Kamis, 29 Oktober 2015

P.S. I Still Love You by Jenny Han | Blog Tour, Book Review, Giveaway

P.S. I Still Love You (To All the Boys I've Loved Before #2)
Penulis: Jenny Han
Penerjemah: Airien Kusumawardani
Penyunting: Selsa Chintya
Proofreader: Titish A.K
Penerbit: Spring
ISBN: 978-602-71505-3-9
Cetakan pertama, September 2015
356 halaman
Buntelan dari @penerbitspring
Bisa dibeli di @bukupediacom
Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter. Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi. Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.
Awalnya Lara Jean berpacaran dengan Peter untuk membuktikan kepada Josh kalau dia sudah tidak punya perasaan lagi pada mantan pacar kakaknya itu, sedangkan Peter sendiri ingin membuktikan kepada Genevieve bahwa dia sudah bisa move on pasca mereka putus. Namun, siapa yang menyangka kalau hubungan yang tadinya berpura-pura menjadi kenyataan, mereka saling jatuh cinta! Berkat dukungan Margot, Lana Jean memantapkan diri menulis surat cinta kepada Peter, kali ini dia akan mengirimkannya secara langsung, Lara Jean tidak ingin menyesal. Apakah masalah beres begitu saja? Bukan Lara Jean kalau kehidupannya tidak menarik dan penuh warna.

Masalah pertama datang sehari sebelum sekolah dimulai, setelah libur natal dan tahun baru. Ada akun Instagram bernama Anonybitch, akun tanpa nama yang memuat foto dan video menghebohkan dari orang-orang yang bermesraan dan mabuk-mabukan di pesta-pesta yang diadakan di sekitar kota, tidak ada yang tahu siapa pemilik akun tersebut. Chris, sahabat Lara Jean menyuruh membuka akun tersebut, di postingan terbaru ada video seorang cowok dan seorang cewek sedang berciuman di pemandian air panas, adegan yang mereka berdua lakukan sangat panas, video tersebut agak buram namun siapa yang melihat bisa mengenali, mereka berdua adalah Lara Jean dan Peter Kavinsky. 

Langsung saja menjadi berita heboh seantero sekolah, Lara Jean yang terkenal cewek baik-baik kini namanya tercoreng, semua mata memandang dirinya, menganggapnya sebagai cewek jalang. Peter sendiri tidak diam begitu saja, dia akan menemukan pelaku dan menghapus video tersebut, dia akan melindungi Lara Jean. Tetap saja orang-orang memandang Lara Jean dengan tatapan berbeda. Memang tidak adil, mereka berdua yang mengalami namun hanya Lara Jean yang 'dilihat'. 
"Jangan biarkan ini terjadi padamu, Lara Jean. Jangan terlalu serius sampai-sampai hubungan kalian tidak bisa kembali seperti semula. Kau boleh jatuh cinta pada Peter kalau kau mau, tapi berhati-hatilah dengan hatimu. Semua terasa seolah akan berlangsung selamanya, tapi sebenarnya tidak. Cinta bisa pergi atau orang-orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi. Tidak ada yang dijamin tidak akan berubah."
Masalah kedua adalah Lara Jean masih saja membanding-bandingkan hubungannya dengan Genevieve, ketika dia masih menjadi pacarnya Peter. Lara Jean seharusnya tidak membandingkan hubungan satu dengan yang lain, dia selalu berprasangka kalau Peter masih memiliki perasaan pada mantan sahabatnya, dia selalu curiga bila Peter mendapatkan pesan atau telepon dari seseorang. Awalnya biasa saja, tetapi lama-kelamaan menjadi bom waktu untuk hubungan mereka.

Masalah ketiga adalah Lara Jean mendapatkan surat balasan dari John Ambrose McClaren, satu dari lima orang yang pernah dia kirimi surat cinta. Lara Jean tidak pernah menyangka kalau surat tersebut sampai ke tangan John, dia mengira hilang karena John pindah rumah. Mereka akhirnya saling berkirim surat, Lara Jean senang bisa berhubungan dengan John lagi, selain itu dia juga ingin sesekali Peter cemburu padanya, bukan hanya dia saja yang merasakan perasaan tersebut.

