Selasa, 19 Januari 2016

Last Journey by Kezia Evi Wiadji | Blog Tour, Book Review, Giveaway

Last Journey
Penulis: Kezia Evi Wiadji
Editor: Cicilia Prima
Ilustrator: Mico Prasetya
Desainer cover: Jang San & Ivana PD
Penerbit: Grasindo
ISBN: 9786023752652
Cetakan pertama, November 2015
120 halaman
Buntelan dari @KeziaEviWiadji
Jika sehari terdiri dari 24 jam atau 1.440 menit atau 86.400 detik. Setidaknya, aku telah bernapas di muka bumi ini selama 528 jam atau 31.680 menit atau 1.900.800 detik.

Luar biasa bukan.

Namun, pertanyaan yang muncul di benakku sejak satu bulan yang lalu adalah: berapa lama lagi jam biologisku akan berdetak mengikuti detik jam yang ada?

By the way, namaku Erika Natalia. Aku mahasiswi tingkat akhir Jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia. Aku penderita leukimia kronis. Bisa jadi, Korea Selatan adalah perjalanan terakhirku!
Erika Natalia adalah mahasiswi tingkat akhir jurusan Hubungan Internasional di Universitas Indonesia, dia adalah penderita leukimia kronis. Mulanya dia merasa marah, bertanya-tanya kenapa dia harus mengalami semua ini, dia anak tunggal, satu-satunya harapan orang tuanya. Garis hidup tidak bisa diubah, Erika mencoba tegar dan berpikir positif, dia pun melakukan travelling ke Korea Selatan untuk melepas penat, menemukan semua jawaban, sebuah perjalanan yang mungkin saja menjadi kali terakhir dalam hidupnya.

Erika mengikuti perjalanan yang sudah direncanakan oleh Joy Tour and Travel, selama delapan hari enam malam, mulai dari Jeju Island sampai Seoul, dia akan menikmati keindahan negeri gingseng tersebut. Tidak ada yang Erika kenal dari semua peserta tour, dia benar-benar ingin menjadi orang asing, menikmati kesendirian. Namun, sejak awal sebelum keberangkatan, ada peserta lain bernama Theo yang sering sekali mengganggu Erika, dia seperti tidak mau lepas darinya, bahkan tidak jarang mereka dianggap pasangan yang sedang berlibur bersama.

Awalnya memang mengganggu, tapi lama kelamaan Theo menjadi sosok yang bisa membuatnya tertawa lagi, membuat Erika melupakan sejenak akan permasalahan hidupnya, Theo membawa harapan baru bagi Erika.
Hidup itu tak lepas dari waktu, kurasa. Dan waktu berhubungan erat dengan alat bernama jam. Itu menjawab, mengapa orang-orang memasang jam di dinding rumah atau kantor mereka. Atau meletakkan jam beker di atas meja. Juga memakainya melingkari lengan. Bisa jadi, karena bagi sebagaian besar orang, detik di jarum jam adalah pengendali hidup.
Membaca Last Journey ini serasa kita akan di bawa ke Korea Selatan dan menikmati keindahannya secara langsung, sangat realistis. Bahkan menurut saya buku ini seperti panduan kalau kita akan berwisata di sana, ada informasi yang cukup lengkap, mulai dari apa saja yang perlu di bawa sampai tempat-tempat yang akan dikunjungi. Misalkan saja mengunjungi Jeju Island, objek wisata yang menarik di pulau Bali-nya Koirea Selatan tersebut adalah Dragon Head Rock dan Mysterious Road. Ada juga Seongan Sunrise Peak yang terbentuk dari gunung berapi di dasar laut yang meletus pada 100.000 tahun yang lalu, kemudian ada Teddy Bear Museum yang sangat terkenal di Jeju. Bagian yang paling saya suka adalah di Teddy Bear Museum ini, beneran pengen ke sana dan melihat langsung deh, huhuhu.

Untuk ceritanya sendiri sebenarnya tidak ada yang baru, buku ini lebih berpesan bahwa apa pun vonis buruk yang telah kita dapatkan, itu bukan berarti akhir dari segalanya, masih ada waktu untuk membenahi atau mencapai kebahagiaan, hal itulah yang dilakukan Erika. Karakter para tokohnya juga cukup menyenangkan, Erika sendiri mengalami perkembangan yang baik dalam prosesnya, yang awalnya pesimis lama kelamaan dia mulai optimis, sedangkan Theo sendiri adalah tipikal tokoh yang mudah dicintai, dia gampang beradaptasi dengan lingkungan maupun orang, mudah dekat dengan siapa saja.

Buku ini recommended sekali bagi yang menyukai Korea Selatan atau yang ingin merasakan jalan-jalan ke sana, nyicil baca lewat ini buku aja dulu, cukup informatif kok tentang objek wisata di sana :D

3 sayap untuk Teddy Bear, jadi keinget serial Princess Hours :D.

Blog tour & Giveaway!


Bagi satu pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia, berkesempatan mendapatkan buku + gantungan kunci Last Journey by Kezia Evi Wiadji, caranya:
1. Follow Kubikel Romance via GFC, G+ atau bloglovin.
2. Follow akun twitter @keziaeviwiadji dan @peri_hutan
3. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya, boleh mention dua akun di atas dan jangan lepa pakai hastag #LastJourney ya.
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar di bawah dengan menyertakan akun twitter kalian, "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

Sudah itu saja, gampang kan? Giveaway berlangsung sampai tanggal 24 Januari 2016, pengumuman pemenang akan saya posting di sini juga paling lambat dua hari setelah deadline. Yuk ikutan :D

*Update*

Haiiii, saatnya pengumuman, sebelumnya terimakasih pada semua yang udah ikutan, kalau belum beruntung jangan menyerah, masih banyak giveaway yang menanti di Kubikel Romance.

@rinicipta

Selamat ya, saya nanti akan menghubungi untuk konfirmasi pengiriman hadiahlangsung dai penulisnya. :D
 

33 komentar:

  1. "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    Jawab : cowok-cowoknya dong, boyband dan aktor'nya udah harus dan wajib aku suka, haha...
    Yang lain mungkin aku suka budaya mereka, yang masih melestarikan kebudayaan mereka lewat drama dan promosi2 wisata. Pemerintahannya benar-benar peduli dengan kearifan lokal negara mereka. Sama seperti India mungkin yg masih melakukan ritual atau budaya mereka di dalam film-film mereka, seperti baju atau tarian, make up dan parhiasan sampai ke adat pernikahan, nah korea selatan ini juga selalu memasukkan unsur2 budaya mereka di setiap drama mereka mau itu drama semodern apa pun pasti ada hanbok muncul, juga makanan2 dan bangunan2 bersejarah mereka. Aku suka negara-negara khas seperti itu memperkenalkan budaya mereka dg banyak cara.

