Jumat, 30 September 2016

#KuisBuku Typo Karya Christian Simamora | Blog Tour


Sesi ketiga dalam blog tour Typo, waktunya kuis buku, yeay! Bakalan ada satu buku Typo gratis bagi kamu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia. Seperti biasanya, syaratnya gampang banget kok, silakan penuhi poin di bawah ini ya, pemenangnya saya tentukan secara random, jadi banyak berdoa saja :D
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC
2. Follow akun twitter @twigora, @09061983 dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya, nggak harus di twitter kok, terserah di mana saja. Boleh mention ketiga akun di atas menggunakan hastag #GATypo
4. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komentar dengan menyertakan akun twitter, kalau nggak punya bisa meninggalkan alamat email. "Menurut kamu typo (kesalahan penulisan) itu penting nggak sih?". Boleh kasih alasan boleh nggak, santai aja pokoknya :D

Yak, hanya itu saja syaratnya, Kuis Buku berlangsung selama seminggu, pengumuman dua atau tiga hari setelah batas waktu yang ditentukan di postingan ini juga. Semoga beruntung ya :D






*UPDATE*

Hai halooo, saatnya pengumuman pemenang, langsung aja, yang beruntung mendapatkan novel Typo gratis adalah...

Selamat, nanti akan saya konfirmasi untuk pengiriman hadiah, buat yang lain tetap semangat karena di bulan ini setiap minggunya bakalan ada buku gratis, pantengin dan follow terus ya :D


27 komentar:

  1. Twitter: @santirizky95
    Jawaban:

    Typo penting apa nggak?-
    Tanpa disadari typo udah g asing dan kerap aku alami. Menurut ku sih penting. Kenapa? Karena dari typo kita bisa lebih teliti. Kadang g jarang. Typo bikin suasana chating jadi lebih santai dan g kaku. Itu pengalaman ku waktu sering typo pas chating sih. Suka Haha hihi sendiri kalau baca typo nya.

    BalasHapus
  2. Twitter: @rohaenah1
    Jawaban: menurut saya kesalahan typo ngga terlalu penting,karena typo yg terjadi dalam penulisan tak akan merusak makna kalimat pada cerita itu. Kadang malah kita tidak menyadari adanya typo saking kita terhanyut oleh jalan cerita yg disajikan oleh penulisnya. Tapi yg saya suka heran kenapa typo bisa terjadi bukankah seharusnya itu bisa diperbaiki pas edit cerita. By the way itulah manusia yg tak bisa lepas dari salah,jadi manusiawi-lah kalo ada typo pada suatu novel.

    BalasHapus
  3. Twitter: @adedelinaputri
    Typo dalam tulisan menurutku penting banget. Lebih tepatnya penting untuk diteliti. Ga enak dong ya kita baca tulisan yang banyak banget typonya. Fine lah satu dua typo. Tapi big no untuk banyak kata apalagi kalimat :)

    BalasHapus
  4. twitter: @emmanoer22

    jawab: GAK PENTING, masalahnya kalau penulisan bisa benar kenapa musti harus salah. Itu kan nambah kerjaan penulis dan editor, tapi ya karena manusia itu nggak sempurna, rasanya kita menulis sudah benar setelah di baca dan di tulis ulang, kadang sampai beberapa kali, tapi waktu di cetak tetap aja ada aja typo yang nempelin. Mungkin Mr and Mrs Typo ini macam benalu, tumbuh subur dan berbunga di dalam tumbuh korbannya. XD

    BalasHapus
  5. @ratnaShinju2chi

    "Menurut kamu typo (kesalahan penulisan) itu penting nggak sih?".

    Penting banget.

    Bagi penulis sendiri :

    Jika terlalu banyak typo ketika menulis, hal itu memberi efek buruk. Pertama, jika tulisan itu dikirim ke media, maka ketika sudah melihat ada beberapa typo dalam tulisannya, bisa jadi tulisan itu langsung disingkirkan (malas membacanya. Kalau pun tidak akan dapat teguran keras dari redaksi.

    Melihat catatan typo itu bisa digunakan sebagai tolak ukur dari ketelitian penulis. Pun ketika mengirim naskah ke penerbit mayor. Sebagus apa pun cerita kalau ditulis dengan banyak typo, saya rasa editor akan pusing dan malas membacanya.

