Selasa, 08 Maret 2016

Resensi: My Pre-Wedding Blues Karya Anna Triana | Blog Tour + #KuisBuku

Judul buku: My Pre-Wedding Blues
Penulis: Anna Triana
Editor: Pradita Seti Rahayu
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
ISBN: 978-602-02-8022-6
Cetakan pertama, Februari 2016
272 halaman
Buntelan dari @annatriana_anna
Kejujuran tak selalu jadi jawaban paling benar saat hati dan perasaan banyak orang yang jadi taruhan

Candace dan Abim sepakat menikah.

Candace siap menjadi tua bersama Hans, Abim mau menemani Aira sepanjang hidupnya.

Sepasang sahabat beda gender dari bayi ini yakin, mereka bisa menjalani kehidupan rumah tangganya kelak.

Tapi, saat persiapan pernikahan hampir sempurna, rasa takut kehilangan mengambil alih keyakinan mereka.

Abim merasa Candace takkan bisa jadi teman traveling terbaiknya lagi. Candace juga sadar, Abim akan sulit ia jadikan tempat berkeluh kesah seperti biasa.

Bagaimana mereka menghadapi pre-wedding blues ini?

Apakah Hans dan Aira mampu menerima kejujuran hati Abim dan Candace?
Candace dan Abim adalah sepasang sahabat sejak bayi, selain bertetangga, usia mereka tidak terpaut jauh, membuat hubungan mereka semakin dekat, saling mengerti satu sama lain dan bahkan sudah seperti saudara sendiri. Abim juga sering mengantar pulang Candace ketika harus lembur di kantor, Abim lah yang selalu ada ketika pacar Candace, Hans, sibuk dengan pekerjaannya sendiri. Pada awalnya mitos laki-laki dan perempuan tidak mungkin hanya berstatus sahabat bisa disanggah, Candace dan Abim sama-sama sudah memiliki pasangan sendiri tapi hubungan mereka berdua tetap seperti biasa, tetap saling ribut dan saling membutuhkan, Hans dan Aira bisa menerima, hubungan mereka tetap harmonis.

Sampai ketika Hans melamar Candace. Tidak ada alasan untuk menolak, Hans adalah sosok lelaki yang diimpikannya. Di saat yang bersamaan Abim juga merasa yakin untuk melamar Aira, dua tahun lebih hubungan yang mereka jalin sudah cukup untuk melangkah lebih lanjut lagi. Candace dan Abim akan melepas masa lajang dan pertanyaanya adalah apakah hubungan mereka akan tetap sama setelah menikah nanti? Mereka berudua tahu betul akan ada batasan, akan ada jarak, tidak lagi ada kegiatan yang dapat mereka lakukan dengan bebas, misalkan saja mencoret destinasi-destinasi yang belum mereka kunjungi di bucket list.

Sebelum semuanya menjadi berbeda, mereka berdua menyusun pesta bujang, traveling ke Karimunjawa. Terbatasnya waktu dan dana, membuat mereka harus mengunjungi tempat yang sudah pernah mereka datangi, Abim meyakinkan Candace kalau Karimunjawa adalah destinasi yang pas dengan kondisi mereka, intinya adalah mereka bisa pergi berdua sebelum benar-benar tidak akan bisa melakukannya lagi. Dan di tempat itu juga masalah baru muncul, masalah yang bisa mengubah masa depan mereka semua.
Untuk satu kali ini, mereka tak ingin berbagi. Biarlah perjalanan besok hanya jadi milik mereka sendiri. Satu kenangan yang akan terus mereka ingat sebagai sebuah kekonyolan hingga tua nanti. Setiap orang berhak mengelar pesta bujangnya, bukan? maka inilah pesta bujang ala Abim dan Candace.
"Nggak tau, Bim, nikah kan bukan hal sederhana. Bukan sekadar karena lo udah cukup umur, udah punya karier bagus, terus habis itu lo harus nikah."
"Maksudnya?" tanya Abim tak mengerti arah pembicaraan Candace.
Candace mengangguk. "Nikah itu kan komitmen seumur hidup. Saat lo ikhlas buat ngejalanin sisa hidup lo dengan nggak lagi egois karena diri lo bukan lagi milik l.o sendiri."
"Well, tapi emang itu kan yang namanya pernikahan? Ketika lo udah siap buat menikah, artinya lo udah siap buat melakukan segala sesuatu lewat jalur kompromi. Nggak ada lagi ala 'semau gue'."
"Candace, lo tahu nggak apa kesalahan terbesar yang biasa dilakukan sama sahabat beda gender?"
"Apa?" tanya Candace. Ada nada menantang di sana.
"Terlalu takut buat menyatakan cinta karena nggak mau ngerusak persahabatan mereka. Hal yang sebenarnya justru membuat kalian saling menyiksa cuma gara-gara kebentur sama satu kata, sahabat."
My Pre-Wedding Blues adalah karya Anna Triana yang pertama saya baca, awalnya tidak berekspektasi berlebih karena tema yang diangkat sangat mainstream sekali, sahabat jadi cinta, bisa ditebak cerita akan dibawa kemana. Namun, tanpa disangka saya cukup menikmati ceritanya, gaya tulisan Anna Triana santai dengan mengunakan bahasa sehari-hari, alurnya cepat, tidak detail sekali dan tidak bertele-tele juga. Porsi dialog dan narasinya seimbang, dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga pembaca diminta menilai cerita secara objektif, dan yang paling penting, saya sangat menyukai hubungan antara Candace dan Abim yang dibangun penulis. 