    Twitter : @EmmaNoer22

    BalasHapus
  2. "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    well,selain orang Korea ganteng dan cantik dan terkenal dengan bedah plastik. saya sebagai penggemar hal-hal yang berbau Korea, saya menyukai attitude mereka. setahu saya selama saya mengagumi negara ini terdapat beberapa peraturan yang unik. misalnya aturan membuang sampah (jika membuang sampah sembarangan akan di kenakan denda 1 juta won),aturan penggunaan internet (mereka harus memiliki identitas asli).aturan merokok ( di dalam drakor yang sering saya tonton,anak sekolah tidak di ijinkan membeli rokok. beda sekali dengan di sini *ups), peraturan 3 anak cukup, aturan berpakaian di Tv,aturan kendaraan,aturan pengendara mabuk dan Wamil (wajib militer).saya suka sifat orang korea yang satu ini. mereka paling dominan rasa nasionalismenya. hukuman bagi orang yang tidak melaksanakan wamil akan di hukum dan mendapatkan kesulitan untuk menjalankan kehidupan bermasyarakat dan karirnya di Korsel.lama wamil 2 tahun bagi pria yang sudah genap 20 tahun namun bagi mereka yang di bebaskan dari Wamil, mereka harus bekerja di instansi pemerintah.dan ini adalah negara impian ke 2 saya setelah Jepang :D

    Twitter : @diyan402

    BalasHapus
  3. Yang saya suka dari Korea Selatan, emm, banyak! xixixi. Baiklah, mari kita urai satu prsatu :D
    Pertama jatuh cinta dengan Korea Selatan melalui drama korea, atau biasa disingkat DraKor. Drakor yang pertama saya tonton adalah Brilliant Legacy. Awalnya saya kira hanya seputar kaya dan miskin, tapi ternyata permasalahan yang pelik. Hebatnya, diceritakan tanpa bertele-tele. Satu episode, sarat konflik juga kejadian-kejadian. Bandingkan dengan sinetron lokal yang per episodenya yang rata-rata berdurasi 1 jam tapi isi ceritanya diulang-ulang, dilambat-lambatin, didramatiskan, dihiperbolakan.Hehe. Setelah itu mulai deh, penasaran dengan draKor yang lain. Asyiknya drama korea, episodenya gak panjang layaknya sinetron *lagi-lagi sinetron ^-^. Ada sih, yang sampai 100an episode, tapi memang rencana awal akan dibuat 100an episode. Bukan aslinya 30 episode,eh masyarakat suka langsung dibikin skenario dadakan, biarpun maksa, it's okay, yang penting larisss. Nah, dalam drakor juga banyak pengetahuan yang bisa diambil. Misalnya, drakor tentang dunia kedokteran, maka dibahaslah seluk-beluknya dengan detail plus bumbu-bumbu romance yang bisa 'kawin' dengan total isi cerita. Jadi si dokter nggak hanya pakai jas putih dan setting di RS.hehe..

    Nah, berawal dari drakor yang juga menunjukan gambar-gambar keren di Korea Selatan, jadinya penasaran donk sama Pulau Jeju, Kampung Perancis, Jinan dan masih banyak lagi. Pengen banget donkkk,halan-halan ke Korea Selatan :)

    Masih, gara-gara drakor. Penasaran eh, kok aktor ini nggak nongol-nongol? Ternyata mereka lagi wajib militer. Keren ih pemerintahnya. Tidak pandang bulu, rules is a rules! Jadinya, kebiasaan masyarakatnya pun terbentuk yang lama-lama jadi karakteristik mereka. Disiplin dan patuh pada peraturan. Asyik..

    Lagi-lagi gara-gara drakor. Ini gara-gara nonton The Great Queen Seon Deok dan Dong Yi. Saya jadi penasaran sama hanbok dan hangeul..

    Tapi lebih dari itu, jadinya ingin lebih mengekplorasi budaya indonesia, jadi punya impian nonton sinetron yang singkat padat jelas, jadi menyadari bahwa sebenarnya indonesia itu indaaahhhh bangettt. Syukurlah, belakangan ini wisata indonesia mulai dipublikasikan dan disiarkan. Semoga bangsa kita juga bisa mendunia dengan jati diri khas Indonesia, sama seperti Korea Selatan :)

    @vinamaria_A

    BalasHapus
  4. "Apa yang kamu
    sukai dari Korea Selatan?"

    pertama, jelas naluri seorang wanita itu menyukai pria yang berwajah tampan, dan korea adalah salah satu gudangnya pria tampan hehe.
    kedua, drama koreanya yang selalu membuat pecinta film terkesan, apalagi Korea selalu menghadirkan keindahan negaranya dalam serial dramanya.
    ketiga, Orang korea lebih cinta produk dalam
    negeri dan jarang membeli produk luar
    negeri. karena pada kenyataanya banyak orang Indonesia yang lebih menyukai produk luar negeri dan itu sangat menyedihkan:(
    dan keempat, tempat wisatanya keren-keren juga meski lebih keren Indonesia hehe.

    @ulfaminha

    BalasHapus
  5. @noeranggadila

    Awal suka sesuatu berbau Korea Selatan itu pas awal tahun 2015, yup baru banget! Awalnya ada serial drama baru yang lagi booming di kelas dan aku ikutan penasaran karena rasanya selalu diibahas, jadi aku ikutan nonton drama itu, alhasil aku langsung merubah mindsetku tentang Korea selatan, karena awalnya aku anti banget sama korean wave, tapi ternyata pada akhirnya aku suka drama mereka, beberapa lagu mereka, aktor/aktrisnya. lambat laun hatiku luluh. Dan lama kelamaan aku salut banget sama drama mereka, pinter banget prosmosi barang dalam negeri lewat drama, ada aja idenya buat menghasilkan drama dan selalu booming, tempat-tempat wisata dan gedung-gedung bertingkatnya, aku juga salu banget sama perekonomian Korea Selatan, sangat berkembang! Walaupun ada beberapa hal yang aku gak suka dari Korea Selatan, tapi semua hal pasti ada baik buruknya toh :) oh ya satu lagi, aku suka banget sama kuliner Korea Selatan, meskipun jarang ada yg halal, tapi lihat aja boleh kan, hehe. jajanan jalanannnya itu loh yang bikin kepikiran >< apalagi bungeoppang.

