Senin, 11 Juli 2016

Somewhere Called Home by Dhamala Shobita | Blog Tour, Book Review, Giveaway

Somewhere Called Home
Penulis: Dhamala Shobita
Penyunting: Avifah Ve
Penerbit: de TENS
ISBN: 978-602-391-178-3
Cetakan pertama, Juni 2016
260 halaman
Buntelan dari @dhamalashobita
Manusia adalah kumpulan dari kenangan-kenangan yang tertata menjadi satu. Isi kepala manusia mungkin memiliki lebih dari lima puluh persen kenangan. Kennagan bahagia, sedih, marah, semuanya bercampur menjadi satu dan membentuk manusia sejak ia lahir dan tumbuh menjadi dewasa.

Menurut Benjamin Murray, seorang surfer blasteran Australia-Indonesia, hidup adalah petualangan tanpa henti. Maka dari itu, ketika dirinya mulai terlibat lebih jauh dalam kehidupan seorang gadis bernama Lila yang sedang mencari kakaknya, Ben semakin bersemangat untuk melanjutkan petualangannya. Pertemuan keduanya di Pulau Sipora, Sumatera Barat, dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan cukup untuk membentuk perasaan antara Ben dan Lila. Sayangnya, gadis berusia dua puluh satu tahun itu tidak mempunyai waktu lagi dalam hidupnya. Di sanalah perjalanan Ben dimulai.
Ben bertemu dengan Lila di Pulau Sipora, gadis tersebut walau terlihat lemah di mana kondisi kesehatannya memang tidak selalu baik, dia tidak patah semangat untuk mencari kakaknya. Lila membuka mata Ben yang selama ini hidupnya dihabiskan tanpa arah, bahwa seharunya dia memiliki mimpi, bukannya menghindari permasalahan yang seharusnya dia hadapi. Lila sedang mencari kakaknya yang hilang tanpa jejak, dia selalu pergi ke tempat yang dia mau, setelah orangtuanya bercerai, Lila dan Dila terpisah tanpa komunikasi yang baik. Namun, tiba-tiba saja Dila mengirimkan lima surat pendek yang berisi tentang perjalanannya. Lila pun mencoba mencari Dila dengan mendatangi tempat-tempat yang ada di surat tersebut, mencoba menemukannya, mengajaknya pulang.

Kehadiran Lila yang baru sebentar sangat membekas bagi Ben, gadis tersebut cukup menyita perhatiannya dan berhasil membuat Ben berjanji akan menggantikan Lila menemukan Dila. Ben pun mendatangi tempat-tempat kemungkinan Dila berada berdasarkan jurnal perjalanan yang ditulis Lila. Mulai dari Teluk Meranti di Bono, menerjang bahaya di Sungai Kampar, pergi ke Pulau Rinca dan menjadi sukarelawan di Taman Bacaan Pelangi, menemukan warna di Pink Beach, melarikan diri ke Tomohon, berselancar di Watu Karung, Karanganyar, yang juga merupakan kampung halaman ibunya, sampai dengan dia harus kembali lagi ke Sipora. Perjalanan untuk mencari seseorang yang belum pernah dia lihat dan kenal tersebut tanpa sengaja mempertemukannya dengan seorang gadis petualang bernama Ris dan membuka mata Ben akan mimpi dan menemukan makna rumah yang sebenarnya. 
Keluarga, Dil, sekalipun terpisah jauh, berdiri berisisan dengan jarak dan waktu sebagai pemisah, mereka akan tetap disebut keluarga. Aku mungkin bisa punya mantan pacar, mantan sahabat, tapi tidak pernah ada mantan kakak, mantan adik, mantan ayah dan juga mantan ibu.
Kadang, ketika berada di suatu tempat, kamu nggak perlu repot berpikir bahwa kamu harus bersenang-senang. Yang kamu harus lakukan cuma duduk, pejamkan mata sekitar sepuluh detik, buka matamu dan lihat betapa indah tempat yang kamu kunjungi.
Awalnya saya kira buku ini bercerita tentang travelling atau perjalanan sang tokoh utama ke destinasi alam di Indonesia, tapi ternyata lebih bertema ke self dicovery atau perjalanan untuk menemukan jati diri dan sarat makna. Memang bagian travelling ke destinasi indah di Indonesia cukup menarik untuk disimak, walau tidak dijelaskan secara rinci, penulis lebih menekankan akan makna perjalanan bagi Ben, sang tokoh utama di mana kehidupannya ternyata tidak sesederhana kelihatannya, bahwa dia memiliki masalah keluarga yang cukup kompleks sehingga Ben lebih memilih hidup nomaden menjadi seorang traveler. Ada kisah cinta tapi tidak menjadi fokus utama, kehadiran Lila dan Dila memang menambah warna bagi kehidupan Ben, tapi peran keduanya hanya sebagai penggerak apa yang harus dilakukan Ben dengan hidupnya.

