Selasa, 29 September 2015

Piknik Blog: Single Happy - Memori Cinta Anak Kos | Blogtour, Giveaway

Sing-Py (Single Happy)
Penulis: Dewi 'Dedew' Rieka
Penerbit: Loveable
Cetakan pertama, September 2015
ISBN: 978-602-7290-55-6
210 halaman
“Ran, emang rencana kamu ke depan tuh apa? Mau balik lagi jadi orang kantoran?”
“Nggak, Bu. Rania tuh mau bikin kos. Tapi, khusus untuk cewek jomblo. Rania pengin ajarin anak-anak gadis bertahan hidup di dunia keras. Pengin bikin Kos Jomblo biar Rania dan cewek-cewek kos nggak diganggu hidung belang.”
Terbentuk KOS JOMBLO yang dikomandani Rania, cewek yang sakit hati dengan cowok yang namanya Anto, si manja, pengangguran, dan nyebelin.

Kos Jomblo, murah meriah dan nyaman, tapi syaratnya harus jomblo. Peminat kos pun menumpuk hingga Rania harus melakukan audisi. Terpilihlah sepuluh cewek dengan fisik, karakter, profesi, dan latar belakang yang berbeda. Semuanya memiliki alasan berbeda kenapa memilih Kos Jomblo.
Dari sinilah dimulai petualangan cinta-cintaan ala anak Kos Jomblo. Mulai cinta segitiga antara Hanna, Vanessa, dan Athalla, kekasih gelap si Kidung, Roro yang pingsan di pernikahan mantannya, sampai Hanna yang di PHP-in. Belum lagi, Tahlia yang pacaran sama playboy, Gani si quiz hunter yang ternyata bisa jatuh cinta, Gillian si cewek SMA cantik yang digila-gilai para cowok abege, serta permasalahan cewek lainnya. Intinya, semua permasalahan cewek terkumpul jadi satu di Kos Jomblo. Dan mereka menamakan diri sebagai SING-PY = Single Happy. “Buat apa dobel tapi nyakitin, kalo bisa single tapi bahagia”.
Hai halooo, jumpa lagi dengan blogtour di Kubikel Romance, kali ini penyajiannya agak beda, masih membahas tentang buku namun saya tidak akan mereview secara penuh seperti biasanya, saya akan membahas tema cerita dan dua karakter yang ada di buku Single Happy, buku terbaru penulis best seller Anak Kok Dodol, pasti tau dong siapa, yup, Dewi Dedew Rieka yang diterbitkan oleh penerbit Loveable. Buku ini bergenre komedi romantis, masih seputar tentang anak kos, tapi bukan mbak Dedew dong kalau tidak bisa menyulap cerita anak kos menjadi menarik untuk diikuti. Buku ini bercerita tentang kos-kosan yang ada di Semarang, Kos Jomblo, yang membuat spesial adalah penghuninya harus cewek dan jomblo.

Ada sepuluh penghuni Kos Jomblo, ditambah pemilik kos, Rania, total ada sebelas tokoh utama. Saya kebagian membahas Tahlia dan Kidung, sekilas membaca cerita mereka saya bisa dibuat mesam-mesem, jujur saja sebelumnya saya belum pernah membaca karya mbak Dedew, membaca cuplikan ceritanya saja langsung tahu kalau gaya tulisan mbak Dedew memang kocak dan menghibur, kekinian, nyantai banget, nggak ada kata-kata yang bikin mikir keras dan terasa nyata. Membaca ceritanya nggak akan jauh berbeda dengan kehidupan sehari-hari kita.

Tahlia, 27 tahun. Wanita karier, cantik dan gaul abis. Bekerja di sebuah departement store ternama. Jomblo selektif. Sosialita bergaya Syahrini yang apalah-apalah, suka banget pake barang branded kayak Hermes. Padahal, beli di Mangga Dua waktu dia mampir di Jakarta. Suka pilih-pilih calon suami ideal dan merana ditinggal kawin sama teman-teman seangkatannya. Nyinyir sama temannya yang punya pacar kurang berkualitas.
Ya ampun, apaan sih ini? Suasananya persis waktu polwan cantik Briptu Eka menikah, seluruh Nusantara berduka. Tahlia, si gadis berambut merah yang hobi ngeluh bahwa ia bakal jadi jones forever ternyata bikin banyak cowok mabuk kepayang. Huh! Tidak adil! Kufur nikmat!
Tahlia yang terkenal sangat pilih-pilih dalam hal cowok akhirnya takluk juga dengan pesona Glenn yang tampan, banyak penggemarnya patah hati, menyayangkan kenapa cewek secantik Tahlia harus memiliki pacar se-playboy Glenn. Glenn sangat terkenal dengan predikat tersebut, banyak cewek yang diduakannya, banyak yang berpesan juga agar Tahlia berlapang dada kalau menjadi target selanjutnya. Tahlia percaya akan kesungguhan Glenn yang ingin berubah, ingin menjadi lebih baik, sehingga dia mau memberi kesempatan.

