Senin, 14 Maret 2016

Resensi: Complicated Thing Called Love by Irene Dyah | Blog Tour + #KuisBuku

Judul buku: Complicated Thing Called Love
Editor: Dini Novita Sari
Desain sampul: Orkha Creative
Foto: Budi Nur Mukmin & Irene Dyah Respati
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-2557-6
Cetakan pertama, Februari 2016
256 halaman
Buntelan dari @aikairin
Awalnya, alur cerita ini sedikit membingungkan. Tak jelas mana hulu mana muara. Tapi jangan menyerah. Percayalah, ada titik ketika semua keping puzzle itu bertemu. Seperti cinta.

Kalau Garin Nugroho punya Cinta dalam Sepotong Roti, maka Nabila punya “Cinta (Monyet) dalam Sepotong Pisang”. Organik. Gadis yang biasanya patuh itu kali ini memilih berontak: tetap pacaran meski dilarang. Bisa ditebak, kisahnya berakhir dan monyet bernama Bayu itu harus diusir.

Lalu hadir Bagas, pria sempurna pilihan ibunda. Semua jadi terlihat mudah bagi Nabila. Sayang, Bayu belum betul-betul pergi dari hatinya. Duh, bagaimana bisa Nabila memilih di antara Bagas si calon suami idaman dan Bayu yang bengal dan bikin deg-degan? Dan kenapa Nabila mesti berguru pada kisah cinta para sahabatnya?

Sebabnya satu: cinta memang repot!
Irene Dyah memulai cerita dengan cara tidak biasa, bukan tentang tokoh utamanya, melainkan tokoh yang sepertinya tidak terhubung, cerita yang bisa berdiri sendiri, tapi ketika membaca sampai lembar terakhir, kita akan bisa menyusun puzzle yang tercecer di bagian awal. Pada cerita pertama kita akan di bawa ke Verona, sebuah kota kecil di Italia. Tentang Sora, perempuan feminis yang memilih Jepang sebagai tempat tinggal. Ketika ingin memotret panorama, dia sengaja ditabrak oleh Langit, pemuda yang merintis bisnis kafe bertema tematik di Jakarta. Pertemuan yang awalnya menjengkelkan tersebut membuat kedua orang yang memiliki arti nama sama ini tidak pernah menyangka kisah mereka tidak akan berhenti hanya di situ saja.

Cerita kedua kita akan dibawa ke Chiang Mai, Thailand. Tentang Aalika yang merasa lebih hidup ketika bersama dengan Rain, daripada bersama suaminya. Di cerita ketiga kita akan di lempar ke Tokyo, melihat kehidupan seorang ibu rumah tangga biasa yang sehari-harinya mengurus suami, anak dan rumah, hidup sangat monton. Dania ingin merasa bebas selama satu hari saja, menjadi sosok yang belum pernah dia tampilkan sebelumnya, yang akhirnya mempertemukannya dengan sosok 'hantu' bernama Caspar. Di bagian lain di negeri yang sama, kita akan melihat sepasang suami istri yang tidak pernah akur, tapi tujuan perjalanan mereka kali ini adalah membuat akur, Dewa ingin mengubah keputusan Dewi perihal rencana perceraian mereka, mengunjungi tempat-tempat di mana kisah mereka bermula.

Dan cerita terakhir atau cerita kelima adalah tentang Nabila, sang tokoh utama. Apa hubungan cerita sebelumnya dengan kisah Nabila? Mereka semua berperan besar akan kisah cinta yang Nabila alami, akan kegalauannya memilih Bagas yang sangat mengayomi dan baik hati atau Bayu sang cinta pertama yang tidak pernah mau lepas dari ingatan. Tentang pilihan Nabila yang kali ini harus menentang ibunya, yang selalu merasa benar atau harus mengikuti kata hati? Bicara cinta memang tidak pernah sederhana.
"Salju di puncak Fuji-san itu seperti perasaan dua manusia yang merasa cocok, kemudian memutuskan membina rumah tangga bersama."
"Barang kali perasaan itu bisa hilang, menyurut, tak tampak dari luar seperti salju puncak Gunung Fuji pada musim panas. Tapi sebetulnya dia tetap ada di sana. Dan, perlu ada musim dingin untuk selalu menambah volume perasaan itu, mengembalikan eksistensinya agar selamanya tetap bertahan. Walaupun mengalami musim panas berulang-ulang."
Cinta memang buta. Kalau tidak buta, itu namanya matematika, yang semua bisa dihitung, dikurangi, ditambah, dikalikan, dibagi, dan hasilnya pasti.
"Jangan pernah menilai dirimu sendiri hanya berdasarkan keberhasilanmu dalam berumah tangga dan membesarkan anak. Juga jangan izinkan orang-orang menilaimu hanya dengan parameter itu. Kamu adalah kamu. Kamu berhak bahagia dengan cara yang kamu pilih sendiri."
Kali kedua saya membaca karya dari Irene Dyah dan merasakan perkembangannya, buku ini lebih baik dari buku sebelumnya yang saya baca dari segi penulisan, plot-nya rapi sekali, pace-nya cukup cepat, tulisannya mengalir lancar tanpa tersendat-sendat sehingga sangat nyaman membacanya, mengunakan sudut pandang orang ketiga konsisten dari awal sampai akhir kecuali bagian Catatan dari Nabila yang ditujukan lebih personal alias ingin menunjukan pemikiran sang tokoh utama secara langsung kepada pembaca. Setting-nya juga cukup kuat, saya menebak dari profil penulis, semua tempat yang ada di buku ini pernah dikunjungi langsung sehingga terasa nyata. Penulis cukup lihai menyimpan kejutan di ending, tidak terburu-buru dan membuat saya cukup deg-degan siapa yang sebenarnya dipilih Nabila?