Saya senang penulis lebih fokus akan hubungan Candace dan Abim, membangun chemistry mereka berdua, kadang menyisipkan adegan di masa lalu yang membuat mereka sangat dekat, alih-alih fokus pada pasangan masing-masing. Hubungan mereka berdua sangat mengalir, awalnya benar-benar terasa hanya sahabat tapi perlahan pembaca akan bisa merasakan bahwa hubungan mereka berkembang dengan seiringnya waktu. Dari semua adegan di buku ini, favorit saya adalah ketika Candace dan Abim di rumah pohon, tempat di mana menjadi saksi mereka tumbuh, mereka dekat dan mereka berjarak. Penulis juga mencoba memberikan rasa yang berbeda akan tema sahabat jadi cinta, menyisipkan bagian traveling ke Karimunjawa. Penggambaran destinasinya cukup baik, tidak terkesan tempelan semata. 

Tokoh favorit di buku ini adalah Abim, dia pribadi yang menyenangkan, kadang childish, tapi kadang bisa menjadi dewasa juga. Sifatnya hampir mirip dengan Candace sehingga tidak jarang mereka sering bertengkar. Hans sangat bijaksana, laki-laki impian semua wanita. Sedangkan Aira tipe wanita pengalah dan lembut. Tidak ada tokoh yang tidak disukai, semua memiliki peran penting di buku ini. Untuk covernya, tidak jelek sih, hanya saja saya kurang sreg XD.

Buku ini bercerita tentang bahwa perasaan tidak bisa bohong, recommended bagi yang mencari tema pernikahan sahabat jadi cinta :D.




Saatnya #KuisBuku :D
Bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia, berkesempatan mendapatkan buku My Pre-Wedding Blues secara cuma-cuma!
Caranya:
1. Folow blog Kubikel Romance via Google+
2. Follow akun twitter @annatriana_anna dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya dengan hastag #WeddingBlues, boleh mention kedua akun di atas :D
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah dengan menyertakan akun twitter kalian, "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

Udah itu saja, mudah kan? #KuisBuku hanya berlangsung selama TIGA HARI, deadline tanggal 10 Maret 2016, jadi ayo ayo ikutan, bukunya seru kok :D. Pengumuman pemenang akan saya tampilkan di postingan ini juga, paling lambat dua hari setelah batas akhir #KuisBuku.
Untuk jadwal host siapa saja yang berpatisipasi dalam blog tour ini, silahkan lihat banner di atas, akan ada #KuisBuku juga di sana. Good luck!

*UPDATE*

Haloooo halooo, saatnya pengumuman pemenang, setelah membaca komen kalian dan akhirnya menentukan secara randam dengan terlebih dahulu mengecek persyaratan yang akan jadi pemenang, akhirnya saya memilih...

@adindilla

Selamat ya, nanti aku akan menghubungi kamu untuk konfirmasi pengiriman hadiah, buat yang lain jangan patah arang karena akan ada giveaway lain yang nggak kalah seru. Untuk blog tour selanjutnya ada di blognya @RizkyMirgawati, silahkan mencoba peruntungan di sana. Untuk jadwal lebih lengkapnya silahkan lihan di banner. Semoga beruntung :D

32 komentar:

  1. @Kimol12

    Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?

    Jawaban:

    Jepang! Yeey...Pengen banget traveling ke sana bareng sama temen yang penggila dorama, anime dan doraemon tentu. Well, that will be a fun and great journey before married.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Twitter: @APradianita

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Ada nggak sih Petualangan Romantis? Ada dong, saya akan mencoba menyusuri barat Australia via Indian Ocean Drive bersama sahabat saya!

    Usia 20-an adalah saat-saat paling tepat untuk travelling ke seluruh penjuru dunia. Saya, anak muda, punya waktu yang cukup panjang untuk berkelana ke mana saja. Nah, kadang petualangan saya itu bisa terhenti kala saya memutuskan untuk menikah saat berusia muda. Banyak alasan yang bikin saya jadi nggak bisa travelling sewaktu masih lajang dulu. Mengurus keluarga lah, harus rutin ke tempat mertua lah, atau macam-macam aktivitas yang nggak bisa saya tinggalin kalau sudah menyandang predikat istri dari pasangan saya. Nah, kalau saya belum nikah, ada baiknya saya puas-puasin dulu deh travelling bersama sahabat saya. Ada banyak sekali destinasi wisata yang luar biasa dan romantis yang bisa saya datangi kapan saja. Ya, lebih baik jangan nikah dulu deh sebelum ke sini.

    Siapa bilang nggak ada petualangan yang romantis? Saya mencoba janjian backpacker-an sama sahabat saya. Kami pergi ke Australia dan menelusuri bagian barat negeri Kangguru itu. Kami akan mencoba Indian Ocean Drive, sebuah petualangan seru menelusuri garis pantai di Barat Australia. Start dari Kota Perth dan finish di tempat yang sama. Kami akan menjumpai pemandangan yang memanjakan mata di kanan kiri jalan. Pasir pantai nan putih, kota nelayan yang sangat unik, taman nasional yang penuh dengan batuan spektakuler bakal jadi sahabat kami selama petualangan ini. Kurang romantis apa coba?

