Jumat, 08 Januari 2016

The Stolen Years by Ba Yue Chang An | Book Review + Giveaway

The Stolen Years
Penulis: Ba Yue Chang An
Penerjemah: Jeanni Hidayat
Penyunting: M. Noviana
Cover designer: Chyntia Yanetha
Penerbit: Haru
ISBN: 9786027742666
Cetakan pertama, Januari 2016
348 halaman
Buntelan dari @penerbitharu
Bisa dibeli di @bukupediacom
Benarkah waktu dapat mengikis perasaan cinta?

Hal terakhir yang diingat He Man adalah ia sedang berbulan madu dengan suaminya, Xie Yu. Namun, tiba-tiba gadis itu terbangun di rumah sakit dan sudah bercerai. He Man mengalami amnesia dan lupa akan lima tahun terakhirnya.


Ia tidak mengerti mengapa ia bisa bercerai dari Xie Yu padahal mereka saling mencintai. Ia tidak mengerti mengapa sahabatnya sekarang malah menjadi musuhnya. Ia tidak mengerti mengapa seakan semua orang membencinya.

Ketika He Man berusaha mengumpulkan kembali kenangan dan ingatannya, ia mulai menemukan hal-hal yang tidak pernah ia duga sebelumnya.
Pernah membayangkan kalau suatu saat nanti kita akan berhenti mencintai orang yang paling kita sayang? Apakah bisa? Semua mungkin saja terjadi, waktu bisa mengubah segalanya, sama halnya dengan kisah He Man dan Xie Yu ini. Cerita dimulai ketika He Man dan Xie Yu sedang berbulan madu, ketika keduanya sedang dimabuk asmara, sama-sama saling mencintai. Pertengkaran kadang lewat dalam hubungan mereka, namun tidak membutuhkan waktu yang lama membuat mereka akur kembali, mereka sama-sama saling memahami, saling mengisi kekurangan. Apakah lima tahun setelah pernikahan keadaan juga akan sama?

Hal terakhir yang diingat He Man setelah koma selama satu bulan adalah dia mengalami kecelakan bersama Xie Yu ketika berbulan madu, masa di mana dia sangat bahagia. Namun, kenyataan berbeda, He Man lupa akan kejadian lima tahun setelah kecelakaan tersebut, kakaknya bilang kalau dia sudah bercerai dengan Xie Yu sejak beberapa bulan yang lalu, sekarang dia menjadi seorang direktur, memiliki apartemen sendiri, menjadi pribadi yang sangat berbeda. Tentu saja sangat membingungkan bagi He Man, dia masih sangat mencintai Xie Yu, bahkan sangat khawatir kalau suaminya mengalami luka parah gara-gara kecerobohannya sewaktu bulan madu dulu, dia tidak mungkin bercerai.

Dokter mengatakan kalau He Man mengalami amnesia, hilang ingatan jangka pendek, dia juga tidak bisa memastikan kapan ingatan He Man akan kembali. He Man disarankan untuk sering berhubungan dengan keluarga dekat, teman, atau orang yang mengenal baik masa lalunya untuk memulihkan kembali ingatannya mulai lima tahun yang lalu. Masalahnya, semua sudah berbeda, He Qi sebagai kakak dan keluarga satu-satunya saja tidak tahu apa yang terjadi dalam pernikahan He Man karena adiknya tidak pernah bercerita, dia menjadi pribadi yang keras dan tertutup, bahkan tidak sedikit orang yang membenci He Man. Satu-satunya cara untuk menjawab semua yang ada di benak He Man adalah bertanya langsung kepada Xie Yu dan sahabatnya, Xiao Huan, dua orang yang dulunya sangat berarti bagi He Man, sekarang malah menjadi musuh.
Ada yang bilang, ketika kebahagiaan datang, kebanyakan dari kita tidak menyadarinya sama sekali.
Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka begitu parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya.
Alkohol adalah seorang rentenir. Ia bisa memberi kebahagiaan dan keberanian pada kita, tapi pasti juga akan meminta balasan dua kali lipat, dengan membuat kita pusing dan mual berkepanjangan esok harinya.
Saat kita baru saja menjalin hubungan, rasanya begitu menyegarkan. Kemudian, perlahan mulai timbul bau tidak sedap, tapi tidak tega membuangnya. Meski sudah mencoba membuang jauh-jauh hubungan yang sudah kadaluwarsa itu, He Man yang pelupa tetap akan memungutnya kembali dan mencoba memakannya.
Cinta kalah melawan sakit, juga kalah melawan kematian. Namun, cinta akan selamanya hidup di dalam ingatan manusia, akan menancapkan akarnya dengan kuat di dalam otak manusia.
Saya tidak pernah menyangka akan menyukai buku ini, kali pertama membaca buku terjemahan Taiwan, sebelumnya hanya pernah menonton serial televisi seperti Meteor Garden. Berbeda dengan cerita Korea yang terkenal akan romance comedy atau Jepang dengan aura dark-nya, saya sama sekali tidak bisa menebak ceritanya akan seperti apa. Setelah membaca buku ini, bisa dibilang sangat mengharukan, saya sampai meneteskan air mata saking sendunya, ada seseorang yang bilang kalau cerita Tiongkok memang mengaduk perasaan, khasnya, huhuhu.

Saya suka gaya menulisnya, pelan tapi tidak bertele-tele, cara menyambung plot cerita dari masa lalu kemudian melompat ke masa depan dan kembali pelan-pelan ke masa lalu sangat mengalir lancar, tidak ada bagian yang terlewat alias semua twist terjawab. Pembaca dihadirkan layaknya He Man yang juga penasaran apa yang terjadi dengan pernikahannya, kenapa dia bisa bercerai dengan Xie Yu yang amat dicintainya? Kenapa dia dibenci banyak orang, khususnya di kantor? Kenapa sahabat satu-satunya menjadikan dia musuh? Kenapa He Man berbeda selepas menikah? Apa yang sebenarnya terjadi? Pembaca secara perlahan akan menemukan jawabannya.

