Senin, 31 Oktober 2016

Resensi: A Place You Belong Karya Nicco Machi | Blog Tour + Giveaway

Judul buku: A Place You Belong
Penulis: Nicco Machi
Penyunting naskah: Deasy Serviana
Perancang sampul: eSLC Project
Penerbit: Jendela O' Publishing House
Cetakan pertama, 2016
141 halaman
Buntelan dari @JOPHouse
Pustakawan itu pekerjaan mulia, kan?
Penjaga ilmu pengetahuan, pengelola jendela dunia. Garda terdepan untuk meningkatkan minat baca anak bangsa.

Tak ada yang salah dengan menjadi pustakawan. Kurang bergengsi? Penghasilan tak seberapa? Hidup bukan hanya tentang status dan uang!

Tapi....

Kehidupan pascawisuda tidak semulus teori ideal di bangku kuliah. Ada kebutuhan hidup di balik deretan buku-buku. Ada tuntutan pertemanan dalam lingkaran sosial sesama pustakawan. Dan ada ujian untuk memilih antara integritas profesi atau menyelamatkan orang yang disayangi.

Ketika berpegangan pada tali idealisme terasa semakin sulit, haruskah Helia melepasnya dan membiarkan diri terjatuh ke dalam jurang realitas?

Selasa, 25 Oktober 2016

Resensi: Corat-Coret di Toilet Karya Eka Kurniawan

Judul buku: Corat-Coret di Toilet
Penulis: Eka Kurniawan
Desain sampul: Eka Kurniawan
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-0386-4
Cetakan pertama, April 2014
132 halaman
Baca di Ijakarta
"Aku tak percaya bapak-bapak anggota dewan, aku lebih percaya kepada dinding toilet."

"Nada komedi-satirnya cukup kuat dalam Corat-coret di Toilet. Cerdas juga usahanya mengangkat hal kecil yang remeh temeh menjadi problem kemanusiaan."
- Maman S. MahayanaMedia Indonesia

"I decide to translate Corat-coret di Toilet not only because it is one of Eka's best-known short stories, but because it is very blackly funny. It catches perfectly the atmosphere of student life in Indonesia at the start of the new century, as the brief promise of Reformasi was being extinguished by gangsterism, cynicism, greed, corruption, stupidity, and mediocrity. It also mirrors beautifully the bizarre lingo shared by ex-radicals,  sexual opportunists, young inheritors of the debased culter of the New-Order era, and anarchists avan la lettre. Finnaly, it shows Eka's gift for starling imagery, sharp and unex-pected changes of tone, and his 'extra-dry' sympathy for the fellow-members of his late-Suharto generation."
- Benedict R. O'G. AndersonIndonesia

Senin, 24 Oktober 2016

Siwa: Kesatria Wangsa Surya by Amish Tripathi | Book Review, Blog Tour, Giveaway

Judul buku: Siwa (Shiva Trilogy #1)
Penulis: Amish Tripathi
Penerjemah: Desak Nyoman Pusparini
Penyunting: Shalahuddin Gh
Penggambar sampul: Umam Bucah
Penerbit: Javanica
ISBN: 978-602-6799-15-9
Cetakan pertama, Oktober 2016
Buntelan dari Penerbit Javanica
Kisah ini terjadi ribuan tahun silam di Lembah Sungai Indus. Orang-orang di kurun itu menyebutnya Meluha. Penduduknya berumur sangat panjang berkat ramuan misterius bernama Somras, yang dicipta dari pohon Sanjiwani dan tirta suci Saraswati. Negeri yang dihuni Wangsa Surya ini menghadapi ancaman hebat ketika sungai utama mereka mengering perlahan-lahan. Mereka pun dirundung serangan para pengacau dari timur: negeri Wangsa Chandra. Keadaan bertambah gawat ketika Wangsa Chandra tampaknya bersekutu dengan kaum Naga, bangsa yang sangat lihai berperang.