    BalasHapus
  3. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta

    Obrolan dengan tema ini secara tidak sengaja tercetus kemarin ketika aku dan sahabat jalan bareng.
    Kami sama-sama pengagum benua Eropa. Jadi pengin banget menjelajah negara-negara di benua itu. Tujuan utamanya sih tetep ke Belanda. Pengin ke Keukenhoff bareng, menikmati indahnya warna-warni di taman bunga itu. Tempat ini jadi tujuan utama, karena selalu mupeng liat foto-foto di Instagram. Selain itu, pengin lihat kincir angin dan bunga tulip langsung. Pengin ke kampung nelayan Volendam. Pasti menyenangkan! Semoga bisa terwujud ^^

    BalasHapus
  4. @Dessy_Mination
    Mau ke Korea Selatan...
    Biar bisa ke tempat-tempat yg ada d drama korea, nonton konser Super Junior

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Jawaban:
    Pengin keliling Indonesia tentunya, menikmati keindahan dan keeksotikan alam anugrah Tuhan kepada negeri ini.
    Aku dan beberapa sahabat sudah pernah ke Belitung, dan di sana asyik dan seru banget! Puas banget berenang di tengah laut sambil snorkling liat pemandangan di bawah air yg indah.

    Dan kalau punya kesempatan dan rezeki lagi, aku bareng sahabat pengin traveling ke Karimun Jawa yg punya banyak wisata alam dari kolam hiu, legon lele, bukit love, tracking hutan mangrove, sampai wisata di banyak pantai. Selain itu Karimun Jawa juga memiliki wisata kuliner dan wisata religi.

    Keinginan yg lain, aku juga mau ke Raja Ampat di Papua Barat yang eksotik dan indah banget! Semoga aja bisa kesampaian :)

    @nunaalia

    BalasHapus
  7. @putripramaa
    Saya akan memilih untuk travelling ke Bali.
    Mainstream? Saya rasa tidak. Saya percaya bahwa tempat baru yang saya kunjungi bukanlah tempat yang mainstream, kecuali saya sering pergi ke sana. Sebagai sahabat, kami tentu pernah membicarakan tentang tempat impian kami. Saat itu, bukan Bali, kami justru ingin pergi ke Jerman. Tapi, aku memilih Bali untuk tempat travelling karena di sana ada tempat aku ingin pergi. Tempat itu adalah Ubud, tempat diadakannya Ubud Writers and Readers Festival.
    Kami pernah melewati Ubud saat darmawisata sekolah, tapi tidak berhenti di sana. Dia tahu bagaimana aku bermimpi. Jadi sebelum menikah, aku ingin sekali berlagak seolah kami adalah penulis novel misteri dan pembaca novel misteri yang dipertemukan di Ubud Writers and Readers Festival. Mungkin terdengar konyol, tapi saat itu aku ingin momen tersebut menjadi momen yang paling kita ingat. Setelah ke Ubub, aku akan pergi menjelajahi Bali, tapi bukan di Denpasar. Pasti menyenangkan bila keinginan ini terwujud nanti. :)

    BalasHapus
  8. @naafilahizzah

    Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?

    Dulu saya mencita-citakan akan pergi bertravel dengan beberapa orang sahabat, karena saya belum pernah sama sekali ber-travel ria dengan mereka. saya pikir mungkin menyenangkan, terlebih lagi setelah menonton film "5cm" saya menjadi semakin tertarik untuk mengutarakan ide saya itu.

    Siapa yang akan menyangka? mereka menyambutnya dengan begitu antusias, bahkan sama seperti pertanyaan tadi, kami telah membuat kesepakatan sebelum menikah, kami akan pergi traveling ke negeri 'Sakura' terdengar aneh memang bagi masyarakat awam, tapi kami adalah seseorang yang menggemari negara tersebut haha.

    Saya benar-benar menantikan saat-saat itu. xD

    BalasHapus
  9. @Rianiuhandi

    https://twitter.com/RianiSuhandi/status/707215336626466816

    Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?

    Well, FORK CITY yang jadi setting twilight movie. Kenapa? Karena salah satu quality time saya dan mereka (baca: sahabat) adalah nonton film tersebut dan sering menghayal (khususnya saya) : it'll be great to go to there together.

    BalasHapus
  10. @adindilla
    https://twitter.com/adindilla/status/707227077943005184

    Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?

    Saya mau keliling ke wilayah tiga Cirebon (Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan). Saya juga baru ngeh, ternyata di wilayah tersebut mulai bermunculan tempat wisata baru. Bukankah tujuan travelling ini untuk menghabiskan waktu seru dan kebersamaan dengan sahabat. Seminggu pun bakal saya jabanin. Saya tahu setelah pernikahan, prioritas akan sangat berubah dan berbeda terhadap sahabat. Tidak perlu jauh sampai beda provinsi atau negara. Soalnya, kehangatan bersahabat datangnya dari hati, bukan dari kelelahan perjalanan jauhnya.

    BalasHapus
  11. @realdianmrani93

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Pulau Jeju, Korea Selatan.
    Setelah menonton variety show "VIXX's One Fine Day" yang mengambil lokasi syuting liburan di Pulau Jeju, dibanding ke Seoul, belakangan ini aku lebih tertarik mengunjungi Pulau Jeju. Aku mau nyoba diving di laut ala bibi-bibi Jeju atau diving di akuarium besar yang ada di Jeju. Aku mau nyoba berkuda di Pulau Udo. Aku mau nyoba main Maze di salah satu taman Maze yang ada di Jeju. Aku mau nyoba zipline yang melintasi kebun hijau. Aku mau nyoba metik Jeju Tangerine (jeruk asli Jeju) dari pohonnya langsung. Yang pasti, aku akan mengunjungi lokasi yang telah dikunjungi VIXX dan team "VIXX's One Fine Day". Aku bahkan sudah mengutarakan hal ini pada sahabatku beberapa waktu lalu :D Sounds great, right? Tapi, masih belum kesampaian. Semoga suatu hari nanti bisa terkabul O:) Aamiin ... Wish me luck ...

