Selasa, 28 April 2015

The Girl You Left Behind by Jojo Moyes | Book Review

The Girl You Left Behind (Gadis yang Kautinggalkan)
Penulis: Jojo Moyes
Alih bahasa: Tanti Lesmana
Desain sampul: Eduard Iwan Mangopang
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-1549-2
Cetakan pertama, 2015
672 halaman
Harga: 138k (off 30% at @HobbyBuku)
Prancis, 1916. Edouard Lefévre, pelukis, meninggalkan istrinya yang masih muda, Sophie, untuk ikut berperang di garis depan. Ketika kota tempat tinggal mereka jatuh ke tangan Jerman, lukisan Edouard yang menggambarkan sosok Sophie menarik perhatian Kommandant Jerman yang baru. Makin lama sang Kommandant semakin terobsesi oleh lukisan itu, dan Sophie pun rela mempertaruhkan segalanya––keluarga, reputasi, dan hidupnya––demi bisa bertemu suaminya lagi.

Hampir seabad kemudian, Liv Halston mendapatkan lukisan Sophie dari suaminya, David, sebelum David meninggal. Ketika nilai lukisan itu terkuak, timbul konflik tentang siapa sesungguhnya pemilik sahnya––dan Liv harus menghadapi ujian berat demi mempertahankan lukisan itu.

Senin, 27 April 2015

In a Blue Moon by Ilana Tan | Book Review

In a Blue Moon
Penulis: Ilana Tan
Ilustrasi dan desain cover: Kitty Felicia Ramadhani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-1462-4
Cetakan pertama, 2015
320 halaman
Harga: 70k (off 25% at @HobbyBuku)
Bisa dibeli di @bukupediacom
“Apakah kau masih membenciku?”
“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”


Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

Jumat, 24 April 2015

Seventh Son | Movie Review


Seventh Son (2015)
Sutradara: Sergei Bodrov
Produser: Basil Iwanyk, Lionel Wigram, Thomas Tull
Basil Iwanyk, Lionel Wigram, Thomas Tull
Basil Iwanyk, Lionel Wigram, Thomas Tull
Penulis Naskah: Max Borenstein, Charles Leavitt
Pemain: Jeff Bridges, Julianne Moore, Ben Barnes, Olivia Williams, Kit Harington, Djimon Hounsou, Alicia Vikander, Antje Traue
Produksi: Universal Pictures
Durasi: 102 menit
Rating: PG-13

Based on Joseph Delaney Book, The Spook's Apprentice.

Rabu, 22 April 2015

Liberty by Randu Alamsyah | Book Review

Liberty
Penulis: Randu Alamsyah
Penyunting: Pradikha Bestari
Perancang sampul: Boy Bayu Anggara
Penerbit: Muara
ISBN: 978-979-91-0795-4
Cetakan pertama, Desember 2014
246 halaman
Buntelan dari @IceCube_Publish
"Di semua kehidupan, aku selalu ingin berbagi semuanya denganmu."

Tak ada yang lebih diimpikan Taslimah selain hidup bahagia bersama Ebu dan Abinya. Tetapi Abi pergi sebelum ia dilahirkan dan suatu kerusuhan memaksanya pergi meninggalkan Ebu yang sedang sakit keras. Taslimah yang baru sepuluh tahun harus merasakan himpitan hidup sebatang kara.

Hawa berada di acara karantina Putri Nusantara karena Mom dan Garin. Mom yang menginginkan dirinya terkenal dan Garin, cinta masa kecilnya yang tampan dan bak seorang pangeran. Bukankah seorang putri yang pantas bersanding dengan pangeran? Bukankah seorang putri harus memenuhi keinginan Mom-nya? Hawa mengusap kerudung yang sudah dipakainya sejak kecil. Besok akan ada pemotretan dengan busana renang.

Rahimeh Akmaal selalu yakin akan diri dan pandangan hidupnya. Dia percaya pada kesetaraan gender, pada agama yang universal dan membebaskan. Sampai dia merasakan kehilangan, kesepian, dan tanpa harapan di bawah hujan salju New York.

Soudabeh telah menaklukkan dinding lempung pegunungan Zagros. Lepas dari masa kecilnya di desa dan melesat menjadi ilmuwan terkemuka di Teheran. Tetapi, seperti semua wanita di desanya, ia diharapkan untuk kembali dan menempati rumah masa kecilnya bersama suami pilihan ayahnya yang mungkin takkan membiarkannya bekerja.