Karakter para tokohnya juga menarik. Xie Yu digambarkan sebagai laki-laki yang ingin posisinya jelas, merasa dibutuhkan. Hubungan mereka mulai renggang ketika He Man terlalu sibuk bekerja dan mendapatkan posisi yang lebih bagus darinya, membuat Xie Yu merasa tidak berharga, dia pun membalas dengan bekerja keras juga, membuat keduanya tidak memiliki waktu sebagai keluarga. Ada dua karakter He Man yang ditampilkan penulis, He Man lima tahun lalu yang ceria, cukup disenangi banyak orang, sedikit ceroboh, dan menyenangkan. He Man setelah menikah adalah orang yang keras, angkuh, sangat disiplin, selalu ingin mendapatkan apa yang dia mau, sangat feminis.

Saya suka permasalahan rumah tangga yang diusung penulis, temanya masih hangat, melihat tahun lalu genre domestic drama cukup booming. Ceritanya sangat realistis, kecuali bagian amnesia, emang terkesan sinetronis, tapi cukup masuk akal kok. Buku ini bercerita tentang kadang cinta bisa luntur oleh waktu kalau tidak dijaga dengan baik, sebuah hubungan awalnya terkesan bahagia namun lama kelamaan akan memasuki masa kadaluwarsa, memasuki masa jenuh. Orang bisa berubah karena keadaan, tuntutan, seperti itulah yang saya lihat dari hubungan He Man dan Xie Yu. Kehilangan komunikasi dan terciptanya jarak karena kesibukan masing-masing, hal sepele tapi bisa berdampak besar kalau tidak diperhatikan.

Untuk konfliknya sendiri, benar-benar tidak tertebak, ceritanya masih sangat jauh dari yang saya ceritakan di atas, lebih baik dibaca sendiri, kalian akan bisa merasakan kondisi He Man yang kebingungan dan ingin mengurai satu per satu jawaban dari orang-orang yang membencinya, mengetahui orang yang amat dia cintai telah berhenti mencintainya. Akan merasakan kesedihan Xie Yu dan kecewanya, bahwa dari lubuk hatinya yang terdalam dia masih memiliki perasaan kepada He Man, tapi dia terlalu terluka untuk memaafkan. Di ingatan yang baru, He Man ingin memulai semuanya lagi dari awal, ingin ada kesempatan untuk memperbaiki segalanya. Semua dirangkai dengan amat baik dan menyentuh.

Bagi yang menyukai cerita domestic drama yang menyentuh dan menguras air mata, buku ini recommended sekali, bisa dibaca oleh remaja kok, tidak ada unsur dewasanya.

4 sayap untuk Xie Yu yang cintanya tulus banget, hiks.



Giveaway!

Ada satu buku The Stolen Years gratis untuk pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia, buku akan dikirimkan langsung oleh Penerbit Haru ke rumahmu, dengan syarat:
1. Follow Kubikel Romance via GFC, G+ atau bloglovin.
2. Follow @penerbitharu dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini ke sosial media yang kamu punya, jangan lupa pakai hastag #StolenYears ya :)
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar dengan menyertakan nama dan akun twitter, "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

Sudah itu saja, gampang kan? Giveaway berlangsung TIGA HARI saja, dari tanggal 8-10 Januari 2016, jadi ayo buruan ikutan sebelum terlambat :)


*UPDATE*

Haiiii, waktunya pengumuman giveaway, terimakasih ya pada semua yang udah berpartisipasi, maaf hanya satu orang saja yang beruntung, dan dia adalah

 Lintang Irnawati
@Lintang_Ns

Selamat! Nanti akan saya hubungi via twitter untuk konfirmasi pengiriman hadiah, buat yang lain tetap semangat dan follow terus Kubikel Romance karena bakal ada giveaway menarik lainnya :D


37 komentar:

  1. Hai, Mbak Sulis. Selamat Tahun Baru ya *telat*

    Daftar dulu :
    Nama : Erta
    Akun Twitter : @ertalin

    Pertama kali lihat PO nya The Stolen Years sudah kepincut sama cover dan temanya. Apalagi kalau nggak salah cerita ini ada versi filmnya juga. Tambah penasaran.
    Semakin pengin baca setelah baca reviewnya Mbak Sulis.
    Cinta yang hampir kedaluwarsa ternyata bisa hadir kembali melalui sebuah kondisi yang tidak kita duga.
    Ditambah lagi dengan kisah yang menyentuh, positif harus baca X)

    BalasHapus
  2. Nama: Hana Bilqisthi
    Twitter: @hanabilqisthi
    Linkshare: https://twitter.com/hanabilqisthi/status/685257086825934848

    Karena diterbitin sama penerbit Haru. Penerbit Haru pinter milih buku bagus :D bahkan sulis kasih 4 sayap :D
    Selain itu, genre-nya romance, genre favorit Hana :D Hana suka romance,apalagi dengan tema pernikahan seperti ini :D

    BalasHapus
  3. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/685265236102754307

    pengin baca novel ini karena kovernya aja udah bikin jatuh cinta. warna dan gambarnya sangat2 menarik hatiku >_< dari reviewnya mbak sulis juga jadi penasaran banget sama ceritanya. pengin tau gimana akhirnya hubungan He Man dan Xie Yu, bagaimana mereka memulai membangun cinta yang baru :)

    BalasHapus
  4. Nama : Lintang Irnawati
    Akun Twitter : @Lintang_Ns

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

    1. Karena novel ini termasuk merupakan Novel terjemahan mandarin berlabel M-Novel dari penerbit Haru. M-Novel itu label yang paling aku sukai dari sekian banyak label Haru. Berawal dari You Are The Apple of My Eye, aku tahu M-Novel. Dari M-Novel ini, aku jadi suka membaca buku novel ..

    2. Karena novel ini berkaitan dengan Mandarin. Hwaaa~ sebagai anggota dari MDASL (Mandarin Drama and Song Lovers) aku sangat suka seluruh hal-hal yang berkaitan dengan Mandarin, Taiwan, dan China. Termasuk sebuah novel dari China,,, salah satunya novel The Stolen Years ini!