Sudut pandang yang digunakan adalah orang ketiga dan epistolari dipilih untuk menyuarakan bagian Lila, alurnya maju, tapi kita juga akan mendapati adegan flashback ketika membahas masa kecil Lila bersama kakaknya. Untuk segi penokohan, saya menyukai karakter Ben, secara fisik dia juga digambarkan sebagai cowok blasteran yang tampan. Untuk gaya bercerita, saya cukup menikmati tulisan Dhamala Shobita, ini adalah kali pertama saya mencicipi karyanya, cukup detail di bagian yang memang membutuhkan penjelasan lebih dalam, misalkan saja ketika berselancar, saya jadi bisa merasakan bagaimana berselancar itu karena tidak mungkin saya alami sendiri.

Kekurangan buku ini, penggambaran latar dan tokohnya kurang digali lebih dalam lagi, tempat yang dipilih penulis sebenarnya menarik tapi kurang ditampilkan sehingga hanya terasa sambil lewat saja, untuk twistnya bisa saya tebak dengan mudah. Ben memang karakter yang paling dominan dan konflik yang dia alami dengan mudah dirasakan, tentang kecewanya dengan ibunya sehingga dia tidak lagi merasakan apa yang namanya rumah, kemudian memilih tempat pelarian yang membuatnya dirasa nyaman, saya juga berharap penulis akan mengupas tentang kehidupan seorang surfer atau istilah-istilah yang bisa membuat saya lebih mengenal akan profesi tersebut. Lila pun sebenarnya karakter yang cukup berperan, permasalahan yang dia hadapi, akan kerinduannya terhadap sang kakak dan ingin menemukan alasan apa yang sebenarnya melanda pecahnya keluarga mereka, hal inilah yang kurang dibahas penulis, belum ada penyelesaian masalah sampai tuntas, karakter Ris pun latar belakangnya juga tidak dijelaskan secara detail.

Overall, walau masih ada beberapa kekurangan, buku ini bisa menambah daftar self dicovery yang jarang dilirik penulis lain, bahwa dalam perjalanan pun kadang kita bisa menemukan jawaban yang selama ini kita cari, kita bisa menemukan makna hidup, dalam sebuah perjalanan kita bisa menemukan rumah yang sebenarnya.


Saatnya Giveaway!
Bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia berkesempatan mendapatkan satu buku Somewhere Called Home + katu pos yang kece langsung dari penulisnya! Syaratnya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (Google Frined Connect)
2. Follow akun twitter @dhamalashobita dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya, boleh mention kedua akun di atas dan gunakan hastag #SomewhereCalledHome.
4. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar dengan menyertakan akun twitter kalian, "Mumpung masih dalam suasana liburan, destinasi apa yang ingin kalian kunjungi? Nggak pakai alasan nggak pa-pa, cukup tulis tempat yang ingin kalian kunjungi juga sudah cukup kok".