Liberty akan membawa kita mengikuti kisah hidup empat perempuan kuat dari Sampang, Jakarta, Surabaya, Isfahan, Teheran, sampai New York. Semua mempertanyakan jati diri, cinta, agama, dan kebebasan sampai pada satu titik yang membuat kita semua sadar bahwa kepakan sayap kupu-kupu di satu belahan bumi bisa menyebabkan badai di belahan bumi lainnya.

Pay it Forward by Emma Grace | Book Review

Pay it Forward
Penulis: Emma Grace
Editor: Tri Saputra Sakti
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN: 978-602-03-1501-0
Cetakan pertama, April 2015
256 halaman
Buntelan dari @emmagrac3
Tedjas
Astaga, gadis itu sudah gila. Pasti! Gue nggak pernah berminat untuk komentar di status orang di Facebook, apalagi ikut-ikutan dalam permainan apa pun. Tapi, gadis itu bilang apa tadi? Pay It Forward? Cih, permainan apa itu?

Gitta
Aku nggak pernah mengira bisa membenci seorang pria, seperti aku membenci Tedjas. Sejak pertama bertemu, dia selalu bersikap menyebalkan. Seakan belum cukup, dia juga menghinaku habis-habisan di depan banyak orang. Semakin jauh jarak terbentang di antara kami, itu semakin baik! Itu yang Tedjas dan Gitta pikirkan. Tapi ketika rasa cinta menggedor semakin kuat, sanggupkah mereka berdua tetap berpura-pura bahwa kedekatan itu tak pernah nyata?

"Kisah romansa dan keluarga dengan konsep yang unik. Eksekusinya apik, membuat kita tak ingin berhenti membaca. Dan ini juga merupakan cerita yang memberikan kehangatan di hati lewat hal-hal sederhana yang diungkapnya." –Winna Efendi, novelis–

Jumat, 17 April 2015

Playing Around with Romance Wrap Up


Tiba juga dipenghujung acara Around the Genres memperingati ulang tahun Blogger Buku Indonesia yang keempat ini. Terima kasih pertama kali tentu saja saya ucapkan kepada divisi event yang sudah susah payah membuat acara beda dari tahun-tahun sebelumnya, yang membuat wawasan kita lebih luas lagi tentang macam-macam genre, acara yang benar-benar seru! Terima kasih juga untuk anggota grup romance, yang udah mau nerima saya disaat-saat terakhir karena saya berubah haluan, hehehehe. Maaf ya keluar dari grup WA terlebih dahulu, saya kira acara udah selesai makanya saya keluar, saya emang lagi mbatesin sosial media, tak terkecuali WA, yang awalnya ada hampir belasan grup saya pangkas jadi tiga, grup keluarga, grup Joglosemar dan Goodreads Solo. Baru tahu kalau masih ada satu postingan lagi setelah dikasih tahu kak Luna, kalau tidak saya melewatkan postingan ini :D.

Kamis, 16 April 2015

Almost 10 Years Ago by Trini | Book Review

Almost 10 Years Ago
Penulis: Trini
Penyunting: Anida Nurrahmi
Perancang sampul: dtchn
Penerbit: Ice Cube
ISBN: 978-979-91-0725-1
Cetakan pertama, Juni 2014
328 halaman
Buntelan dari @IceCube_Publish
Bisa dibeli di @bukupediacom
“Mana mungkin aku tertarik padanya? Dia membuatku takut.”

“Itulah masalahmu. Kau jarang telihat bahagia. Karena saat kau menyesapnya, kau langsung menguburnya secepat perasaan itu datang.”

“Kau sepertinya sangat ahli tentangku,” kataku datar.

“Jika kau tidak mau terlihat mendung sepanjang waktu, mulailah dengan hal kecil seperti berterima kasih saat orang memujimu, bukan malah menatapnya curiga.”



Jangan salahkan Anna Mollan yang selalu memandang sinis kehidupan. Sepuluh tahun lalu, umurnya baru sembilan. Di musim panas yang seharusnya menyenangkan, ibu dan kakaknya meninggal dalam kecelakaan. Ayahnya memang selamat, tapi mengalami gangguan kejiwaan. Itu sebabnya Anna tidak percaya lagi pada kebahagiaan, termasuk yang hadir dalam bentuk cinta. Tidak pada Joshua Madison—psikiater tampan yang menangani ayahnya, tidak juga pada Nolan Vervain—bassist keren yang tergila-gila padanya. Tidak pada siapa pun sampai pria misterius itu datang memberinya bunga setiap hari, lalu tiba-tiba menghilang saat Anna mulai membuka diri, dan kembali hanya untuk membuat hidup Anna terhempas sekali lagi.

