Senin, 09 November 2015

Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi by Herlina P. Dewi | Blog Tour, Book Review, Giveaway

Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi
Penulis: Herlina P. Dewi
Editor: Weka Swasti
Proof Reader: Carolina Ratri
Desain Cover: Teguh Santosa
Penerbit: Stiletto Book
ISBN: 978-602-7572-42-3
Cetakan 1, November 2015
228 halaman
Buntelan dari @Stiletto_Book
Berbagai masalah berkaitan dengan keuangan pribadi akan dibahas dengan detail dalam buku ini, seperti:
- Cara membuat dan mengelola anggaran
- Cerdas mengatur pengeluaran
- Menyiasaiti ‘pengeluaran nakal’ perempuan
- Pentingnya perempuan menabung
- Memilih produk asuransi dan investasi.
- Dan lain-lain

Bagi Anda yang sudah menikah, dalam buku ini juga dibahas keuangan suami-istri, yang menjawab berbagai pertanyaan, seperti:
- Apakah sebaiknya si istri tetap bekerja?
- Bagaimana mengelola anggaran keluarga?
- Pengeluaran apa yang bisa dipangkas?
- Dan lain-lain

Buku ini juga dilengkapi dengan kuis, tabel-tabel simulasi, serta contoh-contoh kasus yang sering dialami perempuan, sehingga akan sangat mudah dicerna dan dinikmati. So, say YES to financial freedom, Ladies!

Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi, sebuah buku yang sangat cocok untuk saya dan semua yang mengalami masalah keuangan, khususnya para perempuan. Setelah saya mendapatkan pekerjaan untuk pertamakalinya, sampai sekarang saya masih belum fasih dalam mengelola pemasukan dan pengeluaran keuangan, saya membutuhkan panduan agar semua terkontrol dengan baik. Perempuan terkenal dengan kebutuhan yang saya bilang tak terhingga, mulai dari belanja bulanan, baju, kosmetik, jalan-jalan atau nonton, belum hobi yang lain, dsb. Kalau tidak pandai-pandai mengatur keuangan, bisa jadi baru awal bulan gaji sudah ludes, alhasil kadang tidak segan untuk berutang.

Buku ini mengenalkan para perempuan dengan istilah financial freedom, kita bisa menikmati apa yang namanya belanja dan bersenang-senang namun terbebas dari utang, bahkan masih bisa menabung, semua bisa kita lakukan kok, kalau kita tahu cara-caranya. Dalam buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi karya Herlina P. Dewi ini kita akan dipandu secara step by step dalam mengatur keuangan, disampaikan secara ringan sehingga mudah untuk kita pahami dan cukup aplikatif alias gampang dipratekkan. Jadi, jangan skeptis dulu kalau mau membaca buku bisnis-keuangan, kalau disampaikan dengan baik bakalan tidak membosankan :D.
Punya tabungan tapi tetap bisa bersenang-senang? Kenapa tidak? Banyak kok cara yang bisa kita lakukan agar terbebas dari masalah keuangan. Istilah kerennya financial freedom, alias bebas secara finansial. Bebas di sini pun artinya sangat luas. Bebas dari utang yang menumpuk. Bebas dari bunga pinjaman yang menjerat. Bebas membelanjakan uang untuk kebutuhan. Dan, bebas bersenang-senang atas jerih payah sendiri.
Buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi terbagi menjadi lima bab, antara lain; 
Pentingnya Merencanakan Keuangan Pribadi
  1. Teknik Menyusun Anggaran
  2. Mengelola Keuangan Suami-Istri
  3. Mengelola Rekening Bank
Mengelola Pemasukan
  1. Mengelola Pendapatan Bulanan
  2. Mencari Penghasilan Tambahan
  3. Mengelola Tunjangan Hari Raya (THR)
  4. Manajemen Utang
Mengelola Pengeluaran
  1. Mengubah Kebiasaan Belanja
  2. Pengeluaran "Nakal" Perempuan
  3. Bijak Menggunakan Kartu Kredit
  4. Pengeluaran yang Bisa Dipangkas
Saatnya Berpikir Tentang Masa Depan
  1. Perempuan Harus Menabung
  2. Asuransi Itu Penting
  3. Memilih Produk Investasi
Aman Sepanjang Tahun
  1. Mitos-Mitos Seputar Uang
  2. Tujuh Masalah Keuangan dan Solusinya
  3. Resolusi Keuangan Bulanan
Dari semua yang disampaikan penulis, saya paling suka bagian Saatnya Berpikir Tentang Masa Depan, ada beberapa tips yang sudah saya praktekkan, salah satunya adalah hanya menggunakan dua bank saja, pertama untuk transaksi dan kedua hanya untuk menabung, walau masih ada ATM-nya juga sih, hehehe, setidaknya merupakan langkah yang benar yang sudah saya ambil. Jangka panjangnya ingin memilih asuransi yang tepat dan produk investasi, ada beberapa pilihan dan penjelasan yang bisa kita pertimbangkan. Untungnya saya tidak punya dan belum tertarik membuat kartu kredit, di mana fungsinya bisa dibilang hanya merugikan saja. Bagi kalian yang terlilit utang atau bingung bagaimana cara mengatasi tagihan kartu kredit, maka buku ini tidak boleh dilewatkan.

