Senin, 31 Juli 2017

Erstwhile by Rio Haminoto | Book Review, Blog Tour, Giveaway

Judul buku: Erstwhile
Penulis: Rio Haminoto
Editor: Carolina Kartika Widyastuti
Desain sampul: Heru Lesmana
Ilustrasi sampul: Enrico Soekarno
Penerbit: Koloni
Cetakan pertama, 12 Juli 2017
ISBN: 9786024284855
368 halaman
Buntelan dari m&c!
Raphael Harijono (Rafa) adalah seorang pria asal Indonesia yang memiliki kegemaran yang begitu besar pada artefak. Dalam sebuah perburuannya, ia akhirnya terseret masuk ke dalam sebuah perjalanan waktu bersama Emma Watts, seorang ahli bahasa dan pengajar di King’s College, Unibersitas Cambridge, Inggris dan juga bersama seorang wanita pengusaha setengah baya asal Prancis bernama Magalie Vaillant.

Picaro Donevante seorang warga kota Paris dan pengungsi politik yang terbuang dari kotanya sendiri di Florence, berjumoa dengan Solence de Morency, seorang wanita kepada siapa ia dengan tulus bersedia menjadi mata dan hati untuk segala yang tak akan pernah dilihat dan diketahui wanita itu, dan juga kepada siapa ia memberikan sebuah janji setia untuk menjumpainya kembali di Notre Dame, Paris.

Perjalanan panjang Rafa dan Picaro tidak hanya membawa mereka memasuki masa kejayaan dan kebesaran Majapahit, tapi juga membawa mereka memasuki sebuah Persekutuan Waktu.
Erstwhile bercerita tentang kisah perjalanan dua pemuda dengan dua timeline yang berbeda. Cerita pertama kita akan dibawa ke tahun 1300-1360 tarikh masehi, tentang Picaro Donevante, anak seorang pedagang besar di Florentia. Karena keadaan kota yang tidak kondusif, Picaro beserta keluarganya yang lain pergi ke Paris sebagai pengungsi politik, memulai kehidupan baru dari nol, membuat Picaro yang pada saat itu berusia 12 tahun bertekat akan membuat orangtuanya bahagia dan kembali ke Florentia sebagai pemenang.

Tugas yang diberikan Tuan Durbois untuk membuat catatan dan laporan tentang catatan Deskripsi Dunia bisa dibilang akan mengubah nasib Picaro ke depannya. Karena kesulitan berbahasa Prancis, dia meminta bantuan seorang wanita asli penduduk kota setempat yang ditemui di gereja untuk menerjemahkan tugas sebagai pelajar di Sorbonne, Solene de Morency. Deskripsi Dunia ternyata bercerita tentang kisah perjalanan Marco Polo dari Venezia bersama ayah dan pamannya, Niccolo dan Maffeo yang sudah pernah berada di Cathay (Tiongkok) dan menjalin hubungan dengan Khan terbesar Mongolia, Kublai, yang telah menguasai Cathai pada saat itu.

Kedekatan yang terjalin membuat Picaro jatuh hati sangat dalam bagi Solene, tapi sayangnya karena ayah Solene memiliki hutang, terpaksa dia harus dijual dan menikah dengan orang lain. Hal tersebut sangat meremukkan hati Picaro, dia berusaha dengan berbagai cara tapi tidak berhasil, dia tidak memiliki apa-apa. Dengan tekat kuat untuk mengembalikan kehormatan ayahnya dan merebut Solene, pada usia 18 tahun Picaro membuat keputusan besar, dia akan mengikuti langkah Marco Polo, menuju Cathay, kembali dengan kekayaan.

Perjalanan panjangnya membuat Picaro menjadi saksi bersejarah akan beberapa peristiwa penting di dunia, bertemu dengan banyak kawan seperti Tariq Fatheldin, Kingsley, Tuan Liem, Gwan Liong sampai orang yang berada di balik kehebatan dan kemasyuran Majapahit, Mahapatih Amangkubumi Gajah Mada. 

