Senin, 02 Mei 2016

Resensi: The Chemistry of Marriage Karya Asri Tahir | Blog Tour + #KuisBuku

Judul buku: The Chemistry of Marriage
Penulis: Asri Tahir
Penyunting: Lia Linawati
Ilustrasi, perancang sampul: L.L
Penerbit: Self-Published
ISBN: 978-602-70121-2-7
Cetakan pertama, Maret 2016
352 halaman
Buntelan dari @as_sharliz
Gadisa Elora:

“Dia itu seperti bintang di langit; indah dipandang, tapi tidak untuk dimiliki.”
Aku selalu berpikir seperti itu tentang Rangga. Dalam diam, aku mengaguminya. Cukup aku yang tahu … karena hanya menunggu waktu. Mungkin sebentar lagi, aku akan jatuh cinta pada pesonanya.

Rangga Abimanyu:
“Wanita mana pun boleh, tapi yang berkerja di GreenLine terlarang.”
Sejak pertama kali saya bertemu Gadisa, dia mencuri perhatian saya dengan sikap yang apa adanya. Demi dia saya melanggar prinsip yang saya buat, tapi Gadisa dengan keras kepala menampik baik perasaan saya ataupun apa yang dia rasa. Butuh kesabaran juga waktu agar Gadisa menerima bahwa sayalah pria yang menempati hatinya. Untuk dia, saya akan terus menunggu.
***
Mereka dua orang yang terikat dalam pernikahan, yang mana saling meragu atas perasaan juga arti kebersamaan mereka. Namun waktu memberikan mereka kesempatan untuk meyakinkan bahwa yang mereka rasa adalah nyata.
Gadisa
Pernikahan impian bagiku adalah menikah dengan orang yang aku cintai. Berjanji hidup bersama hanya dengan satu orang hingga maut memisahkan kami. Ya, klasik dan terlalu 'mainstream' tapi kupikir formula untuk hidup bahagia adalah sesederhana itu.
Rangga
Saya pernah bermimpi untuk menikahi seorang perempuan yang menurut saya tidak akan pernah membuat saya bosan hingga nanti kami tua bersama. Tapi sayang, impian itu harus kandas dan berganti dengan pernikahan yang tidak pernah saya duga sama sekali akan terjadi secepat ini.
Banyak teman sekantor Disa, khususnya kaum hawa yang memuja Rangga, creative director sekaligus salah satu pemilik GreenLine. Rangga sangat tampan, dia juga suami idaman, begitu kata teman-teman Disa kalau melihat atasannya. Karena termasuk karyawan baru dan ketika pertama bekerja Rangga sedang dinas ke luar kota, Disa tidak langsung tahu bagaimana sosok atasannya tersebut, dan pertemuan pertama terbilang mengenaskan karena Disa, sebagai anak baru, dikerjain oleh teman-temannya dan dibuat malu dihadapan Rangga.

Bagi Disa, Rangga memang seperti yang teman-temannya bilang, dia tampan, pintar, dan berpengetahuan luas, dia juga sangat profesional dalam bekerja, dia selalu memberikan masukan yang positif bagi Disa, selalu memiliki ide-ide cerdas, bahkan tidak segan menunjuk Disa sebagai project leader salah satu event besar yang dipecayakan kepada GreenLine. Namun, Rangga susah diraih, Disa mencoba ralistis, pacarnya yang super model, Renata sangatlah cantik, Disa tidak ada apa-apanya, selain itu Disa juga terjebak friendzone dengan Erick, sahabat yang diam-diam Disa sukai, yang akan melanjutkan studi ke luar negeri.

Kejadian yang tidak mereka harapkan terjadi ketika tim marketing dan tim kreatif GreenLine memenangkan tender besar maka akan ada pesta perayaan. Rangga habis putus dengan Renata karena pacarnya ketahuan selingkuh, dia menjadi sorotan berita gosip dan incaran banyak karyawan, khususnya kaum hawa. Sedangkan Gadisa, sebelum pergi ke pesta dia bertemu dengan Erick. Pada kesempatan tersebut Disa juga ingin mengungkapkan perasaanya, ternyata malah membuat Disa patah hati. Disa pun meluapkan kekecewaan dan patah hati di pesta yang diadakan GreenLine, yang lokasinya tidak jauh dari tempat dia dan Erick bertemu. 

Singkatnya, Disa mabuk parah dan ditolong oleh Rangga, karena tidak tahu alamat dan tidak melihat ada teman Disa yang dimintai bantuan untuk mengantar pulang, Rangga pun membawanya ke hotel. Tidak ada kejadian apa pun, tapi karena Rangga sedang menjadi sorotan pasca putus dari Renata, hal tersebut diketahui publik, bahkan masuk televisi. Bagi keduanya tidak menjadi masalah besar, tapi bagi orangtua Gadisa, hal tersebut menjadi aib, mereka mendatangi Rangga untuk meminta pertanggung jawaban, orangtua Gadisa meminta Rangga untuk menikahi anak mereka.
"Menikah itu perkara hati, bukan hanya urusan logika. Memang mudah dijalani kalau kamu hanya berpikir dengan logika, tapi tidak dengan hati kamu... hati kamu dan dia yang akan menentukan, apakah kalian bisa menerima satu sama lain atau tidak hingga kalian bisa menjalani sebuah pernikahan yang sebenarnya."
"Menikah itu urusan seumur hidup, janjinya bukan sama pemerintah aja tapi juga sang pemberi kehidupan, Pak."
"Nah kan, kalau bisa mengurus diri sendiri, kenapa cari istri? Kata ibu saya, Pak, saat laki-laki mencari istri adalah ketika dia tahu, dia harus membagi hidupnya dengan seorang perempuan."
Ujian setiap laki-laki yang tidak pernah diketahui oleh para perempuan, laki-laki itu tidak boleh menunjukkan kelemahannya, tidak boleh menunjukkan ketakutannya, tidak boleh goyah pada apa yang telah mereka pilih... dan yang terberat adalah harus terus bersikap segalanya baik-naik saja, meski keadaan tidak berkata demikian.
The Chemistry of Marriage adalah buku ketiga dari penulis yang diterbitkan, walau sebenarnya merupakan kakak sulung dari Not A Perfect Wedding dan Over the Rain, alias buku pertama yang ditulis Asri Tahir. Buku ini diterbitkan secara self published, sehingga cukup dimaklumi kalau masih banyak kesalahan penulisan alias typo, tapi dari segi gaya bercerita, saya masih mendapatkan ciri khas penulis, gaya tulisan yang sederhana tapi emosi para tokohnya bisa mudah dirasakan pembaca. Masih mengusung tema pernikahan, di mana saya merasa ini salah satu kelebihan penulis, saya tidak melarang kalau Asri terus menerus menulis domestic drama, banyak hal yang bisa diangkat dalam permasalahan rumah tangga, tapi kalau sesekali ingin keluar jalur, saya tetap akan membacanya, sudah kadung ngefans sama tulisannya :D.

