Minggu, 24 April 2016

10 Bookstagram Indonesia yang Wajib Kamu Pantengin


Hello good readers! Selamat hari minggu, selamat liburan, ingat, besok sudah senin XD. Di hari yang santai ini, saya juga ingin memposting artikel yang asik dan nggak perlu mikir juga, artikel yang bikin mata kalian langsung cerah ketika melihat foto-foto yang saya bagikan, yang bikin eyegasm lah, yap, saya kembali dengan postingan recommendation, dan tema pada hari ini adalah 10 Bookstagram Indonesia yang Wajib Kamu Pantengin.

Era tumblr dan pinterest saya rasa sudah digeser dengan kehadiran Instagram, memang sih di sana kita bisa mengkategorikan atau mereblog gambar yang disuka, tapi salah satu kelemahannya adalah kita nggak tahu sumber yang sebenarnya, alias kadang kita nggak tahu siapa yang memposting pertama kali. Kalau Instagram kan lebih personal, mendokumentasikan karya asli, surganya bagi yang suka foto-foto, orisinilnya lebih kerasa. Sama halnya dengan blog yang memiliki istilah niche, baik Instagram maupun platform sosial media lain bisa dibuat hal yang sama. Misalkan saja kayak fashion, food dan travel blogger, atau di youtube ada istilah booktuber, di Instagram pun juga ada yang seperti itu.

Bookstagram adalah komunitas buku di Instagram, sedangkan user-nya biasa disebut dengan istilah Bookstagramer. Feed Instagram mereka hampir keseluruhan berisi foto-foto tentang buku, entah buku yang sedang dibaca, koleksi buku yang dimiliki atau foto challenge tentang buku yang sedang diikuti. Semua tentang buku. 10 Bookstagram yang saya pilih di bawah ini menjadi favorit karena foto-foto mereka artistik banget, nggak asal foto aja, kadang memiliki konsep tersendiri. Nggak kayak saya yang bisanya menjadikan Instagram sebagai tempat sampah foto digital, wakakaka. 

Dulu Instagram saya isinya campur aduk, memang sih kadang ada foto tentang buku juga, tapi semuanya nggak pernah dipersiapkan dengan matang, intinya pamer dan nggak peduli bagus atau tidak. Awalnya saya kepincut sama Bookstagramer luar, fotonya keren-keren, terlihat sangat profesional, pasti kameranya mahal nih, nggak mungkin bikin yang seperti itu. Namun, ketika saya mengetahui di Indonesia juga ada yang nggak kalah keren, bukan tidak mungkin. Sama halnya dengan blog dan youtube, saya ingin menggunakan Instagram sebagai salah satu bentuk promosi baca dan menulis resensi, menjadi bagian kegiatan favorit saya. Nggak perlu memiliki kamera bagus, walau itu bisa menjadi poin yang tambahan, semua keindahan foto bisa diakali dengan kreativitas dan editing.

10 Bookstagramer di bawah ini saya pilih karena foto-fotonya bikin eyegasm dan sangat kreatif, nggak bakalan rugi follow akun mereka. Urutannya bebas, tidak ada yang terbaik atau sebaliknya, semua favorit dan memiliki ciri khas tersendiri.



Bookstagram Indonesia pertama yang saya tahu, memang kadang nggak semua feednya berisi tentang buku, tapi sebagian besar. Fotonya jernih dan colorfull, suka kalau ada funko yang mejeng bareng buku. Bacaanya sebagian besar buku luar, sekalian jadi rekomendasi buat saya :D



Salah satu akun yang fotonya sering banget dikasih pernak pernik, bukannya kelihatan penuh tapi malah jadi indah, rapi banget penataanya.



Foto sama kain aja kelihatan keren banget, hahaha. Saya suka mantengin akun ini karena simple, nggak banyak pernak pernik, asik banget dilihat.



Tone fotonya seragam, rapi dan indah banget. Adem banget kalau lihat, nggak banyak pernak pernik bertebaran dan simple.



Rapi banget dan simple, kadang banyak pernak pernik tapi karena penataanya keren, jatuhnya nggak penuh, enak dilihat. Nggak semua fotonya berisi tentang buku, tetap recommended untuk dipantengin.



Simple dan rapi banget, suka lihatnya, nggak ada tema khusus dalam setiap foto. Belum banyak foto yang ditampilkan, tapi sejauh ini saya selalu suka. Genre bukunya beragam, ada yang bukan cangkir kopi saya, tapi sepertinya recommended juga :D.



