Senin, 15 Februari 2016

Buku Historical Romance yang Wajib Dibaca Sebelum Darth Vader Menyerang Bumi


Buku Historical Romance yang Wajib Dibaca Sebelum Darth Vader Menyerang Bumi. Terdengar berlebihan? Biarin! Hahahaha. Karena saya tahu buku bergenre historical romance akan sangat jarang dijamah oleh pembaca non romance, salah satu genre yang paling dihindari, jadi saya memberi rekomendasi buku yang wajib dibaca sebelum genre tersebut enyah dari muka bumi XD. Dalam posting bareng BBI di bulan februari yang katanya penuh cinta, tema ini saya pilih karena bisa dibilang genre historical romance cukup berjasa bagi saya dalam hal menumbuhkan minat baca, genre ini dan contemporary romance yang berlabel harlequin dulu layaknya makanan sehari-hari, asupan bergizi bagi otak saya XD.

Kadang saya memang bosan dengan makanan tertentu, kemudian mencoba makanan lain, menemukan makanan favorit lain tapi sesekali menikmati makanan yang dulu menjadi favorit saya. Seperti itulah. Dewasa ini saya sudah sangat jarang membaca historical romance, tapi ada kalanya saya kangen, kemudian membaca ulang buku yang menjadi favorit. List berikut saya ambil dari genre berlatar di jaman Victoria yang pernah saya baca, kebanyakan berseries dari penulis favorit dan sangat saya sukai, setidaknya kalau ada orang tanya meminta rekomendasi buku historical apa maka saya akan menyarankan series di bawah ini.

Buku Historical Romance yang Wajib Dibaca Sebelum Darth Vader Menyerang Bumi

1. Wallflowers - Lisa Kleypas

http://www.kubikelromance.com/2015/06/secrets-of-summer-night-wallflowers-1.htmlhttp://www.kubikelromance.com/2015/06/it-happened-one-autumn-wallflowers-2-by.html
http://www.kubikelromance.com/2015/06/devil-in-winter-wallflowers-3-by-lisa.html
http://www.kubikelromance.com/2015/06/scandal-in-spring-wallflowers-4-by-lisa.html

Buat pecinta historical romance nama Lisa Kleypas pasti sudah tidak asing lagi, banyak buku yang dia tulis bahkan pernah merambah contemporary dan semuanya sukses. Karya-karyanya selalu mengagumkan dan yang paling terkenal adalah series Wallflowers ini. Tema besar dari serial Wallflowers adalah tokoh utama perempuannya adalah orang-orang yang tidak populer, jarang dilirik dengan berbagai latar belakang yang biasanya tidak diinginkan sebagai calon istri. Misalkan saja miskin, dari keluarga tidak terpandang, bukan keturunan bangsawan. Yang paling menarik dan membuat saya jatuh cinta adalah chemistry yang dibangun untuk dua tokoh utamanya, saya selalu menganggap cerita romance bisa dikatakan bagus atau berhasil bila chemistry-nya ada, itu harga mati, dan Lisa Kleypas selalu sukses memberikan nyawa pada tokoh-tokohnya.

Klik gambar untuk membaca reviewnya, kecuali buku kelima, masih dalam antrian tulis XD.

2. Malory-Anderson Family - Johanna Lindsey

Total ada 11 buku dalam series Malory-Anderson Family ini, seperti judulnya, buku ini menceritakan kisah hidup klan keluarga Malory dan Anderson. Sebenarnya yang paling utama adalah keluarga Malory, tapi penulis memberi tambahan cerita dari kakak-kakaknya Georgina Anderson yang nantinya akan menikah dengan James Malory di buku ketiga. Well, bukan spoiler, historical romance selalu berakhir bahagia, inilah kenapa menjadi alasan saya suka membacanya XD. Saya selalu menyukai cerita tentang sebuah klan, karena tokoh utama sebelum dan sesudah dari buku yang sedang dibaca akan berseliweran, mengetahui kisah mereka selanjutnya atau masa lalu. Tema cerita yang khas dari Johanna Lindsey adalah benci jadi cinta, jadi jangan kaget kalau rata-rata banyak cek cek di bagian awal. 

