Rabu, 16 Agustus 2017

Resensi: Satu Ruang Karya Aqessa Aninda | Blog Tour + Giveaway

Judul buku: Satu Ruang
Penulis: Aqessa Aninda
Editor: Pradita Seti Rahayu
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-04-3355-4
Cetakan pertama, 10 Juli 2017
448 halaman
Buntelan dari @mungilo
Kinan mungkin sedikit berbeda dengan tipe perempuan kesukaan Satrya. Gadis itu terlalu lembut, terlihat rapuh, dan sedikit tertutup. Mata kenarinya yang senantiasa menghipnotis sering kali dirundung awan kelabu.

Sementara Sabrina mengingatkan Satrya pada sebuah sosok dari masa lalu. Gadis itu penuh semangat, humoris, dan baik hati. Matanya begitu hidup setiap kali ia menceritakan hal yang ia sukai.

Dengan Kinan, Satrya seperti bercermin. Dengan Sabrina, rasanya hari-harinya menjadi lebih cerah.

Ini adalah bagian pertama dari kisah klasik di antara 4 orang yang saling mencari, ada 3 pintu yang terketuk, 2 orang yang kehilangan dan terjebak dengan bayangan masa lalu, serta 1 pertanyaan tentang berbagi ruang.

"Kalau memang benar perasaan ini namanya sayang, kenapa menyayangimu rasanya begitu menyesakkan?"
Setelah mengalami patah hati dua kali berturut-turut, ditinggal menikah sahabat yang diam-diam dia cintai, Alisha dan Athaya yang lebih memilih Ghilman, Satrya ingin segera move on, terlebih ketika dia bertemu dengan Kinanti sewaktu liburan bersama keluarga kakaknya di Hong Kong. Satrya merasa nyaman bersama dirinya, Kinan menyukai culinary dan travelling, tahu betul bagaimana menikmati hidup dan punya pandangan hidup sendiri. Satrya mencoba mencari cara untuk mendekati perempuan yang sangat menyukai Disney Princess itu, karena bagi Satrya, Kinan layaknya Princess Aurora, putri yang mirip sekali dengan kepribadiannya, lembut, rapuh, gloomy dan tertutup, seseorang yang membuat Satrya penasaran dan ingin melindunginya.

Takdir mempertemukan mereka kembali sejak tidak sengaja bertemu di Hong Kong, kali ini Satrya tidak membuang kesempatan, dia langsung meminta nomor kontaknya. Hanya saja, Kinanti memiliki masa lalu yang belum enggan dia buang, dia masih mencintai Prana, guru piano ketika dia SMA dulu, laki-laki yang selalu ada di hati Kinan, bahkan setelah Prana pergi untuk selamanya, Kinan masih kerap kali menangis setiap malam. Kinan tidak pernah menolak ketika diajak Satrya pergi atau membalas pesannya, dia tahu tujuan Satrya, ingin dekat dengannya. Namun, bayang-bayang masa lalu belum sanggup digantikan. Rasa takut kehilangan sosok Prana membuat Kinan memberi jarak pada Satrya, dia mundur untuk menata hatinya.

Ketika tahu Kinan mulai menjaga jarak, Satrya tidak terlalu ngotot seperti di awal berkenalan, semenjak dia tidak akan bisa menang dengan orang yang bahkan sudah tidak ada lagi, dia hanya mengikuti keinginan Kinan, memberi waktu dan selalu ada bila dibutuhkan. Ketika itulah Sabrina hadir ke dalam hidupnya, seseorang yang bertolak belakang dengan Kinan, seseorang yang tipe-nya banget, menginggatkan akan sosok yang dia sukai dulu, kepribadian yang penuh semangat, humoris, ceria dan easy going, seseorang yang membangkitkan bakat terpendam Satrya, fotografi.
Karena tidak semudah itu melenyapkan jejak-jejak yang sudah pernah diukir seseorang. Mereka mengukirnya sedemikian rupa hingga tak ada senyawa apa pun yang mampu menghapus begitu saja.
Cara terburuk kehilangan seseorang adalah ketika mereka pergi secara mendadak. Mereka tidak sempat mengucap selamat tinggal dan kita tahu ucapan selamat tinggal itu tidak diakhiri dengan kata-kata 'sampai jumpa lagi'.
Bagi yang patah hati karena Athaya lebih memilih Ghilman di Secangkir Kopi dan Pencakar Langit daripada memilih Satrya, maka kalian akan puas baca Satu Ruang karena khusus membahas lelaki baik hati, ganteng tapi pasrahan itu, hahaha. Masih mengusung tema cinta segi tiga, bedanya, kalau di buku debutnya Aqessa Aninda lebih menekankan pada konflik antara mencintai atau dicintai, kali ini penulis membuat cerita lebih 'dalam' lagi, tentang orang yang sama-sama pernah kehilangan dan terjebak akan bayang masa lalu. Bukunya cukup tebal, dan saya akan membagi atau membedah tiga plot cerita yang menurut saya menarik, kecuali tentang Geng Fogging, itu mah harus terus ada, hehehe. Tiga plot cerita yang saya maksud adalah bagian Satrya-Kinan, Sabrina-Abi, Radhi-Arinka.

