Selasa, 06 Oktober 2015

Jurus Kuliah ke Luar Negeri by Tim Penulis Inspira | Book Review

Jurus Kuliah ke Luar Negeri: Baca Ini Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri Dijamin 100%
Penulis: Mitfachudin Arjuna, Zulkhan Indra Putra, M. Izdiyan Muttaqin, Adi Atiasa, Steven Chondro, Inspira Research Center
Penerbit: Inspira
ISBN: 978-602-0829-26-5
Cetakan ke-5, Agustus 2015
Workbook 302 halaman, DVD 9 guidebook total 4367 halaman, 219 video interview & tips mahasiswa di luar negeri
Harga: IDR 157k (bisa dibeli di http://inspirabook.com/)
Buku Jurus Kuliah ke Luar Negeri (JKLN) adalah buku yang berisi jurus-jurus pasti kuliah ke luar negeri. Setelah melakukan riset selama 9 tahun di 40 negara dan mewancarai lebih dari 300 mahasiswa Indonesia di luar negeri lalu disusun oleh 5 penulis sarat pengalaman di luar negeri bersama Inspira Research Center akhirnya terciptalah Jurus Kuliah ke Luar Negeri.

Pada awalnya JKLN berbentuk DVD berisi 9 ebook total 4367 halaman ditambah 219 video interview dan tips dari mahasiswa Indonesia di luar negeri. Dan pada bulan Juni kami memutuskan untuk mengeluarkan versi buku cetak total 302 halaman tanpa menghilangkan paket DVD, buku tersebut berjudul “Baca Ini. Kamu Pasti Kuliah ke Luar Negeri. Dijamin 100%”. Dan membuat semakin banyak respon positif dari pembaca maupun mahasiswa aktif di luar negeri.

Satu tahun dari sekarang, saat kamu sudah diterima kuliah di luar negeri, kamu akan melihat ke belakang dan berpikir bahwa keputusan untuk rajin belajar dan mempraktekkan isi buku ini adalah keputusan terbaik yang kamu ambil.

Pernah bercita-cita kuliah di luar negeri dan tinggal di sana? Apakah yang bisa mewujudkan hanya kaum eksklusif saja, antara orang yang kaya banget dan pintar banget? Apakah kamu pesimis dengan bahasa Inggris yang sangat pas-pasan akan bisa menggapai impian tersebut? Kalau kamu percaya dengan mitos tersebut maka kamu harus baca buku ini, semua dugaan-dugaan negatif tersebut akan terpatahkan! Siapa pun bisa mencicipi kuliah di luar negeri, satu hal yang pasti yang harus kamu lakukan adalah usaha!

Waktu kecil -bahkan sampai sekarang, impian saya adalah keliling dunia, banyak cara yang ditempuh untuk mewujudkannya, misalkan saja dengan bekerja atau sekolah. Namun, sama halnya dengan kebanyakan orang yang tidak terlalu percaya diri akan kemampuan akademis dan bahasa Inggris yang sangat pas-pasan, saya tidak pernah mencoba. Sewaktu membaca buku ini, penyesalan kembali muncul, kenapa baru baca sekarang, sih? Kenapa nggak dari dulu waktu masih SMA atau kuliah, waktu lagi semangat-semangatnya sekolah? Sebenarnya belum terlambat, banyak yang sudah berusia tidak muda lagi bahkan berkeluarga namun tetap semangat untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mungkin bagi saya masanya sudah kadaluwarsa, tapi belum tentu untuk kalian :D

Buku ini sangat komplit, paket super lengkap dari A sampai Z, bisa dibilang akan mendampingi kalian yang ingin sekolah di luar negeri dari awal sampe akhir! Kalian akan dipandu dari nol, mulai dari tidak tahu apa-apa sampai bersiap pulang, membawa gelar dan ijasah. Dilengkapi dengan DVD "Jurus Kuliah ke Luar Negeri" (JKLN) yang total halamannya mencapai 4.367 halaman dan ratusan video interview para mahasiswa yang kuliah di berbagai negara. Sedangkan bukunya sendiri berfungsi sebagai ringkasan dari e-book, informasi tambahan, sebagai pemandu dan pelengkap. Buku ini bertujuan memberi informasi dan menuntun pembaca untuk menggapai cita-cita.
Apa beda JKLN dengan buku beasiswa lainnya? Well, semua informasi dalam buku ini bisa langsung kamu praktikkan. Di dalam buku ini terdapat formulir-formulir yang harus kamu isi, to do list, checklist, dan juga elemen-elemen lainnya yang membuatmu selangkah demi selangkah mendekati universitas dambaanmu di luar ngeri. Ilmu di sini bukan cuma sekedar teori. Bukan hanya tulisan motivasi. Ini adalah ilmu jalanan yang sudah dipraktekan dan terbukti, actionable. Paket ini dilengkap juga dengan ratusan video interview dan tips dari mahasiswa Indonesia di luar negeri khusus untuk kamu.
Ada sembilan e-book dalam DVD JKLN, berikut ringkasannya:
Siap 100%, 485 halaman
E-book ini membahas tentang segala persiapan yang akan dibutuhkan untuk kuliah di luar negeri. Seperti tips menentukan negara tujuan, tips memilih jurusan, informasi universitas dan jurusan-jurusan terbaik di dunia, persiapan dokumen, barang yang wajib dibawa saat ke luar negeri, serta kesalahan yang tidak boleh dilakukan dalam persiapan ke luar negeri.