Gampang banget, kan? Giveaway berlangsung sampai tanggal 17 Juli 2016, pengumuman pemenang ada di postingan ini segera setelah saya menemukan pemenangnya XD. Untuk memperlebar kesempatan menang kalian, ikuti juga jadwal blog tour selanjutnya yang ada di banner di atas, semoga beruntung :D.

*UPDATE*

Hai hallooo, saatnya pengumuman, sebelumnya terima kasih sekali ya bagi yang udah repot untuk ikutan dan memenuhi semua persyaratan, maaf kalau nggak bisa memenangkan semuanya, tapi kalau kalian rajin ikutan pasti suatu saat menang juga kok, percaya deh :p. Langsung aja, berikut nama pemenang yang saya pilih secara random dan telah mengikuti semua persyaratannya.

@p_ambangsari

Selamat ya, nanti akan saya hubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiah, buat yang lain jangan bersedih, terus pantengin Kubikel Romance karena akan ada giveaway lainnya. Buat yang belum beruntung silakan meluncur ke blog berikutnya yang ada di banner, semangat! :)

43 komentar:

  1. wah ada lomba buku nih, bookmark dulu

    BalasHapus
  2. Nama : Herva Yulyanti
    Twitter : @hervayulyanti
    Link share : https://twitter.com/hervayulyanti/status/752477098229379073
    Jawaban : pengen ke Pulau Sipora

    BalasHapus
  3. Nama: yunika anwar
    Twitter: @yunikaanwar1
    Link share: https://mobile.twitter.com/yunikaanwar1/status/752487816920170500?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1507202922

    Destinasi yg pengen aku kunjungi itu raja ampat😁tempatnya keren ka👍

    BalasHapus
  4. nama : Fatimah
    akun twitter : Imah_Fatma29
    link share : https://twitter.com/Imah_Fatma29/status/752492513739444224
    destinasi apa yang ingin kalian kunjungi?
    jawaban :
    wisata gunung : Kawasan Puncak Mahameru di Malang, Kawah Putih di Ciwidey
    wisata bahari : Kepulauan Raja Ampat di Sorong, Gili Trawangan di Lombok
    wisata budaya : Candi Abang di Yogyakarta

    BalasHapus
  5. Nama: Dyah Muawiyah
    Twitter: @dyahmuawiiyah
    Link share: https://mobile.twitter.com/dyahmuawiiyah/status/752498385685360640

    Ini kan masih suasana libur lebaran, tempat yang pengen banget dikunjungi bareng sekeluarga adalah makamnya abang. Ga pernah nyekar bareng lengkap dengan keluarga, ditambah sebelum lebaran ini sakit jadi gabisa nyekar :")

    BalasHapus
  6. @RaaChoco

    "Mumpung masih dalam suasana liburan, destinasi apa yang ingin kalian kunjungi? Nggak pakai alasan nggak pa-pa, cukup tulis tempat yang ingin kalian kunjungi juga sudah cukup kok".


    Wakatobi dan Gunung Rinjani

    Aku sebenernya phobia air dalam jumlah banyak, tapi melihat taman nasional wakatobi berasa ada di surga. Padahal itu hanya dari foto dan aku sangat yakin kalo surga itu pasti jauh jauuuh lebih indah dan bagus daripada wakatobi. Pemandangannya benar-benar indah, tenang, sejuk, dan damai. Kalo lagi liat pemandangan alam menakjubkan, jadi inget surat Ar-Rahman. "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?"

    Karena banyaknya nikmat yang diberikan, berasa jadi makhluk yang kurang bersyukur.



    Terus ada Gunung Rinjani, gunung tercantik di Indonesia. Sebenernya udah dari dulu pengen banget naik gunung, tapi ga boleh sama orang tua. Maklum karena saya anak perempuan :D. Mungkin jiwa petualang aku daper dari ayah, karena ayah juga pernah naik gunung dan pertama kali itu naik gunung Ciremai pas SMP. Aku suka yang memacu adrenalin dan yang pasti selama itu bertualang aku suka bangettt.