    3. Karena semenjak kemunculan sinopsis The Stolen Years dan Cafe Waiting Love di Facebook Penerbit Haru. Aku udah langsung excited, karena Haru udah berbulan-bulan gak nerbitin M-Novel lagiii *HausAkanM-Novel*

    4. Karena The Stolen Years mengangkat tema tentang Amnesia. Untukku tema itu sangatlah menarik, walau pasti akan tersedu-sedu aku dibuatnya. Hiks hiks . Tema ini mengingatkanku dengan beberapa Melodrama Mandarin yang pernah aku tonton, seperti Autumn's Concerto, Summer's Desire, dan Deja Vu. Aaaa~ aku ingin mencoba merasakan tema itu dalam bentuk novel

    5. Karena Novel ini telah diadaptasikan ke sebuah Chinese Movie berjudul sama. Aku belum bisa download movienya, karena banyak link download yang sudah ditutup (T.T) Namun setelah aku lihat trailernya di Youtube, terngiang-ngiang kata-kata dari He Man kepada Xie Yu. Ia sangat bersedih ketika ia membuka mata, Xie Yu bukanlah miliknya lagi .. >.<

    Mendapatkan dan membaca The Stolen Years adalah salah satu resolusiku di tahun ini, sebelum diriku PKL pada bulan Februari nanti. Semoga Kak Sulis mau membantuku mencapai satu point resolusiku ini . Aamiin

    BalasHapus
  5. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Link Share: https://twitter.com/fira_yoopies/status/685274414749859842

    Alasan pengen baca Stolen Years

    1. Karena novel ini terjemahan dari Penerbit Haru. Dan aku belum punya terjemahan mandarin dari Haru >.< pengen banget ngekoleksi semua buku haru
    2. Karena sampulnya. Pertama kali lihat sampulnya, keren banget, langsung masukin ini jadi list jajan T_T
    Sampulnya cewek banget, ada gambar cewek yang tutup mata terus rambutnya memenuhi semua cover depan >.< suka deh, apalagi rambutnya diganti pink putih hihii. Ada gambar jam pasir juga ya >.< pokoknya sampulnya kerennn
    3. Karena katanya novel ini mengharukan, tipe-tipe bacaan kesukaan aku >.<
    4. Karena aku penasaran gimana He Man menyikapi amnesianya. Juga kenapa sifatnya 5 tahun yg lalu dan setelah menikah berbeda?
    5. Karena butuh bacaan baru di tahun baru + musim hujan kayak gini >_<

    Wish me luck ^^

    BalasHapus
  6. nama: Ai Siti Mulyani
    twitter: @AiyumiJo

    Q: Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?

    A: dri sekian bnyak tumpukan novel di rak sama sekali belum ada novel terjemahan mandarin dari penerbit manapun. Kali ini saya penasaran seperti apa kehidupan setelah menikah itu + katanya buku ini juga cocok utk remaja, jdi buat apa salahnya baca? Karna dulu sempet trauma(?) sma novel dewasa :D

    saya pecinta romance ala-ala remaja, tpi baca romance yg lebih berat sepertinya juga seru. Plus ini terbitan penerbit haru (salah stu penerbit favorit :D) + mau ngoleksi buku haru banyak2 :))

    Penasaran juga gimana cara He Man & Xie Yu bersatu lagi di saat kerenggangan hubungan mereka.
    Pokonya kalau buku recomended pasti ga bkal kecewain pembaca

    BalasHapus
  7. nama : Emma
    Twitter : @EmmaNoer22

    "Kenapa kamu
    ingin membaca The Stolen
    Years ini?"

    Jawaban : Btw buku ini udah pernah diangkat kelayar kaca nggak? Kok aku merasa pernah menonton versi drama korea ataupun drama taiwan-nya. Aku jadi ingin baca buku ini karena pengen koleksi bukunya juga, kalau aku punya bentuk fisiknya berupa buku, siapa tau suatu saat ketika di hadapkan cerita yang hampir mirip aku bisa langsung membuka ulang buku ini. Ingatku nggak terlalu kuat tapi kl ada kesempatan utk melihat maupun membaca ulang secara nyata pasti dg sendirinya kita bisa mengingat dg jelas.

    BalasHapus
  8. Hai, Sulis. Izin ikutan GA Stolen Years ya:

    Nama : Rizky Mirgawati
    Twitter : @RizkyMirgawati
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/685320603381841921

    Kenapa aku pengen baca Stolen Years:
    1. Karena aku suka dengan novel yang mengangkat tema domestic drama, apalagi dari review yang Sulis tulis, novel ini menyentuh dan menguras air mata. Jadi penasaran ingin membuktikannya sendiri.

    2. Karena aku sudah terjangkit Haru Syndrome, tetapi belum pernah mendapatkan langsung via Giveaway, rasanya sekali-kali pengen dapat buku haru yang gratisan juga. Mau kayak Sulis jadi #OrdoBuntelan

    Wish me luck, thanks buat GAnya Sulis :)

    BalasHapus
  9. nama : RIZKI HANDAYANI
    TWITTER : @yannie_minnie
    link share : https://twitter.com/yannie_minnie/status/685321075744346112

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"
    pertama aku tertarik dengan buku ini karna sinopsisnya, di sinopsis disebutkan klo tokoh utama wanita nya hilang ingatan dan tidak tahu kenapa dia bisa bercerai dgn suami yg dicintainya. jujur, aku suka dan excited banget dengan drama, novel, atau film yg mengusung cerita tentang amnesia apa lagi si karakter utamanya sampai bingung dan penasaran dgn apa yg terjadi dgn dirinya dan kenapa saat dia bangun semua keadaan seolah berubah dan membingunkan. rasa penasaran dan kebingungan ini lah yg jadi favorit aku. karna, disini kita akan dibuat menebak-nebak apa yg sebenarnya terjadi dan makin penasaran dgn endingnya akan seperti apa? apakah tebakan kita benar? apa bakalan happy ending atau sad ending?. terus aku juga suka banget sama covernya, covernya cantik banget :), dan judulnya juga bikin penasaran banget nih, kayak ada suatu mesteri gitu di balik judulnya :)

    BalasHapus
  10. Selama ini, buku-buku penerbit Haru yang saya baca cuma buku-buku Korea dan Jepang, habisnya saya penggemar Korean Drama dan anime :') Tapi habis lihat review buku ini di Kubikel Romance, saya jadi ingin mencoba baca M-Novel. Jadi inget jaman-jaman fangirling sama drama mandarin jaman SD-SMP. Ada My MVP Lover, At The Dolphin Bay, The Outsiders, dan kawan-kawannya. Lagipula, film-film gloomy-roman Mandarin yang biasanya tidak sengaja saya tonton di channel *BO itu, suka bikin perasaan campur-aduk, bikin susah move on, dan seringkali twist-ended. Karena akhir-akhir ini banyakan baca thriller, jadi kangen perasaan rollercoaster yang susah move on deh, agaknya :D Makanya, bukunya buat saya aja ya, Mbak :')