    Penulisan yang rapi itu masuk penilaian yang penting, enak baca atau tidak. Karena itu sebisa mungkin harus menjauhi typo.

    Bagi pembaca :

    Kalau saya sendiri jika membaca sebuah buku yang tumpah ruah typo-nya mungkin akan segera meletakkan buku ini. Malas baca. Kalau satu dua bisa dimaklumi, namanya juga manusia.

    Belum lagi kadang typo sampe parah dan bisa merubah makna penulisan. Ini pernah lihat ketika menulis kata asing lalu typo dan maknanya jadi beda :3

    Secara umum jika digunakan dalam sms atau chating sehari-hari, saya rasa masalah typo itu juga sangat penting. Dengan menulis yang baik itu tidak akan membuat orang lain bingung dengan maksud dari apa yang kita tulis. Dan lagi menggunakan bahasa yang baik dan benar itu dianjurkan. ^_^

    BalasHapus
  6. akun twitter: @afatsa_

    jawaban:
    TYPO itu penting, penting diperhatikan agar tidak sampai muncul. Sebagai pembaca, kalau tulisan banyak typo tentu mengganggu dan bisa jadi malah merusak konteks tulisan. Sebagai penulis, teliti terhadap typo bisa mengurangi beban kerja editor dan pemeriksa aksara.

    kalau konteks sehari-hari, typo dalam pesan pendek sebenarnya tidak terlalu bermasalah selama dua orang yg bercakap saling memahami maksudnya. tapi kadang typonya malah bikin lucu, ini berdasarkan pengalaman chatting dengan teman yang autocorrect ponselnya sadis, jatuhnya malah typo parah di beberapa kata dan arti kalimatnya jadi rancu dan ga jelas banget.

    BalasHapus
  7. @adindilla

    Typo itu penting untuk karya tulis ya. Keberadaannya seharusnya bisa ditiadakan kalau saja penulis mau cek ulang atau naskah diberikan kepada editor untuk dideteksi. Bagaimana pun pembaca akan tersendat membaca pas menemukan tulisan yang keliru. Rasa dari membaca cerita, biasanya sedikit akan terganggu.

    Belum lagi jika typo dalam mengirim pesan, itu bisa merubah makna. Dan bisa memicu perang antara dua orang lho. Banyakkan meme yang suka menyindir typo.

    BalasHapus
  8. @mariyam_elf

    typo itu kan sebuah kesalahan, manusia memang tak luput dri kesalahan. menurutku sih antara penting dan gak penting. pentingnya karena dengan adanya typo kita tau kesalahan yg kita tulis, gak pentingnya karena typo sering sekali menganggu.

    BalasHapus
  9. twitter: @nunaalia

    "Menurut kamu typo (kesalahan penulisan) itu penting nggak sih?".

    Kalau buat aku typo (kesalahan penulisan) itu penting banget, karena kalo lagi baca ada typo ganggu kenikmatan membaca banget, rasanya gatal pengen ngedit. Typo juga kadang membuat makna yang dibaca berubah. Untuk typo tentang penulisan nama pun kadang bisa bikin bingung, misalkan ketika sedang membahas satu tokoh, lalu nama tokohnya tiba-tiba beda, tentu akan membuat yg baca bingung. Typo juga menunjukkan apakah sang penulis teliti atau tidak, bisa mengurangi nilai tulisan juga.

    BalasHapus
  10. @PidaAlandrian92

    Tergantung sih..
    Kalau memang pengetikannya utk yg resmi ya tentu aja typo sangat-sangat penting krn dr pengetikan udah diliat bentuknya itu resmi atau tidak. kalau ada dipengetikannya ada typo pasti surat yg kita ketik nggak sah.

