Senin, 30 Mei 2016

Blog Tour: My Other Half - What Is Truly Love? | + #KuisBuku



Hai haloooo, sampai juga di persinggahan Truly Love Blog Tour hari ketiga di Kubikel Romance, kali ini saya mendapatkan jatah untuk membahas What Is Truly Love? Saya akan mendefinisikan Truly Love yang tentu saja berhubungan dengan buku My Other Half. Ini adalah kali pertama saya membaca tulisan Cyndi Dianing Ratri, di mana My Other Half juga merupakan buku debutnya. Sebelumnya saya belum pernah menengok akun askfm miliknya, saya jarang bermain-main dengan sosial media tersebut. Namun, saya sangat menikmati tulisannya di buku ini, diksinya indah, sangat puitis, sangat quoteable dan tentu saja penuh dengan cinta.

Sebelum menuju ke makna Truly Love di buku My Other Half ini, saya akan bercerita sedikit tentang isinya. Dikisahkan Aninda dan Adinda, saudara kembar yang terpisah sejak kecil karena perceraian orangtua mereka, Aninda ikut dengan ibunya dan hidup sederhana di Bogor, sedangkan Adinda, si bungsu ikut ayahnya yang kaya raya dan pindah ke Surabaya. Walau hidup berkecukupan, Dinda merasa hidupnya membosankan, dia tidak mendapatkan kasih sayang dari orangtua pada umumnya, ayahnya sangat dingin dan jarang berada di rumah. Dia jarang bertemu ibu dan kakaknya karena terpisah jarak, hal tersebut membuat kedua saudara kembar tersebut tidak memiliki hubungan yang dekat.


Lalu, ketika mereka beranjak dewasa, Dinda mendapati kabar kalau Ninda meninggal dunia karena kanker, hanya dia seorang yang tidak mengetahui kondisi saudaranya tersebut, bahkan ayahnya tahu dan sesekali menengok keadaanya. Dinda menyesal hubungan mereka tidak sedekat saudara kembar yang lain, Dinda menyesal membuang waktu tanpa berusaha menjalin komunikasi dengan kuluarganya yang terpisahkan jarak. Selepas menghadiri pemakaman Ninda, Dinda mengunjungi kamar saudaranya dan menemukan sebuah buku diary. Buku diary tersebut menyimpan banyak kisah, banyak rahasia, dan banyak cinta yang sebelumnya tidak Dinda sadari hadir di sekitarnya.

Berikut saya sisipkan penggalan kalimat yang penuh makna dan cinta yang ada di buku My Other Half. Seperti yang saya katakan tadi, saya menyukai tulisan Cyndi sehingga banyak sekali kalimat indah yang saya temukan.
Dia bercerita tentang banyak hal yang memberikanku banyak pelajaran. Tentang cinta yang tak boleh buta. Tentang setia yang dilanggar juga. Tentang kelapangan hati.

Setiap orangtua memiliki cara mengasihi yang berbeda-beda. Ada yang penuh dengan cinta, meski terkadang didalamnya terdapat entakan, amarah, bahkan terkadang pukulan. Namun, orangtua tidak pernah membenci dan menginginkan hal buruk untuk anak-anaknya.

Percayalah, orangtua akan selalu menjadi tempat mengadu dan mengayomi meski terkadang ada amarah dalam tindakan mereka. Namun, itulah bukti cinta dengan satu tujuan; saling menjaga.

Lelaki yang mencintaimu tak akan bersembunyi di balik pengkhianatan. Lelaki yang mencintaimu seharusnya menjadi sosok yang menjaga, bukan merusak. Jadilah perempuan kuat yang tak akan goyah dikalahkan oleh cinta buta.

Setiap orang dilahirkan di dunia dengan menggenggam keyakinan, tujuan, dan impian. Keyakinan membuat manusia menjadi pribadi yang percaya bahwa ia dapat mencapai tujuan. Tujuan akan mendorong manusia untuk mempersiapkan dirinya mencapai puncak kesuksesan. Impian seharusnya menjadi obat mujarab yang membangkitkan manusia dari keterpurukan. Selama kita percaya bahwa dengan kayakinan dan usaha mencapai tujuan, semua impian akan menjadi kenyataan. Bukan sekadar lamunan di hari siang.

Apa kau tahu? Seorang ibu bisa saja tak selamanya memegang tanganmu. Namun, satu yang pasti, bayangan tentangmu, bagaimana kau berbicara, tertawa, hal-hal bodoh yang mungkin kau lakukan, dan kenangan masa kecilmu dulu akan selalu melekat di ingatannya. Ibu mungkin bisa saja berlaku salah bagimu. Semata-mata karena ia manusia yang juga tidak sempurna. Lalu, kau membencinya, mengumpat padanya, mengatakan kau tak cinta. Ketahuilah, hatinya hatinya saat itu hancur tak bersisa. Membayangkan kau benar-benar serius berkata demikian, di saat kesalahanmu selalu ia maafkan.

Perpisahan memang menyakitkan. Tapi, ketahuilah, ada saat kamu memutuskan sesuatu dengan mengesampingkan egomu. Mengesampingkan cintamu untuk hal yang lebih besar.

Hidup adalah perjalanan panjang dengan segala jatuh bangun di dalamnya. Ada kalanya jalanmu mulai payah, hati dan langkah sudah melelah, dan badan mulai lemah. Namun, harapan akan kembali membuatmu tegak dan terus berjalan. Badai separah apa pun akan berhenti pada masanya dan Tuhan selalu memberi pelangi setelah hujan.

Cinta adalah sesuatu yang tak terdefinisikan. Karena banyak yang mencari arti, tetapi tak pernah benar-benar menemukan.

Cinta dapat menguatkan seseorang dan menyembuhkan luka.

Mereka mengajarkanku bahwa cinta sejati tak harus memiliki. Kau merelakan kebahagiaanmu demi kebahagiaan orang yang kau cintai.