    BalasHapus
  11. Nama : Feby Raharjo
    Twitter : @efernamblas

    Karena selain jalur ceritanya yang menarik dan bikin penasaran, novel ini juga terbitan dari penerbit haru jadi pingin banget baca novelnya dan kebetulan aku belum punya novel ini jadi mau nambah koleksi haru lagi di rak buku ^o^

    BalasHapus
  12. Nama: Siti Zakiyah
    Twitter: @kizahgiirl

    Alasan pertama, siapasih yang gak mau mendapat buku gratisan?
    selain itu juga kutipan" nya tampak menarik. membuat saya penasaran dan merasa Xie Yu itu aku. Dan aku ingin mengetahui cerita lengkapnya bagaimana mereka menjalin hubungan, bagaimana rasa sakit itu disembuhkan, bagaimana bisa bertahan dan ikhlas dalam kesakitan, juga ingin mencari tau dari cerita itu pilihan manakah yang terbaik antara bertahan, merelakan atau ada pilihan lainnya.
    biasanya cerita tentang kehidupan keluarga yang tokohnya sudah dewasa sangat membosankan dan tidak seru tapi untuk yang satu ini pengecualian, dari membaca satu kutipannya saja dari #PenerbitHaru sudah membuat saya ingin memiliki buku ini.
    "Suatu kekecewaan yang terlalu dalam.... Umumnya, manusia malah tidak menangis ketika merasakannnya"

    ‪ditambah lagi dengan membaca review an di kubikel romance ini dengan kutipan lebih banyak seperti:

    "Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka begitu parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya."

    "Saat kita baru saja menjalin hubungan, rasanya begitu menyegarkan. Kemudian, perlahan mulai timbul bau tidak sedap, tapi tidak tega membuangnya. Meski sudah mencoba membuang jauh-jauh hubungan yang sudah kadaluwarsa itu, He Man yang pelupa tetap akan memungutnya kembali dan mencoba memakannya"

    "Cinta kalah melawan sakit, juga kalah melawan kematian. Namun, cinta akan selamanya hidup di dalam ingatan manusia, akan menancapkan akarnya dengan kuat di dalam otak manusia"

    membuatku semakin ingin membaca keseluruhan kisahnya. Dan saat ini pertanyaan Benarkah waktu dapat mengikis perasaan cinta? dengan pasti masih aku jawab "IYA" tapi aku tidak tau bagaimana jawabanku jika aku baca buku "The Stolen Years" itu. i want and i need this book.

    BalasHapus
  13. Hii...
    Nama : melia
    Twitter : eli_shearer

    Kenapa saya pengen baca buku stolen years ini?


    Pertama karena saya kayaknya lg penasaran sama novel2 asianya penerbit haru, memang baru baca satu buku tapi sudah ada beberapa buku menanti. Sepertinya sy terjangkit #harusyndrome :p
    Kedua karena saya tertarik sama judulnya. Dari judulnya bikin penasaran jadi pingin tau isi ceritanya.dari judulnya kok kayaknya romance bangett gitu..hehe
    Ketiga karena setelah baca sinopsisnya ini kayaknya ceritanya mungkin bakal ada pihak yg berkorban perasaan...berdarah2 berderai2 air mata...emosi yang sudah terkuras krn membaca buku kadang bisa buat lebih tenang. Dan lagi kalo inget film2 taiwan or china gt kalo sedih tu sedihhh banget...
    Keempat karena walopun ini memang genre novel romance or sad romance tetapi pasti ada yang nantinya dapat kita pelajari.

    Thx for this giveaway...and wish me luck...happy reading on your blog too sis...:)

    BalasHapus
  14. Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf

    kenapa ingin buku ini?
    Aku udah nonton filmnya... Gila itu film mandarin kesukaanku. Pas liat di IG penerbitharu ada Stolen Years terus baca sinopsisnya aku langsung ngeh kalau itu film yang pernah aku tonton. Nggak nyangka kalau Stolen Years diadaptasi dari novel. Sejak liat di IG nya Haru, Stolen Years udah masuk wish listku, aku kepengin banget punya novel ini.. Pengen ikut POnya tapi abis beli buku Haru juga, jadi pas bokek *duh gini kalau kena Haru syndrom XD*
    Aku bahkan masih inget kata-kata He Man waktu dia bingung kenapa kenyataan nggak sesuai sama isi kepalanya saat dia sadar kalau di amnesia "Mengapa suatu hari aku terbangun dan kamu tidak lagi milikku?" itu kata-kata He Man di film yang asdfgfhjakagakskg sedih banget buatku T.T He Man pas cinta-cintanya coba sama suaminya, kenapa pas bagian itu yang dia ingat, padahal mereka udah cerai T.T
    Apalagi pas nonton sampai akhir... *ughhhh nggak bisa dijelasin ntar spoiler haha..*
    Pokoknya pengin banget baca buku ini kak, pengin tau kalau di deskripsikan dan dinarasikan dalam tulisan seperti apa... Give me one hehe...

    BalasHapus
  15. Nama: Ana Indriyani
    Tw : @anaindriyani

    Q: "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

    Sebelum menjawab pertanyaan saya juga pengen bertanya,,,

    The Stolen Years,
    Jika tahun-tahun yang hilang adalah milik He Man, maka sudut pandang keberapakah yang digunakan dalam novel ini?
    Jika jawabannya adalah sudut padang pertama dengan "Aku" adalah He Man maka itu akan menjadi salah satu point penting alasan saya kenapa saya ingin membaca novel ini.
    He Man, bagi saya adalah orang bersyukur karena memiliki kesempatan untuk mengintropeksi dan membuat pribadi yang baru setelah amnesia. kesulitan yang ia alami adalah harga yang harus dibayar akibat dari perbuatannya. perubahan pribadi dan lingkungan di sekitar He Man tentu saja beralasan. walau alasan ini untuk kebaikan, cara yang ditempuh He Man telah menyakiti banyak orang termasuk suami dan sahabatnya. penggunaan sudut pandang pertama akan membuat kita/pembaca akan ikut berfikir apa yang sebenarnya terjadi dan intropeksi diri seolah-olah kita adalah He Man, dengan demikian nilai yang kita peroleh dari membaca novel ini akan lebih bermakna.
    namun, jika penggunaan sudut pandang ke tiga, maka apakah endingnya sudah bisa di tebak dipertengahan cerita?
    penggunaan sudut padang ketiga biasanya memperbesar pandangan dari berbagai tokoh sehingga endingnya bisa di prediksi. bagaimana kita/pembaca bisa meresapi makna ceritanya? apakah tetap recomended?

    tentu saja jawabannya ada pada novel ini dan anda sebagai recomendernya,,,
    adapun jika tidak beruntung, mohon rekomendasinya ya friend!


    thank you!