    Beda dgn keseharian. pengetikan utk sehari2 itu sih wajar. apalagi saat smsan, chatingan mungkin dan sebagainya. malah dizaman sekarang typo di smsm itu kudu wajib deh kayaknya. kl nggak typo nggak ikutin perkembangan zaman anak muda. mana ada di zaman sekarang chatingan pkek bahasa baku.

    sekian.
    Salam, pida alandrian
    *semoga aku berjodoh dgn Typo-nya biar bs belajar ttg TYPO versi cinta dan patah hati ^-^

    BalasHapus
  11. @littlepaper93

    Typo itu sering mengundang kesalahpahaman. Penting atau enggak? Jelas tidak. Tapi typo itu sudah menjadi hal yang selalu berkaitan dengan kehidupan. Karena typo itu adalah kesalahan, sedangkan manusia sendiri hidup itu juga tidak selalu benar. Jadi, penting atau tidaknya sebuah typo tidak perlu dipertanyakan lagi sih, soalnya udah menjadi kodrat manusia hidup berdampingan dengan typo. Ini hanya opiniku sih 😀

    BalasHapus
  12. @sitasiska95
    Penting. Kesalahan penulisan seringkali mengakibatkan salah pengertian dan salah penafsiran jadi sebisa mungkin sebaiknya diminimalisir

    BalasHapus
  13. @sitasiska95
    Penting. Kesalahan penulisan seringkali mengakibatkan salah pengertian dan salah penafsiran jadi sebisa mungkin sebaiknya diminimalisir

    BalasHapus
  14. @wawha_cuza

    aduh aku sebenarnya agak nggak ngerti maksd pertanyaannya ya..

    Typo dalam kepenulisan itu penting? Pertanyaannya ambigu.
    Ya jelas sebagai penulis kita harus menghindari typo sebaik-baiknya. Walaupun typo itu bakal diurus sama editor. Sebagai pembaca, aku bakal ngerasa nggak bisa konsen baca tulisan yang banyak typonya, sederhananya aku mikir, "Aduh, kok begini aja salah sih," kenapa penulis dan editornya nggak cek cek dan cek lagi.. typo yang dilakukan penulis menandakan dia cuek terhadap bahasanya sendiri.
    Memang ada yang berpendapat dari kesalahanlah seseorang belajar, namun utk sesuatu yang akan dipublikasikan, itu sangat riskan, nama penulis dan editor bahkan penerbit dipertanyakan.

    BalasHapus
  15. @deriaanggraini_

    Penting nggak penting sih. Aku kalo baca buku kalo ada typo pasti aku tandain, aku tulis di buku, aku tulis halaman berapanya. Ada typo yg ketikannya kepeleset, misalnya huruf a jadi s, ada typo yg kelebihan kata atau malah kekurangan kata. Suka geregetan sih kalo ada typo pas baca, tapi kalo akunya ngerti maksud katanya apa, ya nggak terlalu masalah juga.

    BalasHapus
  16. akun twitter : @jawarifah

    penting ngga sih typo itu atau salah ketik ?
    menurutku sih penting bangeet, karna salah ketik meskipun sehuruf pun bisa merubah makna, bikin salah paham dan bikin baper. hehe
    selain itu, tulisan yang ada typonya seringkali dikaitkan dengan sang penulis yang punya sifat ngga teliti terhadap hal kecil, terburu buru dan semau-maunya sendiri.
    disisi lain, kejadian typo selain disebabkan dari sang penulis karna salah ejaan, bisa juga disebabkan oleh kesalahan teknis dan mekanis.
    seperti di ms word, kalau mau nulis kata 'teh' seringkali secara otomatis berubah jadi kata 'the'. kan jadi aneh kalau tulisannya "aku ingin minum teh", jadi "aku ingin minum the". merubah makna euy.
    apalagi di tulisan bahasa arab. typo salah harakat pun bisa merubah makna secara fatal.

    semoga dapet GA Typo kali ini, biar besok besok kalau mau nulis uda ngga ada Typo lagi.

    BalasHapus
  17. Akun Twitter : TanyaFcsh_
    penting ga sih typo?
    aku sebenernya agak bingung dengan pertanyaan ini
    berasa ambigu aja gitu

    penting jadi harus typo atau maksudnya penting jadi gaboleh ada typo
    atau ga penting jadi ada typo juga gapapa? atau ga penting jadi kesalahan typo ga bisa ditoleransi, karena suatu hal yg gapenting seharusnya gajadi masalah

    setelah memikirkan baik baik, maka aku putuskan typo itu penting! karena itu menunjukkan bahwa manusia itu tidak senpurna karena kesempurnaan hanya milik Tuhan
    segala sesuatu yang terlalu perfect juga agak ga seru aja gitu
    jadi typo itu penting! bikin lucu juga kalo dalam sebuah chat, dan membuat suasana lebih cair gitu
    hehehe

    BalasHapus
  18. Akun Twitter : @sixeleven05
    Typo?