Suatu hari Marta, kakak Glenn mengajak Tahlia makan bersama, Marta menyodorkan proposal atau tawaran kalau Tahlia lebih baik putus dengan Glenn, lebih baik Tahlia menjalin hubungan dengan Marcell, adik Marta dan Glenn. Tentu saja tidak langsung berhubungan, namun kenalan terlebih dahulu juga tidak apa-apa. Marta tahu adiknya yang tidak kalah tampan dari Glenn namun pemalu itu memendam hati kepada Tahlia, dia yang lebih dahulu melihat Tahlia daripada Gleen, karena tidak punya nyali, dia hanya bisa memandang dari jauh. Bukannya pilih kasih, Glenn mudah mendapatkan pengganti Tahlia, sedangkan Marcell adalah cowok yang sangat setia, sangat berkebalikan dengan Glenn, Marta ingin Tahlia mempertimbangkan tawarannya tersebut.

Kidung, 19 tahun, mahasiswi agronomi. Jomblo modus. Punya tunangan sejak SMA dan pengin kos murah meriah (murmer) biar irit, jadi pura-pura jomblo. Blogger veteran, sekamar dengan Vanessa.
Seperti hari ini. Ia pulang praktikum di kebun. Badannya kotor dan bau, kelelahan mencangkul lahan. Teman-temannya dijemput pacarnya masing-masing. Parkiran motor jauh. Dan dia harus jalan kaki. Jadilah, dengan menenteng ransel, alat kebun, cangkul de el el, ia berjalan sambil melewati teman-temannya.

"Sendirian aja, Dung?"
Kidung mendengus. "Nggak, berduaan sama cangkul! Mau kenalan?" ujar Kidung galak.
"Malming lho, Dung. Jangan ngeblog melulu. Main kemana, kek. Diajak muter-muter tuh sama kipas angin!"
Pasca putus dengan Abim, orang yang sudah bertahun-tahun dipacari membuat Kidung kemana-mana sendirian, sebenarnya tidak menjadi masalah berstatus jomblo, hanya saja teman-temannya yang rempong, membuat Kidung gerah, tiap jalan sendirian ditanya terus. Suatu hari sepulang dari praktikum, Kidung menabrak seseorang, yang tak lain adalah temannya semasa SMA dulu, Galang. Reuni yang tak diperkirakan sebelumnya itu membuat hubungan Kidung dan Galang menjadi dekat, tidak lama setelahnya mereka berpacaran secara sembunyi-sembunyi, Kidung dan Galang juga baru saja putus, sama-sama sendiri dan merasa cocok mereka memutuskan untuk menjalin hubungan lebih jauh lagi. Namun, hubungan yang singkat dan cukup harmonis tersebut belum juga memunculkan perasaan cinta untuk Kidung. Apakah Kidung bisa menjalin hubungan tanpa cinta?

Membaca cuplikan dua cerita yang ada di Sing-Py ini sangat membuat saya tertarik untuk melanjutkan versi lengkapnya. Ada sebelas tokoh sehingga ada sebelas cerita cinta khas anak kos, di mana kemungkinan besar kita mengalaminya, atau kalau pun tidak kisah yang sering kita lihat di kehidupan nyata, di sekitar kita, realistis banget. Karena tokoh utamanya banyak, ceritanya pun jadi nggak biasa, kita serasa membaca kumpulan kisah cinta anak kos yang berbeda-beda, nggak membuat bosan ketika membacanya. Tidak hanya karakter tokohnya saja yang menarik dan unik-unik, namun cara penyajiannya juga sangat kocak. Dari segi cerita, saya sangat suka dengan ceritanya Tahlia, karena tokoh Marcell, walau nggak terlalu banyak muncul saya langsung dibuat suka dengan karakternya. Untuk tokoh saya suka Kidung karena dia mirip dengan saya, seorang blogger yang suka gratisan, hahahaha.

