Minggu, 02 April 2017

Starry Night by Larasaty Laras | Book Review, Blog Tour + Giveaway

Judul buku: Starry Night
Penulis: Larasaty Laras
Editor: M.L Anindya Larasati
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-02-9809-2
Cetakan pertama, 21 Desember 2016
312 halaman
Buntelan dari @larasatylaras
Dru, the most wanted bachelor tapi jomblo – itu kata teman-teman satu band Dru. Lebih menyukai suasana sepi dan menikmatinya. 

Janina, penyiar cantik yang punya mimpi begitu indah dan suka menyanyi. Lebih menyukai keramaian lalu mengamatinya dalam diam.

Setelah bertemu dua kali secara random dengan Janina – seorang penyiar radio yang wajah dan suaranya menawan hati, Dru yakin dia jatuh cinta pada wanita itu. Jalan Dru untuk memenangkan hati Janina tidaklah mudah: kenangan masa lalu Janina yang terus membayangi, belum lagi bapak Janina yang dingin dan tidak bersahabat. Akankah Dru mampu merebut hati Janina? Mampukah Janina melupakan kenangannya, dan meyakinkan hatinya bahwa dia juga menyukai Dru?
Starry Night adalah salah satu program unggulan di Sky High Radio yang mengudara setiap senin sampai kamis, dengan aturan main jika pesan ingin dibacakan maka si pengirim harus mengirimkan postcard yang unik. Sang penyiar, Janina akan membacakan pesan tersebut dan membaginya kepada pendengar, tidak jarang ada tema tertentu yang dibahas. Selain itu, dia juga akan memutarkan musik indie aliran folk dan tidak jarang ikut bernyanyi.

Ada satu pendengar setia Janina, Kanya, gadis yang mengirim dengan inisial Nyamnyam tersebut mengirimkan postcard yang unik sekali dan langsung menarik perhatian Janina, postcard yang berisi ucapan selamat ulang tahun kepada seseorang yang amat dia sayangi, abangnya, Dru. Janina pun menyanyikan sebuah lagu sebagai tambahan, yang langsung membuat Dru -yang di saat bersamaan bersama Kanya ikut mendengarkan siaran radio- jatuh hati pada suaranya. Gara-gara postcard itu juga, Kanya akan dijadikan bintang tamu untuk merayakan 100 hari Starry Night mengudara dengan bintang tamu band Sunda Kelapa, yang tidak lain tidak bukan Dru adalah vokalisnya. 

Sejak pertemuan tak sengaja dan acara Starry Night, Janina dan Dru menjadi dekat. Dru sering mengantar Janina pulang ke kos atau mampir di studio musik dan coffe shop, Kota Koti miliknya. Selain menjadi seorang vokalis dan gitaris Sunda Kelapa, Dru memiliki studio musik yang menaungi band indie. Kecintaan mereka yang sama terhadap musik membuat keduanya tidak lama untuk saling tertarik. Namun, ada beban sosial yang mengganjal Janina untuk lepas dari masa lalu, untuk melangkah bersama Dru.

***
Ada beberapa alasan yang membuat saya nyaman membaca Starry Night ini, pertama adalah ide tentang acara Starry Night itu sendiri, rasanya kembali bernostalgia dengan mendengarkan radio, sejak lulus kuliah saya sudah tidak pernah lagi bisa menikmati karena sinyal saluran radio favorit saya tidak sampai rumah, hahahaha. Dulu waktu kuliah hidup saya tidak lepas dari mendengarkan musik di radio, selain membaca buku tentunya XD. Rasanya kalau pesan dan permintaan lagu kita diputarkan itu rasanya tak bisa diucapkan, padahal kita download aja bisa dengan mudah, tapi pengalaman yang didapat benar-benar tak tergantikan. 

