Senin, 25 Januari 2016

20 Bookish Facts About Me | Challenge


Hai hoooo, lama nih nggak ikutan challenge tentang buku, nemu yang cukup menarik dan berhadiah pula, jadi ayo aja :D. Challenge-nya bertema 20 Bookish Facts About Me, 20 fakta tentang diri sendiri terkait pembaca buku alias buka-bukaan tentang rahasia diri sendiri tentang buku, hehehe. Kebetulan saya punya beberapa pengalaman yang menarik dan tak terlupakan, yah itung-itung nostalgia dan mendokumentasikannya, jadi challenge satu ini tidak boleh dilewatkan :D

Beberapa fakta terlihat buruk memang, yah namanya juga masa-masa ababil jadi maklumlah, setidaknya dari kesalahan-kesalahan di masa lalu jadi bisa belajar untuk menjadi lebih baik. Mau tahu apa saja rahasia saya? Berikut list 20 Bookish Facts About Me:

  1. Rekor terbanyak membaca buku dalam sebulan adalah 33 buku, tidak termasuk komik, murni buku cetak.
  2. Pernah dibelain mendaftar sebagai anggota VIP di sebuah rental buku langganan agar akses meminjam bisa luas. Mendapatkan update buku terbaru pertama kali, bisa membaca majalah dan buku luar negeri di mana pelanggan biasa tidak bisa menikmati, pun dengan buku-buku tebal, mahal, dan bestseller. Petugasnya sampai hapal bacaan favorit saya XD. Yah, walau menguras kantong tiap bulannya setidaknya saya tidak perlu membeli buku baru :D
  3. Memiliki cetakan pertama buku Gone With the Wind by Margaret Mitchell yang terbit pada tahun 1993, di mana buku tersebut dibagi menjadi empat buku. Awalnya saya hanya memiliki tiga buku pertama hasil pemberian seseorang, baru pada tahun 2012 saya menemukan buku keempat di sebuah online shop buku bekas.
  4. Memiliki cetakan kedua buku Masih Ada Kereta yang Akan Lewat by Mira W yang terbit pada tahun 1984, cetakan pertama terbit pada tahun 1982, tahun di mana saya belum lahir. Benar-benar menjadi buku berharga karena di cetakan tersebut belum kena sensor dan warisan Bapak yang ternyata waktu muda juga suka baca. Menjadi buku romance pertama yang saya baca sewaktu SD, kecil-kecil sudah dicekoki cerita dewasa, yah bacanya diam-diam sih XD.
  5. Tidak pernah bisa membaca di tempat umum dan di kendaraan, hanya bisa membaca di tempat tidur.
  6. Sewaktu SMP, masa di mana tergila-gila dengan komik, pernah menyobek beberapa halaman komik yang saya sukai banget, komik tersebut hasil pinjam rental, guilty pleasure XD.
  7. Pernah beberapa kali kehilangan novel gara-gara ada yang pinjam tapi tidak dikembalikan, dan parahnya saya lupa siapa saja yang minjam. Salah satu buku yang hilang tersebut adalah Fairish by Esti Kinasih, salah satu buku yang membuat saya menyukai lagi membaca novel. Sejak itu sangat berhati-hati sekali dalam hal meminjamkan buku.
  8. Penggemar berat Sitta Karina, dibelain memburu bukunya sampai ke luar kota dan mengumpulkan berbagai cetakan dengan cover baru, salah satu buku yang masuk ke dalam list tidak akan pernah dipinjamkan kepada siapa pun.
  9. Mengaku sebagai penjelajah genre, namun genre buku yang sering dibaca adalah romance dan fantasy.
  10. Rekor membeli buku dalam sebulan adalah mencapai hampir 500k, hanya untuk tiga buku saja. Padahal saya hanya memiliki budget 200k tiap bulannya untuk membeli buku.
  11. Buku fantasy pertama yang saya baca adalah Twilight, sekejam apa pun orang-orang menghujat buku tersebut, tetap saja berjasa bagi saya dalam hal menyukai cerita fantasy :p
  12. Belum pernah membaca karya Rick Riodan, salah satu penulis fantasy tersohor.
  13. Salah satu jenis giveaway yang paling disukai adalah lomba menulis resensi buku, biasanya akan sangat serius dalam mengerjakannya.
  14. Memiliki 200-an lebih timbunan buku yang HARUS DIBACA SEGERA.
  15. Jumlah koleksi buku di rak mencapai 800-an, sepertiganya adalah hasil buntelan. Dan saya tidak pernah tega untuk menjual buku yang tidak terlalu saya sukai, paling-paling disumbangkan atau di swap. Selain dari buntelan, semua buku yang saya punya dibeli dari uang saya sendiri, tidak pernah meminta orang tua, jadi penuh kenangan.
  16. Mengoleksi buku bertanda tangan penulisnya dan disimpan di tempat khusus. Buku-buku yang tidak akan pernah saya berikan kepada orang lain.
  17. Lebih suka buku cetak daripada buku digital atau ebook, salah satu impian saya adalah memiliki perpustakaan pribadi jadi harus sedikit demi sedikit mengumpulkan buku cetak dong.
  18. Mempunyai kebiasaan membaca beberapa halaman awal sebelum menuntaskan, kalau kurang seru beralih ke yang lainnya, seterusnya. Yap, saya termasuk ke dalam polygamist reader.
  19. Benar-benar menyukai membaca ketika awal kuliah. Waktu kecil tidak biasa membaca, beberapa kali membaca tapi tidak sampai menjadi kegiatan favorit, waktu remaja pun lebih suka membaca majalah, tabloid dan komik, hanya sesekali membaca novel. Ketika awal kuliahlah saya seperti kesetanan membaca, benar-benar seperti menemukan passion yang selama ini tertutup oleh masa-masa alay dan emo XD.
  20. Demi merekam apa saja yang sudah saya baca, saya membuat blog buku kubikelromance.com :D
Yak, demikianlah fakta tentang saya yang berhubungan dengan buku, semoga nggak ada yang lupa deh, hehehe. Buat yang mau ikutan ayo aja, lumayan seru kok. Atau mau berkomentar tentang fakta kalian di sini boleh banget :D

