Senin, 23 Mei 2016

Resensi: Two Souls Karya Elvira Natali | Blog Tour + #KuisBuku

Judul buku: Two Souls
Penulis: Elvira Natali
Editor: Ruth Priscilia A.
Ilustrator: Rana Wijaya Soe
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-2676-4
Cetakan pertama, 2016
232 halaman
Buntelan dari @elpignutt
Sejak tahu dirinya adalah seorang Victer, keturunan Dewa Dionysus yang mampu membangkitkan jiwa-jiwa dari kematian, Arlesta menutup pintu hatinya dari dunia luar. Tetapi, keadaan berubah ketika dia bertemu Nick, pianis tampan bersifat dingin yang familier baginya. Dunianya yang tak berwarna seketika jungkir-balik dan dipenuhi banyak rasa.

Namun, kebahagiaan itu berhenti ketika Arlesta tahu sahabat baiknya juga menyukai Nick. Juga saat dia menemukan kenyataan kekuatannya tak dapat menyelamatkan nyawa Nick yang terancam. Akankan jiwa mereka menemukan jalan untuk bersama? Atau rahasia masa lalu justru memisahkan keduanya?

“Saya memang suka genre yang tidak biasa. Cerita fantasi ini punya makna mendalam tentang pengorbanan, persahabatan, dan kasih sayang.”
––Charon, Penulis 3600 Detik dan 7 Hari Menembus Waktu

"Bagaimana Arlesta memaknai keluarga dan persahabatan di novel ini, membuat saya ikut terbawa. Dengan bahasa yang sederhana, Elvira mampu menyajikan cerita dengan cerdas."
––Livi Zheng, Produser, Sutradara Hollywood Brush With Danger
Awalnya kehidupan Arlesta seperti kebanyakan orang pada umumnya, sangat normal, sangat biasa. Dia memiliki sahabat, tante yang dianggap seperti ibunya sendiri, baru lulus kuliah dari jurusan Sastra Inggris dan berencana merombak toko kue milik tantenya, Heavenly Cakes, menjadi lebih besar lagi, menjadi tempat yang tidak hanya berisi kue tapi juga makanan dan minuman yang disukai anak muda jaman sekarang, mengubah namanya menjadi A Sweet Treats. Namun, kehidupan Arlesta yang ternyata tidak biasa terkuak ketika dia harus menyelamatkan salah satu sahabatnya dari kematian.

Ternyata Arlesta adalah seorang Victer, Pembangkit Jiwa. Air mata yang menetes ketika dia kehilangan orang yang disayanginya akan mengembalikan jiwa, mengembalikan nyawa orang yang telah mati satu kali. Kekuatan tersebut disebut Anima Vilissimus, hanya dimiliki oleh satu orang dari kelipatan generasi ketiga puluh keturunan langsung Dionysus, Dewa Anggur dalam mitologi Yunani. Namun, kekuatan tersebut memiliki konsekuensi, setiap kali membangkitkan jiwa, maka umurnya akan berkurang empat tahun dan kekuatan ini tidak bisa digunakan untuk nyawa orang-orang yang memiliki hubungan darah dengannya.

Lalu, kenapa kekuatannya tidak berfungsi kepada Nick? Orang yang sangat menarik dan sanggup membuat Arlesta beralih dari cinta pertamanya. Seorang pianis hebat yang disukai oleh sahabatnya dan rela meninggalkan keluarga demi mengikuti passionnya. Orang yang terasa familier walau mereka baru saja mengenalnya. Kehidupan Arlesta ternyata jauh dari kata biasa.
Omnisciens Angelus
Kali pertama membaca tulisan Elvira Natali, kesan yang saya dapat sangat remaja sekali, menggunakan bahasa sehari-hari yang dengan mudah dipahami pembaca, khususnya para remaja dan tema cerita pasaran yang dikemas dengan cukup baik. Mungkin hal ini juga yang membuat karya-karyanya laris di pasaran, melihat buku debutnya, Janji Hati, sangat sukses bahkan sudah diadaptasi ke layar lebar. Di karya ketiga ini penulis mencoba sesuatu yang berbeda, bisa dibilang Two Souls cukup lain dari lini Young Adult terbitan Gramedia, walau ada beberapa buku pernah menampilkan unsur fantasi, tapi buku ini kadarnya cukup kental, fantasinya sangat terasa. Lihat saja dari kemasan, cover yang sangat menarik perhatian, pun di dalamnya, penuh dengan ilustrasi cantik.

Dalam Two Souls, penulis mengambil salah satu Dewa dalam mitologi Yunani sebagai inspirasi, saya jarang membaca buku tentang mitologi tapi ada beberapa yang saya tahu seperti Poseidon, Athena, Aphrodite, dan Dionysus terdengar tidak familier bagi saya, jadi sangat menarik mengetahui informasi tentangnya di buku ini. Penulis juga cukup bagus melebur kisah mitologi tersebut ke kehidupan Arlesta, ceritanya terjalin cukup rapi. Alurnya maju, tapi ada bagian flashback ketika Arlesta menceritakan awal mula dia mendapati kekuatannya. Tidak terlalu detail, tapi hal yang penting tersampaikan dengan baik. Misalkan tentang kekuatan dan tentang leluhurnya.