Well, buku ini recommended banget bagi para jomblo ngenes dan terutama yang masih ngekos, baca deh, menghibur banget, lumayan kan ada yang bisa bikin kamu ketawa, sama siapa lagi coba, mblo? Selain itu, saya juga cocok jadi penghuni baru Kos Jomblo, karena apa? Ya karena saya juga jomblo #eaaaaaa *curcol*.


Giveaway!


Nah, bagi kamu para jomblo berbahagialah, karena sesama jomblo harus saling mengasihi, penerbit Loveable akan memberikan satu buku Single Happy buat satu orang pembaca setia Kubikel Romance yang berdomisili di Indonesia.

Caranya gampang banget, seperti biasa, kok :D
1. Follow Kubikel Romance via GFC (Google Friend Connect)
2. Follow twitter @loveableous@dewirieka dan @peri_hutan
3. Share link giveaway ini di sosial media punyamu, kalau twitter sertakan hastag #GASingPy dan jangan lupa mention @peri_hutan dan @loveableous ya :)
4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar, "Kamu tipe jomblo yang seperti apa sih?"
Formatnya:
Nama:
Nama follow blog:
Twitter:
Link share:
Jawaban:

Sudah itu aja, gampang kan? Kalau kamu followers Kubikel Romance atau @peri_hutan pasti nggak susah karena syaratnya ya itu-itu aja, hihihi. Ayo ikutan, ini kesempatan terakhir untuk dapetin buku Sing-Py. Semoga beruntung ya :D


*UPDATE*

Waktunya pengumuman, lumayan nih giveawaynya hanya dua hari yang ikut lebih dari sepuluh orang, terimakasih banyak ya sudah menyempatkan diri ikut. Karena pesertanya nggak banyak nentuinnya juga nggak susah, yang jelas yang terpilih adalah yang mengikuti persyaratan, jadi kalau ada kuis diharapkan semua persyaratan diikuti, toh syaratnya itu-itu aja dan giveaway nggak hanya kali ini saja, jadi nggak bakalan rugi deh :p. Langsung aja, ini dia pemenangnya...

Aulia
@nunaalia

Selamat ya, saya akan menghubungi kamu untuk konfirmasi pengiriman hadiah yang akan dikirimkan langsung oleh penerbit Loveable, ditunggu kedatangannya ya, kalau sampai nanti saya jangan lupa dicolek :p Buat yang belum beruntung, pantengin terus Kubikel Romance dan follow @peri_hutan karena bakalan ada blogtour dan giveaway menarik lainnya, stay tune!


19 komentar:

  1. Nama: Didi Syaputra
    Nama follow blog: Diddy Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Link share: https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/648692404199931904

    Jawaban:

    Aih, ngomongin jomblo. #plakkk Hihihi. Kalau aku mah tipe jomblo `ngenes` plus `baperan.` Abisnya kemana-mana sendiri mulu, semuanya pada ogah nemenin. Palingan kalau pun ada yang nemenin, ya yang se-tipe, sesama ngenes. Haddeeeh. Baperannya juga ding, parah ala Quin. Apalagi kalau nonton DraKor, malah suka ngayal ampe setingkat Dewa. Biasanya abis nonton langsung searching di Mbah Google, nyariin foto-foto pemeran wanitanya, terus disave ampe berhari-hari. Dapat dipastiin, guling bakal jadi sasaran empuk buat ngungkapin perasaan. Hahai, pokok e baperan akut lah.

    Sssst...! Jangan bilang2 Yo Mbak Sulis :-D

    BalasHapus
  2. Nama: Aulia
    Nama follow blog: nunaalia79
    Twitter: @nunaalia
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/648692160372477952
    Jawaban:
    Aku tipe jomblo ngenes yg tahan lama kali yaaa wkwkwkkkkk
    Hampir seumur hidup aku nih ya, sampe sekarang, aku jomblo, punya pacar (catat cuma punya pacar ya - statusnya doang - karena walau punya pacar ga pernah yg namanya dua-duaan, maluuu....) itu dulu banget, pertama pas SMP, kedua pas kuliah tapi cuma seminggu krn aku gak sreg sama cowoknya hehe
    Beberapa kali aku kenalan sama beberapa cowok, tapi selalu sebelah pihak, kalo aku suka - cowoknya gak tertarik, kalo cowoknya suka - akunya yg gak sreg. Mungkin aku jomblo selektif juga kali ya, karena kalo aku gak merasa sreg sama cowoknya, aku lebih milih jomblo aja.