Untuk karakternya sendiri cukup khas, banyak tokoh di buku ini tapi mereka semua memiliki karakter masing-masing dan tercetak jelas, misalkan saja kita akan mudah mengenali sosok Sora tanpa melihat namanya disebut, mereka semua begitu hidup dan memiliki porsi penting. Saya suka dengan tokoh Nabila, dia terlihat realistis, kadang tidak mudah melupakan cinta pertama, sulit menentukan pilihan, kadang para perempuan lebih tertarik dengan bad boy :p. Ibu Nabila juga cukup menyita perhatian, dia cukup keras mendidik Nabila dan selalu menentukan langkah untuk anak semata wayangnya tersebut, sehingga cukup sulit ketika Nabila ingin sekali saja berbelok mengikuti kata hatinya sendiri, tanpa perintah dari ibunya.

Dan bagian yang paling saya suka adalah penulis mencoba adil bagi kedua tokoh laki-laki di buku ini. Tantangan membuat kisah cinta segitiga adalah membuat pembaca bingung akan memilih siapa, dan penulis cukup sukses menghidupkan karakter Bagas dan Bayu, pembaca dibuat bingung layaknya Nabila yang harus menentukan pilihan siapa orang yang benar-benar tulus mencintainya dan siap berkomitmen. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kelemahan yang seimbang. Tokoh favorit saya adalah Bagas, dia sangat sabar dan begitu dewasa.

Masukan untuk penulis adalah tolong dibuat buku sendiri untuk kisah para sahabat Nabila :D. Saya kurang puas karena diceritakan secara singkat, hanya permulaan dan akhir saja, masih banyak yang bisa digali lagi, cerita mereka begitu menarik, khususnya bagian Dania yang masih abu-abu. Awalnya mungkin pembaca akan sedikit bingung siapa mereka dan perannya apa pada kisah Nabila? Namun siapa yang menyangka kisah yang sepertinya tidak memiliki hubungan ini sangat membekas bagi saya, bahkan ada yang jauh lebih menarik dari kisah Nabila sendiri. Semoga saja ya :D.

Buku ini sangat recommended bagi yang sukar menentukan kata hati, mungkin kisah Nabila akan memberikan jalan, cinta memang tidak pernah sederhana, tapi kehadiran orang disekitar kita dan pandangan mereka siapa tahu bisa memantapkan pilihan kita nantinya :D.




Saatnya #KuisBuku!
Bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia dan nantinya mau meresensi buku ini, berkesempatan mendapatkan buku Complicated Thing Called Love secara gratis. Resensinya nanti sebisa kamu aja, nggak harus di posting di blog kok, di goodreads juga boleh :D, kalau sudah setuju, berikut caranya:
1. Follow blog Kubikel Romance via Google+
2. Follow akun twitter @aikairin dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya, sertakan hastag #CTCL dan boleh mention kedua akun di atas + jawaban singkat kamu ya.
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah dengan menyertakan akun twitter kalian, "Selain kisah Nabila, cerita siapa yang ingin kamu baca dari cuplikan yang saya berikan di atas?"

Mudah banget kannnnn? #KuisBuku berlangsung sampai tanggal 18 Maret 2016, pengumuman pemenang di postingan ini juga. Semoga beruntung ya. Muah :D

*UPDATE*

Selamat malam! Maaf ya baru sekarang ngumuminnya, minggu yang cukup melelahkan tapi mencoba untuk selalu semangat dalam hal apa pun :D. Semoga aja dengan pertanyaan ini nanti mbak Irene mempertimbangkan akan membuat lanjutan Complicated Thing Called Love ya, seru-seru cerita dari para pemeran pembantunya. Setelah membaca komen kalian, saya memutuskan yang menjadi pemenang adalah...