    BalasHapus
  16. Ten | @ten_alten

    sebenarnya aku belum pernah sekalipun baca novel terjemahan Mandarin. kalau terjemahan, aku biasanya baca yang terjemahan bahasa inggris, dan beberapa terjemahan jepang. aku biasanya nggak tertarik dengan novel yang menguras air mata, tapi kali ini beda. aku pegen tau sesedih apa novel ini, ingin membuktikannya seperti yang ditulis mbak Sulis. by the way, untuk aku yang nggak suka warna pink, cover ini manis kayak permen kapas, manis tapi nggak bikin eneg.. :D

    teman-temanku pada bilang aku ini hati es, nggak gampang nangis kalau baca cerita/nonton film yang mengharukan. malah mereka bilang, jangan-jangan aku udah nggak punya hati.. aku berharap punya kesempatan membuktikannya.. ^^;;

    BalasHapus
  17. Nama : Kitty
    Akun Twitter : @womomfey
    Link share : https://twitter.com/WoMomFey/status/685621198953279488

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

    Jawaban :

    Jujur saja, sejak pertama kali Penerbit Haru memberi preview akan terbit buku ini pada awal tahun ini, aku sudah ngincer. Alasannya?
    1. Aku baru mulai terjangkit #HaruSyndrome jadi semua buku terbitan Penerbit Haru saat ini adalah targetku. Aku sudah membaca beberapa novel terjemahan Penerbit Haru dan rata-rata hasil terjemahannya sangat bagus dan tidak kaku. Ditambah lagi, buku-buku terjemahan Penerbit Haru selalu memiliki kisah yang oke dan hak pasaran! Dan untuk yang satu ini, aku pribadi belum pernah baca label M-Novel, jadi penasaran juga
    2. Sinopsis dan beberapa review yang telah kubaca (termasuk review dari Sulis) juga makin membuatku penasaran akan kisah novel ini. Tema amnesia yang diambil juga merupakan tema yang menarik dan aku cukup menyukai tema ini karena akan menempatkan tokoh-tokohnya pada kebingungan pusaran masa lalu yang terlupakan dan masa sekarang yang belum sepenuhnya diingat. Pasti akan menciptakan twist dan plot yang sangat menarik.
    3. Gara-gara baca review ini, aku jadi penasaran dengan filmnya dan akhirnya sempat nonton traillernya di youtube!^^ Harus nonton deh sesudah baca novel ini nanti.

    BalasHapus
  18. Cahya Widyastutik | @cahyawid

    Karna novel dengan genre mellow drama yang menguras airmata adalah favorit aku(bisa sekalian curhat). Apalagi bercerita tentang sebuah pernikahan yg bermasalah, plus ada scene amnesia pulak. Emang terkesan sinetron banget sih, tpii aku jdi makin penasaran bgt. Gimana aku bisa membuktikan akan banjir airmata ngga dengan baca novel ini. Yakin, pasti meluber. :D
    Ehh ini kan penerbit haru yg nerbitin, jdi ngga perlu ditanya lgi deh. Terjemahan penerbit haru emang ngga pernah salah, yaa meskipun yg biasanya diterjemahin oleh mereka adalah novel Korea-Jepang tpi yakin deh novel Mandarin satu ini ngga kalah dri yg laen.
    Dan kovernya jg cakep bgt, lembut bgt dan ada sosok wanita yang terkesan rapuh menggenggam jam pasir, cocok dg penggambaran He Wan yg merasa 'ditinggal'.

    Terima kasih mba Sulis utk kesempatan giveaway-nya.

    BalasHapus
  19. Nama : Ana Anggraini
    Twitter : @ukhty_ana
    Link share : https://twitter.com/Ukhty_ana/status/685642685189767168
    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"
    yuhu kembali meluncur di blognya kk sulis,tetep walaupun gak menang2 GA di blognya kk :D hehe*blm rejeki*
    1. Karena bukunya terbitan penerbit haru yang menyebarkan haru syndromenya itu jadinya selalu mupeng liat buku2 terbitan haru,selalu suka dengan buku2nya haru,cover2nya keren dan lucu dan cerita2nya melekat di hati:)
    2. suka banget dgn covernya yang imut itu,pasti ceritanya juga bagus
    3. suka banget dengan ceritanya yang romantic tapi tetep ada unsur mellownya,ada kesan2 sedihnya itu loh yang bikin tumpah air mata dan pasti gak bisa dilupain
    4. bisa dibaca untuk remaja? nah cocok buat aku yang remaja menuju ke dewasa ini:D
    5. penasaran penasaran penasaran

    BalasHapus
  20. @venadwim

    Alhamdulillah gak ada unsur dewasanya. Karena itu adalah hal yang paling aku takutkan pada novel dewasa.
    Aku pengen baca novel Stolen Years ini karena aku suka dengan konflik yang agak dramatis aka bisa membuat aku sedikit merasa sedih.tapi sepertinya akan benar-benar membuatku terharu kalau kakak bilangnya seperti itu di review. Selain itu, cerita yang seperti teka-teki, menebak-nebak ending cerita yang misterius adalah hal yang ingin ku dapatkan di novel ini. Ya maklum, karena aku pecinta novel dan komik misteri. Walaupun ini bukan novel misteri tapi kalau ada unsur misteriusnya begitu aku jadi ingin memilikinya.
    Semoga jawabanku ini bisa membuatku mendapatkan novel impian ini. :)

    BalasHapus
  21. Nama: Alya Nurfakhira Zahra
    Twitter: Alyanfz
    Link Twitter: https://twitter.com/Alyanfz/status/685697388988608512

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

    Karena saya ingin membuka pintu rahasia yang menyembunyikan alasan mengapa Hye Man mengalami amnesia? Mengapa setelah menikah bersama Xie Yu ia menjadi sosok yang sangat bertolak belakang dengan sifat sebelumnya? Apalagi Kak Sulis mengatakan bahwa konflik dalam buku ini tidak tertebak, membuat saya semakin penasaran dengan rahasia di balik pintu tersebut. Dan terakhir karena cover buku ini yang ciamik sekaligus manis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *He Man, maklum saya susah menghapal nama-nama China

      Hapus
  22. Nama: Arum Okta Sukarta
    Twitter: @okta_s3233pm
    Link : https://twitter.com/Okta_S3233PM/status/685689894115516416

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?