Orang bilang, seseorang harus merasakan kehilangan lebih dulu agar dapat mengerti seberapa berharga sesuatu yang dulu pernah ada di hidupnya.
Ada juga adegan favorit saya di buku ini yang menggambarkan makna cinta, ketika ibu Dinda bercerita padanya tentang sebuah dongeng, seorang putri yang bosan di kerajaan kemudian dia keluar dari istana. Di luar tembok yang penuh dengan gelimang harta namun sepi, dia menemukan kebahagiaan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, salah satu contohnya seorang anak lelaki berusia empat belas tahun dengan satu kaki mendorong gerobak yang berisi anak gadis di atasnya, mereka berdua adalah yatim piatu dan hidup sebagai pemulung. Ada juga adegan di mana ketika Dinda tidur, ayahnya akan mengecup kening, tanpa kata, hanya dengan perbuatan sudah terlihat betapa besar rasa sayang yang dia curahkan kepada anaknya.

Dari semua hal di atas, saya bisa mendefinisikan bahwa banyak hal yang bisa bermakna benar-benar cinta, entah itu cinta kepada orangtua, saudara, kekasih, maupun sahabat. Cinta bisa ditunjukkan dengan kata maupun dengan perbuatan. Kadang kita harus berkorban untuk cinta yang lebih besar. Kadang kita baru menyadari perasaan yang sebenarnya setelah merasakan kehilangan. Cinta memiliki banyak rasa, kadang melenakan, kadang menyengsarakan, tapi cinta selalu memberi akhir yang bahagia dari berbagai sudut pandang yang ada.

Nah, itulah definisi Truly Love menurut saya berhubungan dengan buku My Other Half. Lalu, apa versi kalian tentang What is Truly Love? Yuk share di kolom komentar di bawah dengan menyertakan akun twitter kalian, jangan lupa share juga postingan ini di sosial media dengan hastag #TrulyLove, boleh mention saya dan @gagasmedia di twitter. Satu komentator yang beruntung dan berdomisili di Indonesia akan mendapatkan satu buku My Other Half secara gratis. #KuisBuku berlangsung sampai tanggal 2 Juni 2016, jadi ayo buruan tulis pendapatmu sebelum terlambat :D



Judul buku: My Other Half
Penulis: Cyndi Dianing Ratri
Editor: Tesara Rafiantika
Desainer sampul: Dwi Annisa Anindhika
Penerbit: GagasMedia
ISBN: 979-780-859-9
Cetakan pertama, 2016
174 halaman
Buntelan dari @GagasMedia
Setiap yang datang pasti akan mengajarkanmu sesuatu. Tak masalah jika pada akhirnya ia harus pergi, hidup akan selalu seperti ini.

Kau akan bertemu Anin, penyuka bunga lili yang tak pernah menyerah. Baginya, hidup terlalu berharga untuk bersedih. Tak ada yang lebih hangat dari senyum bahagia orang terkasih meskipun itu berarti ada tangis yang ia sembunyikan. Kau pasti akan menyukainya. Namun, kau perlu persiapkan dirimu karena Tuhan lebih dahulu memanggilnya….

Kau juga akan bertemu Dinda, yang mungkin akan sulit kau luluhkan hatinya. Baginya, tak ada yang lebih menyakitkan daripada masa lalunya. Ia akan memberi tahumu banyak hal tentang kehilangan. Bersamanya, akan kau temukan bahwa memaafkan dan melupakan masa lalu ternyata memang tak semudah mengucapkannya.

Kisah mereka mungkin mengingatkanmu bahwa setiap orang punya perjuangan tersendiri dalam hidupnya. Juga bahwa bagaimanapun jarak dan waktu pernah memisahkan, pasangan jiwa tetap akan saling menemukan.
*UPDATE*

Saatnya pengumuman, terima kasih bagi yang udah meluangkan waktu untuk ikutan, langsung aja ya, ini dia pemenangnya...

@DhilaPFd

Selamat, nanti akan saya hubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiah. Bagi yang lain terus semangat ya :D

41 komentar:

  1. Trully love, cinta sejati adalah yang tak meminta apa apa tetapi selalu bersedia memberi segalanya.
    Cinta yang tak menuntut apa apa tetapi selalu bersedia selalu ada.
    Cinta yang hangat rasanya masih bisa kau rasakan sepenuh jiwa meski yang dicinta sedang tak berada di sana bersamamu.
    Cinta yang selalu rela melihatmu menjadi lebih baik dan selalu rela mendukungmu untuk membuat mimpimu menjadi nyata.
    Cinta yang tak memiliki apa apa tetapi dalam hatimu ia telah memiliki segalanya.
    Cinta yang tanpa kekhawatiran akan kehilangan karena ia tahu bahwa cinta sejati akan selalu dapat dengan tepat menemukannya.
    Cinta yang apabila kau tak berada di dekatnya, kau selalu bisa merasakan bahwa dia diam diam ada dan menelisik ke dalam hatimu.
    Cinta yang tak berbatas pada apa kekuranganmu, tetapi melengkapinya dan menyempurnakanmu.
    Cinta yang diam diam selalu menyebut namamu lamat lamat dalam doa di malam panjang, meminta agar diberikan bahagia kepadamu.
    Cinta yang mampu membuatmu menjadi dirimu sendiri tanpa merubah apapun yang telah melekat padamu.
    Cinta yang selalu terasa utuh, meski pada kenyataanya tak selalu utuh.
    Cinta yang tak akan pernah mati, meski kau berulang kali mencoba membunuhnya.
    Cinta yang sederhana dan tak menuntutmu apa apa, namun selalu siap menjadi apa yang paling kau butuhkan.
    Cinta yang membuatmu menjadi dewasa dan membuatmu selalu nyaman berada di dekatnya.
    Cinta yang mampu membuatmu dengan rela berubah menjadi apa yang dia butuhkan dan menjadi seseorang yang lebih baik bagi kalian.
    Cinta yang dengan tabah selalu ada ketika kau jatuh dan membuatmu segera bangkit kembali.
    Cinta yang selalu kau rasakan kehadirannya dimanapun kau berada.
    Cinta yang membuatmu merasa telah memiliki segalanya meskipun kau seseorang yang tak memiliki apapun, kau selalu lengkap saat bersamanya, dan selalu siap menerjang kesulitan kesulitan di depan karena kau tahu kau memilikinya dan kau bisa terus mengandalkannya, cinta yang saling membuat tumbuh menjadi lebih baik dan sama sama menguatkan ketika jatuh.