Paruh pertama, kita akan disuguhi cerita Satrya dan Kinan, karena tahu bakalan tentang kisah cinta segi tiga, saya menanti-nanti, ternyata kehadiran Sabrina masih jauh di belakang. Jadi, beda dengan buku pertama di mana penulis menghadirkan tiga tokoh secara bersamaan, kali ini dia seperti membuka ruang bagi setiap tokoh terlebih dahulu, di mana puncaknya akan datang bersamaan. Pada bagian awal, kita akan melihat pendekatan yang dilakukan Satrya pada Kinan, mulai dari bagaimana mendapatkan nomor kontak, stalking dan akhirnya berani mengajak makan bersama. Benar-benar bagaimana membuka hubungan baru, dan kita akan melihat prosesnya di sini, sampai akhirnya kita mengetahui rahasia di balik kedua tokoh utamanya, bagaimana dua orang yang masih memandang masa lalu sehingga sangat sulit untuk maju.

Kalau di buku pertama porsi Ghilman dan Satrya cukup adil bagi Athaya, kali ini porsi Sabrina lebih sedikit daripada Kinan, bukan berarti mudah memutuskan juga bagi hati Satrya. Peran Sabrina lebih ke apakah Satrya bisa melupakan sosok di masa lalunya karena Sabrina memiliki kepribadian yang sama dengan sosok tersebut? Menurut saya, Sabrina ini adalah bagian atau langkah agar Satrya lebih dewasa lagi akan perasaanya, bukan orang yang bisa menggantikan kehadiran Kinan karena dia menjauh, bukan pilihan lain. Bahkan mereka secara terbuka saling mencurahkan perasaan. Entah apakah nanti bakalan ada perkembangan lagi, karena saya merasa cerita ini belum tuntas, benar, kan? Hahaha. Jadi, kalau dibilang cinta segi tiga sebenarnya nggak juga, bahkan bisa lebih dengan banyaknya tokoh yang berseliweran. Opsi terebut bisa menjadi nomor dua, karena konflik utama buku ini lebih ke move on. Berbagi ruang untuk orang baru.

Plot kedua tentang Sabrina-Abi. Abi ini kakaknya Lasha, teman kantor Satrya dan Athaya, jadi masih dalam satu univers. Diceritakan kalau Sabrina ini jatuh cinta diam-diam dengan Abi, kakak kelasnya sewaktu di SMA, dan ternyata ketika menjadi sahabat Lasha sewaktu kuliah, dia baru tahu kalau Abi adalah kakak sahabatnya. Sebuah reuni membuat hubungan mereka lebih dekat lagi, hanjya saja Abi orangnya keras kepala, overprotective dan tidak mau mengalah, membuat Sabrina kadang merasa sesak, padahal apa salahnya sih kalau mengaku duluan akan perasaanya? Terlebih ketika Sabrina mulai dekat dengan Satrya, Abi mulai memberikan perhatian lagi.

