Senin, 05 Oktober 2015

Beberapa Pertimbangan Supaya Aman Berbelanja Online


Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan karena Anda dapat membeli barang sesuai dengan keinginan dan keuangan yang Anda miliki. Banyak pengalaman belanja online semakin seru berkat promo harian dari MatahariMall.com yang dapat Anda manfaatkan sehingga Anda dapat berhemat terutama ketika akhir bulan. Akan tetapi, tidak semua toko online bebas dari penipuan sehingga Anda harus berhati-hati jika ingin berbelanja online yang aman.

Terdapat beberapa tips yang mungkin berguna untuk Anda agar Anda dapat berbelanja dengan aman dan nyaman di toko Online. Tips pertama dan wajib yang harus Anda pastikan ketika berbelanja online adalah dengan memilih toko online yang terpercaya. Sehingga, Anda harus memastikan terlebih dahulu informasi, barang yang dijual, cara pembelian, kontak person, feedback yang ditinggalkan oleh pembeli yang pernah membeli di toko online tersebut sehingga Anda terhindar dari penipuan.

Cara kedua adalah hindari website atau toko online yang memberikan harga barang terlalu miring atau terlalu murah terutama jika barang yang dijual adalah barang bermerk atau barang mewah. Tidak jarang, barang yang terlalu murah dari harga pasar, harus Anda curigai karena kualitas yang dimiliki serta keaslian tidak sesuai dengan informasi yang diberikan dan hal tersebut dapat membuat Anda merugi tidak hanya dari barang yang Anda dapatkan namun juga rugi atas uang yang telah Anda bayarkan.

Tips selanjutnya agar dapat berbelanja online secara aman yaitu:
  • Mengenali produk yang hendak Anda beli misalnya gadget atau jenis pakaian yang Anda butuhkan.
  • COD atau cash on demand merupakan transaksi langsung. Jika Anda membeli barang dari toko online baru yang letaknya dekat dengan Anda, tidak ada salahnya jika Anda ingin bertemu dan membayarnya langsung. Anda perlu curiga jika pemilik toko online tidak mau bertemu langsung karena kemungkinan penipuan pasti ada. Jika website besar, Anda dapat melakukan COD sesuai dengan ketentuan yang berlaku misalnya setelah barang Anda peroleh.
  • Menyimpan bukti pembayaran. Jangan langsung membuang bukti pembayaran atau jika perlu dipotret atau screenshot. Sehingga jika terjadi kesalahan, Anda dapat langsung membenarkan.


4 komentar:

  1. tipsnya oke juga. Sebagai warning. good.
    iya aku suka harga murah, tapi kalau pas murah banget suka curigaaaa

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah belum pernah ketipu. Soalnya seumur hidup baru sekali belanja online, itu pun patungan sama temen, mesen di nulisbuku.com ngihihi >,<
    By the way, thanks tips-nya nih. :)

    BalasHapus
  3. aku sering beli online, tapi kadang nyari testimoni teman dulu. ada juga yang udah transfer tapi belum dikirim juga barangnya. hiks. :(

    BalasHapus
  4. Emang perlu berhati-hati banget kalau beli online, biasanya aku selidiki dulu, misalnya kayak tertimoni biar tahu itu hoax apa bukan akunnya atau kalau nggak beli di tempat yang sudah terpercaya :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...