Senin, 06 Februari 2017

Resensi: Remember Us Karya Idea Fina | Blog Tour, Giveaway

Judul buku: Remember Us
Penulis: Idea Fina
Penyunting: Irna Gayatri D. Ardiansyah, Suci Amanda
Desain cover: Abdul Gafur
Penerbit: Ikon
ISBN: 978-602-74653-3-6
Cetakan pertama, November 2016
482 halaman
Buntelan dari @penerbit_ikon
Seorang mantan drummer yang berprofesi menjadi dokter kembali ke Tanah Air. Ia dikejutkan oleh beberapa hal.
Pertama, kehadiran bocah laki-laki yang entah mengapa begitu mirip dengannya.
Kedua, gadis yang dulu berstatus sebagai pacarnya mengaku tidak mengingat apa pun tentangnya.

Jarang sekali saya menemui cerita mengenai romansa seorang dokter, apalagi dengan keseharian yang tidak terlalu jauh berbeda dengan kehidupan nyata. Dokter pintar itu keharusan, tapi tampan adalah bonus. Novel ini salah satu favorit saya, bahasanya ringan, alur ceritanya nggak tarik-ulur, dijamin tetap membuat pembacanya baper. High recommended buat yang nyari happy ending story– dr. Afrilianti

Cerita yang sangat menguras perasaan dan menyadarkan kita kalau hidup itu butuh perjuangan. Novel ini recommended banget buat kalian yang suka ceritaanti-mainstream-- KarinaWidiaa

Remember Us selalu mengingatkan aku bahwa waktu akan selalu melaksanakan tugas yang diberikan takdir. Cerita ini membuat aku belajar bersabar dan percaya terhadap cinta sejati. The best banget pokoknya. Kak IdeaFina meramu kata dan meracik alurnya dengan baik. I love this story so much –Wijayanthileen
Remember Us bercerita tentang Randi, mantan drummer grup band papan atas tanah air, Orion. Dia kembali setelah delapan tahun mengenyam pendidikan di Oxford University untuk memperoleh gelar dokter anak, berkat kejeniusannya Randi bisa mengambil spesialis di usia yang terbilang masih sangat muda, 29 tahun. Randi pun bekerja di rumah sakit milik ayahnya, dan seketika menjadi dokter idola, selain tampan dia juga piawai dalam pekerjaanya sehingga pamannya yang merupakan direktur rumah sakit menawarinya bekerja, bukan karena status keluarga. 

Hal pertama yang ingin Randi lakukan setelah kembali adalah mencari seseorang yang selama bertahun-tahun menjadi beban pikiran dan hatinya, seorang gadis yang menjadi pacar tiga harinya, seorang penggemar nomor satu ketika Randi masih menjadi anak band, seorang gadis yang sangat mengenal dirinya. Sebelum berangkat ke Inggris Randi sudah mencoba mencari gadis tersebut, bahkan ke kampung halamannya, tapi tetap saja nihil. Sekarang dia ingin mencarinya lagi, karena hidupnya takkan lengkap tanpa orang yang amat dirindukannya. Dan betapa lega ketika salah satu teman band-nya mengatakan kalau pernah melihat gadis pujaan Randi di rumah sakit tempatnya bekerja. Kali ini Randi tidak akan menyerah.

Di sisi lain, seorang wanita muda nan cantik bertubuh mungil, Cherisha baru saja diterima menjadi juru masak di rumah sakit tempat sahabatnya dari SMA bekerja, Tania. Sahabatnya yang bekerja sebagai perawat tersebut ingin Cherisha bisa lebih mapan, terlebih dia adalah seorang ibu tunggal. Hidup Cherisha memang tidak mudah, hamil selepas lulus SMA dan tidak tahu siapa yang menghamilinya, tapi dia sangat bersyukur bisa memiliki Rendi, anak semata wayangnya. Selain Rendi dan Tania yang menjadi penguat, keluarga pamannya juga sangat menyayangi dirinya, mengganggapnya seperti anak sendiri.

Rendifa adalah anak tujuh tahun yang bisa dibilang jenius, memiliki sikap yang dewasa dan sangat pengertian, khususnya kondisi ibunya. Dia tidak pernah menuntut atau menanyakan tentang ayahnya karena hal tersebut bisa membuat Cherisha bersedih. Rendi ingin melindungi ibunya, terlebih dari orang laki-laki yang sangat mirip dengan dirinya, baik dari segi rupa dan kebiasaan, laki-laki yang ingin sekali dekat dengan ibunya.
Cherisha berhenti. Ia merasakan pandangannya buram. Air matanya menggenang. Ia kesal pada dirinya sendiri yang tak bisa mengingat hal yang begitu penting dalam hidupnya. Ia hanya ingin mengingat hal yang terlupakan. Ia berharap dapat mengenang sedikit saja kebahagiaan yang telah dirasakan.
Secara garis besar, Remember Us bisa saja menjadi cerita yang sangat cheesy, sangat sinetronis karena mengambil tema amnesia, ditambah tokoh utama laki-laki yang sempurna, kaya raya bertemu dengan gadis biasa-biasa saja. Memiliki paket lengkap untuk menjual mimpi, tapi di luar ekspekatasi saya, ternyata saya cukup menikmati membaca buku jebolan wattpad ini, saya bisa dengan mudah merasakan emosi para tokohnya dan bisa berkompromi dengan konflik yang cheesy tadi.

Plot-nya disusun sangat rapi, memakai alur maju tapi ada fragmen untuk menceritakan masa lalu, bahasa sehari-hari yang digunakan juga enak dan pas sehingga mudah untuk dinikmati. Dan yang paling utama, yang membuat buku ini tidak bosan untuk dibaca bahkan saya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya adalah karakter para tokohnya. Idea Fina bisa dibilang cukup sukses menggambarkan para karakter di buku ini, pun dengan pemeran pembantu yang tahu posisinya, bahwa kehadirannya tidak akan sia-sia.