Dibandingkan dua buku sebelumnya, The Chemistry of Marriage jauh dari drama, buku ini yang paling realistis dan konfliknya kerap kali kita temui di kehidupan nyata. Saya suka bagaimana Rangga mengatasi masalah yang menimpa pernikahannya, dia memberikan ruang, tapi tetap dalam jarak yang dekat, langsung ada ketika dia dibutuhkan. Sedangkan Gadisa, mungkin kebanyakan perempuan akan melakukan hal sama seperti dirinya, menarik diri dan beranggapan semua kesalahannya. Saya puas dengan cara penulis mengatasi konflik rumah tangga Rangga dan Cinta. Tema persahabatan dan dunia kerja juga cukup kental, dan yang paling saya suka adalah karakter kedua tokoh utamanya. 

Dari semua tulisan Asri yang sudah saya baca, Gadisa bisa dibilang heroine yang paling favorit, dia jauh dari kata manja, dia sangat apa adanya, ceria, cerdas, berpikiran terbuka, mudah berteman dengan siapa saja, punya prinsip tegas tentang apa yang dia inginkan, misalkan saja ketika Rangga melamar dirinya dan dia tolak, Gadisa tahu kalau mereka tidak saling jatuh cinta, tidak ingin ada pernikahan hanya gara-gara terpaksa, selain itu dia juga ingin melanjutkan sekolah ke luar negeri. Gadisa memiliki cita-cita yang ingin dia raih, dia ingin sukses dalam pekerjaan, dia ingin menikah dengan orang yang dia cintai.

Sedangkan Rangga sendiri, dia digambarkan cukup playboy, tapi saya tidak merasakannya, hahaha, menurut saya dia itu malah terlalu baik dan bodoh, mau saja diperdaya oleh Renata, saya setuju dengan keputusan yang kerap dia ambil, misalkan saja dengan tegas putus dan tidak ingin ada hubungan lagi dengan Renata, mengoreksi dengan jeli apa yang dikerjakan Gadisa dan tidak sungkan berkata kalau ada yang salah tapi juga memberikan masukan membangun, serta pilihannya untuk menikahi Gadisa. Rangga memiliki masa lalu tidak menyenangkan, dia besar tanpa kehadiran seorang ayah, ibunya membesarkan Rangga sendirian, Rangga tidak ingin seperti ayahnya yang tidak bertanggung jawab. Dia mencoba menjadi suami yang baik, sabar dan mencintai dengan tulus.

Adegan favorit saya adalah ketika Rangga mengungkapkan perasaanya, kata-katanya romantis dan manis banget deh :D
"Kamu harus inget, aku mencintai kamu dalam keadaan apa pun. Sekalipun nanti kamu melakukan kesalahan," Rangga tersenyum sambil menggenggam tangan Disa, "atau aku yang melakukan kesalahan, jangan berpikir untuk pergi. Tolong, tetap bertahan sampai kita bisa membuatnya benar."
Buku ini tentang kehilangan, tentang bagaimana kita belajar percaya kepada pasangan kita, tentang kadang sebuah pernikahan tidak melulu indah, ada kalanya tidak sesuai harapan dan saling menyakiti, tapi kalau semua dijalani bersama-sama, hal tersebut tidak akan seburuk yang dibayangkan :D

Recommended bagi yang menyukai kisah pernikahan atau genre domestic drama, cukup aman dibaca kok, tidak ada adegan hot yang bikin kipas-kipas. Buku ini juga disertai testimoni dari pembaca Wattpad, jadi bagi kalian yang sebelumnya sudah pernah membaca dan memberikan komentar di Wattpad, siapa tahu nama dan komentar kalian ada di buku ini.

4 sayap untuk Rangga dan Gadisa.


Book trailer The Chemistry of Marriage, mbak Asri selalu juara kalau urusan book trailer, totalitasnya ketara sekali. Btw, model ceweknya manis banget, sesuai dengan karakter Gadisa :D




Saatnya Kuis Buku!
Bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia berkesempatan mendapatkan satu buku The Chemistry of Marriage karya Asri Tahir secara gratis!
Caranya:
1. Follow blog Kubikel Romance via GFC (Google Griend Connect) atau Google+
2. Follow akun twitter @as_sharliz dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya, sertakan hastag #TheChemistryofMarriage, boleh mention kedua akun di atas.
4. Pertanyaanya apa ya? Hahaha, saya bingung nih. Ini saja ya, dengan menyertakan akun twitter kalian, jawab pertanyaan ini di kolom komentar: bagi yang sudah pernah membaca buku Asri Tahir, kasih tahu pendapat kalian tentang tulisan Asri Tahir, atau apa saja, buku yang paling disuka atau buku pertama yang dibaca. Bagi yang belum kalian bisa berkomentar apa saja, misalkan buku yang Asri Tahir yang sejak dulu pingin dibaca tapi belum kesampaian, tentang buku terbaru atau tentang pendapat ketika membaca tulisannya di Wattpad.