    1.Yang pertama sih mungkin aku udah terjangkit Haru Syndrome makanya candu banget bawaanya pengne baca bukunya Haru mulu

    2. jujur sih aku pengen ngerasain sensasi baca novel terjemahan Mandarin Soalnya novel yang aku baca cuma terjemahan korea sama jepang .Apalagi ini terbitan penerbit haru Makin ngiler deh .

    3.Dari segi novel nya sendiri aku suka sama covernya , untuk cerita nya sendiri menurutku menarik dan bikin siapapun penasaran , apalagi rieview kakak sendiri juga bagus dan kayaknya mimin juga puas udah baca ini novel . Aku percaya sih kalo novel udah direkomendasiin dan direview seperti ini pasti novel nya bagus makanya aku juga ikutan penasaran dengan jalan cerintanya . Kemudian aku juga suka sama quote yang diselipin dan bakalan ada banyak pelajaran dari novel ini , sebenarnya ini yang menurutku penting dari sebuah novel dimana penulis mampu mempengaruhi pembaca dan ada pesan penulis yang tersampaikan ke pembaca .

    4. "Untuk konfliknya sendiri, benar-benar tidak tertebak, ceritanya masih sangat jauh dari yang saya ceritakan di atas, lebih baik dibaca sendiri" dari tulisan ini sih udah baper ya ama novelnya , trus penasaran juga bener gak sih novel ini bisa bikin pembaca nya jadi kecanduan , dan speechles lah intinya

    BalasHapus
  23. Junita Eka Lestari // @junitaaels // https://mobile.twitter.com/junitaaels/status/685688149247430656?p=v


    Aku belum pernah baca novel terjemahan Mandarin, jadi aku sangat tertarik buat baca novel ini. Novel ini diterbitin Penerbit Haru; banyak novel dari Penerbit Haru yang aku suka, sepertinya aku juga bakal suka novel yang satu ini. Covernya juga cantik.
    Aku suka konflik yang ada di dalam novel ini, He Man yang mengalami amnesia ini sangat menarik buat aku, bukan cuma He Man yang pingin tau tentang masa lalunya, tapi aku juga. Entah kenapa, paling suka sama cerita yang tokohnya hilang ingatan kayak gini, menarik gitu, bikin aku penasaran nebak-nebak apa aja yang ada di masa lalu He Man. Yes, aku suka tebak-tebakan HAHA
    Review yang aku baca juga bikin aku makin penasaran sama novel The Stolen Years ini.

    Pingin banget baca hehe

    BalasHapus
  24. Nama : Mega Widyawati
    Akun twitter : @widy4_w

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

    Pertama karena aku menyukai cerita bergenre sedih sampai menguras air mata dan terbuai perasaan saat membacanya. sebab aku yakin sekali, cerita seperti itu, si penulisnya telah berhasil membuat pembaca semakin masuk ke dalam ceritanya.
    Kemudian aku membaca
    di bagian sinopsis yang ini, aku merasakan gimana gitu pada hatiku. seperti bergetar.
    " Ia tidak mengerti mengapa ia bisa bercerai dari Xie Yu padahal mereka saling mencintai. Ia tidak
    mengerti mengapa sahabatnya sekarang malah menjadi musuhnya. Ia tidak mengerti mengapa seakan semua orang membencinya"--Perpaduan antara kebencian dan cinta. Sulit sekali memisahkan benang merah tipis antara keduanya. Dua hal yang sangat mempengaruhi sebuah hubungan--oh!

    Kemudian aku tertarik dengan buku ini juga karena beberapa review yang ditulis kak Sulis. Penulisan reviewnya sangat jelas dan mudah difahami. Ini adalah kata-kata favorite yang ku sukai : "Seberapa besarkah kemampuan manusia untuk dapat menerima suatu kenyataan hidup? Hanya orang yang pernah terluka begitu parahnya yang akan bisa mengerti. Asalkan masih hidup, kita pasti bisa melalui apa pun yang akan terjadi selanjutnya"

    -ketulusan cinta dari Xie Yu-

    Dan..
    Karena Kak sulis juga sangat suka dengan novel ini. Tidak ada salahnya juga aku tertarik juga kan. Memang sepertinya buku ini menarik kok!

    Semoga aku beruntung! dan bisa segera menyiapkan sekotak tisu..cry..cry.....

    BalasHapus
  25. Nama: Sri S.
    twitter: @srificha
    Link share: https://twitter.com/Srificha/status/685825780715147269

    Buku ini sedikitnya mengingatkanku dengan Winter In Tokyo, bedanya Kazuto sebagai tokoh laki-laki yang berusaha mengumpulkan ingatannya kembali untuk bisa bersatu lagi dengan orang yang sebenarnya dicintainya. Buku dengan alur yang twist seperti Stolen Years kelihatannya menarik banget dan itu yang bikin aku pengin banget untuk dapetin buku ini.

    Selain itu karakter Xie Yu seperti apa nantinya setelah bercerai dengan He Man, menjadi misteri untukku, Berharap banget bisa baca buku ini-punya sendiri. ^^

    BalasHapus
  26. Nama : Faiz Istighfara
    Akun twitter : @lisyaann
    Link share : https://twitter.com/lisyaann/status/686038422650142720

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"
    Novel dengan tema pernikahan selalu menarik buat aku. Selain itu kisah Man Hwa yang masih abu-abu, bagaimana bisa dia dibenci sahabatnya sendiri, wich know, sahabat kan harusnya selalu memberi kita support dan selalu menemani kita dalam kondisi apapun. Jadi aku penasaran apa yang terjadi dan kesalahan sebesar apa yang sudah disebabkan Man Hwa. Satu hal lagi, novel bertema pernikahan selalu berguna buat aku. Mungkin saja aku bisa belajar sesuatu dari Stolen Years dan semoga tidak melakukan kesalahan yang sama.