Selain berbagi tips mengatasi masalah keuangan, buku ini juga dilengkapi kuis (seperti kenali dirimu sendiri), tabel-tabel simulasi, things to do!, dan contoh-contoh kasus yang sering dialami perempuan. Jadi inget dulu kalau baca majalah pasti ada kuis semacam ini, sehingga bukunya terkesan ringan namun berbobot. Salah satu contohnya adalah ada dua tabel simulasi, istri bekerja dan yang tidak bekerja, akan terlihat perbedaan pengeluaran, pendapatan dan berapa saldo yang tersisa setiap bulannya, ada perbandingan diantara keduanya dan bisa menjadi pilihan berdasarkan kesepakatan suami-istri, tentu keduanya punya konsekuensi masing-masing yang tidak lupa penulis tuturkan juga.
Prinsip manajemen keuangan yang bagus adalah: tercatat dan terukur. Tercatat di sini maksudnya adalah semua pemasukan dan pengeluaran bulanan terdeteksi dengan baik, dengan cara mencatatnya. Sedangkan terukur maksudnya, semua pengeluaran yang Anda lakukan memang sudah ada dalam anggaran. Jadi, biasakan untuk mencatat semua pengeluaran harian Anda.
Anggaran bulanan adalah kuncinya, karena hal ini bisa membantu Anda mengontrol pengelolaan pendapatan Anda selama sebulan. 
Buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi adalah edisi revisi dan cetak ulang ganti cover dari buku sebelumnya yang berjudul Mengelola Keuangan Pribadi untuk Perempuan, saya belum baca versi pertamanya sehingga tidak bisa menjelaskan perbedaan apakah hanya tampilannya yang berbeda atau ada perombakan di bagian isi. Walau isinya cukup ringan dan mudah dipahamai, ada sedikit saran yang ingin saya berikan. Saya suka membaca buku non fiksi yang colour full, banyak ilustrasi atau infografis karena lebih menarik, tidak membosankan dan lebih mudah dipahami lagi, jadi saya berharap untuk buku Stiletto Book selanjutnya yang bertema non fiksi mungkin infografis bisa menjadi alternatif tambahan dalam tampilan buku agar semakin dilirik pembaca.

Buku ini recommended banget bagi yang sedang mengalami masalah keuangan atau ingin merencanakan keuangan sedari awal agar terbebas dari defisit atau utang yang menumpuk :D