    BalasHapus
  12. Twitter : @Figho_20

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Curug Putri, Brebes
    setelah melihat foto-foto dan video teman, saya jadi pengin mengunjungi tempat itu. saya ingin melihat langsung keindahan air terjun curug putri yang sisi-sisinya dihiasi tebing batu yang membentuk ukiran alami dan pemandangan alam yang masih asri.

    selain itu saya juga ingin mengunjungi Taman Nasional Bunaken dan Raja Ampat.. semoga aja kesampaian.. aamiin

    BalasHapus
  13. Hai kak Sulis, ikutan giveaway-nya yaaa...

    Kalau aku punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kita akan ke Korea Selatan :) Kita itu kpopers. Aku yang penggila drama korea dan dia itu Elf, fans berat Super Junior.

    Kita pernah ngobrolin ini panjang lebar. Bermimpi tentang bertemu idola kita secara langsung di negera asalnya. Menonton konser Suju secara langsung dan selfie bareng mereka. Jalan-jalan ke tempat favorite dalam drama korea. Berfoto seperti adegan dalam drama korea. Melihat-lihat lokasi shooting drama korea. Dan menjelajahi kota Seoul, Busan, Masan, dan pulau Jeju.

    Semoga suatu hari nanti kita bisa travelling bareng ke Korea ya sobat :)

    BalasHapus
  14. Twitter : @hndiniptrind

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Mau keliling Indonesia, ke daerah-daerah yang masih pelosok dan adat budaya nya masih kentel dan 'jaman dulu' banget. Soalnya aku sama temen aku lebih suka petualangan ke tempat-tempat kayak gitu. kita juga punya cita-cita kalo bisa datengin tempat-tempat pelosok kayak gitu misalnya, Suku Baduy dalem. kita mau buka stan kesehatan, ngadain penyuluhan, biar orang-orang disana bisa hidup lebih sehat dan tau gimana pola hidup sehat dimulai dari diri mereka sendiri baru ke orang lain dan lingkungan.
    Setelah itu, baru deh travelling ke luar negeri. Tujuan utamanya Jepang! :D

    Semoga bisa terwujud^^

    BalasHapus
  15. Fetreiscia Frida
    @fetreisciafrida


    Aku akan ajak mereka ke Pulau Bali. Mungkin bagi kebanyakan orang jalan2 ke Bali udah biasa banget ya? Hehe tapi bagi kami tidak. Kami ber-lima adalah sahabat yang dipertemukan di Jakarta dan kami berasal dari daerah2 berbeda. Kami sama2 belum pernah ke Pulau Bali, dan impian kami saat ini adalah jalan2 bareng terus nginep bersama. Kami juga punya keinginan untuk ke pulau. Maka itu aku memutuskan untuk mengajk mereka ke Pulau Bali. Aku ingin mengajak mereka ke Pantai Kuta untuk menikmati sunrise dan sunset. Selain itu aku juga mau mengajk mereka ke Tanjung Benoa. Menikmati permainan air. Banana boat, snorkling, parasailing, scuba diving, jetski atau apapun. Aku juga mau ajak mereka main arung jeram di Sungai Telaga Waja. Kami pernah ingin mencoba arung jeram di dufan saat itu, tapi ketika kami mau mencobanya arena tersebut sedang diperbaiki. Jadi aku ingin mengajak mereka melampiaskan permainan ini di Bali.

    Sekian travelling seru yang ingin aku dan mereka nikmati. Aku ingin menikmati semua rencana kami yang belum bisa kami wujudkan sebelumnya untuk menutup masa lajang ku. Hehehe....

    Ah aku jadi berharap benar2 bisa mewujudkannya deh. Semoga ini bukan hanya menjadi tulisan yang kugunakan untukmenjawab pertanyaan, tapi benar2 bisa kami wujudkan ya mbak.....Amin. hehehe....

    Wish me luck^^

    BalasHapus
  16. Twitter: @Visca_Apr
    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"
    Travelling? aaaaaaa udah lama banget ga travelling bareng sahabat-sahabat aku, sibuk sama urusan masing-masing
    kalo aku punya kesempatan untuk travelling bareng sahabat sebelum menikah, aku pengen ngajak sahabat-sahabat aku *terutama sahabat ldr aku yang ada dicirebon* jalan-jalan ke semua tempat wisata yang ada di pulau bangka belitung. mulainya sih dari daerah belinyu dulu *tempat tinggal aku* pergi ke pantai penyusuk, pulau putri, putri lampu, pantai remodong, pesaren, putat, bading,lepar pokoknya semua tempat wisata atau tempat yang enak untuk jelajahi, bisa juga pergi ke tempat orang yang lagi menambang timah, mendaki gunung maras, pasti seru kalo mendaki bareng sahabat tercinta *peluk* . selesai dari belinyu baru pergi ke daerah sungailiat, pangkalpinang, muntok, di muntok sekalian pergi ke museum timah, ke rumah pengasinganbung karno juga, sekalian mendaki gunung menumbing, koba, toboali, lepar pongok. setelah itu baru lanjut ke belitung, pergi sekolah laskar pelangi lanjut ke Pantai Tanjung Kelayang, Danau Kaolin, yang belakangan ini lagi nghits banget karena pemandangannya yang bagus.
    duh banyak banget daftar tempat yang ingin dijelajahi, kalo gini paling ga butuh waktu sekitar 1 bulan :D.