    @DhilaPFd

    BalasHapus
  2. cinta itu sebuah perasaan yang terwujud dalam tindakan, lewat senyum, tatap mata, dan bahkan kata. cinta itu tak butuh kata indah untuk mengungkapkannya, namun lewat aksi nyata. Adanya cinta membuat seseorang mengalami rasa bahagia, senang, sedih, dan takut, namun semuanya dirasakan dengan rela tanpa balasan, tanpa syarat.muara dari segala rasa cinta itu adalah ketentraman dan ketenangan menjalani kehidupan bersama orang yang dicinta (orang tua, saudara, pasangan hidup). cinta itu menerima apa adanya yang diberi kehidupan yang dijalaninya. pada akhirnya, cinta itu adalah sebuah bentuk tanggung jawab.

    @sayektiardiyani

    BalasHapus
  3. What is Truly Love? agak sulit juga jika mendefinisikan arti truly love bagi saya pribadi apalagi harus menuliskannya karena menurut saya terkadang truly love itu tidak selalu diidentikan dengan gesture tubuh atau perlakuan yang selalu romantis.
    Mungkin jika rasa cinta itu masih baru, kita akan terjebak romansa berkasih sayang layaknya seorang abg yang sedang dimabuk asmara namun masa itu bagi saya sudah lewat. Trully love bagi saya adalah rasa rela berkorban dan saling ketergantungan satu sama lain meskipun rupa sudah tidak secantik atau seindah saat masih muda. Suatu kondisi dimana terkadang rasa sayang itu sulit diucapkan dengan kata-kata namun di lubuk hati yang terdalam, kita merasa selalu ingin dekat dengan orang terkasih dan berharap mereka selalu bahagia dan berbagi kesedihan bersama.
    Cinta tulus antara orang tua dengan anaknya begitupun sebaliknya, biarpun tidak setiap detik rasa cinta itu selalu ditampakan namun ia akan selalu abadi sampai kelak di akhirat kita masih mengingatnya dengan mendoakan yang terbaik bagi orang-orang tadi.
    Trully love itu sebuah perasaan sederhana ketika kita merasa bahagia jika bisa berkorban dengan orang yang kita sayang kapanpun, dimanapun tanpa pamrih.
    @hendisetiyanto

    BalasHapus
  4. True Love atau cinta sejati bagiku adalah cinta yang benar-benar berasal dari hati. Cinta sejati yang abadi. Yang selalu merasa cukup melihatnya bahagia. Cinta yang peduli dan kokoh. Tulus, menerima tanpa meminta, kesetiaan dan kesabaran. Cinta sejati adalah cinta yang ikhlas, tidak egois. Itu tercermin dari cinta orangtua pada anak-anaknya, yang selalu memahami dan mengerti. Yang rela berkorban tanpa meminta apa-apa. Cinta sejati yang paling sejati tercermin dari cinta Tuhan pada umatNya, yang memaafkan, memaklumi.
    Cinta sejati bukan berlumur nafsu atau keingin duniawi. Ia lebih mengarah kepada pengorbanan tulus dan permakluman. Menurut saya, tidak ada cinta yang lebih besar daripada kasih sayang Tuhan dan ketulusan orangtua. Sebab, sejahat apa pun manusia itu, Tuhan tempat kita kembali, Ia memaafkan dan mencintai. Sejahat dan seburuk apa pun si anak, orangtua tempat kita berpulang; tangan mereka selalu terbuka lebar untuk merengkuh kita sekali pun kita dititik terendah kita. Sedangkan cinta pada sesama, akan menjadi sejati jika mengikat Tuhan turut serta ke dalamnya.

    twitter.com/ApriliMelissa/status/737141103514681344
    @ApriliMelissa

    BalasHapus
  5. Cinta Sejati itu adalah cinta Allah kapada hambanya. Jadi, kita tidak bisa berpikir cinta sejati itu adalah sesama manusia. Cinta sejati adalah cinta Allah kepada seluruh hambanya, dan bagaimana kita membalas cinta-Nya. Cinta sejati hanya milik Allah, karena dialah yang maha sempurna. Tidak ada sebuah cinta sejati diantara manusia, karena pikiran manusia selalu berubah ubah setiap waktu. Diikuti nafsu yang tak henti-henti menggoda. Menurutku, cinta sejati itu, bagaimana kita beribadah dan bekerja keras memberi yang terbaik dalam mengumpulkan pahala. Agar kita dapat membalas cinta Allah kepada kita.

    @Juliakartika326

    BalasHapus
  6. Menurutku cinta itu keikhlasan hati kepada orang lain untuk menyayanginya dengan tulus, menerimanya dengan segala kelebihan dan kekurangannya, dan berkorban tanpa pamrih untuk membahagiakannya.

