Selasa, 26 Januari 2016

Tiger on My Bed by Christian Simamora | Blog Tour, Ask Author


Hai haloooo good readers, ketemu lagi dalam blog tour Peri Hutan x Christian Simamora, biar kekinian gitu judulnya, hehehe. Kali ini saya berkesempatan membahas buku terbaru dari Bang Ino, Tiger on My Bed, terdengar nakal ya judulnya :p. Bagi yang kangen dengan series #jboyfriend kalian bisa bernapas lega, memang belum ada yang baru dari serial tersebut, tapi Bang Ino telah membuat tandingannya! Yap, setelah menampilkan cowok-cowok kece sebagai pemeran utamanya, kini giliran para cewek tangguh dari keluarga Vimana yang menunjukkan taringnya. Nama Vimana kedengarannya familier bukan? Bagi pembaca #jboyfriend pasti nggak asing lagi dong, dalam seri terbarunya yang bertajuk #vimanasingles ini penulis akan menampilkan profil para cewek di keluarga Vimana.

Selalu ada pertanyaan menarik yang ingin saya sampaikan kepada penulis, saya sebenarnya sudah membaca Tiger on My Bed ini akhir tahun kemarin, walau sudah membaca tak lantas saya tidak kepincut untuk mendaftarkan diri sebagai host. Alasannya adalah ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan langsung kepada penulis, pertanyaan-pertanyaan yang mengganggu pikiran saya, pertanyaan yang anti mainstream dan berharap tidak ada yang akan menanyakannya selain saya, pertanyaan yang hanya bisa saya sampaikan kalau menjadi host blog tournya, hahaha, yah, sampai segitunya kalau kepo saya kumat XD. Penasaran dengan pertanyaan yang saya lontarkan kepada penulis? Simak ask author singkat saya dengan Christian Simamora berikut:

1. Serial #vimanasingles kan dirancang berdasarkan teori Empat Cinta-nya C.S Lewis, itu apa aja sih Bang? Trus Tiger On My Bed (TOMB) ini mengambil tema yang mana? Kenapa memilih tema tersebut sebagai pembuka series ini?

Menurut C.S. Lewis ada empat jenis cinta: Eros, Storge, Philia, dan Agape. Ketika merancang #vimanasingles, Abang merasa tema cinta ala C.S. Lewis ini paling cocok dijadikan acuan. Women feels more than men. Jadi, kronologis emosi dalam setiap jenis cinta itu jauh lebih bisa dirasakan oleh karakter utama perempuan ketimbang laki-laki (#jboyfriend).

Berdasarkan deskripsi, Tiger On My Bed mengambil konsep cinta Eros. Perasaan yang didasari oleh nafsu itu bisa dikatakan sangat natural. Animalistic. Tapi kebutuhan akan koneksi membuat cinta Eros tak akan terasa cukup. Itulah yang ingin Abang perlihatkan melalui karakter Tal dan Jai.

2. Apakah #vimanasingles hanya akan ada empat buku? Berikutnya mengambil tema apa dari Empat Cinta-nya C.S Lewis? Apakah nantinya ada konsep khusus dalam series ini? Seperti konsep tiger arrangement dalam plot TOMB, apakah mengambil konsep binatang lagi?

#vimanasingles bukan tentang dunia binatang sih ya, jadi konsep tiger arrangement itu muncul karena sesuai dengan prinsip Eros. :)

Semua plot #vimanasingles sudah selesai, lengkap dengan karakter dan judulnya segala (tumben). Abang belum bisa memberi jawaban pasti tentang cinta mana yang jadi tema besar novel #vimanasingles berikutnya. Yang Abang yakin banget adalah Agape pasti ada di buku keempat. Soalnya itu konsep cinta yang paling sulit (untuk dijalani dan untuk ditulis juga): cinta tanpa pamrih.

Karena konsepnya sudah saklek banget, #vimanasingles memang hanya akan jadi empat buku saja. Tapi kalau ke depannya ada ide untuk menggali cerita dari keluarga Vimana lagi, why not?

3. Profesi pemeran utamanya menarik sekali, jewelry appraiser, ide awalnya dari mana kok sampe kepikiran profesi tersebut, trus sesusah apa risetnya?