1001 Beasiswa, 306 halaman
Ada berbagai cara untuk bisa kuliah ke luar negeri, salah satunya adalah dengan beasiswa. Beasiswa sendiri ada tiga macam; beasiswa dari universitas, pemerintah, dan dari perusahaan swasta. Dalam bagian ini kita akan mendapatkan cara praktis yang sudah terbukti untuk mendapatkan beasiswa. Sisinya antara lain; jenis-jenis beasiswa, informasi detail persiapan dokumen, tips lulus tes wawancara, pertanyaan yang sering muncul saat wawancara, hal yang harus dilakukan setelah tes beasiswa, bagaimana jika dinyatakan gagal dan lulus?, hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menandatangani beasiswa.

Berjaya Tanpa Beasiswa, 122 halaman
Nah, kalau kamu tidak mendapatkan beasiswa, bisa kok secara mandiri, masih banyak cara! E-book ini berisi; perbedaan kuliah dengan dan tanpa beasiswa, cara mendapatkan dana kuliah tanpa beasiswa, negara murah untuk kuliah tanpa beasiswa, tips menentukan universitas, prosedur penerimaan mahasiswa self-finance, cara mengatur uang saat kuliah di luar negeri, berapa uang yang harus dibawa saat pertama kali berangkat?, metode pengiriman dan penerimaan uang.

Student Hack, 324 halaman
Sudah siap kuliah di luar negeri? Selanjutkan kalian akan dituntun bagaimana cara hidup di sana. Student Hack ini berfokus membahas tips-tips hidup yang bisa digunakan saat kuliah di luar negeri. Isinya; yang wajib dilakukan sebelum ke luar negeri, prosedur naik pesawat, cara mengusir bosan saat menunggu transit, bagaimana jika kelebihan bagasi, tips pertama kali tiba di airport negara asing, ke tempat tujuan. Tidak lupa membahas tentang culture shock dan homesick, cara menikmati makanan Indonesia di luar negeri, makanan yang cocok di bawa ke luar negeri, dan masih banyak lagi. Ada juga bagian tips menjalin LDR saat kuliah di luar negeri :p

Kuliah di Benua Asia, 848 halaman
Bagian ini akan membantu kalian mencari informasi perkuliahan di wilayah Asia, mulai dari negara yang paling recommended untuk kuliah, negara yang belum populer tetapi sangat seru dan potensial untuk kuliah, cara survive sampai panduan travelling. Negara yang dibahas antara lain; Arab Saudi, Brunei Darussalam, China, India, Jepang, Korea Selatam, Malaysia, Singapura, Thailand, Turki, Hong Kong, dan Taiwan.

Kuliah di Benua Eropa, 736 halaman
Dalam buku ini disebutkan bahwa universitas di Eropa terkenal dengan standar akademik yang modern dan riset yang canggih. Bahkan tiga puluh satu dari 100 universitas terbaik dunia ada di Eropa, menjadi destinasi untuk berkuliah nomor dua di dunia setelah Amerika. Selain membahas kelebihan dan kekurangan kuliah di Eropa, e-book ini membahas kuliah di negara; Austria, Belanda, Bulgaria, Denmark, Finlandia, Hungaria, Inggris, Irlandia, Islandia, Italia, Jerman dan Perancis.

Kuliah di Australia & Afrika, 381 halaman
Australia pernah berada di atas Jepang, memiliki jumlah siswa internasional terbanyak ketiga di dunia setelah Inggris dan Amerika Serikat, memiliki tujuh dari 100 universitas terbaik di dunia.  Ada panduan lengkap kuliah di Australia dan Selandia Baru. Selain itu, dalam e-book ini kita juga akan mendapatkan informasi negara yang paling recommended di Afrika, cara survive di sana, rangking negara-negara Afrika, 10 kota terbaik tujuan kuliah di Afrika, 10 unuversitas terbaik di Afrika Selatan dan Mesir.

Kuliah di Amerika, 547 halaman
Dalam e-book ini kita tidak hanya mendapatkan gambaran kuliah di Amerika, tetapi juga kehidupan di sana, 11 univesitas terbaik di Amerika Serikat, dan jurusan favorit. Banyak kampus kelas dunia di Amerika Serikat, sebut saja Harvard yang berkali-kali mendapatkan gelar universitas terbaik di dunia, terbukti dengan kualitas kurikulum dan pendidikan yang sangat bagus sehingga menjadikan Amerika Serikat negara terfavorit bagi mahasiswa internasional. Selain Amerika Serikat, kita uga akan mendapatkan informasi kuliah di Chili, Jamaika, Kolombia dan Uruguay.

