Sabtu, 18 Maret 2017

Belbuk.com: Cukup Diklik, Buku Tiba di Rumah


Hai halloooo, kali ini saya akan mereview salah satu toko buku online yang ada di Indonesia, Belbuk.com. Ini adalah kali pertama saya membeli buku di Belbuk.com, karena tempat tinggal saya termasuk di pelosok alias jauh dari jangkauan toko buku komersial, maka saya lebih sering membeli buku lewat toko buku online, dan kali ini saya berkesempatan mencoba membeli di toko buku online yang terbilang belum terlalu familier di telinga saya. Jujur saja, saya agak picky kalau masalah membeli secara online karena beberapa kali mengalami hal yang tidak mengenakkan, tapi pencarian saya tidak berhenti begitu saja, melihat metode utama saya dalam membeli buku adalah secara online, maka saya tidak lelah mencari yang benar-benar nyaman.

Belbuk.com adalah situs toko buku online yang berdiri pada tahun 2008, pada mulanya memiliki nama Beli-buku.com. Setahun dalam perjalanannya, Beli-buku.com memiliki respon yang cukup baik sehingga mendorong untuk mengembangkan layanan lebih baik lagi. Pada tanggal 26 November 2009 domain diganti menjadi Belbuk.com, penyingkatan dari Beli-buku.com dan pada tanggal yang sama dianggap lahirnya toko buku online yang bermukim di Jl. Matraman Raya No. 66, Jakarta Timur ini. Tujuan Belbuk.com adalah sebagai tempat masyarakat Indonesia untuk mencari buku apa pun secara online. Belbuk.com berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan sesuai slogan yang mereka usung, "cukup diklik, buku tiba di rumah."

Secara garis besar, tampilan dari toko buku online ini tidak jauh berbeda dengan yang lain, sederhana dan menampilkan apa yang penting. Mulai dari cara pemesanan, konfirmasi transfer, status pesanan, membuat akun sampai bantuan dan cara menghubungi bila kita mengalami kendala, bagian yang cukup penting ketika kita akan membeli buku secara online. Kategori buku juga sudah dipisah sesuai kebutuhan, jadi memudahkan kita dalam pencarian buku. Buku yang ditampilan dalam layar utama memuat Buku Terlaris, Buku Terbaru, Paling Banyak diinginkan, dan Segera Terbit. Atau kalau ingin praktis, langsung ke buku yang diinginkan apakah tersedia atau tidak kita bisa menulis di kolom pencarian.




Pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai pilihan bank yang cukup familier sehingga bisa disesuaikan dan mudah dijangkau. Pun dengan jasa pengiriman, ada dua yaitu lewat JNE dan NEX Logistics, berhubung NEX cukup asing bagi saya, dalam pengalaman pertama ini saya memilihnya, dan mari kita lihat bagaimana pelayanannya nanti.

Tips kalau kalian menyukai buku fiksi seperti saya, saya sarankan untuk langsung menuju kategori Novel & Sastra, setelah itu akan ada pilihan: komik, novel islami, novel remaja, novel roman, sastra & cerpen, dan terakhir novel umum. Kita bisa memilih tampilan sesuai urutan yang disediakan, melalui jumlah ulasan, terlaris atau terbaru. Tips lagi, langsung saja kalian pilih novel umum dari urutan terbaru, maka akan menjangkau semua buku fiksi dari yang paling baru yang ada di Belbuk.com.

Dalam pencarian buku yang saya inginkan, saya menemukan salah satu kekurangan dari Belbuk.com, yaitu katalog buku yang kurang lengkap. Hal ini memang sudah disadari oleh pihak Belbuk.com sendiri, bahwa katalog buku yang tersedia di website memang belum memadai. Namun, seiring waktu mereka terus menjalin kerjasama dengan penerbit dan distributor buku yang ada di Indonesia, mengingat ketersediaan pilihan dan kelengkapan katalog adalah salah satu hal yang Belbuk.com tawarkan kepada pelanggan.

Walau belum lengkap, tapi saya menemukan hampir semua penerbit di Indonesia tersedia di Belbuk.com seperti kelompok grup Kompas Gramedia (GPU, Elexmedia, Grasindo, BIP, KPG), Mizan, Qanita, Noura, Twigora, Haru, GagasMedia, Bukune dan beberapa penerbit indie. Tentu harapannya akan semakin banyak dan berbagai pilihan tersedia, atau bisa juga Belbuk.com bekerjasama dengan penulis atau penerbit dalam event pre order, paket khusus penjualan untuk menarik minat pembaca dan pembeli.

Nah, setelah menjelaskan tentang Belbuk.com saya akan menampilkan cara membeli dan pengalaman saya bertransaksi dengan Belbuk.com.

