Rabu, 07 Desember 2016

Haru Grup Award 2016


Hello good readers!
Dalam rangka menyambut ulang tahun Penerbit Haru yang ke-6, bersama Penerbit Spring dan Penerbit Inari akan mengadakan Haru Grup Award 2016. Haru Award adalah sebuah ajang untuk mengapresiasi pihak yang pernah terlibat dalam kerja sama dengan Penerbit Haru. Penghargaan ini akan diberikan kepada para penulis (baik dalam maupun luar negeri), buku, desainer, pembaca/ reviewer dan bookstagramer. Acara ini adalah kali kedua Penerbit Haru mengadakan penghargaan, berbeda dengan tahun lalu di mana hanya Penerbit Haru saja yang menjadi kategori, tahun ini yang pernah bekerja sama dengan Penerbit Spring dan Inari juga dihitung. Tahun lalu saya kelupaan mau ikutan, tidak dengan tahun ini, saya ingin berpartisipasi.

Akan ada enam kategori dalam Haru Grup Award 2016, antara lain: Kategori Penulis dan Komikus Terfavorit (dibagi menjadi dua: Penulis Indonesia Terfavorit dan Penulis & Komikus Luar Negeri Terfavorit), Buku Terfavorit, Kover Buku Terfavorit, Reviewer Terfavorit, Bookstagramer Terfavorit. Penentuan pemenang setiap kategori ditentukan oleh pembaca lewat voting yang ada di Goodreads Penerbit Haru. Lalu untuk pembaca dan followers setia Haru Grup akan ada event spesial yang sudah disiapkan, Pembaca TerHaru. Jadi selalu pantengin akun sosial media Haru Grup karena siapa tahu bakalan banyak hadiah menarik menanti!

Bagi yang mau berpartisipasi, berikut adalah jadwal pelaksanaan Haru Grup Award 2016:
1. Kategori Penulis & Komikus Terfavorit, Buku Terfavorit, dan Kover Buku Terfavorit. 
Babak Penyisihan: 10 – 20 Desember 2016 
Pada tahap ini, semua penulis Haru, Spring, dan Inari yang bukunya terbit pada tahun 2016 akan masuk ke dalam seleksi. Sedangkan untuk kover yang akan dimasukkan HANYA kover yang didesain oleh warga negara Indonesia saja. 
Babak Semifinal: 24 – 31 Desember 2016 
Dari tahap penyisihan, akan dipilih 5 (lima) nominator dengan hasil voting tertinggi untuk masuk ke seleksi ini. 
Babak Final: 5 – 16 Januari 2017 
Dari tahap penyisihan, akan dilipih 3 (tiga) nominator dengan hasil voting tertinggi untuk masuk ke seleksi ini. Tentukan pemenang Haru Awards melalui babak final ini. Hanya ada satu pemenang untuk setiap kategori.

2. Kategori Reviewer dan Bookstagramer Terfavorit. 
Pendaftaran: 1 – 15 Desember 2016 
Khusus kategori ini, kalian harus mendaftarkan diri kalian sendiri untuk bisa masuk sebagai nominator. 
Tahap Penyisihan: 18 – 20 Desember 2016 
Pada tahap ini, semua reviewer dan bookstagramer yang memenuhi persyaratan pendaftaran akan masuk ke dalam seleksi. 
Tahap Semifinal: 24 – 31 Desember 2016 
Akan dipilih 5 (lima) nama yang berhak masuk ke tahap votingVoting akan dilakukan oleh pembaca melalui Goodreads. Apabila ada jumlah ‘vote’ yang sama, maka akan dipilih berdasarkan data jumlah buku Haru yang pernah di-review
Final Round: 5 – 16 Januari 2017 
Akan dipilih 3 (tiga) nama dengan jumlah voting tertinggi untuk maju ke babak final. Dalam babak ini akan dipilih satu pemenang berdasarkan voting tertinggi.

Seluruh pemenang dari masing-masing kategori akan diumumkan saat ulang tahun Penerbit Haru, yaitu pada tanggal 18 Januari 2017.

Ajang Haru Grup Awards ini akan diadakan di Goodreads Penerbit Haru Grup. Kamu dapat bergabung dengan grup ini melalui link berikut https://www.goodreads.com/group/show/176047-penerbit-haru-grup.
Ada dua kategori yang bisa saya ikuti yaitu Reviewer dan Bookstagramer. Berhubung saya sadar diri kalau akun bookstagram saya masih kalah jauh dari yang lain, saya berpartisipasi di kategori Reviewer, salah satu passion saya di dunia literasi. Jadi semoga saja nanti lolos dalam seleksi dan banyak yang memilih saya, hihihi.

Bisa dibilang Haru Grup adalah salah satu penerbit paling favorit sekarang ini, sasaran pembaca mereka jelas, yaitu anak muda. Tidak hanya buku pilihan yang diterbitkan (mereka punya first reader untuk menjajal apakah sebuah buku bisa dipasarkan), pun secara teknis, baik itu editan, terjemahan sampai kover sangat diperhitungkan. Selain kelebihan tersebut, satu hal yang paling saya suka dan sangat terlihat sejak Haru Grup berdiri, yaitu cara berpromosi. Tidak hanya mengoptimalkan semua sosial media yang dimiliki, tetapi membangun relasi dengan para pembacanya, entah mengadakan giveaway, tantangan membaca atau foto, event offline, dsb, sehingga keberadaan kami para pembaca terasa dibutuhkan, penerbit bisa dekat dengan para pembacanya, bahwa sebuah buku tidak akan ada artinya tanpa pembaca.

