Senin, 29 Mei 2017

Irish by Kamal Agusta | Blog Tour, Book Review, Giveaway

Judul buku: Irish
Penulis: Kamal Agusta
Penyunting: Diara Oso
Penerbit: de TEENS
Cetakan pertama, Mei 2017
220 halaman
Buntelan dari @de_teens
Klub musik sekolah terancam dibubarkan kalau Irish tak bisa menunjukkan bahwa klub itu punya prestasi. Irish pusing. Lebih pusing lagi ketika Bu Dewi memintanya untuk mengajak Alvaro bergabung.

Alvaro itu cowok belagu, trouble maker, suka bolos dan tidur di bawah pohon belakang sekolah.

Tapi… kata Bu Dewi, Alvaro bisa menyelamatkan klub musik.
Irish mengalah dan menuruti saran Bu Dewi.

Lalu, diiringi denting piano, petikan gitar, dan harmoni nada alat musik, sekelompok anak SMA berjuang demi klub yang mereka cintai.
Demi penghematan dana pengeluaran, Kepala Sekolah berencana melakukan pemangkasan ekskul yang tidak berprestasi. Irish sangat mencintai musik, dia tidak ingin ekskul yang diikutinya bubar, walau belum pernah menghasilkan prestasi apapun, dia beserta anggota yang lain ingin mempertahankan. Bahkan, Naufal, sahabat Irish sekaligus ketua OSIS tidak bisa membantu. Bu Dewi, pembina klub musik memberikan usul untuk mengajak Alvaro, dia diyakini akan sanggup mempertahankan klub musik.

Tentu saja tidak mudah bagi Irish untuk mengajak Alvaro bergabung, cowok tersebut adalah murid pindahan dan langsung menjadi troublemaker, tidak memiliki teman, suka menyendiri dan suka membolos. Namun, demi klub kesayangannya, Irish tidak pernah menyerah dan selalu membuntuti Alvaro.

Alvaro sangat membenci ayahnya, gara-gara dia, orang yang paling Alvaro sayangi pergi meninggalkan dirinya. Semenjak itu dia menjadi pembangkang dan berkalui-kali pindah sekolah. Bahkan, dia rela meninggalkan bakat yang diwariskan ibunya. Kehadiran Irish membuka mata Alvaro, terlebih ketika gadis tersebut membawanya ke bangsal anak pengidap kanker, bahwa ada yang lebih menderita daripada dirinya, bahwa Alvaro masih lebih beruntung daripada orang lain.

Saya cukup menikmati membaca Irish, tentang dunia remaja yang tidak melulu tentang cinta, lebih menekankan akan impian dan relasi dengan keluarga, dalam kasus ini relasi antara Alvaro dengan ayahnya. Konfliknya memang tergolong ringan, pun dengan penyelesaian yang tidak berbelit-belit, didukung dengan gaya bercerita yang tidak terlalu baku sehingga nyaman untuk diikuti. Plotnya juga rapi dengan sudut pandang orang ketiga sebagai pencerita.

Karakter kedua tokoh utamanya cukup kuat, saya suka Irish, dia tipe gadis yang punya passion dan ingin mengembangkannya, dia ingin apa yang dicintainya tidak mudah lepas begitu saja, misalkan saja mempertahankan klub musik yang hanya beranggotakan beberapa orang dan belum memiliki prestasi cemerlang. Lepas dari itu, kehidupannya juga cukup bahagia, memiliki adik yang walau sering usil, keduanya tergambar saling menyayangi, mereka berdua juga sering menghibur anak penderita kanker, pasien ibu mereka di rumah sakit.

Berbeda dengan Irish, Alvaro kehilangan ibunya ketika masih kecil, hal tersebut sangat membuatnya terpukul, membuatnya menjadi pribadi yang sinis. Dia juga menyalahkan ayahnya yang selalu sibuk dengan pekerjaan, ditambah Alvaro akan diperkenalkan dengan perempuan yang akan menjadi pendamping ayahnya. Walau terlihat kurang harmonis, sangat terlihat sebenarnya ayah Alvaro sangat menyayangi dan memperhatikan anaknya tersebut, pun sebaliknya. 