Bebas pokoknya, gampang kan? Kuis buku berlangsung sampai tanggal 8 Mei '16, pengumuman pemenang di postingan ini juga. Semoga beruntung :D


*UPDATE*

Saatnya pengumuman pemenang, terima kasih buat semuanya yang sudah ikutan, berikut adalah nama pemenangnya...
@btgmr

Selamat ya, nanti saya akan hubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiah, buat yang lain jangan putus asa karena masih banyak kuis buku menanti di Kubikel Romance, terus pantengin dan follow :D. Kalian juga masih bisa berkesempatan mendapatkan buku ini di blog selanjutnya, untuk jadwal lengkap silahkan lihat di banner, semoga beruntung :D

24 komentar:

  1. Jujur belum pernah baca bukunya Asri Tahir dan pengen banget baca bukunya terutama sama buku yang sekarang ini mau dibagi secara gratis "The Chemistry of Marriage" alasan saya pengen banget sama buku ini??? Sebagai orang yang sudah menikah dan saya menganggap bahwa pernikahan adalah ikatan suci dengan janji yang sakral, namun seiring waktu berjalan semakin bertambahnya usia pernikahan itu sendiri tidak sedikit pasangan yang merasa bahwa chemistry antara suami istri semakin berkurang, banyak pasangan yang merasa tidak bahagia menjalani pernikahan yang sudah dibina. Awalnya penuh cinta tapi tiba-tiba hambar lalu terasa menyiksa lama-lama seperti neraka. Ini kadang terjadi dalam hubungan pernikahan. Cinta yang seharusnya membawa kebahagian dan kasih sayang dalam berumah tangga malah terjadi sebaliknya. Lalu bagaimana memupuk cinta dalam ikatan pernikahan agar chemistry antara pasangan suami istri terasa nyata sehingga sebuah pasangan bisa bersama-sama bertahan dalam kondisi apapun. Membaca buku ini adalah salah satu jawabannya! saya yakin banyak pembelajaran yang bisa diambil dari buku ini. Seperti kata mba Sulis Buku ini tentang kehilangan, tentang bagaimana kita belajar percaya kepada pasangan kita, tentang kadang sebuah pernikahan tidak melulu indah, ada kalanya tidak sesuai harapan dan saling menyakiti, tapi kalau semua dijalani bersama-sama, hal tersebut tidak akan seburuk yang dibayangkan :D btw ini serasa curcol juga secara dalam kehidupan rumah tangga sayapun sering merasakan kerikil2 yang menerpa kehidupan rumah tangga saya. So, pilih saya dong untuk dapetin satu buku The Chemistry of Marriage karya Asri Tahir secara gratis! Penasaran bgt!!! akun twitter: @rie_bundaAzka

    BalasHapus
  2. Sedikit melenceng sebentar,sejak dulu saya selalu main aman dengan membaca buku dengan jenis komik, kumpulan cerpen dan puisi saja. Buku fantasi dan buku yang sedang digemari banyak orang biasanya saya kurang tertarik. Semacam kayak males kalau semua orang ikut-ikutan ngomongin,wq.

    Hal ini menyebabkan akhir tahun lalu saya kehabisan bahan bacaan karena penulis kesukaan saya tidak sedang ada rencana menulis buku baru dan buku-buku yang dijual di toko rata-rata berjenis buku yang bukan saya banget.

    Buku-buku tersebut biasanya berjenis YA(ini saya baru tau jenis ini dan penjelasan lengkapnya 3 minggu yang lalu) yang diterbitkan oleh penerbit khusus(yang saya juga baru tau). Saya sempat penasaran dengan jenis buku ini, mau membeli takut kecewa tapi isi timeline twitter dan goodreads itu semua.

    Sampai saat ini, saya masih belum membaca buku berjenis YA. Untuk perdana maunya pinjam punya teman dulu baru kalau cocok coba-coba beli judul yang lain. Tapi karena tidak punya teman yang tertarik dengan buku seperti itu jadi saya gak beli-beli.

    ***

    Waktu saya membaca review milik mbak Sulis di Goodreads, saya menangis. Entahlah. Saya tiba-tiba teringat mantan pacar saya yang beberapa bulan lagi akan menikah. Dan ya, gatau kenapa saya jadi mau baca buku ini. Mau punya. Meski cerita di buku berbeda dengan kisah saya, tapi saya dari dulu saklek dan semacam memiliki kesukaan tersendiri pada buku bertema pernikahan.

    Saya ingin memiliki buku ini karena saya ingin mengetahui kisah hidup Rangga dan Gadisa serta menyelami pikiran mbak Asri. Lalu mencoba mengambil bagian baiknya yang siapa tau bisa saya terapkan dalam kisah saya.

    Saya belum pernah membaca buku karya mbak Asri tetapi pernah beberapa kali menemukan salah satu karyanya di online shop buku bekas dan pernah berniat membeli tapi batal karena mahal di ongkir. Jadi, selagi ada kesempatan bisa mendapatkan gratis apalagi ini merupakan buku barunya, ya jadi kenapa tidak saya coba. Seperti kata salah satu lirik lagu di JKT48, ''jika tak dicoba tak akan tau''. Jadi ya, siapa tau saya beruntung XD

    Buku ini sepertinya bukan termasuk kategori YA, tak masalah. Tapi membaca cerita mbak Sulis yang mengatakan bahwa ini self publish jadi semakin membuat saya ingin memilikinya. Ngomong-ngomong, saya nggak tau suasana cerita saat Rangga mengungkapkan perasaannya dengan jelas dan membaca review singkat milik mbak Sulis saja saya nangis. Apalagi membaca dan mendapatkan gambaran langsung dari cerita di bukunya ya, sampai nangis mbleber mungkin T_T

    Semoga saya beruntung!
    Maila'ul izza annabiila | Jakarta Barat | @mailaul | https://twitter.com/mailaul/status/727346365940948994

    BalasHapus
  3. Nama: Farikhatun Nisa
    Twitter: @littlepaper93

    Jawaban: Aku termasuk yang belum pernah membaca cerita karya Kak Asri Tahir. Bahkan aku baru mengenal nama penulis novel bersampul manis ini. Aku tertarik dengan novel ini ketika baru melihat sampulnya yang begitu menarik. Namun, saat membaca review-annya Kak Sulis, cerita Rangga dan Gadisa tak selamanya semanis desain sampulnya. Pengin berkenalan dengan gaya bercerita Kak Astri dan berharap bisa mengenal sosok Rangga yang tercipta dari imajinasi Kak Astri ini. Dan, berharap bisa mengambil banyak pelajaran dari pernikahan Rangga dan Gadisa sebagai bekalku dikehidupan seperti mereka nanti. :)