Mungkin karena buku ini berseri, saya merasakan banyak hal yang belum ditunjukkan penulis, misalkan saja pendalaman karakter dan konfliknya sendiri. Tentang Nick yang bagi saya karakternya cukup menarik tapi dia juga misterius, juga tentang keluarga Arlesta, tentang konfliknya yang saya menduga tidak hanya sebatas nyawa Arlesta yang selalu berkurang ketika dia membangkitkan jiwa. Saya masih menunggu apakah nanti bakalan ada si jahat dan cinta terlarang? Hahahaha, saya sangat menantikan lanjutan buku ini karena endingnya sangat bikin penasaran dan nanggung banget.

Buku ini recommended bagi pembaca yang ingin menikmati cerita fantasi young adult dalam negeri, yang akhir-akhir ini sangat jarang ditemukan. Bukunya ringan kok, walau dengan unsur mitologi yang disisipkan penulis terlihat berat, semua disajikan dengan asik, ditambah kemasannya kece. Semoga nanti di buku lanjutannya lebih baik lagi dan plotnya lebih berkembang lagi, saya berharap kisah cintanya juga ditampilkan lebih banyak lagi, hehehe.



Saatnya #KuisBuku
Bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia berkesempatan mendapatkan satu buku Two Souls.
Caranya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC atau Google+
2. Follow akun twitter @elpignutt dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kalian punya dengan hastag #TwoSouls, boleh mention kedua akun di atas.
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah dengan menyertakan akun twitter kalian, "Dari semua Dewa-Dewi dalam mitologi Yunani, favorit kalian siapa?"

Yak itu aja, mudah banget kan? Kalau nggak tahu Dewa-Dewi Yunani bisa googling karena banyak banget info tentang mereka. Kuis Buku berlangsung sampai tanggal 29 Mei 2016. Pengumuman pemenang akan saya post di postingan ini juga, paling lambat dua hari setelah deadline, semoga nggak molor, hehehe. Ini kesempatan terakhir kalian mendapatkan buku Two Souls secara gratis karena Kubikel Romance menjadi pemberhentian terakhir, makanya jangan lupa ikutan ya. Semoga beruntung :D

*UPDATE*

Hai halooo, maaf ya telat pengumumannya, pas liburan jadi nggak bisa nyentuh laptop, hehehe. Okey langsung aja pemenang KuisBuku kali ini adalah...

@hoshinotika

Selamat, nanti akan saya hubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiah, buat yang lain tetap semangat! Nantikan KuisBuku lainnya di Kubikel Romance :)

37 komentar:

  1. Maybe, Hera.

    Menurut mitorologi orang yunani, Hera merupakan Istri dari Zeus sang Dewa penguasa, yang akhirnya Hera dijadikan sebagai Ratu-nya para Dewi-Dewi sekaligus berperan sebagai dewi pernikahan dan perempuan. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat. Hera sering ditahtakan dan dimahkotai dengan mahkota berbentuk lingkaran yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi besar, sepertinya. Watak Hera adalah pecemburu terhadap pasangannya, Zeus. Dan membenci perselingkuhan. Mungkin itu yang membuatnya terlihat lebih anggun dan punya komitmen yang kuat bila sudah menetapkan pasangan. Yaitu menjaga komitmen yang telah ia buat sendiri dan kesetiaan pada pasangan. Ku pikir Motto dari dewi ini adalah

    Katakan:
    Setia..."YES"
    Selingkuh..."NO"

    @widy4_w

    BalasHapus
  2. Akun twitter: @vivion16

    Nah! Soal dewa-dewi Yunani, saya paling suka membahasnya. Ada yang tahu MEDUSA? Dewi yang diperkosa Poseidon kemudian dikutuk Athena sehingga rambutnya menjdi ular dan jika ada yang melihatnya akan berubah jadi batu. Dalam kacamata saya, Medusa adalah Dewi yang kuat meskipun pada akhirnya dia menjadi jahat dan kepalanya dipenggal. Dia menerima perlakuan tidak adil dari Athena sebagai dewi perang dan kebijaksanaan. Medusa diperkosa oleh Poseidon, namun yang mendapat ganjaran lebih atas kesalahan yang dilakukan Pesoidon malah dia. Dari kisah Medusa saya belajar untuk tidak melihat sesuatu dari satu sudut. Karena itu salah satu dewi dalam mitologi Yunani favorit saya adalah Medusa :)

    BalasHapus
  3. Dewi dalam mitologi Yunani favorite ku adalah Demeter, Dewi Pertanian dan Kesuburan yang dianggap yang pertama mengajar manusia menggarap tanah dan memanen. Diberkahi kuasa mendatangkan kemakmuran dan kelaparan bagi manusia. Dikisahkan ia mempunyai kemampuan mengontrol musim dan merubah permukaan alam.jika di Yunani ada Demeter maka di Tanah Jawa ada Dewi Sri yang memiliki kesamaan dengan Demeter.


