Rekomendasi Toko Buku Online Favorit yang Murah dan Lengkap

Jumat, 02 Maret 2018

Golok Naga dan Pedang Langit Jilid 4 by Jin Yong | Book Review

Judul buku: Golok Naga dan Pedang Langit Jilid 4
Penulis: Jin Yong
Alih bahasa: Robi Wijaya
Editor: Anastasia Mustika Widjaja
Ilustrasi sampul: Lee Chi Ching
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-3596-4
Cetakan pertama, Januari 2017
440 halaman

Beli di Gramedia Sudirman.
“Jujur saja kukatakan padamu,” kata Zhang Wuji, “terhadapmu aku cinta juga benci, terhadap Zhiruo hormat juga takut.”

----Baca info dan cuplikan di: https://robiwijaya.wixsite.com/trilog...

Pada upacara pernikahannya, Zhang Wuji meninggalkan sang mempelai wanita, Zhou Zhiruo, dan pergi mengikuti Putri Mongol, Zhao Min. Di Kuil Shaolin diadakan Pertemuan Menyembelih Singa yang dihadiri seluruh pendekar dunia persilatan. Golok Naga dan Pedang Langit ikut berperan dalam jatuhnya Dinasti Yuan (Mongol) dan berdirinya Dinasti Ming.
Okey, akhirnya selesai juga setelah berhari-hari konsentrasi membaca serial ini. Bisa dibilang kisah cintanya berakhir tidak menyenangkan, bahkan penulis melakukan tiga kali revisi, terutama pada endingnya. Tapi yah, tetap pantas untuk dibaca dan dikoleksi.

Di bagian catatan penulis, awalnya tidak bisa menerima akhir cerita ini, begitu membacanya aku tercerahkan, hahaha.
"Zhang Wuji bukan pemimpin yang baik, tetapi ia dapat menjadi teman kita yang baik. Sebenarnya, kisah ini tidak menekankan pada cinta antara laki-laki dan perempuan, tetapi pada rasa persaudaraan antara laki-laki. Perasaan antara Tujuh Pendekar Wudang, antara Zhang Sanfeng dan Zhang Cuishan, kasih sejati ayah dan anak antara Xie Xun dan Zhang Wuji."
Benar, alasan di ataslah yang membuat saya sangat menikmati membaca buku ini, mengorbankan waktu berhari-hari demi menyimak kisah hidup Zhang Wuji yang tidak pernah mudah dan menakjubkan. Bacalah! Salah satu buku dari daratan China yang tidak akan membuat kecewa. Benar-benar memberikan pengalaman membaca yang berharga.





Note: 
Mungkin ada yang bertanya kenapa reviewnya pendek-pendek, hanya intinya saja. Karena saya memang tidak menulis ulang alias hanya menyalin dari review yang pernah saya buat di instagram maupun goodreads. Membaca saja membutuhkan waktu yang cukup menguras konsentrasi, apalagi mereviewnya. Namun, saya tetap ingin membuat versi panjang, entah itu kapan karena berarti saya harus baca ulang, dan untuk saat ini tidak memungkinkan. Semoga suatu saat bisa segera terealisasi ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...