Kamis, 23 November 2017

Boss & Me by Gu Man | Book Review, Blog Tour

Judul buku: Boss & Me
Penulis: Gu Man
Penerjemah: Jeanni Hidayat
Penyunting: Arumdyah Tyasayu
Desain kover: Junweise
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-6383-28-0
Cetakan pertama, Oktober 2017
410 halaman
Buntelan dari @penerbitharu 
“Halo Nona Xue Shan Shan. Aku membawakan makan siang yang telah disiapkan oleh Presdir Feng.” Gara-gara memiliki golongan darah yang unik, Shan Shan tiba-tiba dipanggil ke rumah sakit. Shan Shan mendonorkan darahnya untuk adik pemilik Grup Feng Teng, tempatnya bekerja.

Setelah itu, Presdir Feng selalu mengirimkan bekal makanan. Shan Shan yang tadi sempat terharu oleh kebaikan bosnya, mulai merasa ada yang tidak beres. Di saat Shan Shan pikir kiriman bekal itu sudah berhenti, ia malah dipanggil ke ruangan Presdir Feng.

Gawat! Kenapa Presdir Feng malah mengajak Shan Shan makan berdua di ruangannya?
Xue Shan Shan adalah seorang karyawan baru di bagian staf keuangan di Grup Feng Teng, yang spesial darinya adalah dia memiliki golongan darah yang cukup langka, golongan darah AB, Rh negatif. Karena memiliki golongan yang sama dengan adik Presiden Direktur, Shan Shan diminta untuk mendonorkan darahnya ketika Feng Yue menjalani operasi cesar. Pada saat itulah pertama kali Shan Shan bertemu dengan Feng Teng, bos besarnya.

Grup Feng Teng adalah sebuah perusahaan yang sangat besar, perusahaan bonafide yang hanya merekrut karyawan lulusan universitas ternama. Sehingga tidak heran bila Kepala Bagian Keuangan selalu mencurigai Shan Shan kalau dia bisa diterima karena nepotisme, Shan Shan tidak memiliki kelebihan yang bisa diandalkan, hanya lulusan universitas kelas dua, kelebihannya hanya gemar bekerja keras, dia sendiri pun heran kenapa bisa diterima di perusahaan sebinafide Grup Feng Teng. Lalu kejadian mendonorkan darah pada adik bos besarnya membuat Shan Shan berpikir kalau dia diterima hanya karena memiliki golongan darah yang unik, sedikit membuat kecewa, tapi teman Shan Shan selalu mendukung karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan ini.

Pada mulanya Feng Teng ingin berterima kasih kepada Shan Shan dengan memberi sebuah cek, tapi Feng Yue menganggap hal tersebut tidaklah sopan, dia pun membuatkan makan siang penambah darah untuk Shan Shan, yang sempat membuatnya terharu. Namun, makan siang tersebut diantarkan selama satu bulan penuh dengan menu yang sama, berulang kali Shan Shan meminta asisten Feng Teng agar menyudahi saja, bahkan kepada Feng Yue sendiri, karena Shan Shan jenuh dengan menu tersebut, dia tidak bisa makan siang dengan teman kerjanya. Selain itu, terdengar rumor akan hubungan Shan Shan dan Pesiden Direktur, membuat Shan Shan semakin tidak enak dengan prasangka rekan kerjanya.

Tidak berhenti begitu saja, Shan Shan harus naik ke Lantai 22 untuk makan bersama dengan Feng Teng, Shan Shan menjadi satu-satunya 'tukang pilah sayur kehormatan' untuk Presiden Direktur. Yang teman-temannya tidak tahu bahwa selama ini Shan Shan selalu disuruh ini itu dan tidak berani menolak perintah bos kapitalis mereka. Yang Shan Shan tidak tahu bahwa selama ini Feng Teng selalu memperhatikan Shan Shan, dia polos dan mudah dikerjai. Yang Feng Teng dan Shan Shan tidak tahu, keduanya mulai jatuh cinta. Namun, ada perbedaan besar antara keduanya, status mereka.
"Aku... aku mungkin tidak bisa menjadi yang terbaik. Tapi aku akan berusaha menjadi diriku yang paling baik."
Saya penggemar setia dari serial televisi mandarin yang mengadaptasi cerita dari karya Gu Man, sebut saja Love O2O, Silent Separation dan Boss & Me, berharap suatu saat saya bisa membaca versi bukunya, berharap ada yang mau menerjemahkannya, melihat perbedaan antara serial televisi dengan versi cetaknya yang cukup ketara, di mana serial televisi bisa memiliki puluhan episode yang membuat saya lelah menonton tapi nggak bosan-bosan. Dan senang sekali mengetahui penerbit Haru mengabulkan harapan saya, walau belum kesampaian membaca verci cetak dari Love O2O *cry.