Plot ketiga adalah hubungan Radhi-Arinka. Arinka adalah sahabat Kinan, dia bekerja satu gedung dengan geng fogging. Bagian yang paling humoris dan yang saya suka, ceritanya sendiri juga cukup kompleks. Arinka ini memiliki pacar yang jauh lebih tua darinya dan seorang duda satu anak, hubungannya nggak disetujui oleh ibunya, dan Kinan sendiri. Jadi, begitu tahu Radhi mulai sepik Arinka, Karin setuju saja dan berharap Arinka memikirkan kembali akan pilihan yang dibuat. Ada bagian favorit yang sangat gokil tentang Radhi-Arinka ini, bagian yang bikin saya ngakak waktu membacanya.
"Sendirian aja, Mbak?"
Cewek itu menjawab singkat, "Iya."
"Temennya pada ke mana? Tumben." Basa-basi abis nih si Radhi.
"Di atas. Masih pada kerja."
"Wah, sama dong ya kita!"
"Hm."
"Kantor mana, Mbak?"
"Azure life."
"Oh... bagian apa?"
"Mas maunya bagian apa?" tanya cewek itu bertanya balik dengan nada agak judes.
Radhi langsung cengar-cengir. "Waduh, kalo nanya saya... saya jadi bingung. Saya cuma tahu bagian paha sama dada, lebih suka dada sih tapi, Mbak ---"
...
"--- Ayam, Mbak, maksudnya. Jangan salah paham dulu," Radhi sok meralat ucapannya.
"Ayam goreng, bakar, apa ayam kampus, Mas, ini maksudnya?" tanya cewek tersebut dengan nada menyindir.
"Semua saya suka, Mbak. Duh, saya jadi laper pengen makan ayam. Mau makan ayam bareng ngak, Mbak?"
...
"No, thanks. Saya nggak suka ayam!"
...
"Jadi, Mbak sukanya apa?"
"Apa pun yang masnya nggak suka."
...
Radhi mengulum senyum lalu berkata, "Saya nggak suka sama diri saya sendiri, jadi Mbak gimana?"
Wakakakaka, dagelan banget emang si Radhi ini. Tapi serius, dia adalah tokoh paling favorit di buku ini, bukan Satrya yang sering galau, hahaha. Apalagi Radhi ini orangnya pantang menyerah, bagaimana pun sikap Arinka padanya, ditanggepi Radhi dengan senyum. Misalkan ketika minta nomor telepon, bukannya dikasih deretan angka, tapi Arinka ngasih kode biner biar Radhi mecahin sendiri berapa nomornya, hahaha. Terus tanya alamat, bukannya dikasih nama jalan dsb, Radhi malah dikasih teka teki lagi berupa geolocation. Duh, bercandaan anak IT ternyata seru juga, hahaha.

Kenapa saya mecah jadi tiga plot cerita? Karena saya penginnya penulis buat cerita lagi tentang mereka, dikembangin lagi, hahahaha. Karena seperti yang saya katakan di atas, cerita mereka tuh belum kelar semua, masih meninggalkan tanya, jadi wajib ada lanjutannya. Saya sampai ngecek akun wattpad penulis, bakalan ada lanjutannya lagi apa nggak. Saya menemukan Past, Present, and Repeat tentang Lasha. Saya belum baca, sih, tapi berharapnya, urusan Satrya-Kinan-Sabrina akan nyempil di sana, bahkan kalau perlu ada sekuelnya sendiri. Sedangkan kisah Sabrina-Abi dan Radhi-Arinka ini pengen dibuat buku sendiri, karena kisah mereka menarik, mereka punya materi bagus untuk dijadikan buku sendiri. Saya suka hubungan Sabrina-Abi yang sama-sama keras kepala, Abi yang overprotective. Saya suka bagaimana humorisnya Radhi untuk menandingi sinisnya Arinka, di samping Arinka memiliki masalah sendiri. Saya nggak tahu apakah penulis memang sudah punya rencana untuk para tokohnya, khusnya untuk kisah para Geng Fogging lainnya, kalau belum, semoga bisa jadi masukan. Hidup Radhi! #TeamRadhi, hahahaha.

Sedikit kekurangan, karena perasaan Satrya dan Kinan yang galau terus, hubungan mereka kayak ditarik ulur tanpa tahu ujungnya, sehingga kadang membuat bosan. Padahal buku ini tergolong sangat tebal dengan tulisan yang kecil-kecil, kalau nggak ada perkembangan yang berarti bisa cukup bahaya, cerita akan terasa flat. Ketambahan tokoh baru juga yang kalau nggak ditempatkan di porsi yang pas akan membuat sesak dan kehadiran mereka sia-sia. Untung saja kehadiran Geng Fogging (Ghilman, Satrya, Ganesh, Radhi, Fajar, Aldi, Davintara) dan kisah Radhi-Arinka menyelamatkan kebosanan ini, bahkan saya juga menyukai sosok Abi, apalagi ada Athaya dan Ghilman yang ikutan nyempil walau porsi mereka sedikir sekali, setidaknya bisa tahu bagaimana kehidupan mereka sekarang. Cara penulis membuat benang merah antar karakternya menyelamatkan kebosanan, peran mereka jelas semua, bahkan bisa menjadi bahan atau teaser untuk cerita yang lain.

Kelebihannya, gaya menulis penulis masih seperti dulu, asik dan membuat betah dengan bahasa sehari-hari yang 'bocor' semua, hahaha. Karakternya kuat, kalau kalian mengikuti dari buku pertama, di buku ini, di mana banyak karakter yang sama, karakter mereka konsisten, terlebih untuk karakter laki-laki, bukan hal yang mudah membuat karakter laki-laki, terlebih mereka mendominasi dan ditulis oleh penulis perempuan. Masih menyelipkan tentang musik, film, dan buku. Lewat Kinan, kita akan dikenalkan lagu-lagu old school dan Disney Princess, lewat Sabrina, kita akan dikenalkan gig-gig, film meet cute, dan cerita dongeng. Bagaimana penulis membuat perasaan Satrya dan Kinan yang susah move on sangat realistis. Memang nggak mudah dan membutuhkan waktu, hal tersebut juga yang membuat buku ini cukup tebal karena perkembangan emosinya tidak dibuat secara instan.