    @wulanchayaank

    BalasHapus
  4. Twitter: @Juliakartika326

    Sebenarnya aku tidak terlalu mengenal dewa dewi di mitologi yunani. Tapi, aku pernah baca, di mitologi yunani ada namanya dewi Demeter. Dewi yang mengendalikan pertanian. Saya pikir pikir, dewi ini sama seperti dewi Sri yang dikenal sebagai dewi Padi di tanah jawa. Saya tertarik dengan dewi Demeter karena tugasnya mirip sekali dengan dewi Sri yaitu mengendalikan panen, kesuburan tanah, dan seingat saya juga mengendalikan musim. Mereka berwujud sama-sama cantik, namun legenda keduanya memiliki cerita yang berbeda. Kalo dijelasin bakal panjang banget. Jadi, mereka berdua punya banyak kesamaan, baik itu fisik maupun watak, tapi dari daerah yang berbeda. Kayak kembar tapi berada di tempat berbeda gituu, menurutku loo yaaa 😅

    BalasHapus
  5. Akun Twitter : Rinitavyy

    Dikasih pertanyaan tentang dewa-dewi yunani, aku rada kurang 'ngeh' dan loding lama. Serius, aku nggak tau sama sekali sama mereka. Setelah searcing, cukup 30 detik lamanya, akhirnya aku nemu satu Dewi Yunani yang kayaknya pembawaannya bagus banget.
    ATHENA.
    mendengar namanya disebutkan, aku merasakan de javu, eh ternyata dugaanku memang benar. Di pelajaran PKn tentang Demokrasi, pasti kalian pernah dengar kota yang pertama kali mengadakan Demokrasi secara langsung. Jawaban kotanya itu ya Athena itu. Kilas ceritanya: Demokrasi Athena telah ditiru oleh banyak kota Yunani lainnya namun demokrasi Athena merupakan sistem demokrasi yang paling kuat, stabil, dan tercatat dengan baik pada masa Yunani kuno.
    Kembali ke topik awal, Athena memiliki pembawaan yang tangguh dan berani kayaknya, soalnya sering terlibat dalam peperangan sekaligus penyusun strategi perang. Digambarkan memakai helam bersabit, membawa tombak dan perisai aegis. Tentang senjata diatas, barangkali dia dewi yang aduhai memainkan alat perang tersebut. Wah benar-benar Dewi yang tangguh, gagah dan berani.

    BalasHapus
  6. Bukunya menarik karena menggabungkan mitologi Yunani dengan cerita khas young adult. rasanya jika dibaca saat ini justru akan membuat novel terasa aneh. 2 alasan kenapa novel demikian akan aneh; pertama, karena fantasinya akan menuntut dibayangkan dengan sangat keterlaluan. Dewa-dewaan kan kisah yang jadul sedangkan ini dilebur dengan masa kini. Buat saya sendiri, sulit dibayangkan. Kedua, entah konflik apa yang akan diangkat dan disuguhkan penulis kepada pembaca dengan mengambil karakter keturunan dewa. Saya justru mempertanyakan pesan moral apa yang bisa diambil. nah lho? Makin penasaran euy.

    Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link Share: https://twitter.com/adindilla/status/734682632030543872

    Musai. Dewi yang berjumlah 9 dan melambangkan sumber ilmu pengetahuan dan seni. Kesembilan dewi itu memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Saya membaca informasi ini dari google. Dan karena saya suka seni, saya kira Musai ini favorit saya.Musik dan seni mereka dikatakan mampu membawa kedamaian. Enak kali ya kalau sekarang Musai kemudian muncul dan membenahi suasana di bumi. Pasti langsung damai.

    BalasHapus
  7. Nama twitter @novika_ka

    https://twitter.com/Novika_KA/status/734714401459081216?s=08

    Saya tertarik dan suka dengan Artemis,Apollo,dan Aphrodite.Entah kenapa 3 nama Dewa itu membuat saya takjub saja dimulai sari Artemis dia adalah Dewi berburu. Sama liarnya dengan alam itu sendiri. Merupakan dewi suci bagi pemburu dan pelindung kaum muda yang dengan tenang mengatur tempat-tempat bumi yang liar. Saudari kembar dari Apollo ini trampil dalam memanah melebihi semua dewa di Gunung Olympia. Ia selalu membawa busur perak dan anak panahnya. Ia memihak Troya saat perang berlangsung. Ia turunkan angin utara yang dahsyat yang menghambat mereka untuk berlayar ke Troya. Kini peninggalan Artemis terlihat pada wanita yang menentang tradisi dan menjalani hidup yang lebih individual dan bebas. Secara samar diceritakan, bahwa ia masih berdiam di hutan

    BalasHapus
  8. Lalu Apollo dia adalah Dewa musik, ramalan, panahan, penyembuhan, dan masa muda. Dia adalah saudara kembar Artemis. Apollo merupakan putra Titan Leto, anak perempuan Titan Koios dan Foibe.Ia terkenal dengan nama Foibos Apollo, dan dengan demikian dikenal pula sebagaidewa cahaya dan matahari.Apollo dewa panahan, dan dia membawa busur perak seperti Artemis. Apollo senang berburu bersama saudarinya itu, dan kadang-kadang bersama ibunya juga. Apollo juga memiliki sebilah pedang emas.Apollo adalah dewa musik.Hermes memberinya alat musik lira yang telah dia ciptakan. Hermes membuatnya dari cangkang kura-kura dan senarnya dibuat dari bulu domba. Tidak ada manusia maupun dewa yang mampu memainkan lira sehebat Apollo