3.5 sayap untuk penjelasannya yang simple ^^




Giveaway!
Stiletto Book menyediakan dua buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi dan merchandise berupa coin pouch, sesuai banget dengan tema buku ini, bisa dipakai untuk menyimpan uang ^^. Hadiahnya untuk dua pemenang yang berdomisili di Indonesia dan tentu saja pembaca setia Kubikel Romance.
Syarat dan ketentuan
  1. Follow blog Kubikel Romance via Google Friend Connect (GFC)
  2. Follow akun twitter @Stiletto_Book dan @peri_hutan
  3. Like Fanpage Stiletto Book di https://www.facebook.com/stiletto.book?fref=ts
  4. Share giveaway blog tour ini di media social kamu dengan mention Stiletto Book dan saya, jangan lupa hastag #CerdasMengelolaKeuanganPribadi
  5. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar, "Dari semua bab di atas, mana yang bikin kamu penasaran? Sertakan alasannya juga ya".
Format jawabannya adalah:
Nama: 
Akun twitter:
Link Share:
Jawaban:

Sudah itu aja nggak usah ribet-ribet. Giveaway berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 12 November 2015. Pengumuman pemenang pada tanggal 13 November 2015 di postingan ini juga pada pukul 12.00. Buku dan merchandise akan dikirimkan langsung oleh Stiletto Book. Ayo buruan ikut, bukunya bermanfat banget bagi yang masih single maupun yang sudah berkeluarga. Setelah Kubikel Romance, blog tour Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi akan singgah di blognya Dwi Aryanti, stay tune dan semoga beruntung ^^


*UPDATE*

Haiiii, waktunya pengumuman pemenang, kali ini nggak susah banget sih ya karena yang ikutan sedikit, tapi nggak pa-pa, saya seneng kok dengan antusias kalian, mungkin karena buku non fiksi jadi kurang peminatnya tapi nggak bakalan nyesel deh baca buku ini, ada tambahan hadiah kece lagi :D. Berikut kedua nama pemenang yang beruntung mendapatkan buku Cerdas Mengelola Keuangan Pribadi dan coin pouch:

Tri Indah Permatasari
@LiebeIs0503

dan

Nama: Lutfi A
@lutfixx

Selamat ya untuk kalian berdua, nanti akan saya konfirmasi lagi untuk pengiriman hadiah. Buat yang belum beruntung jangan bersedih, masih banyak giveaway di Kubikel Romance, bahkan setiap minggu ada! (Lihat jadwal di bagian sidebar yang berjudul Save The Date) Jadi jangan patah arang, follow terus blog ini dan twitter @peri_hutan untuk update terbaru :D

14 komentar:

  1. Nama: Ayatin Anisa
    Akun twitter: @tenchoQ
    Link Share: https://mobile.twitter.com/tenchoQ/status/663624537007767552

    Jawaban:Saatnya Berpikir Tentang Masa Depan
    Perempuan Harus Menabung
    Asuransi Itu Penting
    Memilih Produk Investasi
    Alasannya krn saya yg bergoldar B tergolong boros.eh,maaf bawa2 goldar
    bahkan kalo liat yg merah2 d dompet kebelet aja dibuang utk jajan.dan akhir2 ini baru sadar butuh cadangan uang ketika tiba2 sakit dan pekerjaan tidk lancar aliran gajinya :(
    Dan klo pun pny tabungan,seolah beberapa tahun ke depan ,harganya udah ga sebanding skrg.jd investasi benar2 bak pahlawan di masa depan. Lagipula wanita itu banknya keluarga,hd harus bs memanage keuangan kelurga

    BalasHapus
  2. Paling penasaran bab Saatnya Bepikir Tentang Masa Depan biar setelah baca, jadi punya ide bagusnya investasi atau bisnis apa gitu yang bisa diandalkan untuk masa depan yang betul-betul bisa diaplikasikan.

    Nama: Dian Maya
    Domisili: Makassar
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/663621198052392962

    BalasHapus
  3. Yennesy Damayanti
    Padang
    @chi_yennesy
    Penasaran sama bab,
    Mengelola Pengeluaran, karena yang namanya karyawan, pendapatan tiap bulan itu sudah terukur, tinggal pengeluarannya yang masih susah di rem. Pada poin 1.Mengubah Kebiasaan Belanja, aku tu pengen gimana merubah gaya hidup konsumtif yang biasanya terjadi
    2.Pengeluaran "Nakal" Perempuan, lapar mata, ini yang gaswaaaat banget, need help.
    3.Bijak Menggunakan Kartu kredit-sampai sekarang gak berani punya kartu Kredit krn takut malah gak bisa bayar
    4.Pengeluaran yang Bisa Dipangkas, ini yang pengen banget dipahami, supaya ada bagian yang bisa ditabung.
    Tolong, aku konsumtif akut. :))
    link share https://mobile.twitter.com/chi_yennesy/status/663670920565813248?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8695367471