    Dan Truly Love adalah cinta yg diberikan seorang ibu kepada anaknya.
    Ibu akan menyayangi anak-anaknya dengan tulus, menerima mereka dengan segala kelebihan dan kekurangan yg dimiliki anak-anaknya, dan berkorban tanpa pamrih untuk membahagiakan anak-anaknya.

    twitter: @nunaalia

    BalasHapus
  7. Truly love atau cinta sejati menurut versiku adalah mencintai seseorang dengan setulus hati, tanpa mempermasalahkan kekurangan yang ada pada dirii seseorang.
    Cinta sejati itu mampu membuat kita berani melangkah lebih jauh, berani berkorban, dan selalu siap melindungi dan menjaga orang tersebut, walaupun kita tidak mendapatkan imbalan. Lagipula cinta sejati tidak butuh penjelasan yang panjang lebar. Cukup dengan tindakan2 kecil yang membuat seseorang merasa aman, nyaman, dan terlindungi. Cinta sejati itu mampu membuat bahagia. Aku yakin itu. Meski jarang terucap oleh mulut, cinta sejati mampu membawa hati kita melambung dan nyaman. Nyaman karena kebahagiaan yang ditimbulkan. Nyaman karena kita berhasil melindungi seseorang yang kita cintai.
    Cinta sejati itu nyata. Tinggal bagaimana kita menyadarinya.
    @venaquict

    BalasHapus
  8. Menurut saya Truly Love adalah cinta yang datang dari hati, yang membuat kita mau berusaha untuk orang-orang yang kita sayangi. Berusaha menjadi lebih baik, berusaha membuat mereka tersenyum, membuat mereka bahagia. Kita cinta kepada orang tua lalu kita berusaha membanggakan mereka dengan prestasi. Kita mencintai adik yang kita sayangi, oleh karenanya kita berusaha menjadi teladan yang baik untuknya. Kita cinta kepada sahabat, makanya kita selalu berusaha ada untuk mereka dan mengingatkan mereka jika mereka melakukan tindakan keliru. Kita cinta kepada kekasih kita, jadi kita berusaha semaksimal mungkin untuk membuat dia bahagia denga bagaimana cara kita memperlakukannya, berbicara kepadanya, menyayanginya, mencintainya setulus hati.

    BalasHapus
  9. What is truly love versi aku hmmmm aku harus berpikir ekstra keras untuk menjawab pertanyaan ini. Karena aku sendiri belum pernah merasakannya.
    Jadi cinta sejati menurut aku dimana kita menempatkan kebahagiaan orang yang kita sayangi sebagai tujuan hidup kita. Cinta sejati itu ketika kita akan selalu membuat orang yg kita sayangi tersenyum tanpa pernah berharap ia akan membalas apa yg kita lakukan, tanpa pernah kenal lelah,dan tanpa akhir. Karena kebahagiaan kita yg utama adalah melihat dia bahagia. Walau entah seberapa banyak air mata yg mengalir, seberapa sering kita tersakiti, serapa lelah kita mencoba. Tapi jangan pernah anggap itu sebagai pengorbanan karena cinta sejati tidak kenal kata berkorban.
    @AnindiaUtami

    BalasHapus
  10. Truly love itu cinta yang tulus, yang ikhlas memberi tanpa mengharapkan balasan
    Seperti cinta ibu kepada anak-anaknya, selalu berusaha membahagiakan tanpa mengharap imbalan, melihat abak-anaknya tertawa bahagia saja sudah senang tak terkira

    @indahprimadona

    BalasHapus
  11. Truly Love itu Cinta yang memanusiakan. Cinta yang bukan berniat menyakiti, namun justru menjadi melindungi, memahami, membahagiakan dan memberi kesempatan. Cinta yang lebih luas penerapannya; Anak - Orang Tua, Teman-Teman, Suami-Istri, Atasan- Bawahan, Guru-Murid dan masih banyak lagi.

    Twitter: @adindilla

    BalasHapus
  12. What is Truly Love?
    ~~~~~~~~ @WIDY4_W ~~~~~~~~

    *Definisi dari Cinta Sejati*

    Cinta itu sederhana. Cukup kita rasakan dan merealisasikan dengan benar dalam kehidupan sehari-hari. Berikan cinta itu untuk orang-orang disekeliling kita, terutama pada mereka yang kita sayangi, semudah itu kan. Sedangkan Sejati itu kuat. Sebagaimana kuatnya cinta yang mampu mempertahankan hati teruntuk hanya pada pasangannya dan hanya stuck di satu sisinya. Dia. Cinta sejati tidak dirasakan dalam sekejap atau dalam pandangan kedua, yang untuk memahaminya butuh waktu dan proses. kadang bertempo cepat namun ada pula yang lama.

    "Witing tresna jalaran saka kulino" Cinta datang seiring berjalannya waktu yang terbiasa mereka lewati bersama dalam suka maupun duka. Karna cinta sejati tak dapat diukur hanya dengan sebuah ungkapan sayang. Namun dituangkan dalam tindakan nyata yang bukan hanya omongan palsu atau ucapan janji-janji yang semanis gula dan madu. Sejatinya disebut sebagai cinta sejati kecuali kita sendiri yang mensejatikan cinta itu sendiri. dikatakan sejati hanya dengan terjadinya sebuah pernikahan, namun seberapa kuat pertahanan cinta dalam ikatan pernikahan dengan menjaga, saling berkasih sayang, pengertian, sampai akhir hayat mereka.

    Cinta sejati sama halnya sepasang
    sepatu, meski berbeda kanan-kiri mereka akan tetap berjalan menentukan satu tujuan (kebahagiaan). Jika hilang salah satu dari mereka, maka tak adalah arti dari ia yang tinggal sebelah saja (sendiri). Sesungguhnya Cinta Sejati itu tidak akan memandang kekurangan pasangannya sebagai kelemahan, keburukan tetapi sebagai sebuah keindahan. Tetapi saling melengkapi kekurangan pasangan, dan saling menutupi kekurangan itu dengan kelebihannya masing-masing.

    BalasHapus
  13. @fetreisciafrida

    Ada sebuah quote dari sebuah novel. Novel pertama yang bikin aku jadi suka baca buku. Quote itu bilang "Cinta itu ga butuh alasan. Jika cinta butuh alasan, ketika alasan itu pergi maka cinta akan pergi bersamanya". Dan menurutku ini menggambarkan apa itu True Love menurutku. Karena aku juga setuju dengan quote ini. Cinta yang tak beralaskan apa pun.
    Kalau aku bilang true love adalah cinta yang ga memandang fisik, memandang harta atau memandang penampilan, jika diringkas semua itu merupakan sebuah alasan. Alasan untuk mencintai seseorang. Kalau orang itu ga memiliki hal-hal diatas kita ga bakal cinta sama dia. Itu hal yang paling jahat.
    Jadi menurutku True Love adalah cinta yang ga beralaskan. Cinta yang "Aku cinta kamu karena itu adalah kamu."
    Mungkin susah sih menemukan cinta yang seperti ini, tapi aku percaya itu ada. Contoh nya cinta di dalam keluarga.