    BalasHapus
  17. @annsynd


    Ke Dublin XD 😆 aku pengin banget ke Dublin. Sebenarnya ini gara-gara baca novel yang setting-nya di kota Dublin, Irlandia. Penulisnya menggambarkan Dublin dengan sangat jelas dan menarik. Di kota Dublin, cuaca sering berubah-ubah, apapun musim yg sedang berlangsung di Dublin, pasti hujan selalu turun. Seru banget khaann bisa hujan-hujanan terus sama sahabat? :p
    Udah gitu, Irlandia ini indah banget pemandangan alamnya, emang sih belum pernah kesana XD tapi ngeliat di foto juga udah bikin aku pengin cepet-cepet ngilang kesana. Nanti, aku dan sahabatku akan mengunjungi Wicklow Mountain sekaligus melihat Glendalough (desa dengan dua danau) dan pastinya sambil selfie-selfie cantik buat di post di instagram XD
    Satu lagi yang ingin aku kunjungi bersama sahabatku. Alaska, USA. Pengin banget deh kasana :D aku pengin benget ke Alaska karena pengin ngeliat Aurora (fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala di langit, biasanya terjadi di daerah sekitar kutub).
    Yang pasti juga sambil selfie-selfie dong XD kalo masuk instagram kan lumayan kalau followers nambah XD

    BalasHapus
  18. @deradevalina

    Aku yang jarang traveling pastinya bakal jadi moment penting banget, seru – seruan dengan sahabat menikmati hidup sebelum akhirnya memutuskan untuk naik ke pelaminan dan berumah tangga, untuk traveling, setiap tempat, daerah, dan negara sekalipun pasti memiliki panorama, tempat pariwisata, kulener, ataupun seni yang berbeda – beda, jadi kemanapun itu aku yakin kalau bersama sahabat akan terasa berkesan, menikmati dan mengagumi alam ciptaan tuhan, mempelajari hal - hal baru, mengenal kebudayaan dan orang – orang setempat mungkin bakal jadi perjalanan panjang yang melelahkan tapi dengan sahabat semua itu bisa dilalui bersama.

    BalasHapus
  19. @nAshari3

    Aku pengen banget travelling ke Roma, Italia kak. Aku & sahabat-sahabatku suka dengan klub sepakbola AS ROMA yang bermarkas di kota Roma. Makanya kami ingin sekali travelling kesana kak sebelum kami semua menikah.
    Di roma, tujuan kami adalah menonton match AS Roma di stadion Olimpico Roma. Kami ingin sekali nge'chant bersama ultras roma yg ada di curva sud di stadion olimpico. Gak bisa bayangin kak rasanya, denger & lihat di tv saja kami sudah merinding.

    Tujuan kedua kami, di kota itu masih tentang Roma. Yaitu kami ingin sekali ke salah satu pusat latihan pemain-pemain AS Roma di trigoria. Mau bertemu pemain-pemain Roma, Radja Nainggolan juga (yg berdarah Indonesia) dan tentu saja il capitano F. TOTTI kak.

    Baru deh kak, kami akan ke tempat-tempat wisata yang ada di kota Roma. Yaitu Colloseum yang terkanal itu kak, tempat gladiator bertarung. Kebetulan juga, pemain-pemain AS ROMA sering disebut gladiator. Hehe
    Kita juga gak akan lupa berkunjung ke Galeri Borghese (ke kota Roma tanpa melihat karya seni yang ada disana, percuma kak) dan bukit Palatium yg keren bgt.
    Terakhir kami akan melempar koin di Trevi Fountain, yang mitosnya jika bisa melempar dengan benar akan bisa kembali lagi ke kota Roma.

    Ahh semoga bisa kesana kak.