Rabu, 15 April 2015

Love Lang Syne by Ridisa | Book Review

Love Lang Syne
Penulis: Ridisa
Penyunting: Anida Nurrahmi
Perancang sampul: Teguh Tri Erdyan
Penerbit: Pop
ISBN: 978-979-91-0812-8
Cetakan pertama, Februari 2015
202 halaman
Buntelan dari @IceCube_Publish
Pernah terjebak cinta masa lalu? Gagal move on? Cinta lama belum kelar memang bikin sesak, antara penasaran dengan apa yang terjadi jika hubungan dilanjutkan tapi takut kalau hasilnya tidak sejalan dengan keinginan.



Jeje tengah menapaki karier di industri event organizer. Hidupnya baik-baik saja, walaupun Jeje tak pernah memiliki kekasih setelah hubungannya dengan sosok dari tiga belas tahun lalu berakhir

buntu. Siapa sangka, kejadian acak yang dialami bersama kliennya ternyata membawa Jeje kembali bertemu orang itu. Akankah kali ini hubungan mereka memiliki titik temu?



Ini kisah tentang cinta, persahabatan, dan mimpi. Ketiganya menorehkan warna tersendiri, ketiganya membuat hidup lebih berarti. Namun jika tidak semuanya bisa dimiliki, mana yang akan kau relakan pergi?

Senin, 13 April 2015

Happy 4th Anniversary BBI!


Woaaaaa, nggak kerasa Blogger Buku Indonesia sudah memasuki usia keempat, nggak kerasa juga selama itu saya bergabung dengan komunitas yang berkecimpung di dunia buku ini. Kalau ditanya jasa apa yang sudah BBI berikan kepada saya maka jawabannya adalah tak terkira! Bisa dibilang BBI membawa saya menemukan passion saya yang sesugguhnya, 'menyadarkan' saya akan apa yang sebenarnya saya sukai.

Komunitas ini dibangun oleh teman-teman yang sangat mencintai buku, ingin mengajak orang lain juga menyukainya, memperkenalkan kalau baca buku dan mengulasnya itu sangat mengasikkan. Walau terjadi pasang surut keaktifan beberapa anggota lama, tapi anggota BBI terus saja bertambah bahkan sudah lebih dari 200 orang! Harapannya tentu saja semua bisa aktif dan membangun komunitas ini lebih dikenal lagi oleh khalayak umum, syukur-syukur bisa meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Minggu, 12 April 2015

New Adult | Genres


Postingan terakhir saya dalam event Around the Genres. Kalau kalian mengikuti postingan grup fantasy, maka kalian pasti tahu kalau mereka menerangkan beberapa sub genre fantasy. Nah, grup romance pun juga sama, kita akan membahas macam-macam sub genre romance. Dulu saya punya wacana akan memposting tentang berbagai macam sub genre yang saya ketahui, baru ada satu postingan ketika mengikuti meme Top 5 Wednesday yang bertema Genres, semoga saja bisa berlanjut terus ya :D

Genre yang saya pilih untuk event ini adalah New Adult, salah satu genre baru yang beberapa waktu bahkan sampai sekarang masih hangat diperbicarakan. Genre ini muncul pertama kali pada tahun 2009 diciptakan oleh St. Martin's Press, sebuah penerbit yang berlokasi di New York. Mereka ingin menerbitkan sebuah buku yang bisa diterima pasar, bisa dinikmati banyak kalangan, khususnya anak muda dan dewasa, yang mengisahkan peralihan masa remaja ke dewasa.