Ketika kejahatan merajalela, rakyat Meluha berharap pada sebuah ramalan kuno tentang seorang kesatria yang bakal tiba dan membebaskan mereka dari malapetaka. Dalam keputusasaan, muncul seorang pengungsi liar dari Gunung Kailasha, Tibet. Siwa namanya. Ciri-cirinya persis seperti ramalan. Apakah ia memang kesatria pembebas yang diramalkan? Dan apakah ia berhasrat menjadi juru selamat yang diharapkan? Terseret oleh arus takdirnya, oleh dharma, oleh cinta kepada kekasihnya, Siwa memimpin Wangsa Surya menerjang badai prahara.

Didasarkan pada wiracarita dan sejarah kuno, novel langka ini mengungkap kisah tersembunyi tentang kehidupan Siwa sang Mahadewa.

Selasa, 18 Oktober 2016

Tanya Redaksi Tentang You Are My Moon [+ Giveaway]


Hai halooo, jumpa lagi di postingan ask author, tapi kali ini masih tanya sama redaksi, hehehe. Saya berkesempatan tanya-tanya sedikit dengan redaksi Haru soal buku terbarunya yang merupakan terjemahan dari Thailand, You Are My Moon. Pertanyaan saya nggak banyak, sama seperti sebelumnya waktu tanya redaksi Spring, tapi kalian bisa menyimak wawancara blogger lain yang linknya ada di banner dan ikutan giveaway juga di sana untuk memperbesar kemungkinan menang, hehehe. Oh ya sebelum ikutan baca dulu resensi You Are My Moon agar kalian tahu ceritanya tentang apa dan tambah mupeng! Resensi bisa dibaca di postingan sebelum ini atau klik saja link ini.

Tanpa banyak kata, berikut isi tanya redaksi singkat saya dengan Penerbit Haru:

Resensi: You Are My Moon Karya Rompaeng

Judul buku: You Are My Moon
Penulis: Rompaeng
Penerjemah: Suchada Ung-Amporn, Wisnu Wardhana
Penyunting: K.P Januwarsi
Design cover: Dedy Andrianto
Penerbit: Haru
ISBN: 978-602-7742-81-9
Cetakan pertama, September 2016
296 halaman
Buntelan dari @penerbitharu
Darika

Seorang gadis anak pengurus kuil sederhana. Hidupnya tiba-tiba berubah 180 derajat ketika seorang bangsawan kaya memintanya untuk bekerja sebagai bodyguard-nya. Tugas gadis itu adalah untuk melindungi sang bangsawan dari istri centil sahabatnya.


Juntharapanu

Seorang bangsawan tampan yang masih lajang. Dia mempekerjakan gadis sederhana yang blakblakan dan cerdas itu sebagai sekretaris pribadi sekaligus bodyguard-nya. Tapi, kenapa jantung Juntharapanu selalu berdetak lebih kencang ketika berdekatan dengan gadis itu?

Rabu, 12 Oktober 2016

Wishful Wednesday #52: Novemberian Edition


Hai halooo, hari rabu saatnya posting Wishful Wednesday, sudah lama juga nggak ikutan meme yang digagas sama mbak Astrid dari Perpus Kecil, hehehe. Menginggat bulan besok adalah bulan November, kami para member BBI yang lahir pada bulan tersebut setiap tahunnya punya ritual tukar kado yang sistemnya mirip Secret Santa, jadi nanti kita hanya disuruh ngasih clue dan sang penerima kado menebak siapa pengirimnya. Dan tentu saja hadiahnya buku, itu pun harus ngasih beberapa wishlist yang nanti juga nggak tahu buku mana yang akan dikasih, pokoknya bakalan menjadi kejutan yang menyenangkan deh.

Sebenernya beneran mau puasa beli buku melihat akhir-akhir ini pengeluaran dan timbunan semakin banyak, tapi mau bagaimana lagi buku baru juga nggak berhenti menerjang, ada saja buku yang ingin dimiliki dan wishlist yang belum terpenuhi juga masih banyak banget, hahaha. Berikut adalah buku yang saya inginkan, benar-benar saya pilihkan dari rak 'harus punya' karena emang wishlist banget dan pengen banget segera dibaca.