1. Buat akun di Belbuk.com. Seperti biasa kalau kita membuat akun di toko online yang berisi alamat email, data diri yang mencakup nama, alamat dan nomor telepon. Tulis dengan lengkap dan jelas biar mudah dikirim.
2. Pilih buku yang diinginkan ke dalam troli belanja. Dalam bagian ini tidak hanya berapa harga yang akan kita dapatkan, tapi juga berat buku yang dipesan sehingga kita bisa mengira-ngira berapa nanti ongkos kirimnya. Ongkos kirim bagi saya penting karena tinggal di pelosok dan biasanya mahal, jadi harus dipas-paskan, hahaha.
3. Pilih metode pengiriman. Karena NEX lebih murah dan saya belum pernah mencoba, jadi saya pilih aja *perhitungan* LOL. Iya, ongkos kirim ke alamat saya memang mahal, hiks.
4. Pilih alamat pengiriman. Kalau membeli untuk diri kita sendiri dan sesuai alamat yang pertama tadi ketika membuat akun, langsung pilih yang paling atas. Tapi, kalau mau ngirim ke alamat yang berbeda atau kado untuk orang lain, tulis lagi di bagian bawah.
5. Pilih metode pembayaran. Biasanya di bagian ini kita akan disuguhkan ingin transfer lewat bank apa. Berhubung saya punya saldo di Belbuk.com, jadi cara pembayarannya dengan Saldo Akun.
6. Setelah memilih metode pengiriman dan pembayaran biasanya akan mendapatkan notifikasi di email perihal nomor pesanan beserta nomor rekening dan total jumlah yang harus ditransfer, biasanya tidak boleh lebih dari 2 X 24 jam. Karena saya memakai saldo otomatis dipotong dari sana.
7. Konfirmasi pesanan. Setelah mentrasfer jangan lupa untuk konfirmasi agar pesanan kita segera diproses.  
8. Cek status pesanan. Setelah selesai kita tinggal menunggu paket sampai di rumah, di samping itu kita juga bisa cek status pesanan sudah sampai tahap mana. Saya pesan tanggal 9 Maret 2017 dengan status pembayaran di terima. Esok harinya pada tanggal 10 Maret 2017 pesanan saya sudah dibungkus. Selang seharinya lagi, tanggal 11 Maret 2017 pesanan saya sudah dibungkus! Cepet banget, biasanya kalau beli di toko buku online yang lain yang tidak punya teman kadang memakan waktu lebih dari seminggu bahkan pernah hampir sebulan. Cepet juga ya pelayanannya, mungkin karena pilihan buku saya juga termasuk yang baru-baru :D
Berikut adalah Riwayat Status orderan saya:
Untuk lebih lengkap tentang keterangan status bisa dibaca di bawah ini:
9. Cek Saldo Akun. Saya punya saldo akun sebesar 300k, tapi transaksi saya tidak sampai segitu, terus sisanya kemana, dong? Tenang saja, kalau ada sisa maka uang kita akan tersimpan di Saldo Akun, bisa digunakan untuk transaksi berikutnya. Bisa juga kalau mau diretur dengan mengajukan penarikan dana, tapi karena saldo saya nggak seberapa saya simpan saja untuk pembelian berikutnya, sama saja kayak nabung kok, nabung beli buku :D
10. Buat daftar keinginan. Biasanya saya akan memilih beberapa buku dan meletakkan ke daftar keinginan atau wishlist. Disesuaikan dengan budget kita. Misalkan saja pada pesanan pertama ini, ada tujuh buku yang saya ingin miliki tapi karena budget nggak mencukupi untuk semuanya, saya milih yang paling prioritas terlebih dahulu, akhirnya tinggal tiga buku di bawah ini. Kalau ada rejeki nanti 'dilunasin' deh :D
10 Langkah di atas adalah cara dan gambaran umum kalau kita bertransaksi di toko buku online, khususnya di Belbuk.com. Simple banget kan, sesuai tagline-nya; cukup diklik, buku tiba di rumah. Semoga bisa membantu kalian yang ingin mencoba membeli buku di Belbuk.com seperti saya :D

Setelah beberapa hari orderan saya sampai! Tepatnya hari Jumat, 17 Maret 20017. Kepotong hari minggu, jadi lima hari lah ya waktu pengirimannya. Tips lagi, kalau kalian ingin pengiriman lebih cepat terlebih lokasi kalian di pelosok seperti saya, saya sarankan untuk memilih JNE, NEX masih baru jadi membutuhkan waktu lama. Namun, kalau kalian sabar dan ingin memilih ongkos kirim lebih murah, NEX bisa menjadi pertimbangan.

Berikut adalah penampakan orderan saya :D


Saya suka banget packaging-nya! Khas dan tentu saja aman banget karena pakai kardus. Saya nggak tahu apakah berlaku untuk lebih dari 2 kg atau tanpa minuman pemesanan, tapi saya berharapnya ada yang khas di kemasannya, baik itu kalau kita hanya membeli satu buku atau lebih. Selain buku yang kita pesan, di dalamnya ada stiker dan nota pesanan, bisa dicek apakah sudah benar atau ada yang kurang.

Yak itulah pengalaman saya berbelanja di Belbuk.com, ada kelebihan dan kekurangan yang masih bisa ditoleransi seperti yang sudah saya ulas di atas, tapi secara keseluruhan saya sangat puas, karena prosesnya cepat dan packaging-nya bagus banget! Untuk saran agar lebih baik kedepannya, semoga saja katalog bukunya semakin lengkap, semua penerbit baik major maupun indie tersedia, bahkan kalau perlu tersedia buku import juga. Kemudian banyak pemilihan pembayaran dan jasa pengiriman, jadi bisa disesuaikan dengan kondisi letak geografis kita yang kadang nggak semua jasa pengiriman bisa sampai ke lokasi kita berada. Kemudian kalau bisa diskonnya nanti bisa lebih dari 15%, karena kebanyakan pembeli selalu mengutamakan diskon, hehehe. Sudah, itu saja yang menurut saya penting.

Jadi, Belbuk.com bisa menjadi pilihan kalian untuk membeli buku dengan cara cukup diklik, buku tiba di rumah :D

4 komentar:

  1. Wah jadi pengen pesen sini. Soalnya tobuk online langganan udah mulai lama nyiapin stoknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba dulu aja siapa tahu sreg ๐Ÿ˜€

      Hapus
  2. Saya masih belum bisa move on dari toko buku online langganan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak pa-pa, referensi toko buku online lainnya ๐Ÿ˜€

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...