Bagi kalian yang ingin ikutan galau seperti Satrya dan kangen sama Geng Fogging, maka tidak boleh melewatkan Satu Ruang. Btw, saya baru tahu kalau nanti bakal ada lanjutannya, ternyata akan ada part duanya, karena terlalu tebal makanya dijadiin dua, pantes aja saya merasa ada yang kurang, hehehe. Ditungguin deh nanti akhirnya bagaimana 😬

4 sayap untuk Radhi, berharap ada cerita sendiri tentangnya #teutep XD




Reviewnya kenapa jadi panjang banget ya, hahahaha, nggak sadar aja. Yah, ganjaran karena kalian begitu sabar membaca review saya di atas, ada buku Satu Ruang + merchandise gratis untuk satu pembaca setia Kubikel Romance dan Aqessa Aninda yang berdomisili di Indoensia.

Syaratnya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (di bagian sidebar yang berjudul The Readers, klik aja tombol follow atau Sign in)
2. Follow akun @mungilo (twitter) atau @fairywoodpaperink (instagram). Boleh juga follow akun twitter atau instgram saya @peri_hutan, yang follow aku doian menang, hahahaha
3. Share link postingan ini di sosial media yang kalian punya, boleh lewat twitter, instagram, facebook, tumblr, path, dsb, terserah di mana, cukup sekali aja nggak pa-pa kok :D. Jangan lupa pake hastag #BerbagiRuang #SatuRuangBlogTour dan boleh mention saya dan penulis.
4. Di kolom komentar, tulis akun kalian dan media yang kalian pakai untuk membagikan link. Misal @peri_hutan - IG.
Jawab juga pertanyaan ini di kolom komentar, "Dari semua Geng Fogging, favorit kalian siapa sampai ingin ada bukunya sendiri?"
atau bagi yang belum pernah baca kalian bisa menjawab pertanyaan ini, "Penasaran/suka sama hubungan #SatKin atau #SatSab? Alasannya?"
Salah satu aja jawabnya, sesuai yang kalian inginkan :D
Sudah itu saja, siapa tahu penulis beneran mau bikin cerita tentang Geng Fogging favorit kalian semua *nagih*, hahahaha.

Giveaway berlangsung sampai tanggal 21 Agustusn 2017, pengumuman di postingan ini juga paling cepat sehari setelah batas waktu yang ditentukan. Semoga beruntung :D

*Info tambahan*

Selain giveaway di atas, masih ada Satu Ruang Challenge berhadiah 1 tiket acara "Coffee with Aqessa" yang bisa kalian dapetin. Akan ada 3 pembaca, yang khusus berdomisili di JABODETABEK, bisa nongkrong cantik dengan Aqessa Aninda dan editor serta marketing Elex Media. Nah, seru banget kan, nanti kalian bisa tanya apa saja mulai dari dunia penulisan sampai penerbitan buku.

Caranya:
1. Ikut berpartisipasi dalam blog tour Satu Ruang dari tanggal 10 Agustus - 2 September 2017.
2. Posting photo quote Satu Ruang favorit + tulis mini review di Instagram (kalau tulis di blog/Goodreads juga dapat nilai plus, link di include di postingan IG), include hashtag #SatuRuangBlogtour #BerbagiRuang serta tag akun @fairywoodpaperink @ElexMedia.

Sudah itu aja, nanti bakalan ada challenge kedua di bulan September untuk dipilih satu orang lagi. Satunya lagi? Pantengin aja akun penulis untuk info selanjutnya, hehehe. Ayo ikutan, lumayan nih bisa nambah ilmu dan ketemu penulis favorit kalian :D

Kalian bisa juga mengikuti giveaway di host lainnya, berikut jadwal lengkapnya:



*UPDATE*

Langsung saja, maaf sedikit terlambat. Yang beruntung adalah @buiyeomi. Nanti akan saya hubungi untuk pengiriman hadiah. Buat yang lain tetap semangat :D

23 komentar:

  1. Twitter: @san_fairydevil
    "Dari semua Geng Fogging, favorit kalian siapa sampai ingin ada bukunya sendiri?" — Radhi dan Arinka. Karena dari reviewnya kelihatan lebih seru. Bukannya terang-terangan tapi lewat teka-teki. Menjadi detektif ini yang seru. Sikap Radhi juga lebih humoris dan menyenangkan ketimbang yang lainnya. Cowok humoris itu lebij seru. Ditambah aku dulu juga pingin masuk IT tapi enggak lolos 😭😭 Mudah-mudahan kali ini lolos πŸ™πŸ™πŸ™