Ada bagian yang membuat saya cukup terharu, ketika Alvaro pertama kali akan dikenalkan dengan seorang perempuan. Alvaro langsung meninggalkan restoran dengan kondisi perut kosong, dia memilih menunggu di mobil dan tidak ingin menyentuh makanan yang selepas itu dibungkuskan untuknya. Tidak ingin kelaparan, ayahnya kemudian memasak telor ceplok dan meletakkannya di depan pintu. Dan ketika ayahnya sedang sakit, Alvaro dengan nada sinisnya menyuruh untuk pergi ke dokter dan kemudian meletakkan obat sama seperti ketika ayahnya meletakkan makanan untuknya.

Buku ini cukup ringan dengan konflik serta pesan yang cukup menyentuh. Saya rekomendasikan bagi siapa saja yang menyukai kisah remaja.

3.5 sayap Irish dan Alvaro.



Saatnya giveaway!
Ada satu buku Irish gratis bagi pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia. Syaratnya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (di bagian sidebar yang berjudul The Readers klik aja tombol follow atau sign in)
2. Follow akun twitter @divapress01 atau like FB “Penerbit DIVA Press
3. Share link postingan ini di sosial media yang kalian punya, boleh mention saya @peri_hutan atau penerbit, jangan lupa pakai hastag #Irish ya :D
4. Di kolom komentar di bawah tulis saja akun twitter kalian, atau akun sosmed lain untuk meng-share link ini, biar nanti memudahkan saya untuk menghubungi pemenang.

Sudah itu saja nggak usah susah-susah, giveaway berlangsung sampai tanggal 4 Juni, pengemumuman sehari setelah atau hari seninnya, semoga nggak lupa ya, hehehe. Semoga beruntung :D
 

43 komentar:

  1. @Nihlafuadah kaka.. aku share pake twitter yah..
    reviewnya keren.. aku belajar dr sini...

    BalasHapus
  2. Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/869094613767700480

    BalasHapus
  3. @haniktsr

    wml. novelnya manis 😘

    BalasHapus
  4. Twitter: @nunaalia

    Wish me luck ;)

    BalasHapus
  5. akun twitter : @melatist
    link share : https://mobile.twitter.com/melatist/status/869457178255667202?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C5401242862

    BalasHapus
  6. @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/869795952067923968

    BalasHapus
  7. Twitter : @irliyn
    G+ : https://plus.google.com/u/0/+IrliYani4695
    Fb : https://www.facebook.com/irli.yanii

    BalasHapus
  8. Twitter : @erlinanurochman
    Link share : https://twitter.com/erlinanurochman/status/870092306811990017

    BalasHapus
  9. Twitter : @Violemine18
    FB : Violee ( https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=1912426499020909&id=100007607323761&refid=7 )

    BalasHapus
  10. Akun instagram: @wida24ja
    Link share: https://www.instagram.com/p/BUyU7WjlQC_/

    BalasHapus
  11. Twitter : @gitiup

    Wish me luck. Arghhhh Alvaro😍 selalu yg namanya Alvaro bikin fall in love😍

    BalasHapus
  12. Twitter : @gitiup

    Wish me luck. Arghhhh Alvaro😍 selalu yg namanya Alvaro bikin fall in love😍

    BalasHapus
  13. Twitter: @NaufalRM
    https://twitter.com/NaufalRM/status/870532191297560576

    Pesan sponsor:
    Mbak Sulis... Menangkan aku dong... Akulah The Real Naufal dari novel IRISH alias yeee ngaku2 ae u cry~

    BalasHapus
  14. @fembi_rekrisna
    https://twitter.com/fembi_rekrisna/status/870538520384765952

    BalasHapus
  15. @jfaanur (Twitter) dan @jfaanur_ (instagram)
    https://twitter.com/jfaanur/status/870993136301953025
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1371254272911616&id=100000811700321
    3 Juni 2017 20.23

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...