    BalasHapus
  6. Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?

    Well, jawaban yang langsung terlintas adalah hanbok, kimbap dan Big Bang haha...
    Kalo di Jepang ada Kimono, nah di Korsel ini punya Hanbok pakaian tradisional yang menurutku anggun dan sopan. Gak tau deh, kalo nonton drakor pasti aku selalu suka scene cewek pake hanbok. Kayak ada manis-manisnya (kemakan iklan). Nah, kalo Kimbap tentu aja karena aku food lovers. Makanan ini kayak Sushi, paket lengkap. Nasi dan sayur dalam sekali gigit. Kebetulan aku suka sayur. Tinggal Lep...
    Big Bang! Wew...ini salah satu boyband yang aku suka diantara taburan boyband entertaimen Kpop. Menurutku, Big Bang ini gak cuma sekedar jual tampang, tarian, dan juga ehem...suara pas-pasan (kebanyakan boy and girl band gitu) tapi karya mereka emang bagus. Dan udah diakui juga di kancah musik dunia. Pernah dapat penghargaan MTV juga kalo gak salah.

    Well, sebenernya banyak sih yang aku sukai lagi. Tapi entah kenapa ketiga hal itulah yang cucok di hati. Hehe...

    Terima kasih.

    @Kimol12

    BalasHapus
  7. "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    Karena belum pernah ke Korea Selatan, jadi belum tahu apa saja yang menarik dari negeri itu hehe. Tapi dari semua drama korea yang pernah ditonton, yang disuka dari Korea Selatan itu drama korea yang berkisah tentang kerajaan, salah satunya drama Jewel in the Palace, dari drama itu bisa tahu budaya korea, makanan, sampai cowok dan ceweknya yang bening-bening. :D

    @nunaalia

    BalasHapus
  8. Yang aku suka dari negara Korea yaitu tempat-tempat wisatanya. Banyak banget wisata alam, wisata kota maupun kuliner. Contohnya wisata ke Namsan Tower yang selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun internasional. Bahkan ada juga wisata ke perusahaan-perusahaan artis terkenal, yang tidak ada di Indonesia. Selain tempat wisata, ada juga wisata kuliner yang unik dan ekstrim, seperti beondaegi (kepompong ulat sutra)dan gaebul (cacing laut yang dimakan mentah). Dan wisata fashion yang membuat negara Korea selatan menjadi terkenal. Style dan selera fashion mereka bahkan membuat negara ini menjadi negara ke 2 fashion selain Paris.

    @tasyaamanda95
    Terima kasih mbak Sulis untuk kesempatan GA nya

    BalasHapus
  9. Meskipun nggak maniak sama K-Pop, tapi aku juga gak buta banget sih sama Korea Selatan hehee..
    Karena dasarnya butuh piknik, ya aku berharap suatu saat nanti bisa berkunjung ke tempat wisata di Korea Selatan, mereka punya tempat bersejarah dan wisata alam paling nggak harus ke Nami Island laah. Sumpah, itu tempat romantis dan menyejukkan banget!
    Aku juga suka nyobain beberapa kuliner ala Korea yang menjamur di Indonesia kayak bingsoo, kimbab,ramen dll.. alangkah bahagianya kalau lidah ini juga dimanjakan langsung dengan citarasa asli di negaranya.
    Gak memungkiri juga public figure di Korea cantik dan ganteng, memiliki kualitas terutama musiknya. Semoga aja industri entertainment Indonesia bisa mencontoh dunia entertainment Korea yg berkembang pesat dan mendunia :)

    @rinicipta

    BalasHapus
  10. Hal yang aku sukai dari Korea Selatan:
    a. Hari kemerdekaannya, 15 Agustus! Cuma beda 2 hari sama Indonesia :D
    b. Hanboknya, desainnya unik dan cantik! :)
    c. Drama Korea, berkat Endless Love & Full house jadi suka drama korea yang lain :)
    d. Reality Show seperti We Got Married, Running Man & Superman Returns :D
    e. Alfabet Hangeul! Lucu bentuknya! :D
    f. Taekwondo, atlet beladiri ini keren banget kelihatannya :D
    g. Samsung! Thanks to samsung, sekarang HP Android jadi ngetrend!
    h. Artis-artisnya yang ramah, cantik dan cakep :)
    i. Manhwa dan Comic Webtoon!
    j. Kimbab! Rasanya enak :9
    dan masih banyak lagi (^0^)/

    akun twitter: @hanabilqisthi

    BalasHapus
  11. Akun Twitter: @widy4_w

    "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    Bagi penggemar K-POP seperti aku, yang paling ku sukai dari korea selatan, ya pastilah girlband and boyband-nya (apalagi aku penggemar beratnya snsd selama 5 tahun dan yang baru-baru ini telah menambahkan grup EXO jadi favorite-ku juga, sebab teman bangku sebelahku selalu berkoar-koar mengatakan EXO ginilah-gitulah--kan aku jadi kerularan--hehe) Dan alasan aku menyukai mereka, karena kecantikan/kegantengnya, keramahan serta mereka itu baik hati dan tidak sombong, memiliki talenta yang super-power-penuh-elektrik.

    Walaupun begitu, aku juga menyukai korea selatan jika dilihat dari kacamata-ku, korea selatan itu orangnya ramah, sopan, santun, itu yang membuatku terpesona dan kagum dibuatnya. Setiap :
    -temu
    -sapa
    -kenalan
    -salam
    mereka (orang korea selatan) selalu membungkukkan badan dan mengucapkan "Annyeonghaseyo" (adalah kata yang paling ku sukai dari semua kata yang ada dalam bahasa korea).

    Setelah beberapa hal favorit diatas, ada sebuah tempat yang paling ingin sesekali diriku melangkahkan kaki-ku disana. Tempat itu dinamakan 'Namsan Tower', tempat paling romantis kedua diseluruh dunia, kurasa begitu...(setelah ku tetapkan paris menjadi yang 'Number One').

    Bila tuhan berkehendak, bolehkah hamba suatu masa melangkahkan kaki di negri gingseng? Amin ya Allah.