    BalasHapus
  4. Nama: Nadia P.
    Akun twitter: @Nadia48nafla
    Link Share: https://twitter.com/Nadia48nafla/status/663674319965294592
    Jawaban:
    Bab Mengelola Pengeluaran, alasannya simple, pengin tahu cara mengelola pengeluaran dengan baik dan benar, dan biar bisa lebihnya lebih ngirit (biasa anak kuliah) sama menekan pengeluaran. Aku lebih penasaran lagi sama sub-bab Pengeluaran "Nakal" Perempuan. Biasa aku, tiap tabungan udah numpuk dan memenuhi target langsung deh ludes dalam sehari, padahal udah diniatin cuma pakai setengahnya aja. Eh, ada barang yang menggoda dompet dan itu diluar rencana, takut nyesel jadi kepincut deh beli. Apakah itu termasuk pengeluaran "nakal"?
    Dan sepertinya buku ini cocok buat kasus-kasus seperti aku. Bab lain juga tak kalah bikin penasaran.

    BalasHapus
  5. Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503
    Link share: https://twitter.com/LiebeIs0503/status/663731195742588929

    Untuk masalah pengelolaan atau mengatur pendapatan dan pengeluaran atau bahkan mencatat semuanya. Aku sudah sedikit memahaminya karena aku adalah anak Ekonomi Akuntansi. Karena itu dari kelima bab di buku ini aku lebih tertarik pada bab ke-4 Saatnya berpikir tentang masa depan. Pada sub-bab 2 dan 3, dimana aku memang sedang memikirkan hal itu. Asuransu dan Investasi. Sesuatu yang simple tapi sangat penting. Dan harus benar-benar diperhatikan detailnya dan manfaatnya ke depan. Ku harap bisa mendapatkan solusi terbaik saat membaca buku ini nanti. Apalagi ada saudara dan teman yang suka nawari asuransi, aku bingung yang terbaik itu yang seperti apa. Semoga aku mendapatkan jawabannya di buku #CerdasMengelolaKeuanganPribadi ini.

    BalasHapus
  6. Diki Siswanto
    @diki_twips
    https://twitter.com/diki_twips/status/663597166146007040

    Dari semua bab, aku tertarik sama bab "Aman Sepanjang Tahun". Alasannya: karena di bab itu ada pembahasan tentang masalah keuangan dan solusinya. Harapannya sih agar apa yang dibahas di bab itu bisa memberi pencerahan kepadaku untuk bisa mengatasi masalah masalah keuangan. Karena sebagai anak sekolah, saya sering dilanda masalah keuangan. Dan itu menuntutku untuk bisa berhemat dan tahu cara yang tepat mengatasinya.

    BalasHapus
  7. Nama: Aulia
    Akun twitter: @nunaalia
    Link Share: https://twitter.com/nunaalia/status/664277028703756289
    Jawaban:
    Dari semua bab di atas, yang bikin penasaran Bab Aman Sepanjang Tahun. Dari judulnya aja jadi pengen tahu trik-trik bagaimana bisa aman dalam keuangan sepanjang tahun, pasti asik banget! :D
    Ditambah lagi ada solusi tentang Masalah Keuangan, juga Resolusi Keuangan Bulanan. Gak sabar banget pengen tau teori-teorinya, trus diterapin langsung! ;)

    BalasHapus
  8. Nama: Lutfi A
    Akun twitter: @lutfixx
    Link Share: https://twitter.com/lutfixx/status/664282634973921280
    Jawaban: Mengelola pengeluaran 'nakal' perempuan.
    apa aja sih pengeluaran 'nakal' perempuan? paling penasaran sama bab itu. penasaran kedua tentang mengelola keuangan suami-istri. Mungkin dengan membaca kedua bab itu, akan nambah ide tentang pengelolaan keuangan. Yang jujur saja, masih belum benar mengelolanya saya. Nggak sampai besar pasak dari tiang, tapi tidak terkontrol. Yah, entah bagaimana semoga saya beruntung kali ini :D