    BalasHapus
  4. Aku jadi follower Mba Asri Tahir di wattpad, dan cerita The Chemistry of Marriage ini sempat aku baca walaupun sudah lupa-lupa ingat hehehe...
    Tapi seingatku aku suka ceritanya dan jadi salah satu favoritku. Mba Asri menulis ceritanya dengan sangat menarik dan asik untuk diikuti. Rasa tulisan Mba Asri tuh komplit, bikin senyum-senyum, geregetan, gemas, ketawa sendiri, sampai meneteskan airmata. Kisah tentang pernikahan selalu menarik buat aku, ada banyak pelajaran yg bisa disimak dan adegan romantis yg bisa ditiru :D

    Aku penasaran dengan novel Mba Asri yg sudah terbit seperti Not a Perfect Marriage dan Over Rain, tapi belum sempat beli, belum ada dana tepatnya hehehe :p Dulu aku tidak sempat membacanya di wattpad karena keburu dihapus :(

    Walaupun sudah pernah baca TCOM ini, aku masih tetap berharap bisa dapat novel ini untuk koleksiku :D

    Wish me luck ^^

    @nunaalia

    BalasHapus
  5. Saya sudah pernah baca yang judulnya Not A Perfect Wedding. Itu satu-satunya novel dari Asri Tahir yang pernah saya baca. Semoga bisa nambah lagi. Hehehe.
    Menurut saya, novel itu sangat menghibur. Tidak hanya ada sisi romantis serta gemuruh masalah di rumah tangganya saja, tetapi juga sisi humornya secara spontan yang muncul tiba-tiba. Kalau harus memberi rating, maka akan saya beri 4 atau 5 bintang. Terlepas dari beberapa kekurangan atau kejanggalan yang saya rasakan, bagi saya itu tidak terlalu masalah karena yang terpenting adalah seberapa nyaman saya bisa menikmati karya tersebut.
    Saya suka sekali dengan tulisan dari Asri Tahir tentang pernikahan dan mengemasnya jadi sebuah cerita fiksi. Tidak heran jika 3 novelnya ini sangat laris dan sudah terbit di lini yang tepat. Maka dari itu, saya tidak sungkan untuk mencicipi karyanya yang lain. Terima kasih :)

    @btgmr

    BalasHapus
  6. Sedari dulu selalu mau baca Not A Perfect Wedding _ Asri Tahir karena penasaran gimana rasanya nikah sama calon kakak ipar sendiri. Pernikahan yang tadinya didamba-dambakan seketika jadi tragedi. Naudzubillahiminzalik.
    Ikutan di blogtour kemarin, tapi belum rejeki.

    Nama: Dian Maya
    Domisili: Makassar
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/727400833885700096

    BalasHapus
  7. @oneonlygzb

    Jawaban :
    Aku belum pernah baca novel karya Asi Tahir. Tapi novel The Chemistry Of Marriage ini membuat ku tertarik karna jalan ceritanya yang berbeda. Di tambah aku memang suka novel bertema Le Marriage. Buat belajar juga sih, mana tau di antara banyak kisah pernikahan yang ada di novel, salah satunya terjadi padaku.
    Kisah perjalanan pernikahan mereka cukup tiba-tiba, tanpa perencanaan. Pasti berat banget karna pernikahan itu sakrar banget, tidak seperti pacaran kalau tidak cocok bisa minta putus. JAdi aku tertarik untuk mengetahui lebih dalan jalan ceritanya, bagaimana mereka merajut cinta, menghadapi masalah bersama-sama. Karena mereka adalah pasangan suami-istri sudah banyak hak dan kewajiban yang akan mereka jalani.

    BalasHapus
  8. @PidaAlandrian92

    Pertama kali tau nama mbak Asri Tahir di dunia orange (wattpad). Cerita-ceritanya di wattpad luar biasa.. pertama kali aku baca ceritanya yg judul not a perfect wedding, tp yg versi wattpad. Dan tau gak sih awalnya aku kesel banget dengan cerita ini. Aku udah baca sampe pertengahan, lg dag-dig-dugnya baca, tb2 udah di gantungin. Awalnya sempat bingung juga krn waktu itu aku masi pemula di wattpad, jd belum tahu menahu cerita wattpad yg di bukukan/di terbitin. Jadi singkat cerita waktu itu ada update, aku seneng banget yg di tunggu akhirnya muncul. Tapi… yg update bkn ceritanya malah info ttg penerbitan dan PO sebagainya *kesel nggak tuh? Kesel banget pasti*. Tp aku maklum juga sih, namanya juga penulis pasti berharap banget kl tulisannya bs di terbitkan. (itu curhatanku ttg not a perfect wedding).

    Untuk cerita Langit Malam dan Over The Rain aku udah baca sampe tamat di wattpad *alhamdulilah banget* keberuntungan lg berpihak pada ku waktu itu. Krn setiap update cerita aku pasti lgsung baca, dan yg namanya nunggu updetan itu hrs ekstra sabar, kl nggak penulisnya ngamuk nggak di lanjutin lg ceritanya *bahaya(?)*. Dan cerita seri ini yg paliiiiing membuat aku baper banget-banget deh. Luar biasa mengguras emosi pembaca. Tiap selesai baca partnya, pasti lgsung koment. Aku suka dengan seri cerita ini. Kenapa? Karena nama tokoh2nya unik.

    Kalau aku perhatikan dr gaya menulisnya mbak Asri ini, mbak asri pintar banget bisa mengikutsertakan emosi pembaca ke dalam ceritanya. Dan aku klop banget dengan karya2nya, nggak membosankan malah menghanyutkan *hehehe*. Di setiap ceritanya pasti ada aja kesedihan yg ikut serta, dan aku pun ikut merasakan apa yg di rasain oleh peran2 tokoh yg di ceritanya. Seperti sedih, senang, kecewa dan perasaan2 lainnya.