Saya suka Randi, dia bisa saja memiliki segalanya kecuali tentang perasaanya. Ketika berhadapan dengan Cherisha dia sangat bersabar, dia tidak memaksa, tapi lebih memilih pendekatan yang lain, yaitu lewat Rendi. Saya suka waktu Randi cemburu dan menghalalkan segala cara agar perjodohan Cherisha gagal, perasaanya tergambarkan dengan jelas. Cherisha berperan sangat baik, dia bingung dengan perasaanya, ada sesuatu yang hilang dan membuatnya sedih tapi tidak tahu tentang apa, terasa kosong dan mengganjal. Saya suka perkembangan hubungan Randi dan Cherisha, tidak terburu-buru dan berkesan terlebih dengan kehadiran Rendi yang mendukung dan sangat dewasa.

Rendi menjadi tokoh favorit saya di buku ini, kedewasaan bercampur dengan kepolosan seorang anak kecil. Suka bagaimana dia menyayangi dan perhatian terhadap ibunya, suka ketika dia bisa menilai orang-orang yang baru dikenalnya tanpa menghilangkan jiwa anak kecil. Misalkan saja ketika dia di taman bertemu dengan ibu Randi, awalnya dia menjaga jarak tapi begitu menyadari kalau orang asing yang dihadapinya tidak bahaya, dia bisa melebur dan menjadi dekat. Yang paling saya suka adalah ketika penulis menggambarkan gerak gerik Rendi yang serupa dengan Randi tanpa mereka berdua sadari, misalkan saja ekspresi mata, memiliki nafsu makan yang amat besar dan kecintaan pada musik pada pandangan pertama.

Untuk buku romance, Remember Us terbilang memiliki halaman yang cukup banyak, tapi penulis menyisipkan sub konflik yang memiliki benang merah demgan konflik utama. Misalkan saja hubungan ayah Randi dengan adiknya yang pernah dia usir, tante favorit Randi. Serta keluarga paman Cherisha, salah satu sepupunya yang tidak menyukai Cherisha dan selalu terlihat cemburu. Saya suka bagaimana penulis menghubungkan semua hal tersebut tanpa terkesan dipaksakan, membuat kehadiran para pemeran pembantu ini sangat berkesan, bahkan saya sempat terbawa emosi yang mengharukan dengan salah satu kejutan di buku ini. Pun dengan anggota band Orion lainnya, bagian mereka berkumpul sangat menyenangkan, rasanya ingin setiap personil ada ceritanya sendiri :D.

Remember Us memang cerita yang cheesy, layaknya kandungan micin yang tidak baik bagi tubuh tapi tetap saja dicari-cari, buku ini memberikan efek yang sama. Walau ceritanya sangat receh, niscaya akan membuat ketagihan. Recommended bagi kalian pecinta micin kayak saya, XD.

3.5 sayap untuk Randi, eh Rendi yang menggemaskan :p


Saatnya giveaway!
Ada satu buku Remember Us gratis yang akan diberikan penerbit langsung pada satu pembaca Kubikel Romance yang setia dan berdomisili di Indonesia.
Syaratnya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (klik aja di bagian sidebar yang bertuliskan 'ikuti')
2. Follow akun twitter @penerbit_ikon, @ideaFina dan @peri_hutan
3. Like fanpage Penerbit Ikon dan instagram @penerbitikon
4. Share link postingan ini di sosial media yang kalian miliki, salah satu aja dengan hastag #RememberUs, boleh mention ketiga akun di atas
5. Tulis akun twitter kalian di kolom komentar di bawah

Sudah itu aja, nggak usah banyak syarat, nanti pemenangnya saya tentukan secara random :D. Giveaway berlangsung sampai tanggal 10 Februari 2016, pengumuman pemenang di postingan ini dan segera setelah batas akhir yang ditentukan. Semoga beruntung ya :D


*UPDATE*

Hai halooo, maaf ya baru sekarang ngumumin pemenangnya, baru sempat ngeblog hari ini, hehehe. Okey, langsung saja ya, pemenang saya pilih secara random dan yang beruntung adalah...

@alfari_12

Nanti akan saya hubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiah dari penerbitnya langsung. Buat yang belum beruntung, tetap semangat, pantengin terus Kubikel Romance siapa tahu giliran kalian yang akan menang :D

54 komentar:

  1. nama twitter : @ervanedge
    sukses slalu blognya :)

    BalasHapus
  2. bismillah...

    Akun twitter: @RINITAVYY

    BalasHapus
  3. rly want this novel so bad, pls.

    @dayahmols

    BalasHapus
  4. Novi Andriyani7 Februari 2017 15.27

    Bismillah @kysmpnvii

    BalasHapus
  5. Bismillah, semoga aku menang, pengen banget bacaaa

    @RaaChoco

    BalasHapus
  6. @AenunNasyifaZA Bismillahirrahmanirrahim

    BalasHapus
  7. Bismillahirrohmaanirrohim....semoga jadi rejeki :D

    @nunaalia

    BalasHapus
  8. Bismillah, Wish Me Luck;)

    @imratnasr

    BalasHapus
  9. Bety Kusumawardhani8 Februari 2017 21.40

    @bety_19930114

    BalasHapus
  10. @WoMomFey

    Semoga Dewi Fortuna sedang tersenyum padaku ;)

    BalasHapus
  11. Semoga harapan berbuah kemenangan
    @p_ambangsari

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...