    I think Seoul, So, Cute place ^_^

    BalasHapus
  12. akun twitter : @MukhammadMaimun

    "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    1). Ceweknya cantik-cantik (sayang kebanyakan bedah plastik)
    2). Dramanya romantis-romantis abis. (meski kebanyakan cerita intinya hampir sama. Cowo keren, tajir, terkenal, cakep jatuh cinta sama bawahannya/orang biasa)
    3). Filmnya fresh dan beda serta banyak yang menggugah. (it's true)
    4). Masih mertahanin budayanya. (kayak Jepang aja)

    BalasHapus
  13. Yang ku suka dari Korea Selatan itu;
    Pertama, tempat wisata. Banyak tempat wisata yang minta banget diliat dan didatengin.
    Kedua, hanbok. Ini suka banget, waktu itu lihat langsung, bawaannya pingin pake .-.
    Ketiga, wajib militer. Menurutku ini bagus banget, untuk menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme. Iya, gitu.
    Keempat, samsung. Sebagai pengguna samsung, tentu aja aku suka. ((Samsung setia menemani hari-hariku HAHA))
    Kelima, drama korea. Yes, ofc. Drama Korea ini selalu menggugah.
    Terakhir, yang ku suka dari Korea Selatan adalah.. Ryeowook! Yeah, ngga jauh dari cowok, cowok Korea emang ganteng--eh, Ryeowook itu cute sih menurutku, tapi cuma suka aja sih, gak lebih. Huehue.


    Twitter: @junitaaels

    BalasHapus
  14. Twitter: @womomfey
    GFC: Kitty Wibisono
    Link Share: https://twitter.com/WoMomFey/status/689924987398926336

    "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    Jawaban:

    Sebenarnya ada banyak yal yang membuatku Korea Selatan, namun kurang lebih ini yang utamanya:

    1. Optimisme Pemerintah dan Masyarakat Korea Selatan
    Dunia tahu bagaimana Korea Selatan mengalami kehancuran yang luar biasa sepeninggal PDII dan Perang Saudara dengan Korea Utara. Namun hal ini tak menyurutkan semangat dan optimisme pemerintah Korea Selatan dalam membangun kembali negara tersebut. Pembangunan besar-besaran dilakukan, tidak hanya pembangunan fisik namun juga pembangunan non-fisik. Salah satunya adalah dengan mengirimkan banyak sekali mahasiswa Korea Selatan untuk mengenyam pendidikan tingkat tinggi di berbagai universitas ternama di berbagai belahan dunia. Setelah itu mereka ditarik kembali ke negaranya untuk kemudian bahu-membahu membangun Korea Selatan.

    2. Budaya, Bahasa & Pariwisata Korea Selatan
    Siapa yang tidak mengenal hanbok? Pakaian adat Korea Selatan ini adalah salah satu daya tarik budaya negara ginseng ini. Budaya sopan-santun dalam memberi salam juga sangat diterapkan dengan baik di negara ini, seperti halnya Jepang.
    Kemudian dari segi Bahasa pun kita dapat menilai bahwa masyarakat Korea Selatan begitu menghargai senioritas (dari segi usia) karena tatanan bahasanya memiliki tingkatan Bahasa sopan untuk yang dituakan dan juga Bahasa formal dan informal.
    Dari segi pariwisata kita dapat melihat bagaimana pemerintah begitu mendukung kemajuan pariwisata Korea Selatan dengan promosi yang sangat gencar, salah satu diantaranya adalah dengan mengijinkan drama dan film dibuat di tempat-tempat yang dianggap mampu menyedot perhatian wisatawan dunia! Sebut saja Pulau Jeju, Lotte World, Changdeokgung (Istana Changdeok). Dan yang tidak kalah ngetrendnya saat ini adalah pariwisata beautica yang sangat diminati para entertainer dan kalangan sosialita dunia: keunggulan operasi plastic di Korea Selatan!

    3. Kemajuan Teknologi Korea Selatan
    Saat ini, siapa yang masih ragu dengan Samsung maupun LG?
    Benar sekali! Dua raksasa teknologi ini merupakan punggawa terkemuka perangkat telekomunikasi dunia. Dua produsen kelas atas dunia ini malah berdiri di sebuah negara yang sempat hancur-lebur dan hampir hilang dari peta dunia. Inilah sebuah perubahan besar dari negara ini. Samsung dan LG tidak hanya produsen alat telekomunikasi semata, keduanya juga memproduksi peralatan rumah tangga seperti kulkas, televisi pintar sampai chipkomputer/notebook.
    Teknologi Korea Selatan selalu memukau untuk dibahas. Karena dengan teknologi, negara yang minim sumber daya alam bisa berkembang dengan pesat. Kerja keras pemerintah Korea Selatan dengan mendatangkan pakar ahli di bidang teknologi dari Jepang berbuah hasil. Tidak main-main. Hasil yang spektakuler. Korea Selatan melesat cepat dalam bidang teknologi.

    4. Hiburan (Entertainment)
    Bagian terakhir ini cukup mencuri perhatian dunia. Siapa yang tidak kenal Super Junior, Girls Generation, EXO, miss A, Kim Soo Hyun, Rain, Song Hye Gyo, Gong Hye Jin, Joo In Sung dan sederetan nama lain yang mengubah paradigma mengenai dunia hiburan Asia yang melempem. Industri hiburan Korea Selatan mengubah semua anggapan mengenai ini dengan lahirnya bintang-bintang yang populer di dunia.

    Satu kelebihan pelakon seni dari Korea Selatan, mereka tidak menggunakan nama dalam Bahasa Inggris. Para penyanyi, aktor dan artis ini tetap menggunakan nama dalam bahasa hangul walaupun sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Dunia hiburan Korea Selatan masih sangat diminati dan terus dielu-elukan oleh penggemar karena beragam ide menarik dari sebuah drama maupun aransemen lagu yang memukau.

    Belum lagi industri komik (manhwa) dan animasi Korea Selatan saat ini juga mulai mengejar ketenaran manga dan anime Jepang. Sebuah industri kreatif yang sudah tidak dapat dipandang sebelah mata.

    BalasHapus
  15. Nama: Fiska Fadila
    Twitter: @fiskafadila
    Yang aku sukain dari Korea selatan:
    1. Drama Korea. Aku suka banget nonton drama Korea,dari mulai genre romantis, horror, school, sampe detektif atau polisi gitu. Dari ceritanya, pemerannya, latar tempatnya, cara penyampaian bahasanya, itu semua kayak magnet yang bikin aku nonton lagi nonton lagi.

    2. Boyband dan girlband Korea. Awal aku twu Korea selatan itu dari boyband dan girlbandnya pas kelas 7 smp. Aku suka banget 2NE1, super junior, dan girls generation. Dari situ aku jadi kayak k-popers gitu.