    No!
    It's the beginning of misunderstanding. Jangankan di dunia literature, typo di kehidupan sehari-hari aja bisa mislead ke hal-hal yang dimaksud. Tapi memang manusia dan jari tangan tak luput dari kesalahan, semua orang pasti dong pernah typo meskipun hanya sekedar chat ke temen nanyain tugas, atau nanya kabar ke pacar. Contoh typo yang paling sering dilakukan adalah kata tau bisa jadi tai, tentu bikin orang yang bersangkutan emosi atau salah presepsi. Okelah kalau typo di chat atau sekedar pesan singkat ke orang-orang terdekat bisa langsung dibenahi, nah kalau typo sudah dalam lingkup media yang dibaca satu negara? Bisa gawat tuh,,,,

    Buat nulis komen ini saja, saya beberapa kali typo. Duh, pokoknya typo itu penting lah.. You need to check it twice!

    BalasHapus
  19. @coronahedo

    Ada dua jawaban penting dan gak penting
    Kenapa gitu? Karna sebagian org ada yg perfeksionis dan ada yg biasa aja, hal seperti ini buat si perfeksionis di anggap sangat penting. Semua dicek ulang biar ga ada yang salah. Padahal menurut sebagian yg lain, hal ini ga penting. yaudah di biarin aja deh sama mereka..

    Menurut saya si perfeksionis Typo adalah sebuah kesalah dan penting, jika ada kesalahan maka harus di perbaiki agar masalahnya ga tambah berbuntut panjang dan makin ribet! :)

    BalasHapus
  20. Twitter: @chrysAppx

    Typo itu penting dan gak penting tergantung individunya saja...
    Kalo dia cuek dan masa bodo dan asal kalimatnya masih dipahami mungkin gak masalah..
    Beda lagi kalo kaya saya yang kalo ada typo 1 atau 2 udah mengurangi minat baca saya,tapi kalo kaya misal kalimatnya ada yang kurang (contoh: diseberan_ *g nya gak ada) masih bisa di terima,tapi kalo misal [contoh: disamying (red: disamping)] itu udah menganggu sekali karena merubah kalimat ,bagi saya sih gak nyaman yah,tapi balik lagi ke setiap individunya....


    Thank you..... 😉

    BalasHapus
  21. twitter: @nurulastrirmdn

    penting banget! jujur aja, aku kadang suka nggak nyaman kalau ada penulis yang kebanyakan typo. iya aku tahu itu hal wajar, tapi bisa nggak sih lebih diperhatiin lagi? mengganggu banget😂 bahkan waktu itu aku pernah nemu cerita bagus, alur menarik, tapi penulisannya nggak rapi, langsung deh aku tinggalin. padahal sayang banget, kan? ya memang gitu, typo itu punya pengaruh yang besar untuk pembaca memilih antara meneruskan bacaannya atau enggak.

    BalasHapus
  22. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Menurutku, Typo itu sangat penting. Dengan adanya typo kita belajar untuk lebih teliti dan berhati-hati. Dengan typo kita juga belajar yang baik dan yang benar. Biasanya belajar dari kesalahan sendiri akan lebih nyantol sehingga kita nggak mengulanginya lagi. Perubahan tulisan karena typo juga dapat merubah makna yang ingin kita sampaikan. Kalau cuma berbeda susunan huruf dalam membentuk kata sih nggak apa-apa, tapi kalau lebih dari itu? Bisa jadi miss persepsi.
    Curhat dikit tentang typo ya kak hehe... Sebelumnya emang nggak terlalu care sama penulisan, kadang juga suka terlewat kalo ada typo-nya. Nah, semenjak skripsian dan dapat dosen pembimbing yang detail banget, typo merupakan musuh besar karena menghalangi keberhasilan bebas revisi. Jadi sebisa mungkin sekarang sebelum konsul baca ulang lagi dan meresapi setiap kata yang aku tulis. Meskipun memberi kerjaan tapi keberadaa typo maksudnya baik kok :D

    BalasHapus
  23. @Lynlainy17
    Penting. Karena kalau salah dalam penulisan bisa mengakibatkan salah pengertian.

    BalasHapus
  24. wow keren banget Jual Jaket Wanita Online nice banget nih , makasi Jaket Wanita Carvil info nya kak sangat bagus

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...