Kemudian rumah pohon tempat Lara Jean dulu bermain yang letaknya tidak jauh dari rumahnya akan dirobohkan, tempat tersebut mempunyai kenangan yang dalam, terlebih sewaktu Lara Jean masih bersahabat dengan Genevieve. Bahkan bersama Genevieve, Peter, Chris, Allie, Trevor dan John Ambrose McClaren, dulu mereka mengubur Kapsul Waktu, menyimpan harta karun paling berharga ketika kelas 7 dan selepas SMA mereka akan menggali dan membukanya secara bersama-sama serta bermain Assasins. Kini hubungan mereka tidak sama lagi, sebelum semua kenangan yang indah hilang, Lara Jean ingin mengadakan perayaan pembukaan Kapsul Waktu, mengundang orang yang terlibat, dan apakah akan mengubah segalanya?
Tumbuh dewasa rasanya benar-benar banyak suka dukanya.
Puas sekali membaca sekuel dari To All the Boys I've Love Before ini, sejak bagian pertama sampai akhir selalu saja ada cerita yang menarik dari kehidupan Lara Jean Song Covey, benar-benar tidak membosankan. Saya sangat suka bagaimana penulis membangun hubungan antara Lara Jean-Peter-John serta Lara Jean dengan keluarganya, selain kocak ada adegan yang menyentuh juga, sangat emosional. Betapa kompak Song bersaudara menghadapi permasalahan yang ada di sekitar mereka, mereka saling membantu, misalkan saja ketika Lara Jean tersandung video panas, Margot berusaha mengatasi dan mengurangi kepanikan adiknya tersebut, kemudian niat Kitty yang ingin menjodohkan ayahnya, dan ketika ayah Lara Jean mengetahui videonya dengan Peter, dia tidak langsung menyalahkan, malah menyediakan bahunya untuk bersandar, agar anaknya kuat, tidak menanggung semua sendirian.
Daddy meraih tanganku dari pangkuan dan menggenggamnya. "Menyakitkan rasanya saat tahu kau tidak datang padaku ketika keadaan di sekolah sangat berat untukmu. Aku tahu kau sedang punya masalah, tapi aku tidak mau terlalu mendesakmu. Aku selalu berusaha berpikir apa yang akan ibumu lakukan kalau dia ada di sini. Aku tahu itu tidak mudah, karena kau hanya punya seorang ayah untuk diajak bicara-" Suara Daddy serak, dan tangisku semakin deras. "Tapi aku selalu berusaha. Aku sungguh-sungguh berusaha."
Mambaca bagian ini, mata saya berkaca-kaca, menyentuh sekali. Interaksi Lara Jean dengan keluarganya tidak boleh dilewatkan, salah satu aspek yang menarik dari buku ini, tidak hanya membahas kisah cinta Lara Jean, ikatan dengan keluarganya yang tidak sempurna sangat dalam, mereka saling melengkapi. Dari semua tokoh keluarga Song Covey, favorit saya adalah Katherine atau Kitty! Dia anak yang ajaib sekali, dewasa sebelum waktunya, penyuka film horor, tidak jarang bicaranya mengandung sarkasme, tetapi apa yang dia katakan benar adanya. Salah satu adegan yang cukup manis adalah ketika Lara Jeans berjanji membuatkan kue cupcake pada acara bazar POMG sebagai hadiah cake walk di sekolah Kitty.

Melihat hubungan Lara Jean dengan Peter, memang tidak mudah menjalin hubungan dengan cowok populer, terlebih mantan pacarnya yang merupakan cewek populer selalu menempel dan memberikan sinyal untuk balikan, membuat Lara Jean tidak bisa percaya seratus persen pada Peter, namun sejak awal mereka ingin hubungan yang jujur, tidak saling melukai, dan Peter sendiri mengatakan kalau hubungannya dengan Lara Jean berbeda ketika dia berpacaran dengan Genevieve. Kepercayaan menjadi ujian paling pokok dalam hubungan mereka.

Sedangkan hubungan Lara Jean dengan John, saya melihat seperti sahabat pena, saya suka sekali dengan interaksi mereka berdua, manis. Mulai dari saling berkirim surat, bekerjasama dalam permainan Assains, sampai menghadiri pesta USO, pesta yang bertema Perang Dunia Kedua, sepertinya penulis suka sekali dengan pesta kostum, di buku pertama juga ada :D. Dan hubungan Lara Jean dengan Genevieve, sangat realistis sekali! Cara penulis menyelesaikan masalah diantara Lara Jean-Margot-Josh juga memuaskan, semua orang akan menjadi dewasa :D

Banyak adegan favorit di buku ini, salah satunya ketika Peter mengajak kencan pertama kali Lara Jean ke bioskop, romantis sekali dan membuktikan kalau Peter diam-diam memperhatikan kesukaan pacarnya :D
Peter tertawa. "Kau pikir aku akan membiarkan seorang cewek membayar makanan di kencan pertamanya?" Peter mengembungkan dadanya dan berbicara keapda kasir, "Kami pesan satu popcorn medium dengan mentega dan bisakah kau menuangkan menteganya berlapis-lapis? Lalu satu permen Sour Patch Kids dan sekotak cokelat Milk Duds. Tambahkan satu Cherry Coke kecil."
"Bagaimana kau bisa tahu kalau itu yang kumau?"
"Aku memperhatikanmu lebih baik dari yang kau kira, Covey."
Well, kalau kamu penasaran bagaimana akhir dari kisah cinta Lara Jean Song Covey dan ingin mengetahui betapa solid-nya keluarga Song Covey, maka buku ini wajib kamu baca. Banyak hal yang ditawarkan penulis, seperti proses pendewasaan, suka duka cinta pertama, bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain, entah itu lawan atau orangtua. Banyak yang bisa kita dapatkan ketika membaca buku ini, sangat recommended bagi pecinta genre young adult. Terjemahannya juga bagus sekali dan senang penerbit Spring mempertahankan cover asli ^^

4.5 sayap untuk Song bersaudara.