Tone fotonya seragam, bukunya juga colorfull, mata benar-benar dimanjakan deh pas lihat. Genre bacaanya nggak jauh berbeda dengan saya.



Saya selalu suka foto-foto dari pemilik akun yang sering dipanggil Aya ini, konsep fotonya jelas banget, terstruktur dan rapi, editingnya juga keren. Salah satu yang recommended deh. Bacaanya kebanyakan buku dalam negeri, walau ada beberapa juga yang dari luar, jadi kalau mau ikutan baca, bukunya mudah dijumpai di toko buku :D.



Nggak ada tema khusus dalam setiap fotonya, tapi tetap aja keren. Sebagian besar bukunya fantasy dan YA, ada yang dari luar, ada yang terjemahan, nggak jauh berbeda dari saya, jadi bisa untuk rekomendasi juga buku apa yang ingin dibaca selanjutnya.



Kalau dilihat secara sekilas, mungkin banyak yang mengira kalau akun ini adalah akun luar, tapi ternyata asli Indonesia. Bukunya hampir sebagian besar buku luar, genre bacaan tidak jauh berbeda dengan saya, nggak banyak pernah pernik yang diikutkan dalam foto, sesuai selera saya, makanya suka banget mantengin.

Terakhir,

Akun ini wajib banget kalian pantengin, LOL.

Yak, itulah 10 Bookstagram Indonesia yang Wajib Kamu Pantengin versi saya, keren-keren, kan? Nggak salah pilih, kan? Hehehehe. Saya memang masih cupu banget dibandingkan mereka, saya banyak belajar dari mereka. Melihat foto-foto mereka menyadarkan saya untuk memikirkan konsep ketika ingin memposting foto, nggak lagi menjadikan Instagram sebagai tempat sampah foto digital. Yah, bookstagram milik saya memang masih ancur banget, saya nggak punya bakat foto, nggak punya kamera kece, nggak pinter ngedit juga, tapi saya berusaha menampilkan sebaik mungkin. Konsepnya sendiri sudah ada, lebih ke simple dan tidak banyak menggunakan pernak pernik, untuk kedepannya akan saya sertakan resensi singkat juga.

Oh ya, kalau ada yang minta folbek dan nggak saya penuhi di Instagram, jangan marah ya. Saya ingin isi timeline Instagram saya berisi akun yang benar-benar saya suka, kalau nggak saya follow di Instagram, pasti saya follow di akun lain, misalkan saja twitter, facebook atau blog, tergantung konten kalian menarik atau tidak, kalau emang followable, tanpa diminta pun pasti saya follow kok. Mohon pengertiannya ya :D

Nah, kalau kalian sendiri adakah bookstagram favorit? Apakah berbeda dari pilihan saya di atas? Boleh share komentar kalian di bawah, siapa tahu favorit kalian followable juga :D. 


18 komentar:

  1. Belum ada yang saya follow. Dan harus follow nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ayo, akun mereka recommended banget :D

      Hapus
  2. Yang baru gue follow yang sulis doang

    BalasHapus
  3. Makasih rekomendasinya :D kalau liat buku bacaan nya (banyak buku luar) ngga bakalan nyangka kalau itu orang indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau aku nggak lihat bio mereka, aku nggak bakalan tahu kalau ternyata semua produk dalam negeri XD

      Hapus
  4. Aku jarang sih merhatiin bookstagramer Indonesia, tapi suka banget sama akun @abookable komposisi foto dan tone warnanya cantik dan hangat, eyegasm banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kan! Nggak bakalan nyangka kalau dari Indonesia :))

      Hapus
  5. Keren postingannya kak :D bagus" semua fotonya

    BalasHapus
  6. rekomendasinya keren semua kak :D followed!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeay, semoga bisa menjadi inspirasi yang lain ya :D

      Hapus
  7. Rekomendasinya memang keren semua kak... Dari semuanya baru punya kak Sulis yang di follow :D.

    Thanks ya kak Rekomendasinya ^^

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Sebenernya masih banyak lagi, tapi 10 di atas yang paling aku suka :)

      Hapus
  9. WAAAAHH. Rekomendasi banget kak Sulis. Aku jadi iriii sama foto-foto mereka. Contek-able ya kak. Ada yang simple, ada yang rame. Tapi semuanya keceee :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...