Selasa, 29 Desember 2015

Tales from Outer Suburbia by Shaun Tan | Book Review

Tales from Outer Suburbia
Penulis: Shaun Tan
Penerbit: Arthur A. Levine Books
Cetakan pertama, Februari 2009
96 halaman
Pinjam @casualreader4
You thought you knew suburbia.

Then you meet an exchange student from another world, discover a secret room that lets you escape to a place of perfect beauty, find a neighborhood where brightly painted missiles decorate every yard, and wait for a blind reindeer who demands a very special offering... These are the odd, magical details of everyday suburban life that might forever go unnoticed, were they not finally brought to light by Shaun Tan, author and illustrator of award-winning New York Times bestseller The Arrival.
Sejujurnya, dari semua bukunya Shaun Tan yang sudah saya baca, Tales from Outer Suburbia inilah yang agak susah saya mengerti, mungkin terlalu absurd jadi butuh imajinasi yang luas untuk bisa memahaminya. Malah, dari ketiga buku sebelumnya yang sudah saya review, buku inilah yang banyak kalimatnya, The Arrival tidak ada huruf sama sekali, The Red Tree hanya satu kalimat, Memorial beberapa kalimat, agak mirip dengan buku ini namun lebih singkat kalimatnya. Tales from Outer Suburbia adalah kumpulan lima belas cerita pendek bergambar yang bercerita tentang daerah pinggiran di Australia, ada satu bab yang sangat singkat, ada bab lain yang lumayan panjang.

Lima belas cerita yang ada di buku ini antara lain; The Water Buffalo, Eric, Broken Toys, Distant Rain, Undertow, Grandpa's Story, No Other Country, Stick Figures, The Nameless Holiday, The Amnesia Machine, Alert but no Alarmed, Wake, Make Your Own Pet, Our Expedition, Night of the Turtle Rescue. Dan bab favorit saya adalah...

1. The Water Buffalo
Cerita pembuka di buku ini dan langsung membuat saya suka, seekor kerbau yang menunjuk ketika berhadapan dengan seorang gadis kecil. Saya sih membacanya seorang gadis kecil ini menanyakan sesuatu dan kerbau yang tidak banyak bicara menunjukkan tempat yang dimaksud di gadis kecil. Makna lain mungkin penulis ingin menunjukkan walau hidup di kota pinggiran, banyak orang yang lebih ramah dan mau membantu kita tanpa mengharapkan imbalan. Semoga saja benar ya, hehehe.


2. Eric
Bercerita tentang orang asing yang tiba-tiba tinggal di rumah dan menjadi bagian sebuah keluarga, dia mencoba membaur, mencoba beradaptasi tapi dia terlalu pendiam, tidak bisa membaur, tidak bisa terbaca, membuat tuan rumah serba salah. Shaun Tan terinspirasi cerita ini dari seorang teman dari program pertukaran pelajar yang tinggal bersamanya di pinggiran kota Perth, cerita ini mengambil tema cultural miscommunication.





3. Grandpa's Story
Seorang kakek bercerita tentang masa lalunya kepada sang cucu ketika dia baru menikah dengan sang nenek. Selepas menikah, mereka melakukan tradisi yang jarang dilakukan oleh orang kebanyakan khususnya orang kota, yaitu melakukan perjalanan dengan mengendarai sebuah mobil ke tempat-tempat berbahaya. Dalam perjalanan tersebut mereka mengalami banyak rintangan namun secara bersama-sama berusaha melaluinya. Ilustasi di bab ini yang paling absurd dan yang paling saya suka, benar-benar imajinatif. Mungkin harus seperti ini kali ya, menguji seberapa kuat sebuah ikatan pernikahan dengan berbagai petualangan atau masalah di awal :D



4. Make Your Own Pet
Tutorial cara membuat binatang peliharaan favorit kita, disuguhkan secara berbeda, mirip scrapbook, kata Shaun Tan ilustrasi di bab ini adalah yang paling tua dan terinspirasi dari kucing kesayangannya. Yuk kita praktikkan :D


5. Our Expedition
Bercerita tentang dua lelaki bersaudara yang berpetualang mencari peta yang hilang di pinggiran kota, menjelajahi berbagai tempat yang sebelumnya belum pernah mereka kunjungi. Perjalanan tersebut membuat mereka mendapatkan sesuatu yang menakjubkan serta mempererat tali persaudaraan. Tidak ada salahnya bukan kita melakukan perjalanan dengan saudara tercinta?


6. Stick Figures
Dari semua bab favorit saya, di cerita inilah saya tidak terlalu paham, hahahaha, tapi saya suka ilustrasinya. Digambarkan suasana kota yang sepi, seseorang sangat leluasa mengelilingi kota. Mungkin menggambarkan daerah pinggiran yang belum tersentuh keramaian dan kemacetan, daerah pinggiran yang sering di pandang sebelah mata menghadirkan sebuah kedamaian, ketenangan.



Yak itulah cuplikan dari Tales from Outer Suburbia, sebuah cerita pendek yang dilengkapi dengan ilustrasi menakjubkan, ilustrasi yang menambah makna dan cerita yang tak terucap. Buku ini sangat recommended untuk segala usia.

5 sayap untuk daerah pinggiran, saya juga suka kok hidup di daerah pinggiran atau di desa, lebih nyaman dan banyak hal yang bisa didapatkan :D


6 komentar:

  1. keren bukunya, apa buku ini semacam buku dongeng tapi untuk orang dewasa atau anak-anak juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibaca untuk semua umur, kok :)

      Hapus
  2. Wah Mbak Sulis beberapa hari ini review buku-bukunya Shaun Tan. Jadi tergoda pengin beli bukunya juga. Gambar-gambarnya keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gambarnya wow banget, dijamin termanjakan deh matanya :)

      Hapus
  3. biasanya yang susah dimengerti emang cerita yang... bener-bener berkelas. bikin migren gitu..
    itu yang "Eric" kok rada gimana gitu ceritanya.. hmmmm

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...