Vimana itu digambarkan sebagai keluarga yang sangat kaya. Kalau laki-lakinya diperkenalkan dengan dunia bisnis sejak kecil, yang perempuan Abang bayangkan dibuat sangat artistik. Sebelum Tal dan bisnisnya dikonsepkan, Abang riset cukup lama. Memastikan kalau pekerjaan jewelry appraiser juga dibutuhkan di Indonesia (dan memang cukup banyak di Indonesia). Begitu itu berhasil disimpulkan, langkah selanjutnya ya mulai hidup sebagai jewelry appraiser. Membaca setiap berita yang berhubungan dengan profesi ini untuk mendapatkan feel pekerjaannya. It was fun and exhausting. Senangnya, Abang jadi ada alasan belajar tentang color clarity berlian, menaksir perhiasan, dan lain-lain. Capeknya, karena jewelry appraiser itu nggak seperti tukang gadai yang hanya peduli pada batu berharga dan kandungan emasnya. Penilaian jewelry appraiser juga menyangkut nama besar pengrajin dan teknik yang dipakai. Jadi *insert long sigh here* harus belajar dikit-dikit tentang sejarah perhiasan juga.

Thank God, semua usaha itu terbayar. Tal benar-benar sosok jewelry appraiser yang supercool!

4. Apakah dalam pembuatan word of the day ada teknik khusus? Kasih bocoran dong Bang ide pembuatannya gimana dan apa word of the day favorit abang dalam buku TOMB ini?

Actually, word of the day itu nggak dibuat, tapi dicari. Which is rada tricky, karena harus mencari setiap kata yang tepat untuk menggambarkan satu bab spesifik. Word of the day berasal dari berbagai bahasa, makanya sangat terbantu sekali Abang masuk grup pecinta kata dan kamus. Setiap hari ada saja kata baru yang bikin Abang jatuh cinta dan disimpan untuk calon novel sebelumnya.

Word of the day favorit Abang adalah SPHALLOLALIA, kata Yunani yang berarti mengobrol sambil saling menggoda. Bagi Abang pribadi, sphallolalia itu adalah bagian penting dari karier menulis hahahaha! Semua novel romance yang pernah ditulis pasti bakal ada sphallolalia-nya.

5. Kasih tips dong Bang bagaimana caranya membuat karakter tokoh di dalam novel yang nantinya bisa membuat pembaca tergila-gila padanya, abang selalu sukses soalnya :D

Terima kasih :)
Kalau menulis novel cinta, ya buat berdasarkan psikologi orang jatuh cinta juga. Kalau tokoh laki-lakinya hanya sekadar ganteng sih nggak terlalu berefek banyak bagi pembaca. Chemistry antarkarakter penting, semakin terasa nyata cintanya, semakin mengena di hati pembaca. 
Seru banget kan jawabannya? Selalu memuaskan bagi saya dan yang jelas rasa penasaran saya sudah plong. Jujur saja saya sebelumnya tidak tahu tentang teori empat cintanya C.S Lewis *pembaca romance gagal*, menjadikan hal tersebut sebagai pertanyaan teratas. Saya sangat menantikan cerita tentang apa lagi yang akan penulis usung dari sisa teori empat cinta tersebut, semoga nggak lama ya terbitnya, kan udah jadi tuh Bang plotnya XD. #vimanasingles ini semacam angin segar dari tulisan Bang Ino, semoga saja semakin menarik dan semakin hot.

Seperti biasa dalam blog tournya Christian Simamora, akan ada tiga postingan, ask author, review dan giveaway, masing-masing berjarak tiga jam. Jadi, terus pantengin Kubikel Romance ya :D

Kalian juga bisa mencoba peruntungan blog para host yang lain, blog tour berlangsung dari tanggal 22 Januari - 5 Februari 2016, berikut linknya:
22 Januari
Nama: Martina Sugondo
Url blog: http://glasses-and-tea.blogspot.co.id