Saatnya giveaway! Ada dua macam giveaway, boleh ikut satu atau keduanya, kalau ikut keduanya kesempatan menang akan semakin besar, jadi baca baik-baik ya rules-nya :D

Giveaway pertama.
Ada satu buku P.S I Still Love You untuk dua pembaca setia Kubikel Romance, yap! Kali ini ada dua pemenang. Syaratnya seperti biasa, khusus yang berdomisili di Indonesia saja ya :D
  1. Follow Kubikel Romance via Google Friend Connect (klik sign in atau join this side di sidebar yang berjudul The Readers), boleh juga follow bloglovin dan G+, lebih banyak lebih baik :D

  2. Follow
  3. Follow akun twitter @penerbitspring dan @peri_hutan
  4. Share link postingan ini di sosial media yang kamu punya, minimal sekali, boleh juga mention penerbit atau saya, jangan lupa pakai hastag #PSIS ya :)
  5. Di kolom komentar tulis nama, akun twitter, dan link share kamu. Udah itu aja, gampang banget kan? Boleh juga memberi komentar akan buku ini atau kenapa kamu pingin baca :D
Giveaway berlangsung selama dua minggu, berakhir pada tanggal 12 November 2015, sedangkan pengumuman pemenang akan saya posting di sini juga, segera setelah mendapatkan konfirmasi dari penerbit, menghindari pemenang yang dobel ^^


Giveaway kedua.
Berupa kuis Finale, kuis terakhir yang akan diadakan oleh penerbit Spring. Hadiahnya berupa buku P.S I Still Love You dan paket dari Emerald Green Label, kece kan?

Mekanismenya, kalian harus mengumpulkan semua jawaban dari pertanyaan setiap host blogtour. Kemudian simpan jawaban kalian, jangan tulis di kolom komentar. Jika semua sudah terkumpul, susun semua pertanyaan beserta jawabannya ke dalam satu image. Kirim deh ke @penerbitspring.

Bingung? Kalau masih bingung silahkan tanya ke @peri_hutan, tidak usah sungkan :)

Nah, pertanyaan dari blog Kubikel Romance adalah:


Kalau kalian benar-benar membaca review saya di atas pasti bisa menjawabnya :p

Berikut daftar host blogtour P.S I Still Love You, temukan jawaban di masing-masing host :D
15 Oktober: Biondy Alfian - http://kireinasekai.blogspot.com/
17 Oktober: Fikriah Azhari - http://fikriah-bookaddict.blogspot.co.id
19 Oktober: Nurina Widiani - http://kendengpanali.blogspot.co.id/
21 Oktober: Neski Andyni - http://escapeintofantasyworld.blogspot.com/
23 Oktober: Fransisca Susanti - http://www.bookluvluv.blogspot.com
25 Oktober: Rany Dwi Tanti -  http://mizukeume.blogspot.com
27 Oktober: Dini Y. Nurhasanah - http://dhynhanarun.blogspot.com
29 Oktober: Sri Sulistyowati - http://www.kubikelromance.com/
31 Oktober: Dian S Putu Amijaya - http://dianputu26.blogspot.com/

2 November: Neneng Lestari - http://ntarienovrizal.blogspot.com
4 November: Tri Indah Permatasari - http://www.utsukijurnal.blogspot.co.id/
6 November: Abduraafi Andrian - http://bibliough.blogspot.com
8 November: Athaya Irfan - http://palapakelapakepala.blogspot.co.id
10 November: Maggie - http://iamnumberthirteen.blogspot.com

Oh ya, setelah P.S I Still Love You ini, penerbit Spring akan menerbitkan bukunya Rainbow Rowell, Attachments! Nggak sabar banget buat baca, berikut penampakan covernya, belum final tapi tetep terlihat kece, kan? :p


Good Luck ya! :D

*UPDATE*

Hai halooo, saatnya pengumuman, setelah memberikan nama-nama pilihan dan disetujui admin Haru, berikut dua orang yang beruntung di Kubikel Romance:

Tasya
@tasyaamanda95

dan

Ananda Nur Fitriani
@anandanf07

Selamat ya! Nanti saya akan menghubungi kalian untuk konfirmasi pengiriman hadiah. Buat yang belum beruntung kalian masih bisa berkesempatan mengikuti kuis Finale yang hadiahnya lebih kece atau bisa juga ikut giveaway lain di Kubikel Romance, jadi jangan bersedih. Setelah blog tour ini akan ada giveaway buku wedding lit: Menikahlah Denganku, pantengin terus ya, jangan lupa follow Kubikel Romance dan @peri_hutan karena merupakan syarat utama, percaya deh nggak bakalan rugi! :D


54 komentar:

  1. Naning Pratiwi
    @chelseas_lovers
    https://twitter.com/chelseas_lovers/status/659564198402260993

    Aduh.. Semuanya pakai 4 bintang.. Jadi penasaran kak. Tapi reviewnya memang keren :D :D