    BalasHapus
  9. Nama : Rizky Mirgawati
    Akun twitter : @RizkyMirgawati
    Link Share : https://twitter.com/RizkyMirgawati/status/664663751061204992
    Jawaban:
    Penasaran sama Bab I Pentingnya Merencanakan Keuangan Pribadi, terutama bagian Mengelola Keuangan Suami-Istri, bagaimanapun sebagai istri dan ibu bekerja, aku harus pandai-pandai mengelola keuangan baik pendapatan pribadi maupun suami, menempatkan ke pos-pos yang sesuai, sehingga tidak besar pasak daripada tiang, makanya membutuhkan kiat-kiat atau tips untuk perencanaan keuangan yang matang :)

    BalasHapus
  10. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/664757280764743680

    Bab mengenai mengelola pengeluaran. Sampai saat ini saya gak tau kemana gaji saya pergi tiap bulannya.
    Mungkin karena adanya pengeluaran "nakal" kali ya. Itu sebabnya saya ingin baca buku ini. Manatau dengan
    membaca buku ini saya jadi tau seperti apa pengeluaran "nakal" itu dan mungkin saya sering melakukannya... :D

    BalasHapus
  11. Nama: Anggun P. W
    Akun twitter: @anggunpw
    Link Share: https://twitter.com/anggunpw/status/664845944513560576

    Aku pengen penasaran baca yang bab "Pentingnya Merencanakan Keuangan Pribadi" karena menurut aku kayaknya itu basic yang perlu dipahami untuk pengelolaan uang. sama yang sub bab manajemen utang, hmmm..kenapa ya masuk dalam pengelolaan pemasukan? utang apa yang dimaksud disini? semacam investasi kah yang bisa jadi keuntungan?hehehe saya awam masalah keuangan

    BalasHapus
  12. Nama: Rany Dwi Tanti
    Akun twitter: @Rany_Dwi004
    Link Share: https://mobile.twitter.com/Rany_Dwi004/status/664845586684772352?p=v

    Dari semua bab di atas, mana yang bikin kamu
    penasaran? Sertakan alasannya juga ya.

    Mengelola Pendapatan Bulanan. Seperti kata kak Sulis 'Perempuan
    terkenal dengan kebutuhan yang tak terhingga, mulai dari belanja bulanan, baju, kosmetik, jalan-jalan atau nonton, belum hobi yang lain, dsb. Kalau tidak pandai-
    pandai mengatur keuangan, bisa jadi
    baru awal bulan gaji sudah ludes' Ini yang saya alami. Banyak pengeluaran yg terbilang 'nakal' seperti tentang pengeluaran pemenuhan hobi saya. Karena suka buku, setiap gajian, otak saya langsung berpikir untuk membeli buku baru. Padahal buku yang bulan lalu baru dibeli belum dibaca. Belum lagi nanti kalau ada keinginan buat beli baju. Ughh dompet langsung nangis deh. Sempet buat berniat stop untuk mikirin hobi dan berpikir utk menabung. Tapi nggak bisa bertahan lama. Keinginan untuk beli ini itu selalu muncul di otak. Saya juga sudah membuat perencanaan pengeluaran. Berusaha mengelola pendapatan bulanan dengan baik, namun mungkin karena belum tau cara yg benar, hasilnya juga nggak begitu memuaskan. Tetap saja ada pengeluaran2 kecil yg nyusup-nyusup keluar. Karena kurang bisa mengelola pengeluaran bulanan dgn baik akibatnya saya sempat stress dan pusing sendiri. Saya juga ingin menabung utk masa depan, namun kalau saya saja masih keteteran mengelola keuangan itu sendiri, takutnya nanti keinginan itu cuma jadi angan-angan.

    BalasHapus
  13. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Rose Anna, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (roseannamoore70@gmail.com)

    BalasHapus
  14. Halo,
    Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (Oliviadaniel93@gmail.com)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...