Jumat, 06 Januari 2017

Top 6 Most Favorite New Authors 2016

Salah satu kategori paling saya suka dalam Book Kaleidoscope yang saya buat ini, yaitu Most Favorite New Authors. Penulis yang masuk dalam kategori ini bukan yang baru pertama kali mengeluarkan debut, tetapi lebih ke pendatang baru di daftar bacaan saya, entah itu buku pertama atau buku kesekian penulis, yang jelas saya baru mencicipinya pertama kali dan langsung terpesona. Namun saya selalu berusaha memilih dari para penulis debut dalam negeri, karena lewat merekalah dunia penulisan di tanah air tercinta ini bisa berkembang. Saya tandai kalian semua untuk buku-buku selanjutnya! Hahahahaha.

Bagi saya, kesan pertama itu sangat penting, menentukan apakah saya akan mengikuti karya penulis yang lain atau cukup sekali merasakan, walau kadang saya tetap memberi kesempatan untuk membaca karya lainnya yang siapa tahu lebih bagus, biasanya ini berlaku secara teknis dia mumpuni hanya eksekusinya saja yang tidak membuat saya puas. Saya sangat peduli pada penulis debut, karena ketika menemukan karya mereka pada saat pertama kali menerbitkan buku langsung mempesona dan membuat terkagum-kagum, itu tidak mudah. Kadang saya juga memiliki feeling bahwa mereka akan memiliki masa depan yang cerah dalam dunia menulis alias karyanya tidak mengecewakan, khususnya bagi saya pribadi #tsah. 

Sebut saja Farida Susanty, Windry Ramadhina dan Ika Natassa yang 'saya temukan tidak sengaja', saya mengikuti dan menyukai karya mereka sejak buku pertama, tanpa rekomendasi siapa pun, hanya bermodal intuisi dan 'baca aja dulu lihat selanjutnya'. Setelah puas dengan kesan pertama, saya selalu menunggu-nunggu kapan buku berikutnya terbit dan ketika membaca jarang sekali mengecewakan. Berharap mereka akan terus produktif menulis, ikhlas membuat saya bokek, hahaha.

Berikut adalah Top 6 Most Favorite New Authors 2016 yang sukses membuat saya terpesona akan bacaan pertama dari tangan mereka. Ada beberapa merupakan penulis debut, ada yang sudah pernah menerbitkan buku bahkan bisa dibilang cukup senior tapi saya baru membaca karyanya tahun lalu.


6. Adara Kirana


Usianya terbilang masih sangat muda, penulis kelahiran tahun 2001 ini selain menjadi seorang reviewer yang aktif dia juga telah menerbitkan buku yang menurut saya tidak mengecewakan. The Number You Are Trying to Reach is Not Reachable cukup berkesan bagi saya, bercerita tentang cewek jenius yang harus belajar bersosialisasi dan menerima perubahan, salah satu buku coming  of age dalam negeri yang sangat recommended. Adara Kirana memberikan angin segar pada bacaan seusianya, yang ringan dan berkesan, tidak melulu tentang percintaan, tetapi lebih ke pencarian jati diri, pertemanan, nilai-nilai yang bisa kita dapat ketika berada di lingkungan sekolah atau bersosialisasi dengan orang lain.

5. Aqessa Aninda


Menulis cerita yang berhubungan dengan dunia kerjanya sendiri membuat karya debut Aqessa Aninda cukup realistis dan menarik untuk diikuti, tentang dunia IT yang tidak mudah bagi para cewek, tetapi di tangannya sangat begitu menarik. Dia juga piawai menciptakan dialog yang tidak membosankan, terlebih memberikan nyawa yang kuat pada karakter setiap tokoh sehingga sangat berkesan. Dia bisa bertransformasi menjadi kaum adam, memahami dunia mereka sehingga buku Secangkir Kopi dan Pencakar Langit penuh humor khas para cowok. Buku debutnya juga menjadi salah satu rekomendasi cerita bertema kisah cinta segitiga, di mana pembaca akan dihadapkan pada pilihan yang sulit untuk memihak siapa favorit mereka karena penulis sangat adil pada dua karakter cowok utama di bukunya.