    BalasHapus
  14. Udah niat mau ikutan giveaway di blog ini. Pas baca dan disuruh mendefinisikan apasih Truly Love menurut masing2, aku langsung ngomong dalam hati "Duh, gak jadi ikutan, ah. Cinta terlalu luas dan abstrak, lagian aku awam banget masalah cinta."

    Tapi tiba2 aku tertegun sama pikiran aku sendiri. Loh, jadi selama 21 tahun aku hidup, aku gak pernah ngerasain cinta gitu ya? Dan yes, pikiran aku memang sangat konyol waktu aku bilang awam tentang cinta. Kalo denger kata cinta seringnya di hubungkan dengan sesuatu yang berbau asmara, ituuu yang bikin pemikiran aku pendek banget tentang cinta.

    Padahal, manusia sendiri ada karena cinta. Cinta dari Tuhan, dan cinta dari orangtua masing2. Begitu lahir ke dunia pun yang pertama kali di dapat adalah cinta.
    Jadi kalo aku bilang aku awam tentang cinta karena sangat sedikit sekali yang bilang "aku cinta kamu", mungkin aku sedang labil saat itu. Karena, God, cinta itu luar biasa! Orang yang merasa dirinya gak pernah di cintai, mungkin hati nya sudah buta akan cinta atau dari awal sama sekali gak ngerti arti cinta yang sesungguhnya.

    Every little things that happend ini our life, mostly pasti ada cinta di dalamnya. Kalau pernah di peluk orangtua, atau di bantu teman dalam melakukan sesuatu, atau menerima tepuk tangan dari orang2, atau yang paling simpel di senyumin sama orang (siapapun dia), itu artinya kamu sudah menerima cinta dalam berbagai bentuk.

    Cinta bukan sesuatu yang harus diungkapkan lewat ucapan. Love is not what you say, love is what you do. Bibir hanya sarana untuk mengungkapkan cinta, tapi cinta yang sesungguhnya di rasakan dari tindakan seseorang kepada kita, karena bibir bisa saja berbohong.

    Gak ada definisi cinta yang salah, cinta terlalu luas untuk di definisikan. Saking luasnya, banyak orang yang mengartikan cinta beda2. Mungkin itu penyebab adanya kata 'cinta itu menyakitkan'. Cara tiap orang mengekspresikan cinta pasti berbeda, begitu pula yang menerimanya. Mungkin aja hal kamu kamu lakukan buat orang lain merupakan bentuk cinta, tapi yang menerimanya malah mengartikan bentuk kebencian, bisa saja loh. Ambil contoh, kamu minta contekan ke temen, tapi si temen gak mau ngasih jawabannya. Kamu pasti berpikir kalau temen kamu benci, sensi, kesel, pelit, dsb, padahal si temen belum tentu mikir bgtu kan, siapa tau itu caranya temen kamu untuk menunjukkan rasa cinta.

    Kesimpulannya, bagi aku cinta itu infinite, tidak terbatas. Bebas. Gak ada definisi yang salah^^

    Twitter: @denilasarii

    BalasHapus
  15. Humaira
    @RaaChoco

    Truly Love menurutku adalah Cinta yang tulus, tanpa hasrat, tanpa syarat, tanpa alasan dan tak memaksa balasan. Selalu memberi, memaafkan, menyadarkan, mengajarkan, menerima apa adanya dan saling menjaga.

    BalasHapus
  16. Truly love adalah sebuah perasaan yang muncul dari relung hati dan keluarnya tanpa paksaan dan harus keluar tanpa adanya rangsangan apapun.
    Ujian terberatnya adalah saat subjek truly love memilih untuk bersama sesuatu/hal/orang yang lain selain kita yang ia anggap lebih baik, lebih indah dan lebih bisa membuat bahagia. Dan truly love ini dibuktikan dengan membiarkan (dan belajar mengikhlaskan) dia memilih mereka yang dia anggap lebih baik tadi.
    Karena cinta adalah behagaia melihat orang yang dicintainya bahagia meski kita mungkin harus berkorban bahkan yang kita korbankan adalah cinta itu sendiri. Itulah trully love menurut saya

    BalasHapus
  17. Truly Love menurutku adalah perasaan kasih sayang yang kita berikan kepada seseorang tampa pamrih. Bukan cinta yang kita berikan karena mengharapkan sesuatu, ataupun cinta yang kita berikan dengan setengah hati. Tapi Truly Love menurutku adalah cinta yang kira berikan kepada sesama kita tanpa pamrih, tidak mengharapkan sesuatu atas cinta yang kita berikan. Dan mengasihi serta mencintainya dengan sepenuh hati.

    @jacilpo

    BalasHapus
  18. Truly Love adalah ketika kamu mencintainya, namun ternyata dia mencintai yang lain, dan kamu masih bisa tersenyum tulus padanya, dan berucap : "Aku turut bahagia untukmu ". Jika kita mencintai seseorang, kita akan selalu mendoakannya meskipun dia tidak ada disisi kita. itulah definisi Truly Love atau Cinta Sejati Menurutku.

