Kamis, 31 Desember 2015

Top 5 Most Favorite Heroine


Hai haloooo, tak terasa sudah penghujung tahun ya, gimana nih resolusi kalian? Alhamdulillah tahun 2015 ini sangat wow buat saya, ada sih yang belum terkabul yaitu menikah, tapi nanti dibahas di potingan terpisah aja ya soal harapan dan prioritas tahun depan, kali ini saya akan membagikan artikel yang saya tulis di Deteksi, Jawa Pos yang terbit tanggal 30 Desember 2015 kemarin. Yah, walau belum berhasil menulis resensi di media cetak, setidaknya ada tulisan saya yang berhasil masuk koran, hehehehe. Terimakasih buat Ratri atas kesempatannya, maaf pada tawaran pertama saya tidak bisa menyanggupi, ditebus dengan artikel ini ya, semoga lain kali kita bisa bekerjasama lagi ya.

Berikut adalah versi utuh Top 5 Most Favorite Heroine atau Best Women in Power. Enjoy :D

***

Dalam setiap cerita, selalu ada tokoh utama, baik itu laki-laki maupun perempuan, hanya saja tidak semua mempunyai karakter yang kuat, terlebih tokoh utama perempuan yang sering digambarkan lemah dan butuh pertolongan, atau karakternya selalu tergantung pada tokoh utama laki-laki. Bukan seperti itu tokoh utama perempuan favorit saya, saya lebih suka yang powerful, perempuan yang kuat baik itu secara fisik maupun psikis, seorang perempuan yang bisa berdiri di kakinya sendiri tanpa perlu mengemis kepada lawan jenisnya, sedikit feminis memang, tapi dari mereka saya bisa belajar untuk menjadi kuat juga.

Berikut adalah lima tokoh utama perempuan dalam buku fiksi favorit saya:

1. June Iparis - Legend by Marie Lu
June Iparis, dia berasal dari kalangan elite pemerintah, dia adalah satu-satunya orang di seluruh Republik yang mendapatkan nilai sempurna dalam ujian. Di usinya yang kedua belas tahun, dia sudah bersekolah di universitas papan atas, empat tahun lebih cepat dari seharusnya, dia memang sering lompat kelas karena kapandaiannya. June memiliki gen bagus, semakin bagus gen akan menghasilkan tentara yang lebih baik serta kesempatan yang lebih besar untuk melawan para pemberontak. June pandai menganalisis, ahli menggunakan senjata, pandai bertarung, dia adalah aset berharga yang dimiliki Republik, June bercita-cita ingin seperti kakaknya yang sangat dikaguminya. Karakter June sama kuatnya dengan tokoh utama laki-laki dalam buku Legend, Day.

2. Anna Molan - Almost 10 Years Ago by Trini
Pada saat berumur sembilan tahun, Anna harus mendapati kenyataan yang keji akan nasib keluarganya, ibu dan kakak laki-lakinya meninggal seketika dalam kecelakaan, sedangkan ayahnya sempat koma, setelah sadar dia selalu histeris ketika melihat Anna atau mendengar namanya, membuat Anna tidak bisa menemuinya, ayahnya masuk rumah sakit jiwa. Namun, demi bisa bersama keluarga satu-satunya yang tersisa, Anna menjadi orang lain untuk bisa bertemu dengan ayahnya, setiap bertemu dia berganti penampilan dan nama. Keadaan membuat Anna menjadi pribadi kuat, sinis dan keras, membuatnya selalu tegar menjalani hidup sebatang kara.

3. Louisa Clark - Me Before You by Jojo Moyes
Lou adalah seorang gadis biasa yang seumur hidupnya dihabiskan di kota kecil, dia juga didapuk menjadi tulang punggung keluarga, di mana banyak sekali orang di rumahnya. Nahasnya, dia dipecat dari pekerjaan dan terpaksa menerima tawaran pekerjaan yang amat sangat tidak disukainya, menjadi asisten perawat pribadi. Dari sinilah kisah hidup Lou mulai menarik. Lou percaya pada harapan, dan ketika majikannya yang menderita quadriplegia ingin memilih mati, dia memberikan semangat baru, bahwa ada sesuatu yang masih bisa dinikmati dari keadaan yang tidak sempurna, dan Will tidak menghadapinya sendirian, akan ada orang-orang yang selalu menyayangi dan membantunya dengan tulus. Lou selalu memberikan suntikan semangat dan dia tidak pernah menyerah.

4. Haven Travis - Blue-Eyed Devil by Lisa Kleypas
Bercerita tentang Haven Travis, putri satu-satunya Churchill Travis, seorang 'jawara pemasaran' yang sangat kaya raya. Sejak kecil dia dimanja baik oleh kedua orangtuanya maupun kakak-kakaknya, bisa dibilang dia tidak pernah hidup susah. Namun, ayahnya mengancam akan mencoret Haven dari daftar waris kalau dia tetap menikah dengan laki-laki yang tidak direstuinya, kemudian Haven kawin lari dan mengalami KDRT. Setelah mengalami trauma yang hebat, Haven sedikit demi sedikit menata kembali kehidupannya, berusaha tidak merepotkan kakaknya dan mencari pekerjaan sendiri, dia juga mencoba kembali rujuk dengan sang ayah walau tidak mengharapkan akan dikembalikan sebagai salah satu ahli waris keluarga Travis. Hidup Haven tidak pernah mudah, bagaimana rasanya tidak dianggap anak oleh ayahnya, merasa dianak tirikan, ayahnya lebih menyayangi istri kakak pertamanya daripada dirinya, keinginannya yang tidak dituruti dan pilihannya yang dianggap salah, dia mencoba tegar, mencoba melewatinya dengan terseok-seok, dan berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri. Haven adalah salah satu karakter perempuan yang sangat kuat, salah satu karakter favorit saya.

5. Katniss Everdeen - The Hunger Games by Suzanne Collins
Siapa yang tidak kenal Katniss? Perempuan muda yang rela menggantikan adiknya menjadi peserta The Hunger Games, sebuah permainan hidup atau mati. Hidupnya tidak pernah mudah, di arena pun banyak pergolakan yang harus dia hadapi, menyusun strategi agar bisa bertahan hidup, para lawan yang tidak ingin dibunuhnya, dan betapa marahnya dia kepada pemerintah yang dengan keji mengirim anak kecil ke sebuah permainan berdarah. Katniss adalah simbol pemberontakan sekaligus perdamaian, dia kuat luar dalam, dan karakternya tidak mudah untuk dilupakan.

Demikian lima tokoh utama perempuan yang karakternya kuat menurut saya, berharap semakin banyak karakter lain yang menarik, karakter yang membuat pribadinya khas dan tidak mudah dilupakan, terlebih karakter tersebut bisa menginspirasi, membuat kita para perempuan ikut tersulut menjadi kuat juga.
***

Sumber foto: GagasMedia

4 komentar:

  1. Hebat ka Sulis ini :) bisa masuk koran. Keren :)

    BalasHapus
  2. Kupikir ada nama sesorang dari game of thrones gitu hahaha. Haven travis is definitely a strong woman , i agree. Kalo herione favorit ku Celaena Sardothien ( Throne of Glass) sama Hermione Granger (semua tahu dari mana) . CONGRATS MASUK KORAN. Keren ih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran sama Throne of Glass, kabarnya mau diterjemahin, jadi nggak sabar baca :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...