    BalasHapus
  2. Twitter @Sandra_artsense

    Baca reviewnya bikin penasaran bgt deh kak, saya suka nya #SatSab karena enggak enak juga kalau menjalin hubungan sama orang yang sumo alias susah move on, berharap tipe cewek ceria kayak Sabrina jadi angin segar bagi kehidupan cinta Satrya yang galau mulu hmmm biar Satrya move up gitu lah, kalau sama Princess kan nanti dua-duanya malah curhat trauma cinta masa lalu hehe just saying^^ tfs ya kak

    BalasHapus
  3. IG/Twitter : @hensus91
    FB : Heni's Henis

    Belum baca buku pertama tentang Geng Fogging walaupun dulu rajin ikut blogtournya juga πŸ˜…, jadi aku jawab pertanyaan kedua saja ya πŸ˜‰

    Penasaran sama hubungan #SatKin. Sebagai perempuan yang pendiam dan tertutup, aku penasaran bagaimana cara Satrya mendekati Kinan. Apakah akhirnya Satrya bisa membantu Kinan merelakan masa lalunya atau tidak? Bagaimana interaksi antara Kinan dan Satrya? Apa dampak kehadiran Sabrina pada hubungan mereka? Bagaimana akhir kisah mereka? Apakah Satrya akhirnya lelah pada Kinan?

    Banyak sekali pertanyaannya πŸ˜…

    BalasHapus
  4. Twitter : @PidaAlandrian92

    Dari semua Geng Fogging, favorit kalian siapa sampai ingin ada bukunya sendiri?

    Radhi - Arinka kak. Pengin bangett baca cerita/buku versi mereka sendiri. Sifat kucelnya si Radhi dipadu padankan dgn sifatcueknya Arinka pasti ehmmmm luar biasaa bikin penasaran bangett gimana hasil akhirnya.. hehehehe

    BalasHapus
  5. Twitter - @nilaalfarah

    Dari semua geng fogging aku ingin Radhi - Arinka dibukukan, who doesn't love radhi? laki laki humoris idaman para wanita tapi minus suka godain cewe cewe hahaha

    Then jawaban untuk pertanyaan kedua, aku lebih suka #SatKin karena mereka itu udah saling melengkapi gitu. Yang sat-satnya agak gimana gitu sama urusan cinta gara gara udah ditolak 2x eh ketemu sama kinan yang tertutup tapi ngga tau kenapa waktu ngobrol sama sat-sat dia jadi agak cerewet hahaha jadi lucu aja gitu. Kinan aja bisa nyembuhin patah hatinya sat-sat gara gara masa lalunya, kalian gimana?

    BalasHapus
  6. @yussimaudina - twitter

    Favoritku? Hmm Ghilman dan Radhi. Tapi karena kalo Ghilman kan suamiable bgt, udah gitu yaaah udah ada bukunya juga. Tapi nih yang bikin penasaran ya si Radhi ini dan si cewek gopek! Mas Radhiiii & Mbak Arinka, sukakkk banget sama si receh mz Radhi❤ Semoga dibukukan segera ya ka echaaa��

    #SatKin or #SatSab???
    Aku sih lebih ke #SatKin ya, disini tuh asik bet dah mereka berdua. Satrya dan Kinan tuh punya masalalu masing-masing yang greget bgt, yang satu ditinggal nikah, terus pacaran sama taya eh ditinggal nikah juga kan Taya sama Ghilman #maaf ya sat. Terus si Kinan, hmm masih terjebak nostalgia sama yang udah pergi jauh bangeeet alias susah move on dari masalalunya hmm. Emang sih ya, kalo ditinggal untuk selama-lamanya itu sakit bgt.. Kisah cinta Satrya-Kinan yang penuh lika-liku mengajarkan banyak hal. Udah gitu, ada Sabrina dan Abi juga yang mengisi dalam kisah Satrya-Kinan. Pada kisah ini juga Satrya-Kinan sama-sama dalam tahap mengobati hatinya masing-masing, dan gimana ya hasilnya? Hmmm apa hayo kira-kira? Aku juga penasaran!✨✨

    BalasHapus
  7. @buiyeomi - twitter

    Karena aku belum baca satu ruang, dan blm memilikinya 😒 namun dari membaca review kak peri πŸ˜† aku memutuskan dan sudah mantap masuk #TeamSatrya #Teamsatsat dan pasti nya #TeamSatKin

