Senin, 04 September 2017

15 Ide Postingan Bagi Newbi Book Bloggers


Hai hallo, jumpa lagi di postingan How To, tempat di mana saya memberikan tips dan trik soal blogging dan kegiatan membaca. Postingan kali ini menjawab tantangan dari @wawha_Cuza, yang meminta saya membuat artikel apa saja yang bisa dikembangkan oleh newbi book bloggers. Sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang Cara Menjadi Blogger Buku, dalam artikel tersebut sebenarnya sudah mencakup ide apa saja yang bisa ditulis. Namun, biar lebih spesifik saya akan menulis beberapa ide postingan yang bisa dikembangkan oleh kalian para newbi book bloggers.

Pada dasarnya, yang selalu saya tekankan pada diri sendiri, tulis lah apa yang memang ingin ditulis, itu poin pokok. Selanjutnya akan terasa lebih mudah, intinya, buat senyaman mungkin, anggap blog sebagai rumah yang bisa kalian isi sesuai kesukaan. Hanya saja kalau dari awal sudah memantapkan niche atau tema blog tentang dunia literasi alias blog buku, maka lebih disempitkan saja postingannya, tentang buku, kegiatan membaca, dsb. Melenceng sedikit boleh lah, asal nggak keluar jalur terlalu jauh, hehehe.

Setelah memilih platform, nama dan desain blog (bahkan memikirkan tujuan kalian ngeblog), selanjutnya adalah mengisi blog dengan konten atau tulisan yang kalian inginkan sesuai niche. Berikut adalah 15 ide postingan yang bisa kalian terapkan atau kembangkan sebagai newbi book blogger, saya ambil dari konten yang ada di Kubikel Romance sendiri, hehehe. Nggak usah jauh-jauh nyari idenya, cukup dari blog saya tercinta ini saja :p

1. Review
Kalau ini sudah pasti ya, blog buku tanpa review buku rasanya bakalan aneh, hehehe. Untuk permulaan kalian bisa menulis sesuai kata hati alias apa saja yang menjadi unek-unek tentang buku yang kalian baca, jangan menghiraukan secara teknis kalau merasa terbebani, misalkan saja menulis resensi seperti yang ada di surat kabar, dsb, nggak perlu, menulis di blog itu lebih personal, tulis saja sesuai kemampuan kalian, dan jangan plagiat. Lama-lama bakalan terbiasa kok dan akan berkembang juga, akan kelihatan ciri khas yang kalian miliki dalam hal menulis resensi. Kalau kalian nggak bisa nulis panjang-panjang, cukup bikin mini atau rapid review juga ngak masalah, atau mau dalam satu postingan saja karena terlalu singkat? Bikin mashup review, hehehe.

Kalau sudah terbiasa menulis review buku, kalian bisa mencoba menulis review yang lain, misalkan saja film dan serial televisi yang diadaptasi dari buku, manga dan anime. Bahkan bisa juga mereview tentang bookish items yang ada di Indonesia seperti toko buku dan pernak pernik yang berhubungan dengan buku.


2. Recap
Berapa buku yang sudah kalian beli dan tuntaskan dalam sebulan? Kalian bisa membuat rekapaanya, book haul dan wrap up, misalnya. Bisa dilakukan setiap bulan, tiga bulan sekali atau terserah kalian. Jangan lupa membuat Book Kaleidoscope di akhir tahun untuk mereview perjalanan baca dan blogging kalian setiap tahunnya.

3. Meme
Untuk memperluas jaringan pertemanan bahkan ide postingan, kalian bisa memfollow book blogger yang lain. Biasanya ada yang membuat Meme tiap hari tertentu bahkan bulanan dengan tema yang beragam. Misalkan saja yang biasa saya ikuti adalah Wishful Wednesday (sayang lagi hiatus, buatan blogger dalam negeri nih, mbak Astrid :p), Top 5 Wednesday, dan Top 10 Tuesday. Meme ini selain membuat kalian produktif setidaknya seminggu sekali, tema yang beragam tadi akan membuat blog kalian lebih informatif dan tidak monoton.

4. Book Tag
Selain Meme, kadang ada book tag juga yang berisi berbagai pertanyaan tentang buku dan kegiatan membaca yang bisa kalian jawab menurut versi diri sendiri. Cukup seru dan menyegarkan karena biasanya ringan, buat lucu-lucuan juga bisa, hahaha. Jadi blognya nggak terkesan berat, bisa diisi dengan hal yang menyenangkan. Contoh book tag yang pernah saya ikuti antara lain; Pokemon Go Book Tag, Taylof Swift Book Tag, 7 Deadly Sins of Reading, Book Blogger Test, dsb.