    Sekian
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  9. @rinicipta

    Aku udah pernah baca novelnya mbak Asri yang Not A Perfect Wedding. Pengin baca Over The Rain dan The Chemistry of Marriage juga tapi belum kesampaian nih huhuu.. Untuk penulis pemula, mbak Asri termasuk produktif dan sangat sukses dengan karya debutnya. Kalau kataku sih, mbak Asri ini punya ciri khas sebagai penulis spesialis tema pernikahan karena setiap tulisannya yang berkaitan dengan pernikahan seperti punya nyawa!
    Setelah membaca Not A Perfect Wedding, aku cukup lama mengalami 'susah move on' dari Pram *eh* maksudku dari ceritanya. Meskipun idenya itu bisa dibilang 'nggak mungkin' tapi melalui penceritaan mbak Asri, cerita itu dihidupkan. Nyatanya dalam kehidupan sehari-hari juga ada kejadian seperti itu, jadi sangat relate. Interaksi Pram dan Raina sangat mengalir, emosinya dapet banget. Penggambaran sikap tokoh-tokohnya sangat kuat melalui interaksi mereka. Salut banget sama mbak Asri yang tampak sangat memahami alur pikiran laki-laki dewasa. Aaah, baca Not A Perfect Wedding aja serasa naik roller coaster. Seru! Pengin baca novel beliau yang lain juga :)

    BalasHapus
  10. Twitter : @Safaira01

    》 Pertama baca tulisan kak asri itu di wattpad dari yang NAPW, ceritanya selalu aku ikuti tiap update, sampe kabar mau diterbitkan. Aku blum baca bagian yang mendekati ending, lalu yang Over The Rain, aku suka banget cerita yang ini. Dulu di wattpad OTR itu sekuelnya Langit Malam, ceritanya bagus apalagi pas bagian yang sedih, menyentuh hati rasanya tuh nyess di hati aku. Aku juga selalu mengikuti kisah OTR lgi diwatty,, tak lupa juga menabur bintang dan meninggalkan jejak. Saat di perjalanan ke luar kota pun aku baca kisahnya ka asri (yang OTR) Walau telat 3/4 jam dari update-an publishnya yang penting aku gak terlewat baca lanjutannya. Hehee...
    Dan kisah OTR pun endingnya bikin penasaran, aku sampe saat ini belum tau endingnya kayak gimana. T_T . Cerita OTR ini yang paling baper dan menguras emosi, kadang aku sampe nangis bacanya, bagian sedihnya tuh maksimal.
    Dan saat ada challenge OTR untuk membuat kelanjutan kisah dari Bintang atau Friska versi sendiri, aku juga ikut serta, dengan judul "With You" ( https://www.wattpad.com/story/42905735?utm_content=share_writing&utm_medium=link&utm_source=android ). Walaupun gak menang tapi aku senang bisa berpartisipasi dalam challenge ini. Melatih aku juga dalam menulis cerita :D

    Dan cerita TCOM ini aku belum sempet bacanya, :( cuman baca sampe bab 1doang di wattpad. Aku pengen banget baca cerita yang OTR dan TCOM ini (karena yang NAPW aku pernah pinjem). Apalagi ini buku paling baru dan covernya juga lucu. Aku penasaran kisahnya seperti apa?. Kak Asri selalu mengangkat tema pernikahan, aku selalu suka dengan tema pernikahan yang konfliknya bermacam-macam, (apalagi bikin nyesss ke hati #baperan) aku penasaran kali ini tema pernikahan dengan konflik yang seperti apa yang kak asri suguhkan?. Ending dari Rangga-Gadisa bakal kayak gimana?
    Dan aku juga belum punya satupun bukunya kak asri, walau sempet baca yang NAPW dan OTR di watty gak sampe ending, tapi lebih enak dan menyenangkan baca buku fisik bukan? Karena aku lebih suka baca buku fisik daripada ebook hehee. Tapi yang ebook juga aku suka baca *kalo lagi mood*
    Jadi karya kak asri itu selalu menarik baik dari covernya, sinopsisnya, jalan kisahnya juga konfliknya dan endingnya yang selalu bikin penasaran membuat pembaca bertanya-tanya dan mengira 'kira-kira endingnya seperti apa?' Bagiku cerita kak asri dari yang pernah aku baca semuanya oke dan bagus, pembaca selalu ikut terhanyut dalam tiap bagian kisahnya (bagian sedih maupun bahagia), tak lupa selalu menguras emosi dan ketagihan baca ceritanya kak asri. Ka asri punya ciri khas 'ini gaya bercerita kak asri loh'. :)
    *maaf kalo jawabannya panjang kak* :D

    Makasih GA nya kak. Semoga aku beruntung bisa membawa pulang bukunya kak asri. Aamiin. :)

    BalasHapus
  11. @RaaChoco


    Aku punya buku ka Asri Tahir yang Not A Perfect Wedding. Sebelum aku beli buku itu, aku diberi tahu oleh adikku jika NAPW awalnya di publish di wattpad dan ceritanya menarik. Saat itu ada beberapa bab yang masih ke-save di library adikku, jadi aku membacanya. Cerita yang diangkat tidak biasa tapi cara menceritakan ka Asri benar-benar mengalir begitu saja. Aku tertarik dan penasaran dengan ending yang belum aku tau, jadi aku membeli buku tersebut. Pesan di toko buku online, tapi hingga 2 bulan belum sampai karena stock habis. Begitu baca, aku merasa puas dan lega bisa membaca sampai tuntas. Sejak dari terbitnya NAPW, aku yang ga tau apa-apa tentang wattpad jadi punya akun sendiri buat stalking terus cerita ka Asri Tahir yang lagi di update disana.

    Terus aku baca Langit Malam dan sekuelnya Over The Rain. Cerita yang disuguhkan benar-benar berbeda sekali. Aku bisa merasakan bagaimana perasaan Reza sebagai suami yang diselingkuhi dan Bulan setelah menyesali perbuatannya. Buku ini juga akhirnya naik cetak. Meski aku baca hingga bab akhir yang di publish, tapi ada yang disembunyikan ka Asri dan akan diceritakan di buku yang akan dicetak nanti. Awalnya buku ini akan dibuat menjadi 2, tapi waktu itu ka Asri minta pendapat para pembaca wattpad dan atas saran penerbit juga pembaca, akhirnya dua cerita ini dijadikan 1 buku. Sampe sekarang belum kesempetan beli.

    Lalu hadir lagi kisah Rangga dan Gadisa dalam The Chemistry of Marriage. Cerita ini sebenarnya cerita pertama yang ditulis ka Asri, aku baca versi yang dipublish ulang. Dan mengikuti cerita per chapter sesuai update-an, karena masih ongoing. Menjelang ending tiba-tiba hp rusak, error, baru bener 1 bulan kemudian. Langsung cek wattpad ka Asri, udah update tapi isinya sudah dihapus :'( :'(. Aku tertinggal 3 chapter terakhir, dan rasanya... Aduh ga kebayang deh ka, gereget, kesel, sedih jadi satu. Buku ini akan dicetak self publish.