    Kenapa aku pilih team #SatKin?
    Karena mereka berdua couple yang keren abisss! Rasa penasaran Satrya terhadap Kinan mengenai masa lalunya, dan begitu sebaliknya bikin meltiiiing πŸ˜† masa lalu mengajarkan Satrya dan Kinan untuk kuat, dan cara mereka ingin bisa melupakan masa lalu dengan saling menguatkan satu sama lain itu bikin beda, tapi saat Kirana dan Satrya yg sama-sama terjebak masa lalu ini lah kehadiran #GengFogging benar benar membantu mencerahkan hari-hari Satrya, apalagi dengan adanya Radhi-Arinka yang bkin kocak suasana πŸ˜†πŸ˜† terbukti Radhi ini adalah admin dagelan πŸ˜‚πŸ˜‚
    Dan justru kehadiran Radhi bikin aku penasaran sama kelanjutan kisah cintanya dengan Arinka! πŸ˜†πŸ˜†

    Apakah Kinan dan Satrya mampu bisa mengobati hati mereka? Apakah Radhi ini bisa menaklukan hati Arinka?dan aku ingin bisa membaca lebih bagian Radhi disini kak Peri, kumohon izinkan aku bisa membaca kisah merekaaa,karena aku super duper penasaraan πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  8. @farida_271 - (IG dan Twitter )

    pas baca SKDPL sudah kebawa ngakak sama duo serigala, apalagi waktu koda AThaya. jadi jika dari grup Fogging yang ingin dibuat kan cerita aku pilih Radhi atau Ganesh. tapi dari Review di atas Radhi sudah masuk ya, jadi kak Aqesha Lanjutkan perjuangan Radhi yaa. kayak nya itu cewek juga lawan yang seimbang dengan RAdhi

    BalasHapus
  9. @imratnasr (twitter)

    Aku belum baca SKdPL kak Aqessa *parahbangetemang* tapi aku udah di Racunin sama temen-temen blogger dan bookstagram yang yang lain tentang SKdPL dan Satu Ruang. Bahkan aku menanti banget pas Radioplay SdKPL kemarin.

    Nah, aku mau jawab pertanyaan kak Sulis yang pertama aja kali yaa, karena pertanyaan kedua aku sudah memastikan diri buat jadi #TeamSatSat dan #TeamSatKin

    Kak Aqessa harus banget buat cerita tentang Radhi! Dari review yang kak Sulis buat aku jadi ikut menggambarkan sendiri bagaimana sosok Radhi ini, terus dia juga anaknya humoris dan nggak gampang nyerah, cowok favorit aku banget. Pasti kalau di jadiin buku bakal keren abis deh, soalnya aku suka banget sama cerita yang ada unsur-unsur humornya, biar gak terlalu mellow gitu deh, apalagi kalau pemeran utamanya emang udah ketahuan humoris banget kayak Radhi, udah cocok banget sama aku:D

    Terus cara PDKT Radhi ke Arinka juga beda yang membuat aku ngakak, dari gambaran yang kak Sulis kasih aja udah bikin aku senyum-senyum sendiri. Aku ngebayangin ekspresi cengo *ini bahasa apaan ya? wkwk* Radhi pas Arinka ngasih nomor telepon atau alamat rumah yang gak sesuai ekspektasi. Duhh kocak banget pasangan ini. Dan aku bener-bener gak sabar menanti kak Aqessa buat cerita khusus buat Radhi-Arinka kalau bisa secepatnya biar gak penasaran wkwk*sigh*

    BalasHapus
  10. twitter + IG : @ishavanisa

    radhiii, hahaha emang yah karakternya iniii :D receh dan kocak, tapi bikin penasaran :)

    BalasHapus
  11. Twitter: @Rinafiitri

    1. Radhi-Arinka doong. Sayang ah kalo nggak dilanjut perjuangannya Radhi. Udah bikin akun ig @peninggi_herbal_bikin_ganteng juga. Masih pengen ngeliat sepik2 apalagi yang dikeluarin Mas Mamat buat naklukin Arinka. Semangat Mas Mamat!

    2. Aku lebih suka hubungannya #SatKin. Kalo Sab, biarin sama Abi aja deh. Nanti Abinya mencak2 lagi kalo nggak bisa dapetin Sab, orang protektif gitu. Kabi juga udah cukup berjuang loh, dengan kepoin sampek nontonin film-film kesukaan Sabrina, kayak Stardust, How I Met Your Mother, biar nanti bisa diobrolin sama Sabrina. Kabi, kalo nanti Sab nangis lagi dicup-cup ya, bukan dikecup. Hehe.
    Kinan can heal herself, so I think she can heal Satrya too. Kinan itu princessnya Satrya, ibu peri yang baik hati buat Satrya. Dan Satrya juga akan mengukir jejak-jejak di hati Kinan dengan cara yang berbeda dari jejak yang diukir pria di masa lalu Kinan dulu. Kudoakan semoga kalian selalu bahagiaa ^_^