Cerita Seru Mahasiswa Indonesia, 618 halaman
Dalam e-book terakhir berisi hasil interview dengan mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri, kita akan mengetahui kisah perjuangan, pengalaman mereka sebelum dan saat kuliah di luar negeri, suka duka hidup jauh dari ibu pertiwi. Mereka berasal dari berbagai jalur dan latar belakang yang berbeda, dari beasiswa maupun mandiri, negara yang dituju berbeda-beda, semua langsung dari sumber asli. Banyak cerita inspiratif yang akan kita dapatkan, menjadi semangat untuk tidak pantang menyerah kuliah di luar negeri.
Di sini kamu akan mendapat inspirasi bahwa sesungguhnya kuliah di luar negeri itu mudah!
"It's a big world out there, it would be a shame not to experience it." - Jo Andrews.
Lengkap banget kan? Masih banyak lagi hal yang dibahas, bahkan ada panduan cara mendapatkan Paspor dan Visa! Cara agar bahasa Inggris kita lebih baik, tips keuangan, benar-benar super lengkap. Buku ini akan mendampingi kita selangkah demi selangkah untuk bisa kuliah di luar negeri, siapa pun kita, entah orang kaya, orang genius atau yang memiliki nilai akademik pas-pasan namun mempunyai niat ingin kuliah di luar negeri. Jadi nggak perlu takut atau bingung apa saja yang perlu disiapkan, kamu cukup membaca buku ini, mempraktekkan. Dengan membaca buku ini, kamu tidak akan merasa sendirian :D.

Sedikit cerita nyata dari teman saya yang sangat mengispirasi, sebut saja A. Kita satu sekolah sejak SMP, dia selalu mendapatkan peringkat pertama, berasal dari keluarga menengah ke bawah. Satu hal yang saya kagumi darinya adalah semangat belajarnya yang tinggi, A tidak pernah menyerah, ingin ada perubahan dalam hidupnya, bisa dibilang dia adalah guru privat saya karena kalau ada yang tidak saya mengerti di sekolah, saya akan meminta bantuan A, dia bisa menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami, lebih simple daripada yang guru ajarkan. Dia lalu kuliah di UI, tanpa sanak saudara di sana, tanpa banyak tahu, hanya berbekal informasi dari kakak kelas yang sudah kuliah di sana, merantau sendirian di Jakarta. Nilai akademiknya masih cemerlang, bahkan dia pernah mengikuti pertukaran pelajar di Amerika. Namun, setelah lulus dia berkali-kali gagal mendapatkan beasiswa S2 ke luar negeri, dia tidak menyerah, terus mencoba sambil bekerja apa saja untuk membantu orangtua dan adiknya. Dan alhasil, beberapa bulan yang lalu dia terbang ke Jerman, dia diterima di sana lewat jalur beasiswa.

Kita bisa juga, asal dengan tekat kuat dan perjuangan yang tidak pernah luntur, tentu dibarengi dengan doa juga, niscaya impian kita akan terkabul, bukankah Tuhan sudah membuat skenario jalan cerita kita dan kita hanya perlu memerankannya dengan baik? Yuk semangat belajar! :)
Tapi saya percaya bahwa 'what you believe, you can achieve', 'there is a will, there is a way' dan saya juga percaya bahwa ilmu pengetahuan adalah kunci untuk meningkatkan derajat dan kualitas hidup ita. Itulah beberapa motivasi yang mendorong saya untuk terus semangat belajar menuntut ilmu.
Buku ini sangat recomended bagi yang ingin kuliah ke luar negeri, wjib baca!

4 sayap untuk JKLN.


14 komentar:

  1. Paket ini hasil beli sendiri atau dapet dari buntelan nih? Aduhai 4000an halaman. Teleeeerrrr dedek o<-<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmmm sudah kuduga.... pasti buat edorsement. Soalnya si kakak bilang sendiri 'udah telat buat saya' gitu wkwkwk

      Hapus
    2. Wakakaka, sekarang mikirnya nggak sekolah tapi kapan nikah? #eaaaaa =))

      Hapus
    3. Tapi habis nikah lanjut kuliah juga bagus tuh kak. Biar bukunya nggak sia-sia. Hwehehehe

      Hapus
    4. Nanti bukunya buat anaknya aja =))

      Hapus
  2. waah, mau dong, buat dibaca-baca :D

    BalasHapus
  3. memutuskan untuk beli jkln dulu, baru dah tajin belajar hihihi😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banyak usaha, doa dan pantang menyerah, semoga nanti sukses ya :)

      Hapus
  4. Aku naksir buku ini, cuma duitku nggak naksir dia :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, emang mahal sih tapi setimpal sama isinya yang lengkap :)

      Hapus
  5. sepertinya bukunya lengkap banget, jadi pengen baca. kebetulan saya juga ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap kok, ak rekomendasiin terlebih bagi yang nggak punya siapa-siapa buat tanya-tanya kuliah ke luar negeri :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...