Terjemahannya sendiri bisa dibilang agak carut marut, maksudnya ada yang diterjemahkan oleh Dastan Books, ada yang lewat GagasMedia. Entah kenapa bisa terjadi jadi harus jeli ketika membeli. Saya sendiri belum membaca buku terakhir, kalau saya menebak sih series ke-6 sampai akhir ada di pihak GagasMedia, salah satu penyakit penerbit tersebut adalah tidak merampungkan semua terjemahan berseries, jadi jangan berharap akan terbit dalam waktu dekat ini, hiks. Belum sempat mereview sepuluh buku yang sudah dibaca, tahun kemarin sebenarnya sudah baca ulang tapi nggak ada waktu *alasan* XD. Nantikan aja ya :p.

3. Bridgerton Family - Julia Quinn

Hampir mirip dengan series nomor dua, serial ini menjadi paling favorit dari karya Julia Quinn dan menceritakan tentang sebuah klan, alias hampir semua keluarga memiliki kisah sendiri. Total ada delapan buku, ditambah satu buku yang berisi kumpulan dari novella masing-masing novel yang diberi judul The Bridgerton: Happlly Ever After, serta ada satu prekuel; Because of Miss Bridgerton dan satu duologi yang memiliki hubungan dengan serial Bridgerton, Lady Whistledown Series.

Saya baru membaca delapan buku dari cerita utama, yang kumpulan novella susah sekali dicari, dan sisanya entah sudah diterjemahkan atau belum, saya kurang mengikuti. Utuk tema ceritanya sendiri lebih beragam, paling favorit di seri kedua, niatnya juga mau saya tulis semua reviewnya, ditunggu aja ya, entah kapan XD. 

4. The Hathaways - Lisa Kleypas

Kalau kamu sudah pernah baca series Wallflowers, maka harus melanjutkan series ini karena bisa dibilang ini adalah lanjutan walaupun memiliki cerita tersendiri. Ada beberapa tokoh yang sebelumnya muncul di series Wallflowers akan berseliweran di buku ini, begitu pula kebalikannya. Buku ini bercerita tentang keluarga Hathaways yang bangkrut dan hancur kemudian mulai memperbaiki diri. Kisah cintanya bisa dibilang memeras emosi, favorit kedua dari Lisa Kleypas :D

5. The Wanton Dairymaid Trilogy - Tessa Dare

Series yang berjumlah tiga buku; Goddess of the Hunt,  Surrender of a Siren, dan A Lady of Persuation ini diterbitkan oleh GagasMedia, paling favorit dari tulisannya Tessa Dare yang pernah saya baca.

6. Mistress Trilogy - Renee Bernard

Buku pertama terkenal dengan sebutan buku lilin ungu dan sangat hot, dari segi cerita saya pun juga menikmatinya. Sayangnya lagi-lagi penyakit GagasMedia kumat, lanjutannya tidak kunjung diterjemahkan T.T. Hanya A Lady's Pleasure, sisanya; Madame's Deception dan A Rogue's Game entah kapan bisa saya baca T.T

7. Westmorland Saga - Judith McNaught

Judith McNaught terkenal dengan ketebalan bukunya, tapi tidak pernah membosankan, dia benar-benar pandai meramu cerita agar selalu terasa menarik dinikmati. Sudah saya baca semua series yang berjumlah tiga buku ini, dan ada reviewnya juga dong, silahkan klik gambar di bawah untuk membaca ceritanya tentang apa saja.

http://www.kubikelromance.com/2012/09/a-kingdom-of-dreams-westmoreland-1.htmlhttp://www.kubikelromance.com/2011/05/whitney-cintaku.html
http://www.kubikelromance.com/2012/06/until-you-saat-engkau-hadir.html

8. MacCarrick Brothers Sister - Kresley Cole

Saya baru membaca dua series karya Kresley Cole, ternyata bagus juga. Berharapnya sih GagasMedia menerbitkan bukunya yang lain, sekarang jarang banget menerbitkan historical romance. Seri favorit dari Kresley Cole adalah MacCarrick Brothers, bercerita tentang tiga bersaudara MacCarrick yang kece-kece. Sudah ada reviewnya, silahkan dibaca :D

http://www.kubikelromance.com/2012/02/if-you-dare-maccarrick-brothers-1.htmlhttp://www.kubikelromance.com/2012/02/if-you-desire-maccarrick-brothers-2.html
http://www.kubikelromance.com/2012/02/if-you-deceive-maccarrick-brothers-3.html