    BalasHapus
  12. @syaniazahnisa -ig

    Bismillah.. Dari semua geng fogging ya tentu aja Mas Radhi itu paling favorite banget sumpah gila kocak banget kalo baca scene nya dia itu. Aku udah ngikutin tulisannya Kak Echa dari SKdPL sama Satu Ruang yang versi wattpad jadi udah tahu sifatnya Mas Radhi. Aku aja sampe bingung Mas Radhi kenapa RECEH BANGET SIH, walaupun receh tapi aku tetep ketawa masa wkwk. Asli pengen banget kisahnya Radhi dibikin cerita juga apalagi dipasangin sama Arinka pasti bakal kocak parah ceritanya, jadi peran pembantu aja mereka kocaknya ga ketulungan apalagi dijadiin peran utama hahaha. Aku tuh suka gregetan kalo baca scenenya Radhi sama Arinka pas pdkt, sumpah kadang suka kasian sama mas Radhi kalo dicuekin Rinka atau ga dikasih kode yang susah2 sama Arinka, tapi kadang suka kesel juga sih sama mas Radhi abis slengean abiss. Kak Echa buat scene mas radhi top abiss, nggak garing malah bikin aku ketawa suka gatau tempat wkwk, masih ngakak pas baca scene yg Radhi dikasih gopean sama Arinka, ya Allah rasanya kasian campur ngakak gitu wkwk. Aku gakepikiran kalo mas radhi bakal dikasih gopekan hahaha, apalagi pas arinka bilang kalo dia gasuka apa yang mas radhi gaksuka rasanya jleb banget hahaha, terus buat minta nomor telp nya aja dikasih kode binner ya Allah perjuangan banget mecahinnya hahaha, dan yang minta alamat rumah dikasihnya geolocation sumpah ngakak liat pdktannya mas radhi. Apalagi pas scene waktu satrya sama radhi nyariin rumah kinan sampe muter2 terus alibi gitu wkwk. Walau receh mas radhi tetep perhatian sama rinka, dan itu yg aku suka. Modus-modusan mas radhi kadang minta di bungkus aja terus dibuang kelaut saking recehnya wkwk. Mas Radhi ini sukses kalo mencairkan suasana yg lagi tegang2nya, gila nemu dimana ya orang kaya dia hahaha, suka gabisa serius mas radhi minta dikarungin. Mudah-mudahan aja kak echa mau bikin cerita khusus mas radhi dan arin karena menurut aku mas radhi itu orang IT yang langka plus receh banget hahaha, kalo kak echa bikin cerita mas radhi arinka pasti bakal banyak yang baca karena gaya penulisan kak echa yang 'bocor' abis menjadi daya tarik pembaca apalagi pas nulis scenenya radhi acung jempol akuu������ mantapp lahh�� geng fogging tanpa mas radhi itu kaya makan baso ga pake garam, hambar jadinya. Intinya mas Radhi itu geng fogging favorit aku banget dan aku berharap kisah mas radhi arinka bisa dibukuin dan best seller aamiin..

    BalasHapus
  13. Penasaran/suka sama hubungan #SatKin. Cara pedekate Satrya ke Kinan tuh berasa usaha banget. Laki banget gitu deh. :D

    Twitter: @nunaalia

    BalasHapus
  14. Sebenarnya lebih penasaran sama hubungannya #RadArin hehe..

    Tapi kalau disuruh pilih, lebih penasaran ke hubungannya #SatKin, karena saya lebih suka karakter cewek yang gloomy atau susah didapatkan gitu hehe

    @monicaindah5

    BalasHapus
  15. Arthms12 - twitter

    Belum pernah baca SKdPL tapi baca reviewnya, kayaknya lucu ya Radhi😸

    Aku pilih pertanyaan yg ini→ "Penasaran/suka sama hubungan #SatKin atau #SatSab? Alasannya?"

    SatSab! Alasannya, karena di blurb katanya Satrya merasa bercermin kalau sama Kinan. Terus kayaknya meskipun hubungan mereka dijelaskan mendalam, sepertinya kurang afdol kalau karakternya sama-sama begitu. Trus katanya Satrya galau mulu ya? Ya pasti yg paling cocok sama Sabrina dong yg ceriaπŸ˜‚ biar mereka saling melengkapi❤