@PidaAlandrian92

Selamat! Nanti akan saya hubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiah, buat yang lain jangan bersedih, bakalan ada #KuisBuku lain yang nggak kalah kece, kalian juga bisa mencoba peruntungan di blog berikutnya, jadwal ada di banner :D
Terus follow dan pantengi Kubikel Romance ya, semangat! :)

34 komentar:

  1. Twitter: @APradianita

    "Selain kisah Nabila, cerita siapa yang ingin kamu baca dari cuplikan yang saya berikan di atas?"

    DANIA, karena:

    Saya merasa KEHIDUPAN SAYA JUGA MONOTON seperti kehidupan Dania, hanya berkutik di sekitar rutinitas sehari-hari semata. Saya ingin merasa bebas selama satu hari saja, menjadi sosok yang belum pernah saya tampilkan sebelumnya. Saya penasaran dengan sosok Caspar yang ditemuinya di Tokyo, APAKAH IA HANTU?

    Menurut saya pribadi, suami dan istri yang sudah menampuh hidup berumah tangga lebih dari sepuluh tahun, mudah dihinggapi kejenuhan yang disebabkan oleh karena terjebak menjalani rutinitas kehidupan. Suami berangkat kerja pagi pagi, pulang sore atau malam hari. Demikian hari-hari dilalui, tanpa terasa ia telah menampuh masa sepuluh tahun lamanya berada dalam situasi seperti itu.

    Istri yang full menjadi ibu rumah tangga selalu bangun pagi, menyiapkan berbagai keperluan keluarga, seperti sarapan pagi, membersihkan rumah, mengurus anak-anak untuk siap sekolah. Siang hari menyiapkan makan siang bagi anak-anak, menemani anak-anak bermain di rumah. Malam hari menyiapkan makan malam, menemani anak belajar, menidurkan si kecil, membereskan kotoran dapur, dan seterusnya. Tidak terasa ia telah melewati masa yang sangat lama dalam rutinitas keseharian selalu seperti itu.

    Istri yang bekerja kantoran, berangkat pagi-pagi, bekerja hingga sore, pulang ke rumah menemani anak-anak belajar, kemudian istirahat malam. Setiap hari melakukan hal yang sama sampai lebih dari sepuluh tahun. Akhirnya terjebak dalam rutinitas hidup yang sangat membosankan.

    BalasHapus
  2. @Kimol12
    Link: mobile.twitter.com/Kimol12/status/709273449651286016?p=v

    Jawaban

    Dania, of course! Unik bgt kisahnya pake ketemu sama hantu segala. Well, Dania itu sedikit banyak ada mirip sama aku. Di kehidupan yang monoton ingin melakukan something special even just one day. Dan perihal Dania bertemu Caspar, aku jadi ingat satu novel terjemahan lupa judulnya apa tapi kisahnya antara manusia dan hantu yang saling jatuh hati. Kalo aku ada di posisi Dania yang bisa bertemu Caspar, mungkin aku berharap bisa bertemu Alm. Adikku agar bisa mengungkapkan betapa aku merindukannya. Dan menyampaikan hal yang belum sempat tersampaikan padanya yaitu, meminta maaf.

    Ih jadi curhat, hehe...terima kasih mba Sulis ...

    BalasHapus
  3. @JKhoyul

    Alika, karena aku tertarik dengan kota Chiang Mai, Thailand (selain Pattaya dan bangkok). Siapa tahu Alika menceritakan paling tidak, sedikit saja tentang negara itu. Bonus kisah cinta dia dengan Rain.

    BalasHapus
  4. Sulis, saya sudah membaca duluan hehehe.
    Saya paling benci dengan sosok Bayu. Alasannya ada di review saya.
    Berkunjung atuh Lis.

    http://hapudin.blogspot.co.id/2016/03/buku-complicated-thing-called-love-by.html

    BalasHapus
  5. @nAshari3

    Aku penasaran bgt dengan kisahnya Sora dan Langit kak. Walau pertemuan mereka klasik, maen tabrak-tabrakan (xixixi) tapi kayanya seru deh. Apalagi dari jengkel turun ke hati. Aseekk.. lucu deh kayanya :D

    BalasHapus
  6. @tenchoQ

    Pengen baca kisah Sora (bahasa Jepang yg artinya langit) dan Langit. Apakah keduanya akan bersatu padahal Jepang dan Jakarta tak prnh beratap langit yg sama?

    BalasHapus
  7. @nhamida_
    share : https://twitter.com/NHamida_/status/709333783120453632

    pengen baca ceritanya, Dewi. mungkin dari cerita kehidupan Dewi dengan Dewa dapat memberikan petunjuk kepada Nabila.

    wish me luck.. i want that novel so bad
    ctcl = love, is complcated. seperti cinta itu misteri. cinta itu teka-teki.

