Selasa, 20 Oktober 2015

Cara Mengatasi Reader's Block atau Reading Slumps | How To


Pernahkah kalian merasakan kondisi tidak ada nafsu atau mood dalam membaca bahkan merasa muak terhadap buku? Saya sering mengalaminya. Kita mencoba membaca sebuah buku namun tidak bisa larut di dalamnya, tidak bisa konsen, tidak pernah selesai, tiba-tiba berhenti di tengah jalan dan tidak mampu menyelesaikannya sampai tamat, kita mengalami kemerosotan atau kemunduran dalam membaca, kondisi tersebut biasa disebut dengan reader's block atau reading slumps. Yap, tidak hanya penulis saja yang bisa mengalami kehilangan semangat akan hal yang disukai, pembaca pun juga bisa! Contohnya sekarang ini saya sedang kehilangan mood dalam membaca ataupun menulis review, saya nggak ingin memaksakan diri karena segala sesuatu yang dipaksa itu jatuhnya tidak akan baik.

Saya menyimpulkan penyebab reader's block atau reading slumps ada dua yaitu tidak dapat move on dari buku yang sebelumnya dibaca, mengalami book hangover atau booklag saking bagusnya dan kebalikannya, buku yang sebelumnya dibaca sangat jelek. Kadang stress dan kecapean bisa berpengaruh, tapi penyebab yang sering terjadi adalah yang pertama saya sebutkan tadi. Lalu, apakah kita tetap harus memaksakan diri tetap membaca? Walau nanti bisa berdampak buruk terhadap buku yang sedang dibaca karena saking tidak niatnya kita bisa saja memberikan rating yang jelek. Ya, bisa separah itu.

Saya mempunyai kita-kiat, tips dan trik untuk mengatasi reader's block atau reading slumps ini, berikut caranya:

1. Berhenti membaca
Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berhenti membaca untuk sementara waktu, karena dampaknya seperti yang saya katakan sebelumnya, bisa mempengaruhi rating buku yang sedang kita baca. Mungkin kita jenuh, ekspektasi terlalu tinggi, perlu pengalihan atau sesuatu yang baru sehingga jangan memaksakan diri. Tunggu waktu yang tepat untuk memulai membaca lagi. Saya penganut prinsip segala sesuatu mempunyai timing yang tepat, begitu juga dengan membaca. Sabar menunggu mood yang baik, tidak akan ada salahnya :D

2. Ganti bacaan atau ganti genre
Pernahkah saya bosan dengan genre romance? Genre yang mendominasi lemari buku saya? Tentu saja! Seperti yang kita tahu, nggak ada yang baru dalam kisah cinta, tema yang diangkat biasanya dari pengulangan-pengulangan yang sebelumnya pernah ada, kalau eksekusinya tidak bagus, bisa merusak mood membaca. Kemudian saya akan mencoba membaca dari genre di luar romance, menjelajah genre, menemukan sesuatu yang baru di mana siapa tahu nanti menjadi genre favorit selanjutnya.

3. Baca ulang buku favorit
Cara nomor dua tidak berhasil? Mungkin kamu bisa menganti bacaan dari list favorit. Saya bahkan punya ritual baca ulang buku favorit setiap tahun, ketika muak terhadap buku yang saya baca, saya akan beralih membaca buku yang paling saya sukai, membentuk mood baru dan biasanya sukses. Buang-buang waktu? Nggak juga, daripada kita bingung mau ngapain lebih baik melakukan sesuatu yang positif. Kan masih banyak tuh timbunan yang belum dibaca? Jangan memikirkan timbunan atau reading challenge, yang kamu butuhkan saat ini adalah membangkitkan semangat membaca jadi jangan malah menambah tekanan atau stressor, nanti malah nggak akan kelar-kelar. Kadang dulu saking bagusnya itu buku saya nggak bisa membuat review-nya, nah kesempatan kan? Selain itu saya nggak akan pernah bosan membaca buku dari list favorit.

4. Lakukan kegiatan di luar membaca yang masih berhubungan dengan buku
Benar-benar muak dan semua cara di atas sudah ditempuh tidak berhasil juga namun tetap ingin melakukan kegiatan yang berhubungan dengan buku? Coba deh tengok apakah lemari bukumu sudah rapi? Mungkin ini waktu yang tepat untuk bersih-bersih. Kamu bisa menata ulang formasi dan susunan buku di rak, yang awalnya acak kadut bisa diatur sesuai alfabet, penulis, series atau warna cover buku (rainbow). Atau bisa juga dengan menyampul buku agar terlihat lebih rapi dan terawat. Jujur saja langkah ini jarang saya lakukan melihat saya orangnya juga acak kadut, tapi sesekali melakukannya juga kok, contohnya kemarin ketika pamer timbunan di grup WA Joglosemar, banyak teman yang kasihan sama buku-buku saya karena susunannya nggak sehat XD.

5. Lakukan kegiatan yang kamu suka selain membaca
Berhenti membaca dan lakukan kegiatan favorit yang lain, bisa nonton film, jalan-jalan bersama sahabat atau melakukan hobi yang lain, merajut mungkin? Saya sering melakukan langkah ini, ketika bosan membaca saya akan menonton film atau serial tv, lumayan dalam membangun mood kembali. Selain menonton film, kegiatan lain yang setiap hari saya lakukan dan tidak pernah absen adalah mendengarkan musik dari para youtuber atau para cover artis di youtube. Saya punya banyak rekomendasi, tapi saya cantumkan enam aja dari yang paling favorit, biar nggak kebanyakan :D

Kina Granis


Nicole Cross


Against the Current


Boyce Avenue


Kurt Hugo Schneider


Walk off the Earth


Nah, itu tips dari saya. Intinya adalah jangan memaksakan diri, cari cara untuk mengalihkan perhatian atau membangkitkan mood. Cari kegiatan yang terus membuat kita produktif, banyak hal positif yang bisa kita lakukan ketika mengalami reader's block atau reading slumps, jadi waktu kita nggak bakalan sia-sia. 