    BalasHapus
  3. Nama: Safitri Ariyanti
    Nama follow blog: Safitri Ariyanti
    Twitter: @safitriariyanti
    Link share: https://twitter.com/safitriariyanti/status/648724081391501312

    Jawaban: Menurutku, aku tipe jomblo yang prinsipil, bahagia, dan independen. Aku jomblo karena aku memang menginginkan jomblo dan tidak mau pacaran (lagi). Nanti saja kalau sudah berencana menikah, barulah aku cari jodohku. Jodoh pasti bertemu, kan? :D. Aku juga merasa nyaman dengan kondisi jomblo, dan hati pun lebih damai, nggak pernah galau meski lihat teman boncengan sama pacar. Sebagai seorang jomblo, aku mandiri, aku bisa menghadapi semuanya sendiri, kemana-mana dan apa-apa bisa dan berani sendiri. Malah, aku merasa lebih enjoy seperti ini.

    BalasHapus
  4. Nama: Frida Kurniawati
    Nama follow blog: Frida Kurniawati
    Twitter: @kimfricung
    Link share: https://twitter.com/kimfricung/status/648758207477776384

    Jawaban:
    Saya lebih suka menyebut diri saya single, Mbak, ketimbang jomblo. Kesannya, single itu pilihan, sedangkan jomblo adalah kutukan haha. Saya punya cukup banyak stok kepercayaan diri untuk bilang kalau saya adalah perempuan single (udah 2 tahun sendiri, nih haha) yang berkualitas, bahagia, dan mandiri :D Single adalah pilihan saya saat ini, krn punya pacar menghalangi saya utk produktif dlm berkarya. Selain itu, saya adalah penyuka kebebasan, dan menurut saya pacaran berarti terkekang. Menjadi single berarti saya mempersiapkan diri utk jadi perempuan terbaik bagi jodoh saya nanti. Meski sekarang saya bahagia jd single, saya tetap percaya kalau pada waktu yang tepat nanti saya akan melepaskan kejombloan saya ini dengan bahagia pula.

    BalasHapus
  5. Nama: Aurelia Exposto
    Nama follow blog: Aurelia Exposto
    Twitter: @aurelleys
    Link share: https://twitter.com/aurelleys/status/648752176257306625

    "Kamu tipe jomblo yang seperti apa sih?"

    Saya ini jomblo tipe yang............... gak ribet, enjoy, kalem, happy, concidering, moody, mandiri dan setia (nunngu 6 tahun tapi di PHPin) maaf jadi curhat hehehe xD Gak cepet percaya sama orang lain juga, kalo sahabat saya bilang selera humor nya tinggi, karena bisa buat orang ketawa mulu :) Maaf kalo kesan nya promosi :D

    Terima Kasih :)

    BalasHapus
  6. Nama: Eni Lestari
    Nama follow blog: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/648786395062898688

    "Kamu tipe jomblo yang seperti apa sih?"

    Jawaban:
    aku tipe jomblo yang kadang-galau-kadang-bahagia hahaha :v galaunya kalau inget umur sih. hampir semua temen seusiaku udah punya pasangan, bahkan punya anak, tapi aku boro2 ada pasangan. masih single begini :') kalau bahagianya sih karena gak ada pasangan, jadi punya banyak waktu buat diri sendiri. akibat sering baca artikel tentang memantaskan diri, ya udah waktu yang banyak itu dioptimalkan dengan baik buat memperbaiki diri sambil terus berdoa semoga jodohnya segera datang hahaha :p

    BalasHapus
  7. Nama: Putri Prama Ananta
    Nama follow blog: Putri Prama
    Twitter: @PutriPramaa
    Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/648800284316069890?p=v
    Jawaban:

    "Kamu tipe jomblo yang seperti apa sih?"