    Miftahur Rizqi - @MR_Laros

    BalasHapus
  19. Cinta sejati itu sulit terdefinisikan, terlalu banyak arti dan maknanya. Sebanyak manusia di bumi ini, yang masing-masing memiliki sudut pandang tersendiri tentang apa itu cinta sejati. Tapi bagiku, cinta sejati adalah cinta yang mampu menasehati tanpa menggurui, memaafkan tanpa diminta, membangkitkan ketika terjatuh, dan menuntun ketika tersesat. Namun, sebenar-benarnya cinta sejati adalah diri yang mampu menguatkan dan menyembuhkan lukanya di masa lalu dan mau menyambut hari dan hati yang baru tanpa mengemas masa lalu menjadi bingkai kenangan yang terlupakan. Karena cinta sejati dimulai dari diri sendiri, dengan mencintai Tuhan Yang Mahaterpercaya, maka tak akan sulit untuk mengemas sebuah cinta sejati pada makhluk-Nya. Semoga novel ini menjadi bagian penuntun cinta sejatiku :)

    @littlepaper93

    BalasHapus
  20. @_loisninawati

    Truly Love menurutku itu kasih yang bener" tulus dan nggak ada maksud lain selain menyayangi dengan sepenuh hati dan nggak mengharapkan balasan sedikitpun😊

    BalasHapus
  21. @_loisninawati

    Truly Love menurutku itu kasih yang bener" tulus dan nggak ada maksud lain selain menyayangi dengan sepenuh hati dan nggak mengharapkan balasan sedikitpun😊

    BalasHapus
  22. @putripramaa

    Truly Love bagiku adalah cinta dengan keabadian, yang tak lekang oleh waktu. Seperti kasih sayang orang tua pada anaknya maupun seseorang pada jodohnya.
    Seperti lambang infinity yang tak terputus, truly love yang dirasakan manusia akan terus berkesinambungan.
    Kenapa bisa kukatakan begitu?
    Jadi begini, cinta itu terdiri dari kata cita dan huruf ‘n’ di tengannya. 'N' memiliki arti sebagai lambang untuk jumlah tidak tentu, lambang untuk jumlah tidak terbatas, sekaligus lambang untuk nitrogen (unsur yang paling banyak di bumi). Sedangkan cita adalah harapan. Jadi, kata Cinta itu berarti harapan yang tak terbatas dan tak tentu. Begitulah arti cinta yang seungguhnya.
    Cinta yang sesungguhnya itu adalah suatu pengharapan dari kita, manusia, akan sesuatu yang tak terbatas dan dalam meraihnya kita dihadapkan pada pilihan yang membawa kita ke tujuan yang tidak ketahui. Truly love bagiku berarti selalu memberi harapan.
    Aku percaya setiap orang akan menemukan truly love-nya masing-masing. Cepat atau lambat, namun pasti.

    BalasHapus
  23. Truly Love,
    Sebuah perasaan yang menyatu, dengan kadar cinta yang berbeda. Seperti hati yang bergandengan walau jemari tak selalu bertaut.

    Cinta yang sesungguhnya dari Sang Illahi sejak kita diberi kesempatan untuk berkembang melalui rahim.

    Bukan sekadar memiliki, juga membutuhkan dan menjaga. Cinta sejati yang digaris bawahi oleh sebuah kebersamaan. Entah melalui keajaiban atau kesengajaan.

    Bagaikan mozaik hati yang kemudian merekat dengan rasa tulus yang paling tulus. Tentang cinta monyet, berawal dari sebuah ketertarikan. Tentang cinta lokasi, dari hati ke hati. Tentang first love, rasa yang berbeda. Dan tentang last love, bagaimana kita melabuhkan hati pada si pencinta. Semua bermuara di sebuah lembah kehidupan yang di dalamnya berbaur dengan rasa bahagia dan sedih. Itulah, Truly Love.

    Terima kasih.
    @Fian_aulia

    BalasHapus
  24. Kurnia Dwi Pertiwi
    @KDP264

    Hhmm.. pertanyaan yang mudah, tetapi sulit untuk di jawab. Sebagai seorang yang suka gratisan tentunya nggak mau ngelewatin kesempatan perunggu ini *emas udah nggak jaman :D* mau susah atau mudah yang penting di isi dulu yang namanya rejeki yang bakal dateng kalau nggak di kejar. Betul nggak, bu? *eh

    Kalau aku di tanya, cinta sejati itu apa, yaa.. cinta sejati itu lagu bunga citra lestari, soundtrack film Bj.Habibie & Ainun. Film yang bikin aku dan kalian termewek-mewek. Salah satu Film yang mengajarkan kita semua arti Cinta sejati itu apa. Emang cinta sejati itu, apa? Entahlah.. diriku pun tak tau :D

    Menurutku, cinta sejati itu maknanya luas. Cinta sejati itu nggak lekang oleh zaman. Tidak hilang di makan waktu. Cinta akan tetap menjadi CINTA meski jaman berubah, meski alay merajalela. Cinta sejati itu tidak mengharapkan imbalan. Balasan. Kalau cinta harus ikhlas. Ikhlas melakukan segala sesuatu hanya karena Cinta, bukan ingin semata-mata menarik perhatiannya. Dan ikhlas itu tidak untuk di umbar-umbar. Cukup kamu dan allah yang tau.
    Cinta sejati adalah Rasa sayang yang selalu ada, meski jarak terpisah, meski dunia berbeda. Selamanya akan selalu Cinta.

    BalasHapus
  25. Cinta sejati itu perkara keberanian dan kesanggupan. Berani mencintai berarti berani menanggung banyak beban. Beban menanggung rindu dan beban pertanggungjawaban. Mencintai berarti sanggup membahagiakan dan menerima pasangan apa adanya. Bak kata Tere Liye ; Daun yang gugur tak pernah membenci angin, seperti itulah hakikat cinta sejati.

    @Kimol12

    Terima kasih.

    BalasHapus
  26. Cinta sejati itu perkara keberanian dan kesanggupan. Berani mencintai berarti berani menanggung banyak beban. Beban menanggung rindu dan beban pertanggungjawaban. Mencintai berarti sanggup membahagiakan dan menerima pasangan apa adanya. Bak kata Tere Liye ; Daun yang gugur tak pernah membenci angin, seperti itulah hakikat cinta sejati.

    @Kimol12

    Terima kasih.