Selasa, 11 Oktober 2016

Resensi: The Girl On Paper Karya Guillaume Musso

Judul buku: The Girl On Paper
Penulis: Guillaume Musso
Penerjemah: Yudith Listiandri
Penyunting: Selsa Chintya
Design cover: Chyntia Yanetha
Penerbit: Spring
ISBN: 978-602-74322-4-6
Cetakan pertama, September 2016
448 halaman
Buntelan dari @penerbitspring
Gadis itu terjatuh dari dalam buku.

Hanya beberapa bulan yang lalu, Tom Boyd adalah seorang penulis miliarder yang tinggal di Los Angeles dan jatuh cinta pada seorang pianis ternama bernama Aurore. Namun, setelah putusnya hubungan mereka yang terekspos secara publik, Tom menutup dirinya, menderita writer's block parah, dan tenggelam dalam alkohol dan obat terlarang.

Suatu malam, seorang gadis asing yang cantik muncul di teras rumah Tom. Dia mengaku sebagai Billie, karakter dalam novelnya, yang terjatuh ke dunia nyata karena kesalahan cetak dalam buku terakhir Tom.

Meskipun cerita itu gila, Tom harus percaya bahwa gadis itu benar-benar Billie. Akhirnya mereka membuat perjanjian. Jika Tom mau menulis novel agar Billie bisa kembali ke dunianya, Billie akan membantu Tom untuk mendapatkan Aurore kembali.

Tidak ada ruginya, kan? Iya, kan?

Senin, 10 Oktober 2016

Tanya Redaksi Tentang The Girl On Paper [+ Giveaway]


Hai halooo, jumpa lagi di postingan wawancara atau tanya jawab, biasanya kan dengan penulis, kali ini dengan orang di balik layar terbitnya sebuah buku, sama redaksi yang mengerjakan buku tersebut. Tanya jawab-nya nggak akan panjang karena hanya ada tiga pertanyaan, sebenarnya pertanyaan saya ada lima, mungkin ada kesamaan di blog lain jadi nanti kalian bisa menyimak juga di sana. Saya cukup bersemangat soal tanya jawab ini karena jarang banget bisa bertanya-tanya pada orang di balik layar terbitnya sebuah buku, dan saya ingin memanfaatkannya sebaik mungkin, yah, melihat saya orangnya termasuk 'kepo' banget. Terlebih kalau buku tersebut adalah terjemahan, pengen mengulik luar dalam.

Buku yang akan saya bahas singkat di sini adalah The Girl On Paper, buku terbaru terbitan Spring yang diterjemahkan dari negara Perancis. Saya sangat penasaran karena bisa dibilang jarang ada buku Perancis yang saya baca, terlebih genrenya bukan klasik, lebih ke YA atau kontemporer dan sedikit berbau fantasy. Untuk reviewnya akan tayang setelah postingan ini (agak malam, hehehe), jadi kalau mau tahu lebih banyak pantengin terus ya :D. Berikut adalah isi wawancara singkat saya dengan Penerbit Spring.

Selasa, 04 Oktober 2016

Just One Smile Is Very Alluring | TV Adaptation Review


Just One Smile Is Very Alluring | Love O2O
Rilis: 22 Agustus- 6 September 2016
Sutradara: Lin Yufen
Penulis naskah: Gu Man, Shen Feixuan, Wen Ting, Ou Yang
Produksi: Shanghai Croton Culture
Pemain: Yang Yang, Zheng Shuang, Mao Xiaotong, Bai Yu, Ma Chunrui, Zhang He, Niu Junfeng, Cui Hang, Zheng Yecheng, Zhang Binbin
Episode: 30

Based on Gu Man book, Just One Smile Is Very Alluring.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...