    BalasHapus
  8. @noeranggadila

    Ternyata aku tertarik dengan cerita Sora dan Langit. Meskipun cara mereka bertemu sudah mainstream, tapi gara-gara memiliki latar tempat yg tidak hanya satu, Verona-Jepang-Jakarta, ini yg paling bisa buat saya penasaran! apa hubungannya Verona-Jepang-Jakarta? padahal ketiga tempat tersebut berjauhan satu sama lain. Mungkin author bisa buat sekuelnya, CTCL ep 01 tentang sora dan langit yang benang merahnya adalah tempat yang berjauhan, hehehe

    BalasHapus
  9. @Anggitarav

    Sora dan Langit.
    Aku sangat suka sekali dengan tulisan mba Irene pada wheels and heels. Tidak perlu mencari konflik yang merepotkan untuk menjadi cerita bagus. Aku yakin Sora dan Langit akan memiliki makna tersendiri jika cerita mereka berdua dibuat secara lengkap, apalagi mereka bertemu di Verona. Kota cinta antara Romeo dan Juliet. Mungkin dengan kisah klasik ditambahkan dengan arti nama mereka yang sama akan membekas dihati pembaca. Apalagi cuman Sora, teman Nabilah yang masih belum berkeluarga.
    Walau plotnya klise, tapi ditangan mba Irene aku yakin akan jadi wow.

    BalasHapus
  10. @fetreisciafrida

    Waktu baca resensi nya aku langsung penasaran sama cerita antara Sora dan Langit. Jujur, baru tau kalau Sora itu artinya langit. Penasaran banget dua orang yang memiliki nama berbeda tapi ternyata memiliki arti nama yang sama ini kenapa bisa sampai dipertemukan. Seperti sudah takdir aja gitu. Selain itu penasaran juga ada kisah apa dibalik pertemuan mereka, di review di tulis kalau Langit sengaja nabrak Sora yang lagi memotret. Kalau ditulis 'tidak sengaja' mungkin aku akan berpikiran "mungkin lokasinya ramai jadi Langit ga sengaja nabrak Sora". Tapi disana ditulisnya 'sengaja', jadi makin penasaran kenapa sih Langit sengaja nabrak Sora. Dan apakah selain nama mereka yang ternyata memiliki arti yang sama itu, apakah akan ada kesamaan lainnya yang muncul nantinya? Aku penasaran banget!

    BalasHapus
  11. @jacilpo

    aku penasaran sama kisah Dania. Kenapa? Seperti yg review bilang, Dania adlh sosok ibu rumah tangga dengan kehidupan yg monoton sampai dia bertemu dengan si "hantu" . Yang bikin aku penasaran adalah, apa maksud sosok hantu itu? Apakah dia benar2 hantu seperti cerita2 horor, yg mengahantui orang2. Sehingga karna dihantui hantu tersebut, hidup Dania jadi berwarna ketakutan ๐Ÿ˜† Atau dia adalah sosok hantu, yaitu dlm kondisi Dania bisa melihat hantu dan kemudian bertemulah dia dengan si hantu ini. Atau hantu itu adalah sosok yang seharusnya tidak boleh hadir di hidup Dania, sehingga ia menamainya hantu? Nahloh, imajinasi akan hantu itu membuat aku penasaran banget, siapa sih si hantu ini yang bisa buat hidup Dania, ibu-ibu ini jadi berwarna dan ga monoton lagi? Penasaran bgt deh sama hidup ibu-ibu satu ini ๐Ÿ˜†

    BalasHapus
  12. @emmanoer22

    jawaban: Tentang Aalika yang merasa lebih hidup ketika bersama dengan Rain, daripada bersama suaminya. Nah loh,siapa Rain dan kenapa Aalika bisa merasa lebih hidup ketika bersama Rain daripada dengan suaminya sendiri? ini yang langsung muncul saat membaca clue singkat tentang Aalika. Karena buatku kehidupan rumah tangga itu bisa jadi momok paling aku khawatirkan. haha,

    BalasHapus
  13. @NeniArwanda95

    Jawabannya : Sora. Alasannya karena aku suka Jepang dan langit adalah salah satu ciptaan Tuhan yang sangat indah. Penasaran bagaimana penulis mengisahkan dua nama berbeda dengan arti sama itu dipertemukan. Apakah arti nama yang sama juga membentuk kepribadian yang sama? Masalahnya langit itu tinggi dan siapa tahu penulis menggambarkan Sora dan Langit yang sama tingginya (dalam hal Ego mungkin). Jadi, menurut saya kisah mereka mungkin akan sedikit unik. hehehe

    BalasHapus
  14. Twitter : @PidaAlandrian92
    Link Share : https://twitter.com/PidaAlandrian92/status/709761777299496961

    Selain kisah Nabila, cerita siapa yang ingin kamu baca dari cuplikan yang saya berikan di atas?