Selain itu tidak jarang Haru Grup menggandeng book blogger dan bookstagramer untuk mempromosikan buku terbaru mereka. Bahkan mereka menawarkan format ARC kepada blogger terpilih sebagai reviewer pertama di mana hampir tidak pernah penerbit lain lakukan. Haru Grup juga menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu menerbitkan buku dari berbagai negara dan rasa. Kalau Haru dengan buku-buku Asia di mana jarang juga dilirik penerbit lain, tidak hanya Jepang dan Korea yang cukup familier, tapi ada yang dari Thailand, Filipina, Malaysia, Mandarin atau dari Tiongkok dan Taiwan. Spring dengan buku-buku dari Eropa, Amerika dan Australia. Sedangkan Inari menyajikan produk dalam negeri dengan genre yang tidak biasa. Kesegaran dalam rasa dan cara jitu dalam berpromosi inilah yang membuat Haru Grup dengan mudah mengambil hati pembaca, padahal umurnya baru seumur jagung. Jadi, jangan heran kalau buku Haru Grup bersliweran di mana-mana dan banyak yang terkena Haru Syndrome.

Baca juga: Haru Syndrome's Waiting Room

Walau saya sudah terkena Haru Syndrome, bukan berarti saya sudah membaca semua terbitan Haru Grup, pengennya sih iya tapi apa daya waktu dan isi kantong kadang tak sejalan dengan keinginan. Berikut adalah buku-buku terbitan Haru Grup yang sudah saya baca dan review. Ada beberapa yang masih dalam tahap sedang dan akan dibaca, tapi saya usahakan bulan ini akan selesai semua guna menambah jumlah buku Haru Grup karena menjadi salah satu poin penentu kemenangan kalau jumlah voting seimbang. Kalau kalian ingin membaca reviewnya, silakan klik saja judul bukunya.

Penerbit Haru

  1. You Are My Moon
  2. The Chronicles of Audy: 02
  3. The Chronicles of Audy: 4/4
  4. Welcome To 305
  5. Double Spin Round
  6. Cafe Waiting Love
  7. The Stolen Years
  8. Cat and Dog #1
  9. When The Star Falls
  10. Operation: Break The Casanova's Heart
  11. The Chronicles of Audy: 21
  12. Paper Romance
  13. After D-100
  14. Bonus Track
  15. Cheeky Romance
  16. Moon In The Spring
  17. Girl In The Dark
  18. Oppa & I: Love Signs
  19. Always With Me
  20. Good Memories
  21. The Chronicles of Audy: 4R
  22. Explicit Love Story
  23. So, I Married The Anti-fan
  24. Seoulmate Is You
  25. Her Sunny Side
  26. Khokkiri
  27. Seoulmate
  28. Oppa & I

Penerbit Spring

  1. The Girl On Paper
  2. Cress
  3. Scarlet
  4. Attachments
  5. Cinder
  6. P.S I Still Love You
  7. To All The Boys I've Love Before

Penerbit Inari

  1. Purple Eyes
  2. Sayap-Sayap Kecil

Akan dibaca atau direview:
Holy Mother
HJ Story
Cat & Dog #2
Landline
Fangirl
The Last 2%
Alone In Other Land

Woah, total ada 37 buku Haru Grup yang sudah saya baca dan review, nggak nyangka banyak juga padahal masih banyak buku Haru Grup yang belum saya baca. Semoga saja buku-buku Haru Grup yang ada ditimbunan selesai juga di bulan ini, siapa tahu bisa menambah poin kemenangan :D. Oh ya, review-review buku Haru Grup juga sering berada di pencarian Kubikel Romance loh, berikut buku-buku yang pageviews-nya tinggi.

Karena hanya satu review yang diajukan untuk tahap voting, saya galau, huhuhu, bingung mau pilih yang mana karena banyak banget buku yang saya suka. Ada saran? Adakah resensi buku Haru Grup yang kalian suka di Kubikel Romance untuk saya pilih sebagai voting nanti? Boleh banget kalau mau ngasih saran di kolom komentar di bawah :D

Yah, apapun nanti hasilnya saya akan terima dengan ikhlas, entah itu menang atau kalah. Yang jelas saya senang bisa berpartisipasi, ikut meramaikan event ini karena Haru Grup baik banget sama saya, hampir semua buku di atas adalah buntelan dari Haru Grup. Bisa dibilang satu-satunya penerbit yang sering banget ngajak kerja sama, entah itu dalam program Blog Tour, Early Review, IG Bookstagram, atau sekadar meresensi dan giveaway secara personal atau non blog tour, bahkan saya pernah ditawari untuk jadi first reader *TerHaru*.

Semoga Haru Grup nantinya tetap menjadi penerbit yang selalu ada di hati pembacanya, banyak yang terkena Haru Syndrome, banyak buku seru yang diterbitkan dan selalu ada inovasi dalam segi promosi dan event sehingga lebih dikenal para pembaca. Semoga sukses selalu.

Mohon dukungannya ya nanti kalau saya kepilih sampai tahap voting :D

8 komentar:

  1. Waaaah, ternyata So, I Married The Anti-fan itu dari penerbit Haru ya? aku suka banget yang itu.
    Goodluck yaa... pageview-nya keren :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih πŸ˜€
      Iya udah diterjemahin bahkan udah ada filmnya juga, kapan2 mau nyoba nonton deh πŸ˜€

      Hapus
  2. Gagal fokus sama pageviewnya ��
    Goodluck ya kak^^

    BalasHapus
  3. Review menarik, nice words btw.

    Salam,
    Gabrilla.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, terima kasih πŸ˜€

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...