    BalasHapus
  27. Nama : Rima Dwi Andina
    Twitter : @andinarima
    Link share : https://twitter.com/andinarima/status/686039574087249920

    Kenapa aku ingin membaca buku ini?
    - Aku tuh lemah dan suka banget sama cerita yang bernuansa sedih begini, apalagi dengan tokoh yang melupakan (maupun dilupakan) kenangan. Itu kan menyakitkan ya.
    - Enggak munafik deh, aku pengi ngoleksi buku Haru tapi apa daya, dananya selalu nggak ada :D
    - Iya, seperti kebanyakan yang ikut giveaway Haru, pastinya aku juga sudah terjangkit Haru Syndrome, gimana enggak? Wong, cover dan isi buku Haru tuh selalu memuaskan (begitulah kata para reviewer, dan termasuk aku, hihi)

    BalasHapus
  28. Nama : Meilina Istanti
    Akun twitter : @Meic_Chan

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"

    1. Dari sinopsisnya. Aku ingin tau jawaban dari pertanyaan yang ada di sinopsis.
    "Benarkah waktu dapat mengikis perasaan cinta?"
    Aku bener-bener pengin baca buku The Stolen Years untuk segera menemukan jawabannya.
    2. Konflik The Stolen Years sangat menarik, membuat siapa saja ingin membacanya. Termasuk aku, aku banget kak. ^_^
    3. Saya penasaran dengan gaya menulisnya. Seperti yang tertulis di review --> "Saya suka gaya menulisnya, pelan tapi tidak
    bertele-tele, cara menyambung plot cerita dari
    masa lalu kemudian melompat ke masa depan
    dan kembali pelan-pelan ke masa lalu sangat
    mengalir lancar, tidak ada bagian yang terlewat
    alias semua twist terjawab."
    4. Saya suka cerita domestic drama yang menyentuh dan menguras air mata.
    5. Kayaknya Xie Yu sosok suami idaman ya #eh dikasih 4 sayap tuh.
    Ah super pengin baca, wish me luck!

    BalasHapus
  29. Nama: Tri Wahyuni
    Twitter: @tewtri

    Ba Yue Chang, oke saya asing sama penulisnya. Terus masih ingin baca ini? IYA. Karena entah itu penulis baru, lama, luar negeri, atau dia yang berasal dari Jupiter pun bila punya karya luar biasa, tidak pernah akan ada ruginya untuk dibaca. Oke, menurut review dari Kak Sulis alurnya campuran. Yah, dengan plot yang seperti itu wajar saja. Lagipula ini tipe alur favorit saya sih. Sudah begitu tadi saya sempat tergelitik dengan nama tokoh utamanya, Xie Yu saya kira dia yang istrinya loh walau di awal sudah ada keterangannya kalau dia 'suami' tapi entah kenapa di kuping saya nama ini enakan buat cewek. Maafkan saya yang buta akan nama-nama Mandarin. Namun jujur ini jadi point utama yang membuat saya kepingin baca buku ini, biar hal dasar sekelas nama bisa lebih saya pahami. Lalu tema yang di angkat mengenai amnesia di tengah rumah tangga, tentang istri yang lebih dominan, saya kira cukup happening buat bagian yang ini. Di tengah pesetaraan gender, istri-istri yang banyak nuntut hak tapi justru kebablasan dan baru nyesal saat pernikahannya berujung bubar. Saya rasa ini novel bisa kasih sedikit pencerahan terurama buat yang masih single supaya nasibnya bisa di usahakan beda. Buat covernya haru banget, saya tidak bisa nolak kalau soal cover khasnya haru, penuh jiwa dan anak muda sekali. Dari presepsi saya yang ingin baca novel ini empat love lah.

    BalasHapus
  30. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/686124052176482304

    Saya ingin membaca The Stolen Years ini karena tema permasalahaan rumah tangga yang diusung penulis. Bagaimana bisa He Man sebelum dan sesudah menikah menjadi 180 derajat berbeda dan apa yang menyebabkan He Man berubah drastis juga menjadi daya tarik tersendiri untuk saya. Ditambah lagi, diakhir review, kak Sulis memberikan 4 bintang untuk ketulusan cinta Xie Yu. Saya jadi semakin menebak-nebak, jika sebegitu tulusnya cinta Xie Yu yang saya tebak pasti untuk He Man, lalu apa yang meyebabkan mereka bercerai...?? Itu lah alasan saya ingin sekali membaca buku ini. Banyak hal-hal menarik dari buku ini yang bisa saya temukan ditambah lagi ada pelajaran besar tentang mempertahankan sebuah rumah tangga yang coba disampaikan penulis. Semoga berjodoh dengan giveaway dan bukunya... :)

    Terima kasih kak... ^^

    BalasHapus
  31. Alasan pertama, pengen gali lebih dalem, kisah unik apa yg ada di novel ini? Karna penerbit haru aja kasih 5 of 5 stars buat The Stolen Years! Woow!
    Makin pengen baca karna uda liat trailer movie-nya di youtube yg mellow sendu.
    Apalagi baca novelnya, hmmm kayaknya tambah nangis bombay T.T
    Btw, setuju sama kak sulis, kalo cinta bisa luntur oleh waktu jika tidak dijaga dgn baik..bakal expired.
    Tapi pasti cinta juga yg bakal menguak semua misteri di novel ini..
    Bumbu cinta, domestic romance dgn lika liku konfliknya, penyelesaian masalah, hingga karakter tokoh, dan SISI POSITIF APAKAH YANG DIGAMBARKAN PENULIS, yg BISA DIJADIKAN INSPIRASI jika berumah tangga kelak?? semua jadi alasan menarik buku ini wajib dibaca :)

    Nama: esti
    @estiyuliastri

    BalasHapus
  32. Just because I want to read it. Ehehehe. Review dari Kak Sulis juga menarik memaparkannya. Sepertinya seru jika disimak karena pembaca akan diajak bermain tebak-tebakan tentang apa yang terjadi pada He Man di tahun-tahun yang lalu. Lagipula aku sama seperti Kak Sulis yang belum pernah nyobain baca novel terjemahan dari mandarin sebelumnya.