    Saya ingin membaca kisahnya Dewa dan Dewi.
    Karena menurut saya cerita tentang pernikahan itu lebih terasa nyata dan imut , banyak bumbu-bumbu pernikahan di dalamnya baik itu manis-pahit-asam pun ada. dan kita akan di buat terbayang-bayang akan rasanya pernikahan itu seperti apa.
    Karena pengalaman saya dlm membaca cerita yg bertema pernikahan sering membuat saya tersenyum gaje sendiri..

    Dan juga terkait dengan permasalahan rumah tangganya yang terancam bersama Dewa, saya sangat penasaran bagaimana cara Dewi bisa membantu Nabila dlm urusan percintaannya, sedangkan kisah percintaannya sendiri saja belum beres malah urus percintaan orang ini si dewi.. hehehe
    Maka dari itu saya sangat ingin sekali membaca cuplikan cerita tentang pasangan Dewa dan Dewi ini.
    Dan semoga saja Penulis bisa membuat sekuel dari cerita CTCL ini. 

    Sekian..
    Semoga berkenan dengan jawaban saya..
    Salam Pida Alandria

    BalasHapus
  15. @realdianmrani93

    Sora dan Langit.
    Karena dari cuplikan di atas, 'dia "sengaja" ditabrak oleh Langit'. Aduhhh DISENGAJA. Ini disengaja sama Sora atau sama Langit? Kalo disengajanya sama Langit, aku udah ngebayangin alur ceritanya. Jadi, Langit lagi duduk-duduk di kafe, nyari inspirasi buat kafenya, nggak sengaja liat Sora lagi foto-foto di luar kafe. Karena angin sepoi-sepoi, rambut Sora terbang ala ftv, senyum sambil liat hasil foto dikameranya. Langit jatuh cinta. Jadi, supaya bisa kenalan sama Sora, dia pura-pura nabrak Sora deh >_< Aww, ngebayanginnya udah bikin senyum-senyum sendiri.

    BalasHapus
  16. Saya penasaran dengan cerita Sora dan Langit. Di mana cerita mereka diawali dengan kisah 'mainstream' yang 'antimainstream'. Langit yang SENGAJA menabrak Sora. Sebagai seseorang yang memang bercita-cita sebagai penulis, saya percaya hal-hal kecil yang biasa bisa menjadi luar biasa, bahkan hanya dengan sedikit sentuhan. Bagaimana Irene Dyah membuat plot cerita ini, yaitu dengan memunculkan banyak tokoh yang berkaitan dengan cerita sang pemeran utama, membuat saya yakin cerita Sora dan Langit akan menjadi sangat menarik.

    BalasHapus
  17. @tewtri

    Kalau saya sih sebenarnya ingin tau kisahnya Aalika sama Rain. Secara ini Aalika sudah punya suami loh tapi kok ya malah lebih nyaman sama laki-laki lain. Pasti ada sesuatu nih sama pernikahannya yang jelasnya saya tidak tau apa itu haha tapi patut buat dicari tau. Kadang pernikahan memang tidak sesederhana yang terbayangkan. Arusnya tidak tenang, tapi untuk diangkat menjadi buku rasa-rasanya memang selalu menarik. Aalika dan Rain termasuk salah satunya.

    BalasHapus
  18. Twitter: @dust_pain

    "Selain kisah Nabila, cerita siapa yang ingin kamu baca dari cuplikan yang saya berikan di atas?"

    Aalika dan Rain. aku gak ngerti kenapa Aalika bisa gak betah sama suaminya dan lebih suka bersama Rain. sebenernya, Rain ini sapa? apa dia sahabat Aalika? aku juga penasaran apa dulu Aalika dijodohkan sama suaminya, makanya ada perasaan 'enggan' ke suaminya? banyak pertanyaan yang belum terjawab. yang jelas, kalo seorang istri gak mau deket2 suaminya, pasti ada 'something' dengan kehidupan pernikahannya. entah itu dari pihak istri, maupun pihak suami. ini yang pengin aku tau. oh ya, karena seting yang dipake Thailand, itu poin khusus juga. aku pengin tau gimana kehidupan di Thailand :)

    BalasHapus
  19. @_loisninawati

    Dania.
    Soalnya aku penasaran banget sama kehidupan Dania yang keluar dari kehidupannya yang sebelumnya. Pengen banget tau apa yang akan dilakukan Dania selama satu hari itu. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

    BalasHapus
  20. @_loisninawati

    Dania.
    Soalnya aku penasaran banget sama kehidupan Dania yang keluar dari kehidupannya yang sebelumnya. Pengen banget tau apa yang akan dilakukan Dania selama satu hari itu. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜€๐Ÿ˜

