamannya bekerja sendirian dan kalau bisa nggak harus berurusan dengan banyak orang. Cocoklah bagi Gia untuk bekerja sebagai penerjemah. 

3. Diceritakan juga backstory Gia tentang awal proses kreatifnya. Nah, boleh ceritakan backstory Abang sendiri?

Plot Burn Baby Burn ditulis karena ditantang sama editor tersayang. Berhubung deskripsi tantangannya adalah menulis dengan gaya berbeda, segala yang ada di novel itu benar-benar di luar pakem novel Christian Simamora selama ini. Terlepas dari seperti apa reaksi pembaca setelah Burn Baby Burn terbit, Abang senang bisa menunjukkan ke diri sendiri kalau sesekali keluar dari gelembung nyaman menjanjikan pengalaman baru yang menarik.

4. Di buku ini sedikit banyak membahas tentang Wattpad. Bagi Abang, wattpad itu seperti apa sih? Seperti yang diketahui secara luas, banyak yang pro dan kontra tentang Wattpad.

Abang merasa Wattpad adalah media kreatif untuk penulis baru maupun yang lama. Para pembaca di Wattpad pun bebas memilih genre dan tema apa yang menarik bagi mereka. Tentu saja, suatu saat, baik penulis dan pembaca sebaiknya pelan-pelan menantang diri untuk mengurangi ketergantungan pada aplikasi itu. Penulis bisa memberanikan menulis bagi target pembaca di luar para follower-nya di Wattpad, juga bisa membiasakan diri menulis dengan deadline (seru-seru menyiksa tuh, hehehe). Sedangkan pembaca bisa menantang dirinya untuk melirik bacaan selain di Wattpad--try classics like Azab dan Sengsara or Pride and Prejudice, atau lebih fokus di genre favoritnya (misalnya, penyuka novel-novel remaja bisa mencoba karya para penulis pra-Wattpad macam Hilman atau Gola Gong).

5. Salah satu ciri tulisan Abang adalah ada kalimat pembuka unik di setiap bab, kayak istilah yang Abang buat sendiri di buku-buku sebelumnya. Kali ini sedikit berbeda yaitu cuplikan komentar di beberapa buku yang ditulis oleh cokelatkacang di Wattpad. Kenapa memilih cuplikan tersebut?

Why the hell not? :)
Burn Baby Burn adalah novel eksperimen, jadi kenapa nggak membuat konsep yang 'melenceng' dari kebiasaan juga?
Lagi pula, bagian menarik dari Wattpad culture itu justru laman komentarnya. Penulis maupun pembaca Wattpad juga dijamin familier dengan komentar-komentar fiktif di novel itu yang nggak jauh berbeda dengan yang mereka temui selama ini.
Tentang Penulis:


CHRISTIAN SIMAMORA.Proud introvert. Penulis 20 novel romance sejak 2005. Berbeda dengan Gia di novel ini, martabak manis favoritnya adalah rasa cokelat kismis.

CHECK HIM OUT
Fanpage: @ChristianSimamoraAuthor
Twitter: @09061983
Instagram: @XSIMAMORA

CHRISTIAN SIMAMORA
COMPLETE BOOKLIST
#JBOYFRIEND SERIES (2010-...)
PILLOW TALK
GOOD FIGHT
WITH YOU
ALL YOU CAN EAT
GUILTY PLEASURE
COME ON OVER
AS SEEN ON TV
MARRY NOW SORRY LATER
TYPO
HOW TO STAY SINGLE
WHAT A BOSS WANTS

#VIMANASINGLES (2015-...)
TIGER ON MY BED

SINGLE TITLES (2005-...)
JANGAN BILANG SIAPA-SIAPA
BOYLICIOUS
MACARIN ANJING
KISSING ME SOFTLY
COKLAT STROBERI
SHIT HAPPENS
MEET LAME
BURN BABY BURN

Burn Baby Burn erat banget sama dunia penulisan dan penerbitan, menambah informasi kita tentang apa saja tugas seorang editor akuisisi, suka duka seorang penerjemah dan khususnya Wattpad. Yap, nggak salah lagi, banyak hal yang disentil oleh Bang Ino tentang Wattpad, bahwa nggak seburuk yang kelihatan kok, menambah informasi banget dan seru! Dan tak jarang bikin ngakak, sesuai dengan ciri khas tulisan Bang Ino, selain nakal, kadang menyisipkan humor :D

Untuk mengetahui pertanyaan lain, kalian bisa mengikuti jadwal blog tour Burn Baby Burn, akan ada giveaway dan book review juga di setiap blog, jadi jangan lupa pantengin ya, berikut jadwal lengkapnya:

7 – 9April 2018: Me
URL Blog: http://www.kubikelromance.com/

10 – 12April 2018: Sintiya lastari Deva R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

13– 15 April 2018: Adyta Dhea Purbaya
Blog : adytapurbaya.blogspot.com

16 – 18 April 2018: Farida Endah
URL Blog : https://vaaridapunya.blogspot.co.id/

19 – 21 April 2018: Tasya Devi
URL Blog: perpuskeciltasya.wordpress.com

22 – 24 April 2018: Oktabri
Url blog: https://irbatko.wordpress.com/

25 – 27 April 2018: Pida Alandrian
URL Blog: https://collection-of-book.blogspot.co.id

Pantengin besok ya karena bakal ada book review dan giveaway :p


1 komentar:

  1. Aku penasaran sama karya yang ini. Aku suka karya bang ino. Favorit tetap all you can eat. Itu novel masih terkenang banget. Tokoh tokohnya menarik bgt

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...