Jumat, 04 Maret 2016

Resensi: My Colorful Diary for Teens Karya Gigitz

Judul: My Colorful Diary for Teens (7 in 1: Notebook, Coloring, Zodiac, Fashion, Games, Post Card, Quotes)
Penulis: Gigitz
Penerbit: Fantasious
ISBN: 978-602-6922-03-8
Cetakan pertama, Februari 2016
Tebal: 100 halaman (32 full color, 68 hitam putih)
Kertas: BC 160 gr
Harga: IDR 69.900
Buntelan dari @fantasiousID
Coloring book memang sudah menjadi tren di Indonesia selama setahun terakhir. Dipicu oleh perlambatan kondisi ekonomi yang berimbas pada banyak sektor di masyarakat. Banyak orang mulai butuh terapi sederhana untuk melepaskan diri dari belitan stress dan penatnya aktivitas sehari-hari. Mewarnai adalah salah satu aktivitas fisik menyenangkan yang dikenal setiap orang sejak masih kecil. Bermain-main dengan berbagai warna konon membuat saraf-saraf otak menjadi lebih relaks dan santai sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi dan berpikir jernih merumuskan solusi untuk bermacam masalah yang menghimpit.

Yang menjadi pertanyaan? Setelah stress berkurang lalu apa? Karena itulah muncul konsep coloring book baru, yang tidak sekadar berisi halaman mewarnai antistres tetapi juga memicu otak untuk memunculkan ide-ide segar untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang selama ini belum sempat dikejar. Coloring Notebook ini menggabungkan kedua konsep tersebut. Pembaca tidak hanya bisa mewarnai lembar-lembar ilustrasi yang dikonsep khusus untuk relaksasi, tetapi juga dirancang untuk memicu berbagai ide baru. Tidak sekadar itu, pembaca juga bisa menuliskan semua mimpi, isi hati, angan-angan, serta cita-citanya dalam lembar-lembar notebook yang disediakan.

Stress hilang, ide segar pun datang! Siapa yang tidak mau?
Hai halooo, kali ini saya berkesempatan meresensi sebuah buku yang lain daripada yang lain, biasanya kan resensi buku, terus manga dan graphic novel juga pernah, apa lagi dong? Coloring book! Yap, buku yang ngehits sekali tahun kemarin, Fantasious sepertinya tidak mau ketinggalan, hanya saja penerbit yang sering menerbitkan buku fantasi ini sedikit memilih jalan yang berbeda, menawarkan konsep yang baru, belum ada yang menerbitkan dengan konsep notebook-coloring. Kita tidak hanya bisa mewarnai, tapi juga bisa menggambar sendiri dan yang paling penting menulis unek-unek atau curhatan, coloring book yang berbentuk notebook.

My Colorful Diary for Teens ini dibuat oleh Gigitz atau yang bernama asli Gita Mariana, dia adalah desainer grafis freelance yang terbiasa membuat ilustrasi doodle, vector dan pernah menyusun coloring book juga bersama teman-teman desainer grafis yang lain. Selain itu dia juga pernah membuat cover buku, salah satu contohnya adalah karya dari Prisca Primasari. Semua ilustrasi di buku ini murni hasil ciptaan Gigitz, jadi orisinalnya bisa dipercaya, nggak akan kita temui di buku lain. Dari segi ilustrasinya sendiri saya sangat suka, terlebih ketika Gigitz menggambar seorang gadis, mungkin ini salah satu dari ciri khas ilustrasinya, indah banget, dan rapi, kadang kaya akan detail, kadang sangat sederhana.

Ada tujuh tema di dalam My Colorful Diary for Teens ini, total ada 100 halaman di mana 32 berwarna dan sisanya hitam putih. Pertama adalah Notebook, dibagian ini kita bisa menuliskan apa saja yang kita inginkan, bisa diisi dengan berbagai macam hal, layaknya menulis diary. Kemudian Coloring dengan konsep keseharian remaja, semua gambar di buku ini bisa diwarnai dan kita juga bisa menambahkan gambar sendiri di sela-selanya karena banyak ruang yang tersisa, ada juga satu halaman yang penuh dengan ilustrasi. Di bagian Zodiac, selain kita nanti bisa mewarnai lambangnya, ada penjelasan tentang sifat cewek dan cowok yang berzodiac Capricorn sampai Sagitarius. Kita akan menemukan Daily Oufit atau tips berbusana setiap hari dengan tema berbeda, penjelasan tentang jenis alas kaki sampai Shopping List di bagian Fashion. 