4. Fakhrisina Amalia


Persona bisa dibilang karya ke-13 penulis, tapi bagi saya adalah karya pertama Fakhrisina Amalia yang saya baca dan langsung membuat ketagihan. Tema berat berhasil dia suguhkan secara apik dan mengejutkan, plot twistnya benar-benar tak tertebak, ditulis dengan mulus sekali. Penulis berhasil membodohi saya, hahahaha. Saya penasaran pada karyanya semenjak membaca review Happiness -salah satu seri YARN, yang banyak mendapat respon positif, baru di buku Persona saya mencicipi kehebatannya. Fakhrisina Amalia adalah salah satu penulis berbakat, saya berharap dia akan terus produktif menulis.

3. Dya Ragil



Saya sama sekali tidak berekspektasi apa pun ketika membaca karya debut penulis, Sebelas, bahkan kalau tidak mendapatkan buku tersebut dari hasil swap di IRF 2015 saya mungkin tidak akan pernah mencicipi tulisan Dya Ragil. Tema ceritanya sangat remaja sekali, bahkan terlihat manly karena bercerita tentang sepak bola. Namun, dengan mengejutkan saya langsung menyukai ketika membaca lembar demi lembar tulisannya, sangat sangat menyukainya. Membuat cerita yang awalnya bukan ranah kesukaan saya menjadi terasa begitu menarik, terlebih saya sangat menyukai gaya berceritanya, dialog yang dia ciptakan banyak yang berkesan. Saya juga sudah membaca buku keduanya, Starlight, seperti dugaan saya, tidak mengecewakan. Saya tandai kamu untuk buku-buku berikutnya! XD

2. Annisa Ihsani



Saya sudah mendengar gaung Annisa Ihsani sejak karya debutnya, Teka-Teki Terakhir, apa daya belum kesampaian membaca. Baru di buku kedua lah, A Untuk Amanda saya membuktikan kehebatannya bercerita, digadang-gadang sebagai John Green versi kearifan lokal, LOL. Saya rasa sebutan tersebut tidak terlalu berlebihan karena dia memang memiliki kualitas menulis yang tidak bisa dipandang sebelah mata terlebih pasarannya adalah untuk remaja. Jadi, kalau kalian ingin membaca buku remaja yang cukup berat dan serius tapi disajikan secara ringan dan asik, Annisa Ihsani bisa menjadi pilihan.

1. Yusi Avianto Pareanom


Sepak terjangnya di dunia jurnalistik tidak perlu diragukan lagi, terlebih kemampuannya menulis. Yusi Avianto Pareanom adalah penulis kedua setelah Leila S. Chudori yang berhasil menggiring saya keluar dari zona nyaman, bahkan sastra yang biasa dipandang sebagai bacaan 'berat' bisa dinikmati secara ringan dan asik. Terbukti saya sangat menikmati Raden Mandasia, bahkan saya ingin membaca karyanya yang lain, menanti-nantikan buku terbarunya.

Yak, itulah ke-6 penulis pendatang baru alias Top 6 Most Favorite New Authors di daftar bacaan saya yang sangat berkesan di tahun 2016 dan akan saya nanti-nantikan karya selanjutnya, pokoknya mereka semua sudah saya tandai! Hahahaha. Penilaian ini sangat subjektif ya, jadi disesuaikan dengan selera bacaan saya.

Kalau kalian sendiri adakah penulis yang karyanya baru pertama kali baca dan langsung menyukainya? Boleh berbagi pengalaman kalian di kolom komentar di bawah, siapa tahu saya dan yang lainnya ikut tergerak untuk membaca juga :D

12 komentar:

  1. Aku cuma kenal Aqessa Aninda, itu pun di wattpad

    BalasHapus
  2. Samaan di Om Yusi Avianto Pareanom aja nih, yang lain belum baca :D berkat Raden Mandasia jadi pengin baca karya Om Yusi yang lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, aku juga mau nyari yang kumcer itu dan nunggu banget buku terbarunya :D

      Hapus
  3. cuma baru kenal kak annisa ihsani.. jadi penasaran sama yang lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, ayo kenalan, mungkin Raden Mandasia cocok buat Hani yg suka fantasi :D

      Hapus
  4. Belum ada yang aku kenal nih Kak Sulis. Duduuuu.. Efek lama gak update di dunia perbukuan nih. Tapi tertarik juga nih cari karya-karya yang Kakak sebutin di atas. Keknya bakal suka. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, Intan jarang muncul ya sekarang. Semoga tahun ini bisa produktif lagi ya, coba aja dengan penulis di atas siapa tahu jodoh 😁

      Hapus
  5. tahun ini lagi gak banyak baca buku, cuma baca resensi2 saja, mau digalakan lagi tahun ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mbak! Dimulai dari genre yang disuka dulu aja untuk pemompa semangat 😁

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...