    BalasHapus
  16. Apa yang saya suka dari Korea Selatan?
    Sepertinya akibat syndrom Korean wave, tidak satu pun orang khususnya anak muda yang tidak kenal Korea. Maka, ketika saya ditanya seperti itu, jawaban pertama yang terlintas adalah cara mereka mencintai produk dalam negerinya. Sebut saja publik figure asli produk Korsel, mereka begitu di elukan di negerinya sendiri. Kemudian operasi plastik, mereka tentunya lebih suka melakukannya di dalam negeri. Lalu, bahkan makanan, kosmetik, ataupun gedget, mereka tau bagaimana caranya 'menghargai tanah air' dengan baik. Selain itu, saya juga suka cara mereka 'menyayangi negaranya' Korea dari zaman nenek moyangnya hingga periode sekarang terasa masih kental. Cerita-cerita soal sejarah terus hidup secara turun-temurun. Itu membuat mereka tidak pernah mati. Nasionalisme dan sifat 'tidak mudah terprovokasi'-nya saya kagum sekali.

    Twitter : @tewtri

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Musiknya. Mungkin saya juga terpikat pada drama-dramanya yang khas, tapi saya lebih cenderung menyukai lagu-lagu dari Korea Selatan. Bukan karena penyanyinya boyband atau cowo ganteng yang juga aktor drama, saya bahkan tidak peduli siapa yang menyanyi. Asalkan saya tertarik pada lagu dan karakteristik suara penyanyinya, saya tidak peduli dari managemen atau skandal apa yang sedang menerpanya. Mungkin lebih tepat jika saya katakan saya juga menyukai bahasa bangsa mereka. Bahasa Korea Selatan terdengar sangat cocok dinyanyikan dengan berbagai macam genre yang membuatnya semakin terkenal.

    Akun twitter: @cha_ichie

    BalasHapus
  19. Pertama kali jatuh cinta sama Korea Selatan itu tahun 2007 pas nonton drama korea di Indosiar. Suka banget sama drama korea. Dari drama korea bisa lihat keindahan alam dan tata kota KorSel yang 'like in a dreamland' itu. Cantik banget Korea apalagi pulau Jejunya yang suka nongol di DraKor. Selain Dramanya aku mulai suka Korea gara-gara musik dan BoyBandnya. Semua yang suka Korea pasti ngerasain yang aku alamin. Drama dan Boyband bikin tertarik untuk menyukai Korea.
    Tapi sekarang nggak cuma Drakor dan Boyband aja yang bikin aku nggak bisa berhenti buat suka Korea, ada Running Man. Iya, aku suka banget Running Man dan ngikutin episode barunya tiap minggu. Variety Show Korea satu ini bikin ketawa guling-gulingan, lucu banget. Bahkan Running Man korea ini dibuat versi Indonesia (Mission X) dan versi China (Running Man China). Variety Show yang satu ini tenar banget. Mereka juga pernah ngunjungin Indonesia. Main bola sama tim sepak bola Indonesia dan bikin games di taman safari. Pokoknya suka banget Korea karena drama, boyband, dan Running Man. ^^

    Evita | @evitta_mf | https://twitter.com/evitta_mf/status/690604508989161473

    BalasHapus
  20. Dramanya! aku dibuaat jatuh cinta dengan Korea pertama kali oleh drama, kalo tidak salah waktu itu diputar di stasiun tv (bahkan tetanggaku ikut nonton bareng), walaupun 4 tahun yang lalu artis-artisnya masih berleher hitam berwajah putih, ehm, tapi dari segi cerita, akting, dan pengambilan gambar memikat hati. AKu suka drakor karena aktor-aktrisnya menunjang drama, penampilan mereka yang good-looking, nelum lagi senyuman yang bikin mimisan. Soundtracknya juga aku suka, malah aku lebih suka lagu-lagu yang dijadiin ost ketimbang lagu Korea yang lain. Selain drama, aku juga menyukai wisata Korea, meski belum pernah ke sana, aku sudah dapat gambarannya dari film dan novel berlatar Korea, menurutku budaya mereka itu menarik, dan tempat pariwisatanya juga dijaga dengan baik sehingga, nggak heran Korea banyak diminati.

    @Ipinkaramel

    BalasHapus
  21. "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"
    1. dramanya. ceritanya seru dan bikin penasaran banget. dibela2in begadang kalo nonton drakor mah hahaha.
    2. lagu2 korea juga enak, bikin goyang kalo lagunya nge-beat. kalo lagu balad bikin trenyuuuuh banget kalo denger, bawaannya jadi baper :p
    3. reality shownya kayak running man. kadang gak ngerti kenapa ketawa tiap nonton ini. ya tapi emang lucu sih xDD

    @dust_pain

    BalasHapus
  22. "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"
    Aku gak pernah ke korea selatan, tapi karna aku suka nonton serial drama korea sedikit banyaknya aku bisa gambarkan, aku suka masa joseon mereka, aku suka 4 musimnya, aku suka stylenya, aku suka drama2nya betapapun sering membuatku kesal karna tak jarang endingnya kurang memuaskan tp tak apa, oh iya aku suka budaya mereka... Daebak....

    @riski_octa

    BalasHapus
  23. @chynrm

    Selain karena hallyu wave dan ramainya K-drama yang membuat aku suka dengan Korea, berikut ini alasan-alasan lainnya yang bisa aku jabarkan:

    1. Orang-orangnya totalitas dalam melakukan berbagai hal. Misalnya saja untuk belajar menghadapi kelulusan sekolah dan tes masuk universitas. Mereka belajar mati-matian sampai nggak pulang ke rumah. Bahkan ada yang minta bantuan teman untuk mengikatkan dirinya di kursi supaya nggak bisa ke mana-mana dan terus belajar. Cuma pas mau ke WC baru dilepasin.

    2. Hormat pada tetua dan senior. Mereka punya sebutan-sebutan tertentu sebagai penghormatan kepada tetua atau senior dalam berbagai bidang. Respek terhadap orang lain cukup tinggi. Misal dalam pekerjaan, mereka akan bilang 수고하세요 수고하세요 (sugohaseyo) atau 수고하셨습니다 (sugohasyeosseumnida) artinya "anda telah bekerja keras" yang diucapkan hampir kepada tiap orang di situ sambil membungkukkan badan 90°.

    3. Mereka sangat menghargai budaya. Terbukti dengan tak putusnya produksi drama kolosal yang dikemas dengan apik dan tema-tema menarik tentang jaman kerajaan Joseon. Mulai dari cinta, keluarga, politik, fantasi, dan lain-lain. Hal ini dijadikan salah satu jalan untuk memperkenalkan budaya Korea kepada seluruh dunia melalui drama serinya.