    BalasHapus

  9. Dan yang terakhir adalab Aphrodite ia adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Aphrodite. Legenda pertama menyebutkan Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione. Tetapi legenda ini kurang populer. Legenda kedua menyebutkan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus sang Titan dan melemparkannya ke lautan, kemudian Aphrodite muncul dari buih busa yang timbul dalam kerang, dengan kata lain Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus yang di kebiri oleh Cronus.Aphrodite sangat popular dikalangan para Dewa, Zeus khawatir akan terjadi peperangan diantara para Dewa karena memperebutkan Aphrodite sehingga menikahkannya dengan Hephaestus dan memiliki seorang putra yang bernama Eros yang menjadi dewa Asmara.

    maafbdi post 3 kali karna ga muat

    BalasHapus
  10. @phalisia

    Mungkin saya memilih Hephaestus. Dia adalah anak dari Zeus dan Hera, tapi karena wajahnya yang buruk rupa, dia dibuang dari gunung Olympus. Sebenarnya, bukan kisah yang menarik dari Hephaestus, tapi bagaimana akhirnya dia berhasil memikat dan menikahi dewi Aphrodite yang cantik.

    BalasHapus
  11. @noeranggadila

    Posaidon! dewa laut, atau bisa disebut Dewa Neptunus dalam mitologi Yunani. Ini berawal dari aku baca buku karyanya Om Rick, Percy Jackson the series >< dibukunya aku dibuat jatuh hati sama tokoh utama, Percy yang ternyata adalah anak half-blood (setengah manusia, setengah dewa) yang orang tuanya adalah Poseidon. Aku suka salah satu keistimewaan dari Poseidon adalah tidak basah walau berada di dalam air, bisa bernafas juga di dalam air, asik kali ya ><. Pada dasarnya aku suka main air dan suka banget liatin ikan-ikan berenang hehe

    BalasHapus
  12. akun twitter : @keyminoz

    Sebenarnya gak terlalu tau tentang dewa-dewi yunani, tp setelah mencari informasi sana-sini, ku suka sama Hestia, dewi perapian, dan keluarga. Dia anak tertua dari Kronos dan Rhea. Dia menerima persembahan pertama dalam setiap ritual dalam rumah tangga. Tungku perapian merupakan tempat suci untuknya. Dia digambarkan sebagai perempuan sederhana yang berkerudung. Nah yang menarik dari Hestia ini pernah menyatakan pada saudara-saudaranya bahwa dia ingin selalu menjadi perawan. Menolak permintaan jodoh Poseidon dan Apollo, lalu bersumpah di atas kepala Zeus bahwa dia tidak akan terikat pernikahan dan tidak akan tersentuh hasrat cinta dan seksual. Dia juga dikenal karena kebaikan dan kerendahan hatinya. Dia jarang ikut campur dengan prosesi pembicaraan dengan para dewa Olimpus lainnya. Untuk sifat kebaikan dan kerendahan hati patuh lah untuk aku tiru, tapi yg untuk jd perawan selamanya kayaknya enggak deh hahaha

    BalasHapus
  13. Akun twitter : @prisiliairene

    Jawaban: dewa/dewi Yunani favorit saya adalah Athena. Mengapa?
    Karena Athena adalah dewi yang bijaksana. Saya menyukai kebijaksanaan dan keadilan, karena menurut saya kebijaksanaan sangat diperlukan oleh seluruh orang. Dewi Athena juga digambarkan memiliki akal budi yang sangat pandai, saya juga menyukai kepandaian, karena menurut saya ilmu pengetahuan sangat amat dibutuhkan oleh orang-orang dimuka bumi ini. Dewi Athena juga digambarkan pandai membuat strategi perang, jadi dewi ini sangatlah berjasa karena membantu dewa/dewi lainnya saat melakukan peperangan. Dewi athena juga suka membuat kerajinan tangan. 1 lagi nilai plus untuk dewi Athena karena dia adalah dewi yang rajin,tekun, dan ulet.

    Dewi Athena juga digambarkan sebagai perempuan yang suka menolong, dia juga bersikap dewasa baik dalam pikiran maupun perbuatannya. Dewi Athena ini juga merupakan pahlawan bagi dewa/dewi lainnya karena banyak sekali kelebihan yang ia miliki.

    Saya sangat menyukai dewi Athena karena kelebihan yang ia miliki sangat banyak, sehingga banyak sekali yang patut ditiru dari kelebihan-kelebihan yang ia miliki.

    Itu saja jawaban saya. Terimakasih:)

    BalasHapus
  14. twitter : @fatrisyAriani

    Share link : https://twitter.com/FatrisyAriani/status/734958003414171648

    Jawab : kalau aku suka dewi Hera. Hera adalah ratu langit. Dia merupakan putri Titan Kronos dan Rea. Dalam mitologi Romawi dia dikenal sebagai Juno. Dia adalah dewi perempuan, pernikahan dan kelahiran.

    BalasHapus
  15. Dewa Poseidon, itulah dewa yang kusuka.