    BalasHapus
  2. Nama : Esti Sulistyawan
    Twitter : @estisulistyawan
    Url share : https://twitter.com/EstiSulistyawan/status/659574504826388480

    BalasHapus
  3. Nama: Ramadhanti Noor
    Twitter: @RamadhantiNr
    Link share: https://mobile.twitter.com/RamadhantiNr/status/659573883444445184?p=v

    BalasHapus
  4. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/659563352914591748

    Kak Sulis, tumben nih post review dan giveaway digabung jadi satu? biasanya kalau blogtour dari Haru atau Spring selalu dipisah jadi dua. hehehe. tapi nggak apa-apa, enakan begini aja Kak. :D
    as always deh kalo Kak Sulis ngasih 4,5 sayap itu berarti bukunya dibaca sampe hampir lecek yes. hampir, belom sampe lecek banget. worth to read. mau banget lah Kak. nggak puas banget kalo cuma namatin buku yang pertama aja. hihihi. makasih banyak Kak. ;)

    BalasHapus
  5. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/659586845601218560

    Banyak banget yang sudah buat review novel ini, makin lama makin penasaran dengan kisahnya.
    Kalau semua udah baca, aku juga mau baca, makanya harus banget dapat novel ini! :D

    BalasHapus
  6. Nama : elia
    Twitter : @eliamareta
    Link : https://www.twitter.com/eliamareta/status/659590407412559872

    BalasHapus
  7. Nama : Tasya
    Twitter : @tasyaamanda95
    Link share : https://twitter.com/tasyaamanda95/status/659602431987200000

    Alasan buat dapetin GA ini :
    1. Penasaran banget sama Sequel ini, premis nya bagus.
    2. Pantang nyerah karena ga menang terus di GA-GA sebelumnya dan GA di blog tetangga

    Mudah-mudah rezeki nya perantara dari Sulis :)

    BalasHapus
  8. jadi tertarik ikutan ni, kayaknya asyik namatin buku dalam satu periode

    BalasHapus
  9. Nama: Ridho Maulana Dirgantara
    Twitter: @Ridhodirgan
    Link: https://twitter.com/RidhoDirgan/status/659678115497508864

    BalasHapus
  10. Nama : Safitri Ariyanti
    Akun Twitter : @safitriariyanti
    Link share:
    Twitter : https://twitter.com/safitriariyanti/status/659712197380038658
    Facebook : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=838911006221518&id=100003078780892

    Meleleh. Udah gak tahu lagi mau komen apa. Semakin banyak baca review-nya, semaki besar keinginan buat baca novelnya. Apalagi Kak Sulis selipin dialog dari Ayah Lara Jean. Aku selalu terharu ketika baca sesuatu yang menggambarkan hubungan seorang putri dengan ayahnya. Aku iriii. :')

    BalasHapus
  11. Nama : Veny
    Twitter : @yutakaNoYuki
    Link : https://twitter.com/yutakaNoYuki/status/659733989557604352

    Hal yang mencolok buatku dari novel ini adalah covernya yang manis, ya modelnya ya suasana dari covernya :)

    BalasHapus
  12. Nama : Febriyani Syafri
    Twitter : @fHEyui
    Link tweet : https://twitter.com/fHEyui/status/659751528832495616

    BalasHapus
  13. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link Share: https://twitter.com/DiddySyaputra/status/659766001429409792

    "Cinta bisa pergi atau orang-orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi. Tidak ada yang dijamin tidak akan berubah." That's right! Quotes ini benar-benar menohok. Terkadang kita seringkali berharap lebih terhadap sesuatu yang sebenarnya kita tak layak untuk menentukan ujung dari kesimpulan yang akan terjadi. Karena adanya manusia bukan sebagai penentu. Melainkan lebih sebagai peluru yang harus siap ke mana saja ia akan dilesatkan. Harus!

    Lagi-lagi, dibuat fallin love dengan review Kak Sulis. Jujur, aku bukan tipe cowok romantis. Tapi, abis baca review P.S. I Still Love You, kok ngerasa punya chemistry dengan tokoh rekaan Jenny Han ini. Oaaa, berharap bisa menikmati karyanya ^(>_<)^

    BalasHapus
  14. Nama=Nurlis
    twitter=@talaonurlis1
    Link tweet=https://twitter.com/talaonurlis1/status/659920628573585408


    Aku pengin buku ini karna dari review nya novel ini tidak hanya tentang lara jean dan sang lelaki pujaannya,namun juga tentang keluarga yang slalu ada saat lara jean terpuruk dan tentang haru biru persahabatan lara jean.

    BalasHapus
  15. Nama : Bintang Permata Alam
    Twitter: @Bintang_Ach
    Link share: https://twitter.com/Bintang_Ach/status/659947709487386624

    Terima kasih ^_^

    BalasHapus
  16. Nama: Putri Prama Ananta
    Twitter: @putripramaa
    Link Share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/659981944243929088?p=v

    Suka deh baca review-mu, Kak. Apalagi sekarang backgroundnya putih, makin terang deh >_< Btw, cewek di #TAtBILB sama #PSISLY ini memang beda atau kelihatan beda karena difoto dari angle yg berbeda?