5. Events
Events ini bisa online maupun offline. Event offline misalnya ada bedah buku dan temu penulis, kopdar dengan sesama blogger buku atau komunitas lain, pameran atau bazar buku, dsb. Kemudian kalian bisa menuliskan kembali, bahasa gaulnya LPM (Laporan Pandangan Mata), apa saja yang terjadi dan kalian dapatkan selama mengunjungi event tersebut.

Sedangkan events online itu bisa berupa blog tour, giveaway, challenge maupun read along. Read along ini bisa diumpamakan seperti review harian di twitter atau instagram, bedanya kita akan membahas buku berdasarkan part yang ada atau bab tertentu, mengupas lebih dalam, lebih detail. Misalkan saja saya pernah mengikuti read along Gone With the Wind. Bisa juga berupa tantangan membaca, misalkan saja saya pernah membuat Indonesian Romance Reading Challenge, tantang ini bisa memicu kalian untuk rajin baca dan ngeblog.

6. Guest Post
Biar ada penyegaran lagi, kalian bisa mengundang blogger lain untuk menjadi tamu atau menulis di blog kalian, bisa gantian juga untuk memperluas jaringan atau pembaca. Atau bisa melakukan sesi ask author, tanya jawab dengan penulis, penerjemah, editor, atau siapa pun yang sekiranya menarik untuk dikupas dan tentu saja yang masih berhubungan dengan dunia literasi.

7. Recommendation
Kalian juga bisa membuat rekomendasi untuk pembaca yang lain, misalkan saja buku favorit sepanjang masa, buku yang endingnya minta ditendang, second lead yang mencuri perhatian, buku-buku bertema perjodohan yang kece untuk dibaca, dsb. Dari semua buku yang kalian baca pasti ada yang berkesan, kemudian kelompokkan dan bikin tema yang sesuai, jadi deh rekomendasi. Postingan ini tidak hanya tentang buku saja, bisa juga rekomendasi lain seperti toko buku bekas yang recommended. Kalau kalian bingung mau bikin rekomendasi apa, bisa ikutan Monthly Recommendations. Jangan lupa selipkan angka di depan judul karena biasanya lebih SEO friendly, hahaha.

8. Genres
Postingan ini termasuk tantangan karena mengulas genre itu tidaklah mudah, perlu riset yang mendalam karena tidak banyak yang menulis dan kadang banyak yang berbeda pendapat. Namun, postingan genre ini sangat informatif sekali dan kalian bisa memulai dari genre yang sering kalian baca, genre favorit, genre yang musah kalian kuasai. Cari banyak artikel dan serap, tambahkan informasi menurut pendapmu sendiri sehingga ada sentuhan orisinal. Dulu saya membuat postingan tentang genre ini karena tidak banyak yang mengulas, tidak banyak yang bisa menjawab pertanyaan saya tentang berbagai sub genre yang ada, oleh karena itu saya membuatnya sendiri, memulainya.

9. How To
Ilmu jangan disimpan sendiri, berbagilah, maka munculah postingan ini, hehehe. Kalau kalian punya tips dan trik tentang kegiatan membaca dan blogging yang sekiranya bermanfaat buat yang lain, tulis saja. Misalkan cara menyampul buku yang baik dan benar, biar dikata sederhana sekali tapi bermanfaat, kok. Tidak hanya menunjukkan cara atau langkah-langkahnya saja, tapi bisa memperkenalkan bahan-bahan, jenis sampul, dsb, sehingga tidak sesederhana yang terlihat. Contoh lain adalah cara membuat pembatas buku, sampul buku kain, booksleeve, cara agar buku tidak mudah menguning, dsb. Bisa juga tentang dunia blogging yang berhubungan dengan SEO, tips menulis resensi, tips hemat beli buku, dsb.

Baca juga: Cara Agar Postingan Kamu Banjir Komentar

10. Let's Talk
Postingan ini ibaratnya opini atau pendapat yang ingin saya bagi ke pembaca yang lain dan mengajak berdiskusi. Bisa tentang fenomena perbukuan yang sedang hangat, tentang pro dan kontra, tentang berbagai hal yang bisa kalian diskusikan dengan yang lain, sehingga blog kalian terasa 'hidup', ada interaksi di dalamnya. Misalkan saja lebih memilih buku cetak atau digital, bagaimana kalau ada pembaca lain yang menghina buku favoritmu, penting nggak keluar dari zona nyaman ketika membaca, tentang plagiat, dsb. Biasanya bersifat tanda tanya dan di akhir postingan setelah menjabarkan pandangan, alasan, kalian juga membuat jawabannya. 

11. The Perks of Being Book Blogger
Blog buku nggak bisa diisi curhatan? Siapa bilang. Di postingan ini saya mencurahkan perasaan, suka duka menjadi seorang book blogger, hahaha. Misalkan saja menulis resensi itu sebenernya sulit banget, susahnya membagi waktu antara blogging dan real life, mood yang kerab kali tidak sejalan dengan minat baca, apa sih sebenernya tujuan kita ngeblog, blog buku kalian tembus berapa juta, sering masuk page one Google, dsb. Pokoknya, apa yang kamu rasakan sebagai book blogger tulis saja, ceritakan, dokumentasikan.