Suka membaca majalah dan sering mengikuti Games di dalamnya? Yap, di buku ini kalian nanti juga akan menemukan games interaktif. Ada juga Post Card yang gambar ilustrasinya kece banget, bisa kita warnai juga dan dilepas dan dikirimkan ke sahabat kita. Dan terakhir ada quote yang menginspirasi dari orang-orang terkenal, orang-orang yang dekat sekali dengan kehidupan para remaja, seperti Taylor Swift, Justin Bieber, Selena Gomez sampai Katniss Everdeen! Mau lihat langsung cuplikan isi buku My Colorful Diary for Teens? Ini dia:

Salah satu ciri khas ilustrasi Gigitz

Zodiac-ku! Lambangnya bisa diwarnai, pinggir-pinggirnya juga

Ayo tulis curhatanmu di sini :p

Daily Outfit dan salah satu jenis alas kaki :p

Yang galau baca bagian ini deh :p

Selain nulis bisa digambari sendiri juga

Post card yang kece banget, bisa dilepas dengan mudah atau bisa dipigura

Saya sudah mencoba mewarnai beberapa bagian, pinginnya menggunakan pensil warna atau crayon karena biasanya saya lebih rapi dalam menggambar daripada memakai alat yang lain. Namun, karena saya sudah lama sekali tidak mewarnai dan hanya memiliki spidol, saya mencoba dan hasilnya tidak tembus belakang! Oh ya, maaf kalau hasil mewarnai di atas kurang kece, jujur saja saya tidak terlalu ahli dalam menggambar dan mewarnai XD. Menurut saya yang paling penting dari coloring book selain ilustrasinya yang orisinil adalah pemilihan kertas, sebaiknya bisa digunakan dengan alat mewarnai apa pun dan nantinya tidak tembus atau ngeblat di bagian belakang, harus tebal dan ketika diwarnai hasilnya menjadi halus, kertasnya tidak ikut terkelupas. Menurut saya buku ini sudah memenuhi standar buku coloring book.

Buku ini pangsa pasarnya adalah remaja, khususnya remaja cewek, tapi siapa pun bisa menikmatinya juga kok, siapa sih yang nggak pernah nulis buku diary? :p. Buku mewarnai untuk anak kecil melimpah, untuk dewasa juga semakin banyak, khusus remaja memang belum cukup mendapatkan perhatian, padahal remaja kerap sekali stress loh, kehidupan di masa remaja itu tidak pernah mudah, cenderung labil dan mereka butuh sesuatu yang menarik untuk penghilang stress. Sehingga My Colorful Diary for Teens ini sangat recommended, isinya yang sesuai dengan keseharian para remaja, tentang gosip, cinta, zodiac, fashion dan tidak berisi hal yang monoton terasa sangat fun. Cocok juga untuk orang amatiran yang ingin mencoba coloring book, dimulai dari gambar-gambar sederhana, tidak njlimet dan tidak terlalu penuh detail, seperti saya ini contohnya. Berharap untuk kedepannya akan ada buku seperti ini lagi dengan tema yang berbeda.

4 sayap untuk colorful diary, colorful life :p

8 komentar:

  1. Enak itu mbk. Bisa refreshing sjenak smbil mwarnai hhhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, habis curhat trus mewarnai :)

      Hapus
  2. Wuih, lengkap banget ulasannya. Makasih Mbasul!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Raafi, kapan-kapan lagi ya tawarannya XD

      Hapus
  3. kepengen banget buku ini! Beda dari coloring book lainnya yg sudah beredar.
    Makasih reviewnya, Mba Sulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga nanti juga suka ya :)

      Hapus
  4. Lucuu buku mewarnainya, bisa sekalian corat-coret juga :D aku pernah beberapa kali lihat ilustrasinya Mbak Gigitz dan emang lucu-lucu, ada ciri khasnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, nyari ciri khas emang sulit, dan aku suka banget sama ciri khasnya Gigitz ini :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...