    Cahya
    @chynrm

    BalasHapus
  33. Nama : Desy Aulya
    Twitter : @desyehet

    Saat saya membaca review diatas saya menemukan kalimat ini,
    "Saat kita baru saja menjalin hubungan, rasanya begitu menyegarkan. Kemudian, perlahan mulai timbul bau tidak sedap, tapi tidak tega membuangnya"
    Kalimat ini persis seperti salah satu kenyataan hidup saya 😂 dan kalimat inilah yg membuat saya semakin penasaran dengan kisah dalam novel ini. Saya pikir novel terbitan Haru ini tidak bertele-tele. Tokoh-tokoh didalam novel ini juga sangat menarik untuk didalami lebih jauh. He man yg koma lalu amnesia, begitu sadar dia sudah dalam keadaan bercerai dengan suaminya, Xie Yue. Cerita masa lalu 5 tahun kebelakang benar-benar susah untuk ditebak. Benar-benar membuat saya semakin penasaran.
    Bae Yue Chang, jujur saya asing dengan penulisnya. Dari sekian banyak novel yg saya punya termasuk yg pernah saya pinjam belum pernah saya baca novel terjemahan mandarin. Saya hanya sering membaca novel terjemahan korea dan jepang. Jadi, ini juga yg membuat saya semakin tertarik dan ingin sekali punya buku ini. Semoga keberuntungan berpihak pada saya, amin.

    BalasHapus
  34. Nama : Daisy
    Twitter : @daisy_skys

    "Kenapa kamu ingin membaca The Stolen Years ini?"


    1. Baru membaca reviewnya saja aku jadi terharu . gaya menulisnya, pelan dan aku benar benar ikut terhanyut seakan akan akulah tokoh utama di dalam The Stolen Years .

    2. Aku belum pernah membaca M - Novelnya Haru .Mungkin kalau J - Litenya udah sering apalagi yang K-Novel . Meskipun nggak banyak drama Mandarin yang kutonton tapi drama mandarin juga bunya kisah yang menarik kok . Apalagi dramanya yang ngehits pas aku jaman SD , Meteor Garden yang dibintangi Barbie Shu .Romantis dan penuh dengan cinta .

    3. mengangkat tema domestic drama dan aku suka sekali tema itu . Ceritanya yang penuh air mata dan kalau baca harus siap sedia tisu .

    BalasHapus
  35. Karena aku percaya kalau novel ini akan benar-benar menguras habis air mata. Aku ini tipe pembaca yang melahap habis semua buku romance, apalagi yang sedih-sedih begini. Kalau liat plot ceritanya, rasanya aku pernah menemukan yang seperti itu di film The Vow. Udah nggak diragukan lagi sedihnya seperti apa, melihat orang yang masih kamu cinta udah nggak mencintai kamu. Kalau di film The Vow yang hilang ingatan itu si cewek, dan yang berusaha menggapai lagi itu si cowok. Kalau di Stolen Years tetap cewek yang hilang ingatan namun dia juga yang berjuang untuk memulai semuanya lagi dari awal. Aku tentu sebagai perempuan akan lebih mudah 'ngena' ke cerita yang ceweknya itu semacam peran utamanya kayak gini. Penyesalan He Man, usaha He Man, kesedihan He Man tentu akan lebih terasa bagiku.

    Satu lagi, disini He Man dideskripsikan sebagai seseorang yang keras, angkuh, sangat disiplin, selalu ingin mendapatkan apa yang dia mau, sangat feminis. Bahkan si suami sampai merasa kalah dengan dia. Banyak sekali hal yang bercokol di kepalaku, apakah keinginan perempuan yang ingin menyamai posisi laki-laki itu salah? Apakah perempuan harus lebih inferior dari laki-laki dan kodratnya hanya mengurus keluarga supaya semua baik-baik saja? Apa lelaki begitu tinggi gengsinya untuk berada dibawah perempuan khususnya dalam segi finansial? Apa laki-laki harus selalu merasa dibutuhkan oleh perempuan? Apa jika perempuan mencoba lebih hebat dari laki-laki akan menjadi awal dari hancurnya suatu hubungan? Kenapa??? Aku mau mencari jawaban atas hal itu yang sudah sedikit aku dapatkan dari novel lain, yang mungkin akan aku temukan (lagi) di novel ini secara keseluruhan. Semoga pertanyaanku itu bisa terjawab. ^^

    Lala
    @fazidaa_

    BalasHapus
  36. Nama : Ratih Mulyati
    Twitter : @Jju_naa

    Yang pasti karena aku suka cerita mellow, bisa buat nangis -minimal mata jadi berair- dan menyentuh hati pembaca. Meski terkesan aneh bahkan sadis, tapi aku lebih suka cerita yg tokoh utamanya itu menderita/susah/mengalami tekanan, dll. Karena aku jadi lebih mudah memainkan emosi bahkan tanpa sadar terbawa jadi si tokoh itu sendiri. Aku belum pernah baca M-Novel-rata2 yg ku baca itu terjemahan Korea/Jepang- karena aku lebih tertarik ke drama/filmnya yg sering bikin mewek :'( .

    Aku tertarik dengan novel ini, menurut aku ini paket komplit semua yg aku suka ada di dlmny, mulai ttg pernikahan, amnesia (meski sinetron garis keras, tapi melihat keadaan He Man yg cuma inget kalau dia cinta sama suaminya - Xie Yue- tapi mereka udah cerai dan suaminya udah punya pacar. Dan keadaan memaksa ia untuk tinggal bersama mantan suaminya. Itu udah sesek banget kak), ga ada unsur dewasanya :D ,rasa bingung, mungkin juga penyesalan, bahkan pengorbanan. Dan yang paling penting, aku sangat tertarik karena novel ini menceritakan ttg 'Cinta yang bisa kadaluwarsa' masa sih? apabenar yg kadaluwarsa itu si perasaan cinta? Xie Yue? He Man? apakah cinta mereka benar-benar kadaluwarsa? lalu, knp sahabat He Man sgt membencinya? semuanya, review-an kakak itu bukan seluruh isi The Stolen Years kan? itu aja udah nyess, apalagi keseluruhan.
    Pokoknya M-Novel ini, selera aku banget. Kalo kakak sampai meneteskan air mata, aku mungkin bisa sampe sesegukan :D. Love-lah, sama The Stolen Years! Salam nyesek.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...