9. Essex Sister - Eloisa James

Mungkin series ini satu-satunya yang paling favorit dari Eloisa James, karena beberapa kali membaca karyanya yang lain tidak begitu menggairahkan. Kalau sebelumnya kita banyak dicekoki kisah kelurga yang kebanyakan beranggotakan laki-laki, maka buku ini tentang empat perempuan bersaudara dari keluarga Essex yang yatim piatu dan berusaha menemukan cinta dari lelaki terhormat.

10. Comanche Series - Catherine Anderson

Historical romance identik dengan jaman Victoria dan bersetting di Inggris, buku ini perkecualian karena kisahnya terjadi di Amerika, melibatkan suku Indian yang barbar. Saya sendiri baru membaca buku pertama, lanjutannya sudah diterjemahkan semua oleh Dastan Books total ada empat buku, tapi karena jarak terbit dengan buku pertama terlalu jauh dengan buku selanjutnya saya lupa dan beralih ke buku lain, mencari lanjutannya sekarang sudah susah, hiks. Menarik karena menampilkan kebudayaan yang berbeda, saya bertekat akan menemukan sisa series ini!

Yak, itulah buku historical romance yang saya rekomendasikan sebelum Darth Vader sampai ke bumi dan memusnahkannya, sebelum terlambat coba deh baca salah satu XD. Dari segi ceritanya sebenarnya simple, hampir semuanya memiliki kesamaan plot, perempuan yang mendambakan pria kaya, tampan dan terhormat, para lelaki yang awalnya playboy kemudian berubah setia ketika menemukan pasangan yang pas, dalam prosesnya mereka harus saling bertengkar terlebih dahulu, sering kali bertema benci jadi cinta. Itu-itu aja ceritanya, tapi entah kenapa nggak bosan juga bacanya, hahaha. Mungkin karena menjual mimpi dan angan-angan kali ya jadi nggak pernah jemu, namanya juga perempuan, hobinya berfangirling XD.

Nama-nama penulis dan series di atas hanya segelintir dari yang sekarang sudah terbit, banyak sekali buku baru, saya lihat semakin banyak nama baru yang berseliweran dan saya belum sanggup untuk mengikutinya. Salah satu yang membuat penasaran adalah saya ingin mencoba membaca karya Maya Banks, yang terkenal dengan contemporary erotica-nya, penasaran bagaimana dia menulis cerita historical romance. Oh ya, sebagai peringatan, hampir sebagian besar cerita historical romance bermuatan adegan dewasa, jadi yang belum cukup umur dilarang membaca.

Adakah buku di atas yang pernah kalian baca? Bagaimana tanggapan kalian dan mana yang paling favorit? Atau apakah ada buku historical romance favorit kalian belum tertulis di atas? Komen dong di kolom komentar biar bisa jadi rekomendasi saya selanjutnya dan bagi pecinta historical romance yang lain :D


21 komentar:

  1. Kresley Cole ternyata bagus ya Lis? Sempet liat di timbunan diskonan tapi gak tertarik. Ntar klo ke Gramedia, beli ah.. Hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan sih kalau menurutku, kalau dari seri di atas paling favorit yang seri terakhir :)

      Hapus
  2. beberapa buku hisrom favoritku masuk di dalam daftar ini, yippie ^^

    BalasHapus
  3. Wah, aku juga suka tuh kak Lisa Kleypas.
    Yang Bow Street series juga bagus menurutku. Heuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga udah baca, tapi baru dua seri pertama, hehehe, ceritanya bagus ditambah penulis memasukkan unsur detektif, jadi hisrom dengan rasa yang berbeda :)