    BalasHapus
  20. Twitter: @RinitAvyy

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Itu tergantung dari devinisi sahabat seperti apa, hubungannya bagaimana dan apakah ini sahabat baik atau sekedar sahabat biasa. Tapi berhubung cuplikan novel "Pre-Wedding Blue" yang sudah di resensikan oleh mbak sulis, devinisi sahabat itu, digambarkan bahwa --sepasang sahabat sejak bayi, selain bertetangga, usia mereka tidak terpaut jauh, membuat hubungan mereka semakin dekat, saling mengerti satu sama lain dan bahkan sudah seperti saudara sendiri. Lah kalo yanh sudah dikategorikan Persahabatan Kental dari bayi dewasa. Apalagi mereka itu lelaki dan perempuan. Mana ada persahabatan lelaki dan perempuan yang sangay dekat sekali itu hanya biasa saja. Lama-kelamaan bakal tumbuh cinta. Dan untuk meyakinkan diri bahwa ini hanyalah bahwa yang mereka jalani memang benar-benar hanya kisah pertemanan, maka mereka memutuskan melakukan perjalanan jauh--alias travelling--buat meyakinkan diri.
    Kalo kisah yang seperti ini dan aku disuruh memilih dimana tempat tujuan travelingnya sama sahabatku yang mau nikah itu. Aku rasa pilihan paling tepat adalah berlibur ke Kebun Teh minimal selama 5 hari sudah lebih dari cukup. Loh kok ke kebun teh sih?? hehe..Kata orang tempat paling pas buat menenangkan diri ataupun meyakinkan diri dengan keputusan yang kita ambil adalah dengan pergi ke tempat yang jauh dari Keramaian. Kata lainnya yang tepat maksudnya tempat yang damai dan rilex untuk menenangkan pikiran. apalagi pikiran ini menuntut sebuah jawaban dari pertanyaan yang menyangkut sebuah jawaban pasti dari--Apakah sudah benar keputusan yang diambilnya buat menikah? Apakah sudah tepat atau belum?--dan tempat itu adalah Kebun Teh. Disanakan letaknya jauh dari Kota yang sangat ramai, apalagi bebas asap-asap kendaraan dan kemacetan. Tempatnya sejuk yang pas sekali buat berpikir jernih. Tempatnya adem, sangat cocok untuk mengademkan hati dan perasaan. Kebun Teh juga punya pemandangan alam yang nggak kalah keren sama pantai atau laut ataupun tempat berlibur lainya lah. Kebun Teh punya pemandangan alam yang elok dipandang mata sangat tepat untuk menyenangkan diri dengan memandangi berhektar-hektar lahan yang hijau segar mengindahkan mata. Warna yang selalu ditemukan Hijau dari tempat itu sungguh menenangkan. Dan dapat menenangkan akan kegelisahan, kegundahan, keraguan yang masih ada dalam hati. Dan aku rasa berlibir bersama sahabat baik yang mau menikah kesana adalah tujuan paling pantas dan tepat sekali. Sekaligus memberikan peluang padanya tentang keputusannya buat memutuskan masa lajang--sudah benarkah?? atau belumkah??-- Jadi, bukankah benar sekali kalo aku memilih tempat berlibur di Kebun Teh yang selalu kelihatan hijau dan selalu bisa menyenyegarkan pandangan mata dan perasaan itu. Sejujurnya selain alasan-alasan yang kusebut diatas, aku sebenarnya sangat suka sekali kalo pergi kepegunungan dam mampir di kebun teh. Soalnya dulu, sekitar tiga tahun lalu, aku pernah pergi ke kebun teh yang ada di Jawa Timur. Dan dari sanalah aku bisa temukan persaan lain yang ada dalam diriku yang nggak bisa diketahui oleh orang lain. Hanya Aku dan Allah yang maha mengetahui. Perasaan asing yang menyusup itu ternyata aku yakin bahwa aku sudah meyakinkan diri kalo itu adalah rasa suka pada seseorang. Maka dari itu, aku pilih tempat berlibur yang palong tepat ya di "Kebun Teh".

    BalasHapus
  21. Akun Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/707570743505133568

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Kalau aku punya kesempatan Traveling bareng sahabat sebelum nikah. Aku akan pergi ke Negeri Sakura-Jepang dan Ginsaeng-Korea. yeyyy
    Kenapa Jepang dan Korea? Karena itu mimpi kami sedari SMA dulu.
    aku & sahabatku sama-sama penggila pohon sakura (tp tdk penggila ginsaeng yaa.. hehhe) dgn tanaman2 sejuk yg ada di korea. Kami malah sudah menyiapkan List utk kami pergi nanti. salah satunya pulau jeju yg menjadi tempat syuting drama Winter Sonata.. dan kami bakal selfie di depan building SM.Ent heheh
    Sebagai bukti kalau kami sudah menginjakkan kami di Korea.
    Krn bagi kami kl sudah ke korea itu wajib selfie di dpn SM.ENt. dan kl di jepang wajib selfie di pohon sakura. Simple dan aneh. tp itulah impian kami.
    Semoga aja terkabul impian kami *Amin

    Sekian
    Salam Pida Alandrian

    BalasHapus
  22. @Jkhoyul

    Kalau dengan sahabat pengen ke Jogja. Tapi karena satu sahabatku sudah nikah duluan (dia yg paling g berani pergi jauh), jadi pengen lebih jauh lagi. Ke Asia Tenggara, jalur IndoChina. Vietnam, kamboja, Thailand aja. Malaysia dan singapore sudah pernah soalnya.

    BalasHapus
  23. @jacilpo

    Aku mau traveling dengan sahabatku ke Macau, China. Kenapa? Karena kami adalah penggemar Running Man, itulah variety show korea ituu. Nah, disalah satu episodenya ada berkunjung ke Macau. Disana mereka dateng ke Macau Tower, tempat Bungee Jumping tertinggi dengan ketinggian 760 feet (233 m). Pas kita nonton episode ini, kita histeris bareng waktu liat para member melakukan bungee. Nah, dikesempatan traveling bersama sahabat ini sebelum menikah ini, aku mau ajak mereka kesini. Mau melepaskan stress dan penat yang nantinya sudah gak bisa kutebus lagi dengan melakukan bungee ini, karena kan sudah menikah, udah susah lagi mau traveling sambil ngelepas penat gini, amaknya dikesempatan sebelum nikah ini aku mau ngelepasin beban sebelum menikah dengan bungee, biar semua beban itu lepas dan saat menikah nanti aku terlihat cerah ceria, karena semua beban itu telah lepas bersamaan dengan loncatan aku di bungee jumping itu. Dan dengan melakukan loncatan bungee itu (yang dimana aku sendiri adalah takut ketinggian) kalo fobia tinggi itu saja bisa kuhadapi dengan berhasil melakukan bungee, brarti segala permasalahan yg nantinya (mungkin) timbul selama pernikahan pun pasti bisa kutangani.
    Makanya aku mau dikesempatan ini melakukan travelling ke macau bersama sahabatku 😄

    BalasHapus
  24. @sylnamira
    link tweet: https://twitter.com/SylNamira/status/707819582204076033

    Aku mau traveling sama adikku ke Aceh, tepatnya Sabang. KIta memang asli dari sana, tapi selama ini kalau ke Aceh selalu ke rumah sodara, rumah nenek, dan kerabat. Belum pernah tuh traveling semacam turis. Jadi itulah yang akan dilakukan kalau ada rejeki :D Selain itu, kalau sudah berkeluarga kayaknya lebih ribet ya urusan perijinannya, jadi ya, Aceh lah destination yang akan dituju. With my one and only little sister ;)

    BalasHapus
  25. Akun Twitter : @RaaChoco
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/707808174976405504?p=v

    Pengen banget naik gunung.