    Setelah baca NAPW, aku menjadi salah satu penggemar ka Asri yang selalu menantikan karyanya. Tambah lagi satu author favorit yang harus dimiliki bukunya. Ka Asri mampu menceritakan kisah dengan alur teratur dan tidak terburu-buru. Setiap tokoh yang diciptakan berkarakter dan porsinya cukup juga pas disetiap kehadirannya. Feel-nya dapet banget dan enak dibaca. Santai, konfliknya cukup, tidak berlebihan dan mengena di hati pembaca, ga kerasa tiba-tiba udah tamat aja bacaannya. Tulisannya punya ciri khas sendiri yang menjadi identitas ka asri sebagai penulis. Tiga karyanya yang sudah naik cetak semuanya bertema pernikahan, dan aku selalu suka tema itu. Punya banyak cerita dan tak pernah habis untuk diulik.

    Oh iya ka, satu yang pasti setelah baca review ka sulis di atas. Aku liat ada perbedaan dari yang di publish di watty dengan versi cetaknya, yaitu penyebab pernikahan antara Rangga dan Gadisa. Aku jadi penasaran banget sama perjalanan dan ending kisah mereka.

    Semoga aku beruntung dan bisa menuntaskan kisah mereka yang masih jalan-jalan dan menggantung di pikiran. Juga menemani novel NAPW-ku di lemari buku, jadi aku tinggal beli yang Over The Rain.

    Makasih banyak kaa :)

    BalasHapus
  12. Berhubung saya belum suka sama tema Le Mariage jadi belum begitu dapat chemistrinya. Namun, ketika membaca banyak review, tidak ada salahnya menambah wawasan cerita lebih jauh. Nggak cuma teenlit, thriller, romance. Hehhee.. Sudah dapet satu buku over the rain, namun belum sempat baca karena baru beli. Hehhee... Yaa, pengennya sih, bisa baca semua buku mbak Asri, tapi kalau di list teratas. seperti kata mbak Sulis, karena ini kakak sulung dari Not A Perfect Wedding dan Over the Rain, saya pilih 'The Chemistry of Marriage' untuk dibaca pertama.

    BalasHapus
  13. @hensus91

    Aku mau bahas tentang salah satu novel Mbak Asri yang seperti dream come true buatku yaitu Not A Perfect Wedding. Pertama kali tahu dari Wattpad tapi gagal baca karena sudah ditarik untuk diterbitkan. Sedih sekali waktu itu karena dari pembaca semua memberikan komentar positif. Penasaran sama isi cerita apalagi dengan kisah pernikahan kaget yang tidak mengikuti tren perjodohan seperti kebanyakan novel Wattpad.

    Lalu setelah browsing jadi makin pengen punya karena cover dan blurb bikin ngiler. Apalagi penerbitnya mayor jadi makin penasaran sama isinya membuat penerbit mayor jatuh cinta. Kecewa karena selama beberapa bulan dompet gak pernah mendukung. Tapi kemudian seperti mendapat durian runtuh, ada satu teman yang mengirimkan novel ini ke rumah. Satu novel NAPW De Luxe dengan cover yang makin kece. Katanya dia kasihan karena aku selalu bilang mau novel ini dan bosen lihat wishlist-ku dengan cover novel ini. :D Terima kasih, Kau! ;*)

    Bisa dibilang ini salah satu novel yang amat sangat aku inginkan. Bahkan meskipun nama Mbak Asri belum kukenal saat itu. Tema pendekatan setelah halal selalu menggiurkan. :p

    Dan tahu bagaimana perasaanku setelah mengikuti perjalanan Rania dan Pram? Aku jatuh sejatuh jatuhnya. Jatuh sama Pram yang super duper baik. Demi sang adik dia rela menikahi wanita yang tidak dia cintai dan masih sangat mencintai adiknya. Jatuh cinta sama kesabaran Pram menghadapi Raina yang, menurutku, nyebelin karena benar-benar manja. Sebel banget saat Raina mencoba bunuh diri padahal jelas dia punya Pram yang bagaimanapun awalnya tetaplah suaminya dan makin sebel saat dia terus-terusan bilang mau cerai. Iihh, rasanya pengen nyekek dia aja deh. Jadi sedikit ada pikiran “RASAKAN” pas Pram beneran ngasih dia surat cerai. Kaget kan?

    Tapi bagaimanapun aku jatuh cinta pada Pram, aku sempat sebel pas dia mulai suka bohong dan galaunya kumat setelah ketemu Sashi. Pengen teriak di kupingnya, “DIA MASA LALU WOY! GAK INGAT UDAH NGIKAT ANAK ORANG?”

    Tapi semua rasa sebel dan kesal langsung lenyap saat ada adegan romantis antara Pram dan Raina. Terutama saat awal mereka mulai suka tapi masih gengsi untuk bilang.

    Overall, aku merasa gak salah hampir satu tahun menantikan punya dan baca novel ini. Ceritanya enak banget, ngalir dan bikin susah berhenti. Bintang 4 hampir 5 deh :D

    Nice story, Mbak Asri. Semoga sukses selalu dan makin banyak karya berkualitas yang dihasilkan. Ditunggu Armand-nya!! :D

    BalasHapus
  14. @Rinitavyy

    Aku belum pernah baca bukunya mbk Asri, tapi kalo baca tulisannya pernah, lewat wattpad. menurutku tulisannha mbk Asri di wattpad itu seru banget, ada kekocakan yang bikin aku nahan senyum-senyum sendiri--aku bacanya waktu ditempat umum, jadi harus bener2 nahan senyum sambil bawa ponsel--ah, tapi enggak sampai ending sudah di hapus buat keperluan penerbitan. Padahal aku pengen baca endingnya, tapi gak pa pa deh, semoga aja bisa beruntunv ikutan GA disini..