    BalasHapus
  17. Nama : Meilina Istanti
    Twitter : @meic_chan
    Link share : https://twitter.com/Meic_Chan/status/660026466512429056

    Terima kasih, saya sangat ingin baca buku P.S. I Still Love You karena gak ada alasan yang berguna untuk menunda ataupun menolak membaca buku ini. Karena buku P.S. I Still Love You terlalu berharga untuk dilewatkan :D

    BalasHapus
  18. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/660270928375320576

    Alasan pengen dapet P.S. I Still Love You, biar seri cerita cinta Lara Jean yang aku punya lengkap. Plus, penasaran sama tokoh cowok baru, John.

    BalasHapus
  19. Nama: Akhfhin
    Twitter: @afingleek
    Link share: https://twitter.com/afingleek/status/660328892448661504

    Sebenernya udah baca, tapi pengen baca ulang di versi bahasa indonesianya! dan juga aku pengen punya buku fisiknya soalnya waktu itu bacanya pinjem punya temen huhu

    BalasHapus
  20. Nama : Zaza Dwiastuti Arfah
    Akun twitter : @zazadwi
    Link share : https://mobile.twitter.com/Zazadwi/status/660344859174174720?p=v
    Cuma satu kata buat riviewnya kak "panjang banget" T_T
    Kalo saya pengen baca bukunya sih karena saya belum pernah baca terbitan Spring *kasian banget*
    buat nambah koleksi juga hehe
    Ps. Saya cuma follow lewat bloglovin, saya nggak punya akun GFC soalnye ><

    BalasHapus
  21. Asy-syifaa - @asysyifaahs - https://twitter.com/asysyifaahs/status/660627888589279232

    Disini mah makin nambah penasaran ah, bisa-bisa makin lama jadi makin tahu plotnya gimana xD



    Eh btw, aku baru inget ada yang mirip Kak Sulis wajahnya, tahu pacarnya Kevin Anggara *coba cek @marthaapatricia, kalau aku gak siwer, wajah kakak rada mirip* *ini mah apa*

    BalasHapus
  22. Nama: Manshur
    Twitter: @manshuri_yusuf
    Link share:https://twitter.com/manshuri_yusuf/status/660661495575871488

    Dari reviewnya tampaknya akan sangat menarik untuk menuntaskan membaca buku ini, plus menguras emosi tentunya :D

    BalasHapus
  23. Nama: pramestya
    Twitter: @p_ambangsari
    Link: https://mobile.twitter.com/p_ambangsari/status/660697416924950529

    Semoga usahaku nggak sia-sia. Semoga bisa cepetan tahu gimana cerita Lara Jean dan Peter selanjutnya, nggak cuma baca review yang bikin mupeng tapi harus baca sendiri.

    BalasHapus
  24. Nama: Elsita F. Mokodompit
    Twitter: @sitasiska95
    Link share https://twitter.com/sitasiska95/status/660740732383182848
    Alasan pengen dapat bukunya karena aku lagi kekurangan stock bacaan dan aku juga penasaran sama novelnya. Kata P.S I Still Love You bikin flashback sih hehe

    BalasHapus
  25. Nama: Laura Lidya Monica Putri
    Twitter: @LauraLmcP
    Link share: https://twitter.com/LauraLmcP/status/660842871646367744

    Terima kasih telah mengadakan GA-nya kak.
    Semakin penasaran dengan kelanjutan kisah Lara Jean dan pemeran baru, John.
    #TeamPetter

    Hhee... abaikan hastag diatas ya kak.
    salam kenal.

    Wish me luck.
    Bismillah...

    BalasHapus
  26. Lutfi A, @lutfixx
    link share : https://twitter.com/lutfixx/status/660768033275670529

    ini adalah alasan kenapa aku ingin membaca buku ini
    Daddy meraih tanganku dari pangkuan dan menggenggamnya. "Menyakitkan rasanya saat tahu kau tidak datang padaku ketika keadaan di sekolah sangat berat untukmu. Aku tahu kau sedang punya masalah, tapi aku tidak mau terlalu mendesakmu. Aku selalu berusaha berpikir apa yang akan ibumu lakukan kalau dia ada di sini. Aku tahu itu tidak mudah, karena kau hanya punya seorang ayah untuk diajak bicara-" Suara Daddy serak, dan tangisku semakin deras. "Tapi aku selalu berusaha. Aku sungguh-sungguh berusaha."

    dan aku suka pada karakter yang selalu berusaha. dan keluarga Song yang ingin kupelajari bagaimana cara koping mereka terhadap berbagai masalah, tentunya bagaimana bonding Song bersaudara. Semoga aku beruntung

    BalasHapus
  27. Isnaini Alfazcha
    @isnalfa
    https://twitter.com/isnalfa/status/661193129458991105

    karena lagi hits aja kali yaaa. saya suka baca novel dan suka cari tau novel2 baru. dan bersyukur banget follow beberapa bolger yg update novel2 baru itu