    Mau itu gunung merbabu, semeru atau bromo, ga apa-apa, yang penting naik gunung. Mungkin kebanyakan perempuan malah pengen perginya ke pantai, walau ga semuanya sama. Tapi aku engga ( karena aku phobia pantai X_X ). Naik gunung tuh salah satu cara paling ampuh untuk bercengkrama dengan alam, selain bisa cuci otak dan cuci mata. Kayaknya ga perlu budget banyak, karena menurutku naik gunung itu traveling paling murah ( kecuali kalo di LN, lain soal. Hehehe :D )
    Kalo aku mikirnya, naik gunung itu seperti, "Berakit ke hulu, berenang kemudian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian". Semua usaha, jerih payah, dan letih luar biasa itu ada bayarannya setelah sampai di puncak. Pas sampe di puncak rasanya semua beban tuh ilang. Ditambah karena kebanyakan pendakian itu yang dicari adalah panorama saat matahari terbit yang pasti bener-bener indah banget. Keindahan alam memang ga ada duanya.

    BalasHapus
  26. Nama: Dian Maya
    Email: dianmayasariazis@gmail.com
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/707817192079953922

    Pertanyaannya Kak Sulis rada ambigu nih, soalnya ndak disebutin sahabat yang dimaksud di sini adalah sahabat sesama jenia atau beda gender? Kan pasti beda dong destinasinya. Kalo saya sih, disuruh milih destinasi traveling sebelum mutusin nikah, saya akan memilih mengeksplorasi Raja Ampat bersama sahabat-sahabatku. Menikmati pantainya yang begitu eksotis.

    BalasHapus
  27. Twitter: @tiarizee

    Aku suka pertanyaan GA kali ini, karena hal ini pernah aku diskusikan dengan sahabatku. Aku dan dia pengin banget pergi ke Jakarta. Kota metropolitan yang malah ditinggal masyarakatnya saat liburan karena mereka ingin menyegarkan pikiran dari kebisingan kota Jakarta. Maklum, kami tinggal di kota kecil namun penyuka keramaian. Jadilah Jakarta menjadi destinasi yang sangat menarik. Ada daya tarik tersendiri yang Jakarta punya untuk memikat siapapun untuk sekedar berkunjung. Dan aku terpikat oleh keramaiannya!
    Mungkin kalau mendengar kata Jakarta pastilah kita langsung mengingat kemacetan, kesemrawutan, dan keramaian kotanya. Tapi kalau aku pergi kesana, aku ingin mencoba hal-hal baru yang mungkin bagi orang lain sudah biasa.

    Ada 3 hal yang 'sangat' ingin aku lakukan saat berkunjung ke Jakarta:
    Pertama, aku ingin mengunjungi Monas. Selama 17 tahun aku hidup, belum pernah sekalipun aku menginjakkan kaki ke Jakarta hanya untuk ber-travelling, apalagi pergi ke Monas. Ah, monumen nasional jakarta ini! Aku selalu kagum dengan bangunannya yang simpel tetapi tetap indah dilihat dari berbagai sudut. Berselfie ria bersama sahabatku disini, menjadi ajang narsis sekaligus penghilang stres saat nantinya disuguhi dengan ribetnya mengurus sebuah acara pernikahan. Oh iya, aku juga ingin mencicipi kuliner khas betawi yang ada di sekitar Monas, terutama ketopraknya. Hahaha!
    Lalu, aku dan Zahra(sahabatku) sudah bersepakat jika berkunjung ke Jakarta, ingin naik transjakarta dan kereta listrik yang ada disana! Berdesakan di tengah keramaian untuk pergi ke tempat tujuan, menunggu jadwal keberangkatan seusai pulang kerja, merupakan suatu hal yang menarik bagi kami. Kalian yang tinggal di kota besar pasti menganggap ini aneh. Tapi seharusnya kalian lebih memperhatikan hal-hal kecil itu. Kenapa? Karena hal langka tersebut hanya dapat ditemukan di beberapa kota saja, termasuk Jakarta.

    Terakhir, aku sangat sangat ingin pergi ke Pasar Buku Kwitang. Siapa sih yang nggak kenal sama tempat ini? Buku bekas, baru, langka, sampai terbitan lama pun ada disini. Duh surganya pemburu buku! Aku pengin banget berburu buku-buku di tempat ini, apalagi bersama sahabatku. Ada suatu sensasi tersendiri menurutku. Berjalan di lorong-lorong penuh dengan buku yang disusun tinggi dengan bau khas buku yang bisa dihidu sepuasnya. Tidak ada yang lebih menarik daripada ini!