Tulisan ini diikut sertakan dalam #20BookishFactsAboutMeGA.


10 komentar:

  1. Tidak pernah bisa membaca di tempat umum dan di kendaraan, hanya bisa membaca di tempat tidur.
    wah sulis selama ini hanya bisa baca di tempat tidur dan berhasil baca banyak buku?
    wow..
    masya allah :D keren :D

    Memiliki 200-an lebih timbunan buku yang HARUS DIBACA SEGERA.
    timbunannya banyak sekali (*゚ロ゚)
    Semangat! Semoga berhasil menyelesaikan membaca timbunan buku!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau baca sambil tiduran atau duduk dan bantal di bawah buku, makanya ini mata minus, hehehe. Aminnnn, tahun ini pingin banyak membaca buku dari timbunan :)

      Hapus
    2. sama mata hana juga minus..
      heheh
      semoga sukses resolusi membaca dari timbunannya :D

      Hapus
    3. Aminnnn, makasih Hana :)

      Hapus
  2. Whuaaa 200 timbunan mbak? Ternyata ada yang lebih banyak dari aku yaa o_O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terdata di goodreads 218 buku, tapi ada beberapa buku yang belum masuk goodreads, jadi segitulah kurang lebih XD

      Hapus
  3. Memiliki 200-an lebih timbunan buku yang HARUS DIBACA SEGERA.
    Itu buku semua mbak? *ngiler bacanya. Hehehe :D

    BalasHapus
  4. wah.. hebring ya kak.. rekor baca 1bulannya nyampe 33. saya amat sangat jauh dari itu. mungkin cuma 10% dari itu. cara baca saya masih lambat. seringnya saya baca lamat-lamat, kayak meresapi gitu *alesan*.

    kira-kira sekarang masih langganan rental buku VIP itu nggak, kak? enak, ya.. bisa puas baca buku-buku impian. sayangnya, di kota saya udah nggak ada rental buku lagi. udah pada tutup. rental komik juga. dulu ngiler banget waktu nemenin teman sewa buku, dimana saat itu uang jajan harus dipas-pasin betul. nggak ada celah untuk beli, sewa buku. sekarang waktu udah nggak minta uang sama ibuk malah pada tutup semua itu rentalnya.

    saya salut deh sama poin yang ke-15. buku-bukunya didapat dari keringat jerih payah kakak sendiri. emang bakalan selalu terkenang di hati, ya, apa-apa yang keluar lewat peluh dan keringat itu.

    ngomong-ngomong, kak sulis kebiasaan ngasih tanggal didapat atau harga buku nggak setiap kali awal buka buku?
    saya kebiasaan itu. tp kalau ngasih note harga sekarang udah nggak lagi. palingan yang bertahan masih note tanggal buku didapat.

    udah kak, itu aja komen saya. maaf merusuhi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mei, salah kenal ya, terima kasih udah komen dan ikutan curhat, seneng bacanya :)
      Sekarang udah nggak langganan lagi karena udah pulang kampung, hahahaha. Dulu tempat rentalnya di kota aku kuliah, sekarang udah beda :)
      Iya nih, di tempatku yang sekarang cuma satu yang aku tahu dan itu nggak komplit, sedih ya, semoga diganti dengan perpustakaan daerah yang lebih lengkap, aku belum berkunjung sih tapi dari dulu udah ada keinginan nenggok, cuma masalah waktu aja :)
      Dulu suka ngasih nama dan tanggal beli di buku, tapi lama-kelamaan udah nggak, males, hahahaha. Kalo harga biasanya aku tempelin lagi tuh yang di plastik. Tapi kadang lupa juga sih, beli trus ditumpuk XD. Biasanya kalau dipinjem baru aku namain biar nggak lupa, kadang suka lupa sama siapa yang pinjam, dan yang pinjam juga nggak lupa itu buku milik siapa.

      Jangan kapok berkunjung ke Kubikel Romance ya :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...