23 Januari
Nama: April Silalahi
URL Blog: http://duniakecilprili.blogspot.co.id/

24 Januari
Nama : Rizky Mirgawati
URL Blog : Ky's Book Journal

25 Januari
Nama: Eva Sri Rahayu
URL Blog: https://tamanbermaindropdeadfred.wordpress.com/

26 Januari
Nama: Sri Sulistyowati
URL Blog: http://www.kubikelromance.com/

27 Januari
Nama: Aya Murning
URL Blog: https://murniaya.wordpress.com

28 Januari
Nama : Rany Dwi Tanti
Url Blog : http://mizukeume.blogspot.co.id/

29 Januari
Nama: Frida Kurniawati 
URL Blog: http://kimfricung.blogspot.co.id

30 Januari
Nama: Oktabri Erwandra
Url blog: https://setopleskata.wordpress.com/

31 Januari
Nama: Asri Rahayu MS
URL Blog: http://peekthebook.blogspot.co.id/

1 Februari
Nama  : Luckty Giyan Sukarno
URL Blog : https://luckty.wordpress.com/

2 Februari
Nama: Shen Meileng
URL Blog: http://thecutegeek.blogspot.co.id

3 Februari
Nama: Anastasia Cynthia Tanawi
URL Blog: https://janebookienary.wordpress.com/

4 Februari
Nama: Mellisa Assa
URL Blog: mishapink.blogspot.co.id

5 Februari
Nama: Athaya Irf
URL Blog: http://theboochconsultant.blogspot.co.id/


Tentang Penulis
CHRISTIAN SIMAMORA
Penulis berzodiak Gemini, kelahiran 9 Juni 1983. Book hoarder yang menyukai animal print. Kalau tidak sedang menulis, dia menghabiskan waktu senggang dengan membaca, browsing, atau menonton serial televisi kesukaan.
Sejak tahun 2006, memutuskan untuk menekuni genre romance untuk pembaca dewasa. Seri #jboyfriend yang sudah terbit: Pillow Talk (Jo), Good Fight (Jet), With You (Jere), All You Can Eat (Jandro), Guilty Pleasure (Julien), Come On Over (Jermaine), dan As Seen On TV (Javi), dan Marry Now, Sorry Later (Jao).
Tahun ini, dia merilis seri kedua yang diberi nama #vimanasingles.

Meet Lame (Janiel & Daniel) dan Tiger on My Bed (Talita Koum Vimana) adalah novelnya yang kelima belas dan keenam belas.
Fanpage: www.facebook.com/ChristianSimamoraAuthor
Twitter: @09061983
E-mail: ino_innocent@yahoo.com 


Baca juga:
Giveaway Tiger on My Bed

Sinopsis dan cover Tiger on My Bed:





30 komentar:

  1. Wew...itu tips paling akhir cucok bgt. Seperti biasalah interview nya selalu seru. Banyak hal baru yang nongol. Ih, makin penasaran sama si Tal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti pantengin reviewnya ya biar penasaranya berkurang sedikit :)

      Hapus
  2. Kreatif banget ya nih Bang Ino. Kepikiran bikin novel berdasar teori segala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, idenya nggak habis-habis :)

      Hapus
  3. Semua plot #VimanaSingles sudah selesai lengkap denga karakter dan judulnya.

    Siap-siap nih taun ini dan taun depan menyambut karya baru bang Ino(lagi).
    Ahhh produktif sekali kau bangggg.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabung buat beli bukunya Bang Ino wajib hukumnya :))

      Hapus
  4. Okaaaaayyyy... setelah ini saya bakal cari tau tentang teori itu C.S Lewis itu. Sebagai pecinta romance saya ingin tau tipe cinta apa saja yang bakal dijabarkan. Dan sebagai fans Babang sekarang saya tau dibalik tulisan yang selalu memukau dan mencandu itu ada kerja keras dibaliknya. Tidak hanya berdasarkan imajinasi. Tetapi berdasarkan riset dan pengetahuan :)
    KEREN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga penasaran banget dengan Teori Cinta, belum sempet googling nih setidaknya dari penjelasan di atas agak melek sedikit :D

      Hapus
  5. Wah, senengnya bisa wawancarai Bang Ino langsung *envy* (/.\)

    Jujur aku belum pernah baca satupun novel karya Bang Ino. Tapi setelah mengikuti; membaca review dan wawancara dibeberapa blog aku jatuh hati dengan novel-novel Bang Ino. Aku langsung menarik kesimpulan kalo Bang Ino itu salah satu penulis yang cerdas, karena disetiap bab novelnya selalu ada kata-kata baru bagi para pembaca. That's briliant. Sekarang aku juga jadi menemukan kata baru seperti profesi Jawelry **** aku lupa kata terakhirnya susah ngetik kata2nya daripada typo terus salah arti jadi awalnya aja yang aku tulis hehe xD kalo aja aku dikasih kesempatan aku juga punya pertanyaan buat Bang Ino. Aku cuma kepengin tanya Apa akhir kisah cinta Jai dan Tal happy ending atau mereka akhirnya bisa bersatu? Soalnya aku belum baca isi keseluruhan novelnya :"))) Ckck~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban dari pertanyaanya mah baca sendiri dong XD