    BalasHapus
  28. Nama: Indah Meilina Rahayu
    Twitter: @indahmeilina06
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/IndahMeilina06/status/661196850293157888?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C1983435802
    Hai Sulis salam kenal izin ikutan giveawaynya ya.
    Saya suka dengan review darimu untuk novel-novel lainnya, gaya bahasamu mudah dipahami jadi enak saat dibaca, sebelum beli novel aku suka mampir di blogmu sebagai patokan untuk beli buku-buku yang oke. Pertahankan ya gaya bahasamu dalam mereview.
    Oia kenapa aku ikutan ini kuis alasannya tentu karena penasaran dengan lanjutan kisah Lara Jean yang hidupnya penuh warna, menurutku ini kisah remaja yang tidak membosankan dan banyak pesan moral untuk kaum remaja. Disaat ada masalah,dukungan keluarga untuk remaja memang penting beruntunglah Lara memiliki Ayah dan saudara yang memahami konflik yang dihadapinya,zaman sekarang contoh keluarga yang solid macam Song Family ini memang langka. Jenny Han pandai meracik cerita yang umum menjadi menarik didalamnya sehingga readers yang membaca dibawa larut dengan kisah yg dialami Lara. 5 bintang untuk buku pertamanya dan semoga harapanku tentang buku dua juga sama bahkan lebih.
    Terima kasih Sulis sudah memberikan kesempatan padaku untuk ikutan. Wish me luck
    :D

    BalasHapus
  29. Nama: Sella Fitri Alifia
    Akun Twitter: @sella27_
    Link Share: https://twitter.com/sella27_/status/661463876303630336

    saya pengen baca novel ini karena... saya udah baca to all the boys i've loved before. selain ratingnya yang tinggi di goodreads, gantung-ending dari buku pertamanya yang bikin gregetan--jadi siapa yang bakal nolak baca p.s. i still love you? apalagi saya penggemar gaya penulisan slow-paced/slow-built romance (dan cara jenny han mengeksekusinya pun tak membuat novel ini terkesan boring) jadi gaada alasan buat ga baca p.s. i still love you.
    ngomong-ngomong, jarang saya lihat GA dan review digabung, biasanya kan dipisah gitu kak. lebih enakan gini sebenernya, jadi gausah lompat-lompat tab, hehe ^^v

    BalasHapus
  30. Nama : yaumul muth_
    Twitter : @Muthyelf_
    Link Share : https://twitter.com/muthyelf_/status/661670646414311424

    BalasHapus
  31. Buku ini salah satu wl dari penerbit Haru.
    Semakin pengen nyoba baca Jenny Han :)

    BalasHapus
  32. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/661857029019996160

    aku juga terharu kak dengan kata-kata ayahnya Jean. Ayahnya bijak banget ^^ *berkaca-kaca*

    BalasHapus
  33. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/661873038296748032

    BalasHapus
  34. Nama: Ananda Nur Fitriani
    Twitter: @anandanf07
    Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/662005072721633280

    Thanks for the giveaway ^^ btw, cover attachments nya kece! tapi aku lebih suka yang pertama. Hehe :D

    BalasHapus
  35. Nama : Erdina Yunianti
    Twitter : @Dinnaaa_27
    Link share : https://twitter.com/Dinnaaa_27/status/662075955578474496

    Alasan ingin baca novel P.S I Still I Love You? Yang jelas, alasan utamanya adalah dari segi cerita. Mengingat novel ini adalah novel remaja dengan segala lika-liku percintaan remaja, tentu amat sangat menarik bagi saya, karena saya juga adalah seorang gadis remaja yang juga demikian :’V penasaran banget nihh sama kelanjutan kisah Lara Jean dan bagaimana hubungan Peter nanti. Kalau di lihat dari review-an blog buku dan beberapa komentar dan rekomendasi, novel ini bagus bangettt jadi bikin ngiler dehhh :D dan juga ada banyak makna yang dapat di petik. Buku yang sejak awal penerbitnya udah masuk daftar “My Wish List” ku ini.. semoga bener-bener kesampeannn. Amiiiinnn… Terima kasih kak Sulis Atas Review dan Giveawaynyaa :D cover novelnya bagus banget!! Ada cewek cantik yang lagi melamun, terus font sampul depan novel ini juga kereeennnn.

    BalasHapus
  36. Nama : Hary Gimulya
    Twitter : @angels_rutherfo
    Link share : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/662153488864940033

    Bagi yang sudah jatuh cinta dengan kisah Lara (beserta surat-suratnya), pasti tidak akan melewatkan buku terbaru dari Spring ini. Membaca dari sinopsis buku ini serta review yang ditulis, tampaknya buku ini bakal lebih seru dan penuh kejutan melebihi buku pertamanya. Semoga kisah Lara Jean bakal berakhir happy ending di P.S. I Still Love You.

    BalasHapus
  37. Nama : Shiela Hartiningtytas
    Twitter : @ruth_shiela
    Link share : https://twitter.com/ruth_shiela/status/662155125985677312

    Pertama kali mendengar Spring bakal merilis sekuel dari To All The Boys I've Loved Before, senangnya bukan main. akhirnya bisa melanjutkan kisah petualangan Lara Jean kembali. Most anticipating book sequel of this year! Buku yang wajib dibeli, terutama buat yg sudah membaca buku pertamanya.