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah baca buku nya Asri Tahir, ini juga pertama kali nya ikutan give away, semoga aku beruntung deh ya dpt buku The Chemistry of Marriage. Aamiin

    Aku belum menikah tapi aku suka sama segala bentuk informasi dalam bentuk apapun yang bisa menambah pengetahuan ttg sebuah pernikahan, ya bisa dijadiin modal utk nanti saat menikah...hehehe..
    Pengetahuan yang paling mudah di cerna itu ya dalam bentuk cerita, seperti buku ini, sebuah cerita dapat dengan mudah di pahami karena kita akan mencoba memposisikan diri, mengajak imajinasi kita untuk mengkhayalkan bagaimana jika cerita itu ada di dalam kehidupan nyata. Melalui sebuah cerita, kita tidak akan merasa bahwa kita sedang di gurui, krn pada akhirnya, kita sendiri yang akan menyimpulkan hikmah apa atau maksud apa yang ingin disampaikan oleh penulis.
    Ya semoga aku berkesempatan untuk meneruskan kisah Rangga dan Gadisa dgn membaca buku ini, bukan hanya mengkhayalkan kelanjutannya dalam pikiran sendiri..hehehhe
    Aamiin aamiin, Hopefully ;)

    BalasHapus
  16. Jujur, aku belum pernah baca tulisan Asri Tahir sebelumnya, jadi belum tahu gaya tulisannya gimana. Tapi, aku pengen banget baca Not A Perfect Wedding dan The Chemistry of Marriage ini. Belakangan ini aku suka sekali baca buku atau review buku yang berkaitan dengan "Marriage". Entahlah kenapa bisa begitu, mungkin karena usia atau teman-temanku udah ada yang married hihihi Tapi, masih 23 loh, masih muda kannn? ;) Sebenarnya belum mau mau amat sih XP Karena itulah, baca fiksi yang ada married-nya aja dulu sekalian belajar dan nyari pengalaman :D

    BalasHapus
  17. @amifamia


    jawaban:
    pendapatku ketika membaca tulisan kak asri di wattpad (TCOM) adalah tulisannya bagus, bahasanya gak berat (cocok buatku yang memang gak suka bacaan berat dan gak ringan) tapi juga gak ringan, tapi fellnya dapet banget, pas banget sama seleraku, konfliknya juga gak belibet banget, jadi gak ngebosenin dan gak bikin ngantuk deh :D malahan pas baca TCOM di wattpad aku bergadang sampek ditegur, karena udah malem tapi belum tidur :D tapi meskipun udah baca di wattpad, aku tetep pengen baca versi cetaknya, pastinya kan biasanya kalo versi cetaknya beda dan lebih seru tuh, jadi aku pengen novel ini :D

    BalasHapus
  18. @chynrm

    Orang bilang, bacaan pertama adalah sebagai pembuka jalan apalah tulisan si penulis itu selanjutnya akan makin dicintai atau ditinggalkan oleh penikmatnya. Setelah baca Not A Perfect Wedding, aku jadi makin mengagumi tulisan Mbak Asri. Serius deh. Alhasil aku sekarang selalu penasaran sama tulisannya Mbak Asri. Apalagi Over The Rain itu. Dari kavernya aja udah unik, bisa bulak balik dan punya 2 cerita yang beda porsi. Katanya kan itu bener-bener memancing emosi pembaca gara-gara karakter dan tingkah salah satu tokohnya. Hmm semengesalkan itukah si Bulan? Eh, bener kan Bulan nama ceweknya?

    Sayangnya aku nggak main wattpad dan bingung buka wattpad wkwk. Jadinya nggak bisa ngintip banyak tulisan Mbak Asri di sana. Cuma bisa nunggu karyanya lewat buku deh. Huhuhu~

    Belum terwujudkan keinginan baca OTR, ternyata udah muncul lagi ada TCOM ini. Ya ampuuun jadi nambah lagi daftar wishlist yang langsung nyantol di hati... >_<

    BalasHapus
  19. @APradianita

    Buku pertama yang aku baca dan menjadi salah satu favorit karya Mbak Asri Tahir adalah Not A Perfect Wedding.. (^_^)

    Sore Jum'at di bikin kaget soalnya ada tetangga yang ngetuk pintu sambil bawa paket buku.. Katanya dari Kurir JNE dititipin ke dia karena di rumah ku nggak ada yang bukain pintu,mungkin waktu itu lagi nggak denger atau lagi di dapur mungkin,hahahha. Selain kaget karena tetangga ku yang nganterin, kaget jga soalnya uang buat beli 4 buku dalam paket itu belum aku transfer sama yang jual, biasanya kalau aku belanja di OnBookStore yg lain transfer dulu baru barang datang. Tapi ya sudahlah, yang penting bukunya datang dan setelah itu aku bayar pastinya,hahaha.

    aku sudah baca cerita ini di wattpad sebelum diterbitkan sama penulisnya,makanya waktu di terbitin girang banget,dan waktu di kasih tahu tanggal terbitnya, langsung PO ke toko buku online biar cepat baca dan nggak repot repot ke gramedia yg jaraknya dari rumah 4 jam lebih, maklumlah tinggal di pelosok, hahaha.
    jadi inti ceritanya seperti yg tertulis di belakang buku. Tentang Raina,Raka,dan Pram. Raka yg harus pergi tepat sehari sebelum pernikahannya dengan Raina, dan Pram yg di beri amanat oleh sang adik -Raka- untuk menggantikannya "menjaga" Raina.

    Lumayan sedih waktu bagian yg ada Raka nya,soalnya sayang aja orang sebaik dan semanis dia harus meninggal saat hari pernikahannya sendiri ada di depan mata.
    tapi selain suka sama Raka aku juga suka sama Mas pram,heheheh
    Dewasa bangeeet gitu dia menghadapi sikap Raina yg labil setelah kepergian Raka,ya iya sih umurnya Mas ini beda bertahun-tahun sama Raina.
    Salah satu kelebihan dari novel ini-selain ceritanya- nggak banyak typo jadi enak di baca. Yang kurang suka cuma covernya aja, menurut selera saya agak terlalu simpel. Tapi terlepas dari semua itu saya tetap suka.
    aku nggak bisa panjang panjang nulis jawaban nanti yang ada spoiler di mana-mana. yg jelas kalau aku pribadi nggak menyesal sudah membeli dan membaca novel yang satu ini. Sukses buat Mbak Asri, semoga dalam waktu dekat novel baru mu bisa diterbitkan lagi. di tunggu, hehehe≧﹏≦∩__∩﹋o﹋
    -2 buat Mas pram
    -1 buat Raka
    -1,5 buat Author yang sudah bikin cerita ini
    jadi totalnya 4,5 bintang