Kedua tentang penulis yang memasukkan musik indie aliran folk, segar sekali karena bisa dibilang sangat sedikit penulis yang mengangkat aliran musik tersebut atau belum banyak yang tahu, paling hanya disisipkan saja. Saya pun merasa asing kalau saja Boyce Avenue tidak dimasukkan sebagai contohnya atau Payung Teduh, dan beberapa band yang tidak asing di telinga, mungkin saya bakalan bingung karena saya bukan murni pecinta musik indie, dulu paling Efek Rumah Kaca yang disuka tapi sekarang nggak tahu apakah masih ada di label indie, lebih sering mendengarkan cover lagu di youtube :p. Walau tidak detail atau fokus dengan aliran folk-nya, setidaknya memberikan warna pada buku ini.

Saya suka unsur sibling di buku ini, baik Kanya dengan Dru maupun dengan para sepupu-sepupu mereka yang berisik tapi terasa sekali kekeluargaanya, saling membantu dan menyanyangi dengan tulus. Bahkan saya suka pemilihan nama seperti Kota Koti, Sunda Kelapa, fans yang disebut Nyiur, artinya sederhana dan sangat Indonesia. Konflik yang dihadapi Janina pun cukup menarik, tentang status janda yang kerab kali dipandang sebelah mata seolah-olah tidak berhak memiliki hubungan lagi, serta keras dan otoriternya ayah Janina sehingga menjadi salah satu penyulit untuk Dru memilikinya.

Sedikit kekurangan, banyak yang ingin dimasukkan penulis sehingga ada beberapa yang menjadi kurang detail, misalkan saja proses ketika Janina dengan mudahnya menerima perasaan Dru. Atau latar belakang Dru yang sempurna serta para personil bandnya yang tidak terlalu banyak dibahas. Buku ini bisa menjadi awal dari buku lainnya yang bisa ditulis penulis karena cukup banyak tokoh di dalamnya, di mana kebanyakan sangat menarik dan tidak digali lebih dalam, sehingga bisa banget kalau mau dibuat lanjutannya :D. Terakhir, saya lebih menyukai pembatas buku daripada covernya, hehehehe.

Namun, secara keseluruhan buku ini cukup enak untuk dibaca, alurnya juga cepat sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan. Membaca buku ini rasanya kita akan mendengarkan musik aliran folk, sederhana dengan tema yang tidak akan jauh dari keseharian kita, membuang rasa jenuh dan kebosanan dengan instrumen musik seadanya, mungkin hanya dengan gitar akustik, ukulele atau harmonika.

Suka banget sama bannernya :D
Saatnya giveaway!
Langsung saja, seperti biasa ada satu buku Starry Night yang bisa didapatkan secara cuma-cuma bagi pembaca setia Kubikel Romance yang nanti akan dikirimkan penerbit atau penulis, bagi yang berdomisili di Indonesia saja ya :D
Syaratnya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (Klik follow atau sign in pada bagian sidebar yang berjudul The Readers)
2. Follow akun twitter @larasatylaras dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kalian punya, boleh twitter, facebook, instagram, dsb. dengan hastag #StarryNightGA, boleh mention dua akun di atas.
4. Di kolom komentar di bawah tuliskan saja akun kalian (mis. twitter), nanti pemenangnya saya tentukan secara radom.


Sudah itu saja, gampang banget kan? Giveaway sebenarnya berlangsung sampai tanggal 4 April, berhubung saya postingnya agak malam, bolehlah sampai tanggal 5 April, hehehe, santai saja pokoknya. Nanti pengumuman pemenang akan saya posting di sini paling lambat satu dua hari deh, saya usahakan kalau lagi nggak repot. Okey, kalau ada pertanyaan silakan lemparkan di akun twitter saya di atas. Semoga beruntung! :D

56 komentar:

  1. Twitter: @Arthms12


    ------

    Baru baca sinopsisnya aja aku udah setuju sama review kakak. Idenya unik, aku selalu tertarik sama kegiatan penyiaran radio gitu, suka dengerin radio juga setiap minggu pagi (tapi dulu😅) ada cerita tentang musiknya pula! Keren👍 meskipun aku nggak begitu paham sih band indie tuh kayak gimana..
    Kaget juga pas baca Janina janda yah..kukira ini agak remaja-remaja gitu😁 btw, jadi penasaran pembatas bukunya nih, kovernya udah kece banget gimana pembatasnya😂😂
    (Izin, aku komen soal review barengan sama ikutan GA hehehe😀)