    BalasHapus
  38. F.M.Melati
    @memelatii
    https://twitter.com/memelatii/status/662201766251917312

    udah nunggu sejak lama buat dapatin novel ini, tapi karena susahnya buat nge dapatin novel mengingat lokasi dan ngebaca post-an giveaway, so why not try?
    wish me luck, hehe.

    BalasHapus
  39. Nama : Wulan Permata Sari
    akun twitter : @fulan88
    Link share : https://twitter.com/fulan88/status/662224660851896320

    Kepengen banget baca buku ini, cuma berhubung adik baru beli art book, jadi ya diurungkan deh niatnya. Padahal udah mupeng berat sama buku ini, mudah-mudahan menang giveawaynya deh. Terima kasih :)

    BalasHapus
  40. Nama: Anastasia Cynthia T
    Akun Twitter: @frostbitiggy
    Link share: https://twitter.com/frostbitiggy/status/662309765284933632

    BalasHapus
  41. Nama : Ardita Ardyanti
    Twitter : @ardyanti18
    Link share : https://twitter.com/ardyanti18/status/662555673272553473

    Komentar : Ingin sekali baca bukunya, karena saya belum punya bukunya, dan sepertinya cerita ini menarik, semoga saya dapat bukunya, karena saya jarang beli buku novel seperti ini belinya buku kuliah melulu, maklum harus hemat. Hehehe :D

    BalasHapus
  42. Aku ikutan ya kak..

    Nama : Nandia Anggraeni
    Twitter : @Nandia__A
    Link share : https://twitter.com/Nandia__A/status/661361919626907648
    https://twitter.com/Nandia__A/status/661331987219656705

    Alasan : 2 buku Jenny Han yg diterbitin Spring itu udah masuk WL aku sejak lama. Seri pertama udah pernah menang dari GA, tapi berhubung telat buka pemberitahuan hangus deh jadinya, hiks.. *maaf jd curcol*
    Dam di GA kali ini masih berharap bisa menang dan punya novel kece ini. Aku penasaran dengan lanjutan kisah Lara dan Peter di buku ke dua ini. Berharap ada keajaiban hingga bisa dapetin buku ini.. *make a wish*

    BalasHapus
  43. Nama : Endah Nur Fajriyah
    twitter : @Enfajr
    link : https://twitter.com/Enfajr/status/662841208549412864

    BalasHapus
  44. Nama: Leny Hermi
    Twitter: @Lenny66677291
    Link share: https://mobile.twitter.com/Lenny66677291/status/663587436568555520?p=v

    penasaran banget sama ceritanya sudah nggak sabar buat baca.
    Semoga beruntung...

    BalasHapus
  45. Nama: Sahla Salima
    Twitter: @sahlasalima
    Link share: https://twitter.com/sahlasalima/status/663599839347761152

    Aku udah baca buku pertama nya dan walaupun endingnya gemes2 gimana gitu, tapi tetep aja ngegantung. Jadi penasaran sama kelanjutan kisah unyu antara Peter dan Lara Jean.
    Semoga bisa dapet giveaway ini, wish me luck!

    BalasHapus
  46. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Link Share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/663749527883530240

    Awalnya Lara Jean berpacaran dengan Peter untuk membuktikan kepada Josh kalau dia sudah tidak punya perasaan lagi pada mantan pacar kakaknya itu, sedangkan Peter sendiri ingin membuktikan kepada Genevieve bahwa dia sudah bisa move on pasca mereka putus. (Lara Jean ini mantannya Josh to? Soalnya direview sebelumnya nggak diberitahu sih yang kebanyakan diulas tentang Peter dan mantan pacarnya).

    Aku pengin deh punya Daddy kayak Lara Jean selalu berusaha menyemangati anaknya dan tidak menyalahkan anaknya. Lebih mendengarkan keluh-kesah anaknya.

    Sedangkan hubungan Lara Jean dengan John, saya melihat seperti sahabat pena, saya suka sekali dengan interaksi mereka berdua, manis. Mulai dari saling berkirim surat, bekerjasama dalam permainan Assains, sampai menghadiri pesta USO, pesta yang bertema Perang Dunia Kedua, sepertinya penulis suka sekali dengan pesta kostum, di buku pertama juga ada. (Ulasan tentang ini baru di blognya Kak Sulis aja, aku suka banget baca blog kakak karena kakak selalu berbeda dengan yang lain. Apa yang ingin diketahui pembaca kakak ulas dengan baik tanpa harus spoiler.)