Sedangkan cerita kedua, kita akan dibawa ke tahun milenial, tahun 2012 dengan tokoh utama Raphael Harijono atau Rafa. Rafa sangat tertarik dengan benda-beda bersejarah seperti beberapa lebar papirus, daun lontar, daluwang abad XIV dan yang paling penting, manuskrip yang ditulis orang asing, yang menyimpan jawab atas asal-usul, tempat kelahiran dan kematian mahapatih Amangkubumi Gajah Mada, sosok pertama yang memimpin persatuan gugusan ribuan pulau di Asia Tenggara dalam kerajaan terbesar pada masanya, Majapahit.
Hampir setiap sore aku diajak Gajah Mada ke istana. Ia selalu berbicara dengan Ibu Suri Gayatri dengan serius dan hormat, hingga aku sampai pada satu kesimpulan bahwa Ibu Suri Gayatri memegang sebuah pusat kekuatan dan kekuasaan Majapahit yang dilaksanakan sepenuhnya oleh Gajah Mada melalui simbol-simbol negara. Bagiku, Ibu Suri Gayatri adalah titik sumbu kekuatan Majapahit yang sesungguhnya dan Gajah Mada adalah bara yang membakar sesuai sumbunya.
Aku menjadi semakin mengenal sosok Mahapatih Gajah Mada. Ia bukanlah manusia yang ingin mencari kekayaan untuk dirinya sendiri. Namun, hasratnya pada kekuasaan dan kemegahan negara tak akan pernah tertandingi oleh manusia mana pun. Meski demikian, ia tidak pernah berusaha menjadi raja karena ia begitu mencintai, menghormati, dan setia pada kelaurga kerajaan sepanjang mereka menjalani perannya dengan baik. Ketika terjadi penyelewengan, seperti Raja Jayanegara, Mahapatih Gajah Mada tak akan ragu bertindak. Karenanya kusadari bahwa cinta Gajah Mada yang sesungguhnya adalah pada Majapahit.
Mungkin pendapat saya tidak akan jauh berbeda dengan pembaca yang lain, mengira tokoh yang ada di masa sekarang akan mengarungi perjalanan waktu ke masa lalu, ternyata penulis memiliki cara yang berbeda walau tetap mengusung tema time travelling. Mungkin pada awalnya juga, ada beberapa pembaca yang bingung seperti saya perihal dua plot yang disajikan secara bergantian, selang seling antara masa lalu ke masa sekarang dengan pembeda sudut pandang pencerita. Pada bagian Picaro kita akan mendapati dia sebagai pengisi sudut pandang orang pertama, sedangkan pada Rafa, penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Kedua cara ini tentu membawa perbedaan, dengan Picaro yang mengisahkan perjalananya, kita akan ditampilkan kedetailan apa yang terjadi pada masa lampau, sedangkan pada masa sekarang, kita akan mendapati pergerakan cerita bagian Rafa yang cukup cepat, karena memang menurut saya bagian Picaro adalah fokus utama cerita ini sehingga bagian Rafa bisa dibilang sebagai pelengkap agar cerita bisa terhubung ke masa sekarang.

Perihal historical fictionnya, tentu perlu diapresiasi karena penulis berani menyisipkan salah satu kerajaan terbesar pada masanya agar bisa dinikmati oleh siapa saja, tidak banyak penulis yang melakukan hal ini karena tentu tidak mudah untuk dilakukan, butuh riset yang sangat serius karena berhubungan dengan sejarah. Terlebih penulis juga menyinggung sejarah dunia di luar sana yang terjadi pada waktu yang sama. Pantas saja penulis terpilih untuk menghadiri salah satu event bergengsi di tanah air, UBUD Writers & Readers Festival 2016 karena 'pekerjaanya' ini.

Untuk kekurangannya, mungkin pada bagian awal saya cukup jenuh dan bosan, butuh waktu yang cukup lama agar bisa berganti halaman, tidak sabar dengan sajian utamanya yang digembor-gemborkan di sinopsis belakang sampul buku, pada bagian awal penulis lebih banyak bercerita tentang kisah cinta, saya berharapnya penulis langsung fokus ke bagian Majapahit. Karena saya sangat menyukai ketika Picaro berbagi pengalaman hidup dengan Gajah Mada, bagian paling favorit di buku ini. Yah, Gajah Mada memang tokoh yang patut diidolakan! Tapi kalau langsung ke inti cerita tanpa intro pasti tidak ada greget juga kali ya, hehehe.

Overall, buku ini cocok sekali bagi kalian yang ingin membaca historical fiction dalam negeri, tidak banyak buku dalam negeri yang menyisipkan cerita bersejarah, terlebih tempo dulu ketika Indonesia diduduki oleh berbagai kerajaan yang sempat melambungkan nama dan kejayaan di mata dunia.



Saatnya giveaway!

Ada satu buku Estwhile gratis bagi kalian satu pembaca Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia.
Syaratnya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC
2. Follow akun instagram @kolonipublishers dan like fb Koloni
3. Share postingan ini ke sosial media yang kalian punya, satu kali saja, boleh di instagram, twitter, facebook, dsb. Jangan lupa mention @peri_hutan dan penerbit juga ya :D
4. Di kolom komentar di bawah, tuliskan saja nama akun kalian untuk menyebarkan postingan ini, nanti akan saya hubungi bila kamu yang beruntung.


Sudah itu saja, gampang banget kan? Giveaway berlangsung sampai tanggal 6 Agustus 2017, pengumuman pemenang di postingan ini juga sehari atau dua hari setelah giveaway berakhir. Semoga beruntung :D


*UPDATE*

Selamat buat @fuadanisaa, sudah saya dm di twitter, ditunggu konfirmasinya ya. Buat yang belum beruntung, pantengin giveaway lain di Kubikel Romance :D

21 komentar:

  1. Nama : Ana Shofiya Kurniawati
    Twitter : @anashofiya
    https://twitter.com/anashofiya/status/892036774561595394

    BalasHapus
  2. Twitter: @Sandra_artsense
    Link share: https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/892198277487054848

    BalasHapus
  3. Done,Kak.

    Postingan di IG : @arifald0

    BalasHapus
  4. Twitter: @nunaalia
    IG: @nunaalia
    Fb: NunaaLia

    BalasHapus
  5. twitter : @whkinanti
    https://twitter.com/whkinanti/status/892236831579807746

    BalasHapus
  6. @ishavanisa
    https://twitter.com/Ishavanisa/status/892264913258790912

    BalasHapus
  7. Akun IG @Delasyahmaamari_
    https://www.instagram.com/delasyahmaamari_/

    Link Share : https://www.instagram.com/p/BXPlqBuBUAZ/?taken-by=delasyahmaamari_

    BalasHapus
  8. Twitter: @Larasta_
    Link share: https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/892304586249183232?p=v

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...