    BalasHapus
  7. Alifa Nanda Tarina
    @_alifananda
    https://twitter.com/_alifananda/status/752504385180209152

    Bukit Tangkiling, Palangka Raya,Prov. Kalimantan Tengah.
    vacation kesitu seru kata beberapa bule-bule barat yang dipernah saya tanya

    BalasHapus
  8. @p_ambangsari

    Destinasi? Hmm banyak.
    Pengen keliling kota, ke Posong (lihat 7 gunung secara langsung), naik gunung Sindoro Sumbing, pengen ke Wonoboyo (kecamatan di kotaku yang memiliki keindahan seperti berada di negeri atas awan). Oh sama ke curug. Temanggung banyak curugnya jadi pengen nyobain ke sana satu-satu.

    Kalau luar kota aku masih pengen eksplore Ambarawa. Tempat-tempat di Ambarawa yang masih kental akan peninggalan Belanda contohnya benteng pendhem, walaupun udah pernah tapi pengen lagi. Di Ambarawa aku juga pengen ke Eling Bening Bawen. Wah itu tempat lagi hits banget. Bisa dilihat keindahannya via instagram hehe

    BalasHapus
  9. @indahprimadona

    pengennya sih keliling Indonesia, mengunjungi semua tempat, tapi yang pengen banget dikunjungi Raja Ampat :)

    BalasHapus
  10. Twitter: salsashf

    Yogyakarta. Sudah lama nggak merasakan suasana lebaran di sana. Maunya, sih, sekalian ke kubur Mbah Kakung dan Mbah Putri.

    BalasHapus
  11. @RinitAvyy

    Aku mau ke Lembang, Bandung. Alasanku: Pertama, aku belum pernah kesana. Kedua, aku pernah lihat salah satu channel TV yang menampilkan acara nge-Trip di Lembang, dan uh oh, aku langsung terpesona dan pengen banget punya kesempatan bisa kesana. Nama tempat wisata yang pengen aku kunjungi itu "Jendela Alam" dan "De Ranch". Ketiga, karena letaknya di daerah pegunungan, sejuk banget pastinya.

    BalasHapus
  12. @ratnaShinji2chi

    ALor, NTT. Meski agak terpencil, tapi sangat cantik dan kaya budaya. Jadi ingin mengabadikan kenangan di sana. Menikmati keindahan laut dan belajar membuat tenun yang masih memakai gaya tradisional, memakai bahan alamai dari alam untuk pelestarian alam juga.

    Sama ke Semeru, ingin melihat keindahan alam yang tengah Allah hamparkan dengan penuh pesonanya.


    BalasHapus
  13. @nAshari3

    Destinasinya, Pantai Indrayanti, Gunung Kidul-Jateng

    BalasHapus
  14. nama : Eny
    akun twitter : @enii_xx

    https://mobile.twitter.com/enii_xx/status/752788505965699072?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C7418095068

    sebuah kota yang elegan menurut saya yaitu kota Roma Italia. Aku ingin berbagi dan menunjukkan bahwa cinta itu butuh pengorbanan kepada pasanganku, aku ingin berkeliling Roma tapi tujuanku utamaku adalah GALLERIA BORGHESE tempat patung Karya Berneni dari abad ketujuh belas. Patung itu bernama Apollo e Dafne karena dibalik cerita dipatung itu terdapat kisah cinta yang tragis. Seandainya aku dan pasanganku melihatnya mungkin akan menyayat perasaan kami, bagaimana tdk pengorbanan Apollo mendapatkan cinta Dafne tapi sayangnya Dafne dikutuk tdk bisa mencintai seorangpun. Bagiku perjalanan yang sesusungguhnya adalah perjalanan yang penuh syarat dan makna bukan sekedar mencari hiburan semata. wish me luck ^^

    BalasHapus
  15. @estiyuliastri

    destinasi yang ingin dikunjungin: Pulau Maldives 😊🙏🙏

    BalasHapus
  16. akun twitter: @reyzamzamy

    destinasi yang ingin saya kunjungi dalam rangka liburan ini adalah Toko Buku. Iya, memang sederhana sekali tempat destinasi yang ingin saya kunjungi. Bahkan setiap hari saya pun ingin megunjungi destinasi tersebut. Entah kenapa jika saya berada di tempat tersebut, rasanya saya bisa tenggelam dalam suasana yang membahagiakan sekali. Sederhana memang, tapi tempat tersebut tidak tergantikan oleh tempat lain yang biasa saya kunjungi. Kalau boleh jujur, bisa dibilang Toko Buku adalah surga kecil bagi orang pecandu buku seperti saya.