    Ini pengertian versi Wikipedia-nya :

    Dewa laut, sungai, banjir, kekeringan, gempa bumi, dan kuda; dikenal sebagi "Pengguncang Bumi" atau "Pembawa Badai'". Dia adalah anak Kronos dan Rhea dan kakak Zeus dan Hades. Dalam seni klasik, dia digambarkan sebagai pria dewasa berjenggot dengan badan kuat dan memegang trisula. Simbolnya adalah trisula, lumba-lumba dan kuda.

    Aku memilih Poseidon mengingat sifatku yang sangat mencitai binatang, alam dan suka membuat guncangan. Ya, aku memang orangnya sedikit agak heboh, tapi aku tidak menghancurkan lho. Hanya kadang suka membuat situasi jadi hangat, meriah bahkan kadang heboh kalau aku sedang ingin. Begitulah. :)
    *Tebar jampi kemenangan. hohoho

    BalasHapus
  16. Sebenarnya dewa-dewi yang aku tahu cuma dewa-dewi terkenal yang ada di Percy Jackson aja hehe dan setelah googling ketemulah sama Dewi Hestia.

    Si Dewi pembawa kehangatan ini benar-benar 'waaaah!' Menurut penyair besar Homeros, Dewi Hestia ini adalah Dewi yang paling dicintai dan dihormati oleh manusia. Karena Hestia adalah dewi rumah tangga, keluarga dan api tungku yang tak pernah padam. Dia juga disebut sebagai Dewi Perawan sama seperti Athena dan Artemis, mereka tidak menikah dan tetap perawan.

    Aku pengen seperti Dewi Hestia yang dicintai dan juga dihormati (titel dewi perawannya aku gak mau! lol)


    @kezyaindira

    BalasHapus
  17. @chynrm

    Eros. Dewa cinta. Si cupid yang selalu bawa busur dan anak panah. Tembakan panahnya tak pernah meleset. Siapa pun yang kena, maka dirinya akan dipenuhi dengan cinta. Entah ini cinta yang membawa damai atau justru cinta menggebu yang dapat memicu konflik baru karena kecemburuan antar dewa?

    Jika cinta itu membawa damai, mengapa tak ia tembakkan saja semua panahnya pada tiap dewa ya? Supaya tak ada benci, marah, dendam, dan perang sehingga hidup para dewa pun aman dan tentram :D

    BalasHapus
  18. @sitasiska95

    Sebenarnya aku tahu nama Dewa-Dewi Yunani itu dari Novel Percy jackson dan setelah baca novel itu aku jadi suka sama Dewa Kematian, Hades. Hades merupakan putra tertua dari Kronos dan Rea. Dia bersama saudara-saudaranya mengalahkan para Titan dan mengambil alih kekuasaan atas dunia. Zeus, Poseidon dan Hades melakukan undian untuk menentukan tempat kekuasaan dan Hades mendapat dunia bawah.Kalau dari Novel Percy Jackson dikataka bahwa Hades mendapat dunia bawah sebagai tempat kekuasaannya adalah sebagai hukuman karena ia telah melanggar kesepakatan untuk tidak menikah dengan manusia. Yang biki aku suka sama dia adalah diceritakan bahwa salah satu anaknya dengan manusia, Nicko D'Angelo yang menentang dan melawannya habis-habisan dengan mendukung Percy Jackson tetap dicintainya. Hades yang telah lama tinggal di dunia bawah, meski diliputi kegelapan dan kengerian kematian, ternyata tetap memiliki kasih sayang yang begitu besar terhadap anaknya :))

    BalasHapus
  19. Dewa Perang, Ares.
    Entah kenapa saya tertarik pada dewa yang merupakan perwujudan dari pembunuhan ini. Yang saya tahu, saya selalu berhenti lebih lama saat membaca artikel tentangnya daripada dewa-dewi mitologi Yunani lainnya, dan lebih lama lagi untuk mengagumi sosoknya yang tidak pernah benar-benar digambarkan secara tepat. Saya suka bagaimana dia dihubungkan dengan planet Mars, serta keterkaitan yang memang cocok untuk itu. Saya pikir, Mars yang berwarna merah memang menggambarkan dengan baik Ares yang akrab dengan pembunuhan dan darah.

    Akun Twitter: @cha_ichie

    BalasHapus
  20. LFitriani Hood25 Mei 2016 05.41

    Twitter: @LFivesosfam
    Paling suka dewa laut, Poseidon karena dia kan dewa laut. Otomatis mengendalikan laut dan air. Kekuatannya dari air. Tinggal di kerajaan bawah laut. Kesannya menakjubkan banget. Dan yg paling buat aku suka karena aku sendiri nggak bisa berenang. Jadi enak aja kalo misalnya bisa mengendalikan air seperti poseidonposeidon. Mungkin juga karena efek terlalu suka baca percy jackson kali ya.

    BalasHapus
  21. Tyche. Dewi yang katanya paling sulit ditemukan. Banyak orang yang berharap keberadaannya di area pacuan kuda, kasino, tiket lotre, tapi Dia hampir tidak pernah bergaul disana. Dia lebih sering memberikan keberuntungan bagi mereka yang bekerja keras untuk mendapatkannya. Namun terkadang, Tyche mencari acak.

    Yang lucu tentang Tyche, meskipun Dia hampir tidak pernah muncul saat Anda memanggil, tetapi terkadang Ia datang dan lebih memilih untuk mengejutkan Anda.