    BalasHapus
  27. Ada seseorang yang bertanya padaku: 'Kenapa kamu peduli dengannya? Kamu gak dapat apa2 dari dia kan? Kenapa kamu mau bersusah payah?'. Waktu itu aku jawab aku sedih kalau dia sedih, dan aku seneng kalau dia juga seneng. Menurutku itulah definisi cinta sejati. Ketika kebahagiaan orang yang kamu sayangi lebih penting dan kamu berusaha bikin dia bahagia. Ada pengorbanan, ada rasa sakit juga, tapi bagimu itu bukan masalah selama kamu bisa melihat senyum bahagia orang yang penting bagimu 😃

    @dust_pain

    BalasHapus
  28. What is Truly Love?
    Sesuatu yang membuat hal bodoh menjadi pintar atau membuat hal pintar menjadi bodoh.
    Sesuatu yang membuat sesuatu terlihat menjadi tak terlihat atau membuat sesuatu yang tak terlihat menjadi terlihat.
    Sesuatu yang membuat kekurangan menjadi kelebihan atau malah membuat kelebihan justru menjadi kekurangan.
    Sesuatu yang membuat hambar menjadi manis atau malah membuat manis menjadi hambar.
    Sesuatu yang membuat lurus menjadi berkelok-kelok atau membuat kelok-kelok (?) menjadi lurus.

    @realdianmrani93

    BalasHapus
  29. Cinta sejati adalah tentang sebuah perasaan tulus dalam mencintai seseorang. Baik itu pada pasangan, sahabat, orangtua juga saudara. Cinta sejati itu memiliki kekuatan untuk memberi ketenangan, mengayomi. Menjadi rumah dan pelindung bagi yang dicintai. Namun bukan berarti cinta sejati akan membuat seseorang itu selalu mengalah atau kalah, cinta sejati juga berani menasihati, memberi pengertian jika salah. Karena datangnya cinta sejati berasal dari sebuah ketulusan agar orang-orang yang dikasihi itu berada pada jalan yang benar.

    @ratnaShinju2chi

    BalasHapus
  30. What is Truly Love?

    Baru-baru ini, saya selesai baca Me Before You-nya Jojo Moyes, dan buku itu bener-bener apaya nendang (kayak mi aja). Dari situ, saya menyimpulkan kalau cinta itu memang bisa membuat dunia kita menjadi lebih baik. Tapi, kita juga tidak bisa terus-menerus bergantung dan mengandalkan cinta orang lain. Ada saat-saat di mana kita juga harus berdiri sendiri--memilih tujuan kita sendiri (WILL TRAYNORKUUUU ;-; /abaikan/).

    Intinya, cinta itu memang sesuatu yang kuat--sesuatu yang dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik. Tapi hidup kita, tidak seutuhnya dibentuk oleh cinta. Jadi, jangan sampai kita dibutakan oleh cinta.

    @expellianmus

    BalasHapus
  31. Truly Love menurut definisiku adalah cinta yang ikhlas untuk berkorban, tanpa pamrih, tanpa diminta, dan tidak akan menuntut balasan.

    @yutakaNoYuki

    BalasHapus
  32. Truly Love versiku adalah cinta berupa perbuatan. Without an action, love is merely a word. Perbuatan ini banyak wujudnya. Berdzikir pada-Nya termasuk wujud cinta. Tersenyum dan menolong orang-orang terdekat (keluarga atau sahabat) juga perbuatan cinta. Bahkan menyiram tanaman pun termasuk wujud tindakan cinta. Di mana ada ketulusan, di situ ada cinta. Tampa pamrih dan tidak pandang bulu. Cinta sejati juga pada dasarnya merupakan anugerah dari Sang Pencipta pada setiap insan manusia.

    Twitter: @hazelnut_shell

    BalasHapus
  33. Lisa Sentani | @lisasent

    Truly Love itu cinta yang memang harus diperjuangin. Memperjuangkan cinta memang banyak caranya, meski harus mengalah, meski harus memilih 1 dari banyak kemungkinan, dan meski harus merelakan kebahagiaan untuk orang lain, seperti penulis ka @cindyCDR di akun ask.fmnya, dia bilang kalau dia menuliskan kisah novel ini terinspirasi dari pengalaman pribadinya yang kehilangan sepupunnya. Kita bisa merasakan Truly Love bila ada kontak batin, seperti kisah Anin yang ikhlas dan sayang terhadap adiknya, Dinda, itu menggambarkan kisah cinta sejati (Truly Love).
    Cinta sejati itu tidak dapat diukur dengan kata-kata, karena cinta tak perlu bicara saat raga dan perbuatan dapat menunjukkannya
    Semoga berkesempatan menyelami lebih dalam arti cinta sejati lewat novel ini, sukses terus buat ka @peri_hutan :) wish me luck!

    BalasHapus
  34. @hensus91

    Truly Love atau cinta sejati menurutku adalah cinta yang sederhana, apa adanya, penuh dengan penerimaan, pengertian dan keikhlasan bagaimanapun bentuknya. Cinta pada/dari Tuhan, orangtua, keluarga, sahabat dan pasangan akan menjadi Truly Love jika didasari hal-hal tersebut. Truly love kadang tidak harus diucapkan karena tubuh, mata dan sikap bisa menunjukkan lebih baik. Namun akan sangat membahagiakan kalau cinta itu bisa ditunjukkan tapi juga dikatakan, karena kadang ada beberapa orang yang tidak bisa memahami apa maksud semua sikap dan perbuatan bermakna cinta itu dan lebih memilih ungkapan juga, entah karena kurang peka, kurang percaya atau tidak percaya diri. Segala bentuk cinta itu akan menghadirkan kebahagiaan bagi kedua pihak jika penerimaan, pengertian dan keikhlasan menyertai. Jadi bagaimana pun akhirnya,, cinta sejati adalah perasaan yang indah, hangat dan membahagiakan.

    Demikian :)

    BalasHapus
  35. @chynrm

    Cinta sejati adalah suatu perasaan yang lebih dalam daripada sekedar jatuh cinta. Cinta sejati juga sekaligus sebagai jalinan pertemanan. Tidak hanya menjadi cintanya, tetapi juga harus bisa berperan menjadi temannya.
    Cinta sejati itu jugq ketika kau sangat ingin menghabiskan sisa waktumu bersama seseorang. Saat kau menemukannya dalam keadaan sempurna, dan setiap ketidaksempurnaannya adalah hanya alasan lain yang membuatmu lebih mencintainya, saat senyumnya dapat menghilangkan beban masalahmu, dan saat memikirkannya bisa membuatmu bahagia.