    BalasHapus
  17. Twitter: @irbatko
    https://mobile.twitter.com/irbatko/status/752883572986425344?p=v

    Aku ingin menetap di Lombok. Pantainya, Rinjaninya, kerukunan penduduknya, makanannya, apa pun tentang Lombok selalu menarik perhatianku. Ingin menetap di sana, mendirikan hostel sekaligus taman bacaan di tepi pantai. Bayangkan rasanya menulis sesuatu atau membaca buku dengan pemandangan matahari terbit yang seperti menyembul dari tengah samudra.

    BalasHapus
  18. @Purahayu

    Destinasi untuk liburan --> Yogyakarta.
    Haha. Nggak pernah puas sama kota yang satu ini :3

    BalasHapus
  19. Twitter: Ipsnegari
    https://mobile.twitter.com/Ipsnegari/status/752904328667500550?p=p

    Destinasi liburan ke Pantai Papuma di Kabupaten Jember, provinsi Jawa Timur dan Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebenarnya banyak, hanya saja yang paling ingin disegerakan dua tempat tersebut. Bantu doakan agar lekas terlaksana ya kak Sulis, terima kasih..

    BalasHapus
  20. Twitter : @piska_lestari

    Pertanyaan : Mumpung masih dalam suasana liburan, destinasi apa yang ingin kalian kunjungi?

    Jawaban : Destinasi yang pengen saya kunjungi adalah rumah para dosen.Para dosen menikmati liburannya dengan tenang setelah input nilai sedangkan liburan saya tidak tenang karena meratapi setiap nilai yang di input mereka.. kuliah rajin.. nugas rajin dan rela bergadang.. setelah liat nilai, bikin emosi.Pengen teriak-teriak langsung di depan muka dosennya =__= #kalobisa

    BalasHapus
  21. Twitter : @piska_lestari

    Pertanyaan : Mumpung masih dalam suasana liburan, destinasi apa yang ingin kalian kunjungi?

    Jawaban : Destinasi yang pengen saya kunjungi adalah rumah para dosen.Para dosen menikmati liburannya dengan tenang setelah input nilai sedangkan liburan saya tidak tenang karena meratapi setiap nilai yang di input mereka.. kuliah rajin.. nugas rajin dan rela bergadang.. setelah liat nilai, bikin emosi.Pengen teriak-teriak langsung di depan muka dosennya =__= #kalobisa

    BalasHapus
  22. Mumpung masih dalam suasana liburan, destinasi apa yang ingin kalian kunjungi?

    Ingin ke Palembang, kota kelahiranku. Udah lama banget nggak ke sana. Kangen saudara-saudara di sana dan juga makanan khas Palembang spt pempek, burgo, model, martabak har, ragit, dan lainnya. :D

    Twitter: @nunaalia

    BalasHapus
  23. Kalo dalam negeri pingin yang namanya ke Jogja, padahal tinggalnya di Solo tapi mau ke Jogja aja enggak pernah ada waktu. Kalo akunya bisa, kakak yang enggak bisa. Gitu juga sebaliknya. Atau aku juga pingin ke Air Terjun Jumog di Karanganyar. Hehehe :D Air terjunnya keren.