    Karena Dia adalah dewi Fortuna.

    Dan yah, semoga saya juga beruntung di kesempatan terakhir ini! Ehehe. Terimakasih kesempatannya, Kak :)

    @falfanyfitri

    BalasHapus
  22. @hoshinotika

    Kak, aku mengakui sesuatu dulu. I really love the question! Much! 😄

    Dewa Yunani favorit? HADES tentu saja.
    Hades, si dewa orang mati, raja dunia bawah. Siapa sih yang ga terkesima sama sosok misteriusnya? Dark aura nya? Yaampun, aku suka banget sama dia. Hades mungkin sering tidak dianggap sebagai dewa yunani karena perseteruan dengan kedua saudaranya, itu juga mengapa dia mendapatkan dunia bawah sebagai daerah kekuasaannya. Dia juga sering tidak diundang rapat di olympus. Pokoknya Hades itu dianggap ngga ada dan ditakuti oleh dewa dewi lainnya. Tapi lebih dari pada itu semua. Hal itu justru membuat Hades istimewa bagiku. Kenyataan bahwa ia adalah raja dunia bawah, membuatnya menjadi sosok dark and dangerous. Hades juga memiliki kuasa membangkitkan orang mati, atau hanya sekadar menempatkan orang mati pada padang asphodel.
    Dan jangan lupa dengan Persephone, Hades mungkin menculik wanita itu lalu mengurungnya di dunia bawah, tapi dia mencintai Persephone. Dan itu manis.

    BalasHapus
  23. "Dari semua Dewa-Dewi dalam mitologi Yunani, favorit kalian siapa?"

    Athena. Dewi kebijaksanaan, perang, strategi, usaha, kerajinan tangan, dan akal pikiran. Sebagai dewi perang, ia membanggakan kepandaiannya yang luar biasa. Menurut legenda, ia muncul dalam keadaan dewasa lengkap dengan baju baja. Dari semua anaknya, Zeus memilih Athena sebagai pembawa tameng dan halilintar. Penuh keberanian di medan perang, ia juga paham nilai utama perdamaian dan dikenal sebagai pelindung dan keterampilan dalam rumah tangga. Tak seperti lainnya yang lebih suka menyebut alam sebagai rumahnya, Athena sangat menyukai kota. Kota favoritnya adalah Athena, seperti namanya, dan dimana kuilnya, Parthenon, masih berdiri sebagai salah satu keajaiban dunia.

    Salut saja, seorang dewi yg bijaksana, memiliki sifat melindungi dan memiliki keterampilan dalam rumah tangga, namun juga seorang yg pemberani dan pengatur strategi dalam perang. Benar-benar menggambarkan sosok wanita sejati, ibarat seorang istri dan ibu.

    twitter: @nunaalia

    BalasHapus
  24. @realdianmrani93

    Kalau bicara soal dewa-dewi dalam mitologi Yunani, nama Aphrodite (afrodit) selalu muncul. Sebenarnya, aku tau nama Aphrodite ini dari salah satu film Detective Conan, dimana nama Aphrodite adalah nama untuk sebuah kapal yang memang dipilih dari mitologi Yunani. Awalnya karena film ini, aku pikir afrodit adalah salah satu dewi kelautan. Ternyata setelah googling aku baru tahu bahwa ada dua kisah dibalik afrodit ini, yang pertama disebutkan oleh Homeros dalam Iliad, menyebutkan Afrodit adalah putri dari Zeus dan Dione, tapi legenda ini kurang populer. Yang kedua didasarkan pada Theogonia karya Hesiodos, menyebutkan bahwa Afrodit dilahirkan dari alat kelamin Uranus yang dipotong oleh Titan Kronos dan dilemparkan ke laut. Alat kelamin itu ditutupi oleh buih laut (aphros) dan dari buih-buih itulah Afrodit muncul. Mungkin karena buih-buih inilah film Detective Conan mengangkat nama tersebut untuk nama kapal pada film itu. Aphrodite, yang berarti Venus dalam mitologi Romawi, dikenal sebagai dewi cinta Yunani dan merupakan salah satu dari dua belas dewa dan dewi yang tinggal di Gunung Olympus. Aphrodite juga dianggap sebagai dewi hasrat seksual, erotisme, dan kekuatan perempuan. Karena para dewa takut bahwa Afrodit akan menimbulkan perpecahan di antara para dewa, karena itu Zeus menikahkan Afrodit dengan Hefaistos. Namun Afrodit memiliki banyak kekasih, baik dari kalangan dewa, misalnya Ares. Benar-benar menggambarkan 'kekuatan' perempuan :D

    BalasHapus
  25. @anandanf07

    Kebetulan aku suka banget sama hal yang berhubungan dengan Mitologi Yunani dan Romawi *jadi semangat ikutan kuis, hahaha* :D Dari semua Dewa-Dewi, aku paling suka Poseidon. Sang Dewa Laut, salah satu dari Tiga Besar, anak Kronos dan memiliki lambang trisula yang cantik (love). Dari awal, aku suka Poseidon karena aku cinta dengan laut. Berada di laut itu.. rasanya menenangkan dan menyenangkan. Kalau aku jadi anak Dewa, mau banget deh jadi anaknya Poseidon xD