    BalasHapus
  21. Twitter : @imahreana

    Kisahnya dewa dan dewi. Karna yg saya tau mempertahankan hubungan yang sudah sampai tahap perceraian itu tidak mudah, butuh perjuangan, waktu, sama ketidakegoisan sesama pasangan. Kita mungkin bisa menerimanya tetapi masih ada keluarga besar belum tentu bisa menerima. Nah saya penasaran, apa cara mereka berhasil? Gmn cara mereka meyakinkan pasangannya? Dan akhir seperti apa yg mereka pilih! Fixs semua masih abu2 hehe

    BalasHapus
  22. @biblionervosa

    Saya pengin banget baca ceritanya Dewi & Dewa. Saya selalu menyukai cerita tentang sepasang kekasih yang berusaha mempertahankan hubungannya ketika perpisahan dianggap sebagai penyelesaian paling masuk akal atas konflik yang mereka hadapi. Selain itu, di blog host sebelumnya, saya sudah membaca sekilas tentang karakter Dewi yang logis-teoritis dan Dewa yang penyabar. Biasanya karakter seperti Dewi akan meledak-ledak kalau ada masalah. Meski kadang menyebalkan karena kekeraskepalaannya, tapi karakter seperti ini biasaya tangguh dan sangat teguh memegang prinsip. Menarik sekali melihat karakter perempuan yang tough dan bikin lelaki sakit kepala ^_^ Sementara itu, Dewa adalah karakter yang akan selalu digilai pembaca cewek seperti saya :D Jadi excited membayangkan sepasang kontras yang saling jatuh cinta. Api dan Air yang mencoba menjaga keseimbangan harmoni keduanya. Pasti akan manis sekali, kan? :')

    BalasHapus
  23. @fira_yoopies

    Nama tokohnya keren" semua. Sora vs Langit, ada Rain juga, Dewa Dewi, Bagas Bayu. Nabila sama Aalika doang yg namanya biasa, tapi lumayan sering sih hihi
    Mereka mereka ini ada yg kembaran ya? O.o

    Kalau pertanyaannya mau baca yg mana selain Nabila, penasaran sama Sora dan Langit

    Jadi Sora itu orang Jepang asli atau gimana? Soalnya di Korea nama Sora juga rame. Tapi berhubung Sora yg ini tinggal di Jepang dan ketemu sama Langit, kayaknya kak Irene punya kreatifisan yg agak lucu gitu, soalnya plesetan nama sih. Terus apa hubungan Langit versi cewe dengan Langit versi cowok. Apa mereka jodoh? Atau kembar yang terpisah. Penasaran deh kenapa cerita tabrak menabrak ini yang jadi opening. Apa karena ceritanya ringan?

    Sama ini, penjelasan kak peri(?), mereka ketemu di Itali, padahal Sora milih tinggal di Jepang dan Langit di Indonesia. Kok bisa mereka ketemu di Italia? Ada apa dengan 3 negara itu? Apa langitnya cantik? Hihi penasaran, dengan 3 lokasi yang menghubungkan 2 tokoh yang memiliki 1 arti nama, apa sebenarnya konflik di cerita ini? Mungkin aku bisa belajar dari tulisan kak Irene yg terlihat ribet ini >_<

    Makasih reviewnya kak, lebih simpel xD

    BalasHapus
  24. Twitter : @destinugrainy

    Pengen tahu tentang Sora. Baca di blog sebelah (host blogtour juga), gambarannya Sora itu ibu kos apartemennya Nabila, yang cerdas (otaknya ada 8), bijak, tegas. Saya penasaran sekali dengan Sora ini

    BalasHapus
  25. "Selain kisah Nabila, cerita siapa yang ingin kamu baca dari cuplikan yang saya berikan di atas?"

    SORA.
    Dari pertama baca review novel ini di blog sebelumnya aku sudah tertarik sama Sora. Karakternya yg optimis menunjang pribadi seorang perempuan feminis. Bisa diambil sisi-sisi positif dari karakter Sora ini. Lalu tentu saja tertarik dan penasaran jg dengan kisah cinta Sora dan Langit. Sama-sama punya nama yg unik dan arti yg sama, lalu kisah pertemuan pertama yg menjengkelkan namun akhirnya menjadi sebuah kisah cinta. Duh, sepertinya bakalan seru mengikuti kisah mereka. :D

    @nunaalia

    BalasHapus
  26. @kezyaindira

    Aku tertarik sama cerita Aalika & Rain, sebenarnya ada apa sih dengan Aalika yang malah merasa lebih hidup saat bersama Rain. Apa karena dia Rain Bi? *lalu digetok* Penasaran ada problem apa di pernikahan Aalika dan suaminya, semoga bisa bikin mindblown hehe. Selain itu setting tempatnya di Chiang Mai, Thailand! Huhu kepingin flashback pas liburan disana. What a wondurful place~ (apalagi jajanan pinggirannya) Kira-kira Aalika sama Rain ada acara icip-icip gitu gak yaaaaa.. *lalu digetok pt.2*

    BalasHapus
  27. @RaaChoco
    https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/710079995519967234?p=v

    "Selain kisah Nabila, cerita siapa yang ingin kamu baca dari cuplikan yang saya berikan di atas?"

