Rekomendasi Toko Buku Online Favorit yang Murah dan Lengkap

Senin, 08 Januari 2018

Top 7 Best Book Covers 2017


Postingan kedua dalam Book Kaleidoscope 2017, kali ini membahas best book covers! Sekarang ini udah jarang sebuah buku dikemas secara asal, karena salah satu aspek penentu penjualan, cover atau sampul buku jelas penting, istilah don't book by it's cover kadang tidak berlaku, yang dilihat pasti covernya terlebih dahulu. Nah, bagi saya cover tidak hanya cantik, tapi juga berhubungan dengan cerita, maka dari itu setiap cover yang saya pilih di bawah tentu memberikan gambaran secara singkat tentang ceritanya.

Tahun 2017 beberapa penerbit memilih desainer cover yang cukup dominan dan booming, dari lini teenlit dan young adult terbitan Gramedia misalnya, sering menggunakan desain dari orkha creative. Muncul juga duo pembuat cover jembolan dan karyanya terkesan artistik sekali, yang terkenal baru-baru ini bahkan sampai mendapatkan penghargaan, terdiri dari penggagas dan pengeksekusi, siapa lagi kalau bukan @sukutangan. Apakah mereka masuk dalam kategori best book covers 2017 versi Kubikel Romance? Mari kita lihat :D



Sayangnya, tidak ada nama desainer sampul pada halaman identitas buku, padahal bagi saya cukup penting, selain menjadikan kemasan sebuah buku menawan, kita bisa mengenali ciri khasnya kalau ada cover buku lain dengan goresan yang sama. Entah benar atau tidak, saya merasa pembuat cover buku ini sama dengan pembuat cover novel Petjah by Oda Sekar Ayu. Aqessa Aninda cukup beruntung karena dua cover novelnya digarap dengan apik, semoga saja terus seperti ini, karena kalau kalian mengamati, tidak semua cover terbitan Elexmedia enak dipandang mata :p.

Saya menyukai kesedirian yang tercetak pada gambar, harap dicatat, saya tidak jago menginterpretasi sebuah gambar, saya hanya menilai lewat mata dan perasaan saja, hahaha. Ada satu ruang yang belum sanggup diisi oleh seseorang, satu ruang yang masih menyimpan masa lalu. Hal ini sama seperti yang dihadapi tokoh utamanya, Kinan, kadang dia merasa sepi dan sendiri, di ruang tersebut.

6. All the Bright Places - Yulianto Qin

Tidak jauh berbeda dari cover asli, versi terjemahan bagi saya lebih bagus. Cover buku ini memang sederhana, ada gambar burung dan bunga yang dominan, kalian akan memahaminya bila membaca, karena kedua hal tersebut sangat berhubungan dengan kedua tokoh utama buku ini. Kalau tidak salah ini adalah cover pertama dari Yulianto Qin yang saya lihat, jadi tertarik untuk melihat karya lainnya :D.
5. Second Chance Summer - eMTe

Ketika membuat postingan ini, saya tidak sedang membawa bukunya, kecuali yang sudah saya review bisa dilihat dari ulasan, jadi saya lupa siapa pembuat sampulnya. Kalau saya tebak sih buatan eMTe, dan setelah saya cek ternyata benar, hehehe. Inilah kenapa saya selalu mencantumkan nama-nama di balik pembuat buku secara keseluruhan, agar saya bisa mengamati dan nantinya mencari ciri khas, sehingga bisa langsung familier ketika mendapati tanpa melihat namanya.

Kalau secara sekilas saya memaknai cover buku ini dua remaja dengan pakaian santai sedang berlari. Pas dengan suasana musim panas dalam setting novel, pun dengan dua remaja yang pernah bersahabat di dalamnya, yang lari dari kenyataan.

4. Raindrops Serenade - Orkha Creative

Dari semua hasil karya dari orkha creative yang pernah saya lihat, saya paling suka yang Raindrops Serenade ini, sederhana tapi mengena, sesuai dengan tokoh utama di buku ini, seorang gadis yang jago bermain musik dan menciptakan lagu. Memang ilustrasi seorang gadis yang sedang bermain gitar mirip dengan sebuah cover terbitan tetangga, entah apakah sama pembuatnya, yang jelas versi buku ini jauh lebih bagus.

3. Journal of Gratitude - Big Bear and Bird

Ilustrasi buku ini benar-benar WOW, salah satu picture book buatan dalam negeri yang tidak boleh terlewat. Buku ini hasil kolaborasi antara Sarah Ameeyo dan Big Bear and Bird, seorang dua sahabat yang menyukai menggambar, mereka berdua didapuk untuk mengisi ilustrasi yang dominan di buku ini, melengkapi kalimat singat yang dibuat Sarah tentang terima kasih dan bersyukur. Coba kalian lihat akun instagram-nya kalau tidak percaya di @BBBJournal, ilustrasi mereka benar-benar kelas atas dan sangat menawan. Menunggu karya mereka lainnya dan saya berjanji pada diri sendiri kalau harus punya buku ini, baru sempat baca ebooknya saja.

2. What I Wish I Had Known - Nabila Adani

Suka banget dengan ilustrasinya! Cover buku ini sangat menggambarkan isi buku, bahwa ada banyak hal yang akan kita lalui ketika dewasa nanti, tidak seindah bayangan waktu kecil, kadang kita bisa mendapatkan apa yang diingankan, kadang tidak sesuai harapan. Gambar mengintip di sisi lain yang berisi banyak hal itu benar-benar sesuai banget dengan realita yang ada.

1. Laut Bercerita - Widi Widiyatno
Cover buku ini benar-benar mencerminka isi buku, sebuah kaki yang dirantai menunjukkan bahwa dia disekap dan dipenjara sedangkan ikan dan karang jelas menunjukkan lokasi di mana orang tersebut dibuang. Tidak banyak kata yang bisa saya ungkapkan, gambarnya benar-benar bagus dan menyimpan arti mendalam, menjadi bagian dari buku bahkan menjadi jawab akan pertanyaan yang muncul ketika membacanya.


Saya memang penggemar ilustrasi, bukan sejenis foto, walau sesekali menyukainya juga, jadi maklum saja kalau biasanya cover favorit saya didominasi dengan ilustrasi. Banyak nama baru di atas yang tidak familier alias baru kali ini mendengar namanya dalam mendandani sampul buku, dan ternyata sangat menawan! Tidak ada nama @sukutangan karena belum ada buku hasil desain mereka yang saya baca, kalau ada pasti saya masukkan, karena dari hasil yang saya lihat saya sangat menyukainya.

Kalian punya juga cover favorit? Kalau bisa buatan anak dalam negeri biar nggak kalah sama produk luar, bahwa kita juga punya desainer kece sekelas internasional. Komen di bawah biar saya tahu seperti apa cover buku favorit kalian :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...