    4. Dari drama seri dan film yang sudah aku tonton, yang bikin aku salut adalah drama tersebut memberi contoh baik kepada penonton dalam hal aturan dan kebiasaan. Misalnya, kita nggak bakal nemuin scene di mana mereka naik mobil tanpa pakai seatbelt atau nyetir sambil teleponan yang hapenya dipegang dengan satu tangan. Mereka selalu pakai headset. Ini supaya penonton bisa meniru untuk meminimalisir kecelakaan di jalan karena teleponnya dipegang. Beda banget kan dengan di Indonesia.

    5. Makanannya! Sama seperti Indonesia, Korea juga pecinta pedas. Soalnya aku juga suka pedas sih ehehe. Banyak makanan mereka yang bercitarasa pedas, bahkan mereka memproduksi ramyun terpedas dengan merk 불닭볶음면 (buldakbokkeummyeon). Aku juga suka beli ramyun instan pedas produksi Korea seperti Paldo ramyun dan Shin ramyun. Bahan-bahan yang mereka pakai pun rata-rata rempah alami dan sehat. Kalau aku paling ngiler tiap lihat 삼계탕 (samgyetang) alias sup ayam gingseng. Satu ayam utuh (kecuali kepala dan leher) disajikan dalam satu mangkuk untuk satu orang. Baaaah! :9

    BalasHapus
  24. Selain K-Drama dan K-Pop nya, yang paling saya sukai dari Korea Selatan adalah kultur budayanya. Dari yang saya lihat terutama dari drama-drama yang saya tonton, warga Korea Selatan ini sangat menghargai budayanya. Tata krama dan sopan santun juga benar-benar masih melekat dengan baik disana bahkan untuk anak muda nya sekalipun... :)

    Terima kasih kak ^^

    @n0v4ip
    https://twitter.com/n0v4ip/status/690992412127272964

    BalasHapus
  25. Yang paling aku sukai adalah kuilnya. Kalau aku pergi ke suatu kota, pasti yang aku cari terlebih dahulu adalah bangunan tempat ibadahnya (biasanya sih gereja) tapi karena Korea Selatan yang paling terkenal adalah kuil-kuilnya yang begitu bersih dan terawat dengan baik dan merupakan destinasi wisatawan yang paling banyak dikunjungi. Mengapa aku memilih mengunjungi tempat ibadah terlebih dahulu? Kebudayaan dan juga bagaimana masyarakat sekitar itu hidup dicerminkan oleh tempat-tempat ibadah yang mereka bangun dan rawat. Korea Selatan pun merupakan salah satu negara yang begitu peduli dengan warisan leluhur. Apalagi kalau berkunjung ke sebuah kuil, kita tidak hanya disajikan pemandangan alam dan arsitektur bangunannya, tetapi juga diberikan ketentraman batin serta belajar memahami seluk-beluk kehidupan suatu negara. Ada beberapa kuil yang harus dikunjungi kalau kita ke Korea Selatan:
    1. Beopjusa Temple (충북 법주사)
    berlokasi di Sanae-ri 209, Songnisan-myeon, Boeun-gun, Chungcheongbuk-do. Kuil ini dibangun pada saat masa pemerintahan ke 14 tahun dari Raja Silla Jin-Heung. Kuil ini dibangun diatas gunung Songnisan sehingga pemandangan dari kuil ini sangatlah indah. Kuil Buddha yang sudah berusia lebih dari 1.500 tahun ini memiliki banyak bangunan indah dan juga sejarahnya yang bisa chingudeul pelajari.

    2. Buseoksa Temple (부석사)
    Kuil ini berlokasi di 243, Buseoksa-gil, Buseok-myeon, Seosan-si, Chungcheongnam-do dan dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Silla. Kuil ini dibangun di gunung Dobisan di Seosan oleh Biksu Agung Uisang pada tahun 677 pada saat pemerintakan ke-17 tahun Raja Munmu dari Silla. Karena sejarah dan bentuk bangunannya, kuil ini menjadi salah satu aset berharaga bagi Korea Selatan.

    3. Cheoneunsa Temple (천은사)
    Cheoneunsa Temple berlokasi di 209, Nogodan-ro, Gwangui-myeon, Gurye-gun, Jeollanam-do sebelah tenggara Gunung Jiri dan dibangun pada periode Silla Bersatu. Kuil ini adalah rumah bagi Geukrakbojeon (tempat kudus Buddha) dan lukisan Buddha yang disebut Amita Hubul Taenghwa.Kuil ini diselimuti oleh sebuah paviliun indah yang disebut Suhongru dan gerbang Iljumun.

    Tiga kuil di atas merupakan favorit para wisatawan baik lokal maupun luar negeri dan wajib bangett untuk dikunjungi.

    Source : https://id-id.facebook.com/notes/korea-tourism-organization-indonesia/12-kuil-favorit-di-korea-selatan/691235560897325/

    BalasHapus
  26. akun twitter : @Meic_Chan

    "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"
    Jujur, yang paling aku sukai dari Korea Selatan adalah drama-nya. Aktor & aktrisnya juga bening-bening banget kan? bikin kesemsem, *duh. Di drama-drama korea, kita bisa dapat banyak pelajaran. Contohnya : pembulian emang bener2 kejam. Jadi memang harus dilarang.
    Kita juga bisa tahu etika2 yang berlaku di korea selatan. Menurutku sangat mengesankan. ^^
    Wish me luck~

    BalasHapus
  27. akun twitter : @Meic_Chan

    "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"
    Jujur, yang paling aku sukai dari Korea Selatan adalah drama-nya. Aktor & aktrisnya juga bening-bening banget kan? bikin kesemsem, *duh. Di drama-drama korea, kita bisa dapat banyak pelajaran. Contohnya : pembulian emang bener2 kejam. Jadi memang harus dilarang.
    Kita juga bisa tahu etika2 yang berlaku di korea selatan. Menurutku sangat mengesankan. ^^
    Wish me luck~

    BalasHapus
  28. Twitter : @Jju_naa
    .
    Sebenarnya aku suka semua hal yang berbau Korea Selatan, kecuali kebiasaan mereka yang suka memakan bawang putih, cumi hidup *biasanya baby cumi si, eh tapi kalo sampe nempel di tenggorokan?* dan cueknya yang minta ampun sama orang yang ga mereka kenal -___- .
    Ya kira-kira yang aku sukai dari Korea Selatan adalah;
    1). Cowok-cowok cute (menurut aku mereka cendrung ke cantik dari pada ganteng) dengan eye smile yang bikin kebelenger(?) mata dan hati (Ahay!). Ya meskipun (kebanyakan) mereka itu ga 100% produk asli, tapi bisa dimaafkan kalau liat hasilnya.
    .
    2). Serba-serbi dunia entertaiment-nya.
    Musik, mereka itu produktif banget setiap bulan pasti ada aja penyanyi yang comeback stage dgn lagu dan tema baru. Mereka juga punya pembagian waktu/giliran buat comeback (ex: A, comeback stage pas Maret, April dia sudah Goodbye stage dan diganti sama penyanyi lain lagi. Jadi ga bosen liat penyanyi yang sama di setiap TV sepanjang tahun dengan lagu itu-itu doang *ekhm). Untuk penyanyi, ga modal tampang doang, tapi suaranya memang bagus *kalo ga, K-Net beraksi :D .

