Kamis, 31 Desember 2015

Cat and Dog by Park Hee-Jung | Book Review


Cat and Dog
Penulis: Park Hee-Jung
Penerjemah: Silvanissa
Penyunting: Novianita
Penerbit: Haru
Cetakan pertama, 2016
195 halaman

Sinopsis Cat & Dog
Joo Yeong Woo
Meski hanya bertemu sekali saat masih balita, perlahan aku mulai jatuh cinta pada Mo Seul Woo, tunanganku yang tampan dan juga seorang artis. Akhirnya, hari pernikahanku tiba!

Mo Seul Woo
Aku cuma bertemu dengannya sekali sepuluh tahun yang lalu saat dia masih bayi, dan cewek itu buang air besar di depanku. Aku tidak akan pernah menikahinya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membaca K-Toon yang diadaptasai dari webtoon ini, sejujurnya saya masih bingung dengan webtoon, apakah berbeda dengan manga, dulu sih pemikiran saya webtoon adalah manga buatan Korea dan berwarna serta ditayangkan secara bersambung lewat media online, entahlah, yang jelas sama-sama menampilkan gambar yang indah dan emosi para karakternya tergambar jelas, lama kelamaan saya bisa membedakan manga buatan Jepang dan Korea, apa pun itu saya sangat menikmati keduanya.

Cat and Dog memiliki tema yang sangat mainstream sekali, yaitu perjodohan. Pertama membaca saya sedikit merasakan kemiripan dengan Princess Hour, hanya saja Cat and Dog mengambil dunia keartisan, bukan kerajaan. Cerita diawali ketika Joo Yeong Woo yang berusia sembilan belas tahun dipanggil kakeknya, menyatakan kalau dia akan segera menikah dengan tunangannya sejak kecil, Mo Seul Woo. Tanggapan Yeong Woo awalnya biasa saja, cenderung tenang dan tanpa ekspresi, tapi begitu dia keluar ruangan dan hanya ada pembantu, Yeong Woo girang bukan kepalang. Yeong Woo dan Mo Seul Woo baru bertemu satu kali, itu pun ketika masih kecil, bahkan Yeong Woo masih bayi, tapi sang kakek sering menceritakan calon suaminya, makin lama Yeong Woo semakin tertarik, terlebih ketika Seul Woo menjadi seorang aktor terkenal, Yeong Woo menjadi penggemar beratnya, kamarnya penuh dengan foto Seul Woo.

Berbeda dengan Yeong Woo yang sangat setuju dengan ide pertunangan yang sudah dirancang sejak kecil, Seul Woo malah tidak tahu dan dia bahkan sudah tidak ingat lagi terhadap calon tunangannya tersebut, dia terakhir bertemu sepuluh tahun lalu, yang teringat hanya ketika ada bayi buang air besar di hadapannya. Ibu Seul Woo memaksanya untuk datang ke pesta pernikahan dan menjemput istrinya. Tentu saja Seul Woo tidak mau, tapi dia mendapatkan telepon dari seseorang dan tidak mempunyai pilihan lain, Yeong Woo akan tinggal bersamanya.

Kalau Yeong Woo hidup berkecukupan, sangat disayangi kakeknya yang masih memegang teguh adat Korea, Seul Woo harus memeras keringat untuk membiayai keluarganya. Ayah Seul Woo pergi ketika dia masih kecil, ibunya menikah lagi, hubungan Seul Woo dan ibunya sangat buruk. Dalam dunia keartisannya pun Seul Woo banyak rintangan, dia dianggap hanya numpang tenar akan nama besar Ha Yoon, mantan pacarnya. Seul Woo tidak akan menjadi sekarang kalau bukan karena mantan pacarnya yang sering mengajak Seul Woo bekerjasama, banyak orang yang mengganggap remeh kemampuannya.





Aku percaya pada cinta seperti dalam dongeng. Dimulailah cerita tentang putri yang sering menangis, Putri Pyeongkang, yang diancam ayahnya akan dinikahkan dengan si bodoh Ondal bila ia tidak berhenti menangis. Tanpa disadari cerita yang diceritakan berkali-kali kepada anak perempuan pun dimulai. Di hati yang paling dalam terpikir seseorang. Hanya satu orang saja. 
Ketika membaca bagian awal saya kira Cat and Dog bersetting di jaman dulu karena keluarga Yeong Woo bahkan pelayannya memakai pakaian tradisional, begitu cerita bergulir ke Seul Woo, sangat gemerlap sekali, hahaha. Sebelumnya saya tidak mengikuti webtoon ini, namun begitu selesai membaca buku pertama (buku ini direncanakan akan ada lima series, dalam satu bulan akan diterbitkan oleh Haru satu sampai dua buku) saya langsung mencari episode lanjutannya dan menemukan 18 chapters, buku pertama sampai chapters 12. Rasanya gondok sekali, karena ending buku pertama nanggung, hehehe.

