Kamis, 26 Oktober 2017

Wawancara dengan Adelia Azfar | Blog Tour, Ask Author


Hai hallo, kembali di sesi ask author, kali ini saya berkesempatan mewawancarai juara kedua Sweet and Spicy 2015, Adelia Azfar. Kalau tidak salah ini bukan pertama kali penulis memenangi juara lomba menulis, tapi ini adalah pertama kali saya membaca bukunya, walau saya punya satu buku lama penulis yang masih tertimbun, hehehe. Melihat sepak terjang penulis, dia sudah banyak mengantongi judul buku, salah satu penulis yang cukup produktif juga,

Saya cukup antusias membaca Out of Love, terlebih buku ini bisa jadi seperti ajang pencarian bakat melihat Twigora cukup konsisten mengadakan sayembara menulis dari tahun ke tahun, saya juga tertarik mengikuti perkembangannya, buku seperti apa lagi yang akan diterbitkan Twigora dan imprint-nya, Roro Raya Sejahtera. Ada beberapa nama baru, ada pula yang familier bahkan menggeret penulis favorit saya, semoga saja bisa menyemarakkan dunia penerbitan kita ya :D

Okey langsung saja, berikut hasil wawancara saya dengan penulis yang kadang menuliskan nama Adeliany Azfar ini.

1. Out of Love buku pertama yang terbit di Twigora, boleh ceritakan awal mulanya dan bagaimana kesan bekerjasama dengan Twigora?
Jadi awal mula aku kerja sama di Twigora itu karena aku ikutan lomba yang diadain penerbit ini tahun 2015 lalu. Alhamdulillah saat itu aku jadi pemenang kedua ^^. Makanya “Out of Love” bisa lahir di Twigora. Kesan aku setelah kerja sama bareng Twigora yang pasti seneng banget, karena bisa berhubungan dengan temen-temen baru. Apalagi ada Bang Ino, makin seneng, deh.

2. Secara sepintas aku lihat Out of Love mengambil tema Office Romance, apa sih tantangan dalam menulis tema ini?
Yup, “Out of Love” emang lebih ke office romance. Tantangan untuk menulis genre ini sendiri kayaknya nggak ada yang begitu berarti. Soalnya aku banyak baca buku dengan genre serupa. Jadi banyak dapet referensi. Belum lagi drama-drama Korea atau film Hollywood dengan tema ini. Aku sangat terbantu. Justru tantangan terbesar saat menyelesaikan naskah ini adalah melawan rasa malas :p

3. Baca sinopsis dan beberapa review, bisa dibilang sedikit mengandung unsur kisah cinta segitiga, apa yang sulit dalam mengambil tema ini?
Kesulitan nulis kisah cinta segitiga adalah nggak tega karena ada satu tokoh yang bakal patah hati T_T

4. Lebih menyukai menulis menggunakan sudut pandang orang pertama atau ketiga? Atau malah kedua? Boleh kasih tahu alasannya?
Kalau aku sebenarnya nggak punya POV favorit. Aku lebih ngeliat ke kebutuhannya aja. Kalau menurutku satu naskah lebih enak pake POV 1, aku pake itu. Kalo lebih enak pake POV 3, aku pake POV 3. Jadi nggak ada alasan khusus sebenernya. Oh ya, aku jarangggg banget nulis pake POV 2. Kayaknya pernah dulu sekali bikin cerpen pake POV itu. Kalo disuruh milih, aku lebih ke POV 3 atau 1, sih.

5. Apakah akan ada buku yang diterbitkan lewat Twigora lagi? Boleh kasih bocoran tentang apa?
Hmm, sebenernya waktu itu sempet obrolin soal proyek selanjutnya di Twigora. Tapi karena aku yang sok sibuk, jadi belum selesai naskahnya :p Moga secepatnya bisa rampung ^^
Tentang penulis:
Adelia Azfar, seorang pemimpi yang mencoba bersikap realistis. Kerapkali kehilangan tujuan, tapi berusaha keras meluruskan pikiran. Baru-baru ini, Adelia memiliki musuh baru, yaitu sepi dan kesendirian. Dia adalah penyuka hujan yang tidak mau kebasahan. Juga pecinta kenangan, baik yang menyedihkan atau menyenangkan. Menurutnya, hidup itu harus seimbang.
“Out of love” adalah novel kedua belasnya.

Adelia dapat dihubungi:
Instagram: Adelia Azfar
E-mail: adelia.azfar@yahoo.com

Untuk mengetahui jadwal dari host dan menyimak hasil wawancara lainnya, kalian bisa mengunjungi alamat blog di bawah ini, ada giveaway juga di masing-masing host.

14 – 16 Oktober:  Ratna Komalasari

17 – 19 Oktober:  Astrid Citralokam

20 – 22 Oktober:  Athaya

23 – 25 Oktober: Afiyatul Futhona

26 – 28 Oktober: Sri Sulistyowati


Setelah wawancara, kalian bisa menyimak review Out of Love besok di blog ini, dan hari berikutnya bisa mengikuti giveaway yang ada di akun instagram saya @peri_hutan




2 komentar:

  1. Salah satu alasan aku kurang suka kisah cinta segitiga juga karena harus melihat salah satu patah hati dan ketiga pihak terluka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, apalagi kita mengidolakannya ya, hahaha.

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...