      Hapus
  6. Sepertinya bagian ask author ini dimanfaatkan sekali sama mbk Sulis buat menggali rangkaian karya bang Ino :D
    Tapi dari ask author ini aku jadi tau kalau serial ini masih berhubungan dengan serial Jboyfriend. Semoga meskipun aku belum pernah baca serial Jboyfriend tetep bisa ngikutin seri pertama Vimanasingle :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget, kapan lagi kesempatan bertanya dengan Bang Ino, jadi dipuas-puasin :)

      Hapus
  7. Nambah lagi deh pengetahuan tentang gimana bikin tokoh. Yang pasti sih ga tahan buat nunggu seri dari #vimanasingles

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib baca pokoknya kalau suka tulisan Bang Ino :)

      Hapus
  8. YANG PASTI AKU KEPO SAMA NOVEL BANG INO YANG INI! :D *caploks jebol euyyy* banyak banget pelajaran yang bisa di ambil pas baca interview ini :) salutt dehh sama bang Ino :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, semoga bisa segera baca ya biar nggak kepo lagi :)

      Hapus
  9. woah, acuannya pake C.S Lewis.. udah berasa kek skripsi yang pake teori gitu.. ehehe ^^
    tapi yang pasti aku jadi emakin tertarik sama seri ini..
    Eros, Storge, Philia, dan Agape.. aku suka dewa-dewi Yunani, tapi aku belum pernah tau Storge dan Philia.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah nggak tahu semuanya *cupu*

      Hapus
  10. waw!!! Gara2 interview keren ini aku jadi tau kalau Serial #vimanasingles bakal dibuat ke dalam 4 buku. Berarti kudu bener2 nabung nih! *kekep celengan*

    Trus aku juga tertarik banget sama profesi Jewelry Appraisal yang dijalani Tal, karena kayanya masih langka banget kalau di tanah air. Penasaran sama seluk-beluk pekerjaan ini. Apalagi sampe2 Bang ChrisMor melakukan research yang luar biasa demi profesinya si Tal ini.

    Dan untuk cinta AGAPE... aku setuju itu adalah cinta yang paling MULIA ketimbang 4 cinta lainnya dan bener-bener penasaran gimana Bang ChrisMor nanti menggarapnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaaa, aku penasaran banget sama Agape, semoga nanti lancar semua ya nulisnya biar kita bisa cepet-cepet baca :)

      Hapus
  11. kayaknyakang Ino ahlinya masalah percintaan ya... palagi yanga da bumb-bumbunya... he... pasti mata kalau memabca novelnya bakalan tidak mau berkedip apalgi di bagian itunya. hihihihi

    BalasHapus
  12. Kok keren ya bisa buat cerita berdasarkan teori salut sama sih abang satu ini.
    Kak Sulis jg bisa bgt ngasih pertanyaan yg emg cukup mewakili pembaca. Jd semakin penasarannnn dgn buku pertama dari vimanasingles

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, karena aku juga sama seperti pembaca yang lain, suka kepo, hihihi

      Hapus
  13. baru tahu kalo ada teori Empat Cinta kak... hihi. kayaknya aku memang kurang banget informasinya... -__- Tapi terima kasih banyak kak, udah nanyain soal teroi empat cinta itu... nanti aku googling juga ah... :D

    Terima kasih interviewnya... seru !!! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, seneng kalau bisa bermanfaat buat pembaca lainnya juga :)

      Hapus
  14. Uwoh~ ini baru banget denger ada teori empat cinta-nya C.S Lewis yang memprakarsai cerita Vimana Singles! /seketika gugling/ semakin merasa kagum sama abang Ino yang bisa bikin cerita dari hal-hal yang mungkin jarang terpikirkan oleh penulis lainㅡmengangkat teori-teori kaya gini misalnya. Dan dari bocoran teori dan buku keempat tentang Cinta Tanpa Pamrih itu.......feels like, I need to read that one later as well!^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi pada nggak sabar ya pingin baca teori cinta yang terakhir :)

      Hapus
  15. Teori Empat Cinta-nya C.S
    Lewis *Aku Baru denger, kudet akut, langsung nanya mbah google.
    .
    Pertanyaan no 5 masih menjadi misteri buat semua tokoh ciptaan Bang Ino.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha menjadi misteri gimana? Nggak bisa menentukan pilihan ya? :p

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...