    Selain itu, dari semua Dewa-Dewi dalam cerita yang aku baca, Poseidon-lah yang paling bijaksana dan berpikiran ‘manusiawi’. Gak kayak Dewa-Dewi lain yang biasanya bertingkah aneh dan sangat ‘kedewaan’ :( Sosok Poseidon jadi berbeda dari yang lain. Dan juga, banyak hal yang dapat diamati di wilayah kekuasaan Poseidon. Istana di bawah laut, bermacam-macam ikan, terumbu karang yang indah, pasti rasanya seru banget kalau bisa menyelam dan menjelajahi lautan (love)

    BalasHapus
  26. Hades. Dewa alam bawah alias neraka. Hmm, aku suka Hades karena kemunculannya di film Percy Jackson. He's rocking. Looks like Mic Jagger ketimbang raksasa berapi merah dengan tanduk panjang. Walau sebenarnya aku nggak percaya juga sih Hades itu beneran ada hehehe.
    I feel pity for him, karena dia sering dijuluki dewa kematian padahal sebenarnya bukan. Wong dia dapat jatah tahta dewa alam bawah pun akibat hasil undian kok.
    Betapa seramnya alam bawah itu, betapa mirisnya suara-suara teriakan orang yang minta pertolongan, dan betapa kengerian itu membuat bulu kuduk meremang. Intinya ya satu, Hades mengingatkanku pada dunia kematian, jadi siap-siaplah suatu saat manusia meninggalkan dunia.

    @murniaya

    BalasHapus
  27. Nama : Miftahur Rizqi
    Twitter : @MR_Laros

    "Dari semua Dewa-Dewi dalam mitologi Yunani, favorit kalian siapa?"

    sebenarnya aku tidak terlalu tau tentang dewa-dewi mitologi Yunani, tapi setelah baca review diatas sekaligus nanya mas Google, pengetahuanku bertambah. jadi, dari semua dewa-dewi mitologi Yunani, aku lebih suka dewa HERMES, dewa Hermes adalah dewa yang selalu bergerak, ia juga pelindung para pengelana (tau dari mas Google). namun, ia juga dewa pencuri dan perdagangan, *mungkin krn dewa ini ada merk fashion bernama sama* hehe..
    aku suka dewa Hermes ini karena ia ahli dibidang perdagangan, aku memang suka dengan perdagangan, tapi bukan pencuri seperti dewa ini. jadi, intinya aku suka dewa Hermes karena aku suka perdagangan.

    BalasHapus
  28. Twitter account : @Izzatul_Laily25

    I think it's gonna be Athena. Dari sekian dewa mitologi Yunani, kayaknya Athena perfect banget. Ga ada celah keburukan di ceritanya. Athena yang dijuluki dengan Dewi kebijaksanaan, perang, dan strategi bener-bener match sama kisahnya. Dia punya sifat bijaksana dari ibunya dan kekuatan dari ayahnya, and its really perfect combination that create Athena. Pantesan Zeus jadiin Athena sebagai kesayangannya. Selain itu karena sifatnya yang banyak memandu dewa lain dalam peperangannya, dia juga dijuluki sebagai Dewi Pelindung Para Dewa.
    Terlepas dari hal itu, kekuatan dan kebijaksanaan yang dipadukan jadi hal yang sangat bagus. Kekuatan yang dimiliki bakal dia gunakan dengan bijak.

    BalasHapus
  29. @PidaAlandrian92

    Yang menjadi favoriteku adalah dewi Athena.

    Kenapa Athena menjadi favorite ku, karena Athena atau juga di sebut dengan Pallas Athena karena ia merupakan dewi kebijaksanaan, dewi strategi, dan dewi perang. Selain itu Athena juga sering menolong para pahlawan. Athena merupakan seorang dewi yang di gambarkan sebagai sosok perempuan yang dewasa bahkan Athena tak pernah digambarkan dengan anak kecil. Walaupun Athena tak memiliki seorang kekasih ataupun suami sehingga ia di juluki Parthenos (perawan). Athena merupakan anak kesayangan dari dewa Zeus dan ia mewarisi kekuatan ayahnya, dan kebijaksanaan dan kepandaiannya ia warisi dari ibunya Dewi Metis.

    Sosok yang bijaksana dan menolongnya yang membuat aku sangat menyukai dewi Athena ini. walaupun tanpa seorang kekasih dan suami ia bisa membentengi dirinya dari orang-orang yg ingin mencelakai dirinya seperti Hefaistos yang mencoba utk memperkosanya tapi GATOT (gagal total), oleh karena itulah ia di juluki dewi perang dan dewi strategi.

    Sosok Athena ini membuatku dapat menarik kesimpulan walaupun kita seorang perempuan kita harus mempunyai strategi perang kalau2 kita suatu hari menghadapi masalah yg tak seorang pun dapat menolong kita. Dan sifat bijaksana dan penolongnya yg ramah terhadap orang lain.

    Sekian..

    Salam manis Pida Alandrian

    BalasHapus
  30. Humaira
    @RaaChoco


    "Dari semua Dewa-Dewi dalam mitologi Yunani, favorit kalian siapa?"