Dari tema cerita memang mainstream sekali, bukan berarti buku ini tidak layak baca. Artwork-nya keren dan penuh detail, saya suka penulis menciptakan para tokohnya, bagaimana membuat semua terhubung satu sama lain, banyak clue bertebaran, mencium akan adanya cinta segi tiga antara sahabat sendiri. Buku pertama ini bisa dibilang hanya sebagai perkenalan tapi tidak bisa dilewatkan, konfliknya belum sepenuhnya muncul tapi kita sebagai pembaca bisa menebak kemana cerita akan bergulir, dan saya berharap akan banyak kejutan di belakang nanti. Kemudian yang paling saya suka dari buku ini adalah karakter para tokohnya, setelah membaca beberapa artikel tentang webtoon Cat and Dog, saya jadi mengerti apa maksud dari judul tersebut. Seul Woo digambarkan sebagai kucing, dia terlalu misterius dan emosinya tidak terbaca. Sedangkan Yeong Woo sebagai si anjing yang polos, dia terlalu patuh dan manis.

Inilah yang menjadi pembeda Cat and Dog dengan buku bertema perjodohan atau kawin kontrak lainnya, melalui karakter para tokoh. Keduanya sama-sama menarik dan tidak ada yang berapi-api, kedua tokoh utamanya sama-sama pendiam. Yeong Woo menjadi yatim sejak kecil dan hanya diasuh oleh kakeknya, sedangkan Seul Woo menjadi korban keluarga broken home, ibunya sangat penuntut, hubungannya dengan Ha Yoon juga terlihat rumit. Saya sangat penasaran dengan perkembangan cerita ini, tentang asamara antara Yeong Woo dan Seul Woo, tentang perjalanan karir Seul Woo selanjutnya di dunia keartisan, kemudian kehadiran sahabat Seul Woo yang saya tebak akan ada sesuatu di belakang nanti, nggak sabar baca lanjutannya!

Bagian favorit saya adalah ketika Yeong Woo melihat Seul Woo menggendong seorang wanita dan pipinya berdarah, dia tidak menanyakan siapa wanita tersebut namun malah menanyakan apakah Seul Woo baik-baik saja, akkkkk, Yeong Woo terlalu baik hati. Kekurangan buku ini adalah saya agak kesusahan menghapalkan nama tokohnya, hahaha, tipikal kalau membaca buku Korea atau Jepang, susah XD.

Buat pecinta webtoon dan kisah cinta yang manis, kalian tidak boleh melewatkan buku ini, recommended dan bisa dibaca oleh kalangan remaja, tidak ada adegan dewasanya kok, terlebih serial ini akan diadaptasi ke layar kaca oleh MBC.

4.5 sayap untuk Cat and Dog.


10 komentar:

  1. Awal penasaran sama komik satu ini adalah karena mau diadaptasi ke sebuah drama. Penasaran ajah sama versi dramanya. Kemudian pengen banget band ingin versi drama dan komiknya.

    Waktu baca review ini dan tau bakal jadi series. Aduh gemesnyaaaaaa!!! Jadi makin penasaran deh. Bakal beli, pasti. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru, aku suka banget ceritanya, semoga nanti dramanya juga keren ya :)

      Hapus
  2. "buku ini direncanakan akan ada lima series, dalam satu bulan akan diterbitkan oleh Haru satu sampai dua buku"

    Kalimat di atas langsung jadi fokus utama. Nyiapin dana buat belinya ini yang bikin putar otak :"))
    Dan aku penasaran sama kisahnya gimana. Terus yang main drama ini siapa ya? *coba browsing, siapa tahu pemainnya itu aktor favorit*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kayaknya belum ada deh pemainnya, semoga terkenal semua :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Yang seri pertama sudah sejak awal tahun kemarin, bulan ini malah terbit seri kedua :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. bukunya udah realease dari bulan 2015, skrg udah sampe buku ke 4 :)

      Hapus
  5. Min nanya dong ini endingnya gimana
    Happy kahh??????
    Please kasih tau intinyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum baca sampai tamat, hehehe

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...