Jelas sekali tema yang diambil Gu Man selalu mainstream, misalkan saja dalam Boss & Me ini dia mengambil tema si kaya dan si miskin. Namun, bukan Gu Man namanya kalau tidak bisa memikat pembaca dengan cerita yang selalu membuat ketagihan, dia menyisipkan unsur yang unik, misalkan saja dalam Love O2O dia memberikan sentuhan dunia game, sedangkan di buku ini golongan darah langka yang menjadi awal mula pertemuan kedua tokoh utamanya, yang membuat Feng Teng sangat protektif nantinya.

Kelebihan dari buku ini adalah karakter tokoh utamanya, baik Shan Shan maupun Feng Teng kepribadian mereka sangat bertolak belakang. Shan Shan adalah gadis yang polos dan apa adanya, mungkin terkesan lemah karena dia mudah mengalah, tapi kalau sudah memiliki tekat kuat dia tidak akan menyerah. Saking polosnya dia sering dikerjai Feng Teng, dan hal tersebut menjadi sangat manis sekali, dan sering kali Shan Shan tidak mengetahui niat Feng Teng, malah menyebutnya kapitalis dan tidak mau ditolak karena selalu mendapatkan apa yang dia mau. Shan Shan juga sangat lucu, misalkan saja waktu Shan Shan tahu kalau sebenarnya Feng Teng ingin memberi cek sebagai ungkapan terima kasih, kemudian ditolak Feng Yue karena mungkin dianggap merendahkan, dalam hati Shan Shan menyesali keputusan tersebut, dia rela direndahkan, hahahaha.

Sedangkan Feng Teng sendiri orangnya pendiam, dingin dan sangat pintar. Feng Yue bercerita kalau Shan Shan membawa diri Feng Teng yang dulu, yang sering tersenyum dan jahil, sebelum dia terpaksa mengambil alih perusahaan kakeknya, yang menjadikan dia tak tersentuh dan sendirian. Feng Teng memiliki cara tersendiri dan selalu memiliki jalan keluar akan masalah yang dihadapi, misalkan saja dalam menyikapi hubungannya dengan Shan Shan. Dan Feng Teng suka sekali menggoda Shan Shan, bukan yang blak-blakan atau penuh gombal, tapi dari cara dia menjahili Shan Shan, seperti menyuruh Shan Shan memilah sayuran yang tidak dia sukai, yang menjadi salah satu adegan paling memorable dari buku ini.

Perbedaan versi cetak dan serial hanya terletak pada penambahan tokoh dan konflik, secara garis besar masih dalam plot yang sama, di versi buku cerita benar-benar fokus akan perkembangan hubungan Feng Teng dan Shan Shan, sedangkan serial yang memiliki episode yang sangat banyak tentu alurnya dibuat lambat dan banyak penambahan. Namun, keduanya saling melengkapi dan rasa yang saya dapatkan dari membaca dan menonton sama, saya menyukai kisah Shan Shan yang manis dan lucu. Kelebihan lain dari buku ini adalah ada bintang tamu dari karya Gu Man yang lain, siapa dia? Baca sendiri!

Ada beberapa adegan dewasa tapi tidak terlalu eksplisit jadi masih aman bila dikonsumsi kalayak umum, khususnya bagi para remaja. Terjemahannya sangat nyaman, walau masih ada beberapa typo, tidak ada kesalahan berarti. Bagi yang ingin membaca buku mandarin, Gu Man sangat saya rekomendasikan.






Di akhir blog tour nanti akan ada giveaway di fanpage Penerbit Haru, nah kalian yang ingin mendapatkan buku gratis diminta untuk mengumpulkan jawaban dari pertanyaan di masing-masing blog. Pentanyaan dari blog Kubikel Romance adalah Apa golongan darah Shan Shan?

Simpan jawaban kalian dan pantengin review host blog tour yang lain, semoga beruntung ya nanti :D

2 komentar:

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...