    .
    Drama, ceritanya ga ngelantur, jado episodenya ga panjang (ada si, tapi memang komit dari awal memang panjang. Bukan karena rating), mereka itu ga nanggung-nanggung masalah biaya yang penting hasilnya wow! dan terbukti, mereka juga menjadikan drama sebagai ajang promosi tempat pariwisata, yang main juga beda-beda :D. Ya, dalam satu tahun, satu stasiun tv bisa nayangin 10 drama *Bayangin. Satu lagi, setiap drama itu punya 5 bahkan lebih Ost! enak-enak lagi.
    .
    3). Sejarah dan kebudayaan.
    Tentang sejarah, aku rasa semua orang rata-rata tahu dari novel, drama dan film mereka deh :D karena mereka berani ngemix cerita modern dan kolosal jadi 1 drama/film. atau memang full kolosal tapi dibungkus secara modern.
    Untuk kebudayaan, aku suka boyband/girlbandnya (Super Junior dan BAP :) . Yup! boy&girlband itu sudah menjadi budaya disana, jadi ga heran kalau menjamur banget *semacam melestarikan budaya.

    4). Huruf dan bahasanya.
    Hangeul, suatu kesenangan bisa nulis pake hangeul. Mau nulis2 ga ada yg bisa baca. Bahasa Korea, karena sering nonton dan denger lagu jd suka kebawa. Aksen/nada pengucapannya itu lucu, naik turun gitu. Dan kata slang yg sering kebawa ; Jjah, pali, ani, wae, mwo, dan heol.
    .
    5). Tempat Wisata yg ngilerin *lirik Namsan Tower, P. Jeju) dan tempat tongkrongan yg selalu in. Kona Beans Cafe, Tous Les Jours, Twosome Coffee, dan Mouse Rabbit, pengen kesana apalagi ketemu sama yang punya :D
    .
    Yang ini tambahan, aku tahu akibat kebagian Korea Selatan sewaktu persentasi B.Ing. (antara kagum & geli)
    .
    1). Sikap orang Korea sangat mementingkan posisi senioritas. Dan sopan santun mereka tinggi, tata krama saat berbicara di pegang erat (ga ada anak kecil manggil dan ngomong pake bahasa serampangan sama orang dewasa) Banmal dan joen-dae mal.

    2). Pemerintahan? pemerintah mereka care banget sama rakyat. Sampe urusan no rekening & gaji suami di pegang istri untuk menekan angka perselingkuhan, pemerintah yg ngurus :3 . Kalau nama mereka sampe di mention di suatu kasus, mereka ga segan langsung mundur dengan alasan malu. Padahalkan belum tentu ya? dia juga bisa ngelakkan?
    .
    3). Masyarakatnya disiplin dan taat peraturan. Saya pernah baca artikel, ada seorang istri yang mau melahirkan terpaksa nyetir mobil dan suaminya malah duduk di kursi penumpang karena tidak punya SIM.
    .

    BalasHapus
  29. Twitter : @lisyaann

    "Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?"

    Banyak sekali yang kusuka dari Korea Selatan. Mulai dari artis yang cantik dan ganteng serta berbakat, musik yang bisa bikin baper dan easy listening, drama korea yang keren keren serta kreatif, sikap penuh rasa malu warga korea yang harusnya patut warga Indonesia contoh. Misal saja saat patinggi negara ketauan korupsi dan dipenjara, mereka akan lebih memilih bunuh diri daripada menanggung rasa malu. Sampai tempat wisata memanjakan mata seperti pulau Jeju, Dong daemun, Namsan Tower, sungai Han, dan lain-lain.

    Tapi yang paling aku sukai, adalah adat makan warga Korea yang bikin ngiler. Bayangkan saja, untuk satu orang bisa menghabiskan beberapa porsi bermacam makanan yang memenuhi meja. Dimulai dari makanan pembuka, utama, hingga penutup. Aku sangat terpukau saja dengan cara makan mereka. Bisa menghabiskan banyaaakk sekali makanan tanpa terlihat kesusahan dan kekenyangan. Aku sampai heran bagaimana mereka makan sebanyak itu tanpa membuat perut mereka maju kedepan? Atau mungkin karena oplas? Cara makan yang bikin ngiler bangeet. Coba aja aku bisa kaya mereka tanpa membuat gendut hehehe XD kalau penasaran dengan cara makan mereka, banyak kok di adegan variety show maupun dram drama. Tapi hati hati saja mupeng.

    BalasHapus
  30. Yang aku sukai dari Korea Selatan tentu saja tanpa berpir panjang aku menjawab dramanya, Artisnya, penyanyinya dan lagu-lagunya. Yah, itulah awal kesukaan pada Korea Selatan. Dan mungkin alasan ini akan seperti kebanyakan orang. Namun berjalannya waktu, kesukaanku bertambah seiring pengetahuan tentang Korea Selatan. Yah, ternyata selain memang memiliki artis-artis dan penyanyi yang enak dipandang mata, dan memiliki suara bagus, Korea Selatan juga memiliki sesuatu yang lebih menarik lagi.

    Yup, aku jadi jatuh cinta dengan sikap, kebudayaan dan sejarahnya. Karena banyak hal yang bisa diteladani dari kebudayaan dan sikap mereka untuk bisa diterapkan pada diri sendiri, seperti:

    1. Warga Korea Selatan sangat mementingkan pendidikan, mengajarkan anak untuk memiliki semangat juang tinggi.
    2. Selalu menghormati orangtua. Bisa dilihat dari pembagian bahasa; ada yang digunakan untuk teman sejawat, juga untuk orang yang lebih tua.
    3. Warga sangat menjaga sopan santun dan tata kerama yang baik.
    4. Memiliki sikap mandiri dan kepercayaan diri.
    5. Rajin bekerja tanpa banyak bicara. Semua dikerjakan dengan baik bahkan untuk hal-hal kecil.
    6. Hemat. Dalam artian tidak terlalu suka berfoya-foya. Membeli apa yang diperlukan.
    7. Saling bekerjasama.
    8. Memiliki displin yang tinggi.
    9. Sikap nasionalisme juga tinggi.
    10. Memiliki sikap toleran pada perbedaan agama.