    Penasaran sama kisahnya Sora dan Langit. Meski memiliki arti nama yang sama, pasti memiliki banyak hal yang bertolak belakang. Dan karena banyak perbedaan ini sebuah kecocokan untuk memiliki hubungan yang lebih lanjut tercipta. Aku membayangkan jalan cerita mereka berdua akan menarik, lucu, unik dan juga menyenangkan. Tapi ga semuanya menyenangkan, pasti ada beberapa rintangan yang membuat cerita semakin ingin dibaca.

    Menurutku, Itali adalah negara yang romantis selain Prancis. Banyak tempat yang akan menjadi saksi kisah unik mereka lahir.

    Mungkin cerita seperti Sora dan Langit adalah cerita yang biasa, sering diambil, dan pasti banyak di ftv-ftv. Seperti kisah cinta dua orang yang dulunya sepasang sahabat. Tapi ftv dan novel itu jauh berbeda. Setiap penulis mempunyai kelebihan masing-masing. Tidak hanya asal membuat cerita, mereka harus meramu cerita tersebut agar berbeda, tidak membosankan dan bisa menjadi tantangan tersendiri untuk menulis cerita itu. Cerita bukan hanya sekedar menulis, dan dari hal yang biasa ini lah akan lahir hal yang luar biasa.
    Pastinya cerita Sora&Langit ini bakal jadi cerita yang seru, lucu, unik, menarik dan ga membosankan untuk dibaca :) :)

    BalasHapus
  28. @rinicipta

    Aku tertarik membaca kisahnya Aalika dan Rain. Entah kenapa, segala hal yang 'menyimpang' selalu menarik untuk dibahas hahaa.. banyak novel yang mengangkat tema tentang konflik kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga, dan aku suka mengikuti kemana takdir akan membawa nasib pernikahan itu. Pokoknya bapernya tuh maksimal! Kehidupan berumah tangga jelas beda dengan masa pacaran. Penyelesaiannya juga ribet, banyak pihak yang terlibat dan berusaha ikut campur. Banyak hal yang menjadi pertimbangan yang dapat menentang ego kita. Keadaannya juga bakal emosional banget, selingan indah berujung dilema pasti ada. Aku yakin, pasti ada sesuatu yang hilang dalam kehidupan Aalika dan suaminya. Sosok Rain juga nggak bisa disalahkan begitu aja. Aku cuma pengin memahami kisah mereka, jadi pembaca yang objektif dan adil kok :D
    Selain itu tertarik dengan Chiang Mai, Thailand. Aku belum pernah baca novel dengan setting ini. Semoga drama rumah tangga Aalika juga sedikit disegarkan dengan deskripsi tempat ini.

    BalasHapus
  29. Akun twitter: @womomfey
    Link share: https://twitter.com/WoMomFey/status/710615539425476608

    Kalau aku penasaran sama kisah hidupnya Dania yang digambarkan monoton sebagai IRT karena aku juga IRT nih! Asli deh! Monotonnya IRT tuh bukan karena gak ada kerjaan dan bebas bengong seharian, tapi... jsutru karena saking banyaknya kerjaan tuh seringkali sampe keblinger sendiri mana yang kudu dikerjain duluan. Kalau sudah begitu ujung2nya malah jadi lupa ngurus diri sendiri T___T

    Untungnya ya... disaat nunggu si sulung di sekolahan, aku bisa me-time dengan membaca buku-buku favoriteku! Setidaknya ini membantuku menyeimbangkan diri. Nah! Aku penasaran nih gimana akhirnya Danie bisa berjumpa dengan Caspar dan bagaimana interaksi diantara keduanya digambarkan dalam buku ini.

    BalasHapus
  30. Nama : Nurhidayanti
    Akun Twitter : @CallMe_Yanti
    Link Share : https://mobile.twitter.com/CallMe_Yanti/status/710638323434283009?p=v

    Jawaban :
    Aku penasaran dengan kisah cinta Langit dan Sora yang dipertemukan secara tidak sengaja dan karena mereka tinggal di dua negara yang berbeda, apa yang terjadi dengan hubungan mereka nantinya.