    Ya ampun aku tahu ini aneh, tapi 3 hal menarik ini masuk dalam daftar hal yang ingin kulakukan sebelum aku menikah!
    Kemanapun tempat yang kita kunjungi, seharusnya kita bisa menghargai hal kecil yang merupakan kekhasan kota tersebut. Karena tidak semua orang bisa menikmatinya dan aku yakin suatu saat kalian pasti akan merindukannya. Ah, tunggu aku dan sahabatku menjelajah setiap sudut keramaian kotamu, Jakarta!

    BalasHapus
  28. @RizAnNie88

    Ke Jogja dong.
    Kota pelajar yg terkenal dengan gudeg, budaya, sejarah, keramah tamahannya dan angkringannya.
    Suasana Jogja yg bikin nyaman selalu membuat ku rindu dengan kota ini.
    Menjelajahi kota batik untuk melepas masa lajang bersama sahabat... Sambil nyari souvenir buat pernikahan juga boleh. Hehehe
    Jadi kangen Jogja ^_^

    BalasHapus
  29. @Jju_naa

    "Kalau kalian punya kesempatan traveling bersama sahabat sebelum menikah, kalian akan kemana?"

    Kami akan traveling ke Kalimantan ^^

    Tepatnya, tujuan utama kami itu ngebolang ke Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Denger-denger sekarang masuk ke wilayah Kalimantan Utara). Kenapa kami memilih traveling ke Kepulauan Derawan?(tepatnya, kenapa aku mengajak mereka untuk traveling ke Kepulauan Derawan) Karena kami berempat ini suka main basah-basahan dan melihat keindahan trumbu karang.

    Disana, kami bisa menikmati berbagai jenis Terumbu karang, Ikan karang,Padang lamun (Sahabat aku ini maniak P. Lamaun), Mangrove, dan beberapa spesies yang dilindungi ( penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda, dll). Pokoknya, Kepulauan Derawan itu surganya dunia bawah laut.Dan paket lengkap untuk kami berempat :D

    Selain ngebolang ke Kepulauan Derawan, Kami akan ngebolang ngelilingi dan mengunjungi destinasi tersembunyi di Pulau Kalimantan yang pastinya.
    -Danau Sentarum (yang katanya danau musiman)
    -Ga lengkap kalau ga mampir ke Tanjung Puting (mengunjungi adik-adik lucu yang mulai langkah, orangutan :) )
    -Pulau Kembang
    -Menikmati belanja di Pasar terapung
    -Merasakan sensasi menaiki Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai
    -Main air di Pulau Beras Basah
    -Melakikukan kegiatan olahraga paralayang dan panjat tebing di Bukit Kelam
    -Berlayar di Sungai Mahakam
    -Bercengkerama dengan suku Dayak Meratus di Kecamatan Loksado.

    Intinya, bisa traveling terakhir selagi lajang di Pulau Kalimantan itu, pasti ga akan pernah terlupakan. Karena mungkin, itu akan menjadi perjalanan terjauh pertama kami :D .Selain itu, Kepulauan Derawan itu masih jarang di ketahui orang lain, jadi spesialkan? ga pasaran gitu :D

    BalasHapus
  30. @p_ambangsari

    Nggak kepikiran mau traveling sebelum nikah. Sekarang ditanya kayak gitu jadi mikir keras. Kemana? Ada banyak tempat yang aku pengin datengin. Terus kepikiran sama "Tempat di Indonesia yang mirip di luar negeri".

    Aku mau traveling di Indonesia aja, biar proses pre-weddingnya nggak keganggung.

    1. Monumen Simpang Lima Kediri yang mirip Arc De Triomphe Paris. Nah ini yang paling aku pengin. Karena ke Paris butuh biaya gede dan waktu yang sangat terencana, mungkin bisa dicicil ke sini dulu. Itung-itung latihan kalau suatu saat ke Prancis. Amiin. Aku merencanakan pergi ke sini bareng sahabat SMP yang sering aku ceritain tentang obsesiku terhadap Prancis.

    2. Cukang Taneuh Ciamis yang mirip Grand Canyon Amerika, nggak usah jauh-jauh ke Anerika kalau bisa ke tempat yang lebih dekat. Aku bakal ngajak sahabat-sahabatku semasa kuliah atau sekolah ke tempat ini. Wilayah yang sama dengan tempat kami kuliah suatu saat nanti.

    3. Air terjun Moramo yang mirip air terjun Niagara. Moramo adalah air terjun indah bertingkat tujuh yang terletak di kabupaten Konawe Timur, Sulawesi Tenggara. Pasti ini keren banget. Sahabat-sahabatku semasa SMP suka banget berpetualang, aku pengin ngajak mereka ke sini.

    Itu tempat yang aku ingin, belum tahu sahabat-sahabatku setuju apa nggak kuajak kesana. Kalau rencana dari dulu, kami (aku dan sahabat-sahabatku) maunya muncak. Naik gunung. Mulai dari yang ketinggiannya rendah sampai yang tinggi banget. Nyari sunset terindah gitu.

    Mungkin itu yang sekarang kepikiran, bisa berubah kapan aja. Sebenarnya aku pengin ke Pagoda di Semarang, keliling Semarang, Bandung, Bali, Jawa Timur, Sumatera. Tapi kan pertanyaanya sebelum menikah (yg dimaksud pasti waktu terdekat sebelum menikah) jadi untuk tempat-tempat itu mungkin bisa aku lakukan ketika kuliah—jauh sebelum mau nikah.

    Terima kasih GAnya, semoga aja apa yg aku pengin bisa tercapai.

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah, akhirnya bisa baca seri pernikahan dari Elex Media..Terima kasih Sulis atas kabar menyenangkannya...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...