Kalian punya cara juga untuk mengatasi reader's block atau reading slumps? Yuk bagi tips kalian di kolom komentar di bawah ini, siapa tahu menjadi alternatif saya di kemudian hari nanti dan untuk pembaca yang lain :D


28 komentar:

  1. download game baru sangat membantu ituh, abis ngegame baru baca buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga untuk yang suka main game, sekarang aku jarang main game jadi nggak up to date :p

      Hapus
  2. Baru sadar kalo selama ini ane sering ngalamin readers block,,
    Gue suka banget ama rekomendasi artis kovernya,, tp gue paling ngefens sama daniela andrade,, haha nice post....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya pernah dengerin Daniela Andrade deh, nanti coba dicek lagi deh. Terimakasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  3. Kalau aku ya Lis, pas lagi jenuh, biasanya baca romance. Cari yang ringan atau yang lucu. If you're in doubt read romance.

    Atau buka lagi review2 lama. Bisa ngobatin jenuh juga...

    Atau bisa juga bikin review dari buku-buku yang belum sempat ditulis reviewnya. Karena membaca adalah candu dan menuliskannya kembali adalah terapi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh juga tuh baca review yang lama, itung-itung ngingetin dulu nulisnya gimana XD

      Hapus
  4. 3. Baca ulang buku favorit
    Sering banget aku lakuin. Ini salah satu penyebab mengapa jumlah buku di reading challenge goodreads nggak nambah2. ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, sama banget, untuk tahun ini aku agak rajin, kurang beberapa buku aja :p

      Hapus
  5. Males atau ga mood baca? Sering banget.

    Paling diseling nonton film dan serial TV yang udah jadi timbunan juga ^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh padahal mbak Indah 'banter' banget bacanya, aku mah apa atuh XD

      Hapus
  6. Kalo aku kebanyakan reading slump nya gara2 kecapean abis urus rumah dan urus 2 krucil. Begitu dapet waktu baca pas anak2 pada bobo..eh aku nya udah ngantuk duluan. Alhasil cuma dapet 2 lembar, ampe pernah buku tipis habis stgh bulan. Sampe ceritanya lupa, jd kaya cerpen dah..sehari baca 2 lembar doang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang udah berkeluarga rata-rata sama penyebabnya, emang nggak bisa dihindari sih, yang penting nggak usah dipaksakan, mana yang lebih prioritas :D

      Hapus
  7. Aku sering banget kak kayak gini apalagi kalau habis baca buku yang banyak nimbullin pertanyaan atau yang bikin bingung.

    Aku juga sering berhenti baca sebuah buku, seringnya karena gaya menulis penulis yang kurang cocok dengan aku atau namatinnya karena memang dipaksakan diselesaikan #sayanuangkarenaudahbeli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bukunya udah terlanjur dibeli emang mau nggak mau harus dibaca, rugi banget. Makanya sekarang aku selektif banget kalo beli buku, nggak mau sembarangan karena takut nggak cocok :D

      Hapus
  8. Aku sering pake cara nomer tiga, baca ulang buku favorit. Lumayan banget buat ngangkat mood baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kebanyakan pada milih nomor tiga :)

      Hapus
  9. Aku setuju ama poin-poin yang dijabarin. Aku seringnya bisa baca cuma pas weekend. Selebihnya waktu terkuras untuk pekerjaan. Mau nambahin, kalo pas jenuh, cek TL akun OL, dijamin seger, meski gak belanja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, kalo itu aku malah takut kalap belanja, apalagi kalo pas ada diskon, jauh-jauh deh dari online shop. Aku bisanya juga kalo pas senggang aja kok, Luckty, kebanyakan ngreviewnya kalo pas libur, kalau baca bisa sebelum tidur :)

      Hapus
  10. yup...jhn dipaksakan...tinggal aja dlu, ngelakuin apa yg qt suka, drpda dipaksa hasilnya malah hambar or gak maksimal

    BalasHapus
  11. wah, ternyata banyak yang suka melakukan poin ke 3 ya, sama dong,, malah saya sering banget baca ulang gak cuma karena reading block aja, tapi lagi kangen sama cerita atau karakternya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget, selain menumpas perasaan bosan reread aku lakukan kalau sedang kangen dengan buku favorit :D

      Hapus
  12. kadang ganti genre itu pun ga ngaruh. memang harus nemu buku yang bagus biar semangat baca lagi. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau lagi jenuh dengan genre tertentu, mungkin butuh referensi yang lain atau penyegaran :D

      Hapus
  13. wah makasih sharingnya :D kebetulan banget lagi mengalami reading block :D

    BalasHapus
  14. Penyakit males baca biasanya datang dari kesibukan atau kepenatan. Kalau memang dia itu kutu buku, untuk mengembalikan mood membacanya cukup temukan buku yang menggugah alam pikirannya. Itu bisa diketahui dengan apa yang sedang dia pikirkan saat itu. Menemukan sesuatu yang "unik" akan memancing keingintahuan dan membaca lah pelariannya.
    Kalau saya sih biasanya nonton anime kalau sedang bosan dengan buku. Dan biasanya ini keterusan, jadi harus hati-hati memilih genre anime :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa! Kalau nggak nonton film ya anime, kesukaan kita yang lain, makasih ya udah ikutan sharing :)

      Hapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...