    BalasHapus

  20. Saya bukan penjawab yang baik, buktinya pendapat saya sering diabaikan, hehehe. Kalau diminta untuk berkomentar apa saja, jadi begini nih komentar saya.
    Saya adalah pembaca segala, kecuali novel politik (tapi buku teks ttg politik masih dibaca). Saya salah satu orang yang memperhatikan stigma 'novel wattpad cuma berbekal kepopuleran', tapi tidak separah dulu. Menurut saya, penulis wattpad terlalu delusional, dulu saya berpendapat seperti itu. Tapi, sekarang saya tidak terlalu berpacu pada stigma itu, saya lebih suka cerita yang sesuai dengan saya, entah ceritanya maupun gaya menulisnya. Saya menyadari bahwa novel wattpad yang kata saya terlalu delusional itu cukup bisa membantu saya melepas penat setelah melewati satu hari dengan aktivitas yang melelahkan. Saya akui, novel wattpad memiliki premis yang sebagian besar berakhir 'manis'. Lalu apa hubungannya dengan tulisan Asri Tahir?
    Seperti yang saya sebut di atas, saya membaca tulisan yang sesuai dengan saya. berhubung, novel ini sudah mendapat kesan 'manis' dari review-review maupun covernya, saya ingin membacanya. Saya pikir dengan cara itu, saya bisa mengembalikan semangat saya untuk melaksanakan ujian nanti. Selain itu, saya ingin kenalan dengan tulisan Asri Tahir karena saya belum pernah membaca satupun novel beliau.
    Duh, jadi bicara ngalor-ngidul, kan?

    Oke, ini akun twitter saya @putripramaa.

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah baca karyanya Mbak Asri—di wattpad sekalipun, karena jujur aja aku lebih suka novel teenlit atau metropop. Tapi, sekarang lagi mencoba merambah ke Le Mariage karena akhir-akhir ini gak nemu novel teenlit atau metropop yang bagus menurutku, juga karena di Le Mariage terdapat suami idaman bukan pacar idaman lagi. Hahahaha. Selain itu, bisa belajar tentang pernikahan juga, karena hidup ini bukan film Disney yang bakal Happily Ever After setelah menikah.

    Novelnya Mbak Asri yang pertama aku tau itu Not A Perfect Wedding, tapi belum pernah baca dan masih sangat penasaran sampai sekarang. Pertama kali baca sinopsis NAPW di wattpad langsung tertarik mau baca, tapi ternyata udah diterbitkan. Ketingalaaaann. Dan itu juga terjadi sama TCOM —aku baru tau TCOM ini pas udah part 20-an, itu juga karena temen ku yang doyan banget baca novel Le Mariage spamming di feed wattpad —, cerita ini sebenarnya udah aku 'Add to Library' tapi karena aku lebih memilih untuk menyelesaikan cerita-cerita lain yang masih numpuk belum dibaca, jadi cerita ini cuma mejeng doang di Library. Akhirnya, pas mau baca malah ada notif mau diterbitkan dan aku cuma bisa berlapang dada karena gak kesampaian baca —lagi. (((Lagi puasa beli novel)))

    Sempet liat beberapa review tentang novel-novelnya Mbak Asri dan aku penasaran sama semuanyaaaa. Aku mau NAPW, OTR, TOM. Maruk hahaha. Ada yang mau ngasih atau beliin atau minjemin (?)

    Terakhir, sukses buat Mbak Asri, semoga bisa menghasilkan karya yang lebih keren lagi! Semoga aku bisa menikmati karya selanjutnya.


    ***

    @junitaaels

    BalasHapus
  22. Suka syekaliiiii dengan novel Not A Perfect Wedding. Di resensiku malah kukasih 5 bintang. Aku nggak pelit sih soal kasih rating kalau aku emang beneran suka sama ceritanya. Secara novel itu dulu udah aku idamkan sangat lama. Tetiba bisa terwujud dan kesampaian buat baca, ya seneng banget. Nggak nyesel aku udah mengidamkannya cukup lama. Very satisfied as expected. Kepalang fall in love sama tulisannya.

    Waktu itu sempat rame blogtour novel Over the Rain kan, tapi aku malah lebih bersemangat buat mantau blogtour TCOM ini ketimbang sebelumnya. Entah kenapa hehe. Temanya pernikahan lagi, meski self publish tapi nggak surut niat. Mbak Asri spesialis marriage stories ya? Sukaaaak. Maaauuuuuuu~ xD

    @murniaya

    BalasHapus
  23. Buku pertama dan kedua yang saya punya dari mba Asri adalah Not A Perfect Wedding dan Over The Rain.
    Saya pesan secara bersamaan ke penulisnya langsung, bonus tanda tangan tentunya. Iya, saya sudah terlanjur jatuh dengan gaya tulisan mamanya Sharliz ini.
    Tema yang dibawakan di setiap cerita mba Asri sangat simpel sebenernya, tentang dunia pernikahan dan semua tetek bengeknya. Tapi mba Asri nyiptain feel dri setiap cerita itu dapet bgt. Selalu ngena di hati dan tentunya selalu berhasil bikin saya nangis bombay.

    Buku favorit?
    Dengan lantang saya akan bilang OVER THE RAIN.
    Cerita yang berawal dr wattpad yang sangat amat saya tunggu update-annya, dan selalu bikin saya dan teman-teman Fb pada heboh jika cerita ini apdet part terbaru.
    Iyaa, cerita ini sempat jadi viral tersendiri bagi saya dan timeline teman2 Fb. Kita seolah terseret ke dalam pesona yang ditawarkan oleh mas Reza dan Bintang.
    Saya sih tim mas Reza--lelaki dengan hati seluas samudera.
    Dunia pernikahan yang ditawarkan mba Asri melalui ceritanya selalu menarik untuk dikulik lebih dalam. Dan banyak pelajaran yang patut dipelajari.
    Arghh. Saya selalu suka dengan cerita imajinasi mba Asri.
    Simple tapi penuh pelajaran hidup.

    @cahyawid

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...