    Twitter: @san_fairydevil
    https://twitter.com/san_fairydevil/status/753315874195447808

    BalasHapus
  24. Nama : Mifta Rizky Wiratnasari
    Twitter : @keyminoz
    Link Share : https://twitter.com/keyminoz/status/753438268285267968

    destinasi apa yang ingin kalian kunjungi?
    Semua destinasi wisata yg ada di kota Malang, mulai dr JatimPark 1&2, Batu Night Spectacular (BNS), Musium Angkut, Wisata Paralayang, Omah Kayu, museum kesehatan, pulau sempu, pantai balekambang, Wes pokoknya semua yg ada di Malang pingin aku kunjungi semua hehehe

    BalasHapus
  25. Nama : Deria Anggraini
    Twitter : @deriaanggraini_
    Link share : https://mobile.twitter.com/DeriaAnggraini_/status/753454522433810436?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C2067421062

    Jawaban :
    Aku pgn banget ke kampung halaman mama (Lamongan, Jawa Timur) karena itu rumah kedua buat aku, dan udah lama juga nggak kesana karena uang untuk tiketnya digunakan untuk keperluan lain. Kangen sama keluargaku yg disana. Karena orang jawa jaman dulu jadi mbah ku punya anak cukup banyak, jadi rame banget disana, dan anak2 yg pada udh menikah juga tinggalnya berdeketan sama rumah mbahku. Jadi hangat banget disana dikelilingi sama keluarga. Trs juga karena desanya bener2 desa, aku jadi betah disana, karena siapa sih yg nggak suka suasana pedesaan? Yang asri, sejuk. Aku ke sawah deket rumah aja tuh seneng banget, bisa ngeliat hamparan luas sawahnya, trs bisa beremamg di kali yg airnya bersih. Pokoknya kangen banget sama suasana disana dan tentunya juga kangen sama saudara2ku yg disana.

    Oh iya kak, aku baca profil kakak dam disitu ada penggalan lirik lagu Who Says, aku ini Selenator lho! 😄

    BalasHapus
  26. Destinasi apa yang ingin kalian kunjungi?

    Aku ingin ke lembah Mandalawangi di Puncak gunung Pangrango, ingin duduk di tengah-tengah pepohonan edelweis sambil menikmati dinginnya udara di sana dan membaca puisi-puisinya Soe Hok Gie.

    @dnanoki

    BalasHapus
  27. Akun twitter : @febriandia
    Link share : https://twitter.com/febriandia/status/753568968473010176

    Wae Rebo, Kampung di Atas Awan. Kabupaten Manggarai, NTT.

    BalasHapus
  28. @hensus91

    Karena libur lebaran cuma sebentar aku mau ke Lembang aja mengunjungi Farmhouse Susu, Rumah Hobbit, yang sekarang lagi jadi favorit. Siapa tahu bisa ketemu Frodo di sana :D

    BalasHapus
  29. Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/753792582438617088
    Link Twitpic > Pantan Terong : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/753796518985871360

    Dalam suasana lebaran seperti ini, aku sangat ingin berkunjung ke destinasi alam yang ada di kabupaten Aceh Tengah, Takengon, yaitu bukit PANTAN TERONG (pasti penasaran kenapa namanya ada terong, *sama aku juga penasaran).

    Di Pantan Terong ini alam yang disajikan sungguh amazing, semuanya ada mau suasana romantic juga ada karena dari bukit ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat fenomenal yaitu sunset & sunrise. Disini juga kita bisa menikmati quality time bersama keluarga dan kerabat dengan keindahan-keindahan alam yang sangat indah dan nyaman.

    Pantan Terong ini sendiri terletak di puncak bukit dataran tinggi Gayo Takengon.