12. Quotes
Ada quote atau kutipan favorit dari buku yang kalian baca? Kumpulkan dan bikin sekece mungkin ala-ala tumblr. Kalau kalian jago bikin video atau secara visual, kalian bisa mencontoh Epic Read yang sering membuat quote yang keren banget. Bisa juga dari quote yang kalian pilih, ceritakan pendapat tentang quote atau bukunya, bisa kalian padukan antara postingan Let's Talk atau The Perks of Being.

13. Books and Songs
Kalian suka mendengar musik dan kadang liriknya cocok untuk buku yang pernah dibaca? Buat saja postingan Books and Songs di mana kalian bisa membuat semacam playlist atau soundtrack khusus buku tersebut. Bagusnya lagi, ada pada bagian mana lagu tersebut cocok banget didengarkan di buku dan kalian deskripsikan di postingan.

Baca juga: Songs That Remaind Me of Romance Books

14. Literaturelism atau Wisata Buku
Suka travelling dan tidak lupa mengunjungi toko buku atau perpustakaan yang ada di daerah tersebut? Tidak banyak traveller yang mengulas literaturelism atau wisata buku, seringnya wisata alam atau tempat-tempat yang familier, nah ini waktunya kalian mengenalkan wisata buku biar tidak punah, biar banyak orang tahu dan ingin mengunjunginya juga. Misalkan saja yang terkenal adalah toko buku tua di Paris, Shakespear & Co. Sebagai referensi tambahan, kalian bisa membaca pengalaman para member BBI yang pernah membuat Literarurelism di Daftar Tempat Wisata Buku.

15. Entertainment
Karena bersifat hiburan, postingannya santai saja, misalkan trailer film, serial tv, anime adaptasi buku yang sangat kalian nantikan, tulis juga kesan ketika menontonnya. Atau informasi terbaru seputar dunia buku, misalkan pemenang Khatulistiwa Literaty Awards dan Dewan Kesenian Jakarta, info tentang pengiriman buku gratis oleh Pos Indonesia, dsb. Kalau kalian suka foto-foto alias bookstagrammer, bisa juga ditampilkan dalam bentuk kolase dengan tema khusus di blog.

Demikian 15 ide postingan bagi newbi book bloggers versi Kubikel Romance, judul nggak harus sama persis dengan milik saya, kalian bisa membuat versi sendiri, ide di atas hanya sebagai contoh dan gambaran apa saja yang bisa dikembangkan. Kreatif, itu kuncinya. Seperti yang selalu saya tekankan, kalian boleh menulis apa saja yang kalian inginkan, kalau melengceng dari niche blog, modifikasi agar ada korelasinya. Ide bisa didapatkan dari mana saja, boleh terinspirasi milik orang lain, tapi buatlah menurut versi kalian sendiri sehingga orisinalnya ada.

Nah, menurut kalian ide apalagi yang bisa dikupas untuk para newbi book bloggers selain yang ada di atas? Boleh banget kalau mau memberi masukan. Atau ada postingan lain yang kalian inginkan ada di Kubikel Romance untuk saya tulis seperti permintaan @wawha_Cuza? Silakan komen di bawah ya, pendapat kalian sangat berarti bagi saya :D.

Happy Blogging :*

14 komentar:

  1. ah pas banget lagi butuh advice buat bikin blog.
    makasih mbak, aku tertolong :')
    btw gara-gara blog ini nih aku jadi pengen ikutan bikin blog tentang buku wkwkwkwk
    love your posts dah mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awwww, makasih banyak ya, semoga bisa terus bermanfaat :)

      Hapus
  2. info dan tips yang sangat bagus...kebetulan nih saya lagi belajar membuat blog buku

    BalasHapus
  3. Beberapa poin jadi inspirasiku sebagai lifestyle blog hehe... nice.. thanks yaaaa sharingnya. Bermanfaat banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, kadang aku juga terinspirasi dari niche blog yang lain :)

      Hapus
  4. Waaaah.. Makasi mbak sudah dibuatkan postingannya..

    Banyak banget yaa yang bisa dieksplor...

    BalasHapus
  5. Growing up my spirit. Thanks kk sulis

    BalasHapus
  6. Aduh aku udah lama banget hiatus dari dunia perbloggingan. Pas mau dibangkitin lagi pas liat postingan ini. Bikin jadi semangat pengen blogging lagi. Terima kasih Sulis :)

    BalasHapus
  7. membantu banget mbak... paling susah itu nngilangin rasa males buat nulis resensi sekali baca buku...udah bablas sampai lupa mau nyatet poin penting di bukunya apa aja.... hehehe

    terima kasih buat tipsnya
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, aku juga sering gitu, kok, hahahaha

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...