    BalasHapus
  36. Jujur saja, saya tidak terlalu banyak tahu tentang cinta sejati karena saya belum pernah merasakannya secara nyata.

    Namun, yang saya ketahui bahwa cinta itu adalah tentang menunggu. Dengan menunggu, kita bisa melihat ketulusan cinta dari orang tersebut

    Selain itu, cinta adalah memberi tanpa meminta imbalan. Seperti kasih sayang orangtua kepada anaknya. Seperti cinta sepasang kekasih dan suami-isteri. Mereka memberikan hati mereka sepenuhnya tanpa meminta balasannya.

    Cinta juga saat di mana kamu merasa rindu jika tidak di dekatnya. Dan, merasa senang saat bersamanya.

    Twitter: @alyanfz

    Semoga kata-kata saya barusan bisa membantu kalian dalam menemukan arti cinta sejati yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  37. Dari yang aku baca, sebuah penelitian menunjukkan hubungan cinta pasti akan menemui titik jenuh, bukan hanya karena faktor bosan semata, tapi karena kandungan zat kimia di otak yang mengaktifkan rasa cinta itu telah habis. Rasa tergila-gila dan cinta pada seseorang tidak akan bertahan lebih dari 4 tahun.
    Cinta yang sejati dan yang sebenar-benarnya hanyalah pada Allah. Namun, Allah telah menumbuhkan cinta dalam hati manusia. Sesuai dengan sifatnya Ya Rahman (Yang Maha Penyayang), Ya Waduud (Yang Maha Mengasihi), Ya Rau’fu (Yang Maha Pengasih). Maka, cinta adalah anugerah dari Allah SWT.
    Berkaitan dengan mencari pasangan, sebagai umat muslim saya sering mendengar bahwa cinta sejati adalah ketika mencintai karena Allah. Tentunya hal itu tidaklah mudah, bahkan mungkin sangat sulit. Tapi, Islam bukanlah agama yang menyulitkan. Jika kita selalu mendekatkan diri pada Allah pasti kita akan mendapatkan kemudahan dalam setiap langkah kita.
    Menurut saya, truly love adalah cinta yang dilandasi dengan niat ibadah dan mencari ridho Allah SWT. Yang mana dalam hubungan tersebut harus mengedepankan tujuan menjadikan hubungan itu sebagai hubungan yang sakinah, mawadah, warahmah. Selain itu satu sama lain juga saling mengingatkan untuk menjadi manusia yang lebih baik dengan mengajak pada kebajikan.
    Cinta juga tidak melulu berkaitan dengan lawan jenis. Tapi juga cinta pada orang tua, saudara serta teman. Itu juga merupakan sebenar-benarnya cinta, karena kita mencintai dengan hati dan tanpa pamrih, bahkan tanpa alasan. Kita mencintai mereka begitu saja, apa adanya mereka. Kita bukannya tidak pernah berselisih paham dengan mereka, tapi semua itu dilandasi oleh rasa kasih sayang. Berbeda dengan ketika kita mencari pasangan, begitu banyak hal yang menjadi pertimbangan apakah dia benar-benar yang terbaik.
    @Dessy_Mination

    BalasHapus
  38. @rinicipta

    Menurutku True Love itu, ketika perasaan kita complicated saat bersama dia. Dia kadang menjadi orang paling menyebalkan, sekaligus paling dirindukan. Dia paling dibenci, tapi juga disayangi. Ada saat kita ingin memeluknya tapi juga ingin menamparnya. Cinta itu mampu menerima, bersedia memaafkan dan tidak pernah perhitungan. Dengan dia, rasanya kita menemukan seseorang yang bisa menjadi siapapun. Dia bisa melengkapi dan menyeimbangkan kita.

    BalasHapus
  39. Bagiku cinta sejati adalah tentang memahami, tanpa saling mengucap. Hanya tahu begitu saja. Apa yang di rasa, apa yang diinginkan.

    Seperti seorang ibu yang tahu kapan anaknya merasa gelisah, lalu menenangkannya. Tahu kapan merasa bahagia dan ikut tersenyum melihatnya bahagia.

    Cinta sejati adalah memberi kasih sayang tanpa imbalan. Memberi cinta, kesetiaan, kebahagiaan, waktu. Memberi, memberi, memberi. Tanpa ingat berapa banyak yang sudah di beri. Tanpa ingat sudah berapa banyak pula yang didapat.

    Cinta sejati tak kekal oleh waktu, seberapa berat cobaan yang didapat, seberapa besar kerikil yang menghadang, tak kan pernah goyah cinta tersebut. Seperti batu karang di lautan.

    @lisyaann

    BalasHapus
  40. @Lenny1785
    Cinta Sejati itu merupakan ikatan batin. Ikatan yang terjalin antara dua pasangan sejati akan menimbulkan ikatan batin yang sangat tinggi. Sehingga, pasangan pun akan mengetahui yang dimaksudkan pasangan lainnya tanpa dikatakan sekalipun. Ikatan batin akan membuat hubungan semakin kokoh. Terlebih lagi kelemahan pasangan sudah bukan menjadi soal. Pasangan akan hanya melihat pada kelebihan dari pasangannya. Oleh karenanya ikatan itulah yang memperkokoh jalinan cinta dan kuat diterjang badai sekalipun.

    BalasHapus
  41. Twitter : @ainekayul

    Truly Love. Cinta Sejati.
    Cinta itu tentang memberi, bukan meminta. Cinta sejati adalah ketika seseorang memberikan apapun kepada orang yang dicintainya tanpa mengharapkan balasan. Tanpa pamrih.
    Jadi jika hanya memberi namun masih mengharapkan sesuatu, tidak hisa dikategorikan sebagai cinta sejati.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...