    (bagi yg pensaran dengan Pantan Terong bisa googling kok ;) *berhubung masi suasana lebaran Minal ‘aidzin wal faidzin yaa )

    Sekian

    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  30. Twitter: @tifarsndr
    Link share: https://mobile.twitter.com/tifarsndr/status/753809057924775936

    Dari kecil pengen ke paris :)

    BalasHapus
  31. @HarismaWardani

    Nganjuk. Mau pulang... Tahun ini masalahnya nggak bisa X(

    BalasHapus
  32. @rinicipta

    Ingin keliling pantai-pantai eksotik di Bali. Pokoknya mau nyari asupan vitamin sea sebelum balik ke rantauan, karena kalo udah disana bakal susah nyari pantai yang deket.
    Kalo wisata budaya penginnya ke Jogja sih. Udah pernah, tapi belum puas eksplor disana. Kalo keluar negeri pengennya ke negara di Benua Eropa. Semoga wishlist segera terpenuhi :)

    BalasHapus
  33. Twitter : @manshuri_yusuf

    "Mumpung masih dalam suasana liburan, destinasi apa yang ingin kalian kunjungi? Nggak pakai alasan nggak pa-pa, cukup tulis tempat yang ingin kalian kunjungi juga sudah cukup kok".


    Pulau Tunda, di Kepulauan Seribu. Kenapa? Pengen aja, kayaknya menarik :D

    BalasHapus
  34. Twitter: @sitasiska95

    Kota Tua. Aku pengen banget ke sana dan mencicipi nuansa klasik Indonesia :))

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nama : Larastanie Afdha
    Twitter : @Larasta_
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Larasta_/status/754296026337415168?p=v

    Destinasi yang ingin dikunjungi?
    Kalo aku pengen banget mengunjungi destinasi wisata yang ada di kampung halaman aku yaitu Banyuwangi. Aku pengen ke Taman Sritanjung, setiap tahun lebaran aku selalu kesana sama saudara saudara aku, disana selalu ramai apalagi pas tengah malam selalu ramai oleh anak anak remaja. Tempatnya sangat bersih dan banyak pepohonan hijau, terus letaknya ditengah tengah jalan raya, tapi taman ini sangat luas. Duduk disana bersama saudara saudara di tengah malam yang ramai, sangat seru. Ini tempat favorite ku. Tapi karena tahun ini aku gak sempet lebaran kesana aku jadi sedih karena gak bisa kesana.

    BalasHapus
  37. Nama : Anis Nur Lailiyah
    Twitter : @lailiyah_anis
    Link Share : https://mobile.twitter.com/lailiyah_anis/status/754498916226174976?p=v

    CAMP NOU ESTADIO, markas dari klub sepak bola raksasa asal Spanyol, FC Barcelona. Alasannya singkat, karena saya seorang cules (sebutan untuk fans fanatik FC Barcelona) jadi rasanya kurang lengkap jika belum menginjakkan kaki di stadion termegah di Eropa tersebut dan menonton tim sepak bola kebannggaan saya bertanding secara langsung dari tribun penonton :)

    BalasHapus
  38. Nama : Fakhrina FM
    Twitter : @fakhrina_fm
    Link Share : Lihat Tweet @fakhrina_fm: https://twitter.com/fakhrina_fm/status/754562493041610752?s=06
    Jawaban : Aku ingin pergi ke ubud, Bali.

    BalasHapus
  39. @fembi_rekrisna

    Pantai Tureloto di Nias, Sumatera Utara, karena saya ingin merasakan rasanya berenang alias tidur di Laut Mati-nya Indonesia ini.

    BalasHapus
  40. Estu winarsih
    Akun twitter @estuwise
    Cirebon

    Destinasi wisata yg diinginkan mumpung masih suasana lebaran : taman tulip, Bandung

    BalasHapus
  41. Nama : Lely Nurvita Sari
    Akun twitter : @LelyNurvita
    Link share : https://twitter.com/LelyNurvita/status/752786809101250560

    Jawaban :
    Destinasi yang ingin aku kunjungi adalah kota Pariaman. Alasannya karena sejak saya lahir sampai sekarang udah berumur 19 tahun, saya gak pernah pulang kampung. Sedih banget ya hidup saya.. :’( Setiap mau pulkam adaaa aja halangannya.

    BalasHapus
  42. Destinasi yang ingin aku kunjungi adalah Raja Ampat, Papua.

    @Lenny1785

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...