    BalasHapus
  2. Twitter: @Rinafiitri

    Aku deg-degan baca rules give away-nya, takut diadain di instagram. Selalu susah kalo udah disuruh repost foto. Tapi untungnya mba Sulis ngadain GA di blog. Aniway aku juka suka sama pembatas, postcard, banner bukunya, pokonya semua yang didesain sama kak Laras deh. Unik2 dan cantik2 semua soalnya.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Twitter/Instagram: @rie_bundaAzka
    Pinterest: sarie rahmawati

    BalasHapus
  5. suka mendengarkan radio sampai skrg.
    apalg di jam2 ktr dr hr senin-jumat
    radio itu ibarat kata teman seperjuangan dlm menemani deadline pekerjaan.
    kalau tdk ada radio, dunia itu sepi dan hening banget.

    utk musik Indie biasanya msh mendengarkan dr aliran rock.
    wuihhh meriah dan keras banget.
    bikin semangat kalau lg beres2 rumah.

    tq u review bukunya..

    twit : cippy_85



    BalasHapus
  6. Twitter: @DiddySyaputra

    Sedikit ingin berkomentar ya kak. Ketertarikanku dengan Starry Night ini sedikit banyak dipengaruhi oleh tema ceritanya yang manis - radio dan musik. Memang sejak dulu aku sangat berminat dengan hal-hal yang berkaitan radio dan musik dan sedikit cukup akrab, entah karena memang punya cita-cita ingin jadi seorang penyiar atau memang karena tertarik dengan dunia musiknya. Sebab selalu saja radio dan musik yang bisa dengan mudah dinikmati. Maklum saja dengan keadaan tempat tinggal yang cukup jauh dari kota, mau gak mau cuma radio yang mudah diakses. Karena itu sangat penasaran dengan tema satu ini dan sangat berharap berkesempatan mencicipi kisahnya. I hope.

    BalasHapus
  7. https://twitter.com/JeruknipisAnget

    BalasHapus
  8. Sejak baca diwattpad cerita starry night emng udh seru bgtt !!! Cerita yang ga mainstream abis , alurnya enak ,gaberat2 buat mikirny hihi .baru pertama kali baca temanya ada musik indie2 gtu ihi2.aku juga suka bgt sm warna covernya sih ya ungu2 menuju malam(?).semoga aja beruntung ya berhubung bulan april(bulan ultah) *pedeabis .wish me luck 😊😁

    Akun twitter : @shanialliam

    Semoga bisa meluk dru,janina,band sunda kelapa dan yang lainnya 😜

    BalasHapus
  9. akun twitter ; @farida271

    BalasHapus
  10. twitter: @nunaalia

    Semoga beruntung. PEngin banget novel ini :D

    BalasHapus
  11. Twitter: @juliakartika326

    BalasHapus
  12. Hay guys
    Nama saya jeslin

    Yuk mampir bentar dan dilihat-lihat disini www.casinoqiuqiu.com
    Deposit dan withdraw hanya RP:25.000
    Bonus rollingan hingga 1% loh

    TERSEDIA 5 GAME DALAM 1 AKUN

    *BACCARAT
    *RAOULETTE
    *SICBO
    *DRAGON TIGER
    *SLOT GAME

    Untuk layanan yang lain Anda bisa menghubungi kami melalui YM, Livechat, dan BBM yang sudah kami sediakan dibawah ini ya.
    Livechat ; https://goo.gl/aLIle3
    *FACEBOOK: kasino qiuqiu
    *BBM: 2BF7247C
    *YAHOO:CASINO QIUQIU
    *CALL: +855963601198

    Buruan gabung all,salam hoki dari jeslin buat kalian semua ya...

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas informasinya, saya senang bisa berkunjung ke halaman website anda.
    hammer of thor
    hammer of thor testimoni
    ciri ciri hammer of thor asli

    BalasHapus
  14. link nya udah gak aktif ia gan @AdeDonat

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...