Jumat, 10 April 2015

Hunter X Hunter | Anime Review


Hai hallo, seminggu ini saya lagi males banget baca dan ngreview, tiap baca pasti nggak konsen dan muak alhasil saya beralih ke nonton film saja, daripada hasil bacanya nanti jelek mending cari penghiburan yang lain. Ada satu film based on book yang saya tonton, kurang memuaskan juga (kapan-kapan akan saya tulis reviewnya), emang lagi rewel banget ini. Solusi terakhir saya nonton anime yang dulu pernah diikuti namun belum sampai tamat, ada beberapa seperti Naruto dan Bleach, tapi nggak sekarang bahasnya karena saya belum mulai dan nggak kuat dengan episode-nya alias nggak ada waktu buat maraton nonton. Perkecualian dengan anime yang satu ini karena udah sampai tamat dan episodenya nggak banyak banget, terlebih saya sangat penasaran dengan kelanjutan ceritanya, anime ini diadaptasi dari manga yang pertama kali rilis pada tahun 1998, berjudul sama dengan animenya, Hunter X Hunter karya Yoshihiro Togashi.

Saya lupa kapan terakhir nonton, kalau nggak SMP ya SMA, waktu jaman-jamannya saya suka banget baca manga dan nonton anime. Yang jelas, anime Hunter X Hunter ini sempat berhenti penayangannya dikarenakan sang penulis sakit, jadi ada dua versi, versi tahun 1999 - 2001 (hanya sampai 62 episode, diproduksi oleh Studio Nippon Animation dan Viz Media) dilanjutkan lagi pada tahun 2011 - 2014 (total episode menjadi 148, diproduksi Madhouse dan VAP). Nah, yang saya tonton dahulu kala itu yang versi pertama, dulu sempet sedih banget karena selain ceritanya nanggung, anime ini masuk favorit sepanjang masa, lagi seru-serunya eh nggak ada lanjutannya, terlebih waktu itu manga terjemahan belum ada, ternyata sempat terhenti produksinya.

Kamis, 09 April 2015

Me and Earl and the Dying Girl | Trailer


Sinopsis:
Winner of the Grand Jury Prize and the Audience Award at the 2015 Sundance Film Festival, ME AND EARL AND THE DYING GIRL is the uniquely funny, moving story of Greg (Thomas Mann), a high school senior who is trying to blend in anonymously, avoiding deeper relationships as a survival strategy for navigating the social minefield that is teenage life.  He even describes his constant companion Earl (RJ Cyler), with whom he makes short film parodies of classic movies, as more of a 'co-worker’ than a best friend. But when Greg’s mom (Connie Britton) insists he spend time with Rachel (Olivia Cooke) – a girl in his class who has just been diagnosed with cancer - he slowly discovers how worthwhile the true bonds of friendship can be.


Rabu, 08 April 2015

Why Everybody Needs To Read At Least 1 Romance Book? | Let's Talk

Rebloged from Tea, Coffee, and Books
Hallo good readers, ketemu lagi dengan postingan ketiga saya dalam event Around The Genres menyambut ulang tahun BBI yang keempat. Kali ini saya akan mengajak kalian untuk ikut berpatisipasi, mendiskusikan bersama-sama tentang sebuah topik yang cukup menarik, Why Everybody Needs To Read At Least 1 Romance Book? Kenapa sih setidaknya kamu harus mencoba membaca satu saja buku bergenre romance? Let's Talk.

Niatnya saya mau mengadakan survei kecil-kecilan dulu tapi karena nggak sempat jadi postingan ini berasal dari pendapat saya, tapi kamu nanti bisa ikut berpartisipasi kok karena emang itulah tujuan Let's Talk dibuat, agar pembaca juga ikut ambil bagian :D. Ada beberapa poin yang menurut saya kenapa kamu perlu membaca buku romance, ini dia:

Selasa, 07 April 2015

Songs That Remind Me of Romance Books | Books and Songs

source

Akhirnya kesampean juga bikin postingan Books and Songs. Sejak nonton videonya padfootandprongs07 saya terinspirasi untuk membuat postingan dengan tema yang sama dan pas banget dalam event Around the Genres grup romance membuat tema Songs That Remind Me of Books :D. Beberapa kali saya juga pernah memuat lagu sesuai dengan buku yang saya baca di reviewnya tapi belum pernah ada postingan tersendiri. Rencananya tema ini akan menjadi salah satu postingan tetap di Kubikel Romance, karena selain membaca saya suka banget dengerin musik, ingin lagu-lagu favorit juga nangkring di blog, pengen share cover artis favorit saya :D

Untuk postingan pertama saya nggak akan banyak menampilkan lagu-lagu favorit yang juga menjadi sountrack sebuah buku versi saya sendiri, berikut lima lagu yang akhir-akhir ini sering banget saya dengerin, masuk list 'diputer sampe jebol' :D