    Aku tipe jomblo yang tidak tahu termasuk tipe jomblo apa, karena ... kalau disebut jomblo happiness, terkadang aku merasa ngenes karena yang lain nggak malu-malu untuk nebeng sama cowok dan aku masih ilfeel, mikir ini dan itu. Kalau disebut jomblo ngenes, terkadang aku merasa happy karena nggak ada yang perlu kukhawatirin, nggak usah khawatir bakal dilabrak.
    Aku tipe jomblo yang setia, yang nungguin orang yang disukai terus-terusan meskipun kerjaannya baper mulu kalo udah lihat cowok yang disukai. Aku tipe jomblo yang pasrah-pasrah aja ngejalanin hubungan tanpa status, oh whatever, aku terlalu bahagia jika diajak ngejalanin hubungan.
    Udah, gitu aja.

    BalasHapus
  8. Nama: Aya Murning
    Follow blog: Aya Murning (via GFC)
    Twitter: @murniaya
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/648802029796614144

    Jawaban:
    Jujur ya, Kak. Aku sendiri nggak tahu aku ini jomblo macam apa. Cuma orang lain (keluarga dan teman-teman dekatku) yang bisa nilai aku ini jomblo kayak gimana. Sulit untuk menilai diriku sendiri. Takutnya malah jadi nyombongin diri, hehe. Tapi satu hal yang paling aku sadari kalau aku merasa sebagai seorang single yang tetap happy dan nggak mau mengeluhkan kejombloanku selama ini. Yang penting sibuklah dulu memperbaiki diri, baru deh berani buka lowongan nyari calon pendamping. :D

    BalasHapus
  9. Nama: Titim
    Nama blog follow: Dear Titim
    Twitter: @titim_nuraini
    Link Share: https://twitter.com/titim_nuraini/status/648746300498800640

    Jawaban: Aku tuh tipe jomblo yang setia dan sabar. Setia menanti sang kekasih halal dan sabar ngejomblo sebelum ijab qobul :).

    BalasHapus
  10. nama: Thia Amelia
    Nama follow blog: Thia Amelia
    Twitter: @Thia1498
    Link Share: https://twitter.com/Thia1498/status/648829276955930624

    Kamu tipe jomblo yang seperti apa sih?

    Aku ini jomblo yang ga ribet. Ga pernah mikirin apa kata orang tentang jomblo ngenes dan selalu percaya diri dengan apa yang dipunya. Ketika yang lain sudah berbangga diri karena mereka punya pacar, aku berbangga diri karena tubuhku jauh dari dosa yang akan dilakukan saat pacaran. Lebih baik menjauhi maksiat kan dari pada sesekali mencoba yang akhirnya malah jadi keenakan? Aku juga tipe jomblo yang malah ga terlalu mikirin tentang pacara, karena selain alasan di atas, punya pacar itu ribet, tau sendiri kali? Udahmah mamah cerewet kemana-mana ditanya ini itu, eh malah ditambah punya pacar yang juga sama cerewetnya, jadi yah mending jomblo aja. Ah dan satu lagi, aku ini tipe jomblo yang bangga di panggil jomblo haha

    BalasHapus
  11. Nama: pramestya
    Nama follow blog: Pramestya W.A
    Twitter: @p_ambangsari
    Link share: twitter.com/p_ambangsari/status/649017142097145856
    Jawaban:
    Aku tipe Jomblo yang Happy, kadang baper gara2 kesepian aja, dan suka nyibukin diri di dunia sendiri. Aku jomblo yg berprinsip, "Jomblo pun Bahagia". Sebisa mungkin tetap hidup dg prinsip itu sampai nikah.

    BalasHapus
  12. Nama : Afika Yulia Sari
    Nama Follow Blog : Afika Yulia
    Twitter : @afikayulia
    Link Share :https://twitter.com/afikayulia/status/649203375322431488

    Jawaban :

    Tipe jomblo yang kece dong hihi :D tetep stay cool aseekk. Engga baperan, engga merasa sendirian, engga galau-galauan. Ya intinya happy sajalah.

    BalasHapus
  13. Udah lewat ya GA-nya, Lis? Huhuhu. Pengen baca buku ini.
    Terpaksa menanti bukunya di toko buku sajah. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang, yah kemaren pasti sibuk, udah woro-woro kalau cuma dua hari aja, gpp semoga nanti berjodoh sama buku ini :)

      Hapus
  14. Alhamdulillah...akhirnya menang juga setelah sana-sini ikutan GA novel Sing-Py :D
    Makasih mba Sulis, data udah aku email yaaa

    BalasHapus
  15. Makasih informasinya, salam kenal ya?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, jejakmu sangat berarti untukku :*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...