    Hera. Istri Zeus dan ratu para dewa, yang merupakan dewi pelindung pernikahan, pengorbanan, juga kesetiaan.


    Jujur saja, aku tertarik dengan Hera karena nama Hera adalah panggilanku sehari-hari di rumah dan itu pemberian mamahku tercinta. Pernah dulu sekali aku bertanya pada mamah, "mengapa nama panggilanku jauh sekali dengan nama asliku?". Mamah cuma berkata jika itu nama yang pertama kali terlintas dibenak beliau, sekaligus untuk memudahkan memanggilnya. Lalu aku berpikir, "memangnya Hera ada artinya?". Sejauh ini aku baru mengetahui jika Hera itu nama mitologi Yunani itu saat sudah remaja. Dan ternyata makna nama Hera itu benar-benar membuatku tercengang. Semoga saja aku bisa melindungi pernikahanku kelak, berkorban untuk orang-orang tercinta juga selalu menjunjung tinggi kesetiaan. Meski hanya mitologi semata, tapi aku berharap bisa memiliki sikap dan sifat seperti itu.

    Makasih kaa :) :)

    BalasHapus
  31. Dewa Apollo. Dewa cahaya, musik, pengobatan, pemanah dan penyair. Dewa yang pertama kali mengajarkan seni pengobatan dan pemyembuhan untuk manusia. Dewa yang paling membantu manusia untuk mencapai potensi sepenuhnya. Sukanya sih bukan karena Dewa Apollo ini pandai dan baik aja, tapi juga karena aku suka seni.

    Ini mungkin hampir terlambat. Tapi, ketimbang nggak sama sekali? ^_^

    @Mirayanti97

    BalasHapus
  32. Dari semua Dewa-Dewi dalam mitologi Yunani, favorit aku DEWI APHRODITE

    Dewi cintanya Yunani, tinggal di Gunung Olympus.
    Ia adalah simbol kekuatan perempuan, simbol asmara, dan kecantikannya. Dewi ini mudah sekali tersenyum dengan senyumnya yang menawan, membuat kagum para lelaki. Buku #TwoSouls juga memiliki cover yang cantik dan menawan, dengan warna pink yang girly ditambah isi yang bisa membuat seseorang terpikat untuk memilikinya.

    @lisasent

    BalasHapus
  33. Favorit saya Zeus. Bukan karena dia rajanya dewa-dewi sih lebih kepada bagaimana dia dalam kisah mitologinya punya anak-anak yang hebat. Tidak ada anak luar biasa bila tanpa orang tua yang lebih luar biasa lagi. Dan bagi saya sih wajar, kalau Zeus dijuluki rajanya para dewa karena dia memang patut buat predikat itu. Kekuatan, pesona, kewibawaan. Dia punya itu. Yah kecuali dia yang sering berhubungan dengan banyak wanita, saya rasa sikap dan sifatnya raja sekali lah.

    @tewtri

    BalasHapus
  34. akun twitter : @MukhammadMaimun

    "Dari semua Dewa-Dewi dalam mitologi Yunani, favorit kalian siapa?"

    Hercules. Anak Zeus dengan manusia yang menjadikan ia setengah dewa setengah manusia.
    Ia selalu menolong orang yang lemah dalam membasmi monster dan kejahatan. Dia lambang manusia yang kuat, baik hati dan juga gagah. Sang superhero sejati dari mitologi Yunani

    BalasHapus
  35. Twitter : @ainekayul

    Dari sekian banyak dewi-dewi Yunani, yang menjadi favorit itu Ares; dewa perang. Mungkin mirip ya sama Athena, sama-sama tentang perang. Tapi Athena lebih ke arti dewi perang dalam konitasi positif, sedangkan Ares lebih ke konotasi negatif.
    Ares menyukai kekerasan dan pembunuhan serta pembantaian. It's like... He can't live a life without killing. Perang bagi Ares seperti manusia menghirup udara; kebutuhan mutlak.
    Namun dibalik itu semua, entah kenapa saya merasa bahwa yang disebutkan di literasi-literasi yang ada tidak sebagaimana adanya. Saya yakin bahwa dibalik sikap kejamnya, Ares hanya seorang laki-laki yang rapuh dan memiliki banyak luka; yang dengan terjun ke medan peranglah sang dewa menutupinya. That's why aku suka banget sama Ares; dia seperti butuh tempat bersandar dan seseorang untuk meyakinkannya.

    BalasHapus
  36. twitter : @anabahtera

    Jawaban:
    tak terlalu banyak tau tentang dewa dewi.. tapi setelah mencari tau, aku tertarik dengan Dewa Athena karena bijaksana dan terkenal dengan dewi yang menolong pahlawan. jadi kesannya dewi ini sangat baik dan disenangi oleh warga pada saat itu.

    BalasHapus
  37. Twutter : @lisyaann\

    Aku selalu terpukau sama Athena sang dewi kebijaksanaan sekaligus ahli strategi perang. Peragainya yang seperti perempuan tangguh mungkin ada baiknya bisa menjadi kiblat para perempuan di dunia untuk selalu kuat dalam menghadapisegala permasalahan dunia dan jangan berputus asa dahulu sebelum menemukan jalan keluar. Sosok Athena menjadi idola buatku.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...