Rekomendasi Toko Buku Online Favorit yang Murah dan Lengkap

Jumat, 02 Maret 2018

Golok Naga dan Pedang Langit Jilid 1 by Jin Yong | Book Review

Judul buku: Golok Naga dan Pedang Langit Jilid 1
Penulis: Jin Yong
Alih bahasa: Robi Wijaya
Ilustrasi sampul: Lee Chi Ching
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-2937-6
Cetakan pertama, 25 Juli 2016
408 halaman
Beli di Gramedia Sudirman.
Pemimpin dunia persilatan, adalah Golok Pembunuh Naga;
jika yang Didukung Langit tak muncul, siapa lawannya?

----Baca info dan cuplikan di: https://robiwijaya.wixsite.com/trilog...

Pendekar Kelima Aliran Wudang, Zhang Cuishan, berusaha menyelidiki penyebab terlukanya sang kakak seperguruan. Ia berkenalan dengan Yin Susu, gadis dari sekte iblis. Pada Pameran Golok Naga di Gunung Wangpan, mereka ditangkap si Singa Bulu Emas dan dibawa ke Pulau Es Api di Kutub Utara. Saat kembali ke Dataran Tengah, keduanya mengalami tragedi.

Tertarik baca serial ini karena dulu waktu kecil saya belum tahu bagaimana akhir dari kisah Thio Boe Ki, hanya sampai Thio Boe Ki bertemu dengan wanita cantik yang mirip ibunya, penasaran sampai dewasa, hahahaha.


Saya kira buku ini dimulai dari seperti film yang saya tonton, ternyata sangat mundur kebelakang, bermula ketika Guo Xiang, putri kedua pasangan legendaris Guo Jing (Kwe Ceng) dan Huang Rong yang mencari kabar kakaknya Yang Guo/ Yo Ko. Perjalanannya ke kuil Shaolin nantinya membuat dia berserta dua orang lainnya, Biksu Wuse dan Zhang Junbao belajar jurus Kitab Sembilan Matahari dari Jue Yan, biksu rendahan yang tak sengaja mempelajari jurus tersebut. Karena mendengar jurus tersebut sesaat sebelum Jue Yan meninggal, dia belum 'mengajarkan' secara seratus persen.

Berpuluh-puluh tahun kemudian, bahkan kurang lebih seratus tahun kemudian, nantinya Guo Xiang mendirikan Aliran Emei, sedangkan Zhang Junbao mengubah nama menjadi Zhang Sanfeng dan memiliki tujuh murid yang dijuluki Tujuh Pendekar Wudang/ Butong yang terkenal sangat kuat. Mereka terkenal adil dan welas asih, hidup untuk menumpas kejahatan.

Singkatnya, sebuah pertarungan memperebutkan Golok Naga -Senjata Yang Guo yang tak terkalahkan, membuat kakak ketiga terluka parah bahkan tidak bisa diprediksi apakah bisa bertahan hidup. Seorang wanita yang menyamar sebagai lelaki memerintahkan sebuah biro untuk mengantarnya dengan selamat ke pegunungan Wutang, bila gagal maka dia akan membunuh semua yang ada di biro. Tujuh pendekar seperguruan ini sangat menjunjung rasa persaudaraan, melihat kondisi kakak ketiga yang mengenaskan, guru Zhang Sanfeng pun membagi tugas kepada muridnya untuk menyelidiki siapa yang melakukan kejahatan ini.

Ketika Zhang Cuishan, kakak kelima, pergi ke biro, dia dijebak seseorang, dituduh membunuh semua yang ada di sana bahkan beberapa biksu. Dan ternyata pelakunya adalah Yin Susu -putri pemimpin sekte aliran sesat, Sekte Elang Langit, wanita yang memerintahkan membawa kakak ketiga kembali dengan selamat tapi tidak bisa ditepati oleh biro, dia menagih janji.

Zhang Cuishan hanya tahu kalau kakaknya terluka parah gara-gara Golok Naga, ketika Yin Susu mengajaknya ke Pulau Gunung Wangpan karena tersiar kabar Golok Naga akan dipamerkan, dia pun mengikuti karena harus membalaskan dendam. Di pulau tersebut, keduanya bertemu dengan si Singa Bulu Emas Xie Xun yang hampir membunuh semua orang di pulau dan berhasil merebut Golok Naga. Hanya Zhang Cuishan dan Yin Susu yang selamat, sisanya selamat tapi berkat Auman maut Xie Xiu, menjadi idiot. Keduanya harus ikut dengan Xie Xiu karena bisa membongkar identitasnya sampai mengetahui rahasia kenapa Golok Naga begitu kuat, perjalanan panjang mereka membuat tersesat sampai ke kutub, dan akhirnya terdampar di pulau Es Api.

Selama disekap, muncul benih-benih cinta antara Zhang dan Yin, mereka pun akhirnya menikah di tengah-tengah Xie Xiu yang kadang menjadi gila dan mengamuk. Mereka tinggal di pulau tersebut kurang lebih selama sepuluh tahun sembari membesarkan Zhang Wuji/ Thio Boe Ki. Mereka tidak ingin selamanya tinggal di pulau tersebut demi masa depan anaknya. Kegilaan Xie Xiu menghilang ketika Wuji lahir, dia bahkan menjadi ayah angkatnya serta saudara angkat Zhang. Tahu kalau dirinya akan membahayakan nyawa keluarga kecil tersebut, Xie Xiu meminta mereka bertiga pergi meninggalkan pulau tanpa dirinya.

Seperti yang diprediksi, dua orang menghilang bersama Xie Xue, setelah mereka kembali mereka diincar berbagai orang dari berbagai aliran. Mencari tahu di mana keberadaan si Singa Bulu Emas yang memiliki Golok Naga. Jilid pertama berakhir dengan munculnya Tapak Bayang Hitam.

Butuh kesabaran ekstra membaca buku ini, tulisannya kecil-kecil sehingga membuat bukunya cukup tebal. Banyak tokoh, banyak jurus yang susah diingat. Tapi beneran nagih, nggak bisa berhenti baca. Saya sangat senang sekali ketika membaca, karena seru! Bahagia banget bacanya. Tiap bab sangat penting, harus fokus dan nggak bisa dibaca cepat. Sangat-sangat recommended kalau kalian ingin membaca buku tentang silat atau genre wuxia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...