    Selain itu, Korea Selatan juga memiliki bahasa yang menarik an tempat-tempat wisata yang sangat indah. Dan mereka memiliki cara hebat dalam memasarkan tempat wisata itu. Yaitu melalui setting drama. Jadi selain mengorbitkan artis juga mengenalkan wisata. Keren.


    @ratnaShinju2chi

    BalasHapus
  31. @etikawdywt

    Pertama. Nggak munafik kalo aku bilang karena cowo Korea ganteng-ganteng (specially artisnya). Terlepas dari mereka melakukan operasi plastik atau nggak, setidaknya mereka udah berusaha untuk tampil dengan wajah enak dipandang, toh menurutku ini jadi urusan pribadi masing-masing. Dan kita tinggal nikmatin hasilnya dengan nontonin wajah tampan oppa-oppa itu :v

    Kedua. Persaingan industri hiburan di sana itu gila-gilaan, salut dengan yang masih bertahan walaupun ada beberapa yang tumbang (re: bunuh diri atau apapun itu untuk melampiaskan kegagalan mereka). Yap, kegilaan itulah yang justru buat aku suka karena dengan gilanya persaingan di sana, malah mendorong agensi-agensi membuat hiburan seperti drama atau musik yang berkualitas. Walau aku mengakui untuk film layar lebar di Korea Selatan masih tergolong ‘kurang’. Singkatnya sih, drama dan boyband atau girlband atau penyanyi solonya bagus, udah itu aja *ditendang karena banyak ngemeng*

    Ketiga. Karenaaa ... itu lho ... di Namsan Tower ada apa? Iyosh, karena ada gembok cinta~. Nonono, aku bukan mau ngajak cowoku ke sana, karena secara aku udah ngejombol beberapa tahun lamanya *malah curhat*. Di Namsan Tower aku Cuma mau ngepoin gembok-gembok yang terpasang di sana. Cuma mau tau gimana aja cara pacaran setiap muda-mudi atau tua-tui lewat tulisan di gemboknya muehehe. Tapi kalo di sana ada oppa tampan yang ngajak kenalan, pasti bakal berubah niatnya. XD

    Keempat. Karena Korea Selatan punya Sungai Han yang bisa buat ngaca (saking beningnya) yang mengalir di tengah Ibu Kota ... dan itu keren, juga romantis *bayangin berenang bareng oppa tampan di Sungai Han* aaah ... >.< *nyelup ke ember*

    BalasHapus
  32. ''Apa yang kamu sukai dari Korea Selatan?''
    Pulau Jeju. Aku sangat suka dengan pulau jeju yg merupakan salah satu pulau terindah didunia. Bahkan aku bermimpi suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki di pulau tersebut. Selain itu aku juga suka banget dengan drama korea, karena banyak keindahan korea yg kulihat dlm dramanya. Dan dramanya juga seru banget.
    @Lenny66677291

    BalasHapus
  33. Korea Selatan terkenal akan boy and girl band nya. Udah pasti dong aku suka mereka. Kaya BIGBANG, iKON, EXO, SNSD, RED VELVET, dll. Selain tampang mereka yang tampan dan juga cantik, mereka juga talented banget!! Contoh aja B.I dia leader iKON, songwriter, rapper, dancer, ganteng lagi! Selain boy dan girl band nya, Korea Selatan juga punya drama Korea yang gereget abis! Ceritanya juga unik, menegangkan, anti mainstream, pokoknya keren banget lah! Contoh aja alien ganteng Do Min Joon yang udah hidup 400 tahun lamanya dari zaman Dinasti Joseon di My Love From The Star, ada juga Cha Do Hyeon yang memiliki 9 kepribadian berbeda di Kill Me Heal Me #KetjupAhnYona, pokoknya banyak deh. Udah gitu episode nya ga terlalu banyak, palingan juga 16-20. Ditayangin nya pun ga sering, hanya seminggu dua kali, yang kadang bikin netizen gereget kelamaan ga lanjut lanjut haha! Korea Selatan juga punya destinasi pariwisata yang DAEBAK banget, kaya NAMSAN TOWER!! Pengin banget deh kesana, nanti bareng ayang Lee Minho, nanti nulis di gembok cinta Aina❤Minho yeongwonhi saranghae. Disana juga nanti naik Cable Car yang kaya di EXO Showtime, terus nanti duduk disana sambil melihat pemandangan Seoul dari atas sambil minum kopi #gelandutanlenganMinho, selain Namsan Tower ada juga Pulau Jeju!! Ya seperti yang diterangkan di atas, Jeju Island itu emang kaya Bali lah, pengin kan kesana nikmatin sejuknya udara disana, main di pantai terus nanti bikin gambar love yang gede di pasir nanti foto bareng Minho oppa #krikkrik, selain destinasi pariwisata tersebut masih banyak yg aku suka dari Korea Selatan. FOODIEEE.... Kalo diliat di drama drama sih ya, kayanya enak banget tuh jajangmyeon, biasanya di drama delivery jajangmyun yang di mangkuk warna ijo terus ada acar lobak nya #lirikGongTaeKwang, selain itu ada Tteokboki juga yang kayanya emmmm enak banget gitu, udah panas, pedes, enak banget di makan waktu lagi musim ujan gini. Orang-orang Korea Selatan juga sopan banget, kalo ketemu orang pasti bilang "Annyeonghaseyo" sambil bungkuk 90°, dan mereka sangat sangat menghormati senior mereka juga alias sunbae kaya Seol di drama Cheese in Trap sama Yoojung sunbae, setiap ketemu pasti hormat, dan juga pakai bahasa formal. Waktu makan juga unik banget. Nasi ditaruh semangkuk penuh, sup sendiri, kimchi sendiri, telur sendiri, cuma kadang mikir sih kan cape nanti nyuci nya kebanyakan cucian piring. Kalo di Indonesia kan kalo makan nasi sama sup udah lah tinggal campurin aja satu piring. Intinya aku bener bener menyukai semua yang ada di Korea Selatan!! #sukalohbukancinta I hope i can win this giveaway, so i can read that ammazing book, yang pastinya akan menambah lebih pengetahuan ku dengan Korea Selatan, dan bisa ngerasa jalan jalan juga wkwk. Terimakasih!

    @Sy_Ainaa

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...