    BalasHapus
  16. #SatKin, karena dua-duanya masih memandang dan mungkin masih terjebak masa lalu.
    Iyasih, hidup itu harus melangkah kedepan. Tapi bagaimana mau maju kalau kaki kita aja masih terpaku di masa lalu? karena melupakan itu ga segampang kita menggerakan penghapus di atas coretan pensil. Proses melupakan itu, mirip kaya ngapus ketikan cerita yang sudah ditagih sama pembaca(pas lagi minim inspirasi pula, wkwkwk), terkadang dgn percaya diri kita menekan tombol delete, beberapa saat kemudian kita ngeklik 'Undo' dan mungkin 'Redo', begitu seterusnya.
    Jadi penasaran aja sih,diantara mereka siapa yg lebih dulu & cara mereka keluar dari kubangan para mantan.
    Apa mereka berusaha sendiri untuk keluar, atau dengan menerima uluran tangan (Sat/Kin, karena dari review kak sulis, itu mba Kinan kaya nolak proposal Mas Satrya dan lebih milih membuka lembaran proposal lama Prana, hahaha dan Mas Satrya juga -_-) atau mereka bersama-sama saling bergenggam tangan sambil melangkahkan kaki *tsaa* mereka untuk keluar dari kubangan itu.
    Ok, ini jawaban ga nyambung #Plakk
    .
    Twitter: @Jju_naa
    P.S: Indonesia-nya ^^

    BalasHapus
  17. @bety_19930114 - twitter

    #Satkin karena aku lebih suka mengikuti proses suatu hubungan cinta seseorang dari awal sampai akhir. Awal pendekatan, rintangan-rintangan yg dihadapi, masa lalu yg menghantui, hingga usaha agar hubungan bisa maju.. Aku penasaran akhir kisah mereka yg masih terjebak masa lalu dan jg ingin tahu usaha mereka agar bisa move on.

    Happy ending or sad ending kah?

    BalasHapus
  18. @HafshahAR - Twitter

    Dari semua Geng Fogging, tentu saja yang paling kuinginkan untuk memiliki buku dan kisahnya sendiri adalah Radhi! Radhi itu gemes banget, haha. Selain humoris, dia juga tipe cowok yang pantang menyerah banget. Kebayang deh bakal seseru apa kalo Radhi-Arinka dibuat kisahnya sendiri. Pasti sepanjang cerita bakal dibuat ngakak sekaligus terharu sama perjuangan Radhiiii. Selain itu, Radhi adalah salah satu tipe cowok yang harus dilestarikan di muka bumi ini. Kenapa? Karena Radhi adalah salah satu orang yang tetep ngedukung bang SatSat meskipun nasibnya sendiri sial, haha (meskipun dengan geng fogging laknatnya itu tetep suka bikin malu bang Satsat sih). Semoga saja Radhi-Arinka beneran dibikin buku sendiri yha, aku bakalan kangen banget sama kekonyolan dan sikap pantang menyerah Radhi~ Fixxxx tolong berikan Radhi kisahnya sendiri!!!

    BalasHapus
  19. @justlynn23-twitter
    Penasaran sama hubungan #SatKin. Apakah akan menemukan titik terang dan bisa secara bersama-sama untuk maju serta melupakan masa lalu mereka masing-masing. Karena aku lihat di sinopsis kalau Satrya seperti bercermin kalau melihat Kinan, aku penasaran sekali akan hal itu, apakah Satrya seperti bercermin itu karena Kinan sangat mirip dengannya tentang susah move on dan suka galau. Juga sepertinya Kinan sosok wanita yang mandiri karena tahu betul bagaimana menikmati hidup dan punya pandangan hidup sendiri. Semoga Satrya dan Kinan bisa sama-sama cepat move on ya.

    BalasHapus
  20. heheee, sebenarnya maju mundur mau nulis ini. tp drpd jawaban saya teronggok di notes mending saya copas disini >•< hitung2 sebgai curahan hati juga...

    Saya penasaran sama hub Sat-Sab yg kata kak Sulis, sabrina ini memiliki peran penting dlm penentuan langkah Satrya utk masa depan perasaanya. penasaran dg karakter Sabrina yg Satrya banget, wkwkwk belum baca SKdPL sih:(

    penasaran dg Sabrina yang sepertinya punya pemikiran open-minded, sehingga dia bisa menggantikan kehadiran Kinan di hati Satrya saat kinan menjauh, yg kemudian membuat Sat sadar kalo Sab bukan pilihan lain sebagai pelampiasan.

    duh, penasaran sama Satrya yg sepertinya selalu galau mulu nih ttg perasaan.. penasaran sama hub Sat-Sab lebih lanjut. nggak ketinggalan penasaran juga sama geng-fogging yg sempat disinggung kak Sulis itu isi anaknya gimana, kyknya seru nih si Radhi :v
    tw @Kikii_Rye

    BalasHapus
  21. Balasan
    1. Hai, sabar ya, kemungkinan baru dua hari lagi aku bisa ngumumin pemenangnya, lagi riweh banget ini, hehehe

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...