      Hapus
  4. judul postnya heboh, tapi menarik hahaha.
    Nggak pernah baca hisrom. Hmm rata-rata berseri panjang. Kira-kira kalo pemula gini enaknya mulai dari yang mana ya?
    Btw dulu pas sma sempet tergoda sama buku Kresley Cole. Covernya cantik sih, nggak kayak cover hisrom biasanya. Tapi begitu baca cover belakangnya nggak jadi tergoda. Ceritanya kok terlalu dewasa sepertinya. Apalah saya cuma anak sma (waktu itu) yang biasa baca Twilight. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallflowers series! Karena menurutku buku itu benar-bear perfect :)

      Hapus
  5. Aaakkkk hathaway series. Cam my love :*
    Aku lagi baca ulang hathaway dan wallflower nih. Tiba-tiba kangen aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Hathaway dulu beberapa seri awal cuma pinjam, sekarang lagi ngumpulin buat dikoleksi dan rencananya pingin baca ulang juga, hiks

      Hapus
  6. Nggak ngerti semua buku-buku di atas. lol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka, pecinta fantasy sih ya dan buku hisrom emang biasanya bacaan cewek XD

      Hapus
  7. Ha ha..gak pernah baca buku-buku diatas tuh. Jadi gak tahu mesti komen apa >,<
    Tapi, historical romance memang bagus. Entah itu saya lebih melihat 'history' nya ketimbang 'romance'nya atau tidak he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo hisfic ini nilai sejarahnya sedikit sekali sih, romancenya yang kental banget, hehehe. Kalo pingin nyari sejarahnya yang dominan, historical fiction bisa dipilih :)

      Hapus
    2. Hee..gitu ya. Jadi beda lagi sama historical fiction? Kirain karena sama-sama historical ya berbau history gitu

      Hapus
    3. Beda, kalo hisfic ada muatan sejarahnya, sedangkan hisrom murni romance hanya saja setting waktunya jaman victoria :)

      Hapus
  8. Haloo salam kenal :) aku juga baru ngikutin nuh hisrom, and I loved it! Baru baca yg bridgerton series, emang seri yang kedua itu favorite kayanya, sekarang lagi baca seri ketiga tapi blm bsa move on dr seri kedua, hehe. Yang Tessa Dare Goddess of The Hunt jg bagus n romantis tapi kok rasanya agak mirip sama ceritanya Bridgerton seri satu ya? Hehe.. n btw Tessa Dare jg oke2 novelnya yg blm dterbitin, coba yg pdf englishnya ceritanya romantis" hehe.. anyway good post, ditandain buat nanti cari" rekomendasi hisrom lagi.. hehe thankies yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di goodreads kayaknya ada deh komunitas pecinta hisrom, coba aja cari, dulu pernah nemu soalnya, tapi pembaca dari seluruh dunia, di Indonesia sepertinya belum ada :)
      Sekarang udah jarang baca hisrom, agak males kalo baca verso bahasa Inggris, hehehe

      Hapus
  9. Wah seneng rasanya nemu sesama penggemar hisrom. Sejak ada diskonan gramed jd sering berburu novel genre ini. Tapi ya gt gak lengkap serinya jd harus rajin2 berburu. BTW, ada g y komunitas pecinta novel khusus genre ini? Kepingin join deh. Dr sekian yg kubaca paling suka sama Judith McNaught walau novelnya tebal tapi ceritanya gak bikin bosan malah penasaran terus. Julia Q dan Lisa K juga bagus, terus Christie Kelley buat yg suka alur to the point rekomended banget, Tina gabrielle juga bagus, tapi ada yg ku gak rekomen itu Sally McKenzie, bertele-tele trus diulang-ulang dari berbagai sudut pandang jadi alurnya lambat dan tidak fokus. Ku punya bbrp pengarang lg tp yg paling berkesan ya Judith McNaught itu. Dr novel hisrom kita bisa bayangin gmn kehidupan di inggris jaman dulu sampe2 mimpi pengen kesana yak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh salah jawab komen, yang komunitas hisrom udah aku jawab di atas ya, wakakaka, maaf, tadi lemot koneksinya. Iya, JMN walau panjang-panjang nggak pernah ngebosenin :)

      Hapus
  10. Bukunya julia quinn sm karen hawkins juga bagus kak 😍

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...