Jumat, 03 April 2015

The Theory of Everything | Movie Review


The Theory of Everything (2014)
Sutradara: James Marsh
Produser: Tim Bevan, Lisa Bruce
Penulis Naskah: Anthony MacCarten
Pemain: Eddie Redmayne, Felicity Jones, David Thewlis, Charlie Cox, Maxine Peake, Harry Llyod
Produksi: Working Title Film, Focus Features
Durasi: 123 menit
Rating: PG-13

Based on Jane Hawking Memoir Book, Travelling to Infinity: My Life with Stephen. 

Kamis, 02 April 2015

March in Review | Monthly Recap


Hello good readers, selamat datang di April Mop! Tapi giveaway yang ini bukan dalam rangka April Mop loh, beneran kok! :D. Bulan Maret kemaren bener-bener bulan yang amazing, banyak hal menyenangkan yang menimpa saya, alhamdulillah banget. Pertama tentang blogging, Kubikel Romance akhirnya punya domain sendiri, dengan tampilan baru dan untuk kedepannya semoga selalu menyajikan postingan yang menyegarkan. Rencananya juga mulai bulan April ini saya akan memposting sesuai jadwal (senin sampai jumat dengan tema postingan berbeda), tahun lalu pernah saya praktekkan tapi hanya bertahan sementara, tahun ini ingin memulai lagi, semoga bisa konsisten. Untuk lebih lengkapnya nanti ya di akhir postingan :)

Kedua tentang kehidupan pribadi, bulan Maret kemaren saya di rotasi ke bangsal penyakit syaraf (walau gado-gado juga karena sering dapet titipan pasien anak, dalam dan kadang bedah), untuk penyegaran agar tidak bosan karena saya sudah hampir tiga tahun kerja di bangsal penyakit dalam, sedih sih harus berpisah dengan teman lama walau beda ruangan saja tetap aja harus memulai dari awal lagi, penyesuaian lagi. Saya emang agak bermasalah dengan adaptasi, hahahaha. Tapi enaknya di bangsal yang baru ini pasiennya jauh lebih sedikit (kapasitas kamar dan bed lebih sedikit daripada bangsal penyakit dalam), nggak terlalu capek dan dampaknya saya bisa banyak istirahat, banyak waktu untuk baca dan ngeblog! Pelajaran yang saya dapat sih ambil hikmahnya aja dan syukuri apa yang ada. Stop ngeluh dan protes :D

Ketiga, banyak buntelan! Yeay, seneng banget, mau tahu buku apa aja yang saya dapat bulan kemaren? Ini dia...

My Auto-Buy Romance Author | Recommendations


Hari kedua Around the Genres di grup romance, kali ini membahas penulis romance favorit. Cukup bingung memilih siapa saja yang akan tampil di sini karena mayoritas bacaan saya adalah romance, jadi penulis favorit banyak banget nget. Tiap sub genre romance ada sendiri-sendiri, baik penulis luar maupun dalam negeri.

Dewasa ini saya akui memang nggak sebanter dulu baca buku romance, sekarang lebih ke omnireader, apa pun genre bisa saya terima hanya saja kalau bukan romance dan fantasy, bacanya cukup lambat, bisa berbulan-bulan. Berbeda dengan kedua genre favorit saya tadi, sehari atau beberapa jam saja bisa kelar. Sekarang saya jarang baca Historical Romance di mana dulu adalah genre buku yang sering banget saya baca, terakhir baca malah dua tahun lalu kalau tidak salah. Akhir-akhir ini lebih suka baca contemporary, YA, new adult atau adult romance.

Berikut adalah nama-nama penulis romance auto-buy alias nggak perlu mikir untuk membeli atau mengkoleksi bukunya karena mereka adalah favorit saya :)

Rabu, 01 April 2015

Spring of Love Giveaway Hop


Hai haloooo, seperti yang udah saya umumkan pada tanggal 19 Maret kemaren tentang event perayaan ulang tahun BBI yang keempat, kami para anggota BBI akan mengulas berbagai macam genre dan tidak ketinggalan akan ada giveaway di setiap blog! Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan baca postingan Playing Around with Romance ya :).

Nah, tidak sabar kan hadiah apa yang akan disediakan oleh Kubikel Romance? Ini dia...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...