    Fighting ya Kak. Aku juga suka bukunyaaa bangeettt apalagi ada cerita tentang hubungan Daddy dan Lara Jean. Aku pengin banget baca bagian itu live. Satu-satunya GA dan reviewnya dijadiin satu hanya kakak saja. Kalau bisa dijadiin satu kenapa tidak kan kak? So simple but interesting. Good luck :)

    BalasHapus
  47. Nama: Evita
    Twitter: @evitta_mf
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/663758875166838784

    Alasan pengen baca buku ini karena aku penasaran sama ceritanya dari beberapa review yang udah kubaca. Aku udah berkali-kali ikut GA P.S I Still Love You entah udah lebih dari lima kali dan belum menang juga hahha XD tapi aku nggak nyerah juga ternyata!
    Semoga aja dari semua GA yang aku ikuti bisa dapat satu aamiin...
    Oia satu lagi, karena aku baru bikin blog yang isinya resensi novel, kalau akhirnya dapat hadiah GA ini aku mau nulis review tentang novel ini di sana, biar review ku semakin banyak ^^

    BalasHapus
  48. Nama : Fitra Aulianty
    Twitter : @fira_yoopies
    Link Share : https://twitter.com/fira_yoopies/status/663910235413676032

    Alasan pengen baca:
    1. Udah baca buku pertamanya
    2. Penasaran siapa John itu
    3. Ngarep banget Peter sama Lara Jean gak putus
    4. Penasaran sama Margot dan Josh, apa mereka gak bakalan pacaran lagi
    5. Gemes liat Kitty
    6. Pengen tau kehidupan nyonya Strorm (lupa tulisannya gimana>.<) di panti itu.
    7. Suka cara Penerbit Spring menerjemahkan novel ini, catatan kakinya lengkap hihi >.<

    BalasHapus
  49. Diki siswanto
    @diki_twips
    https://twitter.com/diki_twips/status/663969964504842240

    I just wanna say "WOW" for this novel. Review dan giveaway dari puluhan blog, makin membuat aku penasaran: Apa sih yang membuat novel ini istimewa? covernya? ceritanya? atau tokohnya? *ah kayaknya semuanya deh. Duh, makin menggebu gebu pengen punya novel ini (harus!)

    BalasHapus
  50. Nama : Tanya Fransisca
    Twitter : TanyaFcsh_
    Link : https://twitter.com/TanyaFcsh_/status/662855137078046720

    Novel terjemahan yg termasuk ringan
    Krn dari semua novel terjemahan yg gue baca ini yg termasuk ringan tapi ceritanya tetep kerenn

    Dan gue udah baca yg pertama
    Jadi pengen baca yg kedua

    BalasHapus
  51. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/664389015680888832

    Kedua novel Jenny Han ini dapat respon positif dari pembaca. Sejak TATBILB terbit, ditunggu banget nih kisahnya Lara Jean dan Peter selanjutnya. Akhirnya girang banget setelah tau PSISLY terbit di Spring juga hehe..
    Di era modern seperti ini, jarang yg masih mengungkapkan perasaan lewat surat. Cara manis sekaligus terselubung yang dilakukan oleh Lara. Penasaran aja sih, apa seseorang dimasa lalu yang baru dapat suratnya akan mengubah pendirian dan rasa cinta Lara terhadap Peter? Hehe

    BalasHapus
  52. Wening Purbawati
    @dabelyuphi
    https://mobile.twitter.com/DabelyuPhi/status/664717154223157248?p=v

    alasannya? siapa sih yg gak pengen dapet novel gratis dari penerbit spring ini, terlebih penasaran sama kelanjutan kisah covey, dan lara jean terutama.

    BalasHapus
  53. Nama: Thia Amelia
    Akun twitter: @Thia1498
    Link share: https://twitter.com/Thia1498/status/664817480150315008

    Alasan kenapa pengen banget dapet buku ini adalah karena aku pengen tau kelanjutan hubungan Lara Jean dan Peter. Dan karena buku ini juga memang genre aku, pembaca muda dan masih belajar apa sih cinta itu, bagaimana sih sebenarnya cinta, dan bagaimana ekspresi seseorang ketika merasakan cinta. Dan aku rasa buku ini dapat memberi jawaban.

    Untuk vote nya aku milih nomor 2 ka. Berasa lebih berisi aja walaupun ga beda jauh sama gambar pertama. Meskipun bedanya cuma garis putih itu tapi keliatannya lebih cocok dari pada ga ada garisnya. Saya vote no 2.

    BalasHapus
  54. nama : Ken
    twitter : @orion____
    link share : https://twitter.com/orion____/status/664845714413916160

    Asiiiiik~ syaratnya nggak ribet euy hehe
    Makin saya baca review-review dari para host blog tour, makin penasaran lah saya ini gimana kelanjutan hubungan Lara-Peter. Memang sih, ada host yang cukup ngasih sop iler, eh, spoiler buku ini, kalau Lara-Peter bakalan pacaran ihiyyy #eh tapi tetap aja saya penasaran sama buku ini. Since miss Jenny bikin ending yang ngegantung di buku pertama, saya jadi gelindingan bacanya.
    Ah~ saya nggak akan ngomong banyak, Kakㅡketauan lah idenya cetekㅡdan hanya bisa berharap semoga bisa berkesempatan memenangkan buku ini /lalu mulai bertapa di bawah guyuran air terjun/.

    Terima kasih giveaway-nya, Kak Sulis :)
    Sukses selalu~

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...