    BalasHapus
  31. Arum Wahyuningtyas
    @nin9ty4z
    https://twitter.com/nin9ty4z/status/710687101474512896

    Pertama, aku pengen baca kisah Dania yg merupakan seorang IRT. Mirip banget sama ibuku yg kehidupannya monoton saat aku masih SD. Aku juga penasaran siapakah hantu yang bernama Caspar itu. Apakah hantu itu baik seperti Casper, atau justru menyebalkan seperti orang yang ditemui ibuku? Jawabannya, aku sungguh penasaran dan pengen baca buku itu.

    Kedua, aku pengen baca cerita-nya Sora dan Langit. Pertemuan melalui cara *sengaja* ditabrak. Aku ingin tahu motif apa yg membuat Langit menabrak Sora. Apakah Langit sengaja membuat skenario karena diam-diam ia sudah menyukai Sora?

    BalasHapus
  32. Twitter: @tiarizee

    Sebelumnya aku mau nanya dulu untuk menghilangkan rasa penasaranku; apa pertanyaan GA ini sebagai pertanda bahwa akan ada kisah dari salah satu teman Nabila yang akan diangkat menjadi sebuah novel? Kalau iya, aku akan memilih ceritanya Dania, pastinya! x)
    Di Wheels and Heels dan CTCL(menurut resensinya), konflik yang diangkat oleh mba Irene selalu berkaitan dengan realita kehidupan yang mana nggak bikin pusing, merepotkan, apalagi membingungkan para pembaca. Namun walau begitu, ceritanya tetap sangat layak untuk dibaca karena dikemas dengan sangat baik oleh mba Irene. Alhasil jadi nggak bosan deh baca sampai akhir.
    Nah, mengapa aku memilih kisah Dania? Well, kalau cerita ini benar-benar dilanjutkan kisahnya oleh Mba Irene, aku yakin ceritanya bakalan buat siapa saja penasaran untuk membacanya! Bayangkan saja, seorang manusia bertemu dengan hantu. Itulah inti ceritanya. Bagaimana kelanjutannya? Itu yang buat aku penasaran banget!
    Disini kan, katanya Dania sudah bosan menjalani hidupnya yang monoton, dan ingin menjadi sosok yang belum pernah dia tampilkan sebelumnya sehingga dipertemukan dengan Caspar. Jadi, apakah disini si Caspar yang membantu Dania menghadapi kebosanan hidupnya? Kalau iya, cara apa yang digunakannya untuk membawa Dania keluar dari lingkaran hidup monoton tersebut? Lalu, apakah sosok Caspar ini jenis hantu yang baik, seperti Caspar di kartun yang sering aku tonton sehingga ia mau menolong Dania?

    Kalau Mba Irene mengangkat kisah ini, ini akan menjadi cerita yang unik sekaligus cerita yang akan sangat berbeda banget dengan novel-novel mba Irene sebelumnya. Aku penasaran dengan bagaimana Mba Irene meracik kisah anti-mainstream mereka. Aku yakin, kalau ditangan Mba Irene, bumbu-bumbu pada racikan cerita Dania dan Si Caspar ini pasti bakalan unpredictable banget buat para pembaca :D

    Sekian, terimakasih :)xx

    BalasHapus
  33. @Jju_naa

    Aku ingin membaca cerita Dewi dan Dewa.
    Karena suka cerita yang latar belakangnya pernikahan, meskipun aku masih jauh untuk ke situ :D
    Tapi berdasarkan cuplikan kakak, di sini Dewa kayanya usaha banget buat ngegagalin rencana Dewi buat minta cerai, sampai Dewa ngajakin berlibur ke tempat2 saat cinta mereka bersemi dengan indahnya. Dan aku suka cerita dimana si cowoknya usaha buat mempertahankan milknya dengan mati-matian, kaya Dewa ini :)lalu maksud selalu tidak akur mereka itu kaya apa sih, seru pasti bisa baca kisah mereka. Pasti ada flashback (kalau cerita mereka pasti banyaklah, yakin aku) saat mereka masih pink-pink, ah pengen baca >.<

    Semoga berjodoh :-*

    BalasHapus
  34. Meninggalkan sebuah kota kecil di Italia, Verona. Sora memilih tinggal di Jepang. Apa alasan Sora sebenarnya, semua perempuan menginginkan mendiami kota dengan segala keindahan arsitekturnya beserta keromantisannya ataukah mungkin pertemuannya dengan Langit secara sengaja adalah sebuah takdir? Hidup itu indah jadi sayang kalau dilewatkan seperti bianglala yang selalu membawa kita pada kebahagiaan step by step sambil mengagumi setiap inci prosesnya. Siapa sangka Tom and Jerry pun dapat angkur? Dewa dan Dewi pun selalu dipertemukan setiap tanggal 7 Januari yang diyakini oleh penduduk Jepang. Cinta memang sulit diraih tapi tidak akan terus berputar perlahan sambil